Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16673
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by ChZ »

Kenapa tiba tiba nyobain Tiggo8 ?
Berawal dari bokap tiba tiba penasaran bahas Tiggo8 CSH (yang belum launching), ya udah iseng - isenglah main. As expected, Tiggo8 CSH belum ready, malah lebih tepatnya : display unit nggak ada Tiggo8 sama sekali. Cuma ada J6, Omoda5, Tiggo7, Tiggo Cross.

Tapi gayung bersambut, ternyata unit test drive Tiggo8 Premium baru aja kembali dari dipakai test drive. OK deh, kita langsung coba saja. Sales counter juga mengarahkan saya buat langsung coba saja.

Your Typical - Boring family SUV, with lack of originality.
IMG_20250506_160150.jpg
Saya terus terang buat tampilan luarnya masih merasa… un-original.
IMG_20250507_114543.jpg
IMG_20250507_114608.jpg
Bodyline nya mirip sekali dengan Audi Q7, tapi gimmicknya si Chery hobi banget pakai gimmick exterior Mercedes, contohnya seperti Diamond Grille, dan lampu di grill yang sangat obvious - ini ngambil dari Mercy banget.
IMG_20250507_114449.jpg
Image

Di luar itu, overall sebenarnya ini tampang your typical family SUV - nggak stand out, tapi nggak jelek juga.

Ban mobil ini pakai Giti seri Comfort… ukuran 235/55/18 yang impresinya nanti akan dijabarkan lebih lanjut.
IMG20250506125342.jpg
Slam All Luxurious Accents - with lack of originality.

Driving position nggak terlalu buruk, mudah dicari yang enak. Relatif nggak ada masalah. Steering juga gripnya lumayan bagus, nggak kalah dengan CR-V. Secara jujur saya lebih suka positioning mobil ini dibanding Omoda5. Malah saya curiga layout Tiggo8 dipakai di Omoda5. Makanya nyetir Omoda5 itu kayak nyetir mobil besar feelingnya.
IMG20250506125124.jpg
Interior juga lebih roomy daripada CR-V. baris keduanya enak, headroomnya terutama luas sekali, padahal ada panoramic roofnya. Baris ketiga nggak merepotkan kayak CR-V yang dipaksain karena ban serep ditaruh di kolong - kalau CR-V jadi repot banget mau buka ban serep aja harus angkat jok dulu, belum malah mengurangi space bagasi.

Tapi kalau ada red flag terbesar Tiggo8 itu sebenarnya ada di interior juga, let me rant about it, dan semua saya simpulkan dengan satu kalimat yang lagi - lagi sama dengan masalah terbesar di exteriornya :

Lack of originality.

Di Omoda5 mereka mau jadi Mercedes dengan AMG-style knob, sekarang mereka mau jadi BMW, pakai model joystick… tapi dengan tombol - tombol ala interior Mercedes dan aksen - aksen yang campur antara BMW dan Mercedes. Door handle dalamnya fix itu saya berasa familiar waktu pegang, ternyata itu door handle bentuknya exact copy dari newer BMWs.
IMG20250506123926.jpg
IMG20250506123952.jpg
Image
door handle BMW

Masalah terbesar dari lack of originality ini bukan perkara apa - apa copyright or such - saya bukan yang punya brand jadi saya gak terlalu peduli.

Dampaknya di user adalah konsep interior dan user friendliness itu kayak diletakkan jauh di bawah prioritas desainernya. Prioritas pertamanya : all looks. Blend all that looks good in that interior.

Saya bahkan kesulitan cari tombol nyalain mesin karena ketutup tuas wiper. Mau ubah driving mode ? Tombolnya berjejer “rapi”, alias nyaru dengan tombol AC. Di BMW saja driving mode diletakkan di samping tuas joystick supaya orang gampang mau ubah.
IMG20250506123914.jpg
IMG20250506123907.jpg
CR-V memang interior layoutnya tua banget - sudah dari gen 3, tapi kita tau layout interior itu nggak bikin masalah dengan ergonomics dan user friendliness.

Not that I said CR-V had better material, CR-V’s material look like second grade compared to this but… I’d prefer better usability.

The only thing that did not lack originality : The Powertrain. But please, ditch those tyres.

Chery punya banyak sekali powertrain. Awalnya dulu Tiggo8 keluar dengan mesin 2.0L Turbocharged dengan 7-DCT (named Tiggo8 PRO MAX, tapi saya tanya salesnya udah mau discontinue diganti CSH).

Sekarang, mereka “turunin” dengan mesin 1.6 liter dicombo dengan DCT. Mungkin karena banyak keluhan mesin 2.0L nya boros.

Ya gimana pak, mobil 2.0L turbo, CX-9 aja boros padahal sudah Skyactiv high compression engine.

Powertrain Tiggo8 Premium sama dengan Omoda5 GT : SQRF4J16 (susah amat namanya) yang masuk dalam ACTECO Engine . ACTECO adalah company di bawah Chery Automobile yang bekerjasama dengan AVL Austria. Inilah kenapa saya merasa among all Chinese brands, Chery yang paling nggak identik dengan portfolio EV seperti BYD. Lha punya engine company sendiri.

Image

Bahkan saking saya nggak merasa Chery identik dengan EV, saya kemaren nyeletuk

“emang EV nya Chery apa sih selain J6?”
“Omoda E5 ko”
“OH IYA SAMPE LUPA”

tenaganya 187HP dan torsinya a whopping…. 290Nm. Tersedia dari 2.000 - 4.000 RPM. Wow. Dicombo dengan 7-speed wet-type dual-clutch transmission. Should feel good.

Impresi awal meluncur, mobilnya sangat effortless. A little turbo lag tapi naikkan RPM sedikit dan boom! It feels more like a hot-hatchback than a family SUV. Ini karakter mesin yang sangat My tuned CR-V feels slower in comparison - at least for the 0-60 acceleration. Kalau udah di atas itu ya beda kasus.

Tapi yet, saya nggak pernah masalah dengan powertrain Chery bahkan sejak dari cobain Omoda5 GT. Chery’s own developed engine, bikin other Chinese manufacturers - bahkan beberapa Japanese powertrains berasa sluggish dan lamban. Approach mesin ini sama seperti mesin - mesin Eropa yang lebih mengutamakan torsi menengah, karena top end mobil ini tetep kalah dibanding CR-V Turbo.

Di atas 5000 RPM sudah nggak ada tenaga, dan better shift sebelum redline seperti mesin Eropa.

Keluhan seperti setir terlalu ringan, entah kenapa saya nggak merasakan ini terlalu ringan, 11-12 saja dengan CR-V. Ya emang steeringnya a bit slower dibanding CR-V. Tapi not bad lah, nicely weighted. Omoda5 terasa lebih kopong setirnya.

Dan buat membantah keraguan saya, it’s not even in sport mode. Soalnya di awal coba sport mode agak berbobot, setelah itu ganti ke normal karena saya nggak nyaman dengan sport mode. Tetep ada bobotnya, nggak terlalu kopong.

Kaki-kaki dan redaman suspensi juga nicely tuned. Lebih seperti karakter suspensi Eropa macem VW Tiguan atau BMW X3. Dengan tenaga dan sudden “boost” dari mesinnya itu, body dan kaki-kaki nggak kewalah mengimbangi.

Sayangnya sektor kaki-kaki ini juga - another issue.

Saya suka redamannya, tapi it feels harsh. OK ini mobil nggak berisik road noisenya macem CR-V saya, tapi kenapa ya? Harsh, a bit feels cheapo kalo saya boleh jujur.

Usut punya usut setelah saya telusuri, dan googling sana-sini, keluhan selalu muncul terkait : BAN.

Saya nggak tau apakah ada recall terkait ini atau tidak, tapi keluhan terbesar dari ride Chery Tiggo8 ini adalah bannya yang kurang enak. Ini sama seperti dulu cobain Mazda CX-9 yang pake ban Ecopia, mobilnya kerasa nggak meredam getaran dengan baik, sampai supplier bannya diganti oleh Mazda.

Lalu selain ban, saya ngerasa mobil ini kenceng, enak, tapi saya nggak pede bawanya meliuk2 atau overtaking di jalan rame. Saya masih belum biasa dengan karakter remnya. Saya bisa ngebut tapi takut ngerem.

Tapi ini kayaknya juga ter-combo dengan transmisi dual-clutchnya. Lagi - lagi urusan dual clutch itu selalu soal braking dan downshifting di kecepatan rendah, never about the upshifting. Juga braking erat kaitannya dengan ban - safe to say kalau di upgrade ke seri ban UHP akan jauh lebih baik.

Verdict : A Confusing Dilemma.

Saya nggak mau benci mobil ini. In fact, saya malah suka sebenernya. Mobil 400 juta-an, oh wait, 370 juta-an kalau nggak mau beli yang pakai ADAS (which will be my pick, of course). Tapi naikannya seperti ini. Sekali lagi, poin terbesar saya menilai mobil is all about the powertrain, handling and function. Belum offering garansi dan free servicesnya. Menggiurkan sekali.

Tapi kalau considering mobil ini buat replace my good ol’ CR-V? Hmmm. Might need to consider a lot of things, dan gave me dilemmas.

Kalau saya harus kasih skor, technically, keduanya imbang. Saya nggak ngeliat Tiggo8 lebih baik dalam banyak hal dari CR-V, tapi nggak lebih jelek juga. Kelebihan yang saya notice hanya mobilnya a lot roomier, harus diakui, poin penting dari mobil keluarga kan ini. Tapi udah, it practically it is.

Dilemanya, CR-V works like an old phone for me. It doesn’t do much, but it does everything well. Sementara Tiggo8 itu seperti smartphone China yang mau melakukan banyak hal, tapi it doesn’t accomplish more than 10% what the CR-V can do.
IMG_20250506_160150.jpg
Maybe the CSH might change my mind? I don’t know. Tapi worth to see.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 571
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by Jenson »

Nice review bro Chz. Sepaham saya dengan issue di remnya, saya juga ngerasa mobil ini ada yg aneh dari segi engineeringnya yang bikin agak kurang pede buat ngebut, selap selip dan ngerem. Tp all in all, kalo buat macet2 dalem kota, rasanya ini mobil lebih dari cukup.

Kalo buat saya, beli mobcin ini justru issue d reliabilitynya. God knows apakah dia cukup bsa diandalin tanpa error2. Saya denger yg merk batman bbrp user mulai ad keluhan, dan repotnya lagi bengkel mereka suka ga sedia sparepart :big_think:

Akhirnya, saya malah jd mikir, mgkin kalo mau beli mobcin, enak ambil EV nya skalian dan ini cocok utk kaum yg duitnya berlebih, beli ini buat jadi “mainan” baru karena banyak gimmick dan gaada issue kalo sampe harus d scrap di junkyard
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by b0ku »

ud di coba di tol belom om?? kalo diatas 100kmh malah kayak ngelock kerasnya :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by b0ku »

Jenson wrote: Wed May 07, 2025 5:21 Nice review bro Chz. Sepaham saya dengan issue di remnya, saya juga ngerasa mobil ini ada yg aneh dari segi engineeringnya yang bikin agak kurang pede buat ngebut, selap selip dan ngerem. Tp all in all, kalo buat macet2 dalem kota, rasanya ini mobil lebih dari cukup.

Kalo buat saya, beli mobcin ini justru issue d reliabilitynya. God knows apakah dia cukup bsa diandalin tanpa error2. Saya denger yg merk batman bbrp user mulai ad keluhan, dan repotnya lagi bengkel mereka suka ga sedia sparepart :big_think:

Akhirnya, saya malah jd mikir, mgkin kalo mau beli mobcin, enak ambil EV nya skalian dan ini cocok utk kaum yg duitnya berlebih, beli ini buat jadi “mainan” baru karena banyak gimmick dan gaada issue kalo sampe harus d scrap di junkyard
saya si bawa omoda Z chasis bagus ringan dan kuat tapi troublenya ntah kenapa keliatanya cost downnya di kaki2x malah di kasih kaki2x kecil kayak LCGC rem juga gak pakem hasilnya di tol gak enak banget serasa nyetir sigra tapi setirnya kek di lock di kec diatas 100kmh :big_dunno:

giliran omoda GT karena mesinnya berubah jadi 1600 turbo dct kakinya di revisi lagi artinya mereka gak pede sama kaki di Z sama RZmakanya mutusin ngerubah :big_bored:

gampang aja si di atasin kalo banyak parts modifan kaki2x dan remnya cuma sayangnya sejauh ini belom ada parts modifikasi buat cherry :big_bored:
neodx
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Aug 05, 2018 6:55
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio S 2014

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by neodx »

nice review bro..

rencana ambil t8 premium, tp denger masalah issue rem yg ngeloyor jadi agak mikir2 lagi ... secara daily, ngebut di tol ngejar jam masuk kantor, sama sore ngebut ngejar jam jemput istri ...

klo dengan range harga yg sama, pilihan yg paling aman dan worth to buy apaan ya ?

or tetep ambil t8 aja, tp upgrade kaki2 n rem nya...
muvaed
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Sat Dec 05, 2015 9:25

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by muvaed »

farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3055
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by farizfsa »

sebenernya mbl ini cukup oke, liat dari sisi belakang keliatan besar ini mbl, tp liat dr sisi depan kok kecil ya. grill nya agak keramean aja
interior wise, ya oke, copas sana sini, tp cukup enak diliat di mata, dan kalo sekilas dipegang2 ya banyak soft touch.

untuk yg fetish layar sana sini, ya mbl ini oke lah, gimmick nya banyak walaupun makenya bingung haha.
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3032
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by KielConstantine »

muvaed wrote: Wed May 07, 2025 6:47 https://www.facebook.com/share/p/16NjsM95NC/
Ada apa dgn Tiggo 8 ?
Langsung berubah jadi buah cherry 🍒

Melempem trus busuk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3908
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by kendibocor »

KielConstantine wrote: Wed May 07, 2025 11:06
muvaed wrote: Wed May 07, 2025 6:47 https://www.facebook.com/share/p/16NjsM95NC/
Ada apa dgn Tiggo 8 ?
Langsung berubah jadi buah cherry 🍒

Melempem trus busuk
Gawat jg dah sebulan masi ga ketauan masalahnya :big_bored:

Btw, nice review as always mbah chz :big_exellent:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Wed May 07, 2025 13:46
KielConstantine wrote: Wed May 07, 2025 11:06
muvaed wrote: Wed May 07, 2025 6:47 https://www.facebook.com/share/p/16NjsM95NC/
Ada apa dgn Tiggo 8 ?
Langsung berubah jadi buah cherry 🍒

Melempem trus busuk
Gawat jg dah sebulan masi ga ketauan masalahnya :big_bored:

Btw, nice review as always mbah chz :big_exellent:
temen oe beli luxio mesin mokat di suruh ganti mesin di iyain sama temen ane ud ganti mesin mokat juga keknya gara2x fuel pump salah vonis yang kemaren sampe ganti engine si jepangnya juga ngawur akhirnya ganti unit di sanggupin tuh sama daihatsu gak lama2x :big_biglaugh:

oe sampe ledekin kalo ud ganti unit masih mokat juga mendingan lu mandi kembang deh...... :mky_07:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2558
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by darrelund »

dct sama torsi cukup sih enak tuh buat selap selip :big_biglaugh:

tapi klo kaki" siy mungkin krn harganya 370jt mbah, jadi ya cukup understandable lah. crv aja mahal bingits, hampir 800 :big_biglaugh:, memang harusnya lebih enak

setidaknya chery cukup oke, tau mana yg di prioritas, salah satunya mesin

makanya klo ada yg bilang EV menguasai dunia sih gamungkin, merk cina aja masih develop ICE nya terus koq
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by b0ku »

darrelund wrote: Thu May 08, 2025 0:16 dct sama torsi cukup sih enak tuh buat selap selip :big_biglaugh:

tapi klo kaki" siy mungkin krn harganya 370jt mbah, jadi ya cukup understandable lah. crv aja mahal bingits, hampir 800 :big_biglaugh:, memang harusnya lebih enak

setidaknya chery cukup oke, tau mana yg di prioritas, salah satunya mesin

makanya klo ada yg bilang EV menguasai dunia sih gamungkin, merk cina aja masih develop ICE nya terus koq
kebalik om justru cherry kasih tenaga gede karena tenaga gede itu lebih ngejual daripada kaki dan rem bagus, padahal yang kepake di jalan itu sebenernya kaki sama rem bagus :mky_07:

dulu oe pake freed si super lemot aja susah di kejar karena ya freed enak banget di pake buat pontang panting di jalanan sempit :mky_03:

kemaren pake omoda Z jadi bulan2xan old livina padahal tenaga mah oe pede cuma kaki2x sama rem ngeri mana dagangan orang pula :big_slap:
neodx
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Aug 05, 2018 6:55
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio S 2014

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by neodx »

b0ku wrote: Thu May 08, 2025 1:00
darrelund wrote: Thu May 08, 2025 0:16 dct sama torsi cukup sih enak tuh buat selap selip :big_biglaugh:

tapi klo kaki" siy mungkin krn harganya 370jt mbah, jadi ya cukup understandable lah. crv aja mahal bingits, hampir 800 :big_biglaugh:, memang harusnya lebih enak

setidaknya chery cukup oke, tau mana yg di prioritas, salah satunya mesin

makanya klo ada yg bilang EV menguasai dunia sih gamungkin, merk cina aja masih develop ICE nya terus koq
kebalik om justru cherry kasih tenaga gede karena tenaga gede itu lebih ngejual daripada kaki dan rem bagus, padahal yang kepake di jalan itu sebenernya kaki sama rem bagus :mky_07:

dulu oe pake freed si super lemot aja susah di kejar karena ya freed enak banget di pake buat pontang panting di jalanan sempit :mky_03:

kemaren pake omoda Z jadi bulan2xan old livina padahal tenaga mah oe pede cuma kaki2x sama rem ngeri mana dagangan orang pula :big_slap:
nah setuju nih ama om b0ku...power tenaga gede, tp kaki dan rem gak enak malah gak nyaman...lagian power gede, mau ngebut dalkot dimana juga, paling2 ngebut bisa di tol...tp itu pun klo tol nya kagak macet...

saya 80% udah mau minang t8 ini, tp gara2 baca2 di SM, keinginan nya turun jd 50% :big_biglaugh:

buat saya, mobil nyaman dikendarai, nyaman dinaikin...nyaman lahir dan batin

btw, suhu2 disini apa ada rekomendasi alternatif selain t8 di range harga 350-400jt? masih galau nih :big_cry:
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 617
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by satriakarisma »

neodx wrote: Thu May 08, 2025 1:17
b0ku wrote: Thu May 08, 2025 1:00
darrelund wrote: Thu May 08, 2025 0:16 dct sama torsi cukup sih enak tuh buat selap selip :big_biglaugh:

tapi klo kaki" siy mungkin krn harganya 370jt mbah, jadi ya cukup understandable lah. crv aja mahal bingits, hampir 800 :big_biglaugh:, memang harusnya lebih enak

setidaknya chery cukup oke, tau mana yg di prioritas, salah satunya mesin

makanya klo ada yg bilang EV menguasai dunia sih gamungkin, merk cina aja masih develop ICE nya terus koq
kebalik om justru cherry kasih tenaga gede karena tenaga gede itu lebih ngejual daripada kaki dan rem bagus, padahal yang kepake di jalan itu sebenernya kaki sama rem bagus :mky_07:

dulu oe pake freed si super lemot aja susah di kejar karena ya freed enak banget di pake buat pontang panting di jalanan sempit :mky_03:

kemaren pake omoda Z jadi bulan2xan old livina padahal tenaga mah oe pede cuma kaki2x sama rem ngeri mana dagangan orang pula :big_slap:
nah setuju nih ama om b0ku...power tenaga gede, tp kaki dan rem gak enak malah gak nyaman...lagian power gede, mau ngebut dalkot dimana juga, paling2 ngebut bisa di tol...tp itu pun klo tol nya kagak macet...

saya 80% udah mau minang t8 ini, tp gara2 baca2 di SM, keinginan nya turun jd 50% :big_biglaugh:

buat saya, mobil nyaman dikendarai, nyaman dinaikin...nyaman lahir dan batin

btw, suhu2 disini apa ada rekomendasi alternatif selain t8 di range harga 350-400jt? masih galau nih :big_cry:
nambah dikit dapat reborn diesel baru Om
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by alvin23 »

neodx wrote: Thu May 08, 2025 1:17
b0ku wrote: Thu May 08, 2025 1:00
darrelund wrote: Thu May 08, 2025 0:16 dct sama torsi cukup sih enak tuh buat selap selip :big_biglaugh:

tapi klo kaki" siy mungkin krn harganya 370jt mbah, jadi ya cukup understandable lah. crv aja mahal bingits, hampir 800 :big_biglaugh:, memang harusnya lebih enak

setidaknya chery cukup oke, tau mana yg di prioritas, salah satunya mesin

makanya klo ada yg bilang EV menguasai dunia sih gamungkin, merk cina aja masih develop ICE nya terus koq
kebalik om justru cherry kasih tenaga gede karena tenaga gede itu lebih ngejual daripada kaki dan rem bagus, padahal yang kepake di jalan itu sebenernya kaki sama rem bagus :mky_07:

dulu oe pake freed si super lemot aja susah di kejar karena ya freed enak banget di pake buat pontang panting di jalanan sempit :mky_03:

kemaren pake omoda Z jadi bulan2xan old livina padahal tenaga mah oe pede cuma kaki2x sama rem ngeri mana dagangan orang pula :big_slap:
nah setuju nih ama om b0ku...power tenaga gede, tp kaki dan rem gak enak malah gak nyaman...lagian power gede, mau ngebut dalkot dimana juga, paling2 ngebut bisa di tol...tp itu pun klo tol nya kagak macet...

saya 80% udah mau minang t8 ini, tp gara2 baca2 di SM, keinginan nya turun jd 50% :big_biglaugh:

buat saya, mobil nyaman dikendarai, nyaman dinaikin...nyaman lahir dan batin

btw, suhu2 disini apa ada rekomendasi alternatif selain t8 di range harga 350-400jt? masih galau nih :big_cry:
Test drive dulu aja kan beda driving ama baca.
Harga segitu kalau baru kayaknya gaada comparable deh kl 7 seat. Tapi kl mau explore bekas mungkin banyak pilihan sejenis kayak santa fe. 7 seat monokok ya bukan Truk
Rocky R ADS CVT 2021
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6206
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by b0ku »

neodx wrote: Thu May 08, 2025 1:17
nah setuju nih ama om b0ku...power tenaga gede, tp kaki dan rem gak enak malah gak nyaman...lagian power gede, mau ngebut dalkot dimana juga, paling2 ngebut bisa di tol...tp itu pun klo tol nya kagak macet...

saya 80% udah mau minang t8 ini, tp gara2 baca2 di SM, keinginan nya turun jd 50% :big_biglaugh:

buat saya, mobil nyaman dikendarai, nyaman dinaikin...nyaman lahir dan batin

btw, suhu2 disini apa ada rekomendasi alternatif selain t8 di range harga 350-400jt? masih galau nih :big_cry:
saya jadi om beli CX5 bekas om cari masih gress banyak beli varian paling mahal aja :mky_03:

santa fe juga ok si om :mky_03:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1164
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by iamwewe »

nice review om!

rasanya kalo 'king' chinese brand sekarang di id adalah byd, rasanya 'queen'nya ya chery ya. kalo batman sih wah berat dgn segala stigma dan problem yg ada

tiggo8 bukan selera saya sih.. baik eksterior dan interiornya. cuma 1.6 turbo DCT sih menarik banget ya di harga segitu, dapet size mobil yang segede itu. space wise juga oke. tombol pencet2 AC nya itu lho yang disitu rasanya gimana ya. oh ya, seinget saya dia kan kaya piano black panel gitu ya, calon baret2 dah. udh gitu kalo kepantul matahari, gimana dah mantul ke muka nggak.

tapi coba om kalo sempet ripiw jaecoo j7. rikwes aja dah saya mah. dari luar kecehhhh. interiornya jauh bagus nya, dann phev systemnya sangat menggoda banget. tinggal gk tau rasa bawa nya gimana. harusnya sih phev is the future yak.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Thu May 08, 2025 2:07 nice review om!

rasanya kalo 'king' chinese brand sekarang di id adalah byd, rasanya 'queen'nya ya chery ya. kalo batman sih wah berat dgn segala stigma dan problem yg ada

tiggo8 bukan selera saya sih.. baik eksterior dan interiornya. cuma 1.6 turbo DCT sih menarik banget ya di harga segitu, dapet size mobil yang segede itu. space wise juga oke. tombol pencet2 AC nya itu lho yang disitu rasanya gimana ya. oh ya, seinget saya dia kan kaya piano black panel gitu ya, calon baret2 dah. udh gitu kalo kepantul matahari, gimana dah mantul ke muka nggak.

tapi coba om kalo sempet ripiw jaecoo j7. rikwes aja dah saya mah. dari luar kecehhhh. interiornya jauh bagus nya, dann phev systemnya sangat menggoda banget. tinggal gk tau rasa bawa nya gimana. harusnya sih phev is the future yak.
ini karena sudah lewat 5 tahun (customer lifetime value nya).
dan dilernya sendiri dah 8 tahun di indonesia.
jadi ketauan borok2nya

BYD Chery dkk yg baru masuk, kan masih honeymoon
hanya waktu yg bisa jawab emang yaa :mky_01:

Jaecoo J7 bagus loh moose testnya :big_exellent:
entry speednya max bisa di 78-79 kph

keren banget untuk ukuran SUV medium
sasisnya mantep.
DNA nya range rover sih :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1164
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Thu May 08, 2025 2:21
iamwewe wrote: Thu May 08, 2025 2:07 nice review om!

rasanya kalo 'king' chinese brand sekarang di id adalah byd, rasanya 'queen'nya ya chery ya. kalo batman sih wah berat dgn segala stigma dan problem yg ada

tiggo8 bukan selera saya sih.. baik eksterior dan interiornya. cuma 1.6 turbo DCT sih menarik banget ya di harga segitu, dapet size mobil yang segede itu. space wise juga oke. tombol pencet2 AC nya itu lho yang disitu rasanya gimana ya. oh ya, seinget saya dia kan kaya piano black panel gitu ya, calon baret2 dah. udh gitu kalo kepantul matahari, gimana dah mantul ke muka nggak.

tapi coba om kalo sempet ripiw jaecoo j7. rikwes aja dah saya mah. dari luar kecehhhh. interiornya jauh bagus nya, dann phev systemnya sangat menggoda banget. tinggal gk tau rasa bawa nya gimana. harusnya sih phev is the future yak.
ini karena sudah lewat 5 tahun (customer lifetime value nya).
dan dilernya sendiri dah 8 tahun di indonesia.
jadi ketauan borok2nya

BYD Chery dkk yg baru masuk, kan masih honeymoon
hanya waktu yg bisa jawab emang yaa :mky_01:

Jaecoo J7 bagus loh moose testnya :big_exellent:
entry speednya max bisa di 78-79 kph

keren banget untuk ukuran SUV medium
sasisnya mantep.
DNA nya range rover sih :big_biglaugh:
lah justru karena udh 5th dong... harusnya bisa lah bebenah menyesuaikan dengan kearifan lokal...... tapi sampe skrg liat dah komplen EV nya cukup banyak kadang lewat di feed saya di ig konten akun huj_otomxx. kalo ICE nya, skrg kontennya banyak ditabrak / nabrak tapi kokoh :mky_01:

nah itu, keren banget serius si j7 sih tinggal tunggu ripiw disini :big_love:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16673
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by ChZ »

Jenson wrote: Wed May 07, 2025 5:21 Nice review bro Chz. Sepaham saya dengan issue di remnya, saya juga ngerasa mobil ini ada yg aneh dari segi engineeringnya yang bikin agak kurang pede buat ngebut, selap selip dan ngerem. Tp all in all, kalo buat macet2 dalem kota, rasanya ini mobil lebih dari cukup.

Kalo buat saya, beli mobcin ini justru issue d reliabilitynya. God knows apakah dia cukup bsa diandalin tanpa error2. Saya denger yg merk batman bbrp user mulai ad keluhan, dan repotnya lagi bengkel mereka suka ga sedia sparepart :big_think:

Akhirnya, saya malah jd mikir, mgkin kalo mau beli mobcin, enak ambil EV nya skalian dan ini cocok utk kaum yg duitnya berlebih, beli ini buat jadi “mainan” baru karena banyak gimmick dan gaada issue kalo sampe harus d scrap di junkyard
jujur Chery ini salah satu yang saya cukup masuk list sebagai first chinese car buat dimiliki. produk - produknya menarik. tapi ya itu masih minus banyak soal practicality. agak sayang padahal powertrainnya cukup refined.
b0ku wrote: Wed May 07, 2025 5:22 ud di coba di tol belom om?? kalo diatas 100kmh malah kayak ngelock kerasnya :big_biglaugh:
nggak coba di tol, dealernya tengah kota jauh dari tol. waktu terbatas juga.
neodx wrote: Wed May 07, 2025 6:13 nice review bro..

rencana ambil t8 premium, tp denger masalah issue rem yg ngeloyor jadi agak mikir2 lagi ... secara daily, ngebut di tol ngejar jam masuk kantor, sama sore ngebut ngejar jam jemput istri ...

klo dengan range harga yg sama, pilihan yg paling aman dan worth to buy apaan ya ?

or tetep ambil t8 aja, tp upgrade kaki2 n rem nya...
anu, better dicoba dulu saja oom cocok apa ngga. kayaknya butuh pembiasaan aja.

hands down kalo nggak masalah dengan ambil mocin, ini paling ok di harga segitu ya.

atau nunggu CSH nya.
muvaed wrote: Wed May 07, 2025 6:47 https://www.facebook.com/share/p/16NjsM95NC/
Ada apa dgn Tiggo 8 ?
KielConstantine wrote: Wed May 07, 2025 11:06

Langsung berubah jadi buah cherry 🍒

Melempem trus busuk
exactly yang bikin saya agak trauma ambil mobil yang bengkelnya cuma 1 di kota dan yellow flag juga ketika saya tanya sales apa ada rencana buka lagi? malah buka di kudus.

padahal yang saya urusin merek jepang juga (batu makam), dan teknologi hybrid bukan ICE biasa. kalo ICE biasa macem livina atau xtrail saya tinggal bawa ke ahli di luaran banyak.

tenaga ahlinya nggak banyak. chery menurut saya kalo mau survive dan dipercaya, harus banyak tenaga ahli yang bisa pegang jika units semakin banyak.
farizfsa wrote: Wed May 07, 2025 6:49 sebenernya mbl ini cukup oke, liat dari sisi belakang keliatan besar ini mbl, tp liat dr sisi depan kok kecil ya. grill nya agak keramean aja
interior wise, ya oke, copas sana sini, tp cukup enak diliat di mata, dan kalo sekilas dipegang2 ya banyak soft touch.

untuk yg fetish layar sana sini, ya mbl ini oke lah, gimmick nya banyak walaupun makenya bingung haha.
wkwkwk buat yang fetish equipment mobilnya lengkap... sebenernya ok sih untuk harga segini.
darrelund wrote: Thu May 08, 2025 0:16 dct sama torsi cukup sih enak tuh buat selap selip :big_biglaugh:

tapi klo kaki" siy mungkin krn harganya 370jt mbah, jadi ya cukup understandable lah. crv aja mahal bingits, hampir 800 :big_biglaugh:, memang harusnya lebih enak

setidaknya chery cukup oke, tau mana yg di prioritas, salah satunya mesin

makanya klo ada yg bilang EV menguasai dunia sih gamungkin, merk cina aja masih develop ICE nya terus koq
dan punya engine company sendiri, gila sih emang gak kaleng2. top speednya tinggi kalo kata kemaren yang di threads :big_biglaugh:

btw gw juga barusan liat banner Tiggo8 CSH

"better than EV"

Chery dropped the bomb.
iamwewe wrote: Thu May 08, 2025 2:07 nice review om!

rasanya kalo 'king' chinese brand sekarang di id adalah byd, rasanya 'queen'nya ya chery ya. kalo batman sih wah berat dgn segala stigma dan problem yg ada

tiggo8 bukan selera saya sih.. baik eksterior dan interiornya. cuma 1.6 turbo DCT sih menarik banget ya di harga segitu, dapet size mobil yang segede itu. space wise juga oke. tombol pencet2 AC nya itu lho yang disitu rasanya gimana ya. oh ya, seinget saya dia kan kaya piano black panel gitu ya, calon baret2 dah. udh gitu kalo kepantul matahari, gimana dah mantul ke muka nggak.

tapi coba om kalo sempet ripiw jaecoo j7. rikwes aja dah saya mah. dari luar kecehhhh. interiornya jauh bagus nya, dann phev systemnya sangat menggoda banget. tinggal gk tau rasa bawa nya gimana. harusnya sih phev is the future yak.
Chery dan BYD ini punya relationship yang mirip dengan Honda vs Toyota di brand Jepangan.

Honda ngembangin engine, Chery ngembangin engine juga.
BYD besar dengan resourcesnya, sama kayak Toyota. keduanya udah salaman bahkan

nah jujur mungkin ini yang bikin agak kurang nyaman ya waktu test drive kemaren, kayaknya pantulan panel panel itu bikin kabin jadi berasa agak.... silau.

coba ya oom, Jaecoo baru mau buka dealer di sini. China lagi ekspansi di semarang nih, ex sales Suzuki kenalan malah nawarin saya GWM.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
neodx
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Aug 05, 2018 6:55
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio S 2014

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by neodx »

satriakarisma wrote: Thu May 08, 2025 1:41
neodx wrote: Thu May 08, 2025 1:17
b0ku wrote: Thu May 08, 2025 1:00

kebalik om justru cherry kasih tenaga gede karena tenaga gede itu lebih ngejual daripada kaki dan rem bagus, padahal yang kepake di jalan itu sebenernya kaki sama rem bagus :mky_07:

dulu oe pake freed si super lemot aja susah di kejar karena ya freed enak banget di pake buat pontang panting di jalanan sempit :mky_03:

kemaren pake omoda Z jadi bulan2xan old livina padahal tenaga mah oe pede cuma kaki2x sama rem ngeri mana dagangan orang pula :big_slap:
nah setuju nih ama om b0ku...power tenaga gede, tp kaki dan rem gak enak malah gak nyaman...lagian power gede, mau ngebut dalkot dimana juga, paling2 ngebut bisa di tol...tp itu pun klo tol nya kagak macet...

saya 80% udah mau minang t8 ini, tp gara2 baca2 di SM, keinginan nya turun jd 50% :big_biglaugh:

buat saya, mobil nyaman dikendarai, nyaman dinaikin...nyaman lahir dan batin

btw, suhu2 disini apa ada rekomendasi alternatif selain t8 di range harga 350-400jt? masih galau nih :big_cry:
nambah dikit dapat reborn diesel baru Om
nambah dikit nya uda mentok om...plafon max di 400jt, hahaha :big_peace:

jadi kepikiran, tetep ambil t8 premium tp sambil pelan2 upgrade kaki2 n rem nya...kira2 gimana ya suhu2 SM ?

klo alternatif ambil santafe or CX5 second , masi dalam pertimbangan...krn sebenernya 7 seater gak mutlak , tp kadang bawa keluarga dan baby+baby sitter mobil jd kerasa sesak jg apalagi barang2 baby printilan nya banyak :big_childish:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1164
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Thu May 08, 2025 4:08

Chery dan BYD ini punya relationship yang mirip dengan Honda vs Toyota di brand Jepangan.

Honda ngembangin engine, Chery ngembangin engine juga.
BYD besar dengan resourcesnya, sama kayak Toyota. keduanya udah salaman bahkan

nah jujur mungkin ini yang bikin agak kurang nyaman ya waktu test drive kemaren, kayaknya pantulan panel panel itu bikin kabin jadi berasa agak.... silau.

coba ya oom, Jaecoo baru mau buka dealer di sini. China lagi ekspansi di semarang nih, ex sales Suzuki kenalan malah nawarin saya GWM.
berasa agak silau apa berasa silau banget? wakwkwkwakw. panel ac venturer saya aja sekecil gitu kadang mantul ke saya, males banget dah. jadi kerasa pentingnya layout dashboard nih, hal2 kecil kaya gini kerasa banget.

asikk go go jaecoo lah ini
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12541
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Thu May 08, 2025 4:08
Suryaputra wrote: Thu May 08, 2025 2:21
iamwewe wrote: Thu May 08, 2025 2:07 nice review om!

rasanya kalo 'king' chinese brand sekarang di id adalah byd, rasanya 'queen'nya ya chery ya. kalo batman sih wah berat dgn segala stigma dan problem yg ada

tiggo8 bukan selera saya sih.. baik eksterior dan interiornya. cuma 1.6 turbo DCT sih menarik banget ya di harga segitu, dapet size mobil yang segede itu. space wise juga oke. tombol pencet2 AC nya itu lho yang disitu rasanya gimana ya. oh ya, seinget saya dia kan kaya piano black panel gitu ya, calon baret2 dah. udh gitu kalo kepantul matahari, gimana dah mantul ke muka nggak.

tapi coba om kalo sempet ripiw jaecoo j7. rikwes aja dah saya mah. dari luar kecehhhh. interiornya jauh bagus nya, dann phev systemnya sangat menggoda banget. tinggal gk tau rasa bawa nya gimana. harusnya sih phev is the future yak.
ini karena sudah lewat 5 tahun (customer lifetime value nya).
dan dilernya sendiri dah 8 tahun di indonesia.
jadi ketauan borok2nya

BYD Chery dkk yg baru masuk, kan masih honeymoon
hanya waktu yg bisa jawab emang yaa :mky_01:

Jaecoo J7 bagus loh moose testnya :big_exellent:
entry speednya max bisa di 78-79 kph

keren banget untuk ukuran SUV medium
sasisnya mantep.
DNA nya range rover sih :big_biglaugh:
lah justru karena udh 5th dong... harusnya bisa lah bebenah menyesuaikan dengan kearifan lokal...... tapi sampe skrg liat dah komplen EV nya cukup banyak kadang lewat di feed saya di ig konten akun huj_otomxx. kalo ICE nya, skrg kontennya banyak ditabrak / nabrak tapi kokoh :mky_01:

nah itu, keren banget serius si j7 sih tinggal tunggu ripiw disini :big_love:
ya berarti dia memang kualitas produknya mentok spt itu si betmen

padahal dah join bareng Ji-Em :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by timbermaniac123 »

Pengalaman liat mobcin dari giias taun lalu sampe iims kemarin. Entah kenapa material yang dipake keliatan cheapo. Kaya cover speaker walaupun kaya model stainless tapi looks cheap. Dari material interior aja udah keliatan cheap, saya jadi ragu sama isu soal quality rangka mobcin yang denger2 banyak isu rust seperti di byd.

Kasus tiggo yang mogok seperti di atas juga menambah keyakinan saya untuk ga ambil mobcin. Bukan sekedar masalah sparepart aja. Tapi kalau mogok sampe berbulan bulan tanpa berhasil di diagnosa, kok kayanya gimana ya.
inobody
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: Wed May 18, 2016 3:48

Re: Chery Tiggo8 Premium 1.6 DCT Short Drive

Post by inobody »

timbermaniac123 wrote: Thu May 08, 2025 5:02 Pengalaman liat mobcin dari giias taun lalu sampe iims kemarin. Entah kenapa material yang dipake keliatan cheapo. Kaya cover speaker walaupun kaya model stainless tapi looks cheap. Dari material interior aja udah keliatan cheap, saya jadi ragu sama isu soal quality rangka mobcin yang denger2 banyak isu rust seperti di byd.

Kasus tiggo yang mogok seperti di atas juga menambah keyakinan saya untuk ga ambil mobcin. Bukan sekedar masalah sparepart aja. Tapi kalau mogok sampe berbulan bulan tanpa berhasil di diagnosa, kok kayanya gimana ya.
setuju saya, entah kenapa meski exterior keren2, pas masuk kedalam mobcin di pameran, dari BYD, CHERY, AION, bau ciri khas produk cina nya tetep kentel, susah dijelasin.. mewahnya lebay jadi ga elegan gitu mulai dari jok, warna , frame speaker,etc

mirip ky xiaomi vs samsung vs sony, spec sadis xiaomi, tapi pas dipake gimana yaa, kaya "berlebihan" gitu jadi ujungnya kurang practical.

sy comparing SEAL ama Civic, di view saya CIVIC lebih pas dan elegan, atau accord hybrid itu mewahnya paling "pas"
comparing T8 ama SantaFe, juga eleganan santa fe ahh..