ivancandinegara wrote: Wed Apr 23, 2025 7:02
sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 1:56
Kalo hasil hasil beberapa tes lab kebelakang pemakaian 5000-7000 an km. Kalo saya pribadi sih gitu, dengan budget minim bikin oli 5w30 yang bagus lebih gampang daripada bikin 0w20 yang bagus.
Kalo bikin 0w20 tapi baseoil & additif gak pake yang top tier ya jadinya begitu viscositynya ngedrop pas udah kena wear and tear.
Kecuali mungkin kalo misalnya engine loadnya rendah sekali mungkin gpp. In general sih cari yang ada pdsnya juga, agak tanda tanya qualitas olinya kalau pds aja gak ada.
I see, noted om. PDS bener juga sih, kalo itu aja gak niat makin tanda tanya kualitasnya.
severmaya wrote: Wed Apr 23, 2025 4:11
Maaf oot, om dari CX5 ke harrier gimana impresinya? Plus minusnya? Saya juga dulu pengen coba pelihara salah satu dari dua mobil ini, tapi ga jadi
So far 5 hari terakhir impresinya nyaman banget sih om, tapi lumayan lebih limbung even utk pemakaian dalkot. Bawaannya pengen nyetir santai kalo Harrier. Btw, unit saya terpaut 9 tahun (2008 vs 2017, atau rilisnya 2003 vs 2012).
--------------------------------------------------------------------------------
Btw, izin tanya lagi: oil sludge vs oil varnish vs kerak oli mesin, ini beda atau sama yah? Dan, solusinya seperti apa? Saya pernah baca salah satunya bisa pake oli mesin diesel daripada pake PTT engine flush utk kasus oil sludge. Saya waktu angkut Harrier, dari inspektornya ada catatan "bekas kerak di ruang mesin (ex bongkar head atas)".
Pds itu kadang bukanya gak niat, sengaja karena saking berfluktuasinya speknya beli beda batch bisa beda

. Dari warna aja bisa beda. Kadang drum sama botol warnanya beda padahal sama sama dari distributor resmi

Kalo oli yang ada approvalnya kan gak bisa begitu, formula berubah ya approval di cabut dulu.
Oil sludge = lengket lengket udah kyk lumpur ngegel gitu olinya.
Kalo menurut saya satu satunya solusi yang bener-bener tuntas itu ya harus bongkar mesin. Kalo dikasih engine flush/flushing oil. Bisa memperparah , saluran bisa ada yang mampet kena rontokan sludge. Gak mungkin bisa 100% larut. Bohuat lah kalo udah sludge, mau gak mau. Asal oli kita sesuai spek, asli, dan pemakaian sesuai kemampuan oli. Ini gak akan pernah terjadi.
Varnish/kerak itu lapisan oli tipis yang ke panggang di permukaan besinya. Biasanya mobil dipake masih normal. Ini masih bisa diakalin pake engine flush/flushing oil atau pake oli bagus. Semua ada pros n consnya. Saya pribadi prefer pake engine flush daripada flushing oil karena proteksi antiwear flushing oil itu sangat buruk, encernya kyk oli hidrolic, kebayang gak mobil yang seharusnya pake 5w30 ato 5w40 dikasih oli yang lebih encer dari 0w8 buat cuci cuci

. Secara visual sih ruang oli paling bersih karena keguyur segitu banyak oli encer tapi biasanya pas "flushing" di idle aja suara mesin kasar. Flushing oil dan engine flush sama sama ada resiko ada sekian berapa persen yang kecampur oli baru, menurunkan kinerja si oli baru.
The best (and most expensive) menurut saya pake aja oli top tier dan oci diperpendek varnish/kerak tipis lama lama ilang karena oli bagus detergentnya juga bagus. Sering sih denger orang pake oli diesel karena detergentnya lebih bagus, tapi kalo saya pribadi prefer oli bensin atau bensin/diesel karena sebenernya oli diesel itu detergentnya lebih optimized buat soot. Idealnya sih selalu pake oli spek tepat dan oci sesuai kemampuan oli yang dipake. Oli kelas 5000 ya jangan lebih. Kalo pake oli top tier ya mau 12rb km juga gak masalah (tes lab kalo mau lebih tenang).