b0ku wrote: Fri May 02, 2025 4:36
gak ada tjuan utama ekonomi tapi kasih subsidi ke produk yang konsumsinya orang berduit
terus pabrik2x mobil konvensional disini yang ud jalan gak laku bodo amat yaaa
mereka ud TDKN semua berdampak kalo gak laku
Itu tujuan pemerintah yg ngomong loh, mereka pasti ada itung2annya. Skrng dikasih artikel tujuan pemerintah subsidi EV alesan utamanya ekonomi dan investasi malah om blg mana ada tujuan ekonomi. Jd yg harus percaya kata2 pemerintah atau kata2 seorang om b0ku nih?
Apa jgn2 ternyata om sebagai orng pintar punya hitung2an ekonomi yg lebih bener dari pemerintah?

kasi liat pemerintah om itung2 om jd pahlawan nih menyelamatkan wakanda
b0ku wrote: Fri May 02, 2025 4:36
lagian subisidi itu harusnya di apus semua bbm mah gw ud ngomong ampe berbusa dari dulu gak perlu di subsidi public transport yang harusnya di subsidi, gw waktu lcgc keluar aja enek denger subsidinya
bukanya suruh orang naek public transport malah suruh orang naek mobil….
Bbm subsidi apus aja, suruh naek public transport itu gampang dingomong, sangat susah diimplementasikan. Ga sekedar balikin telapak tangan atau ngetik di keyboard. Liat ga tuh gajah mada chaoticnya kaya apa lagi bikin mrt.
b0ku wrote: Fri May 02, 2025 4:36
ya kan ev itu ibarat jualan minyak uler janjinya bisa nyembuhin penyakit eh gak taunya sama aja artinya kalo dari omongan om selama ini masalahnya bukan mobil kita donk emisi tinggi tapi dari industri yang laen pantesan ud jutaan ev di jalan gak mempan emisinya tetep naek eh malah batubara juga naek
Ni balik lg ke pertanyaan ane sblmnya, yg janjiin ev jd minyak uler siapa om nyembuhin penyakit (global warming) sampe skrng blm kejawab lho siapa ini. Pernyataannya mana?
b0ku wrote: Fri May 02, 2025 4:36
terus ngapain di subsidi di paksa biar laku sampe mau ngeban ice kenpa gak dijual bareng aja di pasar yang adil di china kan gak subsidi bbm jd adil donk
Ni maksudnya di china apa di wakanda nih? Setau ane di wakanda sih blm ada tuh ngomongan bakalan ngeban ICE kapan. Kalo di china mo ngeban ice ya sangat2 wajar lah, wong mereka ga bisa ngejer teknologi ICE dalem waktu dekat kok, ya ngepush EV lah barang jualan mereka yg mereka bisa fight atau bahkan skrng dah unggul dari pabrikan laen. Dimana2 orng mau barang jualannya laku kali om
b0ku wrote: Fri May 02, 2025 4:48
dari dulu mah saya gak setuju sama bbm subsidi cuma kan EV juga listriknya di subsidi jd belinya di subidisi pajaknya di subsidi padahal beratnya lebih ngerusak jalanan terus isi listriknya juga di subsidi
toh bbm di subsidi juga pas beli bayar lah itu stnk di subsidi jauh bener gila mobil yang mustinya pajak 8jt jadi cuma ratusan ribu
cumi darat mau isi solar subsidi tetep aja bayar stnk 7-8jt/thn
teru kalo semua ev PAJAK segitu bisa bangun apa om?????
Listrik ngecharge EV ga disubsidi loh om, mana ada 7700KV disubsidi. oke lah ada cashback tiap ngecharge malem 30% tp kalo dicompare subsidi-jarak jadinya akan jauh lebih kecil nilainya dibanding subsidi pertalite. Ev lebih berat dari ice bikin jalan rusak? Ane compare nih ya ev yg laku vs ice yg usernya banyak pake bbm subsidi di kelas yg kurleb mirip:
Ioniq 5 2300kg vs fortuner 2000-2200kg vs pajero 2000-2200kg
Wuling air ev 760kg-880kg vs agya ayla 730-780kg
Camry 1480-1660kg vs dolphin 1880-2180kg
Byd M6 1915kg vs zenix hybrid 1555-1695kg vs reborn 1700-1930kg
Ya overall lebih berat EV emang, lebih berat lebih ngerusak jalan iya saya jg setuju, tp kalo mo itung keekonomiannya harus ada nilai pastinya. Kalo ga ada hitungannya ya cuman bisa asumsi doang brp banyak toh kerugiannya? Kan ga jalanan dilewatin ev tiba2 rusak kan, wong aspal di wakanda ujan 2-3 hari aja bolong.
Nah masalah subsidi bbm vs pajak. Karena om ambil contohnya cumi darat kita itung aja.
Katakan lah setahun jalan 15000 km. Biosol macet2an di jkt dapet FC 1:10. Jadinya setahun 1500 liter yak. Subsidi biosol itu Rp 5.150/liter jadi subsidi bbm bwat 1 ekor cumi darat setahun 7.750.000. Anggap lah ioniq 5 yg harganya skrng mirip2 duo cumi pajaknya jg 8 jt an.
Taroh lah konsumsi ioniq 5 sekitaran 1kwh/7 km. Jd 15000km itu pake 2143kwh. Ga mungkin dong dlm setahun orng itu ngecharge malem doang, jd bisa kita asumsiin lah dia selama setahun 75% ngecharge malem buar dot subsidi. Jdnya 1607kwh. 1607kwh x cashback 30% = 482kwh kalo dirupiahin jd 819rb.
See? Ga nyampe 1 jt subsidi EV dibanding cumi darat per tahunnya
Nah kayaknya om ga pernah tuh ngerusuhin subsidi mbl2 ladderframe yg berat2 jg dan minum biosol kaya ngerusuhin subsidi EV. Oh iya om pake ladderprem jg kan ya? Isinya ga subsidian kan?
