Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

andrejunior
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 185
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by andrejunior »

kenop wrote: Fri May 02, 2025 7:27
DOHC wrote: Fri May 02, 2025 5:13 kl pakem gantol per 5000an km mah, ga usa takut, palagi kena jiper mental duluan ama bengkel2 atau sales2 oli punya bualan.. gapapa koq pake oli lcgc, jgn mau gampang kena kibulan mreka

mesin mobil bukan terbuat dari tahu pong, asalkan diisi nya oli , bukan migor, bukan balsem, bukan minyak angin, dijamin gapapa

kl ga, ntuh emg taksi2, mikrolet2, taksol2 isinya apaan, masa mreka smua ngisi nya amsoil , q8 smua, rugi bandar itu dhajar ampe odo terbang ke bulan smua
anjay tahu pong :big_biglaugh:

tapi di tempat oli yg banyak jenis itu susah bgt lho kl mau beli oli lcgc, sales nya kekeuh bgt bilang mobil 1500cc ngga bisa pake
ya dari pada lama ngedebatnya, sy beli aja lah yg bukan buat lcgc, mayan beli 3 gratis 1, ngga beda jauh jg harganya sama yg lcgc
Tempat oli yg banyak jenis tu apa mbah?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

kenop wrote: Fri May 02, 2025 7:27
DOHC wrote: Fri May 02, 2025 5:13 kl pakem gantol per 5000an km mah, ga usa takut, palagi kena jiper mental duluan ama bengkel2 atau sales2 oli punya bualan.. gapapa koq pake oli lcgc, jgn mau gampang kena kibulan mreka

mesin mobil bukan terbuat dari tahu pong, asalkan diisi nya oli , bukan migor, bukan balsem, bukan minyak angin, dijamin gapapa

kl ga, ntuh emg taksi2, mikrolet2, taksol2 isinya apaan, masa mreka smua ngisi nya amsoil , q8 smua, rugi bandar itu dhajar ampe odo terbang ke bulan smua
anjay tahu pong :big_biglaugh:

tapi di tempat oli yg banyak jenis itu susah bgt lho kl mau beli oli lcgc, sales nya kekeuh bgt bilang mobil 1500cc ngga bisa pake
ya dari pada lama ngedebatnya, sy beli aja lah yg bukan buat lcgc, mayan beli 3 gratis 1, ngga beda jauh jg harganya sama yg lcgc
Aneh yaa
Ngasih garansi juga nggak, ngeyelnya poll.

Diulti balik aja :big_biglaugh:

Kecuali kyk beres, ganti oli lain, garansi angus :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by DOHC »

kenop wrote: Fri May 02, 2025 7:27
DOHC wrote: Fri May 02, 2025 5:13 kl pakem gantol per 5000an km mah, ga usa takut, palagi kena jiper mental duluan ama bengkel2 atau sales2 oli punya bualan.. gapapa koq pake oli lcgc, jgn mau gampang kena kibulan mreka

mesin mobil bukan terbuat dari tahu pong, asalkan diisi nya oli , bukan migor, bukan balsem, bukan minyak angin, dijamin gapapa

kl ga, ntuh emg taksi2, mikrolet2, taksol2 isinya apaan, masa mreka smua ngisi nya amsoil , q8 smua, rugi bandar itu dhajar ampe odo terbang ke bulan smua
anjay tahu pong :big_biglaugh:

tapi di tempat oli yg banyak jenis itu susah bgt lho kl mau beli oli lcgc, sales nya kekeuh bgt bilang mobil 1500cc ngga bisa pake
ya dari pada lama ngedebatnya, sy beli aja lah yg bukan buat lcgc, mayan beli 3 gratis 1, ngga beda jauh jg harganya sama yg lcgc
untunglah slama ini kita orang beli oli, mo di tempat yg banyak jenis nya itu, ampe yg doyan minum oli depan kastemer, belom perna di macem2 in seh, pokoknya kita orang dateng, blg mo oli apa, bahkan perna tu fastron lcgc buat di cekokin k ribon jg manut2 aj mreka

mungkin biar mreka jgn bawel, pas dateng lgs ga pake basa basi blg mo oli ap, trus kl dijawap a i u e o, blgin ga usa bawel
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

DOHC wrote: Sat May 03, 2025 7:33
kenop wrote: Fri May 02, 2025 7:27
DOHC wrote: Fri May 02, 2025 5:13 kl pakem gantol per 5000an km mah, ga usa takut, palagi kena jiper mental duluan ama bengkel2 atau sales2 oli punya bualan.. gapapa koq pake oli lcgc, jgn mau gampang kena kibulan mreka

mesin mobil bukan terbuat dari tahu pong, asalkan diisi nya oli , bukan migor, bukan balsem, bukan minyak angin, dijamin gapapa

kl ga, ntuh emg taksi2, mikrolet2, taksol2 isinya apaan, masa mreka smua ngisi nya amsoil , q8 smua, rugi bandar itu dhajar ampe odo terbang ke bulan smua
anjay tahu pong :big_biglaugh:

tapi di tempat oli yg banyak jenis itu susah bgt lho kl mau beli oli lcgc, sales nya kekeuh bgt bilang mobil 1500cc ngga bisa pake
ya dari pada lama ngedebatnya, sy beli aja lah yg bukan buat lcgc, mayan beli 3 gratis 1, ngga beda jauh jg harganya sama yg lcgc
untunglah slama ini kita orang beli oli, mo di tempat yg banyak jenis nya itu, ampe yg doyan minum oli depan kastemer, belom perna di macem2 in seh, pokoknya kita orang dateng, blg mo oli apa, bahkan perna tu fastron lcgc buat di cekokin k ribon jg manut2 aj mreka

mungkin biar mreka jgn bawel, pas dateng lgs ga pake basa basi blg mo oli ap, trus kl dijawap a i u e o, blgin ga usa bawel
udah dikasi SOP mbah. daripada ntar customer lari :big_cat:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by t105erd »

DOHC wrote: Sat May 03, 2025 7:33
kenop wrote: Fri May 02, 2025 7:27
DOHC wrote: Fri May 02, 2025 5:13 kl pakem gantol per 5000an km mah, ga usa takut, palagi kena jiper mental duluan ama bengkel2 atau sales2 oli punya bualan.. gapapa koq pake oli lcgc, jgn mau gampang kena kibulan mreka

mesin mobil bukan terbuat dari tahu pong, asalkan diisi nya oli , bukan migor, bukan balsem, bukan minyak angin, dijamin gapapa

kl ga, ntuh emg taksi2, mikrolet2, taksol2 isinya apaan, masa mreka smua ngisi nya amsoil , q8 smua, rugi bandar itu dhajar ampe odo terbang ke bulan smua
anjay tahu pong :big_biglaugh:

tapi di tempat oli yg banyak jenis itu susah bgt lho kl mau beli oli lcgc, sales nya kekeuh bgt bilang mobil 1500cc ngga bisa pake
ya dari pada lama ngedebatnya, sy beli aja lah yg bukan buat lcgc, mayan beli 3 gratis 1, ngga beda jauh jg harganya sama yg lcgc
untunglah slama ini kita orang beli oli, mo di tempat yg banyak jenis nya itu, ampe yg doyan minum oli depan kastemer, belom perna di macem2 in seh, pokoknya kita orang dateng, blg mo oli apa, bahkan perna tu fastron lcgc buat di cekokin k ribon jg manut2 aj mreka

mungkin biar mreka jgn bawel, pas dateng lgs ga pake basa basi blg mo oli ap, trus kl dijawap a i u e o, blgin ga usa bawel
Saya ada Mazda 2.0 tahun 2004, mau saya coba pakai oli 0W20 karena di tutup oli ketulis 5W20, eh malah katanya ga boleh sama bengkel2, soalnya mobil udah tua. Sedih amat mobil tua ga boleh icip 0W20.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by azu »

t105erd wrote: Sat May 03, 2025 12:00
DOHC wrote: Sat May 03, 2025 7:33
kenop wrote: Fri May 02, 2025 7:27

anjay tahu pong :big_biglaugh:

tapi di tempat oli yg banyak jenis itu susah bgt lho kl mau beli oli lcgc, sales nya kekeuh bgt bilang mobil 1500cc ngga bisa pake
ya dari pada lama ngedebatnya, sy beli aja lah yg bukan buat lcgc, mayan beli 3 gratis 1, ngga beda jauh jg harganya sama yg lcgc
untunglah slama ini kita orang beli oli, mo di tempat yg banyak jenis nya itu, ampe yg doyan minum oli depan kastemer, belom perna di macem2 in seh, pokoknya kita orang dateng, blg mo oli apa, bahkan perna tu fastron lcgc buat di cekokin k ribon jg manut2 aj mreka

mungkin biar mreka jgn bawel, pas dateng lgs ga pake basa basi blg mo oli ap, trus kl dijawap a i u e o, blgin ga usa bawel
Saya ada Mazda 2.0 tahun 2004, mau saya coba pakai oli 0W20 karena di tutup oli ketulis 5W20, eh malah katanya ga boleh sama bengkel2, soalnya mobil udah tua. Sedih amat mobil tua ga boleh icip 0W20.
Makanya saya kesini2 mending ganti oli sendiri di rumah om. Dulu Vios Gen2 mau pakai 5W30 aja udah dibilang keenceran sama tukang oli padahal pakai 10-40 juga sama aja penguapannya :mky_01:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
almer18
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 124
Joined: Sun Apr 05, 2020 10:14
Location: South Tangerang
Daily Vehicle: Proton Exora

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by almer18 »

t105erd wrote: Sat May 03, 2025 12:00
DOHC wrote: Sat May 03, 2025 7:33
kenop wrote: Fri May 02, 2025 7:27

anjay tahu pong :big_biglaugh:

tapi di tempat oli yg banyak jenis itu susah bgt lho kl mau beli oli lcgc, sales nya kekeuh bgt bilang mobil 1500cc ngga bisa pake
ya dari pada lama ngedebatnya, sy beli aja lah yg bukan buat lcgc, mayan beli 3 gratis 1, ngga beda jauh jg harganya sama yg lcgc
untunglah slama ini kita orang beli oli, mo di tempat yg banyak jenis nya itu, ampe yg doyan minum oli depan kastemer, belom perna di macem2 in seh, pokoknya kita orang dateng, blg mo oli apa, bahkan perna tu fastron lcgc buat di cekokin k ribon jg manut2 aj mreka

mungkin biar mreka jgn bawel, pas dateng lgs ga pake basa basi blg mo oli ap, trus kl dijawap a i u e o, blgin ga usa bawel
Saya ada Mazda 2.0 tahun 2004, mau saya coba pakai oli 0W20 karena di tutup oli ketulis 5W20, eh malah katanya ga boleh sama bengkel2, soalnya mobil udah tua. Sedih amat mobil tua ga boleh icip 0W20.
Ya kalo org awam yg cuma manut2 apa kata org bengkel mah bisa kayak begitu. Kalo kita yg aliran rebel mah suka2 yg punya mobil
betelgeusse
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun May 04, 2025 11:16
Daily Vehicle: Raize Toyota GR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by betelgeusse »

Halo temen-temen sekalian, postingan pertama nih mau menyelami dunia oli mobil hehe.

Saya ada mobil Raize GR 1.0 Turbo dan udah mau abis masa gratisan di beres, udah jalan 2.5 tahun odometer masih 15rban km (sebulan kurleb 400km), baca-baca di page sebelumnya kayanya mau pake 0W-20. Apakah boleh minta rekomendasinya yang mid quality? (budget ga sampe 700rb soalnya hehe). Trus kalo untuk mobil saya baiknya beli oli 3 liter atau 4 liter ya?

Btw dengan mileage seperti itu, Boleh kah ganti oli 1 tahun sekali?

Makasi banyak ya yang bantu jawab, maaf saya awam banget jadi pertanyaanya agak banyak hehe
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

dobel post............ ....
Last edited by Suryaputra on Sun May 04, 2025 13:22, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

betelgeusse wrote: Sun May 04, 2025 11:30 Halo temen-temen sekalian, postingan pertama nih mau menyelami dunia oli mobil hehe.

Saya ada mobil Raize GR 1.0 Turbo dan udah mau abis masa gratisan di beres, udah jalan 2.5 tahun odometer masih 15rban km (sebulan kurleb 400km), baca-baca di page sebelumnya kayanya mau pake 0W-20. Apakah boleh minta rekomendasinya yang mid quality? (budget ga sampe 700rb soalnya hehe). Trus kalo untuk mobil saya baiknya beli oli 3 liter atau 4 liter ya?

Btw dengan mileage seperti itu, Boleh kah ganti oli 1 tahun sekali?

Makasi banyak ya yang bantu jawab, maaf saya awam banget jadi pertanyaanya agak banyak hehe
Budget segitu,
1. adnoc silverplus eco (flash point lbh tinggi / titik nyala api ketika oli mulai nguap)
2. Adnoc starplus eco
Layak dicoba.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ctopher7 »

betelgeusse wrote: Sun May 04, 2025 11:30 Halo temen-temen sekalian, postingan pertama nih mau menyelami dunia oli mobil hehe.

Saya ada mobil Raize GR 1.0 Turbo dan udah mau abis masa gratisan di beres, udah jalan 2.5 tahun odometer masih 15rban km (sebulan kurleb 400km), baca-baca di page sebelumnya kayanya mau pake 0W-20. Apakah boleh minta rekomendasinya yang mid quality? (budget ga sampe 700rb soalnya hehe). Trus kalo untuk mobil saya baiknya beli oli 3 liter atau 4 liter ya?

Btw dengan mileage seperti itu, Boleh kah ganti oli 1 tahun sekali?

Makasi banyak ya yang bantu jawab, maaf saya awam banget jadi pertanyaanya agak banyak hehe
total quartz 9000, saya sih di mobil tumbal gantinya setahun sekali (sigra) gatau dah dalemnya nge sludge apa engga wkwk cmn uda 6 tahun so far aman aman aja gaada masalah. perna juga liat post taxi online calsig uda 100 ribuan km baru ganti oli 3x.

cuman mungkin beda ya raize turbo lebih butuh dirawat
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sun May 04, 2025 13:22
betelgeusse wrote: Sun May 04, 2025 11:30 Halo temen-temen sekalian, postingan pertama nih mau menyelami dunia oli mobil hehe.

Saya ada mobil Raize GR 1.0 Turbo dan udah mau abis masa gratisan di beres, udah jalan 2.5 tahun odometer masih 15rban km (sebulan kurleb 400km), baca-baca di page sebelumnya kayanya mau pake 0W-20. Apakah boleh minta rekomendasinya yang mid quality? (budget ga sampe 700rb soalnya hehe). Trus kalo untuk mobil saya baiknya beli oli 3 liter atau 4 liter ya?

Btw dengan mileage seperti itu, Boleh kah ganti oli 1 tahun sekali?

Makasi banyak ya yang bantu jawab, maaf saya awam banget jadi pertanyaanya agak banyak hehe
Budget segitu,
1. adnoc silverplus eco (flash point lbh tinggi / titik nyala api ketika oli mulai nguap)
2. Adnoc starplus eco
Layak dicoba.
bahan untuk diskusi, sbenernya dengan kecanggihan tech skrg itu. flash points mending cari yang rendah apa yang tinggi ya?
betelgeusse wrote: Sun May 04, 2025 11:30 Halo temen-temen sekalian, postingan pertama nih mau menyelami dunia oli mobil hehe.

Saya ada mobil Raize GR 1.0 Turbo dan udah mau abis masa gratisan di beres, udah jalan 2.5 tahun odometer masih 15rban km (sebulan kurleb 400km), baca-baca di page sebelumnya kayanya mau pake 0W-20. Apakah boleh minta rekomendasinya yang mid quality? (budget ga sampe 700rb soalnya hehe). Trus kalo untuk mobil saya baiknya beli oli 3 liter atau 4 liter ya?

Btw dengan mileage seperti itu, Boleh kah ganti oli 1 tahun sekali?

Makasi banyak ya yang bantu jawab, maaf saya awam banget jadi pertanyaanya agak banyak hehe
hmmmm kalo budget perfs tetep Total 9000. gwa juga pake so far so good. cman kalo 700 kaianya motul htech masih masuk deh.

isi 3 liter aja plus filter oli udah nyaris di titik F. (2.9 gapakae filter, 3.1 pake filter isi antara itu dijamin gakan overfill) jarak antar dipstick L-F kalo raize itu 1.5l.

kata mbah carenut ma scotty , 3000miles ~ 5000km change ur oil+filter untuk turbocharged no more than that.
ga disaranin sih 1 tahun sekali, di grup RCI udah adah tuh yang tembus 150k. triknya 5000km ganti oli , pake 0w20 api-SP , abis jalan tol agak delay matikan engine , jarang lug/bejek gas tiba2, filter oli ; filter udara ; oli tranmisi tiap 20k tap , radiator cek berkala. Soal mesin, rata2 ini KR-VET cukup badak sih hoho yang masalah itu banyak WA-VEnya :mky_01:
betelgeusse
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun May 04, 2025 11:16
Daily Vehicle: Raize Toyota GR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by betelgeusse »

Suryaputra wrote: Sun May 04, 2025 13:22 Budget segitu,
1. adnoc silverplus eco (flash point lbh tinggi / titik nyala api ketika oli mulai nguap)
2. Adnoc starplus eco
Layak dicoba.
ctopher7 wrote: Sun May 04, 2025 19:10 total quartz 9000, saya sih di mobil tumbal gantinya setahun sekali (sigra) gatau dah dalemnya nge sludge apa engga wkwk cmn uda 6 tahun so far aman aman aja gaada masalah. perna juga liat post taxi online calsig uda 100 ribuan km baru ganti oli 3x.

cuman mungkin beda ya raize turbo lebih butuh dirawat
kayukayuthe5th wrote: Sun May 04, 2025 22:58 hmmmm kalo budget perfs tetep Total 9000. gwa juga pake so far so good. cman kalo 700 kaianya motul htech masih masuk deh.

isi 3 liter aja plus filter oli udah nyaris di titik F. (2.9 gapakae filter, 3.1 pake filter isi antara itu dijamin gakan overfill) jarak antar dipstick L-F kalo raize itu 1.5l.

kata mbah carenut ma scotty , 3000miles ~ 5000km change ur oil+filter untuk turbocharged no more than that.
ga disaranin sih 1 tahun sekali, di grup RCI udah adah tuh yang tembus 150k. triknya 5000km ganti oli , pake 0w20 api-SP , abis jalan tol agak delay matikan engine , jarang lug/bejek gas tiba2, filter oli ; filter udara ; oli tranmisi tiap 20k tap , radiator cek berkala. Soal mesin, rata2 ini KR-VET cukup badak sih hoho yang masalah itu banyak WA-VEnya :mky_01:
Thank you ya suhu-suhu di atas yang udah bantu kasih input :big_exellent: sepertinya saya emang bakal ganti oli rutin 6 bulan sekali deh kalo gitu biar aman mengingat ini mesin turbo sesuai saran di atas hehe.

Untuk oli setelah menyelami toko ijo dan oren, kayanya kandidatnya bakal ini aja untuk Raize Turbo (0W-20):

1. Total Quartz 9000 - 100rb/l
2. Mobil 1 All in One Protection - 85rb/l
3. Motul H Tech 100 Plus - 138rb/l
4. Shell Helix City - 90rb/l
5. Adnoc Silver Plus Eco - 130rb/l

Beli 3 liter aja cukup ya berarti untuk Raize? Nanggung banget 3.1 liter tangki olinya jadi galau beli oli yang 3 atau 4 liter :mky_01:

Ada yang punya pengalaman sama oli di atas kah untuk mesin turbo seperti Raize? Baiknya yang mana yah? :big_think:

Again, makasi ya yang mau bantu jawabin :big_deal:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sun May 04, 2025 22:58
bahan untuk diskusi, sbenernya dengan kecanggihan tech skrg itu. flash points mending cari yang rendah apa yang tinggi ya?
Teoritis..
Disclemer.

flash point makin tinggi = daya tahan penguapan makin tinggi = krn titik suhu terendah oli mulai nguap dan terbakar, juga makin tinggi

Tp balik lg kondisi mesin kan beda2,
Tetap cek penguapan / pengurangan oli dr dipstick scr berkala / per 1k km
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sun May 04, 2025 22:58
Suryaputra wrote: Sun May 04, 2025 13:22
betelgeusse wrote: Sun May 04, 2025 11:30 Halo temen-temen sekalian, postingan pertama nih mau menyelami dunia oli mobil hehe.

Saya ada mobil Raize GR 1.0 Turbo dan udah mau abis masa gratisan di beres, udah jalan 2.5 tahun odometer masih 15rban km (sebulan kurleb 400km), baca-baca di page sebelumnya kayanya mau pake 0W-20. Apakah boleh minta rekomendasinya yang mid quality? (budget ga sampe 700rb soalnya hehe). Trus kalo untuk mobil saya baiknya beli oli 3 liter atau 4 liter ya?

Btw dengan mileage seperti itu, Boleh kah ganti oli 1 tahun sekali?

Makasi banyak ya yang bantu jawab, maaf saya awam banget jadi pertanyaanya agak banyak hehe
Budget segitu,
1. adnoc silverplus eco (flash point lbh tinggi / titik nyala api ketika oli mulai nguap)
2. Adnoc starplus eco
Layak dicoba.
bahan untuk diskusi, sbenernya dengan kecanggihan tech skrg itu. flash points mending cari yang rendah apa yang tinggi ya?
betelgeusse wrote: Sun May 04, 2025 11:30 Halo temen-temen sekalian, postingan pertama nih mau menyelami dunia oli mobil hehe.

Saya ada mobil Raize GR 1.0 Turbo dan udah mau abis masa gratisan di beres, udah jalan 2.5 tahun odometer masih 15rban km (sebulan kurleb 400km), baca-baca di page sebelumnya kayanya mau pake 0W-20. Apakah boleh minta rekomendasinya yang mid quality? (budget ga sampe 700rb soalnya hehe). Trus kalo untuk mobil saya baiknya beli oli 3 liter atau 4 liter ya?

Btw dengan mileage seperti itu, Boleh kah ganti oli 1 tahun sekali?

Makasi banyak ya yang bantu jawab, maaf saya awam banget jadi pertanyaanya agak banyak hehe
hmmmm kalo budget perfs tetep Total 9000. gwa juga pake so far so good. cman kalo 700 kaianya motul htech masih masuk deh.

isi 3 liter aja plus filter oli udah nyaris di titik F. (2.9 gapakae filter, 3.1 pake filter isi antara itu dijamin gakan overfill) jarak antar dipstick L-F kalo raize itu 1.5l.

kata mbah carenut ma scotty , 3000miles ~ 5000km change ur oil+filter untuk turbocharged no more than that.
ga disaranin sih 1 tahun sekali, di grup RCI udah adah tuh yang tembus 150k. triknya 5000km ganti oli , pake 0w20 api-SP , abis jalan tol agak delay matikan engine , jarang lug/bejek gas tiba2, filter oli ; filter udara ; oli tranmisi tiap 20k tap , radiator cek berkala. Soal mesin, rata2 ini KR-VET cukup badak sih hoho yang masalah itu banyak WA-VEnya :mky_01:
Yg plg penting engine hours nya aja.
Jgn keseringan idle.

Jd klo mbl garage queen, 1 thn tapi 4-5rb km jg relatif gpp.
Kecuali tinggal di area humid 90-100% :mky_03:

Hipotesis Based on bbrp sampel lab yg sy lihat yaa.
Apalagi pk oli yg 150rb seliter and up, sy personally mah pede.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

betelgeusse wrote: Mon May 05, 2025 1:16
Suryaputra wrote: Sun May 04, 2025 13:22 Budget segitu,
1. adnoc silverplus eco (flash point lbh tinggi / titik nyala api ketika oli mulai nguap)
2. Adnoc starplus eco
Layak dicoba.
ctopher7 wrote: Sun May 04, 2025 19:10 total quartz 9000, saya sih di mobil tumbal gantinya setahun sekali (sigra) gatau dah dalemnya nge sludge apa engga wkwk cmn uda 6 tahun so far aman aman aja gaada masalah. perna juga liat post taxi online calsig uda 100 ribuan km baru ganti oli 3x.

cuman mungkin beda ya raize turbo lebih butuh dirawat
kayukayuthe5th wrote: Sun May 04, 2025 22:58 hmmmm kalo budget perfs tetep Total 9000. gwa juga pake so far so good. cman kalo 700 kaianya motul htech masih masuk deh.

isi 3 liter aja plus filter oli udah nyaris di titik F. (2.9 gapakae filter, 3.1 pake filter isi antara itu dijamin gakan overfill) jarak antar dipstick L-F kalo raize itu 1.5l.

kata mbah carenut ma scotty , 3000miles ~ 5000km change ur oil+filter untuk turbocharged no more than that.
ga disaranin sih 1 tahun sekali, di grup RCI udah adah tuh yang tembus 150k. triknya 5000km ganti oli , pake 0w20 api-SP , abis jalan tol agak delay matikan engine , jarang lug/bejek gas tiba2, filter oli ; filter udara ; oli tranmisi tiap 20k tap , radiator cek berkala. Soal mesin, rata2 ini KR-VET cukup badak sih hoho yang masalah itu banyak WA-VEnya :mky_01:
Thank you ya suhu-suhu di atas yang udah bantu kasih input :big_exellent: sepertinya saya emang bakal ganti oli rutin 6 bulan sekali deh kalo gitu biar aman mengingat ini mesin turbo sesuai saran di atas hehe.

Untuk oli setelah menyelami toko ijo dan oren, kayanya kandidatnya bakal ini aja untuk Raize Turbo (0W-20):

1. Total Quartz 9000 - 100rb/l
2. Mobil 1 All in One Protection - 85rb/l
3. Motul H Tech 100 Plus - 138rb/l
4. Shell Helix City - 90rb/l
5. Adnoc Silver Plus Eco - 130rb/l

Beli 3 liter aja cukup ya berarti untuk Raize? Nanggung banget 3.1 liter tangki olinya jadi galau beli oli yang 3 atau 4 liter :mky_01:

Ada yang punya pengalaman sama oli di atas kah untuk mesin turbo seperti Raize? Baiknya yang mana yah? :big_think:

Again, makasi ya yang mau bantu jawabin :big_deal:
kebetulan user KRVET hehe :
mobil 1 ato mobil super nih? kalo mobil 1 180-190 secara saya liat2 paleng murah kalo mobil super buatan f3d3r4l setara TQ8000 ama shell city bisa2 aja sih, cman not rekomen (pernah coba mobil super doang, 3500-4000km udah mulai kasar, BBM:pertalite tapi ga ngantri :big_slap: )
3 liter cukup om, gwa pake harian aman2 aja itu oli susut 200cc an (Total ato motul) di 5000km
Total 9000 tetep budget perfs. sampe saat ini sih , tapi motul high rpm tarikan agak enteng ama kalo udah masuk 5000km masih lebih halus dari sisi tarikan, cman motul itu anehnya kalo coldstart kerasa agak sedikit lebih kasar dibanding Total9000
adnoc belum pernah pake jadi no komeng :big_childish:
*bukan ajakan membeli, sales, promotor, afiliasi
Last edited by kayukayuthe5th on Mon May 05, 2025 3:04, edited 2 times in total.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Mon May 05, 2025 2:08
kayukayuthe5th wrote: Sun May 04, 2025 22:58
bahan untuk diskusi, sbenernya dengan kecanggihan tech skrg itu. flash points mending cari yang rendah apa yang tinggi ya?
Teoritis..
Disclemer.

flash point makin tinggi = daya tahan penguapan makin tinggi = krn titik suhu terendah oli mulai nguap dan terbakar, juga makin tinggi

Tp balik lg kondisi mesin kan beda2,
Tetap cek penguapan / pengurangan oli dr dipstick scr berkala / per 1k km
noted.
Suryaputra wrote: Mon May 05, 2025 2:10
kayukayuthe5th wrote: Sun May 04, 2025 22:58
Suryaputra wrote: Sun May 04, 2025 13:22 Budget segitu,
1. adnoc silverplus eco (flash point lbh tinggi / titik nyala api ketika oli mulai nguap)
2. Adnoc starplus eco
Layak dicoba.
bahan untuk diskusi, sbenernya dengan kecanggihan tech skrg itu. flash points mending cari yang rendah apa yang tinggi ya?
betelgeusse wrote: Sun May 04, 2025 11:30 Halo temen-temen sekalian, postingan pertama nih mau menyelami dunia oli mobil hehe.

Saya ada mobil Raize GR 1.0 Turbo dan udah mau abis masa gratisan di beres, udah jalan 2.5 tahun odometer masih 15rban km (sebulan kurleb 400km), baca-baca di page sebelumnya kayanya mau pake 0W-20. Apakah boleh minta rekomendasinya yang mid quality? (budget ga sampe 700rb soalnya hehe). Trus kalo untuk mobil saya baiknya beli oli 3 liter atau 4 liter ya?

Btw dengan mileage seperti itu, Boleh kah ganti oli 1 tahun sekali?

Makasi banyak ya yang bantu jawab, maaf saya awam banget jadi pertanyaanya agak banyak hehe
hmmmm kalo budget perfs tetep Total 9000. gwa juga pake so far so good. cman kalo 700 kaianya motul htech masih masuk deh.

isi 3 liter aja plus filter oli udah nyaris di titik F. (2.9 gapakae filter, 3.1 pake filter isi antara itu dijamin gakan overfill) jarak antar dipstick L-F kalo raize itu 1.5l.

kata mbah carenut ma scotty , 3000miles ~ 5000km change ur oil+filter untuk turbocharged no more than that.
ga disaranin sih 1 tahun sekali, di grup RCI udah adah tuh yang tembus 150k. triknya 5000km ganti oli , pake 0w20 api-SP , abis jalan tol agak delay matikan engine , jarang lug/bejek gas tiba2, filter oli ; filter udara ; oli tranmisi tiap 20k tap , radiator cek berkala. Soal mesin, rata2 ini KR-VET cukup badak sih hoho yang masalah itu banyak WA-VEnya :mky_01:
Yg plg penting engine hours nya aja.
Jgn keseringan idle.

Jd klo mbl garage queen, 1 thn tapi 4-5rb km jg relatif gpp.
Kecuali tinggal di area humid 90-100% :mky_03:

Hipotesis Based on bbrp sampel lab yg sy lihat yaa.
Apalagi pk oli yg 150rb seliter and up, sy personally mah pede.
yah mbah ini cman pengalaman dari user grup sebelah sih hehe. :mky_01:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Mon May 05, 2025 2:43
Suryaputra wrote: Mon May 05, 2025 2:08
kayukayuthe5th wrote: Sun May 04, 2025 22:58
bahan untuk diskusi, sbenernya dengan kecanggihan tech skrg itu. flash points mending cari yang rendah apa yang tinggi ya?
Teoritis..
Disclemer.

flash point makin tinggi = daya tahan penguapan makin tinggi = krn titik suhu terendah oli mulai nguap dan terbakar, juga makin tinggi

Tp balik lg kondisi mesin kan beda2,
Tetap cek penguapan / pengurangan oli dr dipstick scr berkala / per 1k km
noted.
Suryaputra wrote: Mon May 05, 2025 2:10
kayukayuthe5th wrote: Sun May 04, 2025 22:58

bahan untuk diskusi, sbenernya dengan kecanggihan tech skrg itu. flash points mending cari yang rendah apa yang tinggi ya?


hmmmm kalo budget perfs tetep Total 9000. gwa juga pake so far so good. cman kalo 700 kaianya motul htech masih masuk deh.

isi 3 liter aja plus filter oli udah nyaris di titik F. (2.9 gapakae filter, 3.1 pake filter isi antara itu dijamin gakan overfill) jarak antar dipstick L-F kalo raize itu 1.5l.

kata mbah carenut ma scotty , 3000miles ~ 5000km change ur oil+filter untuk turbocharged no more than that.
ga disaranin sih 1 tahun sekali, di grup RCI udah adah tuh yang tembus 150k. triknya 5000km ganti oli , pake 0w20 api-SP , abis jalan tol agak delay matikan engine , jarang lug/bejek gas tiba2, filter oli ; filter udara ; oli tranmisi tiap 20k tap , radiator cek berkala. Soal mesin, rata2 ini KR-VET cukup badak sih hoho yang masalah itu banyak WA-VEnya :mky_01:
Yg plg penting engine hours nya aja.
Jgn keseringan idle.

Jd klo mbl garage queen, 1 thn tapi 4-5rb km jg relatif gpp.
Kecuali tinggal di area humid 90-100% :mky_03:

Hipotesis Based on bbrp sampel lab yg sy lihat yaa.
Apalagi pk oli yg 150rb seliter and up, sy personally mah pede.
yah mbah ini cman pengalaman dari user grup sebelah sih hehe. :mky_01:
Iya mbah, asal jgn pk aditip olmes aja
Bukannya longer drain, malah potensi bikin jd shorter drain :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Mon May 05, 2025 2:59
kayukayuthe5th wrote: Mon May 05, 2025 2:43
Suryaputra wrote: Mon May 05, 2025 2:08

Teoritis..
Disclemer.

flash point makin tinggi = daya tahan penguapan makin tinggi = krn titik suhu terendah oli mulai nguap dan terbakar, juga makin tinggi

Tp balik lg kondisi mesin kan beda2,
Tetap cek penguapan / pengurangan oli dr dipstick scr berkala / per 1k km
noted.
Suryaputra wrote: Mon May 05, 2025 2:10

Yg plg penting engine hours nya aja.
Jgn keseringan idle.

Jd klo mbl garage queen, 1 thn tapi 4-5rb km jg relatif gpp.
Kecuali tinggal di area humid 90-100% :mky_03:

Hipotesis Based on bbrp sampel lab yg sy lihat yaa.
Apalagi pk oli yg 150rb seliter and up, sy personally mah pede.
yah mbah ini cman pengalaman dari user grup sebelah sih hehe. :mky_01:
Iya mbah, asal jgn pk aditip olmes aja
Bukannya longer drain, malah potensi bikin jd shorter drain :ngacir:
oh yes, KRVET ini juga ga boleh dikasi aditif oli di bukmannya. mungkin karena nanti pengaruh ke bearing turboshaft
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Mon May 05, 2025 3:02
Suryaputra wrote: Mon May 05, 2025 2:59
kayukayuthe5th wrote: Mon May 05, 2025 2:43
noted.

yah mbah ini cman pengalaman dari user grup sebelah sih hehe. :mky_01:
Iya mbah, asal jgn pk aditip olmes aja
Bukannya longer drain, malah potensi bikin jd shorter drain :ngacir:
oh yes, KRVET ini juga ga boleh dikasi aditif oli di bukmannya. mungkin karena nanti pengaruh ke bearing turboshaft
iya namanya jg minyak uler :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Ibet »

saya penasaran deh,
buat jagorawi use, aliran 5000km ganti (tercapai 5 bulan), oli 0w-20 paling murah saat ini apa ya?

pemikiran saya paling murah masih 0w-20 fastron lcgc di 190 rb an itu 3.5 liter
suka saya isiin ke mobil istri, so far so gud sih ahahaha

kadang suka penasaran aja, ini oli apa subsidized ya kok bisa murah
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by rudyzanetti »

Abis cek out oli win 10w30 api sl, buat operasional mobil toko. Jatohnya kena 144rban/4liter.
Aliran goceng ganti :big_childish:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
betelgeusse
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sun May 04, 2025 11:16
Daily Vehicle: Raize Toyota GR

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by betelgeusse »

kayukayuthe5th wrote: Mon May 05, 2025 2:41
betelgeusse wrote: Mon May 05, 2025 1:16
Suryaputra wrote: Sun May 04, 2025 13:22 Budget segitu,
1. adnoc silverplus eco (flash point lbh tinggi / titik nyala api ketika oli mulai nguap)
2. Adnoc starplus eco
Layak dicoba.
ctopher7 wrote: Sun May 04, 2025 19:10 total quartz 9000, saya sih di mobil tumbal gantinya setahun sekali (sigra) gatau dah dalemnya nge sludge apa engga wkwk cmn uda 6 tahun so far aman aman aja gaada masalah. perna juga liat post taxi online calsig uda 100 ribuan km baru ganti oli 3x.

cuman mungkin beda ya raize turbo lebih butuh dirawat
kayukayuthe5th wrote: Sun May 04, 2025 22:58 hmmmm kalo budget perfs tetep Total 9000. gwa juga pake so far so good. cman kalo 700 kaianya motul htech masih masuk deh.

isi 3 liter aja plus filter oli udah nyaris di titik F. (2.9 gapakae filter, 3.1 pake filter isi antara itu dijamin gakan overfill) jarak antar dipstick L-F kalo raize itu 1.5l.

kata mbah carenut ma scotty , 3000miles ~ 5000km change ur oil+filter untuk turbocharged no more than that.
ga disaranin sih 1 tahun sekali, di grup RCI udah adah tuh yang tembus 150k. triknya 5000km ganti oli , pake 0w20 api-SP , abis jalan tol agak delay matikan engine , jarang lug/bejek gas tiba2, filter oli ; filter udara ; oli tranmisi tiap 20k tap , radiator cek berkala. Soal mesin, rata2 ini KR-VET cukup badak sih hoho yang masalah itu banyak WA-VEnya :mky_01:
Thank you ya suhu-suhu di atas yang udah bantu kasih input :big_exellent: sepertinya saya emang bakal ganti oli rutin 6 bulan sekali deh kalo gitu biar aman mengingat ini mesin turbo sesuai saran di atas hehe.

Untuk oli setelah menyelami toko ijo dan oren, kayanya kandidatnya bakal ini aja untuk Raize Turbo (0W-20):

1. Total Quartz 9000 - 100rb/l
2. Mobil 1 All in One Protection - 85rb/l
3. Motul H Tech 100 Plus - 138rb/l
4. Shell Helix City - 90rb/l
5. Adnoc Silver Plus Eco - 130rb/l

Beli 3 liter aja cukup ya berarti untuk Raize? Nanggung banget 3.1 liter tangki olinya jadi galau beli oli yang 3 atau 4 liter :mky_01:

Ada yang punya pengalaman sama oli di atas kah untuk mesin turbo seperti Raize? Baiknya yang mana yah? :big_think:

Again, makasi ya yang mau bantu jawabin :big_deal:
kebetulan user KRVET hehe :
mobil 1 ato mobil super nih? kalo mobil 1 180-190 secara saya liat2 paleng murah kalo mobil super buatan f3d3r4l setara TQ8000 ama shell city bisa2 aja sih, cman not rekomen (pernah coba mobil super doang, 3500-4000km udah mulai kasar, BBM:pertalite tapi ga ngantri :big_slap: )
3 liter cukup om, gwa pake harian aman2 aja itu oli susut 200cc an (Total ato motul) di 5000km
Total 9000 tetep budget perfs. sampe saat ini sih , tapi motul high rpm tarikan agak enteng ama kalo udah masuk 5000km masih lebih halus dari sisi tarikan, cman motul itu anehnya kalo coldstart kerasa agak sedikit lebih kasar dibanding Total9000
adnoc belum pernah pake jadi no komeng :big_childish:
*bukan ajakan membeli, sales, promotor, afiliasi
Mobil super deng om wkwkw pantes mure bener ya hahaha ternyata emang mainannya federer :mky_01: Keknya paling mantep Total 9000 yah, ada rekomendasi tempat beli om? Liat di ijo/oren Kira*a Berk*h Ab*di paling murah kayanya apakah lapaknya rekomen?

Pernah coba Idemitsu IFG 5 om? Muncul mulu di iklan IG story sial jadi penasaran :big_biglaugh:

Makasi banyak om inputnya yah.
Last edited by betelgeusse on Mon May 05, 2025 5:01, edited 1 time in total.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

rudyzanetti wrote: Mon May 05, 2025 4:46 Abis cek out oli win 10w30 api sl, buat operasional mobil toko. Jatohnya kena 144rban/4liter.
Aliran goceng ganti :big_childish:
Produksi thn brp ini?
Wow banget murahnya, ngalahin oli skutik 10w30 sintetis di pasaran :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

Ibet wrote: Mon May 05, 2025 4:38 saya penasaran deh,
buat jagorawi use, aliran 5000km ganti (tercapai 5 bulan), oli 0w-20 paling murah saat ini apa ya?

pemikiran saya paling murah masih 0w-20 fastron lcgc di 190 rb an itu 3.5 liter
suka saya isiin ke mobil istri, so far so gud sih ahahaha

kadang suka penasaran aja, ini oli apa subsidized ya kok bisa murah
Penguapan gmn?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri