MG 4EV atau BYD M6

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Rickz »

Pugman wrote: Mon Apr 14, 2025 9:01 Halo suhu-suhu sekalian. Sudah lama neh saya tidak post, hanya sekedar baca-baca disini.
Mohon maaf, kali ini mau minta pendapat suhu-suhu lagi untuk mobil incaran saya.

Prolog
Jadi sekarang di rumah saya masih ada Mazda 8 yang dari dulu masih saya pelihara dan Peugeot 308 turbo. Tadinya, mau hunting EV untuk operasional, Mazda 8 buat luar kota dan 308 mobil buat di oprek..alias mobil bahan..
:big_peace:

Tapi sepertinya Ibu Negara tidak setuju, minta salah satu di lego. Dari sekian banyak Opsi, mengerucutlah 2 pilihan seperti Judul di atas. Ya kategorinya adalah EV harga under 400 atau lebih dikit any model, any brand dengan range 400km atau lebih. Kalau mobil ICE itu saya tidak pernah kepikiran beli mobil baru, tapi untuk EV pendapat saya justru sebaliknya, harus mobil baru. Faktornya ya karena baterainya itu.

Kalau ambil MG 4 artinya 308 saya jual, kalau ambil M6 maka Mazda 8 yang saya jual. Kebetulan yang sudah saya TD adalah MG 4, renaca kedepan mau TD M6 atau Dolphin.

Untuk MG4 impresi saya sangat positif, ini pendapat saya jika dibandingkan dengan 308. Akselerasi instan MG4 pernah coba sampai hampir 100kpj. Sebagai pembanding, 308 itu akselerasi kalau sudah dapat boost juga lumayan kuat, tapi MG 4 ini terasa lebih ngejambak khas EV, cukup bisa bikin badan ketarik kedalam Jok. Handling tidak setajam 308 tetapi masih sangat bagus dan bantingan suspensi lebih empuk MG4, agak mirip CX-30.
Rem 308 masih lebih bagus, tapi MG4 juga sudah cukup buat saya. Hard braking tidak membuat badan terdorong kedepan.
Ini beberapa poin lain
  • Kekedapan kabin 308 sedikit lebih baik.
  • Kontur Jok sama bagusnya dengan 308 dalam menopang punggung, untuk Jok belakang belum coba saat jalan.
  • Fitur-fitur ADAS dan regenerative braking dll tidak saya coba,
  • Kualitas sound so-so, so far HU bawaan audio terbaik masih Mazda 8 di pengalaman saya.
  • Kamera 360 cukup Ok
  • Topspeed kata salesnya sekitar 169kpj, 308 saya pernah sekitar 205kpj. Ini bisa di unlock ga ya? Hehehe...
  • Ban bawaan mobil test drive bagus, sudah pakai Continental UC7, entah unit untuk konsumen..
Nah untuk BYD M6 masih tanda tanya untuk saya, menurut suhu apakah M6 bisa senyaman 8? Meski tampangnya biasa saja, Alasan saya masih mempertahankan 8 sampai hari ini adalah karena memang mobil ini sangat abuse able.. ga kalah bandel dari Innova, nyaman, lega dan masih punya banyak cukup ruang bagasi.
Yang paling penting punya handling mumpuni dan tenaga lebih untuk ngecengin LSUV dan LMPV.. hehe..
Meski FWD, Mazda 8 juga terbukti kuat menanjak diberbagai jalur pegunungan meski full load setidaknya daerah pegunungan di pulau jawa.

Sekilas, kedua mobil di atas itu pakai baterai LFP. Untuk MG baterai bisa diganti cell-nya menurut info sales, meski Entah berapa harga dan biaya tapi setidaknya jadi nilai plus buat saya.
Nah dari 2 opsi, mana yang lebih worth it?
:big_grin:

Atas pendapat suhu sekalian, saya ucapkan terima kasih.
Pertimbangan lain
- Chery Omoda 5 EV
- BYD Dolphin/Atto 3 standar
- Hyundai Kona EV
- Wuling Cloud EV

Ada opsi lain di harga 400, bisa di infokan juga ya..
Mazda CX-3 saya sudah masuk tahun ke 6 dan terbesit untuk ganti mobil baru. Si Mazda ga ngadat atau apapun dan harus diakuin mobil-nya badak juga ga prnh jajan aneh", paling hanya ganti bearing roda belakang. Kaki-kaki dan rack steer mulai lemah tapi ga glodokan gimana. Puas banget pake Mazda, cuman karena banyaq EV berkeliaran dan sebagai early adaptor untuk brand BYD di Indonesia, gambling namun akhirnya nekad memutuskan ambil BYD Dolphin long range di GIIAS 2024 dan inden 3 bulan, sudah dipakai sekitar 6 bulan sekarang dan memang prefer mobil compact size untuk dalam kota yang padat.

Jujur lumayan diluar ekspektasi mobilnya, nyaman (suspensi belakang independen utk long range), kedap, kenceng, BQ interior bagus ga ada rattle, kaki-kaki juga senyap, legaaa ruang kaki belakang, bener-bener all around banget mobilnya utk kebutuhan saya. Designnya juga lucu tapi ga terlalu furturistik, mengingatkan dengan Honda Jazz yang depannya pesek. Kontur jok BYD yg bucket seat (kecuali M6), nyaman banget ngikutin kontur punggung orang asia, jadi berasa pas dan ga bikin pegel. Fiturnya berlimpah dan sensor ADAS nya ga terlalu berisik, saking antengnya itu blind spot ga ada suaranya, paling lampu kedap kedip aja kl ada objek dr samping belakang. Sensornya akan mulai berisik ketika objeknya sudah sangat dekat which is good and bad in certain situation.
Pernah iseng juga ukur ketebalan cat pake alat punya teman dan ternyata tebal juga rata-rata di angka 0.18 - 0.20. Di mobil jepang paling sekitar 0.13 - 0.15 utk di range harga tersebut tp tergantung jenis mobilnya juga.

Sebelum memutuskan ambil BYD Dolphin, sempat melihat beberapa opsi seperti Omoda EV entry level, AION Y, Hyundai Kona, balik lagi feeling nyantol di BYD dengan semua kualitas dan fitur yang didapat.
MG4 EV bagus juga design exteriornya, cuman ketika mau masuk duduk ke dalam, gap dr still plate dalem sampe ke ujung body samping luar (kyk ada side skirt nonjol) lebar banget dan harus agak ngengkang kl mau masuk ke mobil, ini sangat annoying buat saya, design interior juga terlihat plain banget. Mobilnya memang kencang dan nikmat utk dibawa, cuman saya tidak suka ngebut kenceng, toh jalanan jakarta padat dan byq speed cam di tol. Balik lagi ini selera dan setiap orang punya feeling berbeda.

Bagaimana rasa berkendara BYD Dolphin jika dibandingkan dengan Mazda CX-3? tentu saja tidak senikmat mazda dimana terasa artificial dengan feedback setir yang tidak tajam, cuman ketika switch langsung bawa Dolphin, no compain at all. Mungkin krn mobilnya nyaman dan masih forgiving rasa berkendara-nya, suspensi Independent juga salah satu pengaruh penting.
Apakah menyesal pakai EV dan mobilnya? Tentu saja tidak, tapi dengan catatan jangan mikir resale value yang masih grey area sampe sekarang. Sukur-sukur nanti dijual masih ada harga yang lumayan. Charger hanya di rumah dan sangat menghindari fast charging untuk menjaga battery health nya jangka panjang. Charge mobil juga diusahakan harus full, jangan charge 2-3 jam cabut karena setelah beberapa minggu di layar spedometer akan kluar notif battery tidak balance dan minta di charge full.

Downside-nya;
- Pilar A tebal dan blind spot-nya lumayan banyak walaupun kaca lebar. Mazda CX-3 yang ukuran kaca lbh kecil tapi lbh minim blindpsot.
- Kualitas Audio mobil China ntah knapa suaranya ga bulet dan konsisten walaupun yg branded skalipun. Ga padat
- Jendela tetap bisa dibuka walaupun sudah di lock, ternyata ini hanya untuk kaca penumpang blakang saja yg di lock
- Blind spot-nya ga ada suara ketika ada objek dr samping, hanya lampu kedap kedip di spion. Ini sudah dikonsultasikan dengan teknisi ketika service pertama dan memang belum ada settingan tsb

Semoga membantu short review dari saya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by ChZ »

kalo gak ada spesifik butuh 7 seaters sih enak MG4.

BYD M6 feedbacknya kurang positif... untuk space dalemnya juga nanggung.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Ibet »

ChZ wrote: Tue Apr 15, 2025 6:57 kalo gak ada spesifik butuh 7 seaters sih enak MG4.

BYD M6 feedbacknya kurang positif... untuk space dalemnya juga nanggung.
M6 sempet rame isu shock belakang itu kan october lalu
gatau sekarang gimana infonya, apakah sudah solved apa belom

mg4ev kayanya ga gitu rame quality issue
cuman masalah range aja kan, 425km nedc mode
translate ke wltp aja, yg pake biasanya pada dapet 330 - 350 km

trus yg saya masih ragu ada di aftersalesnya aja sih oom,
di kota saya yg beneran serius baru byd, showroom dan bengkel proper (karena ex wuling punya, arista group)

kalo mg di kota saya dulunya bangunan ex furnitur shop, belom pernah masuk ke workshop dalemnya sih
Miracle9000
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 177
Joined: Tue May 17, 2016 4:16

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Miracle9000 »

Ibet wrote: Tue Apr 15, 2025 7:19
ChZ wrote: Tue Apr 15, 2025 6:57 kalo gak ada spesifik butuh 7 seaters sih enak MG4.

BYD M6 feedbacknya kurang positif... untuk space dalemnya juga nanggung.
M6 sempet rame isu shock belakang itu kan october lalu
gatau sekarang gimana infonya, apakah sudah solved apa belom

mg4ev kayanya ga gitu rame quality issue
cuman masalah range aja kan, 425km nedc mode
translate ke wltp aja, yg pake biasanya pada dapet 330 - 350 km

trus yg saya masih ragu ada di aftersalesnya aja sih oom,
di kota saya yg beneran serius baru byd, showroom dan bengkel proper (karena ex wuling punya, arista group)

kalo mg di kota saya dulunya bangunan ex furnitur shop, belom pernah masuk ke workshop dalemnya sih
Setuju, BYD lebih serius jualan daripada MG. Temen saya headlamp nya baret, klaim asuransi 2 minggu barang dateng dari cina.

Dealer saya beli MG malah udah tutup om, ownernya ganti jualan chery :big_biglaugh: tapi katanya kalo service & aftersale masih bisa lewat mereka.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1755
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by AbdulHakim »

Miracle9000 wrote: Tue Apr 15, 2025 8:10
Ibet wrote: Tue Apr 15, 2025 7:19
ChZ wrote: Tue Apr 15, 2025 6:57 kalo gak ada spesifik butuh 7 seaters sih enak MG4.

BYD M6 feedbacknya kurang positif... untuk space dalemnya juga nanggung.
M6 sempet rame isu shock belakang itu kan october lalu
gatau sekarang gimana infonya, apakah sudah solved apa belom

mg4ev kayanya ga gitu rame quality issue
cuman masalah range aja kan, 425km nedc mode
translate ke wltp aja, yg pake biasanya pada dapet 330 - 350 km

trus yg saya masih ragu ada di aftersalesnya aja sih oom,
di kota saya yg beneran serius baru byd, showroom dan bengkel proper (karena ex wuling punya, arista group)

kalo mg di kota saya dulunya bangunan ex furnitur shop, belom pernah masuk ke workshop dalemnya sih
Setuju, BYD lebih serius jualan daripada MG. Temen saya headlamp nya baret, klaim asuransi 2 minggu barang dateng dari cina.

Dealer saya beli MG malah udah tutup om, ownernya ganti jualan chery :big_biglaugh: tapi katanya kalo service & aftersale masih bisa lewat mereka.
Betul om, kalo "terpaksa" beli mobil listrik (EV), pilih dari BYD atau Chery groups.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by darrelund »

Pugman wrote: Tue Apr 15, 2025 0:33 Hmmm.. apa mirip bantingannya All new Avanza?
avanza cvt mbah? klo saya siy masi lebi prefer avanza/veloz cvt, bukan aspek nyaman, tapi body mobilnya lebih diem aja, ndak ada goyang kecil" nya

m6 ketolong krn listrik siy jadi smooth

makanya pan lalu dpt grab m6 binun jg ni mobil hypenya apaan, kualitas interior jg dibilang typical 300jtan si mending (on par sama kelasan masda 2 - cx3 lah), tapi ga seheboh langit bumi kata nitijeeen gitu, mungkin gak cocok sama oe aja kli yah :big_peace:
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Ibet »

Miracle9000 wrote: Tue Apr 15, 2025 8:10
Setuju, BYD lebih serius jualan daripada MG. Temen saya headlamp nya baret, klaim asuransi 2 minggu barang dateng dari cina.

Dealer saya beli MG malah udah tutup om, ownernya ganti jualan chery :big_biglaugh: tapi katanya kalo service & aftersale masih bisa lewat mereka.
ya itulah mbah,
kita dah keluar ratusan jt masa dealernya ganti merk :big_cry:

ya okelah kalo ada klaim service & aftersales masi ditanggung, tapi sampe kapan wkwk
AbdulHakim wrote: Tue Apr 15, 2025 8:48
Betul om, kalo "terpaksa" beli mobil listrik (EV), pilih dari BYD atau Chery groups.
kalo bole nambahin, mau nambahin wuling & hyundai si
ini dua jg oke lah .. yg h miring di kota saya sampe 2 dealer bahkan
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Salvanost »

Punya m6
Habis ngebut 165km/jam
Lurus sih enak...
Tapi pas belok dikit ga ada enaknya sama sekali...
Kerasa ringan bodynya ga kaya nempel jalanan

Enakan ngebut kecepatan sama make outlander sport masih kerasa nempel sama jalanan
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Suryaputra »

Salvanost wrote: Tue Apr 15, 2025 18:21 Punya m6
Habis ngebut 165km/jam
Lurus sih enak...
Tapi pas belok dikit ga ada enaknya sama sekali...
Kerasa ringan bodynya ga kaya nempel jalanan

Enakan ngebut kecepatan sama make outlander sport masih kerasa nempel sama jalanan
Emang bukan buat ngebut mbah :big_biglaugh:
People mover ini.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
pendoli
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1316
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by pendoli »

riisesky wrote: Tue Apr 15, 2025 2:46
Pugman wrote: Tue Apr 15, 2025 2:41
riisesky wrote: Tue Apr 15, 2025 2:06

oiya di dealer mana ini om, kemarin ngider diskon paling gede nee di 360 :big_cry:
NIK berapa Om 2024 apa 25?
2024, kalo 325 menggiurkan banget ehehehe
Ga tau om liat post orang di twitter 🤣
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by TUFF Stough »

bentar lagi prj, bakal perang fitur2 moblis nih.
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Salvanost »

TUFF Stough wrote: Wed Apr 16, 2025 1:06 bentar lagi prj, bakal perang fitur2 moblis nih.
Mahal2 om moblisnya
Kalau murah 400an juta pasti ada yg goreng atau buat post diforum

Tadinya saya mau ambil denza om...
Tapi ekonominya ga pasti gini...
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by TUFF Stough »

Salvanost wrote: Wed Apr 16, 2025 6:54
TUFF Stough wrote: Wed Apr 16, 2025 1:06 bentar lagi prj, bakal perang fitur2 moblis nih.
Mahal2 om moblisnya
Kalau murah 400an juta pasti ada yg goreng atau buat post diforum

Tadinya saya mau ambil denza om...
Tapi ekonominya ga pasti gini...
lagi perang tarif begini, tiongkok sengaja nurunin nilai rmb biar ekspornya gak keganggu. moga2 aja kita kecipratan. :big_comfort:
MrStealyoMeal
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Apr 16, 2025 9:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BYD M6

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by MrStealyoMeal »

Punten Om

Newbie disini, sekarang daily pake BYD M6 karena keluar apartemen langsung daerah GAGE, dan keluar kantor langsung GAGE juga

kalo MG4EV saya kurang paham, karena gk pernah pegang/coba

Kebetulan yg saya EV ada BYD M6 Long Range 7 Seater, Wuling Air EV Long Range, dan Ioniq 5 Long Range Signature

BYD M6 tahun lalu rilis langsung bungkus, sekalian ortu beli ioniq 5 , jual BMW 530i E60 buat DP, dapet unit sekitar 2 bulan (karena awal mobil keluar harus rebutan dulu sama Fleet (gr*b dan bl**bird))

untuk pemakaian dalam kota kurang lebih 10 KM PP kantor lebih dari cukup rangenya, walaupun klaim dia CLTC 535 KM tapi karena masih punya range anxiety jadi gk pernah bawa jauh banget, paling jauh bawa ke puncak dengan start baterai 70% sampe apartemen sisa 33% (pas turun dari puncak range nambah sekitar 80 km an tapi emang pas naik dr jkt ke puncak jadinya boros banget)

okee dari segi driving dan owning experience:
- Range : secara range cukup banget dalam kota, bandingin sama Ioniq 5 yg ortu pake, secara angka BYD ini menang karena lebih tinggi, tapi fakta dilapangan, BYD M6 gk punya sistem One Pedal Driving, jadi Regenerative brakingnya gk gitu kuat, alhasil kurang optimalnya energi kinetik yang dikembalikan ke baterai
- Suspensi : untuk suspensinya cukup firm, lumayan keras (mirip X1 2018)
- Dashboard: dari semua line up BYD, M6 ini menurut gw interior paling aman, karena masih banyak tombolnya, gk kyk seal yang mau atur arah hembusan ac aja kita harus dari Head Unit, lebih enak adaptasinya buat yang dari mobil konvensional ke mobil listrik
- Interior : overall oke, cuma minusnya 1 Joknya cenderung pendek dan gk nopang paha gw dengan sempurna (tinggi badan 183 berat 105 mungkin gwnya yg kegedean)
- Lain-lain:
-BYD M6 ini karena sampai sekarang jadi produk BYD paling murah, waktu beli kita gk dikasih charger, harus nambah 16 juta lagi untuk beli charger dari BYD (charging speed 7kwh), jadi gw dan istri memutuskan untuk gk beli, toh di apartemen ada SPKLU (Dayagreen) dan di Kantor ada SPKLU juga, kalau suhu mau beli better jangan ambil dari BYD, beli merek ABB harga 20an juta tapi charging speed 22KWH (ada di tokped), ABB ini mereka juga supplier home charger utk Ioniq (pas di bongkar charger ioniq ada beberapa part merk abb soalnya)
- BYD M6 cocok buat yg berkeluarga atau suka angkat barang banyak, karena sampai sekarang masih EV 3 row paling murah (pilihan lain ada di Kia EV9 yg 1 M lebih)
- BYD M6 karena moncongnya jatoh banget jadi feel bawanya kyk honda freed, moncongnya gk keliatan, untungnya kebantu banget sama kamera 360 nya
- dengan rute PP kantor kurang lebih 10 Km dan perjalanan lain lain kurang lebih saya ngecharge 2 minggu sekali (dan gw ngecharge ketika batere 40-50% jarang bgt dibawah itu)


- overall : kalau saya pribadi udh pake BYD M6 kurang lebih 6 bulan puas banget dengan apa yg ditawarkan mobilnya dengan harganya, sejauh ini pemakaian 8 ribu KM worth to consider bgt untuk mobil harian yang akan dipake 5-8 tahun kedepan walaupun mungkin resell value nya pasti ambrol tapi ketutup dengan kita ngecharge dirumah sekitar 1.700 rupiah per KWH
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by kendibocor »

Miracle9000 wrote: Tue Apr 15, 2025 8:10
Setuju, BYD lebih serius jualan daripada MG. Temen saya headlamp nya baret, klaim asuransi 2 minggu barang dateng dari cina.

Dealer saya beli MG malah udah tutup om, ownernya ganti jualan chery :big_biglaugh: tapi katanya kalo service & aftersale masih bisa lewat mereka.
MG4 saya nabrak sampe headlamp pecah, claim asuransi sampe headlamp dtg ga gitu lama kok om, kayanya kurang dari 1 bulan ya.

Bwat om TS, kalo jd beli EV. Abis beli jgn punya niatan jual atau iseng2 cek harga lagi. Nanti sakit hati :big_biglaugh:
Beli, pake puas2in sampe jd besi rongsok (mudah2an bisa >15 thn).

Mengenai MG4 vs M6 sih selama sehari2 yg naik ga lebih dr 4 orng dan butuh bagasi besar mending MG. Oh iya uda mau keluar all newnya si mg4 (mungkin tahun depan), liat dari fotonya subjektif ane blg malah jelek karena bentukannya malah jd mirip2 mbl cungkuo generik yg chubby2 gitu
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by darrelund »

kendibocor wrote: Wed Apr 16, 2025 10:56 Mengenai MG4 vs M6 sih selama sehari2 yg naik ga lebih dr 4 orng dan butuh bagasi besar mending MG. Oh iya uda mau keluar all newnya si mg4 (mungkin tahun depan), liat dari fotonya subjektif ane blg malah jelek karena bentukannya malah jd mirip2 mbl cungkuo generik yg chubby2 gitu
jadi cute cute gitu

kayaknya didesain buat CDM, krn disana MG4 ga populer amat

Image
Image
EdgarDrake
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
Daily Vehicle: CX-30 GT

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by EdgarDrake »

darrelund wrote: Wed Apr 16, 2025 13:32 jadi cute cute gitu

kayaknya didesain buat CDM, krn disana MG4 ga populer amat

Image
Image
Jd kyk Tesla kawin ama Binguo. Taillights nya masih MG banget sih...
Hiroshima 46V
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Pugman »

Salvanost wrote: Tue Apr 15, 2025 18:21 Punya m6
Habis ngebut 165km/jam
Lurus sih enak...
Tapi pas belok dikit ga ada enaknya sama sekali...
Kerasa ringan bodynya ga kaya nempel jalanan

Enakan ngebut kecepatan sama make outlander sport masih kerasa nempel sama jalanan
Itu udah top speed apa masih bisa naik lagi? Berarti ga beda jauh sama Mazda 8 ya, punya saya dilimit 170 hehe..
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Pugman »

MrStealyoMeal wrote: Wed Apr 16, 2025 10:03 Punten Om

Newbie disini, sekarang daily pake BYD M6 karena keluar apartemen langsung daerah GAGE, dan keluar kantor langsung GAGE juga

kalo MG4EV saya kurang paham, karena gk pernah pegang/coba

Kebetulan yg saya EV ada BYD M6 Long Range 7 Seater, Wuling Air EV Long Range, dan Ioniq 5 Long Range Signature

BYD M6 tahun lalu rilis langsung bungkus, sekalian ortu beli ioniq 5 , jual BMW 530i E60 buat DP, dapet unit sekitar 2 bulan (karena awal mobil keluar harus rebutan dulu sama Fleet (gr*b dan bl**bird))

untuk pemakaian dalam kota kurang lebih 10 KM PP kantor lebih dari cukup rangenya, walaupun klaim dia CLTC 535 KM tapi karena masih punya range anxiety jadi gk pernah bawa jauh banget, paling jauh bawa ke puncak dengan start baterai 70% sampe apartemen sisa 33% (pas turun dari puncak range nambah sekitar 80 km an tapi emang pas naik dr jkt ke puncak jadinya boros banget)

okee dari segi driving dan owning experience:
- Range : secara range cukup banget dalam kota, bandingin sama Ioniq 5 yg ortu pake, secara angka BYD ini menang karena lebih tinggi, tapi fakta dilapangan, BYD M6 gk punya sistem One Pedal Driving, jadi Regenerative brakingnya gk gitu kuat, alhasil kurang optimalnya energi kinetik yang dikembalikan ke baterai
- Suspensi : untuk suspensinya cukup firm, lumayan keras (mirip X1 2018)
- Dashboard: dari semua line up BYD, M6 ini menurut gw interior paling aman, karena masih banyak tombolnya, gk kyk seal yang mau atur arah hembusan ac aja kita harus dari Head Unit, lebih enak adaptasinya buat yang dari mobil konvensional ke mobil listrik
- Interior : overall oke, cuma minusnya 1 Joknya cenderung pendek dan gk nopang paha gw dengan sempurna (tinggi badan 183 berat 105 mungkin gwnya yg kegedean)
- Lain-lain:
-BYD M6 ini karena sampai sekarang jadi produk BYD paling murah, waktu beli kita gk dikasih charger, harus nambah 16 juta lagi untuk beli charger dari BYD (charging speed 7kwh), jadi gw dan istri memutuskan untuk gk beli, toh di apartemen ada SPKLU (Dayagreen) dan di Kantor ada SPKLU juga, kalau suhu mau beli better jangan ambil dari BYD, beli merek ABB harga 20an juta tapi charging speed 22KWH (ada di tokped), ABB ini mereka juga supplier home charger utk Ioniq (pas di bongkar charger ioniq ada beberapa part merk abb soalnya)
- BYD M6 cocok buat yg berkeluarga atau suka angkat barang banyak, karena sampai sekarang masih EV 3 row paling murah (pilihan lain ada di Kia EV9 yg 1 M lebih)
- BYD M6 karena moncongnya jatoh banget jadi feel bawanya kyk honda freed, moncongnya gk keliatan, untungnya kebantu banget sama kamera 360 nya
- dengan rute PP kantor kurang lebih 10 Km dan perjalanan lain lain kurang lebih saya ngecharge 2 minggu sekali (dan gw ngecharge ketika batere 40-50% jarang bgt dibawah itu)


- overall : kalau saya pribadi udh pake BYD M6 kurang lebih 6 bulan puas banget dengan apa yg ditawarkan mobilnya dengan harganya, sejauh ini pemakaian 8 ribu KM worth to consider bgt untuk mobil harian yang akan dipake 5-8 tahun kedepan walaupun mungkin resell value nya pasti ambrol tapi ketutup dengan kita ngecharge dirumah sekitar 1.700 rupiah per KWH
Thanks Om infonya.. btw kalau saya pakai harga charging tertinggi 1700 untuk 50KWH berarti sekali charging kalau di rumah ga sampai 100rb ya Om?
Mungkin M6 ini ibarat Avanza-nya mobil listrik ya.. memang paling worth it menurut saya untuk kelas 7 seater
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Pugman »

kendibocor wrote: Wed Apr 16, 2025 10:56
Miracle9000 wrote: Tue Apr 15, 2025 8:10
Setuju, BYD lebih serius jualan daripada MG. Temen saya headlamp nya baret, klaim asuransi 2 minggu barang dateng dari cina.

Dealer saya beli MG malah udah tutup om, ownernya ganti jualan chery :big_biglaugh: tapi katanya kalo service & aftersale masih bisa lewat mereka.
MG4 saya nabrak sampe headlamp pecah, claim asuransi sampe headlamp dtg ga gitu lama kok om, kayanya kurang dari 1 bulan ya.

Bwat om TS, kalo jd beli EV. Abis beli jgn punya niatan jual atau iseng2 cek harga lagi. Nanti sakit hati :big_biglaugh:
Beli, pake puas2in sampe jd besi rongsok (mudah2an bisa >15 thn).

Mengenai MG4 vs M6 sih selama sehari2 yg naik ga lebih dr 4 orng dan butuh bagasi besar mending MG. Oh iya uda mau keluar all newnya si mg4 (mungkin tahun depan), liat dari fotonya subjektif ane blg malah jelek karena bentukannya malah jd mirip2 mbl cungkuo generik yg chubby2 gitu
Hehehe jelas itu Om, makanya kali ini saya cari mobil baru kalau untuk EV. Karena lihat² RV nya jatuh, jadi untuk EV bakal dipakai sampai bosen mungkin bisa di atas 6-7 tahun..

Dan lihat bocoran model barunya MG itu juga jadi pertimbangan incer model yang sekarang. Model baru malah kayak mundur kebelakang..
:big_think:
:mky_01:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Pugman »

darrelund wrote: Wed Apr 16, 2025 13:32
kendibocor wrote: Wed Apr 16, 2025 10:56 Mengenai MG4 vs M6 sih selama sehari2 yg naik ga lebih dr 4 orng dan butuh bagasi besar mending MG. Oh iya uda mau keluar all newnya si mg4 (mungkin tahun depan), liat dari fotonya subjektif ane blg malah jelek karena bentukannya malah jd mirip2 mbl cungkuo generik yg chubby2 gitu
jadi cute cute gitu

kayaknya didesain buat CDM, krn disana MG4 ga populer amat

Image
Image
Nah ini juga yang bikin kepikiran kalau mau ambil MG pengen model yang sekarang, karena yang ini malah, Ga banget deh..
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Pugman »

Rickz wrote: Tue Apr 15, 2025 6:46
Pugman wrote: Mon Apr 14, 2025 9:01 Halo suhu-suhu sekalian. Sudah lama neh saya tidak post, hanya sekedar baca-baca disini.
Mohon maaf, kali ini mau minta pendapat suhu-suhu lagi untuk mobil incaran saya.

Prolog
Jadi sekarang di rumah saya masih ada Mazda 8 yang dari dulu masih saya pelihara dan Peugeot 308 turbo. Tadinya, mau hunting EV untuk operasional, Mazda 8 buat luar kota dan 308 mobil buat di oprek..alias mobil bahan..
:big_peace:

Tapi sepertinya Ibu Negara tidak setuju, minta salah satu di lego. Dari sekian banyak Opsi, mengerucutlah 2 pilihan seperti Judul di atas. Ya kategorinya adalah EV harga under 400 atau lebih dikit any model, any brand dengan range 400km atau lebih. Kalau mobil ICE itu saya tidak pernah kepikiran beli mobil baru, tapi untuk EV pendapat saya justru sebaliknya, harus mobil baru. Faktornya ya karena baterainya itu.

Kalau ambil MG 4 artinya 308 saya jual, kalau ambil M6 maka Mazda 8 yang saya jual. Kebetulan yang sudah saya TD adalah MG 4, renaca kedepan mau TD M6 atau Dolphin.

Untuk MG4 impresi saya sangat positif, ini pendapat saya jika dibandingkan dengan 308. Akselerasi instan MG4 pernah coba sampai hampir 100kpj. Sebagai pembanding, 308 itu akselerasi kalau sudah dapat boost juga lumayan kuat, tapi MG 4 ini terasa lebih ngejambak khas EV, cukup bisa bikin badan ketarik kedalam Jok. Handling tidak setajam 308 tetapi masih sangat bagus dan bantingan suspensi lebih empuk MG4, agak mirip CX-30.
Rem 308 masih lebih bagus, tapi MG4 juga sudah cukup buat saya. Hard braking tidak membuat badan terdorong kedepan.
Ini beberapa poin lain
  • Kekedapan kabin 308 sedikit lebih baik.
  • Kontur Jok sama bagusnya dengan 308 dalam menopang punggung, untuk Jok belakang belum coba saat jalan.
  • Fitur-fitur ADAS dan regenerative braking dll tidak saya coba,
  • Kualitas sound so-so, so far HU bawaan audio terbaik masih Mazda 8 di pengalaman saya.
  • Kamera 360 cukup Ok
  • Topspeed kata salesnya sekitar 169kpj, 308 saya pernah sekitar 205kpj. Ini bisa di unlock ga ya? Hehehe...
  • Ban bawaan mobil test drive bagus, sudah pakai Continental UC7, entah unit untuk konsumen..
Nah untuk BYD M6 masih tanda tanya untuk saya, menurut suhu apakah M6 bisa senyaman 8? Meski tampangnya biasa saja, Alasan saya masih mempertahankan 8 sampai hari ini adalah karena memang mobil ini sangat abuse able.. ga kalah bandel dari Innova, nyaman, lega dan masih punya banyak cukup ruang bagasi.
Yang paling penting punya handling mumpuni dan tenaga lebih untuk ngecengin LSUV dan LMPV.. hehe..
Meski FWD, Mazda 8 juga terbukti kuat menanjak diberbagai jalur pegunungan meski full load setidaknya daerah pegunungan di pulau jawa.

Sekilas, kedua mobil di atas itu pakai baterai LFP. Untuk MG baterai bisa diganti cell-nya menurut info sales, meski Entah berapa harga dan biaya tapi setidaknya jadi nilai plus buat saya.
Nah dari 2 opsi, mana yang lebih worth it?
:big_grin:

Atas pendapat suhu sekalian, saya ucapkan terima kasih.
Pertimbangan lain
- Chery Omoda 5 EV
- BYD Dolphin/Atto 3 standar
- Hyundai Kona EV
- Wuling Cloud EV

Ada opsi lain di harga 400, bisa di infokan juga ya..
Mazda CX-3 saya sudah masuk tahun ke 6 dan terbesit untuk ganti mobil baru. Si Mazda ga ngadat atau apapun dan harus diakuin mobil-nya badak juga ga prnh jajan aneh", paling hanya ganti bearing roda belakang. Kaki-kaki dan rack steer mulai lemah tapi ga glodokan gimana. Puas banget pake Mazda, cuman karena banyaq EV berkeliaran dan sebagai early adaptor untuk brand BYD di Indonesia, gambling namun akhirnya nekad memutuskan ambil BYD Dolphin long range di GIIAS 2024 dan inden 3 bulan, sudah dipakai sekitar 6 bulan sekarang dan memang prefer mobil compact size untuk dalam kota yang padat.

Jujur lumayan diluar ekspektasi mobilnya, nyaman (suspensi belakang independen utk long range), kedap, kenceng, BQ interior bagus ga ada rattle, kaki-kaki juga senyap, legaaa ruang kaki belakang, bener-bener all around banget mobilnya utk kebutuhan saya. Designnya juga lucu tapi ga terlalu furturistik, mengingatkan dengan Honda Jazz yang depannya pesek. Kontur jok BYD yg bucket seat (kecuali M6), nyaman banget ngikutin kontur punggung orang asia, jadi berasa pas dan ga bikin pegel. Fiturnya berlimpah dan sensor ADAS nya ga terlalu berisik, saking antengnya itu blind spot ga ada suaranya, paling lampu kedap kedip aja kl ada objek dr samping belakang. Sensornya akan mulai berisik ketika objeknya sudah sangat dekat which is good and bad in certain situation.
Pernah iseng juga ukur ketebalan cat pake alat punya teman dan ternyata tebal juga rata-rata di angka 0.18 - 0.20. Di mobil jepang paling sekitar 0.13 - 0.15 utk di range harga tersebut tp tergantung jenis mobilnya juga.

Sebelum memutuskan ambil BYD Dolphin, sempat melihat beberapa opsi seperti Omoda EV entry level, AION Y, Hyundai Kona, balik lagi feeling nyantol di BYD dengan semua kualitas dan fitur yang didapat.
MG4 EV bagus juga design exteriornya, cuman ketika mau masuk duduk ke dalam, gap dr still plate dalem sampe ke ujung body samping luar (kyk ada side skirt nonjol) lebar banget dan harus agak ngengkang kl mau masuk ke mobil, ini sangat annoying buat saya, design interior juga terlihat plain banget. Mobilnya memang kencang dan nikmat utk dibawa, cuman saya tidak suka ngebut kenceng, toh jalanan jakarta padat dan byq speed cam di tol. Balik lagi ini selera dan setiap orang punya feeling berbeda.

Bagaimana rasa berkendara BYD Dolphin jika dibandingkan dengan Mazda CX-3? tentu saja tidak senikmat mazda dimana terasa artificial dengan feedback setir yang tidak tajam, cuman ketika switch langsung bawa Dolphin, no compain at all. Mungkin krn mobilnya nyaman dan masih forgiving rasa berkendara-nya, suspensi Independent juga salah satu pengaruh penting.
Apakah menyesal pakai EV dan mobilnya? Tentu saja tidak, tapi dengan catatan jangan mikir resale value yang masih grey area sampe sekarang. Sukur-sukur nanti dijual masih ada harga yang lumayan. Charger hanya di rumah dan sangat menghindari fast charging untuk menjaga battery health nya jangka panjang. Charge mobil juga diusahakan harus full, jangan charge 2-3 jam cabut karena setelah beberapa minggu di layar spedometer akan kluar notif battery tidak balance dan minta di charge full.

Downside-nya;
- Pilar A tebal dan blind spot-nya lumayan banyak walaupun kaca lebar. Mazda CX-3 yang ukuran kaca lbh kecil tapi lbh minim blindpsot.
- Kualitas Audio mobil China ntah knapa suaranya ga bulet dan konsisten walaupun yg branded skalipun. Ga padat
- Jendela tetap bisa dibuka walaupun sudah di lock, ternyata ini hanya untuk kaca penumpang blakang saja yg di lock
- Blind spot-nya ga ada suara ketika ada objek dr samping, hanya lampu kedap kedip di spion. Ini sudah dikonsultasikan dengan teknisi ketika service pertama dan memang belum ada settingan tsb

Semoga membantu short review dari saya.
Thanks Om review singkatnya.. rencana weekend ini mau TD entah M6 atau Dolphin.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by Pugman »

Miracle9000 wrote: Tue Apr 15, 2025 3:34
Pugman wrote: Tue Apr 15, 2025 0:59
Miracle9000 wrote: Mon Apr 14, 2025 18:13 Saya punya MG4, temen kantor punya M6.

MG4 itu rangenya nggak 400km. Kalo tanpa pake AC mungkin bisa. Saya charge 100%, mobil nyala range tertulis 421 km (waktu baru 425 km). Nyalain ac, berkurang sekitar 50km-an. Sejauh ini saya pernah coba 100% - 10% cuma dpt 350an km. Blm berani test lebih jauh lg sih. Ban jg bukan conti uc7. Dia conti, tp comfortcontact, alias entry level. Ya so so aja ban nya, nothing special.

Kalo naikan, jujur enakan MG4 dibanding M6, karena saya udah coba 2-2 jd saya bs ngomong. Saya dr fortuner vrz, turun ke MG4, enak, suspension oke. Om saya yg punya 7 series & porsche macan aja ngakuin kalo suspension MG4 ini cukup oke untuk range harga segini. Boot space ya cukupan lah nothing special. Driving experience, oke lah buat kota2 enak. Di tol klo manuver lawan lane hogger jg enak.

Temen saya M6, dari rush trd 2018, kalo testi dia sih improve jauh dr rush nya, tapi ya tau sendiri rush mobil kyk apa. Bagasi jg kalo bangku dipake semua, gk gede2 amat. Interior jg kesannya agak jadul klo menurut saya. Lebih mirip mobil keluaran 2010 awal feel nya.
Wha thanks insight'nya Om.. maaf tanya lagi Om, sudah pernah pakai keluar kota jarak menengah seperti Bandung, Cirebon atau Semarang? Seberapa beda iritnya kalau dia dipakai dalam kota dan luar kota? Kalau mobil ICE non hybrid kan di tol bakal jauh lebih irit. Biaya charging di rumah dari 10-100% kisaran berapa Om? Dan di SPKLU standar charging berapa?

Bagasi iya, ini tidak sebesar 308 saya. Tapi sepertinya cukup seh ini bawa belanjaan hehe..
Untuk kenyamanan memang MG4 ini tidak hilang jejak Eropanya, saya juga TD yang ZS EV kemarin, secara ride, meski nyaman tapi ZS berasa limbungnya, mirip X-Trail T32, meski di dalam kabin ZS ini terasa lebih solid tetapi untuk berkendara, MG4 itu lebih komplit. Nyaman dan handlingnya jauh lebih Ok.
Minggu ini, saya rencana mau TD M6 juga atau Dolphin..
rutin dipake PP malang - surabaya om mobilnya. overall, tergantung jalan. kalo banyak nanjak boros (rute surabaya - malang), kalo rute banyak turunan (malang - surabaya), lebih irit. kalo bawanya kenceng, makin boros lagi. kurang lebih sama sih dalam kota dan luar kota konsumsi batrenya. charging saya gak bayar om. wall charging pasang di pabrik, jadi free ngikut listrik pabrik hehehe. kalo 10 - 100% sih kurang lebih makan 50 kwh ya (ada loss 10%, jadi masuk ke mobil antara 45 - 46 kwh). tinggal kali aja 50 kwh dengan tarif listrik nya. SPKLU rata2 sih kalo di tol 60kwh. tapi ada beberapa di aplikasi yg tertulis 60 kwh, tapi kalo dia charge 2 mobil di 1 charger, jadi kebagi 2, masing2 mobil dptnya 30kwh - an. ane jg baru tau kemarin karena waktu charge ada ioniq 5 jg lg charge di charger 60 kwh (1 station 2 port), masuk di mobil saya 30 kwh. begitu ioniq nya cabut, baru dapet full 60kwh. ada jg charger yg tertulis 50 kwh, tapi waktu ane charge malah masuk 80 kwh, ternyata kalo port sebelahnya kosong, dia kasih full 100 kwh.
I see Om.. berarti si Om daerah Jawa Timur ya..

Untuk charging speed, kalau kebagi gitu, berarti trafo daya untuk SPKLU yang dipakai disitu ga terlalu besar. Mungkin ga sampai 1000kVA.
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 581
Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by marzoochi »

Salvanost wrote: Tue Apr 15, 2025 18:21 Punya m6
Habis ngebut 165km/jam
Lurus sih enak...
Tapi pas belok dikit ga ada enaknya sama sekali...
Kerasa ringan bodynya ga kaya nempel jalanan

Enakan ngebut kecepatan sama make outlander sport masih kerasa nempel sama jalanan
Sharing dari temen yang pasang rigid collar di BYD M6, limbung berkurang dan peredaman jadi lebih baik.
Dia beli Rigid collar di Toped dan pasang di Oom Satria
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: MG 4EV atau BYD M6

Post by kendibocor »

Pugman wrote: Wed Apr 16, 2025 16:12
Thanks Om infonya.. btw kalau saya pakai harga charging tertinggi 1700 untuk 50KWH berarti sekali charging kalau di rumah ga sampai 100rb ya Om?
Mungkin M6 ini ibarat Avanza-nya mobil listrik ya.. memang paling worth it menurut saya untuk kelas 7 seater
Ga nyampe om. 1700 x 51 kwh cuman 86.700. Ngisi diatas jam 22.00 nanti akhir bulan dpt cashback 30%. Jadi kalo charge malem terus sekali ngecharge cuman 61rb.
Kalo ane pribadi ngecompare dulu pake ice di rute yg sama ngisi bensin rata2 sebulan 1,3-1,5 jt. Skrng cuman 300-400rb dikurangin cashback 30%. Jadi ya kurleb sebulan 200-300rb lah bersihnya. Pajak mbl dari 10 jt jadi 150rb :big_biglaugh:
Kalo ngitung skrng EV vs mbl ICE yg digantiinnya, setahun estimasi hemat kurleb bisa nyampe 30 jt an. Makanya kalo ni mbl awet sampe 10 thn ya dah impas. Kalo bisa 15 thn dah untung banget. Mudah2an aja claim baterenya yg jgn sampe drama. Tau sendiri perlundungan konsumen di konoha.

Selama pake dalkot ga pernah pusing mikirin range segala. Batere sisa 30-40% colok aja malem besoknya dah penuh lg.