Ga ada yg aneh2 om kayanya, seperti mobil pada umumnya, palingan kalo dah lama masalah rembes2 karena seal dah mulai getas, ini kebanyakan honda sih gitu, ga tau deh kalo brio.
Saran mobkas 2 baris
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1602
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Saran mobkas 2 baris
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
- Location: Medan
- Daily Vehicle: Kia_rio
Re: Saran mobkas 2 baris
Thanks omt105erd wrote: Sat Mar 01, 2025 14:17Ga ada yg aneh2 om kayanya, seperti mobil pada umumnya, palingan kalo dah lama masalah rembes2 karena seal dah mulai getas, ini kebanyakan honda sih gitu, ga tau deh kalo brio.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Saran mobkas 2 baris
brio e manual 2021 kayanya seginian omAngelpesek wrote: Sat Feb 22, 2025 8:01 Saran mobkas om 2 baris
-ga tua tua banget max 5 thn
-ga rewelan
-manual (matic boleh sih asal ga cvt aja)
-part murah dan mudah
-budget 150 max
Area jabotabek
Oke segitu dulu laa
Mana tau ada masukan lain![]()
Trims
yg s terlalu kopong, yg rs terlalu keras
ini mobil penyakitnya dulu, sempet rawat bentar yg gen 1
area mesin :
fan radiator yg mati prematur -> gen 2 setau saya dah ok, ini kalo manual kan 1 doang kipas nya, 650 rb kalo ga salah, yg bikin t-rad lokal
engine mounting bocor (yg hidrolik) -> ori 600 rb an
seal vtec, seal crankshaft -> ini biasanya yg suka pake engine flush bakalan kena, ga sampe 180 rb harganya
area kaki - kaki :
support shockbreaker rusak -> ini barangnya murah, 300-rb an original per sisi atas dan bawah set
lower arm -> ini per sisi 550 rb original
kaki - kaki surprisingly agak awet dibanding kakak - kakaknya
secara ban 175/65 R14 aman lah
trus ya karena platform ge8, partnya bisa tuker guling kakak - kakaknya .. sama aja sih
part kw nya ada, ati - ati aja pas beli, kalo mau ori beli part di bengkel resmi aja, kena ppn tapi 11%
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22
Re: Saran mobkas 2 baris
Ijin share om, mantan pengguna brio dulu, yg ckd matic 2015.
Mesin mulai rembes2 di KM 150rb. Di punya ane pertama dt seal camshaft sama seal vtec, lalu ga lama dari seal carter ma kruk as bawah. Harga seal nya ga seberapa mahal, cuma ongkos nya aja mahal. Saran saya kl mblnya mt, pas turun kopling sekalian ganti seal krus as, seal input shaft sama seal as roda, sealr karter kl rembes, biar sekali kerja. Oli ganti tiap 5rb ato 3 bln, merk bebas yg ptg ori. Ga ada sludge, varnish pun hampir ga ada.
Motor fan smpe diganti 150rb km, blm matot tp uda mulai seret dikit kl diputer pake tgn dibanding yg baru. Kebetulan brio saya matic, jadi kipas 2. DC nya sekitar 600 per kipas.
Kaki2, yg pertama jebol shock support km 30rban. Ganti punya jazz GD yg thai, awet smpe 150rbkm. link stabil km 75k boot nya dah rusak tp blm oblak, beli 555, part nya sama ma ge8, freed. Long tie rod jebol di 100rban, ganti ori karena harga ga jauh ma 555. Rack stir juga sama km sgituan, tp br gnti 150k, beli ori honda 5jtan. Brio cbu rack stir mahal karena motor di bawah, yg ckd motor pindah ke atas, jd rack stir lbh murah. Kl mau beki yg KW, better cocokin lgsg ma brgnya, setau saya brio ada beberapa macem rack stir nya. Lower arm, shock absorber, masih cukup oke smpe 150k, retak2 aja di bushing besar, bikin bunyi ngek2 kalo ngayun di poldur. Diganti karena sekalian beberes. Lower arm saran ga usah ganti bushing, ganti aja semua, per pcs 500rb ori honda.
Ac ga ada masalah sama sekali. Cuma pernah cuci 2x seumur hidup tu mbl. Kondensor, evap, semua aman. Filter ac ganti tiap 10k km, beli yg murah aja aegis.
Radiator aman smpe 185rb, ga ada tanda2 bocor. Rutin ganti coolant aja setaun sekali, beli segalon cukup.
Matic aman smpe dijual 185rb, biasa ganti oli matic tiap 10rb, ditap aja. Pake oli murmer, aisin afw+. Sempet pasang bypass external cooler juga.
Aki biasa ganti tiap 2.5 taun, sekitar 80rbkm. Masih bagus, tp ganti buat preventive aja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Saran mobkas 2 baris
Klo boleh tau alasannya apa om?W42d wrote: Mon Mar 03, 2025 8:28 Lower arm saran ga usah ganti bushing, ganti aja semua, per pcs 500rb ori honda.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22
Re: Saran mobkas 2 baris
Karena setau saya untuk bushing nya, honda ga kluarin yg ori nya gan, ada nya aftermarket. CMIIW. Dan ngerjain nya harus melalui proses press bushing. Mungkin biaya parts 2 bushing balljoint uda 200-300rban (misal bushing misal pakai RBI dan balljoint 555), blm termasuk biaya press nya. Belum khawatirnya press bushing nya tidak sepresisi lower arm assy bawaan. Dan proses bongpas harusnya jauh lbh cepat swap assy drpd press2 bushing.qushay20019 wrote: Mon Mar 03, 2025 13:11Klo boleh tau alasannya apa om?W42d wrote: Mon Mar 03, 2025 8:28 Lower arm saran ga usah ganti bushing, ganti aja semua, per pcs 500rb ori honda.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Saran mobkas 2 baris
Iya sih, masuk akal buat ganti ori assy aja klo harga 1 sisinya 500an ribu. Thn 2018 ane ganti lower arm city gd8 di beres, kena sktr 1.3jt (blum jasa) 1 sisi. Mungkin krn part made in luar ya.W42d wrote: Mon Mar 03, 2025 15:55 Karena setau saya untuk bushing nya, honda ga kluarin yg ori nya gan, ada nya aftermarket. CMIIW. Dan ngerjain nya harus melalui proses press bushing. Mungkin biaya parts 2 bushing balljoint uda 200-300rban (misal bushing misal pakai RBI dan balljoint 555), blm termasuk biaya press nya. Belum khawatirnya press bushing nya tidak sepresisi lower arm assy bawaan. Dan proses bongpas harusnya jauh lbh cepat swap assy drpd press2 bushing.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 129
- Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22
Re: Saran mobkas 2 baris
Kalo pengamatan saya om, part GD8 & GD3 agak lbh mahal karena made in thai. Tapi harusnya daya tahan lbh bagus. Terbukti di shock support. Bawaan brio dr pabrik cuma kuat 30rb, diganti ma part GD3 yg made in thai, tahan smpe 150rb, itu pun blm jebol. Harga support shock brio made in indo dulu 180an dan yg GD3 made in thai 350an-400. Ada harga ada barang berlaku disini.qushay20019 wrote: Mon Mar 03, 2025 20:42Iya sih, masuk akal buat ganti ori assy aja klo harga 1 sisinya 500an ribu. Thn 2018 ane ganti lower arm city gd8 di beres, kena sktr 1.3jt (blum jasa) 1 sisi. Mungkin krn part made in luar ya.W42d wrote: Mon Mar 03, 2025 15:55 Karena setau saya untuk bushing nya, honda ga kluarin yg ori nya gan, ada nya aftermarket. CMIIW. Dan ngerjain nya harus melalui proses press bushing. Mungkin biaya parts 2 bushing balljoint uda 200-300rban (misal bushing misal pakai RBI dan balljoint 555), blm termasuk biaya press nya. Belum khawatirnya press bushing nya tidak sepresisi lower arm assy bawaan. Dan proses bongpas harusnya jauh lbh cepat swap assy drpd press2 bushing.
Lower arm brio cbu ma brio ckd setau saya juga beda, cmiiw. Setau saya yg brio ckd desain arm nya mirip GD3, tp yg cbu mirip GE8 ma freed. Freed ma GE8 kyna bushing nya cukup awet, mungkin karena desain nya beda itu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: Saran mobkas 2 baris
Dulu pengalaman pake Brio CBU sih mobil badakW42d wrote: Tue Mar 04, 2025 2:06Kalo pengamatan saya om, part GD8 & GD3 agak lbh mahal karena made in thai. Tapi harusnya daya tahan lbh bagus. Terbukti di shock support. Bawaan brio dr pabrik cuma kuat 30rb, diganti ma part GD3 yg made in thai, tahan smpe 150rb, itu pun blm jebol. Harga support shock brio made in indo dulu 180an dan yg GD3 made in thai 350an-400. Ada harga ada barang berlaku disini.qushay20019 wrote: Mon Mar 03, 2025 20:42Iya sih, masuk akal buat ganti ori assy aja klo harga 1 sisinya 500an ribu. Thn 2018 ane ganti lower arm city gd8 di beres, kena sktr 1.3jt (blum jasa) 1 sisi. Mungkin krn part made in luar ya.W42d wrote: Mon Mar 03, 2025 15:55 Karena setau saya untuk bushing nya, honda ga kluarin yg ori nya gan, ada nya aftermarket. CMIIW. Dan ngerjain nya harus melalui proses press bushing. Mungkin biaya parts 2 bushing balljoint uda 200-300rban (misal bushing misal pakai RBI dan balljoint 555), blm termasuk biaya press nya. Belum khawatirnya press bushing nya tidak sepresisi lower arm assy bawaan. Dan proses bongpas harusnya jauh lbh cepat swap assy drpd press2 bushing.
Lower arm brio cbu ma brio ckd setau saya juga beda, cmiiw. Setau saya yg brio ckd desain arm nya mirip GD3, tp yg cbu mirip GE8 ma freed. Freed ma GE8 kyna bushing nya cukup awet, mungkin karena desain nya beda itu.

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Tue Nov 12, 2024 7:31
- Location: Sumatra selatan
- Daily Vehicle: Kijang kapsul diesel
Re: Saran mobkas 2 baris
Berkat edukasi Suhu2 SM disini kohKielConstantine wrote: Sat Feb 22, 2025 16:17Gw seneng dah skarang, tiap member SM (ataupun guest account) nanya nyari mobil.. pada kaga mau CVT wkwkw
Inget banget dulu circa 2015 - 2016 an pas mobilio sama hrv gen2 CVT awal launch pada muja2 tuh makhluk user2 nya
————
Next 5 - 10 tahun kedepannya mungkin syaratnya nambah:
- asal ga cvt
- asal ga hybrid
- asal ga pake batre
- no tamiya please
![]()
![]()
Bs jg mgkin member SM rata2 DIY, dilihat dr ref utube dari car care nut,
Saya jujur maen ke bengkel temen bokap, liat hrv gen2 ganti transmisi 1 gelondongan.
Size nya sm transmisi brio mirip-sama boss
Gila ahond mesin +transmisi sama cm ganti body aja
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Tue Nov 12, 2024 7:31
- Location: Sumatra selatan
- Daily Vehicle: Kijang kapsul diesel
Re: Saran mobkas 2 baris
Baleno HB wajib emg Hu,Angelpesek wrote: Sun Feb 23, 2025 4:39Tq omdoge wrote: Sat Feb 22, 2025 15:32 Honda? Hrg g smpe 150jt max 5th no cvt 2baris?
Cm ada brio/satya mt
Ac dingin? Ac honda ga segitunya dingin klo biasa naik panther
Sirion menarik sih tp produksi terakhir kapan ya?Pboyz97 wrote: Sat Feb 22, 2025 15:44kalo budget segitu paling:Angelpesek wrote: Sat Feb 22, 2025 8:01 Saran mobkas om 2 baris
-ga tua tua banget max 5 thn
-ga rewelan
-manual (matic boleh sih asal ga cvt aja)
-part murah dan mudah
-budget 150 max
Area jabotabek
Oke segitu dulu laa
Mana tau ada masukan lain![]()
Trims
- sirion
- agya ayla
- karimun wagon r
- brio satya manual
- baleno hatch
Baleno indihe banget tp bodinya mantep tebel
Tq om
Pernah bandingin suara ttp pintu baleno HB vs reborn
Emg reborn cm jualan mesin sm sasis doang
Masih tunggu otoyot bakal silent recall terkait kasus geometri roda reborn pak elbert, (kl gengsi umumin cacat produk, minimal silent recall kaya hrv orestige 1.8 bagian lower arm)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Saran mobkas 2 baris
plus AC dingin?Angelpesek wrote: Sat Feb 22, 2025 8:01 Saran mobkas om 2 baris
-ga tua tua banget max 5 thn
-ga rewelan
-manual (matic boleh sih asal ga cvt aja)
-part murah dan mudah
-budget 150 max
Area jabotabek
Oke segitu dulu laa
Mana tau ada masukan lain![]()
Trims
baleno hatchback 1.4 . . .
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Wed Aug 31, 2022 2:13
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha Vixion Toyota Corolla 1996
Re: Saran mobkas 2 baris
Agya 2013Angelpesek wrote: Sat Feb 22, 2025 8:01 Saran mobkas om 2 baris
-ga tua tua banget max 5 thn
-ga rewelan
-manual (matic boleh sih asal ga cvt aja)
-part murah dan mudah
-budget 150 max
Area jabotabek
Oke segitu dulu laa
Mana tau ada masukan lain![]()
Trims
Daihatsu Rocky 1.2
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
- Location: Medan
- Daily Vehicle: Kia_rio
Re: Saran mobkas 2 baris
Ga dapet yg mudaan omvulvy8858 wrote: Wed Mar 26, 2025 2:55plus AC dingin?Angelpesek wrote: Sat Feb 22, 2025 8:01 Saran mobkas om 2 baris
-ga tua tua banget max 5 thn
-ga rewelan
-manual (matic boleh sih asal ga cvt aja)
-part murah dan mudah
-budget 150 max
Area jabotabek
Oke segitu dulu laa
Mana tau ada masukan lain![]()
Trims
baleno hatchback 1.4 . . .
Hmmmcorollae11 wrote: Wed Mar 26, 2025 3:02Agya 2013Angelpesek wrote: Sat Feb 22, 2025 8:01 Saran mobkas om 2 baris
-ga tua tua banget max 5 thn
-ga rewelan
-manual (matic boleh sih asal ga cvt aja)
-part murah dan mudah
-budget 150 max
Area jabotabek
Oke segitu dulu laa
Mana tau ada masukan lain![]()
Trims
Daihatsu Rocky 1.2