Saran Upgrade dari Motuba 90an

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bekicotterbang
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Jan 30, 2025 4:16
Location: jakarta
Daily Vehicle: Daihatsu Charade Winner 1993

Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by bekicotterbang »

Salam Kenal agan dan senior - senior. Mohon saran, wejangannya untuk upgrade / tahan dulu motuba 90'an-nya

Mobil saat ini ada Daihatsu Charade winner 1993, 1300cc karburator kijang 5k. Mobil pertama punya, ngangkat sekitar 30jt dari temen. Udah 2 tahun ane pegang mobil ini, belajar pelan - pelan dari ga tau sama sekali, sampe sekarang lumayan ngerti. hehehe.

Kondisi exterior cukup oke tapi peremajaan partnya lumayan. Udah refresh kaki kaki, overhaul racksteer, ganti unit radiator baru, rotak dan selang bensin baru, kabel busi baru. Cuma AC-nya aja kureng dingin sama kalo panas banget + macet, auto cutoffnya ga nyala, dan ban udah mulai masup tahun ke 4. Sempet gonta - ganti bengkel sampai akhirnya ketemu spesialis di bogor. Dan ane tipenya yang bawa ke bengkel, ga oprek sendiri.

Tadinya mobil ini buat jalan - jalan weekend aja, sama untuk bawa ortu jalan - jalan. Kasian udah mulai sepuh. Tapi akhir akhir ini jadi sering keluar PP Bogor - Jakarta seminggu 2 kali dan sebulan sekali ada keluar kota.

Menurut senior-senior apakah ane rawat aja mobil ini? walau agak deg-deg ser kalo jalan jauh. Atau upgrade tipis ke Toyota Soluna? Atau nabung lagi aja beli taun mudaan di angka 60-70 jt-an? Kebetulan ane masih single, ada planning nikah dan income stabil di 10-an bisa lebih kalo lagi ada sampingan. Manual / matic ga msalah. tapi prefer manual aja.

terima kasih untuk saran dan wejangannya :big_peace: :big_peace: :big_peace:
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by farizfsa »

coba cek hyundai avega dpt tahun jauh lebih muda, lebih worth it drpd soluna yg sama aja motuba.
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by Ibet »

bekicotterbang wrote: Thu Jan 30, 2025 4:52 Salam Kenal agan dan senior - senior. Mohon saran, wejangannya untuk upgrade / tahan dulu motuba 90'an-nya

Mobil saat ini ada Daihatsu Charade winner 1993, 1300cc karburator kijang 5k. Mobil pertama punya, ngangkat sekitar 30jt dari temen. Udah 2 tahun ane pegang mobil ini, belajar pelan - pelan dari ga tau sama sekali, sampe sekarang lumayan ngerti. hehehe.

Kondisi exterior cukup oke tapi peremajaan partnya lumayan. Udah refresh kaki kaki, overhaul racksteer, ganti unit radiator baru, rotak dan selang bensin baru, kabel busi baru. Cuma AC-nya aja kureng dingin sama kalo panas banget + macet, auto cutoffnya ga nyala, dan ban udah mulai masup tahun ke 4. Sempet gonta - ganti bengkel sampai akhirnya ketemu spesialis di bogor. Dan ane tipenya yang bawa ke bengkel, ga oprek sendiri.

Tadinya mobil ini buat jalan - jalan weekend aja, sama untuk bawa ortu jalan - jalan. Kasian udah mulai sepuh. Tapi akhir akhir ini jadi sering keluar PP Bogor - Jakarta seminggu 2 kali dan sebulan sekali ada keluar kota.

Menurut senior-senior apakah ane rawat aja mobil ini? walau agak deg-deg ser kalo jalan jauh. Atau upgrade tipis ke Toyota Soluna? Atau nabung lagi aja beli taun mudaan di angka 60-70 jt-an? Kebetulan ane masih single, ada planning nikah dan income stabil di 10-an bisa lebih kalo lagi ada sampingan. Manual / matic ga msalah. tapi prefer manual aja.

terima kasih untuk saran dan wejangannya :big_peace: :big_peace: :big_peace:
kalo ga nambah dapet Soluna, prefer Soluna om, sukur - sukur dapet yang matic
ini spare part masih melimpah 5A-FE, kaki - kaki kalo ga salah mirip Starlet

ato kakak seperguruan All New Corolla AE112 jg oke om kalo bajet masuk

Enaknya udah injeksi aja, sama dulu populasinya banyak,
tapi tetep om ini mobil kan udah 20+ tahun, mungkin ya ada aja momen ga enaknya
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by t105erd »

bekicotterbang wrote: Thu Jan 30, 2025 4:52 Salam Kenal agan dan senior - senior. Mohon saran, wejangannya untuk upgrade / tahan dulu motuba 90'an-nya

Mobil saat ini ada Daihatsu Charade winner 1993, 1300cc karburator kijang 5k. Mobil pertama punya, ngangkat sekitar 30jt dari temen. Udah 2 tahun ane pegang mobil ini, belajar pelan - pelan dari ga tau sama sekali, sampe sekarang lumayan ngerti. hehehe.

Kondisi exterior cukup oke tapi peremajaan partnya lumayan. Udah refresh kaki kaki, overhaul racksteer, ganti unit radiator baru, rotak dan selang bensin baru, kabel busi baru. Cuma AC-nya aja kureng dingin sama kalo panas banget + macet, auto cutoffnya ga nyala, dan ban udah mulai masup tahun ke 4. Sempet gonta - ganti bengkel sampai akhirnya ketemu spesialis di bogor. Dan ane tipenya yang bawa ke bengkel, ga oprek sendiri.

Tadinya mobil ini buat jalan - jalan weekend aja, sama untuk bawa ortu jalan - jalan. Kasian udah mulai sepuh. Tapi akhir akhir ini jadi sering keluar PP Bogor - Jakarta seminggu 2 kali dan sebulan sekali ada keluar kota.

Menurut senior-senior apakah ane rawat aja mobil ini? walau agak deg-deg ser kalo jalan jauh. Atau upgrade tipis ke Toyota Soluna? Atau nabung lagi aja beli taun mudaan di angka 60-70 jt-an? Kebetulan ane masih single, ada planning nikah dan income stabil di 10-an bisa lebih kalo lagi ada sampingan. Manual / matic ga msalah. tapi prefer manual aja.

terima kasih untuk saran dan wejangannya :big_peace: :big_peace: :big_peace:
wah kalo ngomongin mobil karburator jadi inget yg di yutub yg bisa bikin mobil karbu jadi gurriihh wkwk...

coba ganti injeksi aja om, bener saran temen2 disini, kaya soluna/corolla/cityZ/avega yg penting ga dapet unit yg busuk aja. Dulu saya sempet pake mobil tumor, eh.. timor dohc maknyuss... walaupun cuma sebentar tapi sempit belakangnya.
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by carlzeiss »

xenia Li 2006/2007 kayanya dapet yang 1.0 cc , atau kalo mau mudaan nambah dikit lg Wuling Confero
- yang kenceng kalah sama yang wet look
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 829
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by Greenhunter »

Mosalnya nabung 60- 70 jt itu bisa dicapai dlm maks 3 tahun ke depan saran simpen aja mobil charade ini, lalu stlh terkumpul langsung ganti mobil yg mudaan. Harus sedan pak ? Kalau tdk harus dengan 60-70 jt bisa bnayak pilihan mukai dari avanza senia, kijang atau panter kotak. Itu mesin dari jaman dahulu kala sparepart melimpah murah, misalnya mogok di desa pasti ada montir panggilan yg bisa benerin. Dibanding apansa senia kijang saya sih lebih prefer panter dengan budget 60-70 jt.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 829
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by Greenhunter »

Misalnya nabung 60- 70 jt itu bisa dicapai dlm 3 tahun ke depan saran simpen aja charade ini, lalu stlh terkumpul langsung ganti mobil yg mudaan.
Apakah harus sedan pak ? Kalau tdk harus dengan 60-70 jt bisa bnayak pilihan mulai dari avanza senia, kijang atau panter kotak. Itu mesin dari jaman dahulu kala sparepart melimpah murah, misalnya mogok di desa pasti ada montir panggilan yg bisa benerin.
Dibanding apansa senia kijang saya sih lebih suka panter dengan budget 60-70 jt., lebih nyaman buat luar kota dab sparepart melimpah murah, dimana mana ada, semua bnegkel bisa perbaiki dan badak mesinnya
rama13xx
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Jan 04, 2024 7:48
Location: Bandung
Daily Vehicle: Yaris S 2013

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by rama13xx »

Mengingat namanya mobil berumur pasti akan nemu aja penyakit mengingat umurnya om, saran saya mah upgrade aja kalau ada budgetnya. Kalau saran saya, kalau om ga masalah dengan unit yang juga dipakai oleh armada taksi, pertimbangin upgrade ke toyota vios yang mesinnya 1NZ aja om. Spare part melimpah, mesin bandel, harga terjangkau.

Sodara saya punya mobil ini, tempur banget, keluar kota gas, ga pernah rewel selama dirawat dengan wajar.
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by dsign1990 »

Kalau sekarang ada budget buat ngangkat soluna, ya ambil soluna aja om
Toh mobil gini kalau kondisi terjaga sampai kapanpun harganya gak bakal turun lagi
Sekarang beli 30-40 jt tergantung tipe ( xli/gli) dan model ( facelift/ pra facelift), 3 tahun lagi ane yakin masih 30- 40 jt tuh mobil

*Dengan catatan gak ada drama pemaksaan beralih ke EV hehehehe
bekicotterbang
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Jan 30, 2025 4:16
Location: jakarta
Daily Vehicle: Daihatsu Charade Winner 1993

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by bekicotterbang »

Nah perkara bajet masih ditabung dulu, kalo ni mobil dijual masih bisa angkat soluna / avega dulu. tapi kalau upgrade ke vios / avxen gen 1 paling ngga nabung 1 - 1,5 taunan dulu.

dari saran agan - agan sekalian berarti emang mendingan upgrade ke mesin injeksi aja ya?
bekicotterbang
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Jan 30, 2025 4:16
Location: jakarta
Daily Vehicle: Daihatsu Charade Winner 1993

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by bekicotterbang »

t105erd wrote: Thu Jan 30, 2025 10:10
bekicotterbang wrote: Thu Jan 30, 2025 4:52 Salam Kenal agan dan senior - senior. Mohon saran, wejangannya untuk upgrade / tahan dulu motuba 90'an-nya

Mobil saat ini ada Daihatsu Charade winner 1993, 1300cc karburator kijang 5k. Mobil pertama punya, ngangkat sekitar 30jt dari temen. Udah 2 tahun ane pegang mobil ini, belajar pelan - pelan dari ga tau sama sekali, sampe sekarang lumayan ngerti. hehehe.

Kondisi exterior cukup oke tapi peremajaan partnya lumayan. Udah refresh kaki kaki, overhaul racksteer, ganti unit radiator baru, rotak dan selang bensin baru, kabel busi baru. Cuma AC-nya aja kureng dingin sama kalo panas banget + macet, auto cutoffnya ga nyala, dan ban udah mulai masup tahun ke 4. Sempet gonta - ganti bengkel sampai akhirnya ketemu spesialis di bogor. Dan ane tipenya yang bawa ke bengkel, ga oprek sendiri.

Tadinya mobil ini buat jalan - jalan weekend aja, sama untuk bawa ortu jalan - jalan. Kasian udah mulai sepuh. Tapi akhir akhir ini jadi sering keluar PP Bogor - Jakarta seminggu 2 kali dan sebulan sekali ada keluar kota.

Menurut senior-senior apakah ane rawat aja mobil ini? walau agak deg-deg ser kalo jalan jauh. Atau upgrade tipis ke Toyota Soluna? Atau nabung lagi aja beli taun mudaan di angka 60-70 jt-an? Kebetulan ane masih single, ada planning nikah dan income stabil di 10-an bisa lebih kalo lagi ada sampingan. Manual / matic ga msalah. tapi prefer manual aja.

terima kasih untuk saran dan wejangannya :big_peace: :big_peace: :big_peace:
wah kalo ngomongin mobil karburator jadi inget yg di yutub yg bisa bikin mobil karbu jadi gurriihh wkwk...

coba ganti injeksi aja om, bener saran temen2 disini, kaya soluna/corolla/cityZ/avega yg penting ga dapet unit yg busuk aja. Dulu saya sempet pake mobil tumor, eh.. timor dohc maknyuss... walaupun cuma sebentar tapi sempit belakangnya.
wkwkwk, udah ane samperin yang bikin guriihhh. Cukup sesuai klaimnya sih walau tidak segurih itu. Kalo timor ane kurang demen om..
bekicotterbang
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Jan 30, 2025 4:16
Location: jakarta
Daily Vehicle: Daihatsu Charade Winner 1993

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by bekicotterbang »

Greenhunter wrote: Thu Jan 30, 2025 12:50 Misalnya nabung 60- 70 jt itu bisa dicapai dlm 3 tahun ke depan saran simpen aja charade ini, lalu stlh terkumpul langsung ganti mobil yg mudaan.
Apakah harus sedan pak ? Kalau tdk harus dengan 60-70 jt bisa bnayak pilihan mulai dari avanza senia, kijang atau panter kotak. Itu mesin dari jaman dahulu kala sparepart melimpah murah, misalnya mogok di desa pasti ada montir panggilan yg bisa benerin.
Dibanding apansa senia kijang saya sih lebih suka panter dengan budget 60-70 jt., lebih nyaman buat luar kota dab sparepart melimpah murah, dimana mana ada, semua bnegkel bisa perbaiki dan badak mesinnya
kalau tempo 3 tahun sepertinya mampu kekumpul bajetnya. Sementara sedan dulu pak, belum ada kebutuhan untuk 3 baris. paling banter livina XR yang hatchback itu. Panther mungkin bisa jadi pertimbangan kalau nanti akan harian pakai mobil.
bekicotterbang
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Jan 30, 2025 4:16
Location: jakarta
Daily Vehicle: Daihatsu Charade Winner 1993

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by bekicotterbang »

rama13xx wrote: Fri Jan 31, 2025 1:40 Mengingat namanya mobil berumur pasti akan nemu aja penyakit mengingat umurnya om, saran saya mah upgrade aja kalau ada budgetnya. Kalau saran saya, kalau om ga masalah dengan unit yang juga dipakai oleh armada taksi, pertimbangin upgrade ke toyota vios yang mesinnya 1NZ aja om. Spare part melimpah, mesin bandel, harga terjangkau.

Sodara saya punya mobil ini, tempur banget, keluar kota gas, ga pernah rewel selama dirawat dengan wajar.
vios juga masuk radar saya om, ga masalah dengan image ex-taxi mah.

yang saya ragu itu, apa mendingan saya segera jual ni charade, atau tahan dulu langsung naik vios. Atau naik dikit aja dulu ke soluna.
bekicotterbang
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Jan 30, 2025 4:16
Location: jakarta
Daily Vehicle: Daihatsu Charade Winner 1993

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by bekicotterbang »

farizfsa wrote: Thu Jan 30, 2025 7:38 coba cek hyundai avega dpt tahun jauh lebih muda, lebih worth it drpd soluna yg sama aja motuba.
mending avega atau accent verna om?
User avatar
akbarfit
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 307
Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by akbarfit »

Waaaah pembahasan seru ya...
boleh lihat ngga mobilnya kayak apa. udah lama ndak lihat charade dan Kijang 5K...
attach picture aja mas, mudah kok.

melihat kondisinya, orangnya masih cukup muda untuk perjalanan hidup.
Masih single, income 10jutaan, wah sudah mentereng ini.
Cuman kalo ga ada urgensi beli kendaraan, apalagi mau nikah (biaya besar. Besar tidak selalu sama dengan orang lain, tetapi ini menguras tabungan sesuai dengan gaya dan levelnya kegiatan acara) sebaiknya tahan dulu untuk beli kendaraan. Sesaat setelah menikah baru pikirkan lagi mau beli apa tidak, karena urgensi berikutnya ada di trouble free, minim kendala, tahun muda, dan kapasitas angkut. Apalagi semisal calon pasangan juga punya income, maka akan makin longgar. Percayalah setelahnya gak akan sempat bermain-main lagi tentang otomotif sampai ekonomi cukup stabil.

Maka kalau bisa ditahan dalam waktu 2 tahun kedepan, dengan budget 60-70an saya kira 2 tahun lagi bisa dapat mobil lumayan sehat.

=======================

Pilihan tahun muda 2000-2010an dengan budget dibawah 60juta hari ini sebetulnya agak terbatas, saya anggap disini harga normal dengan mobil cukup sehat (perbaikan minor). Kalau semurah mungkin dan mati pajak biasanya saya tidak sarankan karena akan menguras biaya dan tenaga karena biasanya perlu perbaikan >3 juta totalnya atau bahkan ada parts yang jutaan harganya perlu segera diganti oleh karena pemakaian dan slow moving yang mulai waktunya ganti.

Soluna adalah pilihan paling mudah, Toyota, mesin cukup baru, ada enthusiast dan komunitasnya, masih cukup mudah cari partsnya. Atau mungkin Corolla 1.6 (AE 111) dan Corolla 1.8 AE 112, tapi keduanya cukup laris di dunia mobkas harganya bisa terkatrol naik.

Ada pilihan yang sebetulnya lebih cocok, bila tidak harus sedan, salah satunya Livina XR (Livina Pendek) harganya tidak jauh-jauh dari situ, kondisi ya cukup baik.
Lebih aneh lagi dari merk ini bisa cari Nissan Latio Sedan (ex taxi), atau Nissan Almera (seperti milik polisi)
Harganya cukup miring. sekitar 40-60 jutaan dapat, persamaan dengan livina L10-L11 dan March K13. Cukup mudah sebetulnya asalkan ada bengkel spesialis terdekat dan akses terhadap parts Nissan cukup mudah.
Ini tahunnya muda sekali, sudah banyak yang pakai, relatif minim masalah kalaupun ada perbaikannya banyak opsi dan mudah solusinya.

Kalau dari Toyota, ya Soluna/Vios ex taxi bisa. Cuman perlu diingat ini mobil bekas perang, sekarang bukan baru saja dijual oleh operator, maka bisa jadi tangan ke sekian, sehingga sangat mungkin kondisinya sudah bekas mobil (bukan mobil bekas lagi). VIos juga cukup banyak yang sarankan. Mudah dan irit. Hanya saja mesin NZ seringkali berkerak/kotor oli di dalamnya. Perlu perhatian extra.

Kalau merk lain, ada Hyundai Accent dan Avega. Bedanya Accent tahun lebih tua bentuk sedan, ada tilt steering sptnya, saya lupa. Kalau Avega hatchback, dia lebih murah pajaknya, tapi ada beberapa fitur yang dikurangi (tidak krusial, tapi nice to have aja).
Pengalaman dulu, mobil korea biasanya kurang baik di segi kualitas interior.
Saya ngak tau Mazda 323 lantis/familia / Ford Lynx mudah atau tidak sparepartsnya, tetapi itu salah satu pilihan mobil yang cukup ramai digunakan dulu. Cukup nyaman. mungkin dibanding Hyundai/Kia lawas kesulitannya mirip-mirip.
Kalau sudah mobil umur sekian gak bisa ngomong masalah irit boros dari konsumsi bbm.

Xenia 1.000cc dan Ayla Agya awal bisa jadi pilihan 1-2 tahun mendatang. Ini murah meriah mudah.
Main originalan rapi sudah sangat-sangat nyaman untuk single/keluarga muda.
Bisa juga cari kelas picanto/i10.

Sirion 1.3 yang lama juga cukup murah. Cuman reviewnya agak keras. mesin K3-VE 1300cc avanza versi penggerak depan.
Toyota Ist harga murah juga banyak



Berikutnya pemilihan antara manual atau matic. Memang secara umum mobil manual lebih murah perawatannya, tetapi perawatan mobil matic juga tidak terlalu berbeda jauh. Yang menyebabkan berbeda banyak adalah, pada saat pembeli seken ambil di kilometer tinggi, mobil transmisi manual mungkin sudah ganti kopling dkk yang ke1-2x atau bahkan hampir ke-3x nya (settingan km 200.000an lebih ya) biayanya 3x ganti dengan mobil matic umur setara bisa jadi belum pernah ganti/overhaul. Sekalinya turun ya habisnya mirip kayak 3x ganti kopling manual, karena perlu penggantian parts-parts, kampas kopling, bearing, dsbnya yang ada didalam struktur transmisi matic.
Apesnya disini. Dapet mobil harga murah, karena transmisi automaticnya bermasalah, pure karena pemakaian / usia.



Saya tetap menganjurkan dengan kondisi demikian, tahan dulu tabung dulu saja. perubahan kebutuhan transportasi bisa drastis saat berkeluarga. Sehingga kalaupun itu jadi mobil pertama untuk keluarga sebaiknya perlu pertimbangkan hal-hal seperti itu, mengingat kebutuhan berkeluarga akan membuat spare untuk perawatan kendaraan harus lebih ketat dan tidak semudah saat single.

Kalau saya sih lebih pilih matic. biasanya lebih nyaman dan mudah penggunaannya, serta integrated safety nya. Kalau tidak di Park (P) atau Netral (N), tidak bisa di starter, gak ada cerita mobil lompat saat starter. Kalau Tidak pada posisi P atau N, tidak bisa lepas kunci, atau harus start dengan injak rem. Jadi ya menurut saya lebih baik. Lebih aman. Hanya nanti penyesuaian gaya berkendara dan kemampuan mobil berdasar powernya (cc mobil / hp mobil)
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.
sipandowangso
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Tue May 26, 2015 10:58

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by sipandowangso »

akbarfit wrote: Fri Jan 31, 2025 9:44 Waaaah pembahasan seru ya...
boleh lihat ngga mobilnya kayak apa. udah lama ndak lihat charade dan Kijang 5K...
attach picture aja mas, mudah kok.

melihat kondisinya, orangnya masih cukup muda untuk perjalanan hidup.
Masih single, income 10jutaan, wah sudah mentereng ini.
Cuman kalo ga ada urgensi beli kendaraan, apalagi mau nikah (biaya besar. Besar tidak selalu sama dengan orang lain, tetapi ini menguras tabungan sesuai dengan gaya dan levelnya kegiatan acara) sebaiknya tahan dulu untuk beli kendaraan. Sesaat setelah menikah baru pikirkan lagi mau beli apa tidak, karena urgensi berikutnya ada di trouble free, minim kendala, tahun muda, dan kapasitas angkut. Apalagi semisal calon pasangan juga punya income, maka akan makin longgar. Percayalah setelahnya gak akan sempat bermain-main lagi tentang otomotif sampai ekonomi cukup stabil.

Maka kalau bisa ditahan dalam waktu 2 tahun kedepan, dengan budget 60-70an saya kira 2 tahun lagi bisa dapat mobil lumayan sehat.

=======================

Pilihan tahun muda 2000-2010an dengan budget dibawah 60juta hari ini sebetulnya agak terbatas, saya anggap disini harga normal dengan mobil cukup sehat (perbaikan minor). Kalau semurah mungkin dan mati pajak biasanya saya tidak sarankan karena akan menguras biaya dan tenaga karena biasanya perlu perbaikan >3 juta totalnya atau bahkan ada parts yang jutaan harganya perlu segera diganti oleh karena pemakaian dan slow moving yang mulai waktunya ganti.

Soluna adalah pilihan paling mudah, Toyota, mesin cukup baru, ada enthusiast dan komunitasnya, masih cukup mudah cari partsnya. Atau mungkin Corolla 1.6 (AE 111) dan Corolla 1.8 AE 112, tapi keduanya cukup laris di dunia mobkas harganya bisa terkatrol naik.

Ada pilihan yang sebetulnya lebih cocok, bila tidak harus sedan, salah satunya Livina XR (Livina Pendek) harganya tidak jauh-jauh dari situ, kondisi ya cukup baik.
Lebih aneh lagi dari merk ini bisa cari Nissan Latio Sedan (ex taxi), atau Nissan Almera (seperti milik polisi)
Harganya cukup miring. sekitar 40-60 jutaan dapat, persamaan dengan livina L10-L11 dan March K13. Cukup mudah sebetulnya asalkan ada bengkel spesialis terdekat dan akses terhadap parts Nissan cukup mudah.
Ini tahunnya muda sekali, sudah banyak yang pakai, relatif minim masalah kalaupun ada perbaikannya banyak opsi dan mudah solusinya.

Kalau dari Toyota, ya Soluna/Vios ex taxi bisa. Cuman perlu diingat ini mobil bekas perang, sekarang bukan baru saja dijual oleh operator, maka bisa jadi tangan ke sekian, sehingga sangat mungkin kondisinya sudah bekas mobil (bukan mobil bekas lagi). VIos juga cukup banyak yang sarankan. Mudah dan irit. Hanya saja mesin NZ seringkali berkerak/kotor oli di dalamnya. Perlu perhatian extra.

Kalau merk lain, ada Hyundai Accent dan Avega. Bedanya Accent tahun lebih tua bentuk sedan, ada tilt steering sptnya, saya lupa. Kalau Avega hatchback, dia lebih murah pajaknya, tapi ada beberapa fitur yang dikurangi (tidak krusial, tapi nice to have aja).
Pengalaman dulu, mobil korea biasanya kurang baik di segi kualitas interior.
Saya ngak tau Mazda 323 lantis/familia / Ford Lynx mudah atau tidak sparepartsnya, tetapi itu salah satu pilihan mobil yang cukup ramai digunakan dulu. Cukup nyaman. mungkin dibanding Hyundai/Kia lawas kesulitannya mirip-mirip.
Kalau sudah mobil umur sekian gak bisa ngomong masalah irit boros dari konsumsi bbm.

Xenia 1.000cc dan Ayla Agya awal bisa jadi pilihan 1-2 tahun mendatang. Ini murah meriah mudah.
Main originalan rapi sudah sangat-sangat nyaman untuk single/keluarga muda.
Bisa juga cari kelas picanto/i10.

Sirion 1.3 yang lama juga cukup murah. Cuman reviewnya agak keras. mesin K3-VE 1300cc avanza versi penggerak depan.
Toyota Ist harga murah juga banyak



Berikutnya pemilihan antara manual atau matic. Memang secara umum mobil manual lebih murah perawatannya, tetapi perawatan mobil matic juga tidak terlalu berbeda jauh. Yang menyebabkan berbeda banyak adalah, pada saat pembeli seken ambil di kilometer tinggi, mobil transmisi manual mungkin sudah ganti kopling dkk yang ke1-2x atau bahkan hampir ke-3x nya (settingan km 200.000an lebih ya) biayanya 3x ganti dengan mobil matic umur setara bisa jadi belum pernah ganti/overhaul. Sekalinya turun ya habisnya mirip kayak 3x ganti kopling manual, karena perlu penggantian parts-parts, kampas kopling, bearing, dsbnya yang ada didalam struktur transmisi matic.
Apesnya disini. Dapet mobil harga murah, karena transmisi automaticnya bermasalah, pure karena pemakaian / usia.



Saya tetap menganjurkan dengan kondisi demikian, tahan dulu tabung dulu saja. perubahan kebutuhan transportasi bisa drastis saat berkeluarga. Sehingga kalaupun itu jadi mobil pertama untuk keluarga sebaiknya perlu pertimbangkan hal-hal seperti itu, mengingat kebutuhan berkeluarga akan membuat spare untuk perawatan kendaraan harus lebih ketat dan tidak semudah saat single.

Kalau saya sih lebih pilih matic. biasanya lebih nyaman dan mudah penggunaannya, serta integrated safety nya. Kalau tidak di Park (P) atau Netral (N), tidak bisa di starter, gak ada cerita mobil lompat saat starter. Kalau Tidak pada posisi P atau N, tidak bisa lepas kunci, atau harus start dengan injak rem. Jadi ya menurut saya lebih baik. Lebih aman. Hanya nanti penyesuaian gaya berkendara dan kemampuan mobil berdasar powernya (cc mobil / hp mobil)
dokmod bersabda sampe lengkap banget nih :big_peace: :big_peace:
XP90 1.5 '13
FD 1.8 '10
T31 XT 2.5 '09
past:
F78 1.6 '97
XL7 2.5 '03
AN50 2.7 '06
T31 XT 2.5 '08
F650 1.3 '12
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7650
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by newrubble »

jaman susah bgini nanggung tukar tamabh
kalo ada duit lebih ...
n cari bengkel spesialis yg bener bikin dua pintu aja
n jadiin tipe 926 detomaso ... pakek selama nya
bekicotterbang
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Jan 30, 2025 4:16
Location: jakarta
Daily Vehicle: Daihatsu Charade Winner 1993

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by bekicotterbang »

akbarfit wrote: Fri Jan 31, 2025 9:44 Waaaah pembahasan seru ya...
boleh lihat ngga mobilnya kayak apa. udah lama ndak lihat charade dan Kijang 5K...
attach picture aja mas, mudah kok.

melihat kondisinya, orangnya masih cukup muda untuk perjalanan hidup.
Masih single, income 10jutaan, wah sudah mentereng ini.
Cuman kalo ga ada urgensi beli kendaraan, apalagi mau nikah (biaya besar. Besar tidak selalu sama dengan orang lain, tetapi ini menguras tabungan sesuai dengan gaya dan levelnya kegiatan acara) sebaiknya tahan dulu untuk beli kendaraan. Sesaat setelah menikah baru pikirkan lagi mau beli apa tidak, karena urgensi berikutnya ada di trouble free, minim kendala, tahun muda, dan kapasitas angkut. Apalagi semisal calon pasangan juga punya income, maka akan makin longgar. Percayalah setelahnya gak akan sempat bermain-main lagi tentang otomotif sampai ekonomi cukup stabil.

Maka kalau bisa ditahan dalam waktu 2 tahun kedepan, dengan budget 60-70an saya kira 2 tahun lagi bisa dapat mobil lumayan sehat.

=======================

Pilihan tahun muda 2000-2010an dengan budget dibawah 60juta hari ini sebetulnya agak terbatas, saya anggap disini harga normal dengan mobil cukup sehat (perbaikan minor). Kalau semurah mungkin dan mati pajak biasanya saya tidak sarankan karena akan menguras biaya dan tenaga karena biasanya perlu perbaikan >3 juta totalnya atau bahkan ada parts yang jutaan harganya perlu segera diganti oleh karena pemakaian dan slow moving yang mulai waktunya ganti.

Soluna adalah pilihan paling mudah, Toyota, mesin cukup baru, ada enthusiast dan komunitasnya, masih cukup mudah cari partsnya. Atau mungkin Corolla 1.6 (AE 111) dan Corolla 1.8 AE 112, tapi keduanya cukup laris di dunia mobkas harganya bisa terkatrol naik.

Ada pilihan yang sebetulnya lebih cocok, bila tidak harus sedan, salah satunya Livina XR (Livina Pendek) harganya tidak jauh-jauh dari situ, kondisi ya cukup baik.
Lebih aneh lagi dari merk ini bisa cari Nissan Latio Sedan (ex taxi), atau Nissan Almera (seperti milik polisi)
Harganya cukup miring. sekitar 40-60 jutaan dapat, persamaan dengan livina L10-L11 dan March K13. Cukup mudah sebetulnya asalkan ada bengkel spesialis terdekat dan akses terhadap parts Nissan cukup mudah.
Ini tahunnya muda sekali, sudah banyak yang pakai, relatif minim masalah kalaupun ada perbaikannya banyak opsi dan mudah solusinya.

Kalau dari Toyota, ya Soluna/Vios ex taxi bisa. Cuman perlu diingat ini mobil bekas perang, sekarang bukan baru saja dijual oleh operator, maka bisa jadi tangan ke sekian, sehingga sangat mungkin kondisinya sudah bekas mobil (bukan mobil bekas lagi). VIos juga cukup banyak yang sarankan. Mudah dan irit. Hanya saja mesin NZ seringkali berkerak/kotor oli di dalamnya. Perlu perhatian extra.

Kalau merk lain, ada Hyundai Accent dan Avega. Bedanya Accent tahun lebih tua bentuk sedan, ada tilt steering sptnya, saya lupa. Kalau Avega hatchback, dia lebih murah pajaknya, tapi ada beberapa fitur yang dikurangi (tidak krusial, tapi nice to have aja).
Pengalaman dulu, mobil korea biasanya kurang baik di segi kualitas interior.
Saya ngak tau Mazda 323 lantis/familia / Ford Lynx mudah atau tidak sparepartsnya, tetapi itu salah satu pilihan mobil yang cukup ramai digunakan dulu. Cukup nyaman. mungkin dibanding Hyundai/Kia lawas kesulitannya mirip-mirip.
Kalau sudah mobil umur sekian gak bisa ngomong masalah irit boros dari konsumsi bbm.

Xenia 1.000cc dan Ayla Agya awal bisa jadi pilihan 1-2 tahun mendatang. Ini murah meriah mudah.
Main originalan rapi sudah sangat-sangat nyaman untuk single/keluarga muda.
Bisa juga cari kelas picanto/i10.

Sirion 1.3 yang lama juga cukup murah. Cuman reviewnya agak keras. mesin K3-VE 1300cc avanza versi penggerak depan.
Toyota Ist harga murah juga banyak



Berikutnya pemilihan antara manual atau matic. Memang secara umum mobil manual lebih murah perawatannya, tetapi perawatan mobil matic juga tidak terlalu berbeda jauh. Yang menyebabkan berbeda banyak adalah, pada saat pembeli seken ambil di kilometer tinggi, mobil transmisi manual mungkin sudah ganti kopling dkk yang ke1-2x atau bahkan hampir ke-3x nya (settingan km 200.000an lebih ya) biayanya 3x ganti dengan mobil matic umur setara bisa jadi belum pernah ganti/overhaul. Sekalinya turun ya habisnya mirip kayak 3x ganti kopling manual, karena perlu penggantian parts-parts, kampas kopling, bearing, dsbnya yang ada didalam struktur transmisi matic.
Apesnya disini. Dapet mobil harga murah, karena transmisi automaticnya bermasalah, pure karena pemakaian / usia.



Saya tetap menganjurkan dengan kondisi demikian, tahan dulu tabung dulu saja. perubahan kebutuhan transportasi bisa drastis saat berkeluarga. Sehingga kalaupun itu jadi mobil pertama untuk keluarga sebaiknya perlu pertimbangkan hal-hal seperti itu, mengingat kebutuhan berkeluarga akan membuat spare untuk perawatan kendaraan harus lebih ketat dan tidak semudah saat single.

Kalau saya sih lebih pilih matic. biasanya lebih nyaman dan mudah penggunaannya, serta integrated safety nya. Kalau tidak di Park (P) atau Netral (N), tidak bisa di starter, gak ada cerita mobil lompat saat starter. Kalau Tidak pada posisi P atau N, tidak bisa lepas kunci, atau harus start dengan injak rem. Jadi ya menurut saya lebih baik. Lebih aman. Hanya nanti penyesuaian gaya berkendara dan kemampuan mobil berdasar powernya (cc mobil / hp mobil)

mohon maaf baru bisa reply, kantor pas lagi padat - padatnya :big_cry:

ImageIMG_6671 by Stephanes Mering, on Flickr

Foto mobilnya ini, kebetulan yang kijang 5k itu cuman karburatornya aja nempel di mobil ini hehe.

Saya kepikiran upgrade ke yang lebih mudaan karena juga ingin ada roadtrip iseng ke jateng / daerah lain. Pakai charade ini masih ada kerasa deg-degannya gitu kayak bawa vespa tua hehehehe...

tapi sarannya om momod bener" saya serap dalam hati, terimakasih sangaaattt
Didihasnaasri83
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Tue Aug 11, 2020 9:53
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Zafira

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by Didihasnaasri83 »

bekicotterbang wrote: Thu Jan 30, 2025 4:52 Salam Kenal agan dan senior - senior. Mohon saran, wejangannya untuk upgrade / tahan dulu motuba 90'an-nya

Mobil saat ini ada Daihatsu Charade winner 1993, 1300cc karburator kijang 5k. Mobil pertama punya, ngangkat sekitar 30jt dari temen. Udah 2 tahun ane pegang mobil ini, belajar pelan - pelan dari ga tau sama sekali, sampe sekarang lumayan ngerti. hehehe.

Kondisi exterior cukup oke tapi peremajaan partnya lumayan. Udah refresh kaki kaki, overhaul racksteer, ganti unit radiator baru, rotak dan selang bensin baru, kabel busi baru. Cuma AC-nya aja kureng dingin sama kalo panas banget + macet, auto cutoffnya ga nyala, dan ban udah mulai masup tahun ke 4. Sempet gonta - ganti bengkel sampai akhirnya ketemu spesialis di bogor. Dan ane tipenya yang bawa ke bengkel, ga oprek sendiri.

Tadinya mobil ini buat jalan - jalan weekend aja, sama untuk bawa ortu jalan - jalan. Kasian udah mulai sepuh. Tapi akhir akhir ini jadi sering keluar PP Bogor - Jakarta seminggu 2 kali dan sebulan sekali ada keluar kota.

Menurut senior-senior apakah ane rawat aja mobil ini? walau agak deg-deg ser kalo jalan jauh. Atau upgrade tipis ke Toyota Soluna? Atau nabung lagi aja beli taun mudaan di angka 60-70 jt-an? Kebetulan ane masih single, ada planning nikah dan income stabil di 10-an bisa lebih kalo lagi ada sampingan. Manual / matic ga msalah. tapi prefer manual aja.

terima kasih untuk saran dan wejangannya :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Mobil udah di benerin kalau masih bagus pakai aza om, nanti kalau upgrade plus uang nya dah kumpul katakan lah 60-70 jta bisa ambil Avanza Gen Awal aza om.
bekicotterbang
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Jan 30, 2025 4:16
Location: jakarta
Daily Vehicle: Daihatsu Charade Winner 1993

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by bekicotterbang »

Didihasnaasri83 wrote: Wed Mar 05, 2025 7:00
Mobil udah di benerin kalau masih bagus pakai aza om, nanti kalau upgrade plus uang nya dah kumpul katakan lah 60-70 jta bisa ambil Avanza Gen Awal aza om.
Masih om, tapi masih deg deg ser kalo dibawa luar kota aja, hehehe.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by ChZ »

unless nggak anti belepotan oli, bisa oprek2 sendiri, kalo mogok di jalan bisa ngatasin sendiri tanpa bantuan mechanic, kayaknya di keep saja... kecuali jadi repot sangat,

mending upgrade ke yang agak modern udah injeksi, ga repot setel2 karbu dan sejenisnya. teknisi yang bisa nanganin karbu makin dikit kecuali tangan mekanik2 jaman dulu yang udah pada tua juga.

apalagi kalo udah urusan dgn keluarga gak bisa itu diganggu gugat di jalan :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7650
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by newrubble »

ada yg bilang diatas urusan nyetel karbu
itu hal yg sama spt nyetel radio ... buat org-org lichting sy upward ... dulu (jaman stel karbu di rima motor masih 300 ribu) ribuan x amiau (soni ho) jaman dia masih kerja situ ... bilang
urusan karbu modal utama cuman mata ... idung ... kuping n obeng ama kunci pas ... krn dia ajarin sy ... sampe detik ini hal itu paling menyenangkan ... apalagi kalo karbu kiri kanan ...plus karbu lecil ditengahnya ....wah nikmat banget (mesin prv v6 itu)
bekicotterbang
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Jan 30, 2025 4:16
Location: jakarta
Daily Vehicle: Daihatsu Charade Winner 1993

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by bekicotterbang »

ChZ wrote: Wed Mar 19, 2025 5:30 unless nggak anti belepotan oli, bisa oprek2 sendiri, kalo mogok di jalan bisa ngatasin sendiri tanpa bantuan mechanic, kayaknya di keep saja... kecuali jadi repot sangat,

mending upgrade ke yang agak modern udah injeksi, ga repot setel2 karbu dan sejenisnya. teknisi yang bisa nanganin karbu makin dikit kecuali tangan mekanik2 jaman dulu yang udah pada tua juga.

apalagi kalo udah urusan dgn keluarga gak bisa itu diganggu gugat di jalan :big_bored:
ini dia om, gw ga begitu bisa ngoprek. masih ngeraba raba juga ini kalo ada apa apa. Dan ya itu urusan sama keluarga kalo kebetulan mobil lagi ngambek :onfire:
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by quyquy »

Beli mobil seken jng lupa bujet rekondisi.

Jadi misal kita punya bujet maksimal 60jt, kita spare 10 jt utk rekondisi.
Jadi amannya kita cari mobil yang hrgnya 50jt .

Kedua, kalo pengen mobil tahun lebih muda dng harga affordable, triknya kita pilih trim yang paling rendah.

Misalnya soluna, ada trim GLi ada Xli. Dengan harga yg sama, GLi dapat tahun 2001, sedangkan Xli dapat tahun 2003.

Atau misalnya Ayla,ada trim X ada trim yg paling std M. Nah, kira2 Ayla trim M dapat nggak ya dng harga 50 jt? kalo dapat, ambil aja yg ini.

Ayla sama charade utk kelegaan interiornya sama aja..
Cuman ya memang mesinnya gak sepower charade. Tp jauh menang iritnya
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Saran Upgrade dari Motuba 90an

Post by zonepublic »

quyquy wrote: Tue Mar 25, 2025 1:33 Beli mobil seken jng lupa bujet rekondisi.

Jadi misal kita punya bujet maksimal 60jt, kita spare 10 jt utk rekondisi.
Jadi amannya kita cari mobil yang hrgnya 50jt .

Kedua, kalo pengen mobil tahun lebih muda dng harga affordable, triknya kita pilih trim yang paling rendah.

Misalnya soluna, ada trim GLi ada Xli. Dengan harga yg sama, GLi dapat tahun 2001, sedangkan Xli dapat tahun 2003.

Atau misalnya Ayla,ada trim X ada trim yg paling std M. Nah, kira2 Ayla trim M dapat nggak ya dng harga 50 jt? kalo dapat, ambil aja yg ini.

Ayla sama charade utk kelegaan interiornya sama aja..
Cuman ya memang mesinnya gak sepower charade. Tp jauh menang iritnya
Beli mobil Makin tua mesti makin banyak bujet rekondisinya, 10 juta dr 60 jt itu kalau umur mobil belum ada 5 tahun,kalau sudah 20tahun minim siapin 30-40% dari harga beli,kalau 30 tahun minim siapin 50-70% harga belinya
Tapi kalo pemilik sebelumnya rawatan bisa agak berkurang,tp biasanya orang indo jarang yang aware rawat mobil sama ganti2 part berumur macam mounting,kampas2