Aion Y Plus Premium 490
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Aion Y Plus Premium 490
mau Review mobil nih.
kami baru saja dapat Aion Y Plus Premium 490
setelah lama , akhirnya kecemplung juga beli EV.
setelah baca, nonton, kesempatan mencoba beberapa EV. akhinya keputusan jatuh di AION Y plus Premium 490
setelah ke IIMS 2025, trus mampir ke beberapa showroom AION, dan test drive. nawar. akhirnya dapat juga
warna Hitam, NIK 2024
ternyata setelah baca baca, Manufaktur AION ini adalah GAC, Guangzhou Automotive Corporation, GAC adalah partner lokal Toyota dan Honda di China, konon GAC dapat mengadopsi, kebaikan Toyota dan Honda di mobil buatannya. dan GAC adalah manufaktur BEV no 3, dunia setelah BYD dan Tesla.
sayangnya ATPM di Indonesia, kurang promosi, jadi Nama AION ini kurang terdengar, kalah sama EV brand lain.
nomor 1, mobil ini lega banget, terutama di bangku belakang, serasa naik S Class tanpa harus punya S Class.
bantingannya enak, katanya reviewer otomotif ternama, bantingannya dewasa.
sangat nyaman.
di Indonesia AION menggunakan jarak tempuh sesuai NEDC, jadi dapat nya 490 km.
di Singapura dan Malaysia, satuan yang dipakai adalah WLTP, 430 km, rasanya ini lebih realistis.
karena terakhirmobil udah jalan 330 km, batere sisa 20% dan sisa jarak 100 km
karena mobil dikirim ke rumah, seelum chargernya sampai, akhinya haarus charge di SPKLU.
karena di dekat rumah dan di tempat kerja (kebeltulan ada) adanya tipe AC 22 kW, ya lumayan pikirnya, 3 jam penuh.
ternyata koq cuma bisa masuk 7 kW, jadi 8 jam estimasinya, setelah tanya, ternyata kalau Ac memang hanya bisa masuk 7kW, di brosur Singapur ada keterangan AC 7 kW, dan DC 90 kW, di borsur Indonesia tidak ada.
kelebihan lain, ada ban serep, salah satu EV yang punya ban serep. walaupun space saver ya, tapi ada.
salah satu kekurangan,
dia gak ada tombol fisik.
jadi setel spion, lipat buka spion, lampu, ac, dll semua di touch screen.,
di mobil ini gak bisa jalan dengan spion terlipat, gak mau lipat, dan kalo lipat, pas jalan diatas 10 km/jam, buka lagi.
untuk membuka dan mengunci pintu, di handle gak ada tombolnya
pilihannya antara pake remote atau jalan mendekati atau menjauhi mobil untuk membuka dan mengunci pintu. (ini bisa diatur dari touch screen mau yang mana)
buka bagasi electric, didekati dengan kunci dikantong setelah 3 detik bagasi membuka. gak usah pakai gerakan kaki. berdiri aja
singakt dulu ya.
terima kasih
kami baru saja dapat Aion Y Plus Premium 490
setelah lama , akhirnya kecemplung juga beli EV.
setelah baca, nonton, kesempatan mencoba beberapa EV. akhinya keputusan jatuh di AION Y plus Premium 490
setelah ke IIMS 2025, trus mampir ke beberapa showroom AION, dan test drive. nawar. akhirnya dapat juga
warna Hitam, NIK 2024
ternyata setelah baca baca, Manufaktur AION ini adalah GAC, Guangzhou Automotive Corporation, GAC adalah partner lokal Toyota dan Honda di China, konon GAC dapat mengadopsi, kebaikan Toyota dan Honda di mobil buatannya. dan GAC adalah manufaktur BEV no 3, dunia setelah BYD dan Tesla.
sayangnya ATPM di Indonesia, kurang promosi, jadi Nama AION ini kurang terdengar, kalah sama EV brand lain.
nomor 1, mobil ini lega banget, terutama di bangku belakang, serasa naik S Class tanpa harus punya S Class.
bantingannya enak, katanya reviewer otomotif ternama, bantingannya dewasa.
sangat nyaman.
di Indonesia AION menggunakan jarak tempuh sesuai NEDC, jadi dapat nya 490 km.
di Singapura dan Malaysia, satuan yang dipakai adalah WLTP, 430 km, rasanya ini lebih realistis.
karena terakhirmobil udah jalan 330 km, batere sisa 20% dan sisa jarak 100 km
karena mobil dikirim ke rumah, seelum chargernya sampai, akhinya haarus charge di SPKLU.
karena di dekat rumah dan di tempat kerja (kebeltulan ada) adanya tipe AC 22 kW, ya lumayan pikirnya, 3 jam penuh.
ternyata koq cuma bisa masuk 7 kW, jadi 8 jam estimasinya, setelah tanya, ternyata kalau Ac memang hanya bisa masuk 7kW, di brosur Singapur ada keterangan AC 7 kW, dan DC 90 kW, di borsur Indonesia tidak ada.
kelebihan lain, ada ban serep, salah satu EV yang punya ban serep. walaupun space saver ya, tapi ada.
salah satu kekurangan,
dia gak ada tombol fisik.
jadi setel spion, lipat buka spion, lampu, ac, dll semua di touch screen.,
di mobil ini gak bisa jalan dengan spion terlipat, gak mau lipat, dan kalo lipat, pas jalan diatas 10 km/jam, buka lagi.
untuk membuka dan mengunci pintu, di handle gak ada tombolnya
pilihannya antara pake remote atau jalan mendekati atau menjauhi mobil untuk membuka dan mengunci pintu. (ini bisa diatur dari touch screen mau yang mana)
buka bagasi electric, didekati dengan kunci dikantong setelah 3 detik bagasi membuka. gak usah pakai gerakan kaki. berdiri aja
singakt dulu ya.
terima kasih
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
- Daily Vehicle: CX-30 GT
Re: Aion Y Plus Premium 490
Ga ada foto2 om? Di-add as attachment.
Congrats for the new car, merk mobil ini lg dihujat abis2an di IG hujat mobil krn pada gaib SPK dan pelunasannya.
Congrats for the new car, merk mobil ini lg dihujat abis2an di IG hujat mobil krn pada gaib SPK dan pelunasannya.
Hiroshima 46V
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Aion Y Plus Premium 490
foto menyusul ya Oom.
ini SPK dan mobilnya cepet sih.
senin lihat dan pilih mobil, Rabu pelunasan, sabtu diantar.
ini SPK dan mobilnya cepet sih.
senin lihat dan pilih mobil, Rabu pelunasan, sabtu diantar.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Aion Y Plus Premium 490
terasa repot sekali sepertinya kalau baterai soak/error kalau kebanyakan kontrol elektronik
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Subaru XV
Re: Aion Y Plus Premium 490
GAC itu yg bikin Toyota BZ3X, platformnya sama dengan AION V,

Terus sama Honda dia bareng bikin
HRV EV (En:1)
Sama P7

Jadi harusnya bukan kaleng-kaleng ya, tapi cuma ya gitu deh distributornya
Trs yg masalah SPK itu lbh ke Hyper brand, bukan Aion walau sama under GAC dan disini sama distributor yg sama
Bingung juga sama GAC, yg digedein sub-brand nya, jd orang enggak ngeh ada nama besar di belakangnya.

Terus sama Honda dia bareng bikin
HRV EV (En:1)
Sama P7

Jadi harusnya bukan kaleng-kaleng ya, tapi cuma ya gitu deh distributornya
Trs yg masalah SPK itu lbh ke Hyper brand, bukan Aion walau sama under GAC dan disini sama distributor yg sama
Bingung juga sama GAC, yg digedein sub-brand nya, jd orang enggak ngeh ada nama besar di belakangnya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
- Location: Jakarta
Re: Aion Y Plus Premium 490
dsini GAC dipegang indomobil, udh gk heran sama grup ini




4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Aion Y Plus Premium 490
untuk membuka dan mengunci pintu, di handle gak ada tombolnya -> utk saya mengerikan ini...
amit2 sesuatu yg jelek terjadi & sistem error....gimana cara keluarnya
amit2 sesuatu yg jelek terjadi & sistem error....gimana cara keluarnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Aion Y Plus Premium 490
setuju sama om di atas, masa gak ada cara manual buka pintunya?MSU wrote: Thu Apr 17, 2025 2:29 untuk membuka dan mengunci pintu, di handle gak ada tombolnya -> utk saya mengerikan ini...
amit2 sesuatu yg jelek terjadi & sistem error....gimana cara keluarnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3027
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Aion Y Plus Premium 490
Syulit sama group yg satu ini… kebanyakan jualan indomie sama semen seh

——
Btw buat om aspailver, congratz ya buat mobilnya..
Semoga awet dan betah dipake lama


S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Aion Y Plus Premium 490
bukan gitu maksud saya Oom.
handle pintu nornal ada luar dalem, di balik handle pintu supir juga ada lubang kunci, buat kunci manual.
maksud saya kalau smart key yang kita sudah biasa, di handle pintu luar kan ada tombol untuk lock unlock, selama kunci ada dikantong tinggal tekan tombil itu saja.
nah di Aion Y gak ada tombol itu. jadi pilihannya lock unlock dari remote , atau di program kalau kunci dekat dengan mobil , mobil akan unlock, dan kalau menjauh, akan lock
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Aion Y Plus Premium 490
oohhh paham om. tq.aspsilver wrote: Thu Apr 17, 2025 5:22 bukan gitu maksud saya Oom.
handle pintu nornal ada luar dalem, di balik handle pintu supir juga ada lubang kunci, buat kunci manual.
maksud saya kalau smart key yang kita sudah biasa, di handle pintu luar kan ada tombol untuk lock unlock, selama kunci ada dikantong tinggal tekan tombil itu saja.
nah di Aion Y gak ada tombol itu. jadi pilihannya lock unlock dari remote , atau di program kalau kunci dekat dengan mobil , mobil akan unlock, dan kalau menjauh, akan lock
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57
Re: Aion Y Plus Premium 490
Setau saya kalau aion y plus ada handle manual nya, kalau yg hyptec full electricMSU wrote: Thu Apr 17, 2025 2:29 untuk membuka dan mengunci pintu, di handle gak ada tombolnya -> utk saya mengerikan ini...
amit2 sesuatu yg jelek terjadi & sistem error....gimana cara keluarnya
-
- SM Specialist
- Posts: 4780
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Aion Y Plus Premium 490
Selamat ya Om EV Baru nyaaspsilver wrote: Wed Apr 16, 2025 11:31 mau Review mobil nih.
kami baru saja dapat Aion Y Plus Premium 490
setelah lama , akhirnya kecemplung juga beli EV.
- cut -
singakt dulu ya.
terima kasih
Oiya, saya lupa2 ingat.. ini Om yang pernah ketemu saya di Sate H. Subali di dekat Kaligua ya ?
Maaf jika keliru

![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04
Re: Aion Y Plus Premium 490
congrats Om mobil barunyaaspsilver wrote: Wed Apr 16, 2025 11:31 salah satu kekurangan,
dia gak ada tombol fisik.
jadi setel spion, lipat buka spion, lampu, ac, dll semua di touch screen.,
di mobil ini gak bisa jalan dengan spion terlipat, gak mau lipat, dan kalo lipat, pas jalan diatas 10 km/jam, buka lagi.

bulan kemarin saya ke China, naik taksol di sana kebanyakan Aion (at least di kota2 yang saya pergi). harusnya Aion udah cukup matang ya bikin EV, cuma ya gitu di sini jualannya kurang agresif. semoga aftersalesnya baik ya Om.
buat saya yang old school, semua serba elektrik dan dikontrol touch screen sih masih agak serem. ya mungkin dalam 10-15 taon ke depan saya mau ga mau harus nerima kalo semua mobil udah begini.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Aion Y Plus Premium 490
F272 wrote: Thu Apr 17, 2025 8:25Selamat ya Om EV Baru nyaaspsilver wrote: Wed Apr 16, 2025 11:31 mau Review mobil nih.
kami baru saja dapat Aion Y Plus Premium 490
setelah lama , akhirnya kecemplung juga beli EV.
- cut -
singakt dulu ya.
terima kasih
Oiya, saya lupa2 ingat.. ini Om yang pernah ketemu saya di Sate H. Subali di dekat Kaligua ya ?
Maaf jika keliru
![]()
![]()
benar oom.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Thu Feb 01, 2018 3:27
Re: Aion Y Plus Premium 490
MSU wrote: Thu Apr 17, 2025 2:29 untuk membuka dan mengunci pintu, di handle gak ada tombolnya -> utk saya mengerikan ini...
amit2 sesuatu yg jelek terjadi & sistem error....gimana cara keluarnya
Agak mengerikan memang kalo pintu pun elektris
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Aion Y Plus Premium 490
Congrats om semoga sehat n awet
Ni gw mau coba aion v malah ga ada unit test drive wkwk
Ni gw mau coba aion v malah ga ada unit test drive wkwk
Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: Sat Jul 18, 2015 5:22
Re: Aion Y Plus Premium 490
Serem jg ya naik mobil yang pintu-nya semua elektrik, tidak ada komponen pembuka pintu secara fisik. Tapi unik sih secara tampilan dan semua pasti udah diperhitungkan matang-matang oleh Aion.
Btw selamat om atas mobil baru-nya
Btw selamat om atas mobil baru-nya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4900
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Aion Y Plus Premium 490
nice review om, desainnya memang cukup oke dikelasnya menurut saya + fiturnya lumayan lengkap jg
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Aion Y Plus Premium 490
bukan gitu maksud saya Oom.atom wrote: Sat Apr 19, 2025 4:16 Serem jg ya naik mobil yang pintu-nya semua elektrik, tidak ada komponen pembuka pintu secara fisik. Tapi unik sih secara tampilan dan semua pasti udah diperhitungkan matang-matang oleh Aion.
Btw selamat om atas mobil baru-nya![]()
handle pintu nornal ada luar dalem, di balik handle pintu supir juga ada lubang kunci, buat kunci manual.
maksud saya kalau smart key yang kita sudah biasa, di handle pintu luar kan ada tombol untuk lock unlock, selama kunci ada dikantong tinggal tekan tombil itu saja.
nah di Aion Y gak ada tombol itu. jadi pilihannya lock unlock dari remote , atau di program kalau kunci dekat dengan mobil , mobil akan unlock, dan kalau menjauh, akan lock
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Tue Sep 25, 2018 6:03
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: ford fiesta
Re: Aion Y Plus Premium 490
Dapat di nett harga brp om. Lagi nimang nimang yang aion V yg ada kulkasnya itu. yg mana lbh worthed ya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Aion Y Plus Premium 490
Nett di 424 pak.dapat tambahan portable charger. Tapi charger belum dikirim.picker83 wrote: Tue Apr 22, 2025 9:15 Dapat di nett harga brp om. Lagi nimang nimang yang aion V yg ada kulkasnya itu. yg mana lbh worthed ya.
Aion V. Interior nya lebih mewah. Bahan joknya lebih baik drp Y plus.
Tapi inden. Kalo Y plus ready. Karena mereka habiskan stok
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
- Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS
Re: Aion Y Plus Premium 490
picker83 wrote: Tue Apr 22, 2025 9:15 Dapat di nett harga brp om. Lagi nimang nimang yang aion V yg ada kulkasnya itu. yg mana lbh worthed ya.
Saya pakai AION Y PLUS dan uda icip AION V.
Kalau menurut saya sih lebih worth it AION V yang ga ada kulkas karena
- sama-sama panoramic moonroof
- Sama kapasitas baterai
- sama-sama 1st row ada ventilated seats semua
- kursi pijat ngga berasa enaknya
- sama-sama teleskopik stir nya
- kursi bukan kulit asli
Kalau dibanding sama aion y plus, jauh lebih nyaman aion v. Baik itu bahan busa empuk nya itu sendiri, kemudian posisi duduk 2nd row maupun pengemudi. Meski memang 2nd row masih lebih lega si aion y plus.
Oh! Headrest aion v juga lebih normal. Nggak se-maju aion y plus.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Tue Sep 25, 2018 6:03
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: ford fiesta
Re: Aion Y Plus Premium 490
AION V luxury rangenya lebih jauh. ini compare Y plus dgn V yach.orangpelupa wrote: Fri Apr 25, 2025 11:34picker83 wrote: Tue Apr 22, 2025 9:15 Dapat di nett harga brp om. Lagi nimang nimang yang aion V yg ada kulkasnya itu. yg mana lbh worthed ya.
Saya pakai AION Y PLUS dan uda icip AION V.
Kalau menurut saya sih lebih worth it AION V yang ga ada kulkas karena
- sama-sama panoramic moonroof
- Sama kapasitas baterai
- sama-sama 1st row ada ventilated seats semua
- kursi pijat ngga berasa enaknya
- sama-sama teleskopik stir nya
- kursi bukan kulit asli
Kalau dibanding sama aion y plus, jauh lebih nyaman aion v. Baik itu bahan busa empuk nya itu sendiri, kemudian posisi duduk 2nd row maupun pengemudi. Meski memang 2nd row masih lebih lega si aion y plus.
Oh! Headrest aion v juga lebih normal. Nggak se-maju aion y plus.
Hari sabtu kemarin test drive akhirnya booking dah yang aion V luxury.
tinggal milih warnanya ini eksterior n interior msh galau.
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Fri Apr 25, 2025 11:25
- Daily Vehicle: GAC AION Y PLUS
Re: Aion Y Plus Premium 490
Sorry bahasa gw ruwet. Maksud gw v exclusive vs y plus.picker83 wrote: Mon Apr 28, 2025 9:32AION V luxury rangenya lebih jauh. ini compare Y plus dgn V yach.orangpelupa wrote: Fri Apr 25, 2025 11:34picker83 wrote: Tue Apr 22, 2025 9:15 Dapat di nett harga brp om. Lagi nimang nimang yang aion V yg ada kulkasnya itu. yg mana lbh worthed ya.
Saya pakai AION Y PLUS dan uda icip AION V.
Kalau menurut saya sih lebih worth it AION V yang ga ada kulkas karena
- sama-sama panoramic moonroof
- Sama kapasitas baterai
- sama-sama 1st row ada ventilated seats semua
- kursi pijat ngga berasa enaknya
- sama-sama teleskopik stir nya
- kursi bukan kulit asli
Kalau dibanding sama aion y plus, jauh lebih nyaman aion v. Baik itu bahan busa empuk nya itu sendiri, kemudian posisi duduk 2nd row maupun pengemudi. Meski memang 2nd row masih lebih lega si aion y plus.
Oh! Headrest aion v juga lebih normal. Nggak se-maju aion y plus.
Hari sabtu kemarin test drive akhirnya booking dah yang aion V luxury.
tinggal milih warnanya ini eksterior n interior msh galau.
And congrats for the purchase! Soal warna, itu exterior ternyata tiap warna memberi pengaruh banget dengan kesan desain mobilnya.
Bisa berubah2 antara kesan desain aneh, norak, sampe gahar. Selamat bingung pilih warna haha.