Suzuki Fronx Short Test Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

X252
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by X252 »

Pagi tadi saya iseng test drive Suzuki fronx pas lagi nunggu servis rutin XL7, yaudah saya dokumentasi sambil nyoba review tipis tipis.

Yang saya TD Suzuki Fronx SGX 6AT K15C.

Untuk exterior, sepertinya sudah pada familiar, dimensinya kompak. Cocok buat selap selip dalam kota.
Fronx 1.jpg
Masuk kabin, mirip Grand Vitara, ada HUD, setir ringan. Desain okelah.
Fronx 5.jpg
Sebenarnya yang bikin penasaran rasa berkendaranya, okelah langsung pingin coba.

Btw saya gak coba ADAS karena takut beresiko wkwkwk dalam kota lagi rame.

Maticnya 6 percepatan, begitu ngegas, karakter transmisinya lebih ke halus, tenaga bawah ngisi. Perpindahan gigi halus banget. Saya coba tanjakan, oke banget tenaganya halus (mirip CVT) dan gak ada tanda tanda underpower.

Karakter suspensi empuk, khas Suzuki. Handlingnya ternyata zippy dan lumayan enak. Body roll minim dan bisa terprediksi. Lebih lincah dari GV. Mungkin saat ini mobil Suzuki yang paling fun to drive. Mobil terasa manut ketika setir dibelokin.

Kelemahan sepertinya di akselerasi dan tenaga putaran atas. Karena gak nyoba tol (karena jauh), saya coba akselerasi di kota ya gak terlalu fun. Memang karakter K15C ya begini. Tapi untuk putaran bawah cukup, untuk dalam kota gesit banget.

Bagasi lumayan luas
Fronx 8.jpg
Yang kedua saya minta disetirin karena mau ngerasain suspensi belakang. So far di belakang juga masih empuk, legroom masih ada. Tinggi saya 167cm an.
Fronx 9.jpg
Fronx 7.jpg
Fronx 6.jpg
Ventilasi AC belakang lumayan membantu supaya cepat dingin. Mobil sekecil ini enak juga ada rear AC ternyata.

Kehematan BBM, tadi awal coba di MID 8 km/l, gampang banget naik ke 11 km/l. masih bisa naik lagi.

Buat saya, nilainya 7,5/10 lah. Sangat nyaman dikendarai buat antar jemput, selap selip dalam kota. :big_exellent:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 447
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by faizzz »

Nice Om,
Headroom belakang aman Om? Sekilas desainnya kan agak coupe coupe gitu
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2638
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by darrelund »

ni buwat trip 100-200km enak ga yah? terakhir pke mazda 2 kursi fabric kurang enak
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Kaleng »

nyaman gak om kursi penumpang belakang?
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1331
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by mr_mytplx »

Di banding xl7 posisi mengemudinya enak mana om?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4396
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by ginting »

X252 wrote: Tue Jul 08, 2025 8:14 Pagi tadi saya iseng test drive Suzuki fronx pas lagi nunggu servis rutin XL7, yaudah saya dokumentasi sambil nyoba review tipis tipis.

Yang saya TD Suzuki Fronx SGX 6AT K15C.

Untuk exterior, sepertinya sudah pada familiar, dimensinya kompak. Cocok buat selap selip dalam kota.

Fronx 1.jpg

Masuk kabin, mirip Grand Vitara, ada HUD, setir ringan. Desain okelah.

Fronx 5.jpg

Sebenarnya yang bikin penasaran rasa berkendaranya, okelah langsung pingin coba.

Btw saya gak coba ADAS karena takut beresiko wkwkwk dalam kota lagi rame.

Maticnya 6 percepatan, begitu ngegas, karakter transmisinya lebih ke halus, tenaga bawah ngisi. Perpindahan gigi halus banget. Saya coba tanjakan, oke banget tenaganya halus (mirip CVT) dan gak ada tanda tanda underpower.

Karakter suspensi empuk, khas Suzuki. Handlingnya ternyata zippy dan lumayan enak. Body roll minim dan bisa terprediksi. Lebih lincah dari GV. Mungkin saat ini mobil Suzuki yang paling fun to drive. Mobil terasa manut ketika setir dibelokin.

Kelemahan sepertinya di akselerasi dan tenaga putaran atas. Karena gak nyoba tol (karena jauh), saya coba akselerasi di kota ya gak terlalu fun. Memang karakter K15C ya begini. Tapi untuk putaran bawah cukup, untuk dalam kota gesit banget.

Bagasi lumayan luas
Fronx 8.jpg

Yang kedua saya minta disetirin karena mau ngerasain suspensi belakang. So far di belakang juga masih empuk, legroom masih ada. Tinggi saya 167cm an.
Fronx 9.jpg

Fronx 7.jpg

Fronx 6.jpg

Ventilasi AC belakang lumayan membantu supaya cepat dingin. Mobil sekecil ini enak juga ada rear AC ternyata.

Kehematan BBM, tadi awal coba di MID 8 km/l, gampang banget naik ke 11 km/l. masih bisa naik lagi.

Buat saya, nilainya 7,5/10 lah. Sangat nyaman dikendarai buat antar jemput, selap selip dalam kota. :big_exellent:

kira kira kalau Versi GL yang 104 HP 4 A/T Vs GX/SGX yang 101 HP 6A/T plus mild hybrid .. itu lebih kencang mana ya ?
saya juga berminat ini karena masih matic kovensional dan biaya maintenance gak mahal.
kalau saat oom test bisa sampai speed berapa oom ?

apakah dia ngempos kalau di high speed?
adioranye
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Jul 09, 2025 23:17
Daily Vehicle: CRV gen 2

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by adioranye »

Harga berapa sih om OTRnya?
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Syauqi »

saat media test-drive, rekor fuel cons teririt Fronx ini kalo ga salah 29,xxKM/L, alias hampir 30km/l. Sedangkan kalau di average dari kendaraan semua jurnalis, rata2nya kalo ga salah masih 22,xxKM/L. Aga terkejut sih saya mild hybrid bisa seirit itu.

Tapi saya tetep nunggu hasil testnya dari otodriver aja deh, FYI, hasil test fuel-cons dalam kota (avg speed 22KM/J) dari otodriver yang saya kumpulkan itu kurang lebih;
+ Yaris Cross 1.5 HV 24KM/L
+ WRV 1.5 n/a 15,3KM/L
+ Baleno 1.5 n/a 14,4KM/L
+ Creta 1.5 n/a 13,6 KM/L
+ Raize 1.0T 13,3KM/L
+ Hrv 1.5 n/a 12,6KM/L

Kalau misalkan nanti hasil test-nya Fronx bisa diatas 15 atau bahkan 16KM/L, brrti mild hybrid-nya ini emang udah lebih ajib drpd punya si Ertiga/XL7
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2602
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by sahabatq8 »

Syauqi wrote: Thu Jul 10, 2025 3:48 saat media test-drive, rekor fuel cons teririt Fronx ini kalo ga salah 29,xxKM/L, alias hampir 30km/l. Sedangkan kalau di average dari kendaraan semua jurnalis, rata2nya kalo ga salah masih 22,xxKM/L. Aga terkejut sih saya mild hybrid bisa seirit itu.

Tapi saya tetep nunggu hasil testnya dari otodriver aja deh, FYI, hasil test fuel-cons dalam kota (avg speed 22KM/J) dari otodriver yang saya kumpulkan itu kurang lebih;
+ Yaris Cross 1.5 HV 24KM/L
+ WRV 1.5 n/a 15,3KM/L
+ Baleno 1.5 n/a 14,4KM/L
+ Creta 1.5 n/a 13,6 KM/L
+ Raize 1.0T 13,3KM/L
+ Hrv 1.5 n/a 12,6KM/L

Kalau misalkan nanti hasil test-nya Fronx bisa diatas 15 atau bahkan 16KM/L, brrti mild hybrid-nya ini emang udah lebih ajib drpd punya si Ertiga/XL7
Mild hybrid irit tapi lebih situational. Still, better daripada pure ICE sih. Menurut saya yang enaknya itu biasanya mild hybrid start stopnya smooth gak berasa geter dan kalo dia lagi cruising di netral, mesin bisa mati. Mercedes M256 di S450 4matic aja kadang bisa seirit 2000cc.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

sahabatq8 wrote: Thu Jul 10, 2025 3:51
Syauqi wrote: Thu Jul 10, 2025 3:48 saat media test-drive, rekor fuel cons teririt Fronx ini kalo ga salah 29,xxKM/L, alias hampir 30km/l. Sedangkan kalau di average dari kendaraan semua jurnalis, rata2nya kalo ga salah masih 22,xxKM/L. Aga terkejut sih saya mild hybrid bisa seirit itu.

Tapi saya tetep nunggu hasil testnya dari otodriver aja deh, FYI, hasil test fuel-cons dalam kota (avg speed 22KM/J) dari otodriver yang saya kumpulkan itu kurang lebih;
+ Yaris Cross 1.5 HV 24KM/L
+ WRV 1.5 n/a 15,3KM/L
+ Baleno 1.5 n/a 14,4KM/L
+ Creta 1.5 n/a 13,6 KM/L
+ Raize 1.0T 13,3KM/L
+ Hrv 1.5 n/a 12,6KM/L

Kalau misalkan nanti hasil test-nya Fronx bisa diatas 15 atau bahkan 16KM/L, brrti mild hybrid-nya ini emang udah lebih ajib drpd punya si Ertiga/XL7
Mild hybrid irit tapi lebih situational. Still, better daripada pure ICE sih. Menurut saya yang enaknya itu biasanya mild hybrid start stopnya smooth gak berasa geter dan kalo dia lagi cruising di netral, mesin bisa mati. Mercedes M256 di S450 4matic aja kadang bisa seirit 2000cc.
yah mbah tapi kalo pengen optimal emang mildhbrid yang 48v, bukan 24v ala M-hybrid mazda ato 12v macem SHVS ini. kenapa butuh hybrid ? karena regs di india CAFE III (CMIIW, ini mewjaibkan seluruh lineup mobil harus ada elektrifikasi minimal MHEV) jadi mau gamau kalo pake PFI harus hybrid, mau irit sederhana pake GDI harus pake GPF supaya ngurangin soot saat mesin masih cold ckckck :big_dunno:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5001
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2KD G AT 2012 - Public Transport

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Pboyz97 »

nice review om. kebetulan blm lama td mobil ini jg, yg saya rasakan hampir semua sama kaya yg TS nya sebutin , menurut saya kelebihan mobil ini ada di fitur, bq, kekedapan kabin sm bantingan suspensinya yg cukup empuk dikelasnya. cm entah knp as user HRV & BRV driving feelnya agak kurang. emg cukup enak dikemudikan buat dalkot, tp entah knp tarikan & handlingnya buat sy pribadi cenderung biasa aja, masih lebih enak WRV (kebetulan pernah td WRV jg) + feel remnya jg agak dalem mirip toyota menurut saya. kalo desain exterior & interior termasuk yg terbaik dikelasnya menurut saya hehe
Past:
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
'12 Avanza K3VE
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'12 GNKI 2KD
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5001
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2KD G AT 2012 - Public Transport

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Pboyz97 »

Kaleng wrote: Wed Jul 09, 2025 1:51 nyaman gak om kursi penumpang belakang?
bantu jawab ya, kebetulan blm lama TD mobil ini jg, buat row 2 cukup nyaman & empuk bantingan suspensinya + cukup kedap jg
Past:
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
'12 Avanza K3VE
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'12 GNKI 2KD
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5001
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2KD G AT 2012 - Public Transport

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Pboyz97 »

darrelund wrote: Tue Jul 08, 2025 18:33 ni buwat trip 100-200km enak ga yah? terakhir pke mazda 2 kursi fabric kurang enak
kalo sering duduk di row 2 sih enak2 aja, tp kalo driving feel , tarikan sm handling jangan harap bisa sebagus mazda 2 sky om. sm WRV aja entah knp buat sy pribadi masih lebih enak WRV / city hatch driving feel , tarikan sm handlingnya dibanding fronx ini
Past:
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
'12 Avanza K3VE
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'12 GNKI 2KD
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

Pboyz97 wrote: Thu Jul 10, 2025 15:30
darrelund wrote: Tue Jul 08, 2025 18:33 ni buwat trip 100-200km enak ga yah? terakhir pke mazda 2 kursi fabric kurang enak
kalo sering duduk di row 2 sih enak2 aja, tp kalo driving feel , tarikan sm handling jangan harap bisa sebagus mazda 2 sky om. sm WRV aja entah knp buat sy pribadi masih lebih enak WRV / city hatch driving feel , tarikan sm handlingnya dibanding fronx ini
nice review om. emang iya kebetulan saya juga ngikut TD juga. impresi saya:
1. ini mobil dimensi ok sih, salip2 enak kaia raize
2. interior gwa demen pencet2annya ga norak kaia WRV, bener2 banyak aksen LED ama finishing rapi n cukup kedap
3. HUD ala tembak itu mengingatkan pada mazda2,3 hehe keren
4. bantingan empuk, cman belum tau kalo lewat jalan jelek dan sisi penumpang
5. drivenya enak, ga ngejambak2 banget ala raize n transmisi 6AT smooth.

handling WRV juara sih dikelas ini,
tipikal mesin K series suzuki juga. di awal tengah torsi padet tapi diatas aga ngempos hehe.
tarikan jelas om DOHC vtec L15zf cukup improves sih dari naik RPM lebih enak dari SOHC L15z1
Last edited by kayukayuthe5th on Fri Jul 11, 2025 8:41, edited 2 times in total.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

ginting wrote: Wed Jul 09, 2025 7:41
X252 wrote: Tue Jul 08, 2025 8:14 Pagi tadi saya iseng test drive Suzuki fronx pas lagi nunggu servis rutin XL7, yaudah saya dokumentasi sambil nyoba review tipis tipis.

Yang saya TD Suzuki Fronx SGX 6AT K15C.

Untuk exterior, sepertinya sudah pada familiar, dimensinya kompak. Cocok buat selap selip dalam kota.

Fronx 1.jpg

Masuk kabin, mirip Grand Vitara, ada HUD, setir ringan. Desain okelah.

Fronx 5.jpg

Sebenarnya yang bikin penasaran rasa berkendaranya, okelah langsung pingin coba.

Btw saya gak coba ADAS karena takut beresiko wkwkwk dalam kota lagi rame.

Maticnya 6 percepatan, begitu ngegas, karakter transmisinya lebih ke halus, tenaga bawah ngisi. Perpindahan gigi halus banget. Saya coba tanjakan, oke banget tenaganya halus (mirip CVT) dan gak ada tanda tanda underpower.

Karakter suspensi empuk, khas Suzuki. Handlingnya ternyata zippy dan lumayan enak. Body roll minim dan bisa terprediksi. Lebih lincah dari GV. Mungkin saat ini mobil Suzuki yang paling fun to drive. Mobil terasa manut ketika setir dibelokin.

Kelemahan sepertinya di akselerasi dan tenaga putaran atas. Karena gak nyoba tol (karena jauh), saya coba akselerasi di kota ya gak terlalu fun. Memang karakter K15C ya begini. Tapi untuk putaran bawah cukup, untuk dalam kota gesit banget.

Bagasi lumayan luas
Fronx 8.jpg

Yang kedua saya minta disetirin karena mau ngerasain suspensi belakang. So far di belakang juga masih empuk, legroom masih ada. Tinggi saya 167cm an.
Fronx 9.jpg

Fronx 7.jpg

Fronx 6.jpg

Ventilasi AC belakang lumayan membantu supaya cepat dingin. Mobil sekecil ini enak juga ada rear AC ternyata.

Kehematan BBM, tadi awal coba di MID 8 km/l, gampang banget naik ke 11 km/l. masih bisa naik lagi.

Buat saya, nilainya 7,5/10 lah. Sangat nyaman dikendarai buat antar jemput, selap selip dalam kota. :big_exellent:

kira kira kalau Versi GL yang 104 HP 4 A/T Vs GX/SGX yang 101 HP 6A/T plus mild hybrid .. itu lebih kencang mana ya ?
saya juga berminat ini karena masih matic kovensional dan biaya maintenance gak mahal.
kalau saat oom test bisa sampai speed berapa oom ?

apakah dia ngempos kalau di high speed?
kenceng disini fast / quick? kalo fast ngomongin topspeed sih 104hp k15b kaianya lebih dapet
kalo quick tentu 101 karena ada bantuan motor listrik cman pleng beda dikit2 doang. pengalaman reviewer luar juga xl7 hybrid non hybrid mirip2.
masalahnya kalo GL 4 speed (ini kemaren yang jadi dealbreaker gwa sih, gwa kira GL dapet 6 speed AT pengalaman dulu ertiga 4 speed diatas 80 udah ngraung2 banget itu mesin)