Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

RS7 wrote: Thu Apr 10, 2025 10:15
t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 3:12
RS7 wrote: Wed Apr 09, 2025 9:08 Punteun om2 mau konsultasi untuk ganti oli yaris bakpao saya yg sekarang udah nyentuh 170 ribuan km.

Beberapa kali sebelumnya ganti oli selalu pakenya Mobil Super Friction Fighter 10W40, karena emang harganya cukup murah hehe. Sebenernya sampai saat ini engga ada kendala apa2, dipake mudik kemarin juga masih aman. Cuma sempat baca beberapa hari lalu, mesin 1NZ ini ternyata recommended oil specnya pakainya 5W-30, atau 10W-30.
Kira2 baiknya tetep lanjut aja di 10W40 atau lebih baik ganti ke oli sesuai speknya? Mengingat km nya udah mayan tinggi yg dimana saya takutkan olinya jadi lebih cepat menguap / habis.

Oh iya untuk kondisi rute sehari2, rute saya Cileungsi - Jakarta lewat tol jagorawi dalkot, yang biasanya di cawang suka macet banget hehe, PP kira2 70 km an sehari.

Terimakasih banyak om2 semua 🙏🏼
Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan :big_cry: saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om

Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Image
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi

Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya
- Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm)
- Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta

hindari penggunaan engine flush, gak guna
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

RS7 wrote: Thu Apr 10, 2025 10:15
t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 3:12
RS7 wrote: Wed Apr 09, 2025 9:08 Punteun om2 mau konsultasi untuk ganti oli yaris bakpao saya yg sekarang udah nyentuh 170 ribuan km.

Beberapa kali sebelumnya ganti oli selalu pakenya Mobil Super Friction Fighter 10W40, karena emang harganya cukup murah hehe. Sebenernya sampai saat ini engga ada kendala apa2, dipake mudik kemarin juga masih aman. Cuma sempat baca beberapa hari lalu, mesin 1NZ ini ternyata recommended oil specnya pakainya 5W-30, atau 10W-30.
Kira2 baiknya tetep lanjut aja di 10W40 atau lebih baik ganti ke oli sesuai speknya? Mengingat km nya udah mayan tinggi yg dimana saya takutkan olinya jadi lebih cepat menguap / habis.

Oh iya untuk kondisi rute sehari2, rute saya Cileungsi - Jakarta lewat tol jagorawi dalkot, yang biasanya di cawang suka macet banget hehe, PP kira2 70 km an sehari.

Terimakasih banyak om2 semua 🙏🏼
Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan :big_cry: saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om

Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Image
kaianya hampir semua musti sekarang musti fully synth minimal kaia di luar selalu ada embel2 "fully synth only", gak bisa terus2an dicekokin semi-synth kemaren waktu ke bengkel ada tuh ertiga k14b juga banyak yang varnish gahanya 1nz kaianya mesin2 keluaran 2010 up better spent 30-50k lebih bwat full synth kedepannya .
Suryaputra wrote: Thu Apr 10, 2025 10:22
RS7 wrote: Thu Apr 10, 2025 10:15
t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 3:12

Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan :big_cry: saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om

Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Image
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi

Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya
- Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm)
- Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta

hindari penggunaan engine flush, gak guna
sepakat cman saran sih, ati2 kalo ngetol, sering2 pantau level coolants, biasanya tuh niatnya "italian tuneup" eh gataunya radiator jebol
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

kayukayuthe5th wrote: Thu Apr 10, 2025 10:36
RS7 wrote: Thu Apr 10, 2025 10:15
t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 3:12

Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan :big_cry: saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om

Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Image
kaianya hampir semua musti sekarang musti fully synth minimal kaia di luar selalu ada embel2 "fully synth only", gak bisa terus2an dicekokin semi-synth kemaren waktu ke bengkel ada tuh ertiga k14b juga banyak yang varnish gahanya 1nz kaianya mesin2 keluaran 2010 up better spent 30-50k lebih bwat full synth kedepannya .
Suryaputra wrote: Thu Apr 10, 2025 10:22
RS7 wrote: Thu Apr 10, 2025 10:15

Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan :big_cry: saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om

Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Image
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi

Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya
- Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm)
- Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta

hindari penggunaan engine flush, gak guna
sepakat cman saran sih, ati2 kalo ngetol, sering2 pantau level coolants, biasanya tuh niatnya "italian tuneup" eh gataunya radiator jebol
Tetep tergantung sih, kadang ada embel embel full synth tapi dipake 4000-5000km visco udah drop, oxy udah naik, udah ada soot. Ya sama aja boong

Padahal 8000-10000km itu bahkan dengan semi synthetic achievable, tapi yang pasti gak murah :upss:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by t105erd »

RS7 wrote: Thu Apr 10, 2025 10:15
t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 3:12
RS7 wrote: Wed Apr 09, 2025 9:08 Punteun om2 mau konsultasi untuk ganti oli yaris bakpao saya yg sekarang udah nyentuh 170 ribuan km.

Beberapa kali sebelumnya ganti oli selalu pakenya Mobil Super Friction Fighter 10W40, karena emang harganya cukup murah hehe. Sebenernya sampai saat ini engga ada kendala apa2, dipake mudik kemarin juga masih aman. Cuma sempat baca beberapa hari lalu, mesin 1NZ ini ternyata recommended oil specnya pakainya 5W-30, atau 10W-30.
Kira2 baiknya tetep lanjut aja di 10W40 atau lebih baik ganti ke oli sesuai speknya? Mengingat km nya udah mayan tinggi yg dimana saya takutkan olinya jadi lebih cepat menguap / habis.

Oh iya untuk kondisi rute sehari2, rute saya Cileungsi - Jakarta lewat tol jagorawi dalkot, yang biasanya di cawang suka macet banget hehe, PP kira2 70 km an sehari.

Terimakasih banyak om2 semua 🙏🏼
Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan :big_cry: saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om

Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Image
Penggantian oli tiap berapa km om? beli dari baru atau seken mobilnya? ini kalo menurut saya yg sok tau sih antara sering kelamaan ganti oli atau kena oli palsu. Kadang kalo ngikutin toyota pas servis gratis itu pakai TMO 10W40 dan interval 10rb, kalo selepas itu pemilik banyak yg ngikutin yaa jelas banyak yaris/vios di luar sana yg kondisinya kaya gini. Padahal idealnya kalo maksain pakai 10rb km yaa minimal full sintetis 5W30 yg bagusan bukan kelas shell/fastron eco.

Saya juga pernah pakai 10W40 TMO dan Fastron dan saya ganti ga sampai 5rb km, selanjutnya pakai yg full sintetis 5W30 seringnya pakai yg ada cap dexos1 gen2, sekarang lg pakai valvoline ganti ga lebih dari 7500km.

Coba kalo penasaran buka cover valve nya dulu om, karena yg terlihat langsung itu bagian cover valve nya, untuk liat dalamnya bisa agak ngelirik ke sebelah kiri atau ke arah sprocket nya, nanti keliatan tuh camshaft nya, apakah udah gosong juga atau gimana. Kalo mau tuntas yaa di bongkar dan di bersihkan oil pan, oil pump, strainer, sampai bagian valve train nya dari atas. Kalo mau sabar yah coba pakai oli yg punya cap ACEA A5/B5, kaya PTT pakai sampai 5000km aja maksimal.


Perbandingan punya saya
IMG_20240304_180055~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
tohpati
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
Location: Denpasar
Daily Vehicle: Honda Freed

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by tohpati »

sahabatq8 wrote: Thu Apr 10, 2025 11:28
kayukayuthe5th wrote: Thu Apr 10, 2025 10:36
RS7 wrote: Thu Apr 10, 2025 10:15

Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan :big_cry: saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om

Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Image
kaianya hampir semua musti sekarang musti fully synth minimal kaia di luar selalu ada embel2 "fully synth only", gak bisa terus2an dicekokin semi-synth kemaren waktu ke bengkel ada tuh ertiga k14b juga banyak yang varnish gahanya 1nz kaianya mesin2 keluaran 2010 up better spent 30-50k lebih bwat full synth kedepannya .
Suryaputra wrote: Thu Apr 10, 2025 10:22

Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi

Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya
- Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm)
- Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta

hindari penggunaan engine flush, gak guna
sepakat cman saran sih, ati2 kalo ngetol, sering2 pantau level coolants, biasanya tuh niatnya "italian tuneup" eh gataunya radiator jebol
Tetep tergantung sih, kadang ada embel embel full synth tapi dipake 4000-5000km visco udah drop, oxy udah naik, udah ada soot. Ya sama aja boong

Padahal 8000-10000km itu bahkan dengan semi synthetic achievable, tapi yang pasti gak murah :upss:
Saya mah mendingan murah aja. 4000-5000 km yang kayak om bilang udah jelek ya ganti. Oli gitu cuma 300rb/4l. Bahkan Repsol dulu malah dapetnya di 220rb/4l. 6 bulan belum nyampe 5000 km udah ganti toh murah.
Dengan beli repsol promo kemarin, setahun 2x ganti oli cuma 440rb :big_biglaugh:
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 829
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Greenhunter »

t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 13:50 Perbandingan punya saya
IMG_20240304_180055~2.jpg
seperti ini tergolong varnish atau normal aja ?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 13:50


Perbandingan punya saya
IMG_20240304_180055~2.jpg
lobang isi oli 1NZ terbersih yg perna kita orang liat seumur idup


itu disain lobang isi toyota emg agak bloon insinyur nya, ga cuman 1NZ, 1MZ, bahkan ampe 2AZ, 2 AR jg sama , rawan jorok kerak gt

mending skalian bkin tutup deksel dari plastik, kaya 1TR
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Opeakkk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Fri Apr 14, 2023 17:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Grand Livina

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Opeakkk »

DOHC wrote: Thu Apr 10, 2025 5:39
Opeakkk wrote: Wed Apr 09, 2025 14:43
Suryaputra wrote: Sat Apr 05, 2025 3:27

Plot twistnya... PFG plg minim nguap :big_biglaugh:
Sepertinya begitu om, PFG paling minim penguapan di L10 saya :big_peace:

-
Sorry OOT dikit ini coolant ori nissan pemakaian 6 bulan, kok selalu ada bekas warna biru2 ya di reservoir nya, jadi agak susah mantau min & max nya. Sebelum nya pernah kuras juga sama, selalu berbekas biru. Mix sendiri 30/70, air juga pakai demineral
kayanya dr jaman dl coolant batu makam emg error dehh

dl waktu L10 baru kuar circa 2007, malah dikasi coolant ijo dari fabriekan, itu setaonan ud tebel endapan putih2 d reservoir.. waktu itu kita orang ganti pake coolant toyota jadi nya, lancar jaya ampe tu mobil djual 8 taon kmudian, ga ad bocor rembes samsek
:big_biglaugh:
Setuju mbah, jaman dulu pertama ganti coolant di BeRes kaget juga kok ada putih2 nya.
Ngaco memang, sekarang ganti coolant lain.
Sekalian bongkar rocker cover, pcv patah 🤣
KM 171.000
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by t105erd »

Greenhunter wrote: Fri Apr 11, 2025 1:52
t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 13:50 Perbandingan punya saya
IMG_20240304_180055~2.jpg
seperti ini tergolong varnish atau normal aja ?
kalo di liat sih beda warna antara bahan aslinya yg silver sama yg kena oli beda, berarti yaa varnish om. Cuma untuk komponen dalam nya saya ga bisa liat, karena terhalang valve cover nya itu.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by t105erd »

DOHC wrote: Fri Apr 11, 2025 2:13
t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 13:50


Perbandingan punya saya
IMG_20240304_180055~2.jpg
lobang isi oli 1NZ terbersih yg perna kita orang liat seumur idup


itu disain lobang isi toyota emg agak bloon insinyur nya, ga cuman 1NZ, 1MZ, bahkan ampe 2AZ, 2 AR jg sama , rawan jorok kerak gt

mending skalian bkin tutup deksel dari plastik, kaya 1TR
iya ga langsung kesiram ke valve train nya kalo lagi nuang oli, tapi kehalang itu valve cover, mungkin biar ga muncrat2 kali yah...
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by ariswp »

t105erd wrote: Fri Apr 11, 2025 6:07
DOHC wrote: Fri Apr 11, 2025 2:13
t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 13:50


Perbandingan punya saya
IMG_20240304_180055~2.jpg
lobang isi oli 1NZ terbersih yg perna kita orang liat seumur idup


itu disain lobang isi toyota emg agak bloon insinyur nya, ga cuman 1NZ, 1MZ, bahkan ampe 2AZ, 2 AR jg sama , rawan jorok kerak gt

mending skalian bkin tutup deksel dari plastik, kaya 1TR
iya ga langsung kesiram ke valve train nya kalo lagi nuang oli, tapi kehalang itu valve cover, mungkin biar ga muncrat2 kali yah...
Mungkin juga berfungsu menghalangi benda asing misal mur baut gitu ga langsung jatuh ke valvetrain ya

Tapi paling bagus klo preventif gini, ikutin lobang pengisian oli L15Z honda, ada penutup model lubang2 kecil gitu
Valvetrain masi bisa diintip dari lubang pengisian tapi masi ada pelindungnya
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

ariswp wrote: Fri Apr 11, 2025 6:38
t105erd wrote: Fri Apr 11, 2025 6:07
DOHC wrote: Fri Apr 11, 2025 2:13

lobang isi oli 1NZ terbersih yg perna kita orang liat seumur idup


itu disain lobang isi toyota emg agak bloon insinyur nya, ga cuman 1NZ, 1MZ, bahkan ampe 2AZ, 2 AR jg sama , rawan jorok kerak gt

mending skalian bkin tutup deksel dari plastik, kaya 1TR
iya ga langsung kesiram ke valve train nya kalo lagi nuang oli, tapi kehalang itu valve cover, mungkin biar ga muncrat2 kali yah...
Mungkin juga berfungsu menghalangi benda asing misal mur baut gitu ga langsung jatuh ke valvetrain ya

Tapi paling bagus klo preventif gini, ikutin lobang pengisian oli L15Z honda, ada penutup model lubang2 kecil gitu
Valvetrain masi bisa diintip dari lubang pengisian tapi masi ada pelindungnya
Agree

honda L series lubang ngisi olinya ada pelindung buat mur dan baut cegah masuk ke dalam :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by severmaya »

Suryaputra wrote: Thu Apr 10, 2025 10:22
RS7 wrote: Thu Apr 10, 2025 10:15
t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 3:12

Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan :big_cry: saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om

Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Image
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi

Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya
- Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm)
- Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta

hindari penggunaan engine flush, gak guna
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

severmaya wrote: Fri Apr 11, 2025 13:10
Suryaputra wrote: Thu Apr 10, 2025 10:22
RS7 wrote: Thu Apr 10, 2025 10:15

Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan :big_cry: saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om

Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Image
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi

Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya
- Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm)
- Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta

hindari penggunaan engine flush, gak guna
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
Gak banyak mobil yg punya sensor suhu oli mesin.

Paling hny bbrp,
Contohnya typeR punya mbah vanosz :upss:

Yg pasti lbh panas dr coolant temp.
At least diperhatikan coolant temp max di 100C.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Fri Apr 11, 2025 16:48
severmaya wrote: Fri Apr 11, 2025 13:10
Suryaputra wrote: Thu Apr 10, 2025 10:22

Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi

Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya
- Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm)
- Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta

hindari penggunaan engine flush, gak guna
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
Gak banyak mobil yg punya sensor suhu oli mesin.

Paling hny bbrp,
Contohnya typeR punya mbah vanosz :upss:

Yg pasti lbh panas dr coolant temp.
At least diperhatikan coolant temp max di 100C.
civic type r fk8 dan fl5 gak ada sensor suhu oli mesin mbah, bacaannya cuma hasil kalkulasi si ecu. estimate
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by solar_kerosen »

Aman ga ya shell helix city 2 liter campur shell eco 1 liter spek sama 0w20. masih base oil blm natural gas kaya hx Ultra
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by t105erd »

severmaya wrote: Fri Apr 11, 2025 13:10
Suryaputra wrote: Thu Apr 10, 2025 10:22
RS7 wrote: Thu Apr 10, 2025 10:15

Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan :big_cry: saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om

Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Image
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi

Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya
- Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm)
- Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta

hindari penggunaan engine flush, gak guna
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
D70F75D1-B925-48C4-8CE1-DE28D8834ABD.jpeg
Kalo Punya saya selalu dibawah temperatur coolant sih…
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
juveeeeee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Sun Mar 17, 2024 7:28
Location: Jambi
Daily Vehicle: Yaris 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by juveeeeee »

t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 13:50
RS7 wrote: Thu Apr 10, 2025 10:15
t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 3:12

Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan :big_cry: saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om

Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Image
Penggantian oli tiap berapa km om? beli dari baru atau seken mobilnya? ini kalo menurut saya yg sok tau sih antara sering kelamaan ganti oli atau kena oli palsu. Kadang kalo ngikutin toyota pas servis gratis itu pakai TMO 10W40 dan interval 10rb, kalo selepas itu pemilik banyak yg ngikutin yaa jelas banyak yaris/vios di luar sana yg kondisinya kaya gini. Padahal idealnya kalo maksain pakai 10rb km yaa minimal full sintetis 5W30 yg bagusan bukan kelas shell/fastron eco.

Saya juga pernah pakai 10W40 TMO dan Fastron dan saya ganti ga sampai 5rb km, selanjutnya pakai yg full sintetis 5W30 seringnya pakai yg ada cap dexos1 gen2, sekarang lg pakai valvoline ganti ga lebih dari 7500km.

Coba kalo penasaran buka cover valve nya dulu om, karena yg terlihat langsung itu bagian cover valve nya, untuk liat dalamnya bisa agak ngelirik ke sebelah kiri atau ke arah sprocket nya, nanti keliatan tuh camshaft nya, apakah udah gosong juga atau gimana. Kalo mau tuntas yaa di bongkar dan di bersihkan oil pan, oil pump, strainer, sampai bagian valve train nya dari atas. Kalo mau sabar yah coba pakai oli yg punya cap ACEA A5/B5, kaya PTT pakai sampai 5000km aja maksimal.


Perbandingan punya saya
IMG_20240304_180055~2.jpg
idem mbah, saya dulu juga gitu. karena sempat dimasukin oli 10w40 tmo terus telat ganti jadi ada keraknya gitu. tapi udah ganti 2 kali oli dengan interval 4000km, keraknya jadi hilang tinggal sisa varnish tipis. mudah2an dengan 2 atau 3 kali ganti oli bisa sebersih mesinnya mbah t105erd :mky_04: :mky_04:
mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by mkamil »

t105erd wrote: Sat Apr 12, 2025 1:52
severmaya wrote: Fri Apr 11, 2025 13:10
Suryaputra wrote: Thu Apr 10, 2025 10:22

Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi

Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya
- Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm)
- Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta

hindari penggunaan engine flush, gak guna
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
D70F75D1-B925-48C4-8CE1-DE28D8834ABD.jpeg

Kalo Punya saya selalu dibawah temperatur coolant sih…
merk apa nih om? Lufi?
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by severmaya »

Suryaputra wrote: Fri Apr 11, 2025 16:48
severmaya wrote: Fri Apr 11, 2025 13:10
Suryaputra wrote: Thu Apr 10, 2025 10:22

Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi

Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya
- Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm)
- Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta

hindari penggunaan engine flush, gak guna
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
Gak banyak mobil yg punya sensor suhu oli mesin.

Paling hny bbrp,
Contohnya typeR punya mbah vanosz :upss:

Yg pasti lbh panas dr coolant temp.
At least diperhatikan coolant temp max di 100C.
Sebelumnya pas di bawa luar kota suhu temp oli paling 90 an, kadang sampai 97 pas macet.
Kemarin pas di Smg bisa sampai 101 oil temp nya, suhu coolant sekitar 95. Memang Smg lagi panas.
Padahal sebelumnya dipakai macet di Jakarta ga sepanas itu oil temp nya. Oli dah jalan 3700 km. Fan juga normal. Ini apa oli nya yang sudah ga bagus? Mesin QR25.
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by severmaya »

t105erd wrote: Sat Apr 12, 2025 1:52
severmaya wrote: Fri Apr 11, 2025 13:10
Suryaputra wrote: Thu Apr 10, 2025 10:22

Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi

Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya
- Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm)
- Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta

hindari penggunaan engine flush, gak guna
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
D70F75D1-B925-48C4-8CE1-DE28D8834ABD.jpeg

Kalo Punya saya selalu dibawah temperatur coolant sih…
Adem ini om.. Saya kadang juga dibawah temp coolant, tapi ya kadang juga diatas
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5951
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sintoni »

solar_kerosen wrote: Sat Apr 12, 2025 0:38 Aman ga ya shell helix city 2 liter campur shell eco 1 liter spek sama 0w20. masih base oil blm natural gas kaya hx Ultra
Aman aja om, kecuali campur minyak goreng.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by t105erd »

juveeeeee wrote: Sat Apr 12, 2025 2:51
t105erd wrote: Thu Apr 10, 2025 13:50
RS7 wrote: Thu Apr 10, 2025 10:15

Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan :big_cry: saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om

Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Image
Penggantian oli tiap berapa km om? beli dari baru atau seken mobilnya? ini kalo menurut saya yg sok tau sih antara sering kelamaan ganti oli atau kena oli palsu. Kadang kalo ngikutin toyota pas servis gratis itu pakai TMO 10W40 dan interval 10rb, kalo selepas itu pemilik banyak yg ngikutin yaa jelas banyak yaris/vios di luar sana yg kondisinya kaya gini. Padahal idealnya kalo maksain pakai 10rb km yaa minimal full sintetis 5W30 yg bagusan bukan kelas shell/fastron eco.

Saya juga pernah pakai 10W40 TMO dan Fastron dan saya ganti ga sampai 5rb km, selanjutnya pakai yg full sintetis 5W30 seringnya pakai yg ada cap dexos1 gen2, sekarang lg pakai valvoline ganti ga lebih dari 7500km.

Coba kalo penasaran buka cover valve nya dulu om, karena yg terlihat langsung itu bagian cover valve nya, untuk liat dalamnya bisa agak ngelirik ke sebelah kiri atau ke arah sprocket nya, nanti keliatan tuh camshaft nya, apakah udah gosong juga atau gimana. Kalo mau tuntas yaa di bongkar dan di bersihkan oil pan, oil pump, strainer, sampai bagian valve train nya dari atas. Kalo mau sabar yah coba pakai oli yg punya cap ACEA A5/B5, kaya PTT pakai sampai 5000km aja maksimal.


Perbandingan punya saya
IMG_20240304_180055~2.jpg
idem mbah, saya dulu juga gitu. karena sempat dimasukin oli 10w40 tmo terus telat ganti jadi ada keraknya gitu. tapi udah ganti 2 kali oli dengan interval 4000km, keraknya jadi hilang tinggal sisa varnish tipis. mudah2an dengan 2 atau 3 kali ganti oli bisa sebersih mesinnya mbah t105erd :mky_04: :mky_04:
iya yg penting 1NZ itu oli jangan pelit pake yg kelewat murah, saya juga sebenernya agak "pelit" buat beli oli, saya ga pernah beli oli yg harganya diatas 120rb/l, kebanyakan dibawah 100rb/L, pinter2 aja pilih oli di harga segitu banyak kok, kaya yg pernah saya pakai GMTech/Acdelco, Enoc, Valvoline (pas promo) semua katanya ada cap dexos1 gen2, interval 8 bulan/7500km. Kalo mau bersih bisa pakai oli yg ada cap dexos nya atau acea a5/b5, katanya sih detergent nya mumpuni diatas oli yg sertifikasinya generik kaya api sn
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by t105erd »

mkamil wrote: Sat Apr 12, 2025 2:59
t105erd wrote: Sat Apr 12, 2025 1:52
severmaya wrote: Fri Apr 11, 2025 13:10

Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
D70F75D1-B925-48C4-8CE1-DE28D8834ABD.jpeg

Kalo Punya saya selalu dibawah temperatur coolant sih…
merk apa nih om? Lufi?
ga ada merk, generic made in china
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by t105erd »

severmaya wrote: Sat Apr 12, 2025 3:48
t105erd wrote: Sat Apr 12, 2025 1:52
severmaya wrote: Fri Apr 11, 2025 13:10

Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
D70F75D1-B925-48C4-8CE1-DE28D8834ABD.jpeg

Kalo Punya saya selalu dibawah temperatur coolant sih…
Adem ini om.. Saya kadang juga dibawah temp coolant, tapi ya kadang juga diatas
oh beda mesin mungkin yah, atau sensor oil temp saya yg error, pokoknya di mesin saya oil temp ga pernah lebih panas dari coolant temp. Padahal pakai oli yg "biasa" bukan yh kelas sultan arabian/american/yuropian wkwk...

oh yaa coolant pakai TMO