Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

t105erd

Post by t105erd »

DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 13:01
azu wrote: Tue Apr 01, 2025 11:27
DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 10:40
kl kita orang sehh bandingin side by side aj, busi nikel bawaan 1NZ-fe antara denso ama ngk, ngukurnya pke sigmat tricircle mura meria punya, ternjata NGK lebi "mencuat" drpd si denso

tp teori mbah mungkin bsa bener jg

karena lebi mencuat = kompresi mesin naek sikitttt, otomatis lebi panas jadi nya
Kalo saya entah kenapa enakan pakai Denso standar daripada NGK Platinum di 1NZ-FE dengan heat range yg sama :mky_01:

Akhirnya utk Toyota saya stick to Denso aja, kalau Honda dan Suzuki biasanya saya pakai NGK
d 1NZ-Fe kita orang, malah enaknya pake NGK BKR5EYA

tp overall, ini 1NZ-FE enjin irit busi sehh, mo pake nikel jg biar ud jalan 10 rebu km masi ckup bagus businya
Wah pada sensitip yah sama hal kecil kaya gitu, selama ini sih saya pakai denso tipe std yg harganya 70-80rban dapet 4 biji, awet udah mau 30rb km, nikmat mana lagi yg kau dustakan wkwk…
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: t105erd

Post by azu »

t105erd wrote: Tue Apr 01, 2025 13:51
DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 13:01
azu wrote: Tue Apr 01, 2025 11:27

Kalo saya entah kenapa enakan pakai Denso standar daripada NGK Platinum di 1NZ-FE dengan heat range yg sama :mky_01:

Akhirnya utk Toyota saya stick to Denso aja, kalau Honda dan Suzuki biasanya saya pakai NGK
d 1NZ-Fe kita orang, malah enaknya pake NGK BKR5EYA

tp overall, ini 1NZ-FE enjin irit busi sehh, mo pake nikel jg biar ud jalan 10 rebu km masi ckup bagus businya
Wah pada sensitip yah sama hal kecil kaya gitu, selama ini sih saya pakai denso tipe std yg harganya 70-80rban dapet 4 biji, awet udah mau 30rb km, nikmat mana lagi yg kau dustakan wkwk…
Terakhir pakai Denso Standar K16R-U11 emang lebih enak om daripada BKR5EGP-11, utk 1NZ ini heat range nya 5 utk NGK atau 16 utk Denso ya sesua FSM. Kalau liat di online banyak yg jualnya 6 utk NGK atau 20 utk Denso.

hahahaha saya juga ga paham kenapa cukup sensitif dengan hal kecil kaya gitu, kadang agak nyebelin juga jadi gampang kepikiran kalau tiba2 ada yg berubah di mobil :big_biglaugh:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Busi

Post by saturday »

azu wrote: Tue Apr 01, 2025 11:27
Kalo saya entah kenapa enakan pakai Denso standar daripada NGK Platinum di 1NZ-FE dengan heat range yg sama :mky_01:

Akhirnya utk Toyota saya stick to Denso aja, kalau Honda dan Suzuki biasanya saya pakai NGK
Kalau di mesin motor saya, NGK copper standard no resistor response untuk stop and go memang lebih dahsyat dibanding NGK platinum resistor yang tenaganya halus ketika bukaan throttle awal tapi makin dibuka throttle makin keluar tenaganya.

Memang tidak fair komparasinya. Satu busi tanpa resistor tidak ada hambatan percikan besar, satu lagi ada resistor 5k Ω jadi percikan tidak bisa sebesar yang tanpa resistor.

Problem saya dengan NGK Copper standard no resistor adalah businya baru terpakai 1000an km sudah mau mati dengan setup pengapian upgrade yang sekarang; CDI AC Hybrid DC (arus sepul+aki), koil Mitsubishi Kawasaki KX250 2T + ground strap, spark plug cap dengan resistor dicabut.

Entah dapat barang jelek, atau busi copper sudah tidak kuat menghandle upgrade pengapian tersebut. Baru 1000an km dipakai, motor ngempos, brebet. Ganti busi saja sembuh.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: t105erd

Post by DOHC »

azu wrote: Tue Apr 01, 2025 22:37
t105erd wrote: Tue Apr 01, 2025 13:51
DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 13:01

d 1NZ-Fe kita orang, malah enaknya pake NGK BKR5EYA

tp overall, ini 1NZ-FE enjin irit busi sehh, mo pake nikel jg biar ud jalan 10 rebu km masi ckup bagus businya
Wah pada sensitip yah sama hal kecil kaya gitu, selama ini sih saya pakai denso tipe std yg harganya 70-80rban dapet 4 biji, awet udah mau 30rb km, nikmat mana lagi yg kau dustakan wkwk…
Terakhir pakai Denso Standar K16R-U11 emang lebih enak om daripada BKR5EGP-11, utk 1NZ ini heat range nya 5 utk NGK atau 16 utk Denso ya sesua FSM. Kalau liat di online banyak yg jualnya 6 utk NGK atau 20 utk Denso.

hahahaha saya juga ga paham kenapa cukup sensitif dengan hal kecil kaya gitu, kadang agak nyebelin juga jadi gampang kepikiran kalau tiba2 ada yg berubah di mobil :big_biglaugh:
wahh kode busi ngk nikel nya beda ama kita orang mbah

kita orang pakenya BKR5EYA utk 1NZ
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: t105erd

Post by DOHC »

t105erd wrote: Tue Apr 01, 2025 13:51
DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 13:01
azu wrote: Tue Apr 01, 2025 11:27

Kalo saya entah kenapa enakan pakai Denso standar daripada NGK Platinum di 1NZ-FE dengan heat range yg sama :mky_01:

Akhirnya utk Toyota saya stick to Denso aja, kalau Honda dan Suzuki biasanya saya pakai NGK
d 1NZ-Fe kita orang, malah enaknya pake NGK BKR5EYA

tp overall, ini 1NZ-FE enjin irit busi sehh, mo pake nikel jg biar ud jalan 10 rebu km masi ckup bagus businya
Wah pada sensitip yah sama hal kecil kaya gitu, selama ini sih saya pakai denso tipe std yg harganya 70-80rban dapet 4 biji, awet udah mau 30rb km, nikmat mana lagi yg kau dustakan wkwk…
beda soalnya bensin kita dsini bensin busuk mbah

makanya kesian kadang enjin2 yg dipake di konoha sini, udara jelek, bensin hasil korupsi busuk.. makanya gt dapet busi jelek atau pas2an yah lgs berasa bedanya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: t105erd

Post by azu »

DOHC wrote: Wed Apr 02, 2025 5:43
azu wrote: Tue Apr 01, 2025 22:37
t105erd wrote: Tue Apr 01, 2025 13:51

Wah pada sensitip yah sama hal kecil kaya gitu, selama ini sih saya pakai denso tipe std yg harganya 70-80rban dapet 4 biji, awet udah mau 30rb km, nikmat mana lagi yg kau dustakan wkwk…
Terakhir pakai Denso Standar K16R-U11 emang lebih enak om daripada BKR5EGP-11, utk 1NZ ini heat range nya 5 utk NGK atau 16 utk Denso ya sesua FSM. Kalau liat di online banyak yg jualnya 6 utk NGK atau 20 utk Denso.

hahahaha saya juga ga paham kenapa cukup sensitif dengan hal kecil kaya gitu, kadang agak nyebelin juga jadi gampang kepikiran kalau tiba2 ada yg berubah di mobil :big_biglaugh:
wahh kode busi ngk nikel nya beda ama kita orang mbah

kita orang pakenya BKR5EYA utk 1NZ
Itu yg saya pakainya NGK G-Power bukan yg nikel standar mbah makanya ujung kode nya GP :mky_01:

G-Power: Platinum tip
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Busi

Post by saturday »

DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 8:20 nambahin mbah

biasanya busi yg lebi "projected" itu bikinan si NGK, utk type heat range yg sama, somehow denso lebi "mendem" ke dalem
Kiri: Denso Iridium TT IK20TT
Kanan: NGK Laser Iridium IZFR6K-11S
IMG-20250419-WA0049.jpg
IMG-20250419-WA0050.jpg
Diukur oleh mbah
marmut wrote:
Terima kasih sudah mau direpotkan.

Kondisi Iridium TT dengan AFR close loop diset 14.2
IMG_20250420_124735.jpg
IMG_20250420_124805.jpg
Waktu masih 14.7 warna keramik insulatornya putih.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
iflanqst
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Jan 13, 2022 7:40
Daily Vehicle: Hyundai i20 CRDi

Re: Serba Serbi Busi

Post by iflanqst »

Permisi, mau nanya,
kmaren ganti busi d KE CX5, pake bosch, ganti d bengkel biasa, sekalian ganti oli
beli busi bosch yg tipe untuk mazda (VR 7 NII 33 X, double iridium)
udah pake sekitar 2rb km, aman aja sih

Kemudian service di beres Mazda, ternyata seperti ini
WhatsApp Image 2025-04-19 at 15.34.46.jpeg
busi bosch lebih panjang dari originalnya

Sebenarnya seperti ini aman gak yaa? :big_childish:

*seperti banyak dketahui banyak khalayak, 1 busi Maza 500rban :big_dunno:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by iflanqst on Mon Apr 21, 2025 2:31, edited 1 time in total.
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Busi

Post by saturday »

iflanqst wrote: Mon Apr 21, 2025 2:16 Permisi, mau nanya,
kmaren ganti busi d KE CX5, pake bosch, ganti d bengkel biasa, sekalian ganti oli
beli busi bosch yg tipe untuk mazda (VR 7 NII 33 X, double iridium)
udah pake sekitar 2rb km, aman aja sih

Kemudian service di beres Mazda, ternyata seperti ini
WhatsApp Image 2025-04-19 at 15.34.46.jpeg
busi bosch lebih panjang dari originalnya

Sebenarnya seperti ini aman gak yaa? :big_childish:

*seperti banyak dketahui banyak khalayak, 1 busi Maza 500rban :big_dunno:
CMIIW:
Secara fisik selama tidak nabrak klep atau piston tidak apa. Kalaupun mau dipaksa bisa coba ganjal dengan ring tembaga. Saya praktikkan ini di motor saya yang headnya sudah dipapas dan klep besar sehingga pakai busi standar mentok klep. Harus diganjal.

Secara efeknya bisa seperti naik rasio kompresi sedikit, dan suhu busi akan lebih panas. Performa "mungkin" bisa naik, tapi hati-hati knocking.

Lebih aman ganti busi original. Pengalaman saya dengan Bosch sih kurang positif.
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

iflanqst wrote: Mon Apr 21, 2025 2:16 Permisi, mau nanya,
kmaren ganti busi d KE CX5, pake bosch, ganti d bengkel biasa, sekalian ganti oli
beli busi bosch yg tipe untuk mazda (VR 7 NII 33 X, double iridium)
udah pake sekitar 2rb km, aman aja sih

Kemudian service di beres Mazda, ternyata seperti ini
WhatsApp Image 2025-04-19 at 15.34.46.jpeg
busi bosch lebih panjang dari originalnya

Sebenarnya seperti ini aman gak yaa? :big_childish:

*seperti banyak dketahui banyak khalayak, 1 busi Maza 500rban :big_dunno:
Mazda CX-5 busi bawaannya bertipe PE5R18-110 (atau PE5S18-110) kan?

Harusnya Bosch VR7NIII33X atau NGK ILKAR7L11 atau Denso IXEH22TT sama2 thread depth-nya di 26.5mm -- pernah pake ketiga-nya juga di mazda 2.

Kalau boleh tahu, beli Bosch-nya dari mana kah? Takut-nya dapet palsu.
Image
iflanqst
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Jan 13, 2022 7:40
Daily Vehicle: Hyundai i20 CRDi

Re: Serba Serbi Busi

Post by iflanqst »

saturday wrote: Mon Apr 21, 2025 7:54
CMIIW:
Secara fisik selama tidak nabrak klep atau piston tidak apa. Kalaupun mau dipaksa bisa coba ganjal dengan ring tembaga. Saya praktikkan ini di motor saya yang headnya sudah dipapas dan klep besar sehingga pakai busi standar mentok klep. Harus diganjal.

Secara efeknya bisa seperti naik rasio kompresi sedikit, dan suhu busi akan lebih panas. Performa "mungkin" bisa naik, tapi hati-hati knocking.

Lebih aman ganti busi original. Pengalaman saya dengan Bosch sih kurang positif.
makasih gan sharingnya,

iyaa, setelah baca forum ini, banyak yg bilang busi Bosch kurang recommended yaa

josomba wrote: Mon Apr 21, 2025 8:18
Mazda CX-5 busi bawaannya bertipe PE5R18-110 (atau PE5S18-110) kan?

Harusnya Bosch VR7NIII33X atau NGK ILKAR7L11 atau Denso IXEH22TT sama2 thread depth-nya di 26.5mm -- pernah pake ketiga-nya juga di mazda 2.

Kalau boleh tahu, beli Bosch-nya dari mana kah? Takut-nya dapet palsu.
benar gan, busi CX5 tipe tersebut

Belinya d Perdana Autoparts d toko ijo,
tapi setelah cek, d lapak toko orange, ada yg bilang hal sama juga klo kepanjangan
Screenshot 2025-04-21 155506.png
Sebenarnya sejak ganti busi, ketika akselerasi, RPM rendah tapi gigi pada posisi lebih tinggi,
muncul bunyi kemerincing gtu, ane kayaknya dengar dari bunyi dashboard, bukan dari mesin sih

tapi kmaren udah langsng order NGK ILKAR7L11, lagi perjalanan
nanti langsng ganti, masih muncul gak bunyinya itu.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

iflanqst wrote: Mon Apr 21, 2025 9:06
benar gan, busi CX5 tipe tersebut

Belinya d Perdana Autoparts d toko ijo,
tapi setelah cek, d lapak toko orange, ada yg bilang hal sama juga klo kepanjangan
Screenshot 2025-04-21 155506.png

Sebenarnya sejak ganti busi, ketika akselerasi, RPM rendah tapi gigi pada posisi lebih tinggi,
muncul bunyi kemerincing gtu, ane kayaknya dengar dari bunyi dashboard, bukan dari mesin sih

tapi kmaren udah langsng order NGK ILKAR7L11, lagi perjalanan
nanti langsng ganti, masih muncul gak bunyinya itu.
Ngk ILKAR7L11 harga berapa om yg dibeli?

Karena saya beli ngk dan bosch dari Amazon, di Indo ga ada official store. Denso aja yg saya beli dr official store di tokoijo
Image
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Serba Serbi Busi

Post by ilhami »

kalau yang saya baca busi bosch tsb cuma 19mm
iflanqst
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Jan 13, 2022 7:40
Daily Vehicle: Hyundai i20 CRDi

Re: Serba Serbi Busi

Post by iflanqst »

josomba wrote: Mon Apr 21, 2025 10:31
Ngk ILKAR7L11 harga berapa om yg dibeli?

Karena saya beli ngk dan bosch dari Amazon, di Indo ga ada official store. Denso aja yg saya beli dr official store di tokoijo
800rban untuk 4 pcs, d toko ijo, ASC Sparepart
reviewnya bintang 5 sih, insya Allah ori,
nanti cek dengan petunjuk NGK asli ato gak yg udah dshare d sini

btw om, boleh share tempat n kontak bengkel mbah marmut kah? :ungg:
thanx in advance
ilhami wrote: Mon Apr 21, 2025 11:44 kalau yang saya baca busi bosch tsb cuma 19mm
klo dari https://ap-ecat.boschaftermarket.com/SG ... 0242135529
26.5 mm om
bangsaun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Apr 16, 2017 14:45
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Motorcycle

Re: Serba Serbi Busi

Post by bangsaun »

Halo om,

Mau tanya terkait busi Suzuki APV tahun 2007 (non arena), pilihan busi yang ada di buku manual seperti berikut:

1. NGK: BKR6E
2. Denso: K20PR-U

Apa ada pilihan yang lain yg lebih bagus? Apa bisa diganti jadi busi iridium? Kalo bisa tolong kasih opsi busi yang cocok di Suzuki APV.

Terima kasih.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Serba Serbi Busi

Post by azu »

bangsaun wrote: Tue Apr 22, 2025 5:32 Halo om,

Mau tanya terkait busi Suzuki APV tahun 2007 (non arena), pilihan busi yang ada di buku manual seperti berikut:

1. NGK: BKR6E
2. Denso: K20PR-U

Apa ada pilihan yang lain yg lebih bagus? Apa bisa diganti jadi busi iridium? Kalo bisa tolong kasih opsi busi yang cocok di Suzuki APV.

Terima kasih.
bisa sih pakai yg iridium atau platinum om

NGK: Iridium BKR6EIX, Platinum BKR6EGP
Denso: Iridium IK20
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

saturday wrote: Sun Apr 20, 2025 5:51
DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 8:20 nambahin mbah

biasanya busi yg lebi "projected" itu bikinan si NGK, utk type heat range yg sama, somehow denso lebi "mendem" ke dalem
Kiri: Denso Iridium TT IK20TT
Kanan: NGK Laser Iridium IZFR6K-11S

IMG-20250419-WA0049.jpg
IMG-20250419-WA0050.jpg

Diukur oleh mbah
marmut wrote:
Terima kasih sudah mau direpotkan.

Kondisi Iridium TT dengan AFR close loop diset 14.2
IMG_20250420_124735.jpg
IMG_20250420_124805.jpg

Waktu masih 14.7 warna keramik insulatornya putih.
yg denso ama ngk nya mungkin agak kurang fair ya mbah, soalnya si ngk kayanya ga twin tip iridium

makanya si denso jg lebi "nonjol" krn ada twin tip nya

btw

busi nya lmayan tuh, ckup "pas" pembakaran nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Busi

Post by saturday »

DOHC wrote: Tue Apr 22, 2025 11:57
saturday wrote: Sun Apr 20, 2025 5:51
DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 8:20 nambahin mbah

biasanya busi yg lebi "projected" itu bikinan si NGK, utk type heat range yg sama, somehow denso lebi "mendem" ke dalem
Kiri: Denso Iridium TT IK20TT
Kanan: NGK Laser Iridium IZFR6K-11S

IMG-20250419-WA0049.jpg
IMG-20250419-WA0050.jpg

Diukur oleh mbah
marmut wrote:
Terima kasih sudah mau direpotkan.

Kondisi Iridium TT dengan AFR close loop diset 14.2
IMG_20250420_124735.jpg
IMG_20250420_124805.jpg

Waktu masih 14.7 warna keramik insulatornya putih.
yg denso ama ngk nya mungkin agak kurang fair ya mbah, soalnya si ngk kayanya ga twin tip iridium

makanya si denso jg lebi "nonjol" krn ada twin tip nya

btw

busi nya lmayan tuh, ckup "pas" pembakaran nya
Justru menurut saya lebih nonjol NGK. Karena yang dihitung itu hanya ceramic insulator hingga center electrode. Panjang total sampai ke ground strap katanya tidak terlalu pengaruh.

Tidak bisa kasih ulasan yang adil dan akurat nih karena ketika ganti busi sekalian ganti oli dan busi Densonya sudah pemakaian 80.000 km. Tapi sih seingat saya ganti dari NGK Laser Iridium ke Denso Iridium TT tidak se-enak dari Denso Iridium TT ke NGK Laser Iridium.

Kata tunernya sih warna segitu masih bisa diborosin lagi sedikit. Pingin coba close loop 13.8-14.0 😬. Berasa banget dari close loop 14.7, begitu diborosin 14.2 ketika kondisi cruising dan low RPM high load jauh lebih enteng.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Serba Serbi Busi

Post by ilhami »

iflanqst wrote: Tue Apr 22, 2025 3:52
ilhami wrote: Mon Apr 21, 2025 11:44 kalau yang saya baca busi bosch tsb cuma 19mm
klo dari https://ap-ecat.boschaftermarket.com/SG ... 0242135529
26.5 mm om
Iya ternyata ada perbedaan Om chatgpt vs website bosch...
ya baiknya cek fisik busi lama vs yg baru
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Serba Serbi Busi

Post by wicaksono99 »

saturday wrote: Sun Apr 20, 2025 5:51
DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 8:20 nambahin mbah

biasanya busi yg lebi "projected" itu bikinan si NGK, utk type heat range yg sama, somehow denso lebi "mendem" ke dalem
Kiri: Denso Iridium TT IK20TT
Kanan: NGK Laser Iridium IZFR6K-11S

IMG-20250419-WA0049.jpg
IMG-20250419-WA0050.jpg

Diukur oleh mbah
marmut wrote:
Terima kasih sudah mau direpotkan.

Kondisi Iridium TT dengan AFR close loop diset 14.2
IMG_20250420_124735.jpg
IMG_20250420_124805.jpg

Waktu masih 14.7 warna keramik insulatornya putih.
Keliatan corona stainnya ya... Dulu busi mobil saya juga begitu ada corona stainnya tapi setelah ujung boot coilnya dikasih dielectric grease udah ga pernah ada lagi sampe sekarang 😁
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

saturday wrote: Tue Apr 22, 2025 12:36
DOHC wrote: Tue Apr 22, 2025 11:57
saturday wrote: Sun Apr 20, 2025 5:51

Kiri: Denso Iridium TT IK20TT
Kanan: NGK Laser Iridium IZFR6K-11S

IMG-20250419-WA0049.jpg
IMG-20250419-WA0050.jpg

Diukur oleh mbah
Terima kasih sudah mau direpotkan.

Kondisi Iridium TT dengan AFR close loop diset 14.2
IMG_20250420_124735.jpg
IMG_20250420_124805.jpg

Waktu masih 14.7 warna keramik insulatornya putih.
yg denso ama ngk nya mungkin agak kurang fair ya mbah, soalnya si ngk kayanya ga twin tip iridium

makanya si denso jg lebi "nonjol" krn ada twin tip nya

btw

busi nya lmayan tuh, ckup "pas" pembakaran nya
Justru menurut saya lebih nonjol NGK. Karena yang dihitung itu hanya ceramic insulator hingga center electrode. Panjang total sampai ke ground strap katanya tidak terlalu pengaruh.

Tidak bisa kasih ulasan yang adil dan akurat nih karena ketika ganti busi sekalian ganti oli dan busi Densonya sudah pemakaian 80.000 km. Tapi sih seingat saya ganti dari NGK Laser Iridium ke Denso Iridium TT tidak se-enak dari Denso Iridium TT ke NGK Laser Iridium.

Kata tunernya sih warna segitu masih bisa diborosin lagi sedikit. Pingin coba close loop 13.8-14.0 😬. Berasa banget dari close loop 14.7, begitu diborosin 14.2 ketika kondisi cruising dan low RPM high load jauh lebih enteng.
buat enjin apa mbah ??

non toyota grup yah ?? :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
bangsaun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Apr 16, 2017 14:45
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Motorcycle

Re: Serba Serbi Busi

Post by bangsaun »

azu wrote: Tue Apr 22, 2025 6:06
bangsaun wrote: Tue Apr 22, 2025 5:32 Halo om,

Mau tanya terkait busi Suzuki APV tahun 2007 (non arena), pilihan busi yang ada di buku manual seperti berikut:

1. NGK: BKR6E
2. Denso: K20PR-U

Apa ada pilihan yang lain yg lebih bagus? Apa bisa diganti jadi busi iridium? Kalo bisa tolong kasih opsi busi yang cocok di Suzuki APV.

Terima kasih.
bisa sih pakai yg iridium atau platinum om

NGK: Iridium BKR6EIX, Platinum BKR6EGP
Denso: Iridium IK20
Terima kasih untuk opsi yang sudah diberikan.

Mau tanya lagi om, saya sudah cek di Tokopedia NGK Official Store, ada nya busi Iridium BKR6EIX-11. Apa itu sama atau berbeda dengan BKR6EIX?
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Busi

Post by saturday »

DOHC wrote: Tue Apr 22, 2025 22:41
buat enjin apa mbah ??

non toyota grup yah ?? :upss: :upss:
Honda K20Z2
bangsaun wrote: Wed Apr 23, 2025 1:45 Mau tanya lagi om, saya sudah cek di Tokopedia NGK Official Store, ada nya busi Iridium BKR6EIX-11. Apa itu sama atau berbeda dengan BKR6EIX?
Sama. Angka belakang -11 artinya gap busi 1.1mm. Gap busi butuhnya seberapa, silahkan cek buku manual masing-masing. Bisa dilebarkan atau disempitkan kok gapnya. Tapi hati-hati jangan merusak elektroda tengahnya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

saturday wrote: Wed Apr 23, 2025 3:40
DOHC wrote: Tue Apr 22, 2025 22:41
buat enjin apa mbah ??

non toyota grup yah ?? :upss: :upss:
Honda K20Z2

pantesan cocok ama NGK :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Busi

Post by saturday »

DOHC wrote: Wed Apr 23, 2025 8:08
saturday wrote: Wed Apr 23, 2025 3:40
DOHC wrote: Tue Apr 22, 2025 22:41
buat enjin apa mbah ??

non toyota grup yah ?? :upss: :upss:
Honda K20Z2

pantesan cocok ama NGK :mky_03: :mky_03:
Penyebabnya apa ya bisa cocok-cocokan begitu? Dari bentuk ruang bakar headnya ya?