Santa Fe - hybrid or gasoline

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

winsome
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00

Re: Santa Fe - hybrid or gasoline

Post by winsome »

Thanks atas input2 semua nya. Spt nya hybrid it is :big_okay: :big_okay:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Santa Fe - hybrid or gasoline

Post by timbermaniac123 »

Greenhunter wrote: Sat Mar 01, 2025 18:54
Setahun jalan 12.000 km, beda konsumsi bensin 10 km/ liter tapi beda jenis bahan bakar.
Kalau beli hybrid habis bbm = 12.000/17 = 705 liter per tahun x harga turbo 14.300 per liter = 10.081.000 per tahun

Kalau beli NA habis bbm = 12.000 / 7 = 1 714 liter pertamax per tahun x 13.000 = 22 282.000

Berarti beli hybrid akan hemat biaya bbm 12.201.000 per tahun. Kalau pemakaian 5 tahun total penghematan 60 jt sudah cukup buat beli baterai baru.
Menurut saya sih go for hybrid dgn segala kelebihannya
Tapi biasa pajak hybrid 2 jutaan lebi mahal. Jadi penghematan cuma sekitar 10 juta per tahun. Ditambah harga mobil nya beda nya 88 juta. 88 juta - 50 juta aja masih tekor 38 juta. Tapi dari dulu harga jual diesel pasti lebih tinggi dari bensin. Jadi in the end bisa jadi lebih menguntungkan ambie diesel.
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 420
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Santa Fe - hybrid or gasoline

Post by Andhyka »

Kalo gw sih pilih Zenix hybrid tipe G, harga cuma 476jt sebelum diskon, hampir separuh Santafe.

Soal kenyaman bisa diadu krn velg kecil 16" + ganti ban Primacy 4 yg tebal misal 205/65 atau 215/60 udah beneran empuk banget.

Velg kecil jg lebih irit dong 1 liter 22 km di tol, 19-20km di dalkot.

Pajak 5 juta doang di Jawa Timur.

Ga butuh panaromic roof tambahin berat mobil, BBM jadi boros. Dan gerah banget panas sampai kepala saat musim panas.

0-100 santafe hybrid dicapai di 8.5 detik. Beda tipis dgn Innova hybrid di 8.8 detik.
EdgarDrake
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
Daily Vehicle: CX-30 GT

Re: Santa Fe - hybrid or gasoline

Post by EdgarDrake »

Andhyka wrote: Mon Mar 03, 2025 4:18 Kalo gw sih pilih Zenix hybrid tipe G, harga cuma 476jt sebelum diskon, hampir separuh Santafe.
OP-nya udah SPK Santa Fe, tinggal nentuin trim...
Hiroshima 46V
winsome
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00

Re: Santa Fe - hybrid or gasoline

Post by winsome »

timbermaniac123 wrote: Mon Mar 03, 2025 3:24
Greenhunter wrote: Sat Mar 01, 2025 18:54
Setahun jalan 12.000 km, beda konsumsi bensin 10 km/ liter tapi beda jenis bahan bakar.
Kalau beli hybrid habis bbm = 12.000/17 = 705 liter per tahun x harga turbo 14.300 per liter = 10.081.000 per tahun

Kalau beli NA habis bbm = 12.000 / 7 = 1 714 liter pertamax per tahun x 13.000 = 22 282.000

Berarti beli hybrid akan hemat biaya bbm 12.201.000 per tahun. Kalau pemakaian 5 tahun total penghematan 60 jt sudah cukup buat beli baterai baru.
Menurut saya sih go for hybrid dgn segala kelebihannya
Tapi biasa pajak hybrid 2 jutaan lebi mahal. Jadi penghematan cuma sekitar 10 juta per tahun. Ditambah harga mobil nya beda nya 88 juta. 88 juta - 50 juta aja masih tekor 38 juta. Tapi dari dulu harga jual diesel pasti lebih tinggi dari bensin. Jadi in the end bisa jadi lebih menguntungkan ambie diesel.
Spt nya ga Om, saya ditunjukin sm sales nya stnk yg hybrid, kira2 8jt-an/thn, masak yg gasoline 2.5L 6jt-an?

Dan mksd nya om ambil diesel itu ambil hybrid? Thanks
ninodiablo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Subaru XV

Re: Santa Fe - hybrid or gasoline

Post by ninodiablo »

Di jalan sering lihatnya Calligraphy Hybrid, harusnya itu jadi best seller ya.
Follow market saja...
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Santa Fe - hybrid or gasoline

Post by timbermaniac123 »

winsome wrote: Mon Mar 03, 2025 5:39
Spt nya ga Om, saya ditunjukin sm sales nya stnk yg hybrid, kira2 8jt-an/thn, masak yg gasoline 2.5L 6jt-an?

Dan mksd nya om ambil diesel itu ambil hybrid? Thanks
Eh iya. Inget santa fe inget nya diesl muluk.

Tapi masak si santa fe hybrid 8 juta pkb nya ? Yarcross hev aja di jakarta udah 7 jutaan. Itu mobil harga 400 jutaan.
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3077
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Santa Fe - hybrid or gasoline

Post by farizfsa »

Andhyka wrote: Mon Mar 03, 2025 4:18 Kalo gw sih pilih Zenix hybrid tipe G, harga cuma 476jt sebelum diskon, hampir separuh Santafe.

Soal kenyaman bisa diadu krn velg kecil 16" + ganti ban Primacy 4 yg tebal misal 205/65 atau 215/60 udah beneran empuk banget.

Velg kecil jg lebih irit dong 1 liter 22 km di tol, 19-20km di dalkot.

Pajak 5 juta doang di Jawa Timur.

Ga butuh panaromic roof tambahin berat mobil, BBM jadi boros. Dan gerah banget panas sampai kepala saat musim panas.

0-100 santafe hybrid dicapai di 8.5 detik. Beda tipis dgn Innova hybrid di 8.8 detik.
ga ada di pilihan dan lg ga ngomongin zenix :big_smoking:
winsome
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00

Re: Santa Fe - hybrid or gasoline

Post by winsome »

timbermaniac123 wrote: Mon Mar 03, 2025 8:03
winsome wrote: Mon Mar 03, 2025 5:39
Spt nya ga Om, saya ditunjukin sm sales nya stnk yg hybrid, kira2 8jt-an/thn, masak yg gasoline 2.5L 6jt-an?

Dan mksd nya om ambil diesel itu ambil hybrid? Thanks
Eh iya. Inget santa fe inget nya diesl muluk.

Tapi masak si santa fe hybrid 8 juta pkb nya ? Yarcross hev aja di jakarta udah 7 jutaan. Itu mobil harga 400 jutaan.
iya Om, saya ditunjukin stnk nya. Dan ada juga di yutub, 8jt plus printilan hmpr 9jt lah. Link di bawah

User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2586
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Santa Fe - hybrid or gasoline

Post by darrelund »

Andhyka wrote: Mon Mar 03, 2025 4:18 Kalo gw sih pilih Zenix hybrid tipe G, harga cuma 476jt sebelum diskon, hampir separuh Santafe.

Soal kenyaman bisa diadu krn velg kecil 16" + ganti ban Primacy 4 yg tebal misal 205/65 atau 215/60 udah beneran empuk banget.

Velg kecil jg lebih irit dong 1 liter 22 km di tol, 19-20km di dalkot.

Pajak 5 juta doang di Jawa Timur.

Ga butuh panaromic roof tambahin berat mobil, BBM jadi boros. Dan gerah banget panas sampai kepala saat musim panas.

0-100 santafe hybrid dicapai di 8.5 detik. Beda tipis dgn Innova hybrid di 8.8 detik.
iya tapi khan bayar extra 300jt khan ndak cuman fuel cons doang mbah

dimana mata memandang, ke santafe sih upgrade gile

santafe aja ud lebih besar dari rav4, artinya 2 segmen diatas jinik
ndnd
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Jan 15, 2009 15:53

Re: Santa Fe - hybrid or gasoline

Post by ndnd »

To TS : jadinya ambil yg hybrid atau ice?
winsome
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00

Re: Santa Fe - hybrid or gasoline

Post by winsome »

yg hybrid om.

blm sempet review dan lagian gw ga jago utk review. Tp some brief impression sejauh ini udah jalan kurleb 1500km

Pro:
- Styling gagah keren abis, kecuali belakang ya memang gtu lah. Dpn 8.5/10, samping 7.5/10, belakang :big_childish: 5.5/10
- Tarikan enak, linear, seluruh rpm ngisi
- Irit nya antara 13.5-15 km/l. Masih kalah ama zenix kayaknya dan ya seharus nya emang gini sih
- Muewahhhhh interior nya. Beti ama BMW X5 G05
- Legaaaaaa, apalagi baris kedua. Kalah2nya ama mpv yg dimensi spt alphard keatas
- Heningggggg, beti ama mbl2 kelas diatasnya
- Suspensi, enak, vs CRV Turbo gw yg segera dipensiunkan sih lumayan significant

Cons
- ADAS2an ga ada guna. Gw matiin hampir semua nya. Terutama yg bs ngerem2 sendiri. Dan yg menyebalkan, bgtu nyalain lg, ke reset, harus manually matiin lg. Asli ga guna di traffic Jakarta. Tau gini ambil trim yg prime aja. ADAS nya minim. Irit lumayan jauh juga, 80-jt an
- Bagasi blkg yg otomatis, kl mau tutup harus teken tombol remote atau tombol di dashboard dan di hold smp nutup abis. Kl dilepas pas tengah2, berenti juga itu tutupannya dan harus buka total lagi dan pencet terus lagi. Menyebalkan
- Kl di gas agak tinggi rpm nya, mesin cenderung berisik. Mgkn krn cm 1.6T
- Bangku kl kata Boss ane, keras, enakan BMW, tp dia mah bias, jadi ga bs dipercaya 100%. Gw sih fine2 aja ama bangku nya
- Tuas perseneling ala2 Ioniq, masih blm terbiasa. Hampir nubruk bbrp kali gara2 salah masukin ke P tau nya R, belakang tembok sisa 10cm :big_biglaugh:
- Itu bangku pemanas dan pendingin pun sbnr nya ga terlalu guna, pendingin cm ok kl cuaca panass skli dan masuk mbl, bgtu temperatur nya udah settle, malah kedinginan. Alhasil matiin. Boss suka tp ama pemanas kursi, kata nya enak buat pinggang kl malam2 dan kondisi agak dingin
- Ini mobil rasa disetirin nya gede, jadi kl manuver2 rada serem, takut belakang nya nyangkut


Sekian dulu sementara. Thank you
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2586
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Santa Fe - hybrid or gasoline

Post by darrelund »

winsome wrote: Sun May 18, 2025 16:13 Tau gini ambil trim yg prime aja. ADAS nya minim. Irit lumayan jauh juga, 80-jt an
masala nya yg prime nyunatnya ga cuma adas mbah, lampu, ventilated seat etc etc

kyk dipaksa ambil yg full ADAS
winsome
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00

Re: Santa Fe - hybrid or gasoline

Post by winsome »

Sbnr nya yg disunat dr prime yg gw rasa nya butuh (seingat gw) cm sound system premium, memory seat, 360 cam (ini juga boleh ada boleh ga sbnr nya, ga terlalu guna juga), dua wireless charging (bs pake slot usb charging yg bertebaran di mbl, walaupun cable). Tp kl dipaket sama ADAS ya emang value nya diatas selisih harganya. Dan Prime harus nya resale value nya lbh anjlok