Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
pak
kapan nih thread hand tools lanjut ke part selanjutnya?DOHC wrote:
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
ketigax di tret paling ga ad jalan kluar dan konklusi nya...
tau tuh, ampe cape sembayangin pake kemenyan tiap malem rebo wage, biar cepet nambah2 tu tret, tetep aj ga manjur
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
WkwkwkwkkwDOHC wrote: Sun Apr 13, 2025 3:38ketigax di tret paling ga ad jalan kluar dan konklusi nya...
tau tuh, ampe cape sembayangin pake kemenyan tiap malem rebo wage, biar cepet nambah2 tu tret, tetep aj ga manjur
Ngalahin tersanjung
Btw soal oil temp
Ini mbah salah satu contohnya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Moderator
- Posts: 1354
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
tumbalnya kurang kali pak.DOHC wrote: Sun Apr 13, 2025 3:38ketigax di tret paling ga ad jalan kluar dan konklusi nya...
tau tuh, ampe cape sembayangin pake kemenyan tiap malem rebo wage, biar cepet nambah2 tu tret, tetep aj ga manjur
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Wah ini sih nyontohinya mobil racing lagi balapan, mesin nya aja beda kelas sama mobil kita yg pakai mesin spek taxi, pakai turbo pula.Suryaputra wrote: Sun Apr 13, 2025 4:11WkwkwkwkkwDOHC wrote: Sun Apr 13, 2025 3:38ketigax di tret paling ga ad jalan kluar dan konklusi nya...
tau tuh, ampe cape sembayangin pake kemenyan tiap malem rebo wage, biar cepet nambah2 tu tret, tetep aj ga manjur
Ngalahin tersanjung
Btw soal oil temp
Ini mbah salah satu contohnya
Kalo di obd saya ga pernah tuh oil temp nya diatas coolant temp, mungkin obd/sensor saya yg error.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Good klo ada oil temp reading nyat105erd wrote: Sun Apr 13, 2025 7:12Wah ini sih nyontohinya mobil racing lagi balapan, mesin nya aja beda kelas sama mobil kita yg pakai mesin spek taxi, pakai turbo pula.Suryaputra wrote: Sun Apr 13, 2025 4:11WkwkwkwkkwDOHC wrote: Sun Apr 13, 2025 3:38
ketigax di tret paling ga ad jalan kluar dan konklusi nya...
tau tuh, ampe cape sembayangin pake kemenyan tiap malem rebo wage, biar cepet nambah2 tu tret, tetep aj ga manjur
Ngalahin tersanjung
Btw soal oil temp
Ini mbah salah satu contohnya
Kalo di obd saya ga pernah tuh oil temp nya diatas coolant temp, mungkin obd/sensor saya yg error.

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Oli temp mobil k3ve jadul. 

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Wow
Penguapan gmn mbah?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
kmrn lagi tune up sekalian copot cover klep pengen tau kondisi mesin...
2AZ-FE odo 124 rb km, pas beli 2nd di odo 117 rb km tuang PTT Flushing Oil trus ganti ke Pertamina Fastron Gold 5W30 & 0W-20
terakhir di odo 123.456 ganti ke Mobil 1 Triple Action 0W-20
segini masih aman atau better coba flushing treatment dulu pake oli diesel ya?
2AZ-FE odo 124 rb km, pas beli 2nd di odo 117 rb km tuang PTT Flushing Oil trus ganti ke Pertamina Fastron Gold 5W30 & 0W-20
terakhir di odo 123.456 ganti ke Mobil 1 Triple Action 0W-20
segini masih aman atau better coba flushing treatment dulu pake oli diesel ya?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Aman om. Suhu segitu jg gara2 pedal gas rata lantai 60an km, pas awal2 tol Sumatera buka.
Tp memang nih xenia jadul oil temp nya rada tinggi. Posisi filter oli pas banget dipanggang header exhaust.
Keuntungannya sih , buat nyampe temperatur ideal oli di 100°c ga butuh waktu lama2 banget.
Jeleknya kalo high rpm terus2an ya kayak gt
Tp Aman lah, kayaknya batas atas suhu oli sampe 140an°c deh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Ini cara pasangnya gimana yah om? dulu saya mau pasang buat ECT tapi mesti bypass selang radiator buat dipasang sensor. Ribet takut rembes/banyak yg bilang kalo beli yg murah malah ga akurat jadinya beli yg cuma colok obd aja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Ngabsen dulu di pejwan baris 13
Mumpung lg tanggal 13 juga

Mumpung lg tanggal 13 juga



S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
kl d bejeg2 terus pantesan aj bsa melejit gt , sama kaya oli atfSuryaputra wrote: Sun Apr 13, 2025 4:11WkwkwkwkkwDOHC wrote: Sun Apr 13, 2025 3:38ketigax di tret paling ga ad jalan kluar dan konklusi nya...
tau tuh, ampe cape sembayangin pake kemenyan tiap malem rebo wage, biar cepet nambah2 tu tret, tetep aj ga manjur
Ngalahin tersanjung
Btw soal oil temp
Ini mbah salah satu contohnya
tp kl pemakaian normal ampe beda jauh antara olmes dan coolant, berarti either oli mikrolet atau yah coolant nya pake aer marjan boudoin rasa cocopandan
numpang lewat aja....


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Kl oli temp, sensor di ECU nya emang ga ada. Mau dicolok pake obd jg ga bakal keluar omt105erd wrote: Sun Apr 13, 2025 10:14Ini cara pasangnya gimana yah om? dulu saya mau pasang buat ECT tapi mesti bypass selang radiator buat dipasang sensor. Ribet takut rembes/banyak yg bilang kalo beli yg murah malah ga akurat jadinya beli yg cuma colok obd aja.
Itu ya saya pasang pake sandwich plate. Di Dobel di filter oli.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
iya bener mbahDOHC wrote: Sun Apr 13, 2025 12:29kl d bejeg2 terus pantesan aj bsa melejit gt , sama kaya oli atfSuryaputra wrote: Sun Apr 13, 2025 4:11WkwkwkwkkwDOHC wrote: Sun Apr 13, 2025 3:38
ketigax di tret paling ga ad jalan kluar dan konklusi nya...
tau tuh, ampe cape sembayangin pake kemenyan tiap malem rebo wage, biar cepet nambah2 tu tret, tetep aj ga manjur
Ngalahin tersanjung
Btw soal oil temp
Ini mbah salah satu contohnya
tp kl pemakaian normal ampe beda jauh antara olmes dan coolant, berarti either oli mikrolet atau yah coolant nya pake aer marjan boudoin rasa cocopandan
klo daily usage sih gak bakal beda jauh oil temp dan coolant.
itu karena dipush ala mbah vanosz aja, sampai butuh BBK

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 659
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
welp barusan cek udah part 21 aja.
gaspol
gaspol
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
kok bisa suhu oli sangat tinggi, padahal dinding blok mesin dialiri coolant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
saya cek suhu minyak di penggorengan itu harus diatas 170C....
berarti jangan heran minyak goreng bisa dicampur ke mesin, karena suhu ideal oli mesin maksimal sekitar 110C
berarti jangan heran minyak goreng bisa dicampur ke mesin, karena suhu ideal oli mesin maksimal sekitar 110C
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Emg gtu mbahilhami wrote: Fri Apr 18, 2025 4:27 kok bisa suhu oli sangat tinggi, padahal dinding blok mesin dialiri coolant
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C
Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi.

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Oksidasinya sgt tinggi dan sifatnya sticky klo dah suhu normal.ilhami wrote: Fri Apr 18, 2025 4:31 saya cek suhu minyak di penggorengan itu harus diatas 170C....
berarti jangan heran minyak goreng bisa dicampur ke mesin, karena suhu ideal oli mesin maksimal sekitar 110C
Kena suhu 20C udh mulai membeku dan keras.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 124
- Joined: Sun Apr 05, 2020 10:14
- Location: South Tangerang
- Daily Vehicle: Proton Exora
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Udah part 21 aja nih.. Mantap
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsbSuryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01Emg gtu mbahilhami wrote: Fri Apr 18, 2025 4:27 kok bisa suhu oli sangat tinggi, padahal dinding blok mesin dialiri coolant
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C
Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi.![]()
tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah
pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
iya bener mbahDOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsbSuryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01Emg gtu mbahilhami wrote: Fri Apr 18, 2025 4:27 kok bisa suhu oli sangat tinggi, padahal dinding blok mesin dialiri coolant
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C
Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi.![]()
tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah
pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
lagipula oli mesin dirancang flashpoint setinggi itu, untuk antisipasi klo (kondisi tertentu) harus hi rpm

Klo sy pribadi sih... selama mantau OBD di bbrp mobil merk nippon, gak pernah sih suhu coolant lbh tinggi dr 100 C,
always di bawah 100 C
top speed juga ngejar apaan sih?.. dapat piala atau duit juga nggak
cuma ngasih makan ego dan bigger risk aja

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 94
- Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Grand Livina
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21
Kalau segini di L10 normal ga mbah? jalan sekitar 2 jam, kondisi mendung, dalkot ga macetDOHC wrote: Fri Apr 18, 2025 7:49biar gmanapun, tetep suhu olmes mustinya ga bole sbegitu tinggi, kcuali lg dipake rpm tinggi konstan, kaya misal lg lari di tol, sirkuit dsbSuryaputra wrote: Fri Apr 18, 2025 5:01Emg gtu mbahilhami wrote: Fri Apr 18, 2025 4:27 kok bisa suhu oli sangat tinggi, padahal dinding blok mesin dialiri coolant
Ya makanya oli mesin dirancang titik nyala apinya bs sampai >200C
Klo gak pk coolant, ya spt bbrp motor pendingin udara - air cooled, tanpa coolant, blok mesin buat dialirin udara, olinya lbh kentel dgn titik nyala lbh tinggi.![]()
tp kl rpm konstan cruisin di 80kph, sejauh yg kita orang tau ga bakal tralu beda jauh ama coolant, dan suhu coolant itu ga bole lebi tinggi dari 120an drajat .. perbezaan suhu olmes dan coolant pun jg by default ga bole tralu beda jauh, kcuali dapet oli ampas, atau oli mikrolet, yah itu laen crita dah
pengecualian oli girbok manual dan atf, ini emg biasanya mo pemakaian normal pun suhu kerja nya bsa d atas suhu coolant
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.