Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
picker83 wrote: Thu May 08, 2025 6:23
nah brarti rmh saya yg 5500 next better tambah daya aja ya buat wall charger
Tergantung penggunaan. Kalau rumah sering dipakai sekitar 5000watt, maka kalau dinaikkan ke 11kva, akan jegleg / tidak kuat bila cas mobil listrik aion 6.600 watt.
Sebagai gambaran, kalau kondisi saya sih rumah juga 5500va. Tapi Realitanya pemakaian max hanya 3000 watt. Itupun hanya di siang hari.
3000+6600= 9800 watt. Jadi kalau saya naik ke 11kva masih masuk.
Kva bisa dianggep saja = watt.
Selain itu sebaiknya minimum disisakan overhead sekitar 20% buat jaga2, karena kadang ada alat listrik yang angkatan pertama nya besar.
realitanya sih 2200 kondisi normal msh aman. cm pagi aja kadang lonjak naik saat start up mesin espresso atau microwave. malam malah aman . jd ga perlu bobok lantai garasi lagi buat narik lajur kabel listrik krn jaringan listrik sini da underground.
picker83 wrote: Thu May 08, 2025 6:23
nah brarti rmh saya yg 5500 next better tambah daya aja ya buat wall charger
Tergantung penggunaan. Kalau rumah sering dipakai sekitar 5000watt, maka kalau dinaikkan ke 11kva, akan jegleg / tidak kuat bila cas mobil listrik aion 6.600 watt.
Sebagai gambaran, kalau kondisi saya sih rumah juga 5500va. Tapi Realitanya pemakaian max hanya 3000 watt. Itupun hanya di siang hari.
3000+6600= 9800 watt. Jadi kalau saya naik ke 11kva masih masuk.
Kva bisa dianggep saja = watt.
Selain itu sebaiknya minimum disisakan overhead sekitar 20% buat jaga2, karena kadang ada alat listrik yang angkatan pertama nya besar.
realitanya sih 2200 kondisi normal msh aman. cm pagi aja kadang lonjak naik saat start up mesin espresso atau microwave. malam malah aman . jd ga perlu bobok lantai garasi lagi buat narik lajur kabel listrik krn jaringan listrik sini da underground.
aspsilver wrote: Wed May 14, 2025 13:22
minggu lalu, saya ke Jawa tengah lagi, ke Magelang, karena ada acara.
nah kali ini , saya nyupir lebih relax, jalan 130-150 km/h saja , gak digas pol sampai 162.
konsumsi listrik jauh lebih baik.
saya charge di KM 228 A, bisa 60 kW
lalu di 379 A, 80 kW , malahan rame disini.
di Magelang di SPKLU akademi Militer 60 KW , kelihatannya kalo suhu dingin, charge bisa lebih maximal dibandingkan terik.
nah waktu pulang, rame yang charge, antri.
di KM 260 B (pabrik gula) ada Astra charger, penuh, gak kebagian
akhirnya saya di 229 B, itu jg antri,
charge ada 4, semua terpakai.
dan abis saya juga antri juga
mulai banyak juga yang road trip pake EV
Astra charger yg dari arah Jawa ke Jakarta masih gratis ?, kalo masih ya itu dalangnya rame, kalo kata para veteran EV, gratisan 100 ribu aja masih dicari
Btw, antriannya masih beradab kan ?, akhir taun lalu antri cas2an berasa kayak kopdar EV soalnya, pada bahas batere, cara ngecas, biar ngirit gimana...
aspsilver wrote: Wed May 14, 2025 13:22
minggu lalu, saya ke Jawa tengah lagi, ke Magelang, karena ada acara.
nah kali ini , saya nyupir lebih relax, jalan 130-150 km/h saja , gak digas pol sampai 162.
konsumsi listrik jauh lebih baik.
saya charge di KM 228 A, bisa 60 kW
lalu di 379 A, 80 kW , malahan rame disini.
di Magelang di SPKLU akademi Militer 60 KW , kelihatannya kalo suhu dingin, charge bisa lebih maximal dibandingkan terik.
nah waktu pulang, rame yang charge, antri.
di KM 260 B (pabrik gula) ada Astra charger, penuh, gak kebagian
akhirnya saya di 229 B, itu jg antri,
charge ada 4, semua terpakai.
dan abis saya juga antri juga
mulai banyak juga yang road trip pake EV
Astra charger yg dari arah Jawa ke Jakarta masih gratis ?, kalo masih ya itu dalangnya rame, kalo kata para veteran EV, gratisan 100 ribu aja masih dicari
Btw, antriannya masih beradab kan ?, akhir taun lalu antri cas2an berasa kayak kopdar EV soalnya, pada bahas batere, cara ngecas, biar ngirit gimana...
Bibieight wrote: Wed May 14, 2025 23:26
Astra charger yg dari arah Jawa ke Jakarta masih gratis ?, kalo masih ya itu dalangnya rame, kalo kata para veteran EV, gratisan 100 ribu aja masih dicari
Btw, antriannya masih beradab kan ?, akhir taun lalu antri cas2an berasa kayak kopdar EV soalnya, pada bahas batere, cara ngecas, biar ngirit gimana...
wkwwkwk kopdar EV
ini klo lg antri etika nya charge sampe 80% aja kan ya?
uda pada sadar begitukah? ato pada nunggu sampe 100%?
kenop wrote: Thu May 15, 2025 5:39
wkwwkwk kopdar EV
ini klo lg antri etika nya charge sampe 80% aja kan ya?
uda pada sadar begitukah? ato pada nunggu sampe 100%?
Kalo yg veteran si malah belum 80% dah cabut. Lebaran kemaren yg cas 100% BYD ama Chery semua, kalo yg I5 80% dah banyak yg jalan.
Masalah utama orang cas sampe 100% kan nubie yg masih sindrom range anxiety. Begitu dah tau kalo Surabaya-Jakarta sampe Jkt sering sisa 30% si lebih sering opportunity charging, kalo dah 40%-50% cek di PLN Mobile, cari DC charger > 50kW yg kosong yg mana, slonong masuk. Ioniq tu 10% tu equal 7kW. Mesin 50kW 10% butuh 10 menit, brenti 15 menit dah balik ke 60-65%..... 15 menit tu ndak cukup toilet break kalo yg naik cewe semua