Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
kayukayuthe5th wrote: Sun Apr 20, 2025 7:13
JATCO Ok?
kalo honda itu yang sering masalah beltnya problem is dimasa si mibe-san ini fokus dev. gajelas, bikin EV plin plan. pengan fokus mobilitas selalu terkendala ama capital honda yang di inland doi juga ga segede taun 90-2000an.
Klo sepengalaman gw ya om. Untuk menilai beginian kacamata hater/fanboy mesti kita lepas dulu, biar fair n netral. ini mitsu os gw belinya tahun 2013 sampai skrg udah 280rb km masih fine. Malah tmn2 sekitar gw yg ngalamin rusak cvt parah itu sienta, almaz, brv ama harrier gen 3. Tapi ya ga bisa jadi acuan klo cvt merek lain itu lebih jelek, karena ini kan barang bergerak ya, banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan seperti cara penggunaan, perawatan, dsb. Maksud gw ya itu, di jaman serba cvt ya rasanya jatco ga jelek kok dibanding cvt merek lain, klo dulu mgkn orang2 compare nya ke at biasa, makanya terlihat lebih ringkih. Bukan fans jatco ataupun nissan
klo gwa kebalikan, nissan masih 5-6 tahun CVT (vonis premature wear, mirip2 kasus di LN) cman yah mungkin dapet "apes" aja sih.
tapi kalo not bad secara performa sih
dany_pos wrote: Mon Apr 21, 2025 22:59
Klo sepengalaman gw ya om. Untuk menilai beginian kacamata hater/fanboy mesti kita lepas dulu, biar fair n netral. ini mitsu os gw belinya tahun 2013 sampai skrg udah 280rb km masih fine. Malah tmn2 sekitar gw yg ngalamin rusak cvt parah itu sienta, almaz, brv ama harrier gen 3. Tapi ya ga bisa jadi acuan klo cvt merek lain itu lebih jelek, karena ini kan barang bergerak ya, banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan seperti cara penggunaan, perawatan, dsb. Maksud gw ya itu, di jaman serba cvt ya rasanya jatco ga jelek kok dibanding cvt merek lain, klo dulu mgkn orang2 compare nya ke at biasa, makanya terlihat lebih ringkih. Bukan fans jatco ataupun nissan
justru CVT mitsu salah satu yang bandel mirage outlander gak pernah denger cerita horor batumakam, honda toyota ahh sudahlah lagian setau saya paling enak juga IVTnya hyundei
dany_pos wrote: Mon Apr 21, 2025 22:59
Klo sepengalaman gw ya om. Untuk menilai beginian kacamata hater/fanboy mesti kita lepas dulu, biar fair n netral. ini mitsu os gw belinya tahun 2013 sampai skrg udah 280rb km masih fine. Malah tmn2 sekitar gw yg ngalamin rusak cvt parah itu sienta, almaz, brv ama harrier gen 3. Tapi ya ga bisa jadi acuan klo cvt merek lain itu lebih jelek, karena ini kan barang bergerak ya, banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan seperti cara penggunaan, perawatan, dsb. Maksud gw ya itu, di jaman serba cvt ya rasanya jatco ga jelek kok dibanding cvt merek lain, klo dulu mgkn orang2 compare nya ke at biasa, makanya terlihat lebih ringkih. Bukan fans jatco ataupun nissan
justru CVT mitsu salah satu yang bandel mirage outlander gak pernah denger cerita horor batumakam, honda toyota ahh sudahlah lagian setau saya paling enak juga IVTnya hyundei
IVT hyundai mirip kyk subaru, beltnya pk Rantai keteng
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dany_pos wrote: Mon Apr 21, 2025 22:59
Klo sepengalaman gw ya om. Untuk menilai beginian kacamata hater/fanboy mesti kita lepas dulu, biar fair n netral. ini mitsu os gw belinya tahun 2013 sampai skrg udah 280rb km masih fine. Malah tmn2 sekitar gw yg ngalamin rusak cvt parah itu sienta, almaz, brv ama harrier gen 3. Tapi ya ga bisa jadi acuan klo cvt merek lain itu lebih jelek, karena ini kan barang bergerak ya, banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan seperti cara penggunaan, perawatan, dsb. Maksud gw ya itu, di jaman serba cvt ya rasanya jatco ga jelek kok dibanding cvt merek lain, klo dulu mgkn orang2 compare nya ke at biasa, makanya terlihat lebih ringkih. Bukan fans jatco ataupun nissan
justru CVT mitsu salah satu yang bandel mirage outlander gak pernah denger cerita horor batumakam, honda toyota ahh sudahlah lagian setau saya paling enak juga IVTnya hyundei
CVTnya Mitsu bukannya sama2 Jatco seperti punya batumakam ya oom?
dany_pos wrote: Mon Apr 21, 2025 22:59
Klo sepengalaman gw ya om. Untuk menilai beginian kacamata hater/fanboy mesti kita lepas dulu, biar fair n netral. ini mitsu os gw belinya tahun 2013 sampai skrg udah 280rb km masih fine. Malah tmn2 sekitar gw yg ngalamin rusak cvt parah itu sienta, almaz, brv ama harrier gen 3. Tapi ya ga bisa jadi acuan klo cvt merek lain itu lebih jelek, karena ini kan barang bergerak ya, banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan seperti cara penggunaan, perawatan, dsb. Maksud gw ya itu, di jaman serba cvt ya rasanya jatco ga jelek kok dibanding cvt merek lain, klo dulu mgkn orang2 compare nya ke at biasa, makanya terlihat lebih ringkih. Bukan fans jatco ataupun nissan
justru CVT mitsu salah satu yang bandel mirage outlander gak pernah denger cerita horor batumakam, honda toyota ahh sudahlah lagian setau saya paling enak juga IVTnya hyundei
dany_pos wrote: Mon Apr 21, 2025 22:59
Klo sepengalaman gw ya om. Untuk menilai beginian kacamata hater/fanboy mesti kita lepas dulu, biar fair n netral. ini mitsu os gw belinya tahun 2013 sampai skrg udah 280rb km masih fine. Malah tmn2 sekitar gw yg ngalamin rusak cvt parah itu sienta, almaz, brv ama harrier gen 3. Tapi ya ga bisa jadi acuan klo cvt merek lain itu lebih jelek, karena ini kan barang bergerak ya, banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan seperti cara penggunaan, perawatan, dsb. Maksud gw ya itu, di jaman serba cvt ya rasanya jatco ga jelek kok dibanding cvt merek lain, klo dulu mgkn orang2 compare nya ke at biasa, makanya terlihat lebih ringkih. Bukan fans jatco ataupun nissan
justru CVT mitsu salah satu yang bandel mirage outlander gak pernah denger cerita horor batumakam, honda toyota ahh sudahlah lagian setau saya paling enak juga IVTnya hyundei
CVTnya Mitsu bukannya sama2 Jatco seperti punya batumakam ya oom?
adty wrote: Tue Apr 22, 2025 2:39
CVTnya Mitsu bukannya sama2 Jatco seperti punya batumakam ya oom?
ntah kenapa batumakam sering banget putus belt di livina, xtrail sama serena
Blm pernah denger CVT mereka putus sih, rusak atau jebol iya. Tipe rusaknya beda. Yg putus biasanya bukannya alphard n honda2? Enaknya dulu waktu pake t31 ada limp mode klo udah panas, buat cegah rusak. Btw CVT outlander sport itu jatco jf011e, sama kyk t31
adty wrote: Tue Apr 22, 2025 2:39
CVTnya Mitsu bukannya sama2 Jatco seperti punya batumakam ya oom?
ntah kenapa batumakam sering banget putus belt di livina, xtrail sama serena
Blm pernah denger CVT mereka putus sih, rusak atau jebol iya. Tipe rusaknya beda. Yg putus biasanya bukannya alphard n honda2? Enaknya dulu waktu pake t31 ada limp mode klo udah panas, buat cegah rusak. Btw CVT outlander sport itu jatco jf011e, sama kyk t31
Nah seinget saya CVT batumakam rental jebol di gen T31/C25, terutama T31 yang 2.5. T31 saya juga jebol soalnya CVTnya tapi memang gara2 telat ganti oli CVT. Gen T32/C26 setau saya lebih kuat CVTnya tapi memang rentan masuk ke limp mode.
Belajar dari pakai T31 dulu, sekarang saya pakai OS jadi lebih care perkara ganti oli CVT, daripada jebol lagi
dany_pos wrote: Mon Apr 21, 2025 22:59
Klo sepengalaman gw ya om. Untuk menilai beginian kacamata hater/fanboy mesti kita lepas dulu, biar fair n netral. ini mitsu os gw belinya tahun 2013 sampai skrg udah 280rb km masih fine. Malah tmn2 sekitar gw yg ngalamin rusak cvt parah itu sienta, almaz, brv ama harrier gen 3. Tapi ya ga bisa jadi acuan klo cvt merek lain itu lebih jelek, karena ini kan barang bergerak ya, banyak faktor yang bisa mengakibatkan kerusakan seperti cara penggunaan, perawatan, dsb. Maksud gw ya itu, di jaman serba cvt ya rasanya jatco ga jelek kok dibanding cvt merek lain, klo dulu mgkn orang2 compare nya ke at biasa, makanya terlihat lebih ringkih. Bukan fans jatco ataupun nissan
justru CVT mitsu salah satu yang bandel mirage outlander gak pernah denger cerita horor batumakam, honda toyota ahh sudahlah lagian setau saya paling enak juga IVTnya hyundei
Iya rasanya chain CVT kyk subaru hyundai menang lebih responsifnya, gak ada rasa rubber banding cvt biasa.
ntah kenapa batumakam sering banget putus belt di livina, xtrail sama serena
Blm pernah denger CVT mereka putus sih, rusak atau jebol iya. Tipe rusaknya beda. Yg putus biasanya bukannya alphard n honda2? Enaknya dulu waktu pake t31 ada limp mode klo udah panas, buat cegah rusak. Btw CVT outlander sport itu jatco jf011e, sama kyk t31
Nah seinget saya CVT batumakam rental jebol di gen T31/C25, terutama T31 yang 2.5. T31 saya juga jebol soalnya CVTnya tapi memang gara2 telat ganti oli CVT. Gen T32/C26 setau saya lebih kuat CVTnya tapi memang rentan masuk ke limp mode.
Belajar dari pakai T31 dulu, sekarang saya pakai OS jadi lebih care perkara ganti oli CVT, daripada jebol lagi
T32 ada cvt warmer/coolernya soalnya. Saat suhu CVT diatas suhu coolant jadi mendinginkan .
Blm pernah denger CVT mereka putus sih, rusak atau jebol iya. Tipe rusaknya beda. Yg putus biasanya bukannya alphard n honda2? Enaknya dulu waktu pake t31 ada limp mode klo udah panas, buat cegah rusak. Btw CVT outlander sport itu jatco jf011e, sama kyk t31
Nah seinget saya CVT batumakam rental jebol di gen T31/C25, terutama T31 yang 2.5. T31 saya juga jebol soalnya CVTnya tapi memang gara2 telat ganti oli CVT. Gen T32/C26 setau saya lebih kuat CVTnya tapi memang rentan masuk ke limp mode.
Belajar dari pakai T31 dulu, sekarang saya pakai OS jadi lebih care perkara ganti oli CVT, daripada jebol lagi
T32 ada cvt warmer/coolernya soalnya. Saat suhu CVT diatas suhu coolant jadi mendinginkan .
t32 gak ada om saya punya di pakein aftermaket kemaren kalo asli gak ada lagian gara2x pasang atf coller malahan gabus di bemper saya ilang
ya gimana gak jebol juga si kayak t32 saya lsg flushing di 60rb di recordnya iya si kalo di cek masih bening olinya waktu ud jalan 30rban
kalo serena si pernah ngalamin jebol di c26 malahan
Nah seinget saya CVT batumakam rental jebol di gen T31/C25, terutama T31 yang 2.5. T31 saya juga jebol soalnya CVTnya tapi memang gara2 telat ganti oli CVT. Gen T32/C26 setau saya lebih kuat CVTnya tapi memang rentan masuk ke limp mode.
Belajar dari pakai T31 dulu, sekarang saya pakai OS jadi lebih care perkara ganti oli CVT, daripada jebol lagi
T32 ada cvt warmer/coolernya soalnya. Saat suhu CVT diatas suhu coolant jadi mendinginkan .
t32 gak ada om saya punya di pakein aftermaket kemaren kalo asli gak ada lagian gara2x pasang atf coller malahan gabus di bemper saya ilang
ya gimana gak jebol juga si kayak t32 saya lsg flushing di 60rb di recordnya iya si kalo di cek masih bening olinya waktu ud jalan 30rban
kalo serena si pernah ngalamin jebol di c26 malahan
Lho kok, tahun berapa om?
Saya punya 2500c tahun 2015 ada loh, soalnya ada filternya juga.
Screenshot_20250422_124251.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Saya punya 2500c tahun 2015 ada loh, soalnya ada filternya juga.
Screenshot_20250422_124251.jpg
OHH itu mah oil coller punya engine om bukan atf kalo atf biasanya ikut radiator semua mobil pasti ada makannya mobil at sama mt beda radiatornya
nah itu anehnya nissan om pake oilcoller buat mesin mungkin gak bagus sirkulasi olinya itu oil coller juga nyebelin suka bocor gak bisa di repair kalo ganti segelondong lumayan
t31 temen saya soalnya kena itu
maksud saya si yang ini om saya juga pernah masang di pajero soalnya
gak tau ya kalo di matic ada cuma harusnya kurang effektif juga soalnya saya ud jual beberapa nissan di pasangin atf coller kek gini dari serena juke terakhir ya xtrail saya sendiri
Saya punya 2500c tahun 2015 ada loh, soalnya ada filternya juga.
Screenshot_20250422_124251.jpg
OHH itu mah oil coller punya engine om bukan atf kalo atf biasanya ikut radiator semua mobil pasti ada makannya mobil at sama mt beda radiatornya
nah itu anehnya nissan om pake oilcoller buat mesin mungkin gak bagus sirkulasi olinya itu oil coller juga nyebelin suka bocor gak bisa di repair kalo ganti segelondong lumayan
t31 temen saya soalnya kena itu
maksud saya si yang ini om saya juga pernah masang di pajero soalnya
gak tau ya kalo di matic ada cuma harusnya kurang effektif juga soalnya saya ud jual beberapa nissan di pasangin atf coller kek gini dari serena juke terakhir ya xtrail saya sendiri
Bukan kok om itu ada 4 jalur. Yang 2 in out cvtf (soalnya kalo flushing pake atf changer itu jalurnya lewat sini) yang 2 lagi in out coolant. Cuma memang sebenernya ini bukan pure cooler, ini warmer/cooler soalnya, cara kerjanya supaya cvtf mendekati suhu coolant equilibriumnya. Misalnya cvtf panas (diatas suhu coolant 89c otomatis ya efeknya mendinginkan) , sebaliknya kalo coolant lebih panas dari cvtf ya dia akan membuat cvtf lebih panas.
Kalo yang di diagram om itu memang oil cooler mesin beda part
Screenshot_20250422_140843.jpg
Ini cuma kalo ga salah cuma ada di t32 yang 2500cc. Untuk daily mah cukup bgt kok tinggal di pair sama oli cvtf yang bagusan aja supaya gak terlalu mengencer. Saya sih pake Q8 CVT EVO suhunya stabil, paling panas kalo banyak nanjak juga blom pernah sampe 100+ c cuma sayangnya pas pake ns3 belom punya scanner obd jadi gak punya data pembanding. Cuma yang saya rasain pas masih ns3 itu kalo banyak nanjak lama lama cvtnya lebih selip.
Kalo yang om pasang itu purely atf cooler kan ya g kyk haydn gitu ya? dia basically pake airflow buat mendinginkan cvtf yang lewat (in outnya cuma 2 kan buat oli , gak ada jalur coolant). Lebih efektif buat mendinginkan CVTF.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Nah seinget saya CVT batumakam rental jebol di gen T31/C25, terutama T31 yang 2.5. T31 saya juga jebol soalnya CVTnya tapi memang gara2 telat ganti oli CVT. Gen T32/C26 setau saya lebih kuat CVTnya tapi memang rentan masuk ke limp mode.
Belajar dari pakai T31 dulu, sekarang saya pakai OS jadi lebih care perkara ganti oli CVT, daripada jebol lagi
T32 ada cvt warmer/coolernya soalnya. Saat suhu CVT diatas suhu coolant jadi mendinginkan .
t32 gak ada om saya punya di pakein aftermaket kemaren kalo asli gak ada lagian gara2x pasang atf coller malahan gabus di bemper saya ilang
ya gimana gak jebol juga si kayak t32 saya lsg flushing di 60rb di recordnya iya si kalo di cek masih bening olinya waktu ud jalan 30rban
kalo serena si pernah ngalamin jebol di c26 malahan
Punya om tahun berapa? Yang keluaran awal itu ada om.. Di depan kondensor.. Di sebelah kanan kalau ga salah.
Di atas 2016 itu cvt cooler dihilangin sama nissan sini.
severmaya wrote: Wed Apr 23, 2025 4:54
Punya om tahun berapa? Yang keluaran awal itu ada om.. Di depan kondensor.. Di sebelah kanan kalau ga salah.
Di atas 2016 itu cvt cooler dihilangin sama nissan sini.
ada fotonya om diatas 2015 punya saya saya ngintip unit laen pada gak ada om cuma saya doank
Jenson wrote: Wed Apr 23, 2025 9:37
ngomong2 CVT mitsu apakabar nih cvt dia d mobil sejuta umat xpandir, uda mau masuk 3 taun CMIIW sejak d launch. Apakah uda mulai ada info2 jebol?
Br 3 tahun
Nanti br kedenger biasanya setelah 5-10 tahun
Atau klo ada kepentingan tertentu dr kompetitor, bisa digoreng viral
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Jenson wrote: Wed Apr 23, 2025 9:37
ngomong2 CVT mitsu apakabar nih cvt dia d mobil sejuta umat xpandir, uda mau masuk 3 taun CMIIW sejak d launch. Apakah uda mulai ada info2 jebol?
Denger2 cvt di xpander itu pake punya aisin, bukan jatco lagi
Benar ga ya?
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X