Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
RS7 wrote: Wed Apr 09, 2025 9:08
Punteun om2 mau konsultasi untuk ganti oli yaris bakpao saya yg sekarang udah nyentuh 170 ribuan km.
Beberapa kali sebelumnya ganti oli selalu pakenya Mobil Super Friction Fighter 10W40, karena emang harganya cukup murah hehe. Sebenernya sampai saat ini engga ada kendala apa2, dipake mudik kemarin juga masih aman. Cuma sempat baca beberapa hari lalu, mesin 1NZ ini ternyata recommended oil specnya pakainya 5W-30, atau 10W-30.
Kira2 baiknya tetep lanjut aja di 10W40 atau lebih baik ganti ke oli sesuai speknya? Mengingat km nya udah mayan tinggi yg dimana saya takutkan olinya jadi lebih cepat menguap / habis.
Oh iya untuk kondisi rute sehari2, rute saya Cileungsi - Jakarta lewat tol jagorawi dalkot, yang biasanya di cawang suka macet banget hehe, PP kira2 70 km an sehari.
Terimakasih banyak om2 semua
Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om
Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi
Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya - Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm) - Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta
hindari penggunaan engine flush, gak guna
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RS7 wrote: Wed Apr 09, 2025 9:08
Punteun om2 mau konsultasi untuk ganti oli yaris bakpao saya yg sekarang udah nyentuh 170 ribuan km.
Beberapa kali sebelumnya ganti oli selalu pakenya Mobil Super Friction Fighter 10W40, karena emang harganya cukup murah hehe. Sebenernya sampai saat ini engga ada kendala apa2, dipake mudik kemarin juga masih aman. Cuma sempat baca beberapa hari lalu, mesin 1NZ ini ternyata recommended oil specnya pakainya 5W-30, atau 10W-30.
Kira2 baiknya tetep lanjut aja di 10W40 atau lebih baik ganti ke oli sesuai speknya? Mengingat km nya udah mayan tinggi yg dimana saya takutkan olinya jadi lebih cepat menguap / habis.
Oh iya untuk kondisi rute sehari2, rute saya Cileungsi - Jakarta lewat tol jagorawi dalkot, yang biasanya di cawang suka macet banget hehe, PP kira2 70 km an sehari.
Terimakasih banyak om2 semua
Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om
Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
kaianya hampir semua musti sekarang musti fully synth minimal kaia di luar selalu ada embel2 "fully synth only", gak bisa terus2an dicekokin semi-synth kemaren waktu ke bengkel ada tuh ertiga k14b juga banyak yang varnish gahanya 1nz kaianya mesin2 keluaran 2010 up better spent 30-50k lebih bwat full synth kedepannya .
Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om
Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi
Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya - Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm) - Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta
Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om
Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
kaianya hampir semua musti sekarang musti fully synth minimal kaia di luar selalu ada embel2 "fully synth only", gak bisa terus2an dicekokin semi-synth kemaren waktu ke bengkel ada tuh ertiga k14b juga banyak yang varnish gahanya 1nz kaianya mesin2 keluaran 2010 up better spent 30-50k lebih bwat full synth kedepannya .
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om
Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi
Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya - Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm) - Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta
RS7 wrote: Wed Apr 09, 2025 9:08
Punteun om2 mau konsultasi untuk ganti oli yaris bakpao saya yg sekarang udah nyentuh 170 ribuan km.
Beberapa kali sebelumnya ganti oli selalu pakenya Mobil Super Friction Fighter 10W40, karena emang harganya cukup murah hehe. Sebenernya sampai saat ini engga ada kendala apa2, dipake mudik kemarin juga masih aman. Cuma sempat baca beberapa hari lalu, mesin 1NZ ini ternyata recommended oil specnya pakainya 5W-30, atau 10W-30.
Kira2 baiknya tetep lanjut aja di 10W40 atau lebih baik ganti ke oli sesuai speknya? Mengingat km nya udah mayan tinggi yg dimana saya takutkan olinya jadi lebih cepat menguap / habis.
Oh iya untuk kondisi rute sehari2, rute saya Cileungsi - Jakarta lewat tol jagorawi dalkot, yang biasanya di cawang suka macet banget hehe, PP kira2 70 km an sehari.
Terimakasih banyak om2 semua
Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om
Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Penggantian oli tiap berapa km om? beli dari baru atau seken mobilnya? ini kalo menurut saya yg sok tau sih antara sering kelamaan ganti oli atau kena oli palsu. Kadang kalo ngikutin toyota pas servis gratis itu pakai TMO 10W40 dan interval 10rb, kalo selepas itu pemilik banyak yg ngikutin yaa jelas banyak yaris/vios di luar sana yg kondisinya kaya gini. Padahal idealnya kalo maksain pakai 10rb km yaa minimal full sintetis 5W30 yg bagusan bukan kelas shell/fastron eco.
Saya juga pernah pakai 10W40 TMO dan Fastron dan saya ganti ga sampai 5rb km, selanjutnya pakai yg full sintetis 5W30 seringnya pakai yg ada cap dexos1 gen2, sekarang lg pakai valvoline ganti ga lebih dari 7500km.
Coba kalo penasaran buka cover valve nya dulu om, karena yg terlihat langsung itu bagian cover valve nya, untuk liat dalamnya bisa agak ngelirik ke sebelah kiri atau ke arah sprocket nya, nanti keliatan tuh camshaft nya, apakah udah gosong juga atau gimana. Kalo mau tuntas yaa di bongkar dan di bersihkan oil pan, oil pump, strainer, sampai bagian valve train nya dari atas. Kalo mau sabar yah coba pakai oli yg punya cap ACEA A5/B5, kaya PTT pakai sampai 5000km aja maksimal.
Perbandingan punya saya
IMG_20240304_180055~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om
Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
kaianya hampir semua musti sekarang musti fully synth minimal kaia di luar selalu ada embel2 "fully synth only", gak bisa terus2an dicekokin semi-synth kemaren waktu ke bengkel ada tuh ertiga k14b juga banyak yang varnish gahanya 1nz kaianya mesin2 keluaran 2010 up better spent 30-50k lebih bwat full synth kedepannya .
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi
Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya - Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm) - Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta
Tetep tergantung sih, kadang ada embel embel full synth tapi dipake 4000-5000km visco udah drop, oxy udah naik, udah ada soot. Ya sama aja boong
Padahal 8000-10000km itu bahkan dengan semi synthetic achievable, tapi yang pasti gak murah
Saya mah mendingan murah aja. 4000-5000 km yang kayak om bilang udah jelek ya ganti. Oli gitu cuma 300rb/4l. Bahkan Repsol dulu malah dapetnya di 220rb/4l. 6 bulan belum nyampe 5000 km udah ganti toh murah.
Dengan beli repsol promo kemarin, setahun 2x ganti oli cuma 440rb
Sepertinya begitu om, PFG paling minim penguapan di L10 saya
-
Sorry OOT dikit ini coolant ori nissan pemakaian 6 bulan, kok selalu ada bekas warna biru2 ya di reservoir nya, jadi agak susah mantau min & max nya. Sebelum nya pernah kuras juga sama, selalu berbekas biru. Mix sendiri 30/70, air juga pakai demineral
kayanya dr jaman dl coolant batu makam emg error dehh
dl waktu L10 baru kuar circa 2007, malah dikasi coolant ijo dari fabriekan, itu setaonan ud tebel endapan putih2 d reservoir.. waktu itu kita orang ganti pake coolant toyota jadi nya, lancar jaya ampe tu mobil djual 8 taon kmudian, ga ad bocor rembes samsek
Setuju mbah, jaman dulu pertama ganti coolant di BeRes kaget juga kok ada putih2 nya.
Ngaco memang, sekarang ganti coolant lain.
Sekalian bongkar rocker cover, pcv patah
KM 171.000
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kalo di liat sih beda warna antara bahan aslinya yg silver sama yg kena oli beda, berarti yaa varnish om. Cuma untuk komponen dalam nya saya ga bisa liat, karena terhalang valve cover nya itu.
lobang isi oli 1NZ terbersih yg perna kita orang liat seumur idup
itu disain lobang isi toyota emg agak bloon insinyur nya, ga cuman 1NZ, 1MZ, bahkan ampe 2AZ, 2 AR jg sama , rawan jorok kerak gt
mending skalian bkin tutup deksel dari plastik, kaya 1TR
iya ga langsung kesiram ke valve train nya kalo lagi nuang oli, tapi kehalang itu valve cover, mungkin biar ga muncrat2 kali yah...
Mungkin juga berfungsu menghalangi benda asing misal mur baut gitu ga langsung jatuh ke valvetrain ya
Tapi paling bagus klo preventif gini, ikutin lobang pengisian oli L15Z honda, ada penutup model lubang2 kecil gitu
Valvetrain masi bisa diintip dari lubang pengisian tapi masi ada pelindungnya
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
lobang isi oli 1NZ terbersih yg perna kita orang liat seumur idup
itu disain lobang isi toyota emg agak bloon insinyur nya, ga cuman 1NZ, 1MZ, bahkan ampe 2AZ, 2 AR jg sama , rawan jorok kerak gt
mending skalian bkin tutup deksel dari plastik, kaya 1TR
iya ga langsung kesiram ke valve train nya kalo lagi nuang oli, tapi kehalang itu valve cover, mungkin biar ga muncrat2 kali yah...
Mungkin juga berfungsu menghalangi benda asing misal mur baut gitu ga langsung jatuh ke valvetrain ya
Tapi paling bagus klo preventif gini, ikutin lobang pengisian oli L15Z honda, ada penutup model lubang2 kecil gitu
Valvetrain masi bisa diintip dari lubang pengisian tapi masi ada pelindungnya
Agree
honda L series lubang ngisi olinya ada pelindung buat mur dan baut cegah masuk ke dalam
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om
Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi
Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya - Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm) - Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta
hindari penggunaan engine flush, gak guna
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om
Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi
Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya - Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm) - Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta
hindari penggunaan engine flush, gak guna
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
Gak banyak mobil yg punya sensor suhu oli mesin.
Paling hny bbrp,
Contohnya typeR punya mbah vanosz
Yg pasti lbh panas dr coolant temp.
At least diperhatikan coolant temp max di 100C.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi
Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya - Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm) - Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta
hindari penggunaan engine flush, gak guna
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
Gak banyak mobil yg punya sensor suhu oli mesin.
Paling hny bbrp,
Contohnya typeR punya mbah vanosz
Yg pasti lbh panas dr coolant temp.
At least diperhatikan coolant temp max di 100C.
civic type r fk8 dan fl5 gak ada sensor suhu oli mesin mbah, bacaannya cuma hasil kalkulasi si ecu. estimate
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om
Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi
Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya - Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm) - Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta
hindari penggunaan engine flush, gak guna
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
D70F75D1-B925-48C4-8CE1-DE28D8834ABD.jpeg
Kalo Punya saya selalu dibawah temperatur coolant sih…
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Mobilnya sama nih kaya saya. Saya pakai 5W30 full sintetis, mobil udah umur 17 tahun. Ga ada rembes atau nguap sama sekali, aman aja. Kalo sering pakai oli semi sintetis gitu entah kenapa banyak di mesin 1NZ ini yg kena varnish coklat2 gitu, coba deh tengok dari lubang pengisian olinya, warna nya kaya gimana?
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om
Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Penggantian oli tiap berapa km om? beli dari baru atau seken mobilnya? ini kalo menurut saya yg sok tau sih antara sering kelamaan ganti oli atau kena oli palsu. Kadang kalo ngikutin toyota pas servis gratis itu pakai TMO 10W40 dan interval 10rb, kalo selepas itu pemilik banyak yg ngikutin yaa jelas banyak yaris/vios di luar sana yg kondisinya kaya gini. Padahal idealnya kalo maksain pakai 10rb km yaa minimal full sintetis 5W30 yg bagusan bukan kelas shell/fastron eco.
Saya juga pernah pakai 10W40 TMO dan Fastron dan saya ganti ga sampai 5rb km, selanjutnya pakai yg full sintetis 5W30 seringnya pakai yg ada cap dexos1 gen2, sekarang lg pakai valvoline ganti ga lebih dari 7500km.
Coba kalo penasaran buka cover valve nya dulu om, karena yg terlihat langsung itu bagian cover valve nya, untuk liat dalamnya bisa agak ngelirik ke sebelah kiri atau ke arah sprocket nya, nanti keliatan tuh camshaft nya, apakah udah gosong juga atau gimana. Kalo mau tuntas yaa di bongkar dan di bersihkan oil pan, oil pump, strainer, sampai bagian valve train nya dari atas. Kalo mau sabar yah coba pakai oli yg punya cap ACEA A5/B5, kaya PTT pakai sampai 5000km aja maksimal.
Perbandingan punya saya
IMG_20240304_180055~2.jpg
idem mbah, saya dulu juga gitu. karena sempat dimasukin oli 10w40 tmo terus telat ganti jadi ada keraknya gitu. tapi udah ganti 2 kali oli dengan interval 4000km, keraknya jadi hilang tinggal sisa varnish tipis. mudah2an dengan 2 atau 3 kali ganti oli bisa sebersih mesinnya mbah t105erd
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi
Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya - Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm) - Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta
hindari penggunaan engine flush, gak guna
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
D70F75D1-B925-48C4-8CE1-DE28D8834ABD.jpeg
Kalo Punya saya selalu dibawah temperatur coolant sih…
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi
Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya - Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm) - Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta
hindari penggunaan engine flush, gak guna
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
Gak banyak mobil yg punya sensor suhu oli mesin.
Paling hny bbrp,
Contohnya typeR punya mbah vanosz
Yg pasti lbh panas dr coolant temp.
At least diperhatikan coolant temp max di 100C.
Sebelumnya pas di bawa luar kota suhu temp oli paling 90 an, kadang sampai 97 pas macet.
Kemarin pas di Smg bisa sampai 101 oil temp nya, suhu coolant sekitar 95. Memang Smg lagi panas.
Padahal sebelumnya dipakai macet di Jakarta ga sepanas itu oil temp nya. Oli dah jalan 3700 km. Fan juga normal. Ini apa oli nya yang sudah ga bagus? Mesin QR25.
Pk oli yg spec bisa bensin dan diesel, contoh
- F4str0n G0ld
- B4rdahl S9
- Dsb
Deterjen tinggi
Sering olahraga di tol pakai gear D3 (klo matic), atau gear rendah klo manual.
- Cek cooling system dan coolant fresh,
- Gunakan OBD pantau suhu coolant di bawah 100C
- OCI di 2500 km
- Lakukan berulang sampai agak bersih daleman nya - Hindari berkendara siksa diri (low rpm / mode hemat bbm) - Pakai minimal BBM Ron 92 punya swasta
hindari penggunaan engine flush, gak guna
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
D70F75D1-B925-48C4-8CE1-DE28D8834ABD.jpeg
Kalo Punya saya selalu dibawah temperatur coolant sih…
Adem ini om.. Saya kadang juga dibawah temp coolant, tapi ya kadang juga diatas
solar_kerosen wrote: Sat Apr 12, 2025 0:38
Aman ga ya shell helix city 2 liter campur shell eco 1 liter spek sama 0w20. masih base oil blm natural gas kaya hx Ultra
Udah di cek om dari lubang pengisian olinya, ternyata bener dalamnya agak kecoklatan saya malah baru tau keseringan pake oli semi synth jadi bikin coklat2 gitu. Berarti memang sepertinya 1NZ ini butuhnya yang full sintetis yaa.
Ada saran kah om agar daleman mesinnya bersih bisa diapakan? Sama kalo boleh tau saran oli yang cocok untuk ini yaris? Terimakasiih om
Untuk foto dalemnya seperti ini om punten
Penggantian oli tiap berapa km om? beli dari baru atau seken mobilnya? ini kalo menurut saya yg sok tau sih antara sering kelamaan ganti oli atau kena oli palsu. Kadang kalo ngikutin toyota pas servis gratis itu pakai TMO 10W40 dan interval 10rb, kalo selepas itu pemilik banyak yg ngikutin yaa jelas banyak yaris/vios di luar sana yg kondisinya kaya gini. Padahal idealnya kalo maksain pakai 10rb km yaa minimal full sintetis 5W30 yg bagusan bukan kelas shell/fastron eco.
Saya juga pernah pakai 10W40 TMO dan Fastron dan saya ganti ga sampai 5rb km, selanjutnya pakai yg full sintetis 5W30 seringnya pakai yg ada cap dexos1 gen2, sekarang lg pakai valvoline ganti ga lebih dari 7500km.
Coba kalo penasaran buka cover valve nya dulu om, karena yg terlihat langsung itu bagian cover valve nya, untuk liat dalamnya bisa agak ngelirik ke sebelah kiri atau ke arah sprocket nya, nanti keliatan tuh camshaft nya, apakah udah gosong juga atau gimana. Kalo mau tuntas yaa di bongkar dan di bersihkan oil pan, oil pump, strainer, sampai bagian valve train nya dari atas. Kalo mau sabar yah coba pakai oli yg punya cap ACEA A5/B5, kaya PTT pakai sampai 5000km aja maksimal.
Perbandingan punya saya
IMG_20240304_180055~2.jpg
idem mbah, saya dulu juga gitu. karena sempat dimasukin oli 10w40 tmo terus telat ganti jadi ada keraknya gitu. tapi udah ganti 2 kali oli dengan interval 4000km, keraknya jadi hilang tinggal sisa varnish tipis. mudah2an dengan 2 atau 3 kali ganti oli bisa sebersih mesinnya mbah t105erd
iya yg penting 1NZ itu oli jangan pelit pake yg kelewat murah, saya juga sebenernya agak "pelit" buat beli oli, saya ga pernah beli oli yg harganya diatas 120rb/l, kebanyakan dibawah 100rb/L, pinter2 aja pilih oli di harga segitu banyak kok, kaya yg pernah saya pakai GMTech/Acdelco, Enoc, Valvoline (pas promo) semua katanya ada cap dexos1 gen2, interval 8 bulan/7500km. Kalo mau bersih bisa pakai oli yg ada cap dexos nya atau acea a5/b5, katanya sih detergent nya mumpuni diatas oli yg sertifikasinya generik kaya api sn
Om kalau suhu oli itu pas kondisi panas macet-macetan idealnya berapa?
D70F75D1-B925-48C4-8CE1-DE28D8834ABD.jpeg
Kalo Punya saya selalu dibawah temperatur coolant sih…
Adem ini om.. Saya kadang juga dibawah temp coolant, tapi ya kadang juga diatas
oh beda mesin mungkin yah, atau sensor oil temp saya yg error, pokoknya di mesin saya oil temp ga pernah lebih panas dari coolant temp. Padahal pakai oli yg "biasa" bukan yh kelas sultan arabian/american/yuropian wkwk...