DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 8:20
saturday wrote: Mon Mar 31, 2025 8:49
josomba wrote: Sun Mar 30, 2025 11:16
Jadi teringat busi seseorang Brisk P3 bisa muter2 keramiknya....
Teknologi 360⁰ supaya pancaran listrik busi merata
fannykuncoro wrote: Mon Mar 31, 2025 8:07
Mumpung lg bahas busi, mau nanya, bedanya busi projected (menonjol) dengan non projected (mendem) apa ya? Kalo heat range nya sama, lalu bedanya apa? Terimakasih..
Busi projected secara teori pembakarannya lebih bersih karena dia lebih masuk kedalam ruang bakar.
Pengalaman di motor saya, busi projected lebih bersih pembakarannya meskipun heat range yang sama dan jettingan karburator yang sama. Tanpa rubah setting apapun, busi non projected D8EA ada basah soot dan warna ceramic coklat. Dengan busi projected DP8EA (P= Projected) warna ceramic jadi abu-abu gelap, dan soot kering.
nambahin mbah
biasanya busi yg lebi "projected" itu bikinan si NGK, utk type heat range yg sama, somehow denso lebi "mendem" ke dalem
Pengalaman juga membuktikan hal serupa tapi karena komparasi material tidak sama, masih dipertanyakan keakuratannya.
Dengan kondisi jetting sama:
NGK DP8EA-9 projected copper tanpa resistor:
Ceramic insulator berwarna abu-abu gelap mengarah ke coklat dan soot di base ring tipis kering. Best performance.
NGK DP8EGP-9 projected platinum dengan resistor:
Ceramic insulator berwarna abu-abu dan soot di base ring tipis kering
Denso IX24B projected iridium dengan resistor; heat range setara 8 NGK:
Ceramic insulator berwarna abu-abu gelap, soot di base ring lebih tebal dan agak basah
Denso IX27B projected iridium dengan resistor; heat range setara 9 NGK:
Ceramic insulator berwarna abu kehitaman, soot di base ring tebal dan paling basah
NGK D8EA non projected copper, tanpa resistor:
Ceramic insulator coklat gelap, soot di base ring mirip IX24B.
Dari hasil tersebut, sepertinya busi projected NGK lebih bersih/panas daripada projectednya Denso. Tapi sekali lagi terdapat perbedaan jenis material (Denso iridium vs NGK platinum & copper)
Saya sedang order NGK DPR8EIX-9 karena saya belum pernah coba NGK Iridium di mesin motor saya.