Saya juga kalau suatu saat ambil ev buat operasional pribadi. Nunggu ev yang proper di harga 200-250jt ke depannya misal seperti byd seagull. Jadi pake 8 tahun ke atas kalau batre rusak, ya sudah antara beli lagi batrenya est 30-40% harga mobil, atau terjeleknya jual kampakan. Sementara sekarang ini selama masih bisa reimburse kantor tetep aja pake ice dulu dan harga ev yg proper masih di sekitar 350-400.kendibocor wrote: Wed Apr 16, 2025 17:38
Kalo ngitung skrng EV vs mbl ICE yg digantiinnya, setahun estimasi hemat kurleb bisa nyampe 30 jt an. Makanya kalo ni mbl awet sampe 10 thn ya dah impas. Kalo bisa 15 thn dah untung banget. Mudah2an aja claim baterenya yg jgn sampe drama. Tau sendiri perlundungan konsumen di konoha.
MG 4EV atau BYD M6
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 769
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: MG 4EV atau BYD M6
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: MG 4EV atau BYD M6
Nah itu Om.. sekali charge sekitar segitu saya estimasi. Saya PP kantor 350km, bensin seminggu sekitar 450rb kalau 92 lagi murah, sebulan kira² 2-2,5jt-an untuk bensin pergi kantor sama jalan² Sabtu Minggu. Kalau bisa jadi 600rb aja/bln sudah lumayan banget berkurang 1jt lebih.kendibocor wrote: Wed Apr 16, 2025 17:38Ga nyampe om. 1700 x 51 kwh cuman 86.700. Ngisi diatas jam 22.00 nanti akhir bulan dpt cashback 30%. Jadi kalo charge malem terus sekali ngecharge cuman 61rb.Pugman wrote: Wed Apr 16, 2025 16:12
Thanks Om infonya.. btw kalau saya pakai harga charging tertinggi 1700 untuk 50KWH berarti sekali charging kalau di rumah ga sampai 100rb ya Om?
Mungkin M6 ini ibarat Avanza-nya mobil listrik ya.. memang paling worth it menurut saya untuk kelas 7 seater
Kalo ane pribadi ngecompare dulu pake ice di rute yg sama ngisi bensin rata2 sebulan 1,3-1,5 jt. Skrng cuman 300-400rb dikurangin cashback 30%. Jadi ya kurleb sebulan 200-300rb lah bersihnya. Pajak mbl dari 10 jt jadi 150rb
Kalo ngitung skrng EV vs mbl ICE yg digantiinnya, setahun estimasi hemat kurleb bisa nyampe 30 jt an. Makanya kalo ni mbl awet sampe 10 thn ya dah impas. Kalo bisa 15 thn dah untung banget. Mudah2an aja claim baterenya yg jgn sampe drama. Tau sendiri perlundungan konsumen di konoha.
Selama pake dalkot ga pernah pusing mikirin range segala. Batere sisa 30-40% colok aja malem besoknya dah penuh lg.
Saya memang rencana mau pakai sampai baterainya soak. Apalagi info sales, bisa ganti per Cell. Pernah lihat dimana ini cell-nya mirip battery LifePO4 yang dijual online, tapi belum tahu dia 1 cell berapa Volt dan berapa AH nya.
Kalau ukuran battery mobil listrik, estimasi saya harga 1 cell sekitar 3-5jt.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 769
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: MG 4EV atau BYD M6
Byd itu batrenya di lem mati.. saya ga yakin kalau gampang dan murah biaya ganti per cell nya. Kalau mg saya ga tau dilem mati ga.Pugman wrote: Thu Apr 17, 2025 0:58 Saya memang rencana mau pakai sampai baterainya soak. Apalagi info sales, bisa ganti per Cell. Pernah lihat dimana ini cell-nya mirip battery LifePO4 yang dijual online, tapi belum tahu dia 1 cell berapa Volt dan berapa AH nya.
Kalau ukuran battery mobil listrik, estimasi saya harga 1 cell sekitar 3-5jt.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: MG 4EV atau BYD M6
Iya BYD pernah lihat video bongkar battery nya, ini contohnya. Agak susah untuk yang belum pernah bongkar battery.timbermaniac123 wrote: Thu Apr 17, 2025 1:09Byd itu batrenya di lem mati.. saya ga yakin kalau gampang dan murah biaya ganti per cell nya. Kalau mg saya ga tau dilem mati ga.Pugman wrote: Thu Apr 17, 2025 0:58 Saya memang rencana mau pakai sampai baterainya soak. Apalagi info sales, bisa ganti per Cell. Pernah lihat dimana ini cell-nya mirip battery LifePO4 yang dijual online, tapi belum tahu dia 1 cell berapa Volt dan berapa AH nya.
Kalau ukuran battery mobil listrik, estimasi saya harga 1 cell sekitar 3-5jt.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Wed Apr 16, 2025 9:45
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: BYD M6
Re: MG 4EV atau BYD M6
betul om, biaya charge per 1 kwh kurang lebih Rp. 1.700,- kalo gasalah kalo ngecharge dirumah antara jam 22.00-05.00 itu dapet diskon 30% om,Pugman wrote: Wed Apr 16, 2025 16:12Thanks Om infonya.. btw kalau saya pakai harga charging tertinggi 1700 untuk 50KWH berarti sekali charging kalau di rumah ga sampai 100rb ya Om?MrStealyoMeal wrote: Wed Apr 16, 2025 10:03 Punten Om
Newbie disini, sekarang daily pake BYD M6 karena keluar apartemen langsung daerah GAGE, dan keluar kantor langsung GAGE juga
kalo MG4EV saya kurang paham, karena gk pernah pegang/coba
Kebetulan yg saya EV ada BYD M6 Long Range 7 Seater, Wuling Air EV Long Range, dan Ioniq 5 Long Range Signature
BYD M6 tahun lalu rilis langsung bungkus, sekalian ortu beli ioniq 5 , jual BMW 530i E60 buat DP, dapet unit sekitar 2 bulan (karena awal mobil keluar harus rebutan dulu sama Fleet (gr*b dan bl**bird))
untuk pemakaian dalam kota kurang lebih 10 KM PP kantor lebih dari cukup rangenya, walaupun klaim dia CLTC 535 KM tapi karena masih punya range anxiety jadi gk pernah bawa jauh banget, paling jauh bawa ke puncak dengan start baterai 70% sampe apartemen sisa 33% (pas turun dari puncak range nambah sekitar 80 km an tapi emang pas naik dr jkt ke puncak jadinya boros banget)
okee dari segi driving dan owning experience:
- Range : secara range cukup banget dalam kota, bandingin sama Ioniq 5 yg ortu pake, secara angka BYD ini menang karena lebih tinggi, tapi fakta dilapangan, BYD M6 gk punya sistem One Pedal Driving, jadi Regenerative brakingnya gk gitu kuat, alhasil kurang optimalnya energi kinetik yang dikembalikan ke baterai
- Suspensi : untuk suspensinya cukup firm, lumayan keras (mirip X1 2018)
- Dashboard: dari semua line up BYD, M6 ini menurut gw interior paling aman, karena masih banyak tombolnya, gk kyk seal yang mau atur arah hembusan ac aja kita harus dari Head Unit, lebih enak adaptasinya buat yang dari mobil konvensional ke mobil listrik
- Interior : overall oke, cuma minusnya 1 Joknya cenderung pendek dan gk nopang paha gw dengan sempurna (tinggi badan 183 berat 105 mungkin gwnya yg kegedean)
- Lain-lain:
-BYD M6 ini karena sampai sekarang jadi produk BYD paling murah, waktu beli kita gk dikasih charger, harus nambah 16 juta lagi untuk beli charger dari BYD (charging speed 7kwh), jadi gw dan istri memutuskan untuk gk beli, toh di apartemen ada SPKLU (Dayagreen) dan di Kantor ada SPKLU juga, kalau suhu mau beli better jangan ambil dari BYD, beli merek ABB harga 20an juta tapi charging speed 22KWH (ada di tokped), ABB ini mereka juga supplier home charger utk Ioniq (pas di bongkar charger ioniq ada beberapa part merk abb soalnya)
- BYD M6 cocok buat yg berkeluarga atau suka angkat barang banyak, karena sampai sekarang masih EV 3 row paling murah (pilihan lain ada di Kia EV9 yg 1 M lebih)
- BYD M6 karena moncongnya jatoh banget jadi feel bawanya kyk honda freed, moncongnya gk keliatan, untungnya kebantu banget sama kamera 360 nya
- dengan rute PP kantor kurang lebih 10 Km dan perjalanan lain lain kurang lebih saya ngecharge 2 minggu sekali (dan gw ngecharge ketika batere 40-50% jarang bgt dibawah itu)
- overall : kalau saya pribadi udh pake BYD M6 kurang lebih 6 bulan puas banget dengan apa yg ditawarkan mobilnya dengan harganya, sejauh ini pemakaian 8 ribu KM worth to consider bgt untuk mobil harian yang akan dipake 5-8 tahun kedepan walaupun mungkin resell value nya pasti ambrol tapi ketutup dengan kita ngecharge dirumah sekitar 1.700 rupiah per KWH
Mungkin M6 ini ibarat Avanza-nya mobil listrik ya.. memang paling worth it menurut saya untuk kelas 7 seater
asumsikan kalau dari 0-100% M6 Long range itu kurang lebih 122 ribu om, kalo ngecharge 22.00-05.00 kurang lebih di 88 ribu om
utk operasional harian EV secara keseluruhan emang pasti jauh lebih murah om, biaya bahan bakarnya jauh lebih murah, service rutin karena juga gk trlalu gimana gimana cuma cek cairan (coolant radiator dan lupa apalagi) sama minyak rem kemarin (service pertama kali), trus pajaknya juga murah om tahunan, cuma Rp 443.000 pertahun, ditambah lagi kalau mobil ke 2 listrik kita gk kena pajak progresif om,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: MG 4EV atau BYD M6
bengkel om satria dimana om?marzoochi wrote: Wed Apr 16, 2025 16:53Sharing dari temen yang pasang rigid collar di BYD M6, limbung berkurang dan peredaman jadi lebih baik.Salvanost wrote: Tue Apr 15, 2025 18:21 Punya m6
Habis ngebut 165km/jam
Lurus sih enak...
Tapi pas belok dikit ga ada enaknya sama sekali...
Kerasa ringan bodynya ga kaya nempel jalanan
Enakan ngebut kecepatan sama make outlander sport masih kerasa nempel sama jalanan
Dia beli Rigid collar di Toped dan pasang di Oom Satria
ada spooringnya juga?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3027
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: MG 4EV atau BYD M6
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4903
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: MG 4EV atau BYD M6
kalo dibanding 2 itu saya pilih mg4 ev, kecuali emg bener2 butuh 7 seater. m6 entah knp worth buat cari kenyamanan, tp kalo buat cari driving feel sm handling gabakal seenak mazda 8 ataupun 308 menurut saya. or kalo alternatif lain saya vote atto 3 or konaPugman wrote: Mon Apr 14, 2025 9:01 Halo suhu-suhu sekalian. Sudah lama neh saya tidak post, hanya sekedar baca-baca disini.
Mohon maaf, kali ini mau minta pendapat suhu-suhu lagi untuk mobil incaran saya.
Prolog
Jadi sekarang di rumah saya masih ada Mazda 8 yang dari dulu masih saya pelihara dan Peugeot 308 turbo. Tadinya, mau hunting EV untuk operasional, Mazda 8 buat luar kota dan 308 mobil buat di oprek..alias mobil bahan..
![]()
Tapi sepertinya Ibu Negara tidak setuju, minta salah satu di lego. Dari sekian banyak Opsi, mengerucutlah 2 pilihan seperti Judul di atas. Ya kategorinya adalah EV harga under 400 atau lebih dikit any model, any brand dengan range 400km atau lebih. Kalau mobil ICE itu saya tidak pernah kepikiran beli mobil baru, tapi untuk EV pendapat saya justru sebaliknya, harus mobil baru. Faktornya ya karena baterainya itu.
Kalau ambil MG 4 artinya 308 saya jual, kalau ambil M6 maka Mazda 8 yang saya jual. Kebetulan yang sudah saya TD adalah MG 4, renaca kedepan mau TD M6 atau Dolphin.
Untuk MG4 impresi saya sangat positif, ini pendapat saya jika dibandingkan dengan 308. Akselerasi instan MG4 pernah coba sampai hampir 100kpj. Sebagai pembanding, 308 itu akselerasi kalau sudah dapat boost juga lumayan kuat, tapi MG 4 ini terasa lebih ngejambak khas EV, cukup bisa bikin badan ketarik kedalam Jok. Handling tidak setajam 308 tetapi masih sangat bagus dan bantingan suspensi lebih empuk MG4, agak mirip CX-30.
Rem 308 masih lebih bagus, tapi MG4 juga sudah cukup buat saya. Hard braking tidak membuat badan terdorong kedepan.
Ini beberapa poin lain
- Kekedapan kabin 308 sedikit lebih baik.
- Kontur Jok sama bagusnya dengan 308 dalam menopang punggung, untuk Jok belakang belum coba saat jalan.
- Fitur-fitur ADAS dan regenerative braking dll tidak saya coba,
- Kualitas sound so-so, so far HU bawaan audio terbaik masih Mazda 8 di pengalaman saya.
- Kamera 360 cukup Ok
- Topspeed kata salesnya sekitar 169kpj, 308 saya pernah sekitar 205kpj. Ini bisa di unlock ga ya? Hehehe...
Nah untuk BYD M6 masih tanda tanya untuk saya, menurut suhu apakah M6 bisa senyaman 8? Meski tampangnya biasa saja, Alasan saya masih mempertahankan 8 sampai hari ini adalah karena memang mobil ini sangat abuse able.. ga kalah bandel dari Innova, nyaman, lega dan masih punya banyak cukup ruang bagasi.
- Ban bawaan mobil test drive bagus, sudah pakai Continental UC7, entah unit untuk konsumen..
Yang paling penting punya handling mumpuni dan tenaga lebih untuk ngecengin LSUV dan LMPV.. hehe..
Meski FWD, Mazda 8 juga terbukti kuat menanjak diberbagai jalur pegunungan meski full load setidaknya daerah pegunungan di pulau jawa.
Sekilas, kedua mobil di atas itu pakai baterai LFP. Untuk MG baterai bisa diganti cell-nya menurut info sales, meski Entah berapa harga dan biaya tapi setidaknya jadi nilai plus buat saya.
Nah dari 2 opsi, mana yang lebih worth it?
![]()
Atas pendapat suhu sekalian, saya ucapkan terima kasih.
Pertimbangan lain
- Chery Omoda 5 EV
- BYD Dolphin/Atto 3 standar
- Hyundai Kona EV
- Wuling Cloud EV
Ada opsi lain di harga 400, bisa di infokan juga ya..
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: MG 4EV atau BYD M6
saya sejak liat kolong mg HS saran saya beli hyundei kona atau ioniq 5 aja deh
byd jauh2x lah dari tuh merek

byd jauh2x lah dari tuh merek

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: MG 4EV atau BYD M6
Kemarin akhirnya coba M6 dan dolphin, untuk M6 mobilnya bagus dan nyaman memang, driving feel itu ya tidak sebaik M8.Pboyz97 wrote: Fri Apr 18, 2025 11:11
kalo dibanding 2 itu saya pilih mg4 ev, kecuali emg bener2 butuh 7 seater. m6 entah knp worth buat cari kenyamanan, tp kalo buat cari driving feel sm handling gabakal seenak mazda 8 ataupun 308 menurut saya. or kalo alternatif lain saya vote atto 3 or kona
Atto 3 dan Kona ini setelah check, kayaknya lebih ke budgetnya yang ga masuk.. MG4 jadi jauh lebih menarik sejauh ini..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: MG 4EV atau BYD M6
Kona dan Ioniq 5, setelah check lagi, yang ga masuk Budgetnya Om..b0ku wrote: Fri Apr 18, 2025 21:34 saya sejak liat kolong mg HS saran saya beli hyundei kona atau ioniq 5 aja deh![]()
byd jauh2x lah dari tuh merek![]()


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: MG 4EV atau BYD M6
ADA opsi bekas budget 280-600jt garansi masih on di yang 200jtan

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: MG 4EV atau BYD M6
Hehe kalau mobil listrik saya justru ga berani beli bekas karena alasan baterai Om. Kayaknya saya bakal lebih serius ke MG4 neh.. tapi NIK 2024 yang baterainya lifetime warranty, karena yang 2025 sekarang garansi hanya 8 tahun.
Coba mau nego diskon


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: MG 4EV atau BYD M6
kalo pake inspektor biasanya di pastiin gak bekas nubruk aja om terus dia cek garansi ke hyundeiPugman wrote: Fri Apr 25, 2025 16:19 Hehe kalau mobil listrik saya justru ga berani beli bekas karena alasan baterai Om. Kayaknya saya bakal lebih serius ke MG4 neh.. tapi NIK 2024 yang baterainya lifetime warranty, karena yang 2025 sekarang garansi hanya 8 tahun.
Coba mau nego diskon
![]()
![]()

lifetime warranty juga kalo ada parts om

cuma hati2x ya om ada berberapa hal bikin warranty void kayak kena hantem batu atau kolongnya damage mereka ud gak mau loh semua merek kek gitu setau saya

lifetime kalo ada klausulnya baca dulu deh yang bener, jgn kek cherry 10thn garansi mesin eh ada tulisan kecil kalo ditemukan cacat pabrik lah terus cara nentuin itu cacat atau dari pemakain dari mana masa saya musti sewa orang lab........

soalnya kemaren temen saya claim garansinya mg HS ribet.com nunggu approval lah nunggu ini itu akhirnya cuma di mintain barangnya doank di kasih si cuma belom di kerjain mobilnya ke buru laku

gak kayak nissan dulu saya gak minta aja mereka maen ganti karena patokan usia dan odometer masih di bawah umur garansi rusak gak ba bi bu di ganti

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: MG 4EV atau BYD M6
Kalo kuatir batere : bawa OBD, install CarScanner Pro. Janjian ama yg punya mobil (bayar setrumnya kalo perlu), cas sampe 100%. Cek, masuk berapa, disitu-lah SOH-nya. Misal masuk 68 kWh, berarti SOH = 68/70, 97,2%.Pugman wrote: Fri Apr 25, 2025 16:19 Hehe kalau mobil listrik saya justru ga berani beli bekas karena alasan baterai Om. Kayaknya saya bakal lebih serius ke MG4 neh.. tapi NIK 2024 yang baterainya lifetime warranty, karena yang 2025 sekarang garansi hanya 8 tahun.
Coba mau nego diskon
![]()
![]()
Kalo SOH versi yg kebaca di OBD tu pake algoritma dan bisa direset ke 100%, ini yg ngaruh ke max charging, jd kalo algo bilang 95%, masuk mentok 65kWh, tapi nanti kalo abis direset bisa balik ke kemampuan asli, kayak contoh saya diatas bisa ke 97,2% lagi. Urusan reset2an, cuma beres Hyundai yg. bisa, CarScanner Pro ndak bisa dipake buat reset SOH.
Cek kedua, pergi ke screen voltase, liat voltase per cell, rata enggak, kalo sehat semua pas idle (AC nyala) di 100% ndak langsung rata, tapi jalan 1 menit (kurang) udah rata. Liatin, kalo ada yg ndak rata, ndak ratanya pas 6 garis gak (I5 itu per balok 6S2P), jd kalo gak rata persisten 6 garis itu ada balok dah lemah.
Cek ketiga, cari screen yg ada max voltase dan min voltase. Kalo dah idle, liat, kalo ndak ada selisih berarti aman sentosa sejahtera, batere-nya rata abisnya. Kalo selisih, ideal di 0.02 V, misal max 4.22V min 4.20V ini masih oke.
Cek keempat, disclaimer dulu : bisa direset kalo abis repair/ganti batere. Jumlah DC cas sama AC cas. Semakin banyak DC cas berarti batere sering anget. Di screen ini ada juga kumulatif cas DC dan AC, ini dibagi ama jumlah cas-nya, buat liat orang jorok apa gak. Batere paling seneng di 20%-80%, kalo I5 SLR berarti 70kWh x 60% = 42 kWh. Kalo rata2 dibawah itu (misal 30kWh) berarti jarang dipake sampe batere abis, kalo rata2 mepet (misal 40kWh, atau malah 60kWh) berarti owner rada koboi.
Kalo semua parameter diatas dah bener si boleh diasumsikan dari sisi batere dah aman. Nah kalo harga bekas dah mepet 500 atau dibawah si harusnya boleh dipertimbangkan, kelas-nya beda, interior super duper lega, bantingan enak, ASS levelan Hyundai.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: MG 4EV atau BYD M6
sama dong mbahBibieight wrote: Sat Apr 26, 2025 2:57Kalo kuatir batere : bawa OBD, install CarScanner Pro. Janjian ama yg punya mobil (bayar setrumnya kalo perlu), cas sampe 100%. Cek, masuk berapa, disitu-lah SOH-nya. Misal masuk 68 kWh, berarti SOH = 68/70, 97,2%.Pugman wrote: Fri Apr 25, 2025 16:19 Hehe kalau mobil listrik saya justru ga berani beli bekas karena alasan baterai Om. Kayaknya saya bakal lebih serius ke MG4 neh.. tapi NIK 2024 yang baterainya lifetime warranty, karena yang 2025 sekarang garansi hanya 8 tahun.
Coba mau nego diskon
![]()
![]()
Kalo SOH versi yg kebaca di OBD tu pake algoritma dan bisa direset ke 100%, ini yg ngaruh ke max charging, jd kalo algo bilang 95%, masuk mentok 65kWh, tapi nanti kalo abis direset bisa balik ke kemampuan asli, kayak contoh saya diatas bisa ke 97,2% lagi. Urusan reset2an, cuma beres Hyundai yg. bisa, CarScanner Pro ndak bisa dipake buat reset SOH.
Cek kedua, pergi ke screen voltase, liat voltase per cell, rata enggak, kalo sehat semua pas idle (AC nyala) di 100% ndak langsung rata, tapi jalan 1 menit (kurang) udah rata. Liatin, kalo ada yg ndak rata, ndak ratanya pas 6 garis gak (I5 itu per balok 6S2P), jd kalo gak rata persisten 6 garis itu ada balok dah lemah.
Cek ketiga, cari screen yg ada max voltase dan min voltase. Kalo dah idle, liat, kalo ndak ada selisih berarti aman sentosa sejahtera, batere-nya rata abisnya. Kalo selisih, ideal di 0.02 V, misal max 4.22V min 4.20V ini masih oke.
Cek keempat, disclaimer dulu : bisa direset kalo abis repair/ganti batere. Jumlah DC cas sama AC cas. Semakin banyak DC cas berarti batere sering anget. Di screen ini ada juga kumulatif cas DC dan AC, ini dibagi ama jumlah cas-nya, buat liat orang jorok apa gak. Batere paling seneng di 20%-80%, kalo I5 SLR berarti 70kWh x 60% = 42 kWh. Kalo rata2 dibawah itu (misal 30kWh) berarti jarang dipake sampe batere abis, kalo rata2 mepet (misal 40kWh, atau malah 60kWh) berarti owner rada koboi.
Kalo semua parameter diatas dah bener si boleh diasumsikan dari sisi batere dah aman. Nah kalo harga bekas dah mepet 500 atau dibawah si harusnya boleh dipertimbangkan, kelas-nya beda, interior super duper lega, bantingan enak, ASS levelan Hyundai.
saya pakai CarScanner, upgrade versi pro.
bedanya, buat ngukur temperatur radiator, ATF dan air intake & fuel flow per hour

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: MG 4EV atau BYD M6
Kalo buat ICE ada parameter/bacaan buat ngukur kumulatifnya ndak sih ?. Misalnya : kalo keseringan idle, atau keseringan stop-go, atau rajin enggak ganti olie, terus ganti olie-nya ada telat enggak ?. Kalo ada log/kumulatif berarti bisa buat ngukur calon awet enggak-nya mesin, ndak terlalu bergantung ama buku servis, ama odo.Suryaputra wrote: Sat Apr 26, 2025 3:01
sama dong mbah
saya pakai CarScanner, upgrade versi pro.
bedanya, buat ngukur temperatur radiator, ATF dan air intake & fuel flow per hour![]()
Kalo contoh bacaan EV diatas itu kan log kumulatif toh....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: MG 4EV atau BYD M6
tergantung sensornya mbah.Bibieight wrote: Sat Apr 26, 2025 3:37Kalo buat ICE ada parameter/bacaan buat ngukur kumulatifnya ndak sih ?. Misalnya : kalo keseringan idle, atau keseringan stop-go, atau rajin enggak ganti olie, terus ganti olie-nya ada telat enggak ?. Kalo ada log/kumulatif berarti bisa buat ngukur calon awet enggak-nya mesin, ndak terlalu bergantung ama buku servis, ama odo.Suryaputra wrote: Sat Apr 26, 2025 3:01
sama dong mbah
saya pakai CarScanner, upgrade versi pro.
bedanya, buat ngukur temperatur radiator, ATF dan air intake & fuel flow per hour![]()
Kalo contoh bacaan EV diatas itu kan log kumulatif toh....
klo ada sensor interval ganti oli, harusnya ada log nya bisa diexport datanya.
tp most likely bbrp mobil jepang kelas rakyat, jarang ada sensor spt itu.
jangankan interval ganti oli.
sensor suhu oli mesin aja gak semua mobil jepang punya.
jd tetap physical check aja semaksimal mungkin

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: MG 4EV atau BYD M6
ada om gak bisa pake scanner buka tutup oli ngintip kepalanya dulu aja ada kerak apa engakBibieight wrote: Sat Apr 26, 2025 3:37
Kalo buat ICE ada parameter/bacaan buat ngukur kumulatifnya ndak sih ?. Misalnya : kalo keseringan idle, atau keseringan stop-go, atau rajin enggak ganti olie, terus ganti olie-nya ada telat enggak ?. Kalo ada log/kumulatif berarti bisa buat ngukur calon awet enggak-nya mesin, ndak terlalu bergantung ama buku servis, ama odo.
Kalo contoh bacaan EV diatas itu kan log kumulatif toh....

kemaren march yang saya pegang kepalanya ud mulai bekerak dikit tuh saya cuma garuk2x pala eh liat record bener aja ganti oli terakhir di 12.000km intervalnya

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: MG 4EV atau BYD M6
Sebenarnya kalau ngomongin lifetime warranty, saya juga ga terlalu percaya seh..b0ku wrote: Sat Apr 26, 2025 2:02kalo pake inspektor biasanya di pastiin gak bekas nubruk aja om terus dia cek garansi ke hyundeiPugman wrote: Fri Apr 25, 2025 16:19 Hehe kalau mobil listrik saya justru ga berani beli bekas karena alasan baterai Om. Kayaknya saya bakal lebih serius ke MG4 neh.. tapi NIK 2024 yang baterainya lifetime warranty, karena yang 2025 sekarang garansi hanya 8 tahun.
Coba mau nego diskon
![]()
![]()
![]()
lifetime warranty juga kalo ada parts om![]()
cuma hati2x ya om ada berberapa hal bikin warranty void kayak kena hantem batu atau kolongnya damage mereka ud gak mau loh semua merek kek gitu setau saya![]()
lifetime kalo ada klausulnya baca dulu deh yang bener, jgn kek cherry 10thn garansi mesin eh ada tulisan kecil kalo ditemukan cacat pabrik lah terus cara nentuin itu cacat atau dari pemakain dari mana masa saya musti sewa orang lab........
soalnya kemaren temen saya claim garansinya mg HS ribet.com nunggu approval lah nunggu ini itu akhirnya cuma di mintain barangnya doank di kasih si cuma belom di kerjain mobilnya ke buru laku![]()
gak kayak nissan dulu saya gak minta aja mereka maen ganti karena patokan usia dan odometer masih di bawah umur garansi rusak gak ba bi bu di ganti![]()
Pertama, karena teknologi baterai masih terus berkembang
Kedua, kita bahkan ga tau berapa lama brand MG bisa bertahan di Indonesia. Bahkan macam Mazda/Nissan saja jaringannya pasang surut.
Kemarin temannya claim apa Om untuk HS nya?
Coba nanti saya check klausul lifetime si MG ini, untuk Hyundai saya juga pernah lihat di YouTube US dan sempat ramai, Ioniq 5 salah satu user kebentur batu atau batang pohon dan itu memang tidak masuk garansi. Apes..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: MG 4EV atau BYD M6
Ok thanks Om..Bibieight wrote: Sat Apr 26, 2025 2:57Kalo kuatir batere : bawa OBD, install CarScanner Pro. Janjian ama yg punya mobil (bayar setrumnya kalo perlu), cas sampe 100%. Cek, masuk berapa, disitu-lah SOH-nya. Misal masuk 68 kWh, berarti SOH = 68/70, 97,2%.Pugman wrote: Fri Apr 25, 2025 16:19 Hehe kalau mobil listrik saya justru ga berani beli bekas karena alasan baterai Om. Kayaknya saya bakal lebih serius ke MG4 neh.. tapi NIK 2024 yang baterainya lifetime warranty, karena yang 2025 sekarang garansi hanya 8 tahun.
Coba mau nego diskon
![]()
![]()
Kalo SOH versi yg kebaca di OBD tu pake algoritma dan bisa direset ke 100%, ini yg ngaruh ke max charging, jd kalo algo bilang 95%, masuk mentok 65kWh, tapi nanti kalo abis direset bisa balik ke kemampuan asli, kayak contoh saya diatas bisa ke 97,2% lagi. Urusan reset2an, cuma beres Hyundai yg. bisa, CarScanner Pro ndak bisa dipake buat reset SOH.
Cek kedua, pergi ke screen voltase, liat voltase per cell, rata enggak, kalo sehat semua pas idle (AC nyala) di 100% ndak langsung rata, tapi jalan 1 menit (kurang) udah rata. Liatin, kalo ada yg ndak rata, ndak ratanya pas 6 garis gak (I5 itu per balok 6S2P), jd kalo gak rata persisten 6 garis itu ada balok dah lemah.
Cek ketiga, cari screen yg ada max voltase dan min voltase. Kalo dah idle, liat, kalo ndak ada selisih berarti aman sentosa sejahtera, batere-nya rata abisnya. Kalo selisih, ideal di 0.02 V, misal max 4.22V min 4.20V ini masih oke.
Cek keempat, disclaimer dulu : bisa direset kalo abis repair/ganti batere. Jumlah DC cas sama AC cas. Semakin banyak DC cas berarti batere sering anget. Di screen ini ada juga kumulatif cas DC dan AC, ini dibagi ama jumlah cas-nya, buat liat orang jorok apa gak. Batere paling seneng di 20%-80%, kalo I5 SLR berarti 70kWh x 60% = 42 kWh. Kalo rata2 dibawah itu (misal 30kWh) berarti jarang dipake sampe batere abis, kalo rata2 mepet (misal 40kWh, atau malah 60kWh) berarti owner rada koboi.
Kalo semua parameter diatas dah bener si boleh diasumsikan dari sisi batere dah aman. Nah kalo harga bekas dah mepet 500 atau dibawah si harusnya boleh dipertimbangkan, kelas-nya beda, interior super duper lega, bantingan enak, ASS levelan Hyundai.
Nanti coba saya check Car Scanner Pro. Ini yang Apps lambang check engine warna biru bukan?
Ohya, Car scanner pro ini ada juga untuk baca sensor ABS roda mana yang rusak ya Om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: MG 4EV atau BYD M6
Iya, gambar mesin biru. Kayaknya ada deh, bacaan-nya ada 400-an item soalnyaPugman wrote: Sun Apr 27, 2025 14:42 Ok thanks Om..
Nanti coba saya check Car Scanner Pro. Ini yang Apps lambang check engine warna biru bukan?
Ohya, Car scanner pro ini ada juga untuk baca sensor ABS roda mana yang rusak ya Om?



Nah menangnya produk2 global market ya gini, banyak yg. mau ngerjain hal2 kayak gini. Disclaimer saya, soalnya belum pernah colok mobcin ya, tapi kalo produknya varian-nya kebanyakan dan cuma ada di domestil kagak yakin juga yg. bikin CarScanner mau bikin diagnosanya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: MG 4EV atau BYD M6
cuma seal oli bocor om di bawah parts murah banget tapi kerjainnya yang ribet .com karena buat akses partsnya musti bongkar2x mereka bilang bengkel rame lah ngantri kerjaan kalo parts ud aprroval yang susah masuk bengkelnya akhirnya temen saya mintain partsnya aja terus rencana mau ganti sendiri tapi mobilnya keburu lakuPugman wrote: Sun Apr 27, 2025 14:30 Sebenarnya kalau ngomongin lifetime warranty, saya juga ga terlalu percaya seh..
Pertama, karena teknologi baterai masih terus berkembang
Kedua, kita bahkan ga tau berapa lama brand MG bisa bertahan di Indonesia. Bahkan macam Mazda/Nissan saja jaringannya pasang surut.
Kemarin temannya claim apa Om untuk HS nya?
Coba nanti saya check klausul lifetime si MG ini, untuk Hyundai saya juga pernah lihat di YouTube US dan sempat ramai, Ioniq 5 salah satu user kebentur batu atau batang pohon dan itu memang tidak masuk garansi. Apes..
![]()

takutnya bukanya apa om sekelas nissan aja yang gak ba bi bu ganti parts giliran urusan batre lsg dongo juga soalnya

batre itu parts gede belom tentu mereka bilang avail belom di china ud berapa kali ada berita bukan merek MG SI keknya neta deh batrenya di downgrade pas claim garansi makanya hati2x deh gak tau tricknya kek apa
