kayukayuthe5th wrote: Thu May 01, 2025 7:10
kalo gwa pun NASA kadang juga ada biased ya, ingat pendanaan mereka juga banyak dari environmetalist and so-called greenforce.
cman untuk mapping dsb saya masih percaya relatif legit. blek ke EV regs. ini juga ga bisa parameter ada anomali di sini sih malah cina semenjak invest di EV total emission CO2 nambah (mungkin karena issue pembukaan coal and gas besar2an , ama diitung juga pembuatan EV yang notabene carbon intensive (bukan incentives ya)) rekor paling tinggi jepun -4% (nihonjin ini sakti sih gak EV mandatory tapi CO2 semenjak pandemi turun terus)
https://ourworldindata.org/co2-emissions
Semua pasti ada bias sih om, makanya itu research paper or article aja bisa ada bias apalagi sekedar konten yutub atau cuap2 di medos doang, kompetensi orngnya jg bukan researcher lg tp jurnalis aja, no offence bwat jurnalis disini ya
Kalo paper segala ngasi data salah atau biased bisa dengan mudah di peer-review dan mampus lah tuh orng kredibilitasnya kalo ketauan terlalu bias atau manipulasi.
Nah cb bayangin kalo sekedar bikin konten yutub doang bisa cherrypicking datanya kayak apa karena ga ada yg kontrol sama sekali
Semua sih pasti ada bias, tp kalo semuanya gamau dipercaya ya repot. Senggaknya kalo research paper kan ada buktinya berupa statistik, dibanding nelen mentah2 konten yutub dianggap fakta
Kalo maen gampang narik langsung garis lurus china invest besar2an di EV tp overall emmision tetep nambah jdnya dibilang keanehan sih terlalu menggampangkan namanya om. Inget china itu adalah “pabrik dunia”, ga sekedar EV doang.
Masalahnya manufakturing mereka tiap taon jg meningkat terus, otomatis energy demand naek trus dan pembangkit listrik mereka masih sebagian besar kan batubara. Kalo ngomong EVnya doang ya, EV ga ada emisi itu real (ga ada emisi dari mesin karena ga pake mesin), bukan ngomong dari ban dll. Tp proses pembuangan EV pun memang carbon intensive seperti yg om bilang, tp itupun proses miningnya segala ga cuman di cina, bahan2 pembuatan baterenya banyak yg diambil dr luar negeri jg aussie, zimbabwe dll. Offset dari si EVnya ga bisa ngimbangin emisi dari manufakturing, jdnya ya mo gimana pun tetep bakalan naek.
Ane baru baca link yg om kasih, itu menarik sih dibaca kalo lg libur kayak sekarang. Justru yg menarik malah emisi per capita. Artikelnya blg emisi per capita justru pasti paling besar di negara2 penghasil minyak kaya qatar segala. Nah jd pertanyaan ini sebenernya kenapa negara2 produsen minyak emisi per capitanya lebih besar? Artinya kegiatan utama mereka which is oil producing yg menghasilkan emisi jauh lebih besar dong. Jd bingung lebih “bersihan” mana nih produksi minyak apa mining minerals
