Suzuki Fronx Short Test Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

X252
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by X252 »

Pagi tadi saya iseng test drive Suzuki fronx pas lagi nunggu servis rutin XL7, yaudah saya dokumentasi sambil nyoba review tipis tipis.

Yang saya TD Suzuki Fronx SGX 6AT K15C.

Untuk exterior, sepertinya sudah pada familiar, dimensinya kompak. Cocok buat selap selip dalam kota.
Fronx 1.jpg
Masuk kabin, mirip Grand Vitara, ada HUD, setir ringan. Desain okelah.
Fronx 5.jpg
Sebenarnya yang bikin penasaran rasa berkendaranya, okelah langsung pingin coba.

Btw saya gak coba ADAS karena takut beresiko wkwkwk dalam kota lagi rame.

Maticnya 6 percepatan, begitu ngegas, karakter transmisinya lebih ke halus, tenaga bawah ngisi. Perpindahan gigi halus banget. Saya coba tanjakan, oke banget tenaganya halus (mirip CVT) dan gak ada tanda tanda underpower.

Karakter suspensi empuk, khas Suzuki. Handlingnya ternyata zippy dan lumayan enak. Body roll minim dan bisa terprediksi. Lebih lincah dari GV. Mungkin saat ini mobil Suzuki yang paling fun to drive. Mobil terasa manut ketika setir dibelokin.

Kelemahan sepertinya di akselerasi dan tenaga putaran atas. Karena gak nyoba tol (karena jauh), saya coba akselerasi di kota ya gak terlalu fun. Memang karakter K15C ya begini. Tapi untuk putaran bawah cukup, untuk dalam kota gesit banget.

Bagasi lumayan luas
Fronx 8.jpg
Yang kedua saya minta disetirin karena mau ngerasain suspensi belakang. So far di belakang juga masih empuk, legroom masih ada. Tinggi saya 167cm an.
Fronx 9.jpg
Fronx 7.jpg
Fronx 6.jpg
Ventilasi AC belakang lumayan membantu supaya cepat dingin. Mobil sekecil ini enak juga ada rear AC ternyata.

Kehematan BBM, tadi awal coba di MID 8 km/l, gampang banget naik ke 11 km/l. masih bisa naik lagi.

Buat saya, nilainya 7,5/10 lah. Sangat nyaman dikendarai buat antar jemput, selap selip dalam kota. :big_exellent:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 447
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by faizzz »

Nice Om,
Headroom belakang aman Om? Sekilas desainnya kan agak coupe coupe gitu
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2636
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by darrelund »

ni buwat trip 100-200km enak ga yah? terakhir pke mazda 2 kursi fabric kurang enak
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 841
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Kaleng »

nyaman gak om kursi penumpang belakang?
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1331
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by mr_mytplx »

Di banding xl7 posisi mengemudinya enak mana om?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4396
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by ginting »

X252 wrote: Tue Jul 08, 2025 8:14 Pagi tadi saya iseng test drive Suzuki fronx pas lagi nunggu servis rutin XL7, yaudah saya dokumentasi sambil nyoba review tipis tipis.

Yang saya TD Suzuki Fronx SGX 6AT K15C.

Untuk exterior, sepertinya sudah pada familiar, dimensinya kompak. Cocok buat selap selip dalam kota.

Fronx 1.jpg

Masuk kabin, mirip Grand Vitara, ada HUD, setir ringan. Desain okelah.

Fronx 5.jpg

Sebenarnya yang bikin penasaran rasa berkendaranya, okelah langsung pingin coba.

Btw saya gak coba ADAS karena takut beresiko wkwkwk dalam kota lagi rame.

Maticnya 6 percepatan, begitu ngegas, karakter transmisinya lebih ke halus, tenaga bawah ngisi. Perpindahan gigi halus banget. Saya coba tanjakan, oke banget tenaganya halus (mirip CVT) dan gak ada tanda tanda underpower.

Karakter suspensi empuk, khas Suzuki. Handlingnya ternyata zippy dan lumayan enak. Body roll minim dan bisa terprediksi. Lebih lincah dari GV. Mungkin saat ini mobil Suzuki yang paling fun to drive. Mobil terasa manut ketika setir dibelokin.

Kelemahan sepertinya di akselerasi dan tenaga putaran atas. Karena gak nyoba tol (karena jauh), saya coba akselerasi di kota ya gak terlalu fun. Memang karakter K15C ya begini. Tapi untuk putaran bawah cukup, untuk dalam kota gesit banget.

Bagasi lumayan luas
Fronx 8.jpg

Yang kedua saya minta disetirin karena mau ngerasain suspensi belakang. So far di belakang juga masih empuk, legroom masih ada. Tinggi saya 167cm an.
Fronx 9.jpg

Fronx 7.jpg

Fronx 6.jpg

Ventilasi AC belakang lumayan membantu supaya cepat dingin. Mobil sekecil ini enak juga ada rear AC ternyata.

Kehematan BBM, tadi awal coba di MID 8 km/l, gampang banget naik ke 11 km/l. masih bisa naik lagi.

Buat saya, nilainya 7,5/10 lah. Sangat nyaman dikendarai buat antar jemput, selap selip dalam kota. :big_exellent:

kira kira kalau Versi GL yang 104 HP 4 A/T Vs GX/SGX yang 101 HP 6A/T plus mild hybrid .. itu lebih kencang mana ya ?
saya juga berminat ini karena masih matic kovensional dan biaya maintenance gak mahal.
kalau saat oom test bisa sampai speed berapa oom ?

apakah dia ngempos kalau di high speed?