Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1842
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by MSU »

classicrock wrote: Sat May 10, 2025 9:52 Halo om om, mau konsultasi soal oli transmisi matic Avanza 2017. Mobil pakai dari baru, saya rutin kuras oli matic tiap 25.000 km. Sekarang jarak tempuh sudah mau masuk 100.000 km.

Di manual book tertulis oli matic boleh pakai DIII atau T-IV. Mulai kuras matic pertama saya pakai Castrol Transmax ATF.

Nah ini mau kuras lagi, tapi bengkel langganan stok olinya tinggal T-IV. Pertanyaan saya, boleh ngga?

Terima kasih.
Lha itu di manual book ketulis T-IV kan om...berarti aman harusnya...yg penting pastiin asli
Btw cukup teliti jg rawat mobilnya...kl sy per 20rb ga flush...cuma ganti aja
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by classicrock »

MSU wrote: Sat May 10, 2025 9:55
Lha itu di manual book ketulis T-IV kan om...berarti aman harusnya...yg penting pastiin asli
Btw cukup teliti jg rawat mobilnya...kl sy per 20rb ga flush...cuma ganti aja
Hehe maafkan mungkin ada yang kurang di pertanyaan saya, apakah ngga masalah si Toyota T-IV itu bercampur dengan si Castrol? Karena walaupun kuras kan pasti akan bercampur. Sementara si Transmax ini spec nya kan sapu jagat, buat transmisi yang butuh DIII boleh, buat yang butuh T-IV boleh.

Iya om, main aman tiap 25.000, soalnya saya termasuk user yang kalau pakai mobil agak lama, hehehe, jadi biar awet aja.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by DOHC »

classicrock wrote: Sat May 10, 2025 11:39
MSU wrote: Sat May 10, 2025 9:55
Lha itu di manual book ketulis T-IV kan om...berarti aman harusnya...yg penting pastiin asli
Btw cukup teliti jg rawat mobilnya...kl sy per 20rb ga flush...cuma ganti aja
Hehe maafkan mungkin ada yang kurang di pertanyaan saya, apakah ngga masalah si Toyota T-IV itu bercampur dengan si Castrol? Karena walaupun kuras kan pasti akan bercampur. Sementara si Transmax ini spec nya kan sapu jagat, buat transmisi yang butuh DIII boleh, buat yang butuh T-IV boleh.

Iya om, main aman tiap 25.000, soalnya saya termasuk user yang kalau pakai mobil agak lama, hehehe, jadi biar awet aja.
kl emg niat mau keep lama, justru jgn pake t4, itu oli biasa pake banget, bukan full sintetis, dan kualitet cenderung biasa

mendingan upgrade sekalian pake yg mendingan, sekelas aisin (atau kixx) afw plus (Toh girbok metik afansa buatan aisin jg), castrol (cari yg transmax btol emas), PTT punya jg ud bagus banget ktimbang T4 bawaan .... (tumben blom ad yg bawel kiyuat kiyuet an neh)

mo lebi awet panjang umur lagi, ganti per 20 rebu km, odo 100 rebu ganti filter dalem pan (Kl bisa).. uda, girbok metik toyota (jadul) mah ga manja konyol rewel ini itu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
almer18
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Sun Apr 05, 2020 10:14
Location: South Tangerang
Daily Vehicle: Proton Exora

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by almer18 »

Baru semingguan yg lalu ganti oli transmisi pake pertamina atf dex3 yg curah di mobil malaysia 4 AT konvensional..
Kira2 baiknya dipakai sampe berapa KM ya oli atf pertamina curah ini?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12550
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

almer18 wrote: Sun May 11, 2025 2:15 Baru semingguan yg lalu ganti oli transmisi pake pertamina atf dex3 yg curah di mobil malaysia 4 AT konvensional..
Kira2 baiknya dipakai sampe berapa KM ya oli atf pertamina curah ini?
2 thn or 20rb km gpp
Yg penting ganti rutin
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by classicrock »

DOHC wrote: Sat May 10, 2025 23:29

kl emg niat mau keep lama, justru jgn pake t4, itu oli biasa pake banget, bukan full sintetis, dan kualitet cenderung biasa

mendingan upgrade sekalian pake yg mendingan, sekelas aisin (atau kixx) afw plus (Toh girbok metik afansa buatan aisin jg), castrol (cari yg transmax btol emas), PTT punya jg ud bagus banget ktimbang T4 bawaan .... (tumben blom ad yg bawel kiyuat kiyuet an neh)

mo lebi awet panjang umur lagi, ganti per 20 rebu km, odo 100 rebu ganti filter dalem pan (Kl bisa).. uda, girbok metik toyota (jadul) mah ga manja konyol rewel ini itu
Hehehe thank you masukannya om. Coba nanti saya tanya ke bengkelnya ada pilihan lain apa aja.

Saya baru setahunan ini pindah ke Surabaya, jadi belum keliling bengkel sana sini. Misal boleh bawa oli sendiri paling nanti beli online dulu deh.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1613
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by t105erd »

DOHC wrote: Sat May 10, 2025 23:29
classicrock wrote: Sat May 10, 2025 11:39
MSU wrote: Sat May 10, 2025 9:55
Lha itu di manual book ketulis T-IV kan om...berarti aman harusnya...yg penting pastiin asli
Btw cukup teliti jg rawat mobilnya...kl sy per 20rb ga flush...cuma ganti aja
Hehe maafkan mungkin ada yang kurang di pertanyaan saya, apakah ngga masalah si Toyota T-IV itu bercampur dengan si Castrol? Karena walaupun kuras kan pasti akan bercampur. Sementara si Transmax ini spec nya kan sapu jagat, buat transmisi yang butuh DIII boleh, buat yang butuh T-IV boleh.

Iya om, main aman tiap 25.000, soalnya saya termasuk user yang kalau pakai mobil agak lama, hehehe, jadi biar awet aja.
kl emg niat mau keep lama, justru jgn pake t4, itu oli biasa pake banget, bukan full sintetis, dan kualitet cenderung biasa

mendingan upgrade sekalian pake yg mendingan, sekelas aisin (atau kixx) afw plus (Toh girbok metik afansa buatan aisin jg), castrol (cari yg transmax btol emas), PTT punya jg ud bagus banget ktimbang T4 bawaan .... (tumben blom ad yg bawel kiyuat kiyuet an neh)

mo lebi awet panjang umur lagi, ganti per 20 rebu km, odo 100 rebu ganti filter dalem pan (Kl bisa).. uda, girbok metik toyota (jadul) mah ga manja konyol rewel ini itu
Sekalian tanya ah, mobil saya gearbox nya Ford CD4E 4speed, untuk rekomendasi nya sih cuma ditulis “Mercon” gitu doang, kemarin sebelum mudik di cek mbah marmut katanya ATF nya kurang +-1/2 liter, abis itu saya sotoy lah saya top up pakai Shell ATF 6, eh ternyata dia speknya Mercon LV, LV itu maksudnya Low Visco bukan yah? Untuk next penggantian mending pakai Mercon V atau LV yah? Untuk filter matik sudah dipastikan tidak bisa diganti tanpa turun transmisi hehe…
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12550
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

classicrock wrote: Sun May 11, 2025 6:07
DOHC wrote: Sat May 10, 2025 23:29

kl emg niat mau keep lama, justru jgn pake t4, itu oli biasa pake banget, bukan full sintetis, dan kualitet cenderung biasa

mendingan upgrade sekalian pake yg mendingan, sekelas aisin (atau kixx) afw plus (Toh girbok metik afansa buatan aisin jg), castrol (cari yg transmax btol emas), PTT punya jg ud bagus banget ktimbang T4 bawaan .... (tumben blom ad yg bawel kiyuat kiyuet an neh)

mo lebi awet panjang umur lagi, ganti per 20 rebu km, odo 100 rebu ganti filter dalem pan (Kl bisa).. uda, girbok metik toyota (jadul) mah ga manja konyol rewel ini itu
Hehehe thank you masukannya om. Coba nanti saya tanya ke bengkelnya ada pilihan lain apa aja.

Saya baru setahunan ini pindah ke Surabaya, jadi belum keliling bengkel sana sini. Misal boleh bawa oli sendiri paling nanti beli online dulu deh.
Klo bukan beres, most likely boleh.
Yang penting 💸🤣
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2549
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

t105erd wrote: Sun May 11, 2025 9:55
DOHC wrote: Sat May 10, 2025 23:29
classicrock wrote: Sat May 10, 2025 11:39

Hehe maafkan mungkin ada yang kurang di pertanyaan saya, apakah ngga masalah si Toyota T-IV itu bercampur dengan si Castrol? Karena walaupun kuras kan pasti akan bercampur. Sementara si Transmax ini spec nya kan sapu jagat, buat transmisi yang butuh DIII boleh, buat yang butuh T-IV boleh.

Iya om, main aman tiap 25.000, soalnya saya termasuk user yang kalau pakai mobil agak lama, hehehe, jadi biar awet aja.
kl emg niat mau keep lama, justru jgn pake t4, itu oli biasa pake banget, bukan full sintetis, dan kualitet cenderung biasa

mendingan upgrade sekalian pake yg mendingan, sekelas aisin (atau kixx) afw plus (Toh girbok metik afansa buatan aisin jg), castrol (cari yg transmax btol emas), PTT punya jg ud bagus banget ktimbang T4 bawaan .... (tumben blom ad yg bawel kiyuat kiyuet an neh)

mo lebi awet panjang umur lagi, ganti per 20 rebu km, odo 100 rebu ganti filter dalem pan (Kl bisa).. uda, girbok metik toyota (jadul) mah ga manja konyol rewel ini itu
Sekalian tanya ah, mobil saya gearbox nya Ford CD4E 4speed, untuk rekomendasi nya sih cuma ditulis “Mercon” gitu doang, kemarin sebelum mudik di cek mbah marmut katanya ATF nya kurang +-1/2 liter, abis itu saya sotoy lah saya top up pakai Shell ATF 6, eh ternyata dia speknya Mercon LV, LV itu maksudnya Low Visco bukan yah? Untuk next penggantian mending pakai Mercon V atau LV yah? Untuk filter matik sudah dipastikan tidak bisa diganti tanpa turun transmisi hehe…
Mercon LV betul low viscosity dia mirip sama dexron 6 encernya. Setau saya tapi gak backward compatible sama mercon v. Beda sama dexron 6 backward compatible sama 3.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1613
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by t105erd »

sahabatq8 wrote: Sun May 11, 2025 11:20
t105erd wrote: Sun May 11, 2025 9:55
DOHC wrote: Sat May 10, 2025 23:29

kl emg niat mau keep lama, justru jgn pake t4, itu oli biasa pake banget, bukan full sintetis, dan kualitet cenderung biasa

mendingan upgrade sekalian pake yg mendingan, sekelas aisin (atau kixx) afw plus (Toh girbok metik afansa buatan aisin jg), castrol (cari yg transmax btol emas), PTT punya jg ud bagus banget ktimbang T4 bawaan .... (tumben blom ad yg bawel kiyuat kiyuet an neh)

mo lebi awet panjang umur lagi, ganti per 20 rebu km, odo 100 rebu ganti filter dalem pan (Kl bisa).. uda, girbok metik toyota (jadul) mah ga manja konyol rewel ini itu
Sekalian tanya ah, mobil saya gearbox nya Ford CD4E 4speed, untuk rekomendasi nya sih cuma ditulis “Mercon” gitu doang, kemarin sebelum mudik di cek mbah marmut katanya ATF nya kurang +-1/2 liter, abis itu saya sotoy lah saya top up pakai Shell ATF 6, eh ternyata dia speknya Mercon LV, LV itu maksudnya Low Visco bukan yah? Untuk next penggantian mending pakai Mercon V atau LV yah? Untuk filter matik sudah dipastikan tidak bisa diganti tanpa turun transmisi hehe…
Mercon LV betul low viscosity dia mirip sama dexron 6 encernya. Setau saya tapi gak backward compatible sama mercon v. Beda sama dexron 6 backward compatible sama 3.
Nah itu ternyata ga kompetibel yah buat gearbox ford jadul wkwk…
Udah masuk 1/2 botol mudah2an gapapa nih, next kalo ganti oli ATF lagi mending pakai ATF Mercon V aja yah? Soalnya yg Mercon polos susah nemu, sapu jagat semua, apa karena udah jadul yah speknya jadi ga di produksi lagi.
almer18
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Sun Apr 05, 2020 10:14
Location: South Tangerang
Daily Vehicle: Proton Exora

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by almer18 »

Suryaputra wrote: Sun May 11, 2025 2:22
almer18 wrote: Sun May 11, 2025 2:15 Baru semingguan yg lalu ganti oli transmisi pake pertamina atf dex3 yg curah di mobil malaysia 4 AT konvensional..
Kira2 baiknya dipakai sampe berapa KM ya oli atf pertamina curah ini?
2 thn or 20rb km gpp
Yg penting ganti rutin
Siap om.. :big_okay:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2549
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

t105erd wrote: Sun May 11, 2025 14:11
sahabatq8 wrote: Sun May 11, 2025 11:20
t105erd wrote: Sun May 11, 2025 9:55

Sekalian tanya ah, mobil saya gearbox nya Ford CD4E 4speed, untuk rekomendasi nya sih cuma ditulis “Mercon” gitu doang, kemarin sebelum mudik di cek mbah marmut katanya ATF nya kurang +-1/2 liter, abis itu saya sotoy lah saya top up pakai Shell ATF 6, eh ternyata dia speknya Mercon LV, LV itu maksudnya Low Visco bukan yah? Untuk next penggantian mending pakai Mercon V atau LV yah? Untuk filter matik sudah dipastikan tidak bisa diganti tanpa turun transmisi hehe…
Mercon LV betul low viscosity dia mirip sama dexron 6 encernya. Setau saya tapi gak backward compatible sama mercon v. Beda sama dexron 6 backward compatible sama 3.
Nah itu ternyata ga kompetibel yah buat gearbox ford jadul wkwk…
Udah masuk 1/2 botol mudah2an gapapa nih, next kalo ganti oli ATF lagi mending pakai ATF Mercon V aja yah? Soalnya yg Mercon polos susah nemu, sapu jagat semua, apa karena udah jadul yah speknya jadi ga di produksi lagi.
1/2 botol mah gpp om. Biasa spek oli atf udah ada toleransi terhadap mengencer misalnya karena shearing
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by classicrock »

Suryaputra wrote: Sun May 11, 2025 10:23
Klo bukan beres, most likely boleh.
Yang penting 💸🤣
Hehe bukan BeRes kok om. Kalo mobil operasional kantor yang saya urusin sih aturannya wajib ke BeRes, kalau mobil sendiri males, mesti antri booking dsb.

Selama ini untuk perawatan rutin selain oli matic sih full DIY di rumah.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L