Supersedan wrote: Wed May 07, 2025 2:04
Suhu radiator / coolant ikut berpengaruh kan ya sama oli yg digunakan? *Cmiiw
Mau share pengalaman pakai adnoc voyager star plus eco, pemakaian 8 bulan, 8.200km.
kemarin jalan2 Palembang - Malang PP, yg saya notice begitu liat suhu coolant melalui obd2, saat cruising di jalan tol siang hari panas terik, suhu stabil di 82-83°c, oli sebelum2nya (amsoil ss / ptt super synthetic) biasanya di 84-86°, sangat jarang nyentuh 83°c pas siang hari. Saat kena macet / mesin idle cukup lama pas pake star plus eco juga suhu sedikit lebih rendah dibandingkan oli yg lain.
*Umur coolant udah mau 4 tahun
*Oli belum ada tanda2 penguapan, masih dibatas atas dipstick.
disclaimer
afaik.. ada bbrp faktor dr yg saya pernah baca2, jika suhu coolant gak pernah capai temperature kerja ideal >90C
1. coolant yang kurang fresh, bisa kehilangan sifat konduktor panas, akibatnya kemampuan nyerap panas juga beda, sehingga temperature reading gak sensitif, sehingga bacaan sensor terlihat lbh rendah (makanya ini perlunya pabrikan ngasih sensor; engine oil temperature untuk penggunaan ngukur jalan atau heavy use)
2. thermostat kebuka terus posisinya, jd mesin gak capai suhu ideal dalam kondisi diam sekalipun.
pada umumnya, di mesin merk jepang... apalagi jika mobilio (itu sy pernah pakai juga udah hapal), suhu mesin bensin untuk mencapai efisiensi optimal ada di 90-99 C
- Klo kondisi macet / idle gmn ?... apakah tetap di 80an C?
*Klo ini hal yg bagus,
- Apakah pernah cuci steam kisi2 radiator?
klo radiator kinclong, pasti suhu lbh rendah
Intinya: Ada baiknya ganti coolant tiap 2 tahun sekali.
harga juga murah, Denso SLCC biru; gak sampai 150rb per 4 liter, tapi mesin segerr
