rfq wrote: Fri Feb 21, 2025 16:54
Selamat malam semuanya,
Saya sedang dalam proses mencari unit untuk peremajaan kendaraan yang saya pakai saat ini. Saat ini saya menggunakan Innova 1TR V M/T 2016, sebelumnya juga pernah pakai GNKI 1TR V M/T. Dari pengalaman saya, Reborn Bensin manual yang saya gunakan sudah cukup nyaman dan terasa ada peningkatan di semua aspek dibandingkan model sebelumnya. Namun, karena usianya sudah hampir 10 tahun, saya berencana mencari pengganti yang lebih fresh.
Saya rencananya ingin membeli unit bekas, dan setelah mencari di marketplace, saya menemukan beberapa opsi yang cukup menarik dengan harga mirip-mirip dan kondisi mulus, yaitu:
- Venturer 1TR A/T Facelift 2021 – Kilometer ±50 ribu, harga sekitar 350 jutaan
- Innova Reborn 2GD V A/T 2018/2019 – Kilometer ±70 ribu, harga sekitar 360 jutaan (kurang tau ini kilometer asli atau puteran, yang penting bukan bekas tabrak/banjir)
- Zenix V Gasoline 2022/2023 – Kilometer ±30 ribu, harga sekitar 360 jutaan
Penggunaan saya mayoritas di Jabodetabek, sesekali liburan full penumpang ke Bandung/Lembang/Ciwidey, dan kalau mudik full penumpang biasanya via Trans Jawa dengan sedikit rute tanjakan di Jawa Timur. BBM yang saya pakai selama ini Shell Super/V-Power, kecuali saat rental 2GD G A/T 2024 di Jawa Timur yang pakai solar subsidi karena disediakan barcode-nya.
Yang jadi pertimbangan saya:
- Venturer 1TR A/T 2021 → Dapat unit facelift, fitur lebih lengkap dibanding Reborn biasa, tahun lebih muda. Oh iya, saya juga masih consider ini karena 1TR Reborn sekarang juga sudah bisa diremap, tenaga naik jadi +-150 HP & torsi +-205Nm (belum tahu apakah cukup signifikan kenaikannya)
- Reborn V 2GD A/T 2018/2019 → Memang lebih tua tahunnya, tapi diesel tenaganya lebih terasa ngisi terus. Waktu rental 2GD G A/T 2024 i art, yang saya rasakan tenaganya enak banget buat tanjakan dan perjalanan jauh, di tol surabaya-malang tiba-tiba udah 140 aja tanpa perlu rpm meraung-raung, selain itu konsumsi BBM juga lebih irit (asumsi saya isi pertadex)
- Zenix V Gasoline 2022/2023 → Lebih baru, lebih fresh, beda dengan Reborn, dan kabin lebih luas (sempat coba di showroom), tapi saya sempat lihat review yang menunjukkan kesulitan saat menanjak yang cukup curam dengan full penumpang.
Dari ketiga pilihan ini, saya masih ragu mana yang paling worth it. Mungkin ada suhu-suhu di sini yang punya pengalaman atau insight terkait kenyamanan, konsumsi BBM, atau hal lain yang perlu saya pertimbangkan?
Terima kasih banyak!
honest speaking
presently di rumah ada 2 zenix G hybrid
dulu pake 2GD A/T non i-ART 2016
sempet pake 2GD i-ART 2022 dan 1TR Dual VVT-i A/T 2019
buat tenaga
Zenix HV -> Reborn lawas -> Reborn iART -> Reborn Bensin
Zenix G asal pake oktan 95 sama oli 0-20 0 ke 165 nya cepet
reborn lawas rasa rasaku lebi gesit dari iART, iART baru nendang diatas 2000 rpm, reborn lawas lebih responsif
reborn bensin ya sudahlah
buat konsumsi BBM (asumsi sama sama pake oktan 95 non pertamini / diesel non pertamini
Zenix HV -> Reborn iArt -> Reborn lawas -> Reborn bensin
ini average fuel cons ya
Zenix HV 1:16
Reborn iART 1:12
Reborn lawas 1:11
Reborn Bensin 1:9
Cruising Ability di 140 kpj
Reborn Bensin -> Reborn iART -> Reborn lawas -> Zenix HV
cruising di 3200 rpm pake Reborn bensin sangaaaattt enak, lebih enak dr Reborn Diesel menurut sy
Reborn Diesel yang iART cruising di 140 masi cepet naiknya kl gas dirunut, yg lawas mesti ada effort dikit, dan belom sehalus yang bensin
Zenix 140 kpj uda berisik angin sama setirnya ga semantep reborn
Daya Tanjak 6 penumpang
Reborn lawas -> Reborn iART -> Zenix HV -> Reborn Bensin
Reborn diesel no debat dah kl buat nanjak
Zenix HV asal dapet momentum juga enak2 aja nanjaknya
Reborn bensin ya sudahlah
biaya perawatan
Reborn Bensin -> Reborn Lawas -> Reborn iART -> Zenix HV
Reborn Bensin cukup ganti 4 busi, filter udara, oli mesin, dan will survive diapain juga
reborn diesel apalagi iART kl kena solar jelek . . . sama olinya 7.5 liter, lumayan
Zenix. . .
unit A
10rb km service AC krn kurang dingin
20rb km kena driveshaft
32rb km kuras matic krn mulai grejel2
40rb km ganti kampas rem depan
unit B
7rb km rem bunyi2 sampe skrg di 9000 km
Durability
Reborn Bensin -> Reborn Lawas -> Reborn iART -> Zenix HV
check bab biaya perawatan, dan reborn bensin lebih worry free dari yang diesel kecuali worry about konsumsi BBM nya . . .