Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by kayukayuthe5th »

dany_pos wrote: Mon Apr 21, 2025 22:59
kayukayuthe5th wrote: Sun Apr 20, 2025 7:13
JATCO Ok? :big_think:
kalo honda itu yang sering masalah beltnya problem is dimasa si mibe-san ini fokus dev. gajelas, bikin EV plin plan. pengan fokus mobilitas selalu terkendala ama capital honda yang di inland doi juga ga segede taun 90-2000an.
Klo sepengalaman gw ya om. Untuk menilai beginian kacamata hater/fanboy mesti kita lepas dulu, biar fair n netral. ini mitsu os gw belinya tahun 2013 sampai skrg udah 280rb km masih fine. Malah tmn2 sekitar gw yg ngalamin rusak cvt parah itu sienta, almaz, brv ama harrier gen 3. Tapi ya ga bisa jadi acuan klo cvt merek lain itu lebih jelek, karena ini kan barang bergerak ya, banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan seperti cara penggunaan, perawatan, dsb. Maksud gw ya itu, di jaman serba cvt ya rasanya jatco ga jelek kok dibanding cvt merek lain, klo dulu mgkn orang2 compare nya ke at biasa, makanya terlihat lebih ringkih. Bukan fans jatco ataupun nissan
klo gwa kebalikan, nissan masih 5-6 tahun CVT (vonis premature wear, mirip2 kasus di LN) cman yah mungkin dapet "apes" aja sih.
tapi kalo not bad secara performa sih
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by b0ku »

dany_pos wrote: Mon Apr 21, 2025 22:59 Klo sepengalaman gw ya om. Untuk menilai beginian kacamata hater/fanboy mesti kita lepas dulu, biar fair n netral. ini mitsu os gw belinya tahun 2013 sampai skrg udah 280rb km masih fine. Malah tmn2 sekitar gw yg ngalamin rusak cvt parah itu sienta, almaz, brv ama harrier gen 3. Tapi ya ga bisa jadi acuan klo cvt merek lain itu lebih jelek, karena ini kan barang bergerak ya, banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan seperti cara penggunaan, perawatan, dsb. Maksud gw ya itu, di jaman serba cvt ya rasanya jatco ga jelek kok dibanding cvt merek lain, klo dulu mgkn orang2 compare nya ke at biasa, makanya terlihat lebih ringkih. Bukan fans jatco ataupun nissan
justru CVT mitsu salah satu yang bandel mirage outlander gak pernah denger cerita horor batumakam, honda toyota ahh sudahlah lagian setau saya paling enak juga IVTnya hyundei :big_grin:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Mon Apr 21, 2025 14:12 oh jelas haha cman mark X wadidaw itu cari sparrerpart slow moving

yah emang , nissan itu kaia analogi "orang pinter tapi susah ngejelasin ke orang" :big_slap:
teana juga susah om deck bawah bemper saya ilang aja susah nyari partsnya :big_dunno:

mendingan MARK X parts modifnya banyak bonus RWD keknya V6 fwd juga kurang greget emang bener kudu beli markx

tapi mendingan nambah 2 silinder lagi aja deh j100 :big_grin:

ini teana ane lagi jual kok 128jt record nissan cuma fanbelt aja yang musti ganti sama tensionernya :mky_03:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Tue Apr 22, 2025 1:08
dany_pos wrote: Mon Apr 21, 2025 22:59 Klo sepengalaman gw ya om. Untuk menilai beginian kacamata hater/fanboy mesti kita lepas dulu, biar fair n netral. ini mitsu os gw belinya tahun 2013 sampai skrg udah 280rb km masih fine. Malah tmn2 sekitar gw yg ngalamin rusak cvt parah itu sienta, almaz, brv ama harrier gen 3. Tapi ya ga bisa jadi acuan klo cvt merek lain itu lebih jelek, karena ini kan barang bergerak ya, banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan seperti cara penggunaan, perawatan, dsb. Maksud gw ya itu, di jaman serba cvt ya rasanya jatco ga jelek kok dibanding cvt merek lain, klo dulu mgkn orang2 compare nya ke at biasa, makanya terlihat lebih ringkih. Bukan fans jatco ataupun nissan
justru CVT mitsu salah satu yang bandel mirage outlander gak pernah denger cerita horor batumakam, honda toyota ahh sudahlah lagian setau saya paling enak juga IVTnya hyundei :big_grin:
IVT hyundai mirip kyk subaru, beltnya pk Rantai keteng
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Tue Apr 22, 2025 1:16
IVT hyundai mirip kyk subaru, beltnya pk Rantai keteng
iya om berasa banget itu kayak rante di tarik2x ipar saya pake creta soalnya :big_biglaugh:

kalo cvt biasaberasa kek karet gelang ditarik kalo ivt kek jangkar :mky_07:
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by adty »

b0ku wrote: Tue Apr 22, 2025 1:08
dany_pos wrote: Mon Apr 21, 2025 22:59 Klo sepengalaman gw ya om. Untuk menilai beginian kacamata hater/fanboy mesti kita lepas dulu, biar fair n netral. ini mitsu os gw belinya tahun 2013 sampai skrg udah 280rb km masih fine. Malah tmn2 sekitar gw yg ngalamin rusak cvt parah itu sienta, almaz, brv ama harrier gen 3. Tapi ya ga bisa jadi acuan klo cvt merek lain itu lebih jelek, karena ini kan barang bergerak ya, banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan seperti cara penggunaan, perawatan, dsb. Maksud gw ya itu, di jaman serba cvt ya rasanya jatco ga jelek kok dibanding cvt merek lain, klo dulu mgkn orang2 compare nya ke at biasa, makanya terlihat lebih ringkih. Bukan fans jatco ataupun nissan
justru CVT mitsu salah satu yang bandel mirage outlander gak pernah denger cerita horor batumakam, honda toyota ahh sudahlah lagian setau saya paling enak juga IVTnya hyundei :big_grin:
CVTnya Mitsu bukannya sama2 Jatco seperti punya batumakam ya oom?
Penikmat roti tawar beroda
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by b0ku »

adty wrote: Tue Apr 22, 2025 2:39
CVTnya Mitsu bukannya sama2 Jatco seperti punya batumakam ya oom?
ntah kenapa batumakam sering banget putus belt di livina, xtrail sama serena :big_dunno:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Tue Apr 22, 2025 1:08
dany_pos wrote: Mon Apr 21, 2025 22:59 Klo sepengalaman gw ya om. Untuk menilai beginian kacamata hater/fanboy mesti kita lepas dulu, biar fair n netral. ini mitsu os gw belinya tahun 2013 sampai skrg udah 280rb km masih fine. Malah tmn2 sekitar gw yg ngalamin rusak cvt parah itu sienta, almaz, brv ama harrier gen 3. Tapi ya ga bisa jadi acuan klo cvt merek lain itu lebih jelek, karena ini kan barang bergerak ya, banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan seperti cara penggunaan, perawatan, dsb. Maksud gw ya itu, di jaman serba cvt ya rasanya jatco ga jelek kok dibanding cvt merek lain, klo dulu mgkn orang2 compare nya ke at biasa, makanya terlihat lebih ringkih. Bukan fans jatco ataupun nissan
justru CVT mitsu salah satu yang bandel mirage outlander gak pernah denger cerita horor batumakam, honda toyota ahh sudahlah lagian setau saya paling enak juga IVTnya hyundei :big_grin:
D-CVT mayan juga. mirage yes badak itu transmisi lupa ganti oltrans aja masih alus2 bae dulu sodara pernah miara
IVT enak tapi krg badak karena doi pake chain, terutama sekali kena elektrikal (klasik SoKor problem, selalu kasih perkabelan bareng ama jalur transmisi)
https://www.100kpj.com/mobil/17658-buka ... ndai-creta
https://www.carcomplaints.com/news/2024 ... lity.shtml
adty wrote: Tue Apr 22, 2025 2:39
b0ku wrote: Tue Apr 22, 2025 1:08
dany_pos wrote: Mon Apr 21, 2025 22:59 Klo sepengalaman gw ya om. Untuk menilai beginian kacamata hater/fanboy mesti kita lepas dulu, biar fair n netral. ini mitsu os gw belinya tahun 2013 sampai skrg udah 280rb km masih fine. Malah tmn2 sekitar gw yg ngalamin rusak cvt parah itu sienta, almaz, brv ama harrier gen 3. Tapi ya ga bisa jadi acuan klo cvt merek lain itu lebih jelek, karena ini kan barang bergerak ya, banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan seperti cara penggunaan, perawatan, dsb. Maksud gw ya itu, di jaman serba cvt ya rasanya jatco ga jelek kok dibanding cvt merek lain, klo dulu mgkn orang2 compare nya ke at biasa, makanya terlihat lebih ringkih. Bukan fans jatco ataupun nissan
justru CVT mitsu salah satu yang bandel mirage outlander gak pernah denger cerita horor batumakam, honda toyota ahh sudahlah lagian setau saya paling enak juga IVTnya hyundei :big_grin:
CVTnya Mitsu bukannya sama2 Jatco seperti punya batumakam ya oom?
sama2 JATCO beda series part
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Tue Apr 22, 2025 1:11
kayukayuthe5th wrote: Mon Apr 21, 2025 14:12 oh jelas haha cman mark X wadidaw itu cari sparrerpart slow moving

yah emang , nissan itu kaia analogi "orang pinter tapi susah ngejelasin ke orang" :big_slap:
teana juga susah om deck bawah bemper saya ilang aja susah nyari partsnya :big_dunno:

mendingan MARK X parts modifnya banyak bonus RWD keknya V6 fwd juga kurang greget emang bener kudu beli markx

tapi mendingan nambah 2 silinder lagi aja deh j100 :big_grin:

ini teana ane lagi jual kok 128jt record nissan cuma fanbelt aja yang musti ganti sama tensionernya :mky_03:
yes soalnya waktu itu nissan tiba2 discontinue semua lini sedan global, cima, fuga, altima, maxima. sayang padahal sedan ini good

mark x mah kalo omong modifan banyak, cman ori part susah sih.
User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by Harchi »

b0ku wrote: Tue Apr 22, 2025 2:55
adty wrote: Tue Apr 22, 2025 2:39
CVTnya Mitsu bukannya sama2 Jatco seperti punya batumakam ya oom?
ntah kenapa batumakam sering banget putus belt di livina, xtrail sama serena :big_dunno:
Blm pernah denger CVT mereka putus sih, rusak atau jebol iya. Tipe rusaknya beda. Yg putus biasanya bukannya alphard n honda2? Enaknya dulu waktu pake t31 ada limp mode klo udah panas, buat cegah rusak. Btw CVT outlander sport itu jatco jf011e, sama kyk t31
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by adty »

Harchi wrote: Tue Apr 22, 2025 4:19
b0ku wrote: Tue Apr 22, 2025 2:55
adty wrote: Tue Apr 22, 2025 2:39
CVTnya Mitsu bukannya sama2 Jatco seperti punya batumakam ya oom?
ntah kenapa batumakam sering banget putus belt di livina, xtrail sama serena :big_dunno:
Blm pernah denger CVT mereka putus sih, rusak atau jebol iya. Tipe rusaknya beda. Yg putus biasanya bukannya alphard n honda2? Enaknya dulu waktu pake t31 ada limp mode klo udah panas, buat cegah rusak. Btw CVT outlander sport itu jatco jf011e, sama kyk t31
Nah seinget saya CVT batumakam rental jebol di gen T31/C25, terutama T31 yang 2.5. T31 saya juga jebol soalnya CVTnya tapi memang gara2 telat ganti oli CVT. Gen T32/C26 setau saya lebih kuat CVTnya tapi memang rentan masuk ke limp mode.

Belajar dari pakai T31 dulu, sekarang saya pakai OS jadi lebih care perkara ganti oli CVT, daripada jebol lagi :big_slap:
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by sahabatq8 »

b0ku wrote: Tue Apr 22, 2025 1:08
dany_pos wrote: Mon Apr 21, 2025 22:59 Klo sepengalaman gw ya om. Untuk menilai beginian kacamata hater/fanboy mesti kita lepas dulu, biar fair n netral. ini mitsu os gw belinya tahun 2013 sampai skrg udah 280rb km masih fine. Malah tmn2 sekitar gw yg ngalamin rusak cvt parah itu sienta, almaz, brv ama harrier gen 3. Tapi ya ga bisa jadi acuan klo cvt merek lain itu lebih jelek, karena ini kan barang bergerak ya, banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan seperti cara penggunaan, perawatan, dsb. Maksud gw ya itu, di jaman serba cvt ya rasanya jatco ga jelek kok dibanding cvt merek lain, klo dulu mgkn orang2 compare nya ke at biasa, makanya terlihat lebih ringkih. Bukan fans jatco ataupun nissan
justru CVT mitsu salah satu yang bandel mirage outlander gak pernah denger cerita horor batumakam, honda toyota ahh sudahlah lagian setau saya paling enak juga IVTnya hyundei :big_grin:
Iya rasanya chain CVT kyk subaru hyundai menang lebih responsifnya, gak ada rasa rubber banding cvt biasa.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by sahabatq8 »

adty wrote: Tue Apr 22, 2025 4:46
Harchi wrote: Tue Apr 22, 2025 4:19
b0ku wrote: Tue Apr 22, 2025 2:55

ntah kenapa batumakam sering banget putus belt di livina, xtrail sama serena :big_dunno:
Blm pernah denger CVT mereka putus sih, rusak atau jebol iya. Tipe rusaknya beda. Yg putus biasanya bukannya alphard n honda2? Enaknya dulu waktu pake t31 ada limp mode klo udah panas, buat cegah rusak. Btw CVT outlander sport itu jatco jf011e, sama kyk t31
Nah seinget saya CVT batumakam rental jebol di gen T31/C25, terutama T31 yang 2.5. T31 saya juga jebol soalnya CVTnya tapi memang gara2 telat ganti oli CVT. Gen T32/C26 setau saya lebih kuat CVTnya tapi memang rentan masuk ke limp mode.

Belajar dari pakai T31 dulu, sekarang saya pakai OS jadi lebih care perkara ganti oli CVT, daripada jebol lagi :big_slap:
T32 ada cvt warmer/coolernya soalnya. Saat suhu CVT diatas suhu coolant jadi mendinginkan .
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by b0ku »

sahabatq8 wrote: Tue Apr 22, 2025 5:00
adty wrote: Tue Apr 22, 2025 4:46
Harchi wrote: Tue Apr 22, 2025 4:19

Blm pernah denger CVT mereka putus sih, rusak atau jebol iya. Tipe rusaknya beda. Yg putus biasanya bukannya alphard n honda2? Enaknya dulu waktu pake t31 ada limp mode klo udah panas, buat cegah rusak. Btw CVT outlander sport itu jatco jf011e, sama kyk t31
Nah seinget saya CVT batumakam rental jebol di gen T31/C25, terutama T31 yang 2.5. T31 saya juga jebol soalnya CVTnya tapi memang gara2 telat ganti oli CVT. Gen T32/C26 setau saya lebih kuat CVTnya tapi memang rentan masuk ke limp mode.

Belajar dari pakai T31 dulu, sekarang saya pakai OS jadi lebih care perkara ganti oli CVT, daripada jebol lagi :big_slap:
T32 ada cvt warmer/coolernya soalnya. Saat suhu CVT diatas suhu coolant jadi mendinginkan .
t32 gak ada om saya punya di pakein aftermaket kemaren kalo asli gak ada lagian gara2x pasang atf coller malahan gabus di bemper saya ilang :big_dunno:


ya gimana gak jebol juga si kayak t32 saya lsg flushing di 60rb di recordnya iya si kalo di cek masih bening olinya waktu ud jalan 30rban :big_dunno:

kalo serena si pernah ngalamin jebol di c26 malahan :big_bored:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by sahabatq8 »

b0ku wrote: Tue Apr 22, 2025 5:12
sahabatq8 wrote: Tue Apr 22, 2025 5:00
adty wrote: Tue Apr 22, 2025 4:46

Nah seinget saya CVT batumakam rental jebol di gen T31/C25, terutama T31 yang 2.5. T31 saya juga jebol soalnya CVTnya tapi memang gara2 telat ganti oli CVT. Gen T32/C26 setau saya lebih kuat CVTnya tapi memang rentan masuk ke limp mode.

Belajar dari pakai T31 dulu, sekarang saya pakai OS jadi lebih care perkara ganti oli CVT, daripada jebol lagi :big_slap:
T32 ada cvt warmer/coolernya soalnya. Saat suhu CVT diatas suhu coolant jadi mendinginkan .
t32 gak ada om saya punya di pakein aftermaket kemaren kalo asli gak ada lagian gara2x pasang atf coller malahan gabus di bemper saya ilang :big_dunno:


ya gimana gak jebol juga si kayak t32 saya lsg flushing di 60rb di recordnya iya si kalo di cek masih bening olinya waktu ud jalan 30rban :big_dunno:

kalo serena si pernah ngalamin jebol di c26 malahan :big_bored:
Lho kok, tahun berapa om?

Saya punya 2500c tahun 2015 ada loh, soalnya ada filternya juga.
Screenshot_20250422_124251.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by b0ku »

sahabatq8 wrote: Tue Apr 22, 2025 5:49 Lho kok, tahun berapa om?

Saya punya 2500c tahun 2015 ada loh, soalnya ada filternya juga.

Screenshot_20250422_124251.jpg
OHH itu mah oil coller punya engine om bukan atf kalo atf biasanya ikut radiator semua mobil pasti ada makannya mobil at sama mt beda radiatornya :mky_03:

nah itu anehnya nissan om pake oilcoller buat mesin mungkin gak bagus sirkulasi olinya itu oil coller juga nyebelin suka bocor gak bisa di repair kalo ganti segelondong lumayan :big_bored:

t31 temen saya soalnya kena itu :big_bored:

Image

maksud saya si yang ini om saya juga pernah masang di pajero soalnya



gak tau ya kalo di matic ada cuma harusnya kurang effektif juga soalnya saya ud jual beberapa nissan di pasangin atf coller kek gini dari serena juke terakhir ya xtrail saya sendiri :big_think:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by sahabatq8 »

b0ku wrote: Tue Apr 22, 2025 6:08
sahabatq8 wrote: Tue Apr 22, 2025 5:49 Lho kok, tahun berapa om?

Saya punya 2500c tahun 2015 ada loh, soalnya ada filternya juga.

Screenshot_20250422_124251.jpg
OHH itu mah oil coller punya engine om bukan atf kalo atf biasanya ikut radiator semua mobil pasti ada makannya mobil at sama mt beda radiatornya :mky_03:

nah itu anehnya nissan om pake oilcoller buat mesin mungkin gak bagus sirkulasi olinya itu oil coller juga nyebelin suka bocor gak bisa di repair kalo ganti segelondong lumayan :big_bored:

t31 temen saya soalnya kena itu :big_bored:

Image

maksud saya si yang ini om saya juga pernah masang di pajero soalnya



gak tau ya kalo di matic ada cuma harusnya kurang effektif juga soalnya saya ud jual beberapa nissan di pasangin atf coller kek gini dari serena juke terakhir ya xtrail saya sendiri :big_think:
Bukan kok om itu ada 4 jalur. Yang 2 in out cvtf (soalnya kalo flushing pake atf changer itu jalurnya lewat sini) yang 2 lagi in out coolant. Cuma memang sebenernya ini bukan pure cooler, ini warmer/cooler soalnya, cara kerjanya supaya cvtf mendekati suhu coolant equilibriumnya. Misalnya cvtf panas (diatas suhu coolant 89c otomatis ya efeknya mendinginkan) , sebaliknya kalo coolant lebih panas dari cvtf ya dia akan membuat cvtf lebih panas.
Kalo yang di diagram om itu memang oil cooler mesin beda part
Screenshot_20250422_140843.jpg

Ini cuma kalo ga salah cuma ada di t32 yang 2500cc. Untuk daily mah cukup bgt kok tinggal di pair sama oli cvtf yang bagusan aja supaya gak terlalu mengencer. Saya sih pake Q8 CVT EVO suhunya stabil, paling panas kalo banyak nanjak juga blom pernah sampe 100+ c cuma sayangnya pas pake ns3 belom punya scanner obd jadi gak punya data pembanding. Cuma yang saya rasain pas masih ns3 itu kalo banyak nanjak lama lama cvtnya lebih selip.

Kalo yang om pasang itu purely atf cooler kan ya g kyk haydn gitu ya? dia basically pake airflow buat mendinginkan cvtf yang lewat (in outnya cuma 2 kan buat oli , gak ada jalur coolant). Lebih efektif buat mendinginkan CVTF.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by kayukayuthe5th »

WAIT WHAT!?!?!?!
"clue" NSX ama GTR (next gen) share platform, MERGER RESUMED?!?!?!?
https://www.team-bhp.com/news/new-gen-n ... -acura-nsx
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by severmaya »

b0ku wrote: Tue Apr 22, 2025 5:12
sahabatq8 wrote: Tue Apr 22, 2025 5:00
adty wrote: Tue Apr 22, 2025 4:46

Nah seinget saya CVT batumakam rental jebol di gen T31/C25, terutama T31 yang 2.5. T31 saya juga jebol soalnya CVTnya tapi memang gara2 telat ganti oli CVT. Gen T32/C26 setau saya lebih kuat CVTnya tapi memang rentan masuk ke limp mode.

Belajar dari pakai T31 dulu, sekarang saya pakai OS jadi lebih care perkara ganti oli CVT, daripada jebol lagi :big_slap:
T32 ada cvt warmer/coolernya soalnya. Saat suhu CVT diatas suhu coolant jadi mendinginkan .
t32 gak ada om saya punya di pakein aftermaket kemaren kalo asli gak ada lagian gara2x pasang atf coller malahan gabus di bemper saya ilang :big_dunno:


ya gimana gak jebol juga si kayak t32 saya lsg flushing di 60rb di recordnya iya si kalo di cek masih bening olinya waktu ud jalan 30rban :big_dunno:

kalo serena si pernah ngalamin jebol di c26 malahan :big_bored:
Punya om tahun berapa? Yang keluaran awal itu ada om.. Di depan kondensor.. Di sebelah kanan kalau ga salah.
Di atas 2016 itu cvt cooler dihilangin sama nissan sini.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by b0ku »

severmaya wrote: Wed Apr 23, 2025 4:54
Punya om tahun berapa? Yang keluaran awal itu ada om.. Di depan kondensor.. Di sebelah kanan kalau ga salah.
Di atas 2016 itu cvt cooler dihilangin sama nissan sini.
ada fotonya om diatas 2015 punya saya saya ngintip unit laen pada gak ada om cuma saya doank :big_think:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by kayukayuthe5th »

DETAIL UPCOMING EV HONDA CHINA :
Baterai : CATL (obv.), SOC : Momenta (ini toyota juga pake) , OS : DEEPSEEK driven
https://global.honda/en/newsroom/news/2 ... atest_area
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by Jenson »

ngomong2 CVT mitsu apakabar nih cvt dia d mobil sejuta umat xpandir, uda mau masuk 3 taun CMIIW sejak d launch. Apakah uda mulai ada info2 jebol?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Wed Apr 23, 2025 9:26 DETAIL UPCOMING EV HONDA CHINA :
Baterai : CATL (obv.), SOC : Momenta (ini toyota juga pake) , OS : DEEPSEEK driven
https://global.honda/en/newsroom/news/2 ... atest_area
kusut dah honda siap2x flop aja itumah :mky_07:

jelek banget lagi EVnya :wkkk:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by Suryaputra »

Jenson wrote: Wed Apr 23, 2025 9:37 ngomong2 CVT mitsu apakabar nih cvt dia d mobil sejuta umat xpandir, uda mau masuk 3 taun CMIIW sejak d launch. Apakah uda mulai ada info2 jebol?
Br 3 tahun
Nanti br kedenger biasanya setelah 5-10 tahun
Atau klo ada kepentingan tertentu dr kompetitor, bisa digoreng viral :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Mode darurat Nissan, umur hanya 12-14 bulan lagi atau dibeli Honda ?

Post by ariswp »

Jenson wrote: Wed Apr 23, 2025 9:37 ngomong2 CVT mitsu apakabar nih cvt dia d mobil sejuta umat xpandir, uda mau masuk 3 taun CMIIW sejak d launch. Apakah uda mulai ada info2 jebol?
Denger2 cvt di xpander itu pake punya aisin, bukan jatco lagi
Benar ga ya?
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08