Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

ivancandinegara wrote: Tue Apr 22, 2025 16:14
sahabatq8 wrote: Tue Apr 22, 2025 7:53 Kalo under 100rb sih , better jangan pake 0w20... Ngeri. Masalahnya saat baru 0w20, saat selsai pemakaian visconya udah drop 😅
Hmm, ini dgn asumsi pemakaian berapa km atau bulan kah om? Dan, under 100k better pake 5w-30 gitu kah?
Kalo hasil hasil beberapa tes lab kebelakang pemakaian 5000-7000 an km. Kalo saya pribadi sih gitu, dengan budget minim bikin oli 5w30 yang bagus lebih gampang daripada bikin 0w20 yang bagus.

Kalo bikin 0w20 tapi baseoil & additif gak pake yang top tier ya jadinya begitu viscositynya ngedrop pas udah kena wear and tear.
Kecuali mungkin kalo misalnya engine loadnya rendah sekali mungkin gpp. In general sih cari yang ada pdsnya juga, agak tanda tanya qualitas olinya kalau pds aja gak ada.
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Chr1stm1 »

darrelund wrote: Tue Apr 22, 2025 13:07 barusan ke azko (ace) moi

aditip ams perf.imp disc 50% jadi 114rb

siapa tau kan.....
sikat om
Kalo saya udah ta sikat aja, selama segel masih aman dan cairan bening..
Pas 2021 - 2022 bbrp x pake, feelnya enak.
Mirip kayak schaefer 131tt
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Tue Apr 22, 2025 12:16
kayukayuthe5th wrote: Tue Apr 22, 2025 11:42
iflanqst wrote: Tue Apr 22, 2025 10:11

maaf ikut nimbrung, dari 3 itu yg udah dpake d CX-5, paling enak feel-nya yg mana om?
jelas Q8.
Api sp mbah?
yah kan pilihan diatas TS ada 3 (MGO, Q8, Eneos x silver) itu sih milih Q8 yah. kalo API SP dan details sih tanya suhu @sahabatq8 aja deh hehe
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by severmaya »

ivancandinegara wrote: Tue Apr 22, 2025 3:16
t105erd wrote: Tue Apr 22, 2025 0:17 Kalo baru ambil mobil 2nd memang ada baiknya ganti fluida semua pak, biar tenang aja dan record nya kita tau untuk kedepanya. Bisa pakai 5W30 atau 0W20, kalo sering jalan lebih baik pakai yg full sintetis. Coba pakai 0W20 dulu apakah ada pengurangan signifikan atau nggak, soalnya di banyak artikel mesin 2AZ-FE ini emang ada problem di oil consumption, jadi siapin aja 1 botol buat top up, kalo kapasitas 4.3L sisa 0.7L nya bisa buat nambah2. Lengkapnya bisa baca di bawah ini.

https://www.toyota-club.net/files/faq/0 ... az_eng.htm

kalo matik pakai yg sesuai spek aja, kalo saya sih pakai oli matik yg sapujagat (Spirax S6), drain and fill biasa, nanti temen2 yg lebih ahli bisa nambahin soal prosedur ganti oli matik.
Thank you, om. Cara cek pengurangan cuma lewat dipstick aja kan yah?

Untuk oli mesin 0w-20 ada rekomendasi under 100k kah? Di CX-5 saya sejauh ini pake MGO, Eneos X Titanium, dan Q8 D1FE. Next mau coba SHU dan PFG.
Maaf oot, om dari CX5 ke harrier gimana impresinya? Plus minusnya? Saya juga dulu pengen coba pelihara salah satu dari dua mobil ini, tapi ga jadi
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Wed Apr 23, 2025 2:54
Suryaputra wrote: Tue Apr 22, 2025 12:16
kayukayuthe5th wrote: Tue Apr 22, 2025 11:42
jelas Q8.
Api sp mbah?
yah kan pilihan diatas TS ada 3 (MGO, Q8, Eneos x silver) itu sih milih Q8 yah. kalo API SP dan details sih tanya suhu @sahabatq8 aja deh hehe
:mky_03: :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ivancandinegara
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat Apr 05, 2025 1:27
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CX-5

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ivancandinegara »

sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 1:56 Kalo hasil hasil beberapa tes lab kebelakang pemakaian 5000-7000 an km. Kalo saya pribadi sih gitu, dengan budget minim bikin oli 5w30 yang bagus lebih gampang daripada bikin 0w20 yang bagus.

Kalo bikin 0w20 tapi baseoil & additif gak pake yang top tier ya jadinya begitu viscositynya ngedrop pas udah kena wear and tear.
Kecuali mungkin kalo misalnya engine loadnya rendah sekali mungkin gpp. In general sih cari yang ada pdsnya juga, agak tanda tanya qualitas olinya kalau pds aja gak ada.
I see, noted om. PDS bener juga sih, kalo itu aja gak niat makin tanda tanya kualitasnya.
severmaya wrote: Wed Apr 23, 2025 4:11 Maaf oot, om dari CX5 ke harrier gimana impresinya? Plus minusnya? Saya juga dulu pengen coba pelihara salah satu dari dua mobil ini, tapi ga jadi
So far 5 hari terakhir impresinya nyaman banget sih om, tapi lumayan lebih limbung even utk pemakaian dalkot. Bawaannya pengen nyetir santai kalo Harrier. Btw, unit saya terpaut 9 tahun (2008 vs 2017, atau rilisnya 2003 vs 2012).

--------------------------------------------------------------------------------

Btw, izin tanya lagi: oil sludge vs oil varnish vs kerak oli mesin, ini beda atau sama yah? Dan, solusinya seperti apa? Saya pernah baca salah satunya bisa pake oli mesin diesel daripada pake PTT engine flush utk kasus oil sludge. Saya waktu angkut Harrier, dari inspektornya ada catatan "bekas kerak di ruang mesin (ex bongkar head atas)".
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

ivancandinegara wrote: Wed Apr 23, 2025 7:02
sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 1:56 Kalo hasil hasil beberapa tes lab kebelakang pemakaian 5000-7000 an km. Kalo saya pribadi sih gitu, dengan budget minim bikin oli 5w30 yang bagus lebih gampang daripada bikin 0w20 yang bagus.

Kalo bikin 0w20 tapi baseoil & additif gak pake yang top tier ya jadinya begitu viscositynya ngedrop pas udah kena wear and tear.
Kecuali mungkin kalo misalnya engine loadnya rendah sekali mungkin gpp. In general sih cari yang ada pdsnya juga, agak tanda tanya qualitas olinya kalau pds aja gak ada.
I see, noted om. PDS bener juga sih, kalo itu aja gak niat makin tanda tanya kualitasnya.
severmaya wrote: Wed Apr 23, 2025 4:11 Maaf oot, om dari CX5 ke harrier gimana impresinya? Plus minusnya? Saya juga dulu pengen coba pelihara salah satu dari dua mobil ini, tapi ga jadi
So far 5 hari terakhir impresinya nyaman banget sih om, tapi lumayan lebih limbung even utk pemakaian dalkot. Bawaannya pengen nyetir santai kalo Harrier. Btw, unit saya terpaut 9 tahun (2008 vs 2017, atau rilisnya 2003 vs 2012).

--------------------------------------------------------------------------------

Btw, izin tanya lagi: oil sludge vs oil varnish vs kerak oli mesin, ini beda atau sama yah? Dan, solusinya seperti apa? Saya pernah baca salah satunya bisa pake oli mesin diesel daripada pake PTT engine flush utk kasus oil sludge. Saya waktu angkut Harrier, dari inspektornya ada catatan "bekas kerak di ruang mesin (ex bongkar head atas)".
Pds itu kadang bukanya gak niat, sengaja karena saking berfluktuasinya speknya beli beda batch bisa beda :big_weee:. Dari warna aja bisa beda. Kadang drum sama botol warnanya beda padahal sama sama dari distributor resmi :big_biglaugh: Kalo oli yang ada approvalnya kan gak bisa begitu, formula berubah ya approval di cabut dulu.


Oil sludge = lengket lengket udah kyk lumpur ngegel gitu olinya.
Kalo menurut saya satu satunya solusi yang bener-bener tuntas itu ya harus bongkar mesin. Kalo dikasih engine flush/flushing oil. Bisa memperparah , saluran bisa ada yang mampet kena rontokan sludge. Gak mungkin bisa 100% larut. Bohuat lah kalo udah sludge, mau gak mau. Asal oli kita sesuai spek, asli, dan pemakaian sesuai kemampuan oli. Ini gak akan pernah terjadi.

Varnish/kerak itu lapisan oli tipis yang ke panggang di permukaan besinya. Biasanya mobil dipake masih normal. Ini masih bisa diakalin pake engine flush/flushing oil atau pake oli bagus. Semua ada pros n consnya. Saya pribadi prefer pake engine flush daripada flushing oil karena proteksi antiwear flushing oil itu sangat buruk, encernya kyk oli hidrolic, kebayang gak mobil yang seharusnya pake 5w30 ato 5w40 dikasih oli yang lebih encer dari 0w8 buat cuci cuci :big_biglaugh: . Secara visual sih ruang oli paling bersih karena keguyur segitu banyak oli encer tapi biasanya pas "flushing" di idle aja suara mesin kasar. Flushing oil dan engine flush sama sama ada resiko ada sekian berapa persen yang kecampur oli baru, menurunkan kinerja si oli baru.

The best (and most expensive) menurut saya pake aja oli top tier dan oci diperpendek varnish/kerak tipis lama lama ilang karena oli bagus detergentnya juga bagus. Sering sih denger orang pake oli diesel karena detergentnya lebih bagus, tapi kalo saya pribadi prefer oli bensin atau bensin/diesel karena sebenernya oli diesel itu detergentnya lebih optimized buat soot. Idealnya sih selalu pake oli spek tepat dan oci sesuai kemampuan oli yang dipake. Oli kelas 5000 ya jangan lebih. Kalo pake oli top tier ya mau 12rb km juga gak masalah (tes lab kalo mau lebih tenang).
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by MSU »

sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 7:56
ivancandinegara wrote: Wed Apr 23, 2025 7:02
sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 1:56 Kalo hasil hasil beberapa tes lab kebelakang pemakaian 5000-7000 an km. Kalo saya pribadi sih gitu, dengan budget minim bikin oli 5w30 yang bagus lebih gampang daripada bikin 0w20 yang bagus.

Kalo bikin 0w20 tapi baseoil & additif gak pake yang top tier ya jadinya begitu viscositynya ngedrop pas udah kena wear and tear.
Kecuali mungkin kalo misalnya engine loadnya rendah sekali mungkin gpp. In general sih cari yang ada pdsnya juga, agak tanda tanya qualitas olinya kalau pds aja gak ada.
I see, noted om. PDS bener juga sih, kalo itu aja gak niat makin tanda tanya kualitasnya.
severmaya wrote: Wed Apr 23, 2025 4:11 Maaf oot, om dari CX5 ke harrier gimana impresinya? Plus minusnya? Saya juga dulu pengen coba pelihara salah satu dari dua mobil ini, tapi ga jadi
So far 5 hari terakhir impresinya nyaman banget sih om, tapi lumayan lebih limbung even utk pemakaian dalkot. Bawaannya pengen nyetir santai kalo Harrier. Btw, unit saya terpaut 9 tahun (2008 vs 2017, atau rilisnya 2003 vs 2012).

--------------------------------------------------------------------------------

Btw, izin tanya lagi: oil sludge vs oil varnish vs kerak oli mesin, ini beda atau sama yah? Dan, solusinya seperti apa? Saya pernah baca salah satunya bisa pake oli mesin diesel daripada pake PTT engine flush utk kasus oil sludge. Saya waktu angkut Harrier, dari inspektornya ada catatan "bekas kerak di ruang mesin (ex bongkar head atas)".
Pds itu kadang bukanya gak niat, sengaja karena saking berfluktuasinya speknya beli beda batch bisa beda :big_weee:. Dari warna aja bisa beda. Kadang drum sama botol warnanya beda padahal sama sama dari distributor resmi :big_biglaugh: Kalo oli yang ada approvalnya kan gak bisa begitu, formula berubah ya approval di cabut dulu.


Oil sludge = lengket lengket udah kyk lumpur ngegel gitu olinya.
Kalo menurut saya satu satunya solusi yang bener-bener tuntas itu ya harus bongkar mesin. Kalo dikasih engine flush/flushing oil. Bisa memperparah , saluran bisa ada yang mampet kena rontokan sludge. Gak mungkin bisa 100% larut. Bohuat lah kalo udah sludge, mau gak mau. Asal oli kita sesuai spek, asli, dan pemakaian sesuai kemampuan oli. Ini gak akan pernah terjadi.

Varnish/kerak itu lapisan oli tipis yang ke panggang di permukaan besinya. Biasanya mobil dipake masih normal. Ini masih bisa diakalin pake engine flush/flushing oil atau pake oli bagus. Semua ada pros n consnya. Saya pribadi prefer pake engine flush daripada flushing oil karena proteksi antiwear flushing oil itu sangat buruk, encernya kyk oli hidrolic, kebayang gak mobil yang seharusnya pake 5w30 ato 5w40 dikasih oli yang lebih encer dari 0w8 buat cuci cuci :big_biglaugh: . Secara visual sih ruang oli paling bersih karena keguyur segitu banyak oli encer tapi biasanya pas "flushing" di idle aja suara mesin kasar. Flushing oil dan engine flush sama sama ada resiko ada sekian berapa persen yang kecampur oli baru, menurunkan kinerja si oli baru.

The best (and most expensive) menurut saya pake aja oli top tier dan oci diperpendek varnish/kerak tipis lama lama ilang karena oli bagus detergentnya juga bagus. Sering sih denger orang pake oli diesel karena detergentnya lebih bagus, tapi kalo saya pribadi prefer oli bensin atau bensin/diesel karena sebenernya oli diesel itu detergentnya lebih optimized buat soot. Idealnya sih selalu pake oli spek tepat dan oci sesuai kemampuan oli yang dipake. Oli kelas 5000 ya jangan lebih. Kalo pake oli top tier ya mau 12rb km juga gak masalah (tes lab kalo mau lebih tenang).
ngomongin soal oil flush....mayoritas memang encer2 kayak solar...
cuma 1 yg seingat saya mirip2 kayak oli biasa...castrol engine shampoo (saya bukan sales-nya)..
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

MSU wrote: Wed Apr 23, 2025 8:32
sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 7:56
ivancandinegara wrote: Wed Apr 23, 2025 7:02

I see, noted om. PDS bener juga sih, kalo itu aja gak niat makin tanda tanya kualitasnya.



So far 5 hari terakhir impresinya nyaman banget sih om, tapi lumayan lebih limbung even utk pemakaian dalkot. Bawaannya pengen nyetir santai kalo Harrier. Btw, unit saya terpaut 9 tahun (2008 vs 2017, atau rilisnya 2003 vs 2012).

--------------------------------------------------------------------------------

Btw, izin tanya lagi: oil sludge vs oil varnish vs kerak oli mesin, ini beda atau sama yah? Dan, solusinya seperti apa? Saya pernah baca salah satunya bisa pake oli mesin diesel daripada pake PTT engine flush utk kasus oil sludge. Saya waktu angkut Harrier, dari inspektornya ada catatan "bekas kerak di ruang mesin (ex bongkar head atas)".
Pds itu kadang bukanya gak niat, sengaja karena saking berfluktuasinya speknya beli beda batch bisa beda :big_weee:. Dari warna aja bisa beda. Kadang drum sama botol warnanya beda padahal sama sama dari distributor resmi :big_biglaugh: Kalo oli yang ada approvalnya kan gak bisa begitu, formula berubah ya approval di cabut dulu.


Oil sludge = lengket lengket udah kyk lumpur ngegel gitu olinya.
Kalo menurut saya satu satunya solusi yang bener-bener tuntas itu ya harus bongkar mesin. Kalo dikasih engine flush/flushing oil. Bisa memperparah , saluran bisa ada yang mampet kena rontokan sludge. Gak mungkin bisa 100% larut. Bohuat lah kalo udah sludge, mau gak mau. Asal oli kita sesuai spek, asli, dan pemakaian sesuai kemampuan oli. Ini gak akan pernah terjadi.

Varnish/kerak itu lapisan oli tipis yang ke panggang di permukaan besinya. Biasanya mobil dipake masih normal. Ini masih bisa diakalin pake engine flush/flushing oil atau pake oli bagus. Semua ada pros n consnya. Saya pribadi prefer pake engine flush daripada flushing oil karena proteksi antiwear flushing oil itu sangat buruk, encernya kyk oli hidrolic, kebayang gak mobil yang seharusnya pake 5w30 ato 5w40 dikasih oli yang lebih encer dari 0w8 buat cuci cuci :big_biglaugh: . Secara visual sih ruang oli paling bersih karena keguyur segitu banyak oli encer tapi biasanya pas "flushing" di idle aja suara mesin kasar. Flushing oil dan engine flush sama sama ada resiko ada sekian berapa persen yang kecampur oli baru, menurunkan kinerja si oli baru.

The best (and most expensive) menurut saya pake aja oli top tier dan oci diperpendek varnish/kerak tipis lama lama ilang karena oli bagus detergentnya juga bagus. Sering sih denger orang pake oli diesel karena detergentnya lebih bagus, tapi kalo saya pribadi prefer oli bensin atau bensin/diesel karena sebenernya oli diesel itu detergentnya lebih optimized buat soot. Idealnya sih selalu pake oli spek tepat dan oci sesuai kemampuan oli yang dipake. Oli kelas 5000 ya jangan lebih. Kalo pake oli top tier ya mau 12rb km juga gak masalah (tes lab kalo mau lebih tenang).
ngomongin soal oil flush....mayoritas memang encer2 kayak solar...
cuma 1 yg seingat saya mirip2 kayak oli biasa...castrol engine shampoo (saya bukan sales-nya)..
Iya cuma kalo engine flush pada umumnya itu kan cuma 200-300ml di campur sama oli aslinya. Visconya dropnya gak terlalu banyak
ivancandinegara
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sat Apr 05, 2025 1:27
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CX-5

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ivancandinegara »

sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 7:56 Pds itu kadang bukanya gak niat, sengaja karena saking berfluktuasinya speknya beli beda batch bisa beda :big_weee:. Dari warna aja bisa beda. Kadang drum sama botol warnanya beda padahal sama sama dari distributor resmi :big_biglaugh: Kalo oli yang ada approvalnya kan gak bisa begitu, formula berubah ya approval di cabut dulu.


Oil sludge = lengket lengket udah kyk lumpur ngegel gitu olinya.
Kalo menurut saya satu satunya solusi yang bener-bener tuntas itu ya harus bongkar mesin. Kalo dikasih engine flush/flushing oil. Bisa memperparah , saluran bisa ada yang mampet kena rontokan sludge. Gak mungkin bisa 100% larut. Bohuat lah kalo udah sludge, mau gak mau. Asal oli kita sesuai spek, asli, dan pemakaian sesuai kemampuan oli. Ini gak akan pernah terjadi.

Varnish/kerak itu lapisan oli tipis yang ke panggang di permukaan besinya. Biasanya mobil dipake masih normal. Ini masih bisa diakalin pake engine flush/flushing oil atau pake oli bagus. Semua ada pros n consnya. Saya pribadi prefer pake engine flush daripada flushing oil karena proteksi antiwear flushing oil itu sangat buruk, encernya kyk oli hidrolic, kebayang gak mobil yang seharusnya pake 5w30 ato 5w40 dikasih oli yang lebih encer dari 0w8 buat cuci cuci :big_biglaugh: . Secara visual sih ruang oli paling bersih karena keguyur segitu banyak oli encer tapi biasanya pas "flushing" di idle aja suara mesin kasar. Flushing oil dan engine flush sama sama ada resiko ada sekian berapa persen yang kecampur oli baru, menurunkan kinerja si oli baru.

The best (and most expensive) menurut saya pake aja oli top tier dan oci diperpendek varnish/kerak tipis lama lama ilang karena oli bagus detergentnya juga bagus. Sering sih denger orang pake oli diesel karena detergentnya lebih bagus, tapi kalo saya pribadi prefer oli bensin atau bensin/diesel karena sebenernya oli diesel itu detergentnya lebih optimized buat soot. Idealnya sih selalu pake oli spek tepat dan oci sesuai kemampuan oli yang dipake. Oli kelas 5000 ya jangan lebih. Kalo pake oli top tier ya mau 12rb km juga gak masalah (tes lab kalo mau lebih tenang).
Thanks, om. Lumayan dpt gambarannya skrg. Sepertinya cuma varnish aja kalo gitu Harrier saya. Kalo bener, kemungkinan saya pake oli diesel 5w-30 atau 10w-30 yg ada API SL juga, pake 2500-3000 km aja. Sambil dicek kalo uda bersih baru dimasukin oli yg bener mau dipakai.

Di CX-5 so far pake Q8 jalan 12000 km. So far based on feeling sih aman, bulan depan pas 6 bulan di 13000 km mau ganti sekaligus tes lab. Dari 12000 km itu sekitar 50% di tol transjawa atau pantura ke Bali sih, makanya mungkin ngebantu juga.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

ivancandinegara wrote: Wed Apr 23, 2025 9:30
sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 7:56 Pds itu kadang bukanya gak niat, sengaja karena saking berfluktuasinya speknya beli beda batch bisa beda :big_weee:. Dari warna aja bisa beda. Kadang drum sama botol warnanya beda padahal sama sama dari distributor resmi :big_biglaugh: Kalo oli yang ada approvalnya kan gak bisa begitu, formula berubah ya approval di cabut dulu.


Oil sludge = lengket lengket udah kyk lumpur ngegel gitu olinya.
Kalo menurut saya satu satunya solusi yang bener-bener tuntas itu ya harus bongkar mesin. Kalo dikasih engine flush/flushing oil. Bisa memperparah , saluran bisa ada yang mampet kena rontokan sludge. Gak mungkin bisa 100% larut. Bohuat lah kalo udah sludge, mau gak mau. Asal oli kita sesuai spek, asli, dan pemakaian sesuai kemampuan oli. Ini gak akan pernah terjadi.

Varnish/kerak itu lapisan oli tipis yang ke panggang di permukaan besinya. Biasanya mobil dipake masih normal. Ini masih bisa diakalin pake engine flush/flushing oil atau pake oli bagus. Semua ada pros n consnya. Saya pribadi prefer pake engine flush daripada flushing oil karena proteksi antiwear flushing oil itu sangat buruk, encernya kyk oli hidrolic, kebayang gak mobil yang seharusnya pake 5w30 ato 5w40 dikasih oli yang lebih encer dari 0w8 buat cuci cuci :big_biglaugh: . Secara visual sih ruang oli paling bersih karena keguyur segitu banyak oli encer tapi biasanya pas "flushing" di idle aja suara mesin kasar. Flushing oil dan engine flush sama sama ada resiko ada sekian berapa persen yang kecampur oli baru, menurunkan kinerja si oli baru.

The best (and most expensive) menurut saya pake aja oli top tier dan oci diperpendek varnish/kerak tipis lama lama ilang karena oli bagus detergentnya juga bagus. Sering sih denger orang pake oli diesel karena detergentnya lebih bagus, tapi kalo saya pribadi prefer oli bensin atau bensin/diesel karena sebenernya oli diesel itu detergentnya lebih optimized buat soot. Idealnya sih selalu pake oli spek tepat dan oci sesuai kemampuan oli yang dipake. Oli kelas 5000 ya jangan lebih. Kalo pake oli top tier ya mau 12rb km juga gak masalah (tes lab kalo mau lebih tenang).
Thanks, om. Lumayan dpt gambarannya skrg. Sepertinya cuma varnish aja kalo gitu Harrier saya. Kalo bener, kemungkinan saya pake oli diesel 5w-30 atau 10w-30 yg ada API SL juga, pake 2500-3000 km aja. Sambil dicek kalo uda bersih baru dimasukin oli yg bener mau dipakai.

Di CX-5 so far pake Q8 jalan 12000 km. So far based on feeling sih aman, bulan depan pas 6 bulan di 13000 km mau ganti sekaligus tes lab. Dari 12000 km itu sekitar 50% di tol transjawa atau pantura ke Bali sih, makanya mungkin ngebantu juga.
D1 FE 0w20 ya? Seharusnya aman. Saya sebelumnya rutin pake itu di xtrail t32. Kena macet jakarta , 12rb km /7 bulan sih masih aman, mungkin maxnya di 15rb km kalo liat hasil tes lab. Hasil labnya pernah saya posting disini. Sekarang lagi mau nyoba lagi yang spek beda 15rb km
ravennaras
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Sep 21, 2022 15:26
Location: Bandung
Daily Vehicle: Mazda CX5 GT Skyactiv 2013

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ravennaras »

misi om, ada yang pernah coba Adnoc Voyager Star Plus Eco 5W-30?, based on PDS yang dari webnya menarik ya, niatnya mau dipakai oci interval panjang per 9-12 bulan dengan pemakaian mobil paling hanya 6rb km pertahun dengan rute 70% tol 30% dalam kota, apakah aman?
alvn48
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Thu Nov 19, 2015 1:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by alvn48 »

Halo om, mau tanya kalau penggantian ATF palisade apakah boleh pakai flushing machine atau cukup buang & tap aja? Thankyou…
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by t105erd »

ravennaras wrote: Wed Apr 23, 2025 13:41 misi om, ada yang pernah coba Adnoc Voyager Star Plus Eco 5W-30?, based on PDS yang dari webnya menarik ya, niatnya mau dipakai oci interval panjang per 9-12 bulan dengan pemakaian mobil paling hanya 6rb km pertahun dengan rute 70% tol 30% dalam kota, apakah aman?
enteng...
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 968
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by well »

Cooming soon..
Tidak lama lg yg lain jg pada bermunculan..
Bukan ajakan membeli dan bukan salesnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by pitikkobong »

ravennaras wrote: Wed Apr 23, 2025 13:41 misi om, ada yang pernah coba Adnoc Voyager Star Plus Eco 5W-30?, based on PDS yang dari webnya menarik ya, niatnya mau dipakai oci interval panjang per 9-12 bulan dengan pemakaian mobil paling hanya 6rb km pertahun dengan rute 70% tol 30% dalam kota, apakah aman?
saya pakai silver plus eco 5w-30 selama 7 bulan aja puas bgt, apalagi star plus mustinya lebih bagus lg, dan utk pemakaian segitu mestinya bisa bgt. tp menurut pendapat pribadi, apa ga overkill pk star plus? kl cm kejar 9-12bln/6rb km

eh br cek di ecomm ternyata skrg star plus lebih murah dari silver plus. aneh jg ya. :big_biglaugh:

gasss aja ommm
plesm
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Apr 24, 2025 9:16
Daily Vehicle: Innova 2KD - 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by plesm »

misi numpang nanya om2 sekalian,

kalo buat innova 2KD, oli yang cocok kira2 yang mana ya dari 2 ini?
- PTT DYNAMIC EXTRA LONG DRAIN 10W40
- Q8 FT 7000 10W30
harganya mirip2 soalnya...

untuk pemakaian kira2 50-60km per hari 70% tol, 30% dalkot, cuma sering macet (2 jam ++)

thank you
Last edited by plesm on Thu Apr 24, 2025 9:29, edited 1 time in total.
ravennaras
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Sep 21, 2022 15:26
Location: Bandung
Daily Vehicle: Mazda CX5 GT Skyactiv 2013

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ravennaras »

t105erd wrote: Thu Apr 24, 2025 1:06
ravennaras wrote: Wed Apr 23, 2025 13:41 misi om, ada yang pernah coba Adnoc Voyager Star Plus Eco 5W-30?, based on PDS yang dari webnya menarik ya, niatnya mau dipakai oci interval panjang per 9-12 bulan dengan pemakaian mobil paling hanya 6rb km pertahun dengan rute 70% tol 30% dalam kota, apakah aman?
enteng...
siap om thanksss
pitikkobong wrote: Thu Apr 24, 2025 9:08
ravennaras wrote: Wed Apr 23, 2025 13:41 misi om, ada yang pernah coba Adnoc Voyager Star Plus Eco 5W-30?, based on PDS yang dari webnya menarik ya, niatnya mau dipakai oci interval panjang per 9-12 bulan dengan pemakaian mobil paling hanya 6rb km pertahun dengan rute 70% tol 30% dalam kota, apakah aman?
saya pakai silver plus eco 5w-30 selama 7 bulan aja puas bgt, apalagi star plus mustinya lebih bagus lg, dan utk pemakaian segitu mestinya bisa bgt. tp menurut pendapat pribadi, apa ga overkill pk star plus? kl cm kejar 9-12bln/6rb km

eh br cek di ecomm ternyata skrg star plus lebih murah dari silver plus. aneh jg ya. :big_biglaugh:

gasss aja ommm
thankss om, nah iya om di toko oren beli 5l ditambah vocer di ane cuma kena 120rb per liternya :big_smile]
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by t105erd »

plesm wrote: Thu Apr 24, 2025 9:21 misi numpang nanya om2 sekalian,

kalo buat innova 2KD, oli yang cocok kira2 yang mana ya dari 2 ini?
- PTT DYNAMIC EXTRA LONG DRAIN 10W40
- Q8 FT 7000 10W30
harganya mirip2 soalnya...

untuk pemakaian kira2 50-60km per hari 70% tol, 30% dalkot, cuma sering macet (2 jam ++)

thank you
PTT lah...
"extra long" gitu loh, yg kelas oli diesel kere nya aja bisa diajak longdrain. Apalagi ada kemasan drum2an nya kan, lebih ekonomis.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ilhami »

chatgpt dan google kok aneh karena menyebut oli mesin melumasi CVT motor
"motor matic pakai oli mobil"

chatgpt:
⚠️ Risiko Jika Motor Matic Pakai Oli Mobil:
🛞 Slip pada kampas kopling CVT
Friction modifier dalam oli mobil bisa membuat komponen CVT jadi licin

google:

Tidak disarankan menggunakan oli mobil untuk motor matic, karena oli mobil dirancang untuk kopling kering pada mobil, sedangkan motor matic memiliki kopling basah. Oli mobil tidak memiliki bahan-bahan yang diperlukan untuk melumasi kopling basah pada motor, sehingga dapat menyebabkan masalah seperti selip kopling.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

plesm wrote: Thu Apr 24, 2025 9:21 misi numpang nanya om2 sekalian,

kalo buat innova 2KD, oli yang cocok kira2 yang mana ya dari 2 ini?
- PTT DYNAMIC EXTRA LONG DRAIN 10W40
- Q8 FT 7000 10W30
harganya mirip2 soalnya...

untuk pemakaian kira2 50-60km per hari 70% tol, 30% dalkot, cuma sering macet (2 jam ++)

thank you
Kalo sesuai buku manual sebenernya 2kd cocoknya pake buntut 40. Cuma menurut hasil tes lab sih pake 10w30/5w30 asal cooling system sehat masih aman. Minusnya suara mesin lebih alus pake buntut 40. Kalo dari Q8 ada T800 10w40 itu mungkin lebih apple to apple. Kalau FT 7000 kelasnya lebih tinggi, fully Synthetic.
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Supersedan »

ravennaras wrote: Wed Apr 23, 2025 13:41 misi om, ada yang pernah coba Adnoc Voyager Star Plus Eco 5W-30?, based on PDS yang dari webnya menarik ya, niatnya mau dipakai oci interval panjang per 9-12 bulan dengan pemakaian mobil paling hanya 6rb km pertahun dengan rute 70% tol 30% dalam kota, apakah aman?
Lagi pake di mobilio yg 0w20, jalan 7 bulan, KM sekitar 5000an.
Akhir2 ini sering naik motor, jadi jarang dipake mobilnya, rencana mau pake sampe 12 bulan.

Kemarin di tol cruising 100-120km/jam sekirar 4 jam nonstop, mesin rasanya effortless, enteng & halus.
Kemungkinan besar bakal pake oli ini lg pengganti oli berikutnya.
plesm
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Apr 24, 2025 9:16
Daily Vehicle: Innova 2KD - 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by plesm »

sahabatq8 wrote: Thu Apr 24, 2025 15:02 Kalo sesuai buku manual sebenernya 2kd cocoknya pake buntut 40. Cuma menurut hasil tes lab sih pake 10w30/5w30 asal cooling system sehat masih aman. Minusnya suara mesin lebih alus pake buntut 40. Kalo dari Q8 ada T800 10w40 itu mungkin lebih apple to apple. Kalau FT 7000 kelasnya lebih tinggi, fully Synthetic.
ok om thanks for the response, kayanya mau coba yg FT 7000 supaya mesin lebih awet. Cuma emang bener di manual mintanya buntut 40 jadi bakal consider t800 juga... :big_okay:
Last edited by plesm on Fri Apr 25, 2025 2:53, edited 1 time in total.
Opeakkk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Opeakkk »

pitikkobong wrote: Thu Apr 24, 2025 9:08
ravennaras wrote: Wed Apr 23, 2025 13:41 misi om, ada yang pernah coba Adnoc Voyager Star Plus Eco 5W-30?, based on PDS yang dari webnya menarik ya, niatnya mau dipakai oci interval panjang per 9-12 bulan dengan pemakaian mobil paling hanya 6rb km pertahun dengan rute 70% tol 30% dalam kota, apakah aman?
saya pakai silver plus eco 5w-30 selama 7 bulan aja puas bgt, apalagi star plus mustinya lebih bagus lg, dan utk pemakaian segitu mestinya bisa bgt. tp menurut pendapat pribadi, apa ga overkill pk star plus? kl cm kejar 9-12bln/6rb km

eh br cek di ecomm ternyata skrg star plus lebih murah dari silver plus. aneh jg ya. :big_biglaugh:

gasss aja ommm
Mau tanya om, penguapan nya gimana pake silver plus eco ?
pitikkobong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 117
Joined: Thu Sep 30, 2021 7:39
Daily Vehicle: Dual 51KiL

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by pitikkobong »

Opeakkk wrote: Fri Apr 25, 2025 6:09
Mau tanya om, penguapan nya gimana pake silver plus eco ?
sejauh ini aman om, belum ada tanda² penguapan.