Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Tue Mar 04, 2025 0:48 itu busi zenix mahal banget ya.
Perawatan udah seperti piara mercy deh

https://www.gridoto.com/read/224213760/ ... eda?page=2
Lah emg kijang sejak ipah reborn kan emg udh naik kelas.

Apalahi jinik, ya wajar aja, mesinnya aja pakai voxy cbu punya kan :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 906
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Busi

Post by tesna »

sharing aja, bbrp waktu yg lalu ganti busi w212 saya ke ori mercy, karena ada keluhan gak lulus emisi (long fuel trim ada di belasan persen, jadinya ecu command more fuel to achieve best fuel mixture). tadinya pakai bosch, beli ori mercy ternyata merk NGK
IMG_3368-2.jpg
IMG_3371-2.jpg

ternyata bener2 ngaruh, itu bosch umurnya blom setahun. abis ganti fuel trim nya langsung turun ke single digit... dan pastinya lulus uji emisi dong... klo mobil mercy sptnya harus pakai ori mercy, karena hrs bener2 sesuai spec....
IMG_3456-4.jpg
IMG_3454.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Busi

Post by kunaskun »

ilhami wrote: Tue Mar 04, 2025 0:48 itu busi zenix mahal banget ya.
Perawatan udah seperti piara mercy deh

https://www.gridoto.com/read/224213760/ ... eda?page=2
yang pake nissan dari dulu juga ga akan kaget :big_biglaugh:
memang segituan kok harga busi iridium pabrikan. apalagi kalau spec ajaib jadi tidak ada common part dengan mobil lain.
busi calya sigra agya ayla saja di luaran sudah 100 ribu per pcs :big_smoking:
Suryaputra wrote: Tue Mar 04, 2025 2:35
Lah emg kijang sejak ipah reborn kan emg udh naik kelas.

Apalahi jinik, ya wajar aja, mesinnya aja pakai voxy cbu punya kan :upss:
yang hybrid malah lebih canggih mbah, build quality negara berkembang tapi jeroan setara prius generasi terbaru itu :big_biglaugh:
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

tesna wrote: Tue Mar 04, 2025 2:48 sharing aja, bbrp waktu yg lalu ganti busi w212 saya ke ori mercy, karena ada keluhan gak lulus emisi (long fuel trim ada di belasan persen, jadinya ecu command more fuel to achieve best fuel mixture). tadinya pakai bosch, beli ori mercy ternyata merk NGK

IMG_3368-2.jpg
IMG_3371-2.jpg


ternyata bener2 ngaruh, itu bosch umurnya blom setahun. abis ganti fuel trim nya langsung turun ke single digit... dan pastinya lulus uji emisi dong... klo mobil mercy sptnya harus pakai ori mercy, karena hrs bener2 sesuai spec....

IMG_3456-4.jpg

IMG_3454.jpg
Pengalaman tidak oke dengan bosch ya.

Dulu pernah pake busi bosch keknya sekitar 50-60k doang, dah mbulet firing tip-nya. Jadinya misfire muluu.
viewtopic.php?p=1271529#p1271529
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

josomba wrote: Tue Mar 04, 2025 12:13

Pengalaman tidak oke dengan bosch ya.

Dulu pernah pake busi bosch keknya sekitar 50-60k doang, dah mbulet firing tip-nya. Jadinya misfire muluu.
viewtopic.php?p=1271529#p1271529



mbulet itu kalo dlm bahasa jawa artinya berbelit².

:drinking:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: Tue Mar 04, 2025 11:54
ilhami wrote: Tue Mar 04, 2025 0:48 itu busi zenix mahal banget ya.
Perawatan udah seperti piara mercy deh

https://www.gridoto.com/read/224213760/ ... eda?page=2
yang pake nissan dari dulu juga ga akan kaget :big_biglaugh:
memang segituan kok harga busi iridium pabrikan. apalagi kalau spec ajaib jadi tidak ada common part dengan mobil lain.
busi calya sigra agya ayla saja di luaran sudah 100 ribu per pcs :big_smoking:
Suryaputra wrote: Tue Mar 04, 2025 2:35
Lah emg kijang sejak ipah reborn kan emg udh naik kelas.

Apalahi jinik, ya wajar aja, mesinnya aja pakai voxy cbu punya kan :upss:
yang hybrid malah lebih canggih mbah, build quality negara berkembang tapi jeroan setara prius generasi terbaru itu :big_biglaugh:
Iye
Ciuman sm HRV RU aja remuk kyk kaleng krupuk depannya.. RU nya penyok dikit aja.

Sesama crumple zone pdahal

HPP nya kesedot di drivetrain :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Serba Serbi Busi

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Tue Mar 04, 2025 21:38 Iye
Ciuman sm HRV RU aja remuk kyk kaleng krupuk depannya.. RU nya penyok dikit aja.

Sesama crumple zone pdahal

HPP nya kesedot di drivetrain :big_biglaugh:
dipikir2 tumben baik hati juga itu pabrikan, jualanan power train :big_biglaugh:
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 906
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Busi

Post by tesna »

josomba wrote: Tue Mar 04, 2025 12:13

Pengalaman tidak oke dengan bosch ya.

Dulu pernah pake busi bosch keknya sekitar 50-60k doang, dah mbulet firing tip-nya. Jadinya misfire muluu.
viewtopic.php?p=1271529#p1271529
lebih ke beda spec sih, dari spec sih nilai tahanan resistornya beda, yg ori mercy 1K ohm, yg bosch 7K ohm. belum lagi gap nya, klo beli ori mercy pasti udah di sesuaiin gap nya. Dulu kalau ngga salah bosch itu 100 ribuan apa ya/pcs . yg ori mercy 300an/pcs
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Busi

Post by saturday »

kayukayuthe5th wrote: Sun Mar 30, 2025 8:06
vinchazz wrote: Sun Mar 30, 2025 2:33
kayukayuthe5th wrote: Sat Mar 29, 2025 14:26
kalo ada NGK , tapi bisalah dicoba brisk sebagai alt. cman brisk ini gak seawet NGK
Blom pernah pake brisk di mobil tpi buat di cbr250rr saya sih malah jadi brebet pas idle, gk bisa stabil pdhal dah reset ecu 2x. Ujungnya beli ori lg dan lgsung normal gk pake reset
kalo motor saya no comment ya brisk, cman kalo mobil cepet banget tip iridium renggang. emang NGK(nittera) da best in class
Sekalian diskusi dibawa ke thread busi ya.

Teman ada yang sempat beli CX5 2013 2nd dan dibawa ke daerah Sulawesi; karena busi originalnya mahal, dia ganti ke Brisk. Beberapa bulan kemudian mobilnya CE P0172.

Sudah coba diperiksa macam-macam, tidak sembuh. Busi selalu "dilewati" dalam tahap diagnosa karena asumsinya baru diganti dan iridium itu "usia panjang". Akhirnya menyerah dan coba ganti busi original Mazda by NGK. Sembuh mobilnya.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1603
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Serba Serbi Busi

Post by t105erd »

saturday wrote: Sun Mar 30, 2025 8:21
kayukayuthe5th wrote: Sun Mar 30, 2025 8:06
vinchazz wrote: Sun Mar 30, 2025 2:33
Blom pernah pake brisk di mobil tpi buat di cbr250rr saya sih malah jadi brebet pas idle, gk bisa stabil pdhal dah reset ecu 2x. Ujungnya beli ori lg dan lgsung normal gk pake reset
kalo motor saya no comment ya brisk, cman kalo mobil cepet banget tip iridium renggang. emang NGK(nittera) da best in class
Sekalian diskusi dibawa ke thread busi ya.

Teman ada yang sempat beli CX5 2013 2nd dan dibawa ke daerah Sulawesi; karena busi originalnya mahal, dia ganti ke Brisk. Beberapa bulan kemudian mobilnya CE P0172.

Sudah coba diperiksa macam-macam, tidak sembuh. Busi selalu "dilewati" dalam tahap diagnosa karena asumsinya baru diganti dan iridium itu "usia panjang". Akhirnya menyerah dan coba ganti busi original Mazda by NGK. Sembuh mobilnya.
busi tipe yg sama tapi yg satu kardusnya dari merk mobil yg satu kardusnya dari manufacturer itu barang yg sama ga sih?
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

saturday wrote: Sun Mar 30, 2025 8:21
Sekalian diskusi dibawa ke thread busi ya.

Teman ada yang sempat beli CX5 2013 2nd dan dibawa ke daerah Sulawesi; karena busi originalnya mahal, dia ganti ke Brisk. Beberapa bulan kemudian mobilnya CE P0172.

Sudah coba diperiksa macam-macam, tidak sembuh. Busi selalu "dilewati" dalam tahap diagnosa karena asumsinya baru diganti dan iridium itu "usia panjang". Akhirnya menyerah dan coba ganti busi original Mazda by NGK. Sembuh mobilnya.
Jadi teringat busi seseorang Brisk P3 bisa muter2 keramiknya....

:big_think:
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Busi

Post by marmut »

josomba wrote: Sun Mar 30, 2025 11:16
saturday wrote: Sun Mar 30, 2025 8:21
Sekalian diskusi dibawa ke thread busi ya.

Teman ada yang sempat beli CX5 2013 2nd dan dibawa ke daerah Sulawesi; karena busi originalnya mahal, dia ganti ke Brisk. Beberapa bulan kemudian mobilnya CE P0172.

Sudah coba diperiksa macam-macam, tidak sembuh. Busi selalu "dilewati" dalam tahap diagnosa karena asumsinya baru diganti dan iridium itu "usia panjang". Akhirnya menyerah dan coba ganti busi original Mazda by NGK. Sembuh mobilnya.
Jadi teringat busi seseorang Brisk P3 bisa muter2 keramiknya....

:big_think:




:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:




:ngacir:
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Busi

Post by saturday »

t105erd wrote: Sun Mar 30, 2025 8:58
saturday wrote: Sun Mar 30, 2025 8:21
kayukayuthe5th wrote: Sun Mar 30, 2025 8:06
kalo motor saya no comment ya brisk, cman kalo mobil cepet banget tip iridium renggang. emang NGK(nittera) da best in class
Sekalian diskusi dibawa ke thread busi ya.

Teman ada yang sempat beli CX5 2013 2nd dan dibawa ke daerah Sulawesi; karena busi originalnya mahal, dia ganti ke Brisk. Beberapa bulan kemudian mobilnya CE P0172.

Sudah coba diperiksa macam-macam, tidak sembuh. Busi selalu "dilewati" dalam tahap diagnosa karena asumsinya baru diganti dan iridium itu "usia panjang". Akhirnya menyerah dan coba ganti busi original Mazda by NGK. Sembuh mobilnya.
busi tipe yg sama tapi yg satu kardusnya dari merk mobil yg satu kardusnya dari manufacturer itu barang yg sama ga sih?
Sejauh ini saya anggap sama karena pakai yang versi manufaktur tidak ada masalah/perbedaan.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11777
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

josomba wrote: Sun Mar 30, 2025 11:16
Jadi teringat busi seseorang Brisk P3 bisa muter2 keramiknya....

:big_think:
itu "by design" mbah. barangkali mau di upgrade pake keramik roman atau yg lbh mahal udah difasilitasi sm pabriknya.

:big_grin:
fannykuncoro
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Thu Jun 28, 2018 9:05
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV 2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by fannykuncoro »

Mumpung lg bahas busi, mau nanya, bedanya busi projected (menonjol) dengan non projected (mendem) apa ya? Kalo heat range nya sama, lalu bedanya apa? Terimakasih.. :big_think:
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Busi

Post by saturday »

josomba wrote: Sun Mar 30, 2025 11:16
saturday wrote: Sun Mar 30, 2025 8:21
Sekalian diskusi dibawa ke thread busi ya.

Teman ada yang sempat beli CX5 2013 2nd dan dibawa ke daerah Sulawesi; karena busi originalnya mahal, dia ganti ke Brisk. Beberapa bulan kemudian mobilnya CE P0172.

Sudah coba diperiksa macam-macam, tidak sembuh. Busi selalu "dilewati" dalam tahap diagnosa karena asumsinya baru diganti dan iridium itu "usia panjang". Akhirnya menyerah dan coba ganti busi original Mazda by NGK. Sembuh mobilnya.
Jadi teringat busi seseorang Brisk P3 bisa muter2 keramiknya....

:big_think:
Teknologi 360⁰ supaya pancaran listrik busi merata 🙏🏻
fannykuncoro wrote: Mon Mar 31, 2025 8:07 Mumpung lg bahas busi, mau nanya, bedanya busi projected (menonjol) dengan non projected (mendem) apa ya? Kalo heat range nya sama, lalu bedanya apa? Terimakasih.. :big_think:
Busi projected secara teori pembakarannya lebih bersih karena dia lebih masuk kedalam ruang bakar.

Pengalaman di motor saya, busi projected lebih bersih pembakarannya meskipun heat range yang sama dan jettingan karburator yang sama. Tanpa rubah setting apapun, busi non projected D8EA ada basah soot dan warna ceramic coklat. Dengan busi projected DP8EA (P= Projected) warna ceramic jadi abu-abu gelap, dan soot kering.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Serba Serbi Busi

Post by kayukayuthe5th »

saturday wrote: Sun Mar 30, 2025 8:21
kayukayuthe5th wrote: Sun Mar 30, 2025 8:06
vinchazz wrote: Sun Mar 30, 2025 2:33
Blom pernah pake brisk di mobil tpi buat di cbr250rr saya sih malah jadi brebet pas idle, gk bisa stabil pdhal dah reset ecu 2x. Ujungnya beli ori lg dan lgsung normal gk pake reset
kalo motor saya no comment ya brisk, cman kalo mobil cepet banget tip iridium renggang. emang NGK(nittera) da best in class
Sekalian diskusi dibawa ke thread busi ya.

Teman ada yang sempat beli CX5 2013 2nd dan dibawa ke daerah Sulawesi; karena busi originalnya mahal, dia ganti ke Brisk. Beberapa bulan kemudian mobilnya CE P0172.

Sudah coba diperiksa macam-macam, tidak sembuh. Busi selalu "dilewati" dalam tahap diagnosa karena asumsinya baru diganti dan iridium itu "usia panjang". Akhirnya menyerah dan coba ganti busi original Mazda by NGK. Sembuh mobilnya.
waduh suhu udah turun tangan.

kalo mazda iya om doi rewel kalo gak ori NGK.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Serba Serbi Busi

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Tue Mar 04, 2025 2:35
ilhami wrote: Tue Mar 04, 2025 0:48 itu busi zenix mahal banget ya.
Perawatan udah seperti piara mercy deh

https://www.gridoto.com/read/224213760/ ... eda?page=2
Lah emg kijang sejak ipah reborn kan emg udh naik kelas.

Apalahi jinik, ya wajar aja, mesinnya aja pakai voxy cbu punya kan :upss:
iyes emang karena dah pake HCR engine itu mesinnya 13:1 ala2 skyactiv (atau emang co-develop bareng mazda?) plus atkinson cycle pengapiannya beda
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Busi

Post by saturday »

kayukayuthe5th wrote: Tue Apr 01, 2025 1:43
saturday wrote: Sun Mar 30, 2025 8:21
kayukayuthe5th wrote: Sun Mar 30, 2025 8:06
kalo motor saya no comment ya brisk, cman kalo mobil cepet banget tip iridium renggang. emang NGK(nittera) da best in class
Sekalian diskusi dibawa ke thread busi ya.

Teman ada yang sempat beli CX5 2013 2nd dan dibawa ke daerah Sulawesi; karena busi originalnya mahal, dia ganti ke Brisk. Beberapa bulan kemudian mobilnya CE P0172.

Sudah coba diperiksa macam-macam, tidak sembuh. Busi selalu "dilewati" dalam tahap diagnosa karena asumsinya baru diganti dan iridium itu "usia panjang". Akhirnya menyerah dan coba ganti busi original Mazda by NGK. Sembuh mobilnya.
waduh suhu udah turun tangan.

kalo mazda iya om doi rewel kalo gak ori NGK.
Bukan suhu. Hanya sharing pengalaman saja.

Itu busi Brisk memang banyak bikin masalah. Di motor KTM Duke 250 teman juga bermasalah dan bikin mogok. Di motor bore-up member salah satu grup otomotif ada yang pecah.

Bukan black campaign. Cerita apa adanya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

saturday wrote: Mon Mar 31, 2025 8:49
josomba wrote: Sun Mar 30, 2025 11:16
saturday wrote: Sun Mar 30, 2025 8:21
Sekalian diskusi dibawa ke thread busi ya.

Teman ada yang sempat beli CX5 2013 2nd dan dibawa ke daerah Sulawesi; karena busi originalnya mahal, dia ganti ke Brisk. Beberapa bulan kemudian mobilnya CE P0172.

Sudah coba diperiksa macam-macam, tidak sembuh. Busi selalu "dilewati" dalam tahap diagnosa karena asumsinya baru diganti dan iridium itu "usia panjang". Akhirnya menyerah dan coba ganti busi original Mazda by NGK. Sembuh mobilnya.
Jadi teringat busi seseorang Brisk P3 bisa muter2 keramiknya....

:big_think:
Teknologi 360⁰ supaya pancaran listrik busi merata 🙏🏻
fannykuncoro wrote: Mon Mar 31, 2025 8:07 Mumpung lg bahas busi, mau nanya, bedanya busi projected (menonjol) dengan non projected (mendem) apa ya? Kalo heat range nya sama, lalu bedanya apa? Terimakasih.. :big_think:
Busi projected secara teori pembakarannya lebih bersih karena dia lebih masuk kedalam ruang bakar.

Pengalaman di motor saya, busi projected lebih bersih pembakarannya meskipun heat range yang sama dan jettingan karburator yang sama. Tanpa rubah setting apapun, busi non projected D8EA ada basah soot dan warna ceramic coklat. Dengan busi projected DP8EA (P= Projected) warna ceramic jadi abu-abu gelap, dan soot kering.
nambahin mbah

biasanya busi yg lebi "projected" itu bikinan si NGK, utk type heat range yg sama, somehow denso lebi "mendem" ke dalem
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

sepanjang kita orang jaman dl iseng2 (baca : mo ngirit, budget mahasiswa) ud sering gonta ganti busi, dari champion, brisk, autolite, tetep smuanya ga cocok di mobil2 kita orang

balik lagi slalu NGK atau denso, kl 2 brand ini mo di tuker bolak balik ga perna ad masalah

tu 2 busi pilihan balapan F1, ampe dipake fiat group emg ga perna boong
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Busi

Post by saturday »

DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 8:20
saturday wrote: Mon Mar 31, 2025 8:49
josomba wrote: Sun Mar 30, 2025 11:16

Jadi teringat busi seseorang Brisk P3 bisa muter2 keramiknya....

:big_think:
Teknologi 360⁰ supaya pancaran listrik busi merata 🙏🏻
fannykuncoro wrote: Mon Mar 31, 2025 8:07 Mumpung lg bahas busi, mau nanya, bedanya busi projected (menonjol) dengan non projected (mendem) apa ya? Kalo heat range nya sama, lalu bedanya apa? Terimakasih.. :big_think:
Busi projected secara teori pembakarannya lebih bersih karena dia lebih masuk kedalam ruang bakar.

Pengalaman di motor saya, busi projected lebih bersih pembakarannya meskipun heat range yang sama dan jettingan karburator yang sama. Tanpa rubah setting apapun, busi non projected D8EA ada basah soot dan warna ceramic coklat. Dengan busi projected DP8EA (P= Projected) warna ceramic jadi abu-abu gelap, dan soot kering.
nambahin mbah

biasanya busi yg lebi "projected" itu bikinan si NGK, utk type heat range yg sama, somehow denso lebi "mendem" ke dalem
Pengalaman juga membuktikan hal serupa tapi karena komparasi material tidak sama, masih dipertanyakan keakuratannya.

Dengan kondisi jetting sama:
NGK DP8EA-9 projected copper tanpa resistor:
Ceramic insulator berwarna abu-abu gelap mengarah ke coklat dan soot di base ring tipis kering. Best performance.

NGK DP8EGP-9 projected platinum dengan resistor:
Ceramic insulator berwarna abu-abu dan soot di base ring tipis kering

Denso IX24B projected iridium dengan resistor; heat range setara 8 NGK:
Ceramic insulator berwarna abu-abu gelap, soot di base ring lebih tebal dan agak basah

Denso IX27B projected iridium dengan resistor; heat range setara 9 NGK:
Ceramic insulator berwarna abu kehitaman, soot di base ring tebal dan paling basah

NGK D8EA non projected copper, tanpa resistor:
Ceramic insulator coklat gelap, soot di base ring mirip IX24B.

Dari hasil tersebut, sepertinya busi projected NGK lebih bersih/panas daripada projectednya Denso. Tapi sekali lagi terdapat perbedaan jenis material (Denso iridium vs NGK platinum & copper)

Saya sedang order NGK DPR8EIX-9 karena saya belum pernah coba NGK Iridium di mesin motor saya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

saturday wrote: Tue Apr 01, 2025 8:48
DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 8:20
saturday wrote: Mon Mar 31, 2025 8:49

Teknologi 360⁰ supaya pancaran listrik busi merata 🙏🏻



Busi projected secara teori pembakarannya lebih bersih karena dia lebih masuk kedalam ruang bakar.

Pengalaman di motor saya, busi projected lebih bersih pembakarannya meskipun heat range yang sama dan jettingan karburator yang sama. Tanpa rubah setting apapun, busi non projected D8EA ada basah soot dan warna ceramic coklat. Dengan busi projected DP8EA (P= Projected) warna ceramic jadi abu-abu gelap, dan soot kering.
nambahin mbah

biasanya busi yg lebi "projected" itu bikinan si NGK, utk type heat range yg sama, somehow denso lebi "mendem" ke dalem

Pengalaman juga membuktikan hal serupa tapi karena komparasi material tidak sama, masih dipertanyakan keakuratannya.

Dengan kondisi jetting sama:
NGK DP8EA-9 projected copper tanpa resistor:
Ceramic insulator berwarna abu-abu gelap mengarah ke coklat dan soot di base ring tipis kering. Best performance.

NGK DP8EGP-9 projected platinum dengan resistor:
Ceramic insulator berwarna abu-abu dan soot di base ring tipis kering

Denso IX24B projected iridium dengan resistor; heat range setara 8 NGK:
Ceramic insulator berwarna abu-abu gelap, soot di base ring lebih tebal dan agak basah

Denso IX27B projected iridium dengan resistor; heat range setara 9 NGK:
Ceramic insulator berwarna abu kehitaman, soot di base ring tebal dan paling basah

NGK D8EA non projected copper, tanpa resistor:
Ceramic insulator coklat gelap, soot di base ring mirip IX24B.

Dari hasil tersebut, sepertinya busi projected NGK lebih bersih/panas daripada projectednya Denso. Tapi sekali lagi terdapat perbedaan jenis material (Denso iridium vs NGK platinum & copper)

Saya sedang order NGK DPR8EIX-9 karena saya belum pernah coba NGK Iridium di mesin motor saya.
kl kita orang sehh bandingin side by side aj, busi nikel bawaan 1NZ-fe antara denso ama ngk, ngukurnya pke sigmat tricircle mura meria punya, ternjata NGK lebi "mencuat" drpd si denso

tp teori mbah mungkin bsa bener jg

karena lebi mencuat = kompresi mesin naek sikitttt, otomatis lebi panas jadi nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Serba Serbi Busi

Post by azu »

DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 10:40
saturday wrote: Tue Apr 01, 2025 8:48
DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 8:20

nambahin mbah

biasanya busi yg lebi "projected" itu bikinan si NGK, utk type heat range yg sama, somehow denso lebi "mendem" ke dalem

Pengalaman juga membuktikan hal serupa tapi karena komparasi material tidak sama, masih dipertanyakan keakuratannya.

Dengan kondisi jetting sama:
NGK DP8EA-9 projected copper tanpa resistor:
Ceramic insulator berwarna abu-abu gelap mengarah ke coklat dan soot di base ring tipis kering. Best performance.

NGK DP8EGP-9 projected platinum dengan resistor:
Ceramic insulator berwarna abu-abu dan soot di base ring tipis kering

Denso IX24B projected iridium dengan resistor; heat range setara 8 NGK:
Ceramic insulator berwarna abu-abu gelap, soot di base ring lebih tebal dan agak basah

Denso IX27B projected iridium dengan resistor; heat range setara 9 NGK:
Ceramic insulator berwarna abu kehitaman, soot di base ring tebal dan paling basah

NGK D8EA non projected copper, tanpa resistor:
Ceramic insulator coklat gelap, soot di base ring mirip IX24B.

Dari hasil tersebut, sepertinya busi projected NGK lebih bersih/panas daripada projectednya Denso. Tapi sekali lagi terdapat perbedaan jenis material (Denso iridium vs NGK platinum & copper)

Saya sedang order NGK DPR8EIX-9 karena saya belum pernah coba NGK Iridium di mesin motor saya.
kl kita orang sehh bandingin side by side aj, busi nikel bawaan 1NZ-fe antara denso ama ngk, ngukurnya pke sigmat tricircle mura meria punya, ternjata NGK lebi "mencuat" drpd si denso

tp teori mbah mungkin bsa bener jg

karena lebi mencuat = kompresi mesin naek sikitttt, otomatis lebi panas jadi nya
Kalo saya entah kenapa enakan pakai Denso standar daripada NGK Platinum di 1NZ-FE dengan heat range yg sama :mky_01:

Akhirnya utk Toyota saya stick to Denso aja, kalau Honda dan Suzuki biasanya saya pakai NGK
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

azu wrote: Tue Apr 01, 2025 11:27
DOHC wrote: Tue Apr 01, 2025 10:40
saturday wrote: Tue Apr 01, 2025 8:48


Pengalaman juga membuktikan hal serupa tapi karena komparasi material tidak sama, masih dipertanyakan keakuratannya.

Dengan kondisi jetting sama:
NGK DP8EA-9 projected copper tanpa resistor:
Ceramic insulator berwarna abu-abu gelap mengarah ke coklat dan soot di base ring tipis kering. Best performance.

NGK DP8EGP-9 projected platinum dengan resistor:
Ceramic insulator berwarna abu-abu dan soot di base ring tipis kering

Denso IX24B projected iridium dengan resistor; heat range setara 8 NGK:
Ceramic insulator berwarna abu-abu gelap, soot di base ring lebih tebal dan agak basah

Denso IX27B projected iridium dengan resistor; heat range setara 9 NGK:
Ceramic insulator berwarna abu kehitaman, soot di base ring tebal dan paling basah

NGK D8EA non projected copper, tanpa resistor:
Ceramic insulator coklat gelap, soot di base ring mirip IX24B.

Dari hasil tersebut, sepertinya busi projected NGK lebih bersih/panas daripada projectednya Denso. Tapi sekali lagi terdapat perbedaan jenis material (Denso iridium vs NGK platinum & copper)

Saya sedang order NGK DPR8EIX-9 karena saya belum pernah coba NGK Iridium di mesin motor saya.
kl kita orang sehh bandingin side by side aj, busi nikel bawaan 1NZ-fe antara denso ama ngk, ngukurnya pke sigmat tricircle mura meria punya, ternjata NGK lebi "mencuat" drpd si denso

tp teori mbah mungkin bsa bener jg

karena lebi mencuat = kompresi mesin naek sikitttt, otomatis lebi panas jadi nya
Kalo saya entah kenapa enakan pakai Denso standar daripada NGK Platinum di 1NZ-FE dengan heat range yg sama :mky_01:

Akhirnya utk Toyota saya stick to Denso aja, kalau Honda dan Suzuki biasanya saya pakai NGK
d 1NZ-Fe kita orang, malah enaknya pake NGK BKR5EYA

tp overall, ini 1NZ-FE enjin irit busi sehh, mo pake nikel jg biar ud jalan 10 rebu km masi ckup bagus businya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: