Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
classicrock wrote: Sat May 10, 2025 9:52
Halo om om, mau konsultasi soal oli transmisi matic Avanza 2017. Mobil pakai dari baru, saya rutin kuras oli matic tiap 25.000 km. Sekarang jarak tempuh sudah mau masuk 100.000 km.
Di manual book tertulis oli matic boleh pakai DIII atau T-IV. Mulai kuras matic pertama saya pakai Castrol Transmax ATF.
Nah ini mau kuras lagi, tapi bengkel langganan stok olinya tinggal T-IV. Pertanyaan saya, boleh ngga?
Terima kasih.
Lha itu di manual book ketulis T-IV kan om...berarti aman harusnya...yg penting pastiin asli
Btw cukup teliti jg rawat mobilnya...kl sy per 20rb ga flush...cuma ganti aja
MSU wrote: Sat May 10, 2025 9:55
Lha itu di manual book ketulis T-IV kan om...berarti aman harusnya...yg penting pastiin asli
Btw cukup teliti jg rawat mobilnya...kl sy per 20rb ga flush...cuma ganti aja
Hehe maafkan mungkin ada yang kurang di pertanyaan saya, apakah ngga masalah si Toyota T-IV itu bercampur dengan si Castrol? Karena walaupun kuras kan pasti akan bercampur. Sementara si Transmax ini spec nya kan sapu jagat, buat transmisi yang butuh DIII boleh, buat yang butuh T-IV boleh.
Iya om, main aman tiap 25.000, soalnya saya termasuk user yang kalau pakai mobil agak lama, hehehe, jadi biar awet aja.
MSU wrote: Sat May 10, 2025 9:55
Lha itu di manual book ketulis T-IV kan om...berarti aman harusnya...yg penting pastiin asli
Btw cukup teliti jg rawat mobilnya...kl sy per 20rb ga flush...cuma ganti aja
Hehe maafkan mungkin ada yang kurang di pertanyaan saya, apakah ngga masalah si Toyota T-IV itu bercampur dengan si Castrol? Karena walaupun kuras kan pasti akan bercampur. Sementara si Transmax ini spec nya kan sapu jagat, buat transmisi yang butuh DIII boleh, buat yang butuh T-IV boleh.
Iya om, main aman tiap 25.000, soalnya saya termasuk user yang kalau pakai mobil agak lama, hehehe, jadi biar awet aja.
kl emg niat mau keep lama, justru jgn pake t4, itu oli biasa pake banget, bukan full sintetis, dan kualitet cenderung biasa
mendingan upgrade sekalian pake yg mendingan, sekelas aisin (atau kixx) afw plus (Toh girbok metik afansa buatan aisin jg), castrol (cari yg transmax btol emas), PTT punya jg ud bagus banget ktimbang T4 bawaan .... (tumben blom ad yg bawel kiyuat kiyuet an neh)
mo lebi awet panjang umur lagi, ganti per 20 rebu km, odo 100 rebu ganti filter dalem pan (Kl bisa).. uda, girbok metik toyota (jadul) mah ga manja konyol rewel ini itu
Baru semingguan yg lalu ganti oli transmisi pake pertamina atf dex3 yg curah di mobil malaysia 4 AT konvensional..
Kira2 baiknya dipakai sampe berapa KM ya oli atf pertamina curah ini?
almer18 wrote: Sun May 11, 2025 2:15
Baru semingguan yg lalu ganti oli transmisi pake pertamina atf dex3 yg curah di mobil malaysia 4 AT konvensional..
Kira2 baiknya dipakai sampe berapa KM ya oli atf pertamina curah ini?
2 thn or 20rb km gpp
Yg penting ganti rutin
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kl emg niat mau keep lama, justru jgn pake t4, itu oli biasa pake banget, bukan full sintetis, dan kualitet cenderung biasa
mendingan upgrade sekalian pake yg mendingan, sekelas aisin (atau kixx) afw plus (Toh girbok metik afansa buatan aisin jg), castrol (cari yg transmax btol emas), PTT punya jg ud bagus banget ktimbang T4 bawaan .... (tumben blom ad yg bawel kiyuat kiyuet an neh)
mo lebi awet panjang umur lagi, ganti per 20 rebu km, odo 100 rebu ganti filter dalem pan (Kl bisa).. uda, girbok metik toyota (jadul) mah ga manja konyol rewel ini itu
Hehehe thank you masukannya om. Coba nanti saya tanya ke bengkelnya ada pilihan lain apa aja.
Saya baru setahunan ini pindah ke Surabaya, jadi belum keliling bengkel sana sini. Misal boleh bawa oli sendiri paling nanti beli online dulu deh.
MSU wrote: Sat May 10, 2025 9:55
Lha itu di manual book ketulis T-IV kan om...berarti aman harusnya...yg penting pastiin asli
Btw cukup teliti jg rawat mobilnya...kl sy per 20rb ga flush...cuma ganti aja
Hehe maafkan mungkin ada yang kurang di pertanyaan saya, apakah ngga masalah si Toyota T-IV itu bercampur dengan si Castrol? Karena walaupun kuras kan pasti akan bercampur. Sementara si Transmax ini spec nya kan sapu jagat, buat transmisi yang butuh DIII boleh, buat yang butuh T-IV boleh.
Iya om, main aman tiap 25.000, soalnya saya termasuk user yang kalau pakai mobil agak lama, hehehe, jadi biar awet aja.
kl emg niat mau keep lama, justru jgn pake t4, itu oli biasa pake banget, bukan full sintetis, dan kualitet cenderung biasa
mendingan upgrade sekalian pake yg mendingan, sekelas aisin (atau kixx) afw plus (Toh girbok metik afansa buatan aisin jg), castrol (cari yg transmax btol emas), PTT punya jg ud bagus banget ktimbang T4 bawaan .... (tumben blom ad yg bawel kiyuat kiyuet an neh)
mo lebi awet panjang umur lagi, ganti per 20 rebu km, odo 100 rebu ganti filter dalem pan (Kl bisa).. uda, girbok metik toyota (jadul) mah ga manja konyol rewel ini itu
Sekalian tanya ah, mobil saya gearbox nya Ford CD4E 4speed, untuk rekomendasi nya sih cuma ditulis “Mercon” gitu doang, kemarin sebelum mudik di cek mbah marmut katanya ATF nya kurang +-1/2 liter, abis itu saya sotoy lah saya top up pakai Shell ATF 6, eh ternyata dia speknya Mercon LV, LV itu maksudnya Low Visco bukan yah? Untuk next penggantian mending pakai Mercon V atau LV yah? Untuk filter matik sudah dipastikan tidak bisa diganti tanpa turun transmisi hehe…
kl emg niat mau keep lama, justru jgn pake t4, itu oli biasa pake banget, bukan full sintetis, dan kualitet cenderung biasa
mendingan upgrade sekalian pake yg mendingan, sekelas aisin (atau kixx) afw plus (Toh girbok metik afansa buatan aisin jg), castrol (cari yg transmax btol emas), PTT punya jg ud bagus banget ktimbang T4 bawaan .... (tumben blom ad yg bawel kiyuat kiyuet an neh)
mo lebi awet panjang umur lagi, ganti per 20 rebu km, odo 100 rebu ganti filter dalem pan (Kl bisa).. uda, girbok metik toyota (jadul) mah ga manja konyol rewel ini itu
Hehehe thank you masukannya om. Coba nanti saya tanya ke bengkelnya ada pilihan lain apa aja.
Saya baru setahunan ini pindah ke Surabaya, jadi belum keliling bengkel sana sini. Misal boleh bawa oli sendiri paling nanti beli online dulu deh.
Klo bukan beres, most likely boleh.
Yang penting
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Hehe maafkan mungkin ada yang kurang di pertanyaan saya, apakah ngga masalah si Toyota T-IV itu bercampur dengan si Castrol? Karena walaupun kuras kan pasti akan bercampur. Sementara si Transmax ini spec nya kan sapu jagat, buat transmisi yang butuh DIII boleh, buat yang butuh T-IV boleh.
Iya om, main aman tiap 25.000, soalnya saya termasuk user yang kalau pakai mobil agak lama, hehehe, jadi biar awet aja.
kl emg niat mau keep lama, justru jgn pake t4, itu oli biasa pake banget, bukan full sintetis, dan kualitet cenderung biasa
mendingan upgrade sekalian pake yg mendingan, sekelas aisin (atau kixx) afw plus (Toh girbok metik afansa buatan aisin jg), castrol (cari yg transmax btol emas), PTT punya jg ud bagus banget ktimbang T4 bawaan .... (tumben blom ad yg bawel kiyuat kiyuet an neh)
mo lebi awet panjang umur lagi, ganti per 20 rebu km, odo 100 rebu ganti filter dalem pan (Kl bisa).. uda, girbok metik toyota (jadul) mah ga manja konyol rewel ini itu
Sekalian tanya ah, mobil saya gearbox nya Ford CD4E 4speed, untuk rekomendasi nya sih cuma ditulis “Mercon” gitu doang, kemarin sebelum mudik di cek mbah marmut katanya ATF nya kurang +-1/2 liter, abis itu saya sotoy lah saya top up pakai Shell ATF 6, eh ternyata dia speknya Mercon LV, LV itu maksudnya Low Visco bukan yah? Untuk next penggantian mending pakai Mercon V atau LV yah? Untuk filter matik sudah dipastikan tidak bisa diganti tanpa turun transmisi hehe…
Mercon LV betul low viscosity dia mirip sama dexron 6 encernya. Setau saya tapi gak backward compatible sama mercon v. Beda sama dexron 6 backward compatible sama 3.
kl emg niat mau keep lama, justru jgn pake t4, itu oli biasa pake banget, bukan full sintetis, dan kualitet cenderung biasa
mendingan upgrade sekalian pake yg mendingan, sekelas aisin (atau kixx) afw plus (Toh girbok metik afansa buatan aisin jg), castrol (cari yg transmax btol emas), PTT punya jg ud bagus banget ktimbang T4 bawaan .... (tumben blom ad yg bawel kiyuat kiyuet an neh)
mo lebi awet panjang umur lagi, ganti per 20 rebu km, odo 100 rebu ganti filter dalem pan (Kl bisa).. uda, girbok metik toyota (jadul) mah ga manja konyol rewel ini itu
Sekalian tanya ah, mobil saya gearbox nya Ford CD4E 4speed, untuk rekomendasi nya sih cuma ditulis “Mercon” gitu doang, kemarin sebelum mudik di cek mbah marmut katanya ATF nya kurang +-1/2 liter, abis itu saya sotoy lah saya top up pakai Shell ATF 6, eh ternyata dia speknya Mercon LV, LV itu maksudnya Low Visco bukan yah? Untuk next penggantian mending pakai Mercon V atau LV yah? Untuk filter matik sudah dipastikan tidak bisa diganti tanpa turun transmisi hehe…
Mercon LV betul low viscosity dia mirip sama dexron 6 encernya. Setau saya tapi gak backward compatible sama mercon v. Beda sama dexron 6 backward compatible sama 3.
Nah itu ternyata ga kompetibel yah buat gearbox ford jadul wkwk…
Udah masuk 1/2 botol mudah2an gapapa nih, next kalo ganti oli ATF lagi mending pakai ATF Mercon V aja yah? Soalnya yg Mercon polos susah nemu, sapu jagat semua, apa karena udah jadul yah speknya jadi ga di produksi lagi.
almer18 wrote: Sun May 11, 2025 2:15
Baru semingguan yg lalu ganti oli transmisi pake pertamina atf dex3 yg curah di mobil malaysia 4 AT konvensional..
Kira2 baiknya dipakai sampe berapa KM ya oli atf pertamina curah ini?
Sekalian tanya ah, mobil saya gearbox nya Ford CD4E 4speed, untuk rekomendasi nya sih cuma ditulis “Mercon” gitu doang, kemarin sebelum mudik di cek mbah marmut katanya ATF nya kurang +-1/2 liter, abis itu saya sotoy lah saya top up pakai Shell ATF 6, eh ternyata dia speknya Mercon LV, LV itu maksudnya Low Visco bukan yah? Untuk next penggantian mending pakai Mercon V atau LV yah? Untuk filter matik sudah dipastikan tidak bisa diganti tanpa turun transmisi hehe…
Mercon LV betul low viscosity dia mirip sama dexron 6 encernya. Setau saya tapi gak backward compatible sama mercon v. Beda sama dexron 6 backward compatible sama 3.
Nah itu ternyata ga kompetibel yah buat gearbox ford jadul wkwk…
Udah masuk 1/2 botol mudah2an gapapa nih, next kalo ganti oli ATF lagi mending pakai ATF Mercon V aja yah? Soalnya yg Mercon polos susah nemu, sapu jagat semua, apa karena udah jadul yah speknya jadi ga di produksi lagi.
1/2 botol mah gpp om. Biasa spek oli atf udah ada toleransi terhadap mengencer misalnya karena shearing
Suryaputra wrote: Sun May 11, 2025 10:23
Klo bukan beres, most likely boleh.
Yang penting
Hehe bukan BeRes kok om. Kalo mobil operasional kantor yang saya urusin sih aturannya wajib ke BeRes, kalau mobil sendiri males, mesti antri booking dsb.
Selama ini untuk perawatan rutin selain oli matic sih full DIY di rumah.