Wah pada sensitip yah sama hal kecil kaya gitu, selama ini sih saya pakai denso tipe std yg harganya 70-80rban dapet 4 biji, awet udah mau 30rb km, nikmat mana lagi yg kau dustakan wkwk…DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 13:01d 1NZ-Fe kita orang, malah enaknya pake NGK BKR5EYAazu wrote: Tue Apr 01, 2025 11:27Kalo saya entah kenapa enakan pakai Denso standar daripada NGK Platinum di 1NZ-FE dengan heat range yg samaDOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 10:40
kl kita orang sehh bandingin side by side aj, busi nikel bawaan 1NZ-fe antara denso ama ngk, ngukurnya pke sigmat tricircle mura meria punya, ternjata NGK lebi "mencuat" drpd si denso
tp teori mbah mungkin bsa bener jg
karena lebi mencuat = kompresi mesin naek sikitttt, otomatis lebi panas jadi nya![]()
Akhirnya utk Toyota saya stick to Denso aja, kalau Honda dan Suzuki biasanya saya pakai NGK
tp overall, ini 1NZ-FE enjin irit busi sehh, mo pake nikel jg biar ud jalan 10 rebu km masi ckup bagus businya
Serba Serbi Busi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
t105erd
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: t105erd
Terakhir pakai Denso Standar K16R-U11 emang lebih enak om daripada BKR5EGP-11, utk 1NZ ini heat range nya 5 utk NGK atau 16 utk Denso ya sesua FSM. Kalau liat di online banyak yg jualnya 6 utk NGK atau 20 utk Denso.t105erd wrote: Tue Apr 01, 2025 13:51Wah pada sensitip yah sama hal kecil kaya gitu, selama ini sih saya pakai denso tipe std yg harganya 70-80rban dapet 4 biji, awet udah mau 30rb km, nikmat mana lagi yg kau dustakan wkwk…DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 13:01d 1NZ-Fe kita orang, malah enaknya pake NGK BKR5EYAazu wrote: Tue Apr 01, 2025 11:27
Kalo saya entah kenapa enakan pakai Denso standar daripada NGK Platinum di 1NZ-FE dengan heat range yg sama![]()
Akhirnya utk Toyota saya stick to Denso aja, kalau Honda dan Suzuki biasanya saya pakai NGK
tp overall, ini 1NZ-FE enjin irit busi sehh, mo pake nikel jg biar ud jalan 10 rebu km masi ckup bagus businya
hahahaha saya juga ga paham kenapa cukup sensitif dengan hal kecil kaya gitu, kadang agak nyebelin juga jadi gampang kepikiran kalau tiba2 ada yg berubah di mobil

Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Serba Serbi Busi
Kalau di mesin motor saya, NGK copper standard no resistor response untuk stop and go memang lebih dahsyat dibanding NGK platinum resistor yang tenaganya halus ketika bukaan throttle awal tapi makin dibuka throttle makin keluar tenaganya.azu wrote: Tue Apr 01, 2025 11:27
Kalo saya entah kenapa enakan pakai Denso standar daripada NGK Platinum di 1NZ-FE dengan heat range yg sama![]()
Akhirnya utk Toyota saya stick to Denso aja, kalau Honda dan Suzuki biasanya saya pakai NGK
Memang tidak fair komparasinya. Satu busi tanpa resistor tidak ada hambatan percikan besar, satu lagi ada resistor 5k Ω jadi percikan tidak bisa sebesar yang tanpa resistor.
Problem saya dengan NGK Copper standard no resistor adalah businya baru terpakai 1000an km sudah mau mati dengan setup pengapian upgrade yang sekarang; CDI AC Hybrid DC (arus sepul+aki), koil Mitsubishi Kawasaki KX250 2T + ground strap, spark plug cap dengan resistor dicabut.
Entah dapat barang jelek, atau busi copper sudah tidak kuat menghandle upgrade pengapian tersebut. Baru 1000an km dipakai, motor ngempos, brebet. Ganti busi saja sembuh.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: t105erd
wahh kode busi ngk nikel nya beda ama kita orang mbahazu wrote: Tue Apr 01, 2025 22:37Terakhir pakai Denso Standar K16R-U11 emang lebih enak om daripada BKR5EGP-11, utk 1NZ ini heat range nya 5 utk NGK atau 16 utk Denso ya sesua FSM. Kalau liat di online banyak yg jualnya 6 utk NGK atau 20 utk Denso.t105erd wrote: Tue Apr 01, 2025 13:51Wah pada sensitip yah sama hal kecil kaya gitu, selama ini sih saya pakai denso tipe std yg harganya 70-80rban dapet 4 biji, awet udah mau 30rb km, nikmat mana lagi yg kau dustakan wkwk…DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 13:01
d 1NZ-Fe kita orang, malah enaknya pake NGK BKR5EYA
tp overall, ini 1NZ-FE enjin irit busi sehh, mo pake nikel jg biar ud jalan 10 rebu km masi ckup bagus businya
hahahaha saya juga ga paham kenapa cukup sensitif dengan hal kecil kaya gitu, kadang agak nyebelin juga jadi gampang kepikiran kalau tiba2 ada yg berubah di mobil![]()
kita orang pakenya BKR5EYA utk 1NZ
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: t105erd
beda soalnya bensin kita dsini bensin busuk mbaht105erd wrote: Tue Apr 01, 2025 13:51Wah pada sensitip yah sama hal kecil kaya gitu, selama ini sih saya pakai denso tipe std yg harganya 70-80rban dapet 4 biji, awet udah mau 30rb km, nikmat mana lagi yg kau dustakan wkwk…DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 13:01d 1NZ-Fe kita orang, malah enaknya pake NGK BKR5EYAazu wrote: Tue Apr 01, 2025 11:27
Kalo saya entah kenapa enakan pakai Denso standar daripada NGK Platinum di 1NZ-FE dengan heat range yg sama![]()
Akhirnya utk Toyota saya stick to Denso aja, kalau Honda dan Suzuki biasanya saya pakai NGK
tp overall, ini 1NZ-FE enjin irit busi sehh, mo pake nikel jg biar ud jalan 10 rebu km masi ckup bagus businya
makanya kesian kadang enjin2 yg dipake di konoha sini, udara jelek, bensin hasil korupsi busuk.. makanya gt dapet busi jelek atau pas2an yah lgs berasa bedanya
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: t105erd
Itu yg saya pakainya NGK G-Power bukan yg nikel standar mbah makanya ujung kode nya GPDOHC wrote: Wed Apr 02, 2025 5:43wahh kode busi ngk nikel nya beda ama kita orang mbahazu wrote: Tue Apr 01, 2025 22:37Terakhir pakai Denso Standar K16R-U11 emang lebih enak om daripada BKR5EGP-11, utk 1NZ ini heat range nya 5 utk NGK atau 16 utk Denso ya sesua FSM. Kalau liat di online banyak yg jualnya 6 utk NGK atau 20 utk Denso.t105erd wrote: Tue Apr 01, 2025 13:51
Wah pada sensitip yah sama hal kecil kaya gitu, selama ini sih saya pakai denso tipe std yg harganya 70-80rban dapet 4 biji, awet udah mau 30rb km, nikmat mana lagi yg kau dustakan wkwk…
hahahaha saya juga ga paham kenapa cukup sensitif dengan hal kecil kaya gitu, kadang agak nyebelin juga jadi gampang kepikiran kalau tiba2 ada yg berubah di mobil![]()
kita orang pakenya BKR5EYA utk 1NZ

G-Power: Platinum tip
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Serba Serbi Busi
Kiri: Denso Iridium TT IK20TTDOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 8:20 nambahin mbah
biasanya busi yg lebi "projected" itu bikinan si NGK, utk type heat range yg sama, somehow denso lebi "mendem" ke dalem
Kanan: NGK Laser Iridium IZFR6K-11S
Diukur oleh mbah
Terima kasih sudah mau direpotkan.marmut wrote:
Kondisi Iridium TT dengan AFR close loop diset 14.2 Waktu masih 14.7 warna keramik insulatornya putih.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Thu Jan 13, 2022 7:40
- Daily Vehicle: Hyundai i20 CRDi
Re: Serba Serbi Busi
Permisi, mau nanya,
kmaren ganti busi d KE CX5, pake bosch, ganti d bengkel biasa, sekalian ganti oli
beli busi bosch yg tipe untuk mazda (VR 7 NII 33 X, double iridium)
udah pake sekitar 2rb km, aman aja sih
Kemudian service di beres Mazda, ternyata seperti ini busi bosch lebih panjang dari originalnya
Sebenarnya seperti ini aman gak yaa?
*seperti banyak dketahui banyak khalayak, 1 busi Maza 500rban
kmaren ganti busi d KE CX5, pake bosch, ganti d bengkel biasa, sekalian ganti oli
beli busi bosch yg tipe untuk mazda (VR 7 NII 33 X, double iridium)
udah pake sekitar 2rb km, aman aja sih
Kemudian service di beres Mazda, ternyata seperti ini busi bosch lebih panjang dari originalnya
Sebenarnya seperti ini aman gak yaa?

*seperti banyak dketahui banyak khalayak, 1 busi Maza 500rban

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by iflanqst on Mon Apr 21, 2025 2:31, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Serba Serbi Busi
CMIIW:iflanqst wrote: Mon Apr 21, 2025 2:16 Permisi, mau nanya,
kmaren ganti busi d KE CX5, pake bosch, ganti d bengkel biasa, sekalian ganti oli
beli busi bosch yg tipe untuk mazda (VR 7 NII 33 X, double iridium)
udah pake sekitar 2rb km, aman aja sih
Kemudian service di beres Mazda, ternyata seperti ini
WhatsApp Image 2025-04-19 at 15.34.46.jpeg
busi bosch lebih panjang dari originalnya
Sebenarnya seperti ini aman gak yaa?
*seperti banyak dketahui banyak khalayak, 1 busi Maza 500rban![]()
Secara fisik selama tidak nabrak klep atau piston tidak apa. Kalaupun mau dipaksa bisa coba ganjal dengan ring tembaga. Saya praktikkan ini di motor saya yang headnya sudah dipapas dan klep besar sehingga pakai busi standar mentok klep. Harus diganjal.
Secara efeknya bisa seperti naik rasio kompresi sedikit, dan suhu busi akan lebih panas. Performa "mungkin" bisa naik, tapi hati-hati knocking.
Lebih aman ganti busi original. Pengalaman saya dengan Bosch sih kurang positif.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Serba Serbi Busi
Mazda CX-5 busi bawaannya bertipe PE5R18-110 (atau PE5S18-110) kan?iflanqst wrote: Mon Apr 21, 2025 2:16 Permisi, mau nanya,
kmaren ganti busi d KE CX5, pake bosch, ganti d bengkel biasa, sekalian ganti oli
beli busi bosch yg tipe untuk mazda (VR 7 NII 33 X, double iridium)
udah pake sekitar 2rb km, aman aja sih
Kemudian service di beres Mazda, ternyata seperti ini
WhatsApp Image 2025-04-19 at 15.34.46.jpeg
busi bosch lebih panjang dari originalnya
Sebenarnya seperti ini aman gak yaa?
*seperti banyak dketahui banyak khalayak, 1 busi Maza 500rban![]()
Harusnya Bosch VR7NIII33X atau NGK ILKAR7L11 atau Denso IXEH22TT sama2 thread depth-nya di 26.5mm -- pernah pake ketiga-nya juga di mazda 2.
Kalau boleh tahu, beli Bosch-nya dari mana kah? Takut-nya dapet palsu.

-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Thu Jan 13, 2022 7:40
- Daily Vehicle: Hyundai i20 CRDi
Re: Serba Serbi Busi
makasih gan sharingnya,saturday wrote: Mon Apr 21, 2025 7:54
CMIIW:
Secara fisik selama tidak nabrak klep atau piston tidak apa. Kalaupun mau dipaksa bisa coba ganjal dengan ring tembaga. Saya praktikkan ini di motor saya yang headnya sudah dipapas dan klep besar sehingga pakai busi standar mentok klep. Harus diganjal.
Secara efeknya bisa seperti naik rasio kompresi sedikit, dan suhu busi akan lebih panas. Performa "mungkin" bisa naik, tapi hati-hati knocking.
Lebih aman ganti busi original. Pengalaman saya dengan Bosch sih kurang positif.
iyaa, setelah baca forum ini, banyak yg bilang busi Bosch kurang recommended yaa
benar gan, busi CX5 tipe tersebutjosomba wrote: Mon Apr 21, 2025 8:18
Mazda CX-5 busi bawaannya bertipe PE5R18-110 (atau PE5S18-110) kan?
Harusnya Bosch VR7NIII33X atau NGK ILKAR7L11 atau Denso IXEH22TT sama2 thread depth-nya di 26.5mm -- pernah pake ketiga-nya juga di mazda 2.
Kalau boleh tahu, beli Bosch-nya dari mana kah? Takut-nya dapet palsu.
Belinya d Perdana Autoparts d toko ijo,
tapi setelah cek, d lapak toko orange, ada yg bilang hal sama juga klo kepanjangan Sebenarnya sejak ganti busi, ketika akselerasi, RPM rendah tapi gigi pada posisi lebih tinggi,
muncul bunyi kemerincing gtu, ane kayaknya dengar dari bunyi dashboard, bukan dari mesin sih
tapi kmaren udah langsng order NGK ILKAR7L11, lagi perjalanan
nanti langsng ganti, masih muncul gak bunyinya itu.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Serba Serbi Busi
Ngk ILKAR7L11 harga berapa om yg dibeli?iflanqst wrote: Mon Apr 21, 2025 9:06
benar gan, busi CX5 tipe tersebut
Belinya d Perdana Autoparts d toko ijo,
tapi setelah cek, d lapak toko orange, ada yg bilang hal sama juga klo kepanjangan
Screenshot 2025-04-21 155506.png
Sebenarnya sejak ganti busi, ketika akselerasi, RPM rendah tapi gigi pada posisi lebih tinggi,
muncul bunyi kemerincing gtu, ane kayaknya dengar dari bunyi dashboard, bukan dari mesin sih
tapi kmaren udah langsng order NGK ILKAR7L11, lagi perjalanan
nanti langsng ganti, masih muncul gak bunyinya itu.
Karena saya beli ngk dan bosch dari Amazon, di Indo ga ada official store. Denso aja yg saya beli dr official store di tokoijo

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Serba Serbi Busi
kalau yang saya baca busi bosch tsb cuma 19mm
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Thu Jan 13, 2022 7:40
- Daily Vehicle: Hyundai i20 CRDi
Re: Serba Serbi Busi
800rban untuk 4 pcs, d toko ijo, ASC Sparepartjosomba wrote: Mon Apr 21, 2025 10:31
Ngk ILKAR7L11 harga berapa om yg dibeli?
Karena saya beli ngk dan bosch dari Amazon, di Indo ga ada official store. Denso aja yg saya beli dr official store di tokoijo
reviewnya bintang 5 sih, insya Allah ori,
nanti cek dengan petunjuk NGK asli ato gak yg udah dshare d sini
btw om, boleh share tempat n kontak bengkel mbah marmut kah?

thanx in advance
klo dari https://ap-ecat.boschaftermarket.com/SG ... 0242135529
26.5 mm om
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Sun Apr 16, 2017 14:45
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Motorcycle
Re: Serba Serbi Busi
Halo om,
Mau tanya terkait busi Suzuki APV tahun 2007 (non arena), pilihan busi yang ada di buku manual seperti berikut:
1. NGK: BKR6E
2. Denso: K20PR-U
Apa ada pilihan yang lain yg lebih bagus? Apa bisa diganti jadi busi iridium? Kalo bisa tolong kasih opsi busi yang cocok di Suzuki APV.
Terima kasih.
Mau tanya terkait busi Suzuki APV tahun 2007 (non arena), pilihan busi yang ada di buku manual seperti berikut:
1. NGK: BKR6E
2. Denso: K20PR-U
Apa ada pilihan yang lain yg lebih bagus? Apa bisa diganti jadi busi iridium? Kalo bisa tolong kasih opsi busi yang cocok di Suzuki APV.
Terima kasih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: Serba Serbi Busi
bisa sih pakai yg iridium atau platinum ombangsaun wrote: Tue Apr 22, 2025 5:32 Halo om,
Mau tanya terkait busi Suzuki APV tahun 2007 (non arena), pilihan busi yang ada di buku manual seperti berikut:
1. NGK: BKR6E
2. Denso: K20PR-U
Apa ada pilihan yang lain yg lebih bagus? Apa bisa diganti jadi busi iridium? Kalo bisa tolong kasih opsi busi yang cocok di Suzuki APV.
Terima kasih.
NGK: Iridium BKR6EIX, Platinum BKR6EGP
Denso: Iridium IK20
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
yg denso ama ngk nya mungkin agak kurang fair ya mbah, soalnya si ngk kayanya ga twin tip iridiumsaturday wrote: Sun Apr 20, 2025 5:51Kiri: Denso Iridium TT IK20TTDOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 8:20 nambahin mbah
biasanya busi yg lebi "projected" itu bikinan si NGK, utk type heat range yg sama, somehow denso lebi "mendem" ke dalem
Kanan: NGK Laser Iridium IZFR6K-11S
IMG-20250419-WA0049.jpg
IMG-20250419-WA0050.jpg
Diukur oleh mbahTerima kasih sudah mau direpotkan.marmut wrote:
Kondisi Iridium TT dengan AFR close loop diset 14.2
IMG_20250420_124735.jpg
IMG_20250420_124805.jpg
Waktu masih 14.7 warna keramik insulatornya putih.
makanya si denso jg lebi "nonjol" krn ada twin tip nya
btw
busi nya lmayan tuh, ckup "pas" pembakaran nya
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Serba Serbi Busi
Justru menurut saya lebih nonjol NGK. Karena yang dihitung itu hanya ceramic insulator hingga center electrode. Panjang total sampai ke ground strap katanya tidak terlalu pengaruh.DOHC wrote: Tue Apr 22, 2025 11:57yg denso ama ngk nya mungkin agak kurang fair ya mbah, soalnya si ngk kayanya ga twin tip iridiumsaturday wrote: Sun Apr 20, 2025 5:51Kiri: Denso Iridium TT IK20TTDOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 8:20 nambahin mbah
biasanya busi yg lebi "projected" itu bikinan si NGK, utk type heat range yg sama, somehow denso lebi "mendem" ke dalem
Kanan: NGK Laser Iridium IZFR6K-11S
IMG-20250419-WA0049.jpg
IMG-20250419-WA0050.jpg
Diukur oleh mbahTerima kasih sudah mau direpotkan.marmut wrote:
Kondisi Iridium TT dengan AFR close loop diset 14.2
IMG_20250420_124735.jpg
IMG_20250420_124805.jpg
Waktu masih 14.7 warna keramik insulatornya putih.
makanya si denso jg lebi "nonjol" krn ada twin tip nya
btw
busi nya lmayan tuh, ckup "pas" pembakaran nya
Tidak bisa kasih ulasan yang adil dan akurat nih karena ketika ganti busi sekalian ganti oli dan busi Densonya sudah pemakaian 80.000 km. Tapi sih seingat saya ganti dari NGK Laser Iridium ke Denso Iridium TT tidak se-enak dari Denso Iridium TT ke NGK Laser Iridium.
Kata tunernya sih warna segitu masih bisa diborosin lagi sedikit. Pingin coba close loop 13.8-14.0
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Serba Serbi Busi
Iya ternyata ada perbedaan Om chatgpt vs website bosch...iflanqst wrote: Tue Apr 22, 2025 3:52klo dari https://ap-ecat.boschaftermarket.com/SG ... 0242135529
26.5 mm om
ya baiknya cek fisik busi lama vs yg baru
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Serba Serbi Busi
Keliatan corona stainnya ya... Dulu busi mobil saya juga begitu ada corona stainnya tapi setelah ujung boot coilnya dikasih dielectric grease udah ga pernah ada lagi sampe sekarangsaturday wrote: Sun Apr 20, 2025 5:51Kiri: Denso Iridium TT IK20TTDOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 8:20 nambahin mbah
biasanya busi yg lebi "projected" itu bikinan si NGK, utk type heat range yg sama, somehow denso lebi "mendem" ke dalem
Kanan: NGK Laser Iridium IZFR6K-11S
IMG-20250419-WA0049.jpg
IMG-20250419-WA0050.jpg
Diukur oleh mbahTerima kasih sudah mau direpotkan.marmut wrote:
Kondisi Iridium TT dengan AFR close loop diset 14.2
IMG_20250420_124735.jpg
IMG_20250420_124805.jpg
Waktu masih 14.7 warna keramik insulatornya putih.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
buat enjin apa mbah ??saturday wrote: Tue Apr 22, 2025 12:36Justru menurut saya lebih nonjol NGK. Karena yang dihitung itu hanya ceramic insulator hingga center electrode. Panjang total sampai ke ground strap katanya tidak terlalu pengaruh.DOHC wrote: Tue Apr 22, 2025 11:57yg denso ama ngk nya mungkin agak kurang fair ya mbah, soalnya si ngk kayanya ga twin tip iridiumsaturday wrote: Sun Apr 20, 2025 5:51
Kiri: Denso Iridium TT IK20TT
Kanan: NGK Laser Iridium IZFR6K-11S
IMG-20250419-WA0049.jpg
IMG-20250419-WA0050.jpg
Diukur oleh mbah
Terima kasih sudah mau direpotkan.
Kondisi Iridium TT dengan AFR close loop diset 14.2
IMG_20250420_124735.jpg
IMG_20250420_124805.jpg
Waktu masih 14.7 warna keramik insulatornya putih.
makanya si denso jg lebi "nonjol" krn ada twin tip nya
btw
busi nya lmayan tuh, ckup "pas" pembakaran nya
Tidak bisa kasih ulasan yang adil dan akurat nih karena ketika ganti busi sekalian ganti oli dan busi Densonya sudah pemakaian 80.000 km. Tapi sih seingat saya ganti dari NGK Laser Iridium ke Denso Iridium TT tidak se-enak dari Denso Iridium TT ke NGK Laser Iridium.
Kata tunernya sih warna segitu masih bisa diborosin lagi sedikit. Pingin coba close loop 13.8-14.0. Berasa banget dari close loop 14.7, begitu diborosin 14.2 ketika kondisi cruising dan low RPM high load jauh lebih enteng.
non toyota grup yah ??


numpang lewat aja....


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Sun Apr 16, 2017 14:45
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Motorcycle
Re: Serba Serbi Busi
Terima kasih untuk opsi yang sudah diberikan.azu wrote: Tue Apr 22, 2025 6:06bisa sih pakai yg iridium atau platinum ombangsaun wrote: Tue Apr 22, 2025 5:32 Halo om,
Mau tanya terkait busi Suzuki APV tahun 2007 (non arena), pilihan busi yang ada di buku manual seperti berikut:
1. NGK: BKR6E
2. Denso: K20PR-U
Apa ada pilihan yang lain yg lebih bagus? Apa bisa diganti jadi busi iridium? Kalo bisa tolong kasih opsi busi yang cocok di Suzuki APV.
Terima kasih.
NGK: Iridium BKR6EIX, Platinum BKR6EGP
Denso: Iridium IK20
Mau tanya lagi om, saya sudah cek di Tokopedia NGK Official Store, ada nya busi Iridium BKR6EIX-11. Apa itu sama atau berbeda dengan BKR6EIX?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Serba Serbi Busi
Honda K20Z2
Sama. Angka belakang -11 artinya gap busi 1.1mm. Gap busi butuhnya seberapa, silahkan cek buku manual masing-masing. Bisa dilebarkan atau disempitkan kok gapnya. Tapi hati-hati jangan merusak elektroda tengahnya.bangsaun wrote: Wed Apr 23, 2025 1:45 Mau tanya lagi om, saya sudah cek di Tokopedia NGK Official Store, ada nya busi Iridium BKR6EIX-11. Apa itu sama atau berbeda dengan BKR6EIX?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31