naah seru ini pembahasannyaBibieight wrote: Wed Apr 02, 2025 7:14 Sabaaar.... sabaaar.... Ini teori manajemen risiko, ICE sama EV profil risikonya beda :
Screenshot_20250402_130656_Chrome.jpg
Kalo ICE tu possible+critical, karena ada bensinnya, tu LCGC ditumbur truk Aqua di Jagorawi, terus yg pada konslet, tapi sekalinya abis bensinnya ya mati apinya.
Kalo EV tu saat ini dah rare+catasthropic, kenapa catastrhopic, kerna matiinnya susah, terus lithium+elektrolitnya self combustible (thermal runaway).
Nah, 10 taun lalu beberapa produsen mungkin masih unlikely+catasthropic. Tapi sekarang tu dah dimitigasi via teknologi, algoritma BMS dah bagus, battery chemistry dah disesuaikan ama karakter EV, meskipun kalo produsennya masih baru kayak Farasis dendritic growthnya bisa tembus separator. https://theevreport.com/mercedes-benz-r ... -fire-risk
Arsitektur juga dah bener, percaya ndak percaya arsitektur 10 taun lalu masih ada mobil yg ndak pake High Voltage Interlock Loop :
Jadi itu stroom apapun status mobilnya selalu on. Kalo sekarang HVIL tu dah standar, kalo mesin off, batere ya terisolasi, ada apa2 cabut saklar HVIL batere langsung isolated.
Naah teori manajemen risiko ini yg bikin saya yakin ama EV, wong kondisi per saat ini dah unlikely![]()
![]()
lanjutken mbah