Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
loid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
Location: Bandung
Daily Vehicle: Xpanther

Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by loid »

Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 20 Mar 2025 09:43 WIB

Jakarta - Brand mobil listrik asal China, Neta, tak henti-hentinya diterpa isu krisis. Terbaru, merek yang berbasis di Shanghai itu disebut-sebut telah membubarkan tim riset dan juga pengembangan (R&D), serta tak mampu membayar kewajibannya ke para vendor.
Dikutip dari Car News China, Neta membubarkan seluruh tim penelitian dan pengembangan karena kondisi keuangan yang memburuk. Tak hanya itu, sekitar 200 dari 1.700 stafnya telah mulai mengundurkan diri. Kondisi keuangan Neta yang memburuk tak lepas dari hasil penjualan mereka yang anjlok.

Neta menjual 98% lebih sedikit mobil pada bulan Januari 2025 dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu. Bahkan di Februari 2025, Neta tidak berhasil menjual 400 unit mobil. Kondisi krisis Neta diperparah dengan tak bisanya mereka memenuhi kewajiban kepada para pemasok komponen alias vendor.

Para vendor yang tidak dibayar pun dilaporkan berkumpul di kantor pusat Neta di Shanghai, bahkan ada yang tidur di lantai. Hal ini terjadi, di tengah kabar Neta mendapat investasi senilai 6 miliar yuan (Rp 13,7 triliun) dan karyawan yang tersisa memperoleh penghasilan 75% lebih rendah daripada sebelum Oktober 2023.

Beberapa karyawan yang keluar dari Neta disebut-sebut hanya menerima upah minimum Shanghai, sementara mereka yang keluar pada bulan November 2023 belum juga mendapat kompensasi. Krisis yang dialami Neta disebut-sebut karena strategi mantan CEO yang lebih mengutamakan penjualan perusahaan ke perusahaan (B2B).

Meski dikabarkan mendapatkan investasi baru, ternyata Neta juga memiliki utang yang menumpuk dengan total hingga 10 miliar yuan (Rp 22,8 triliun). Utang itu tentunya tidak sebanding dengan nilai investasi yang masuk.

Pada Desember 2024 lalu Neta dikabarkan mempertimbangkan untuk memangkas 400 karyawan di pabrik mereka di Thailand lantaran penjualan yang melambat. Berbeda dengan situasi global, Neta di Indonesia mengklaim aman dari krisis.

Akhir 2024 lalu, Neta memastikan bisnisnya di Indonesia berjalan sesuai rencana. Bahkan Neta berencana meluncurkan model baru lainnya pada tahun 2025 ini. Neta Auto Indonesia saat ini telah menjual model V-II dan X.

"Neta berkomitmen untuk menjadi bagian integral dari pertumbuhan pasar otomotif dalam negeri (Indonesia). Kami percaya bahwa bersama pelanggan setia Neta, kita bisa terus bergerak maju menuju masa depan mobilitas yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan," ujar Managing Director of Neta Auto Indonesia, Peter Zhang.

Baca artikel detikoto, "Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar" selengkapnya https://oto.detik.com/mobil-listrik/d-7 ... ak-dibayar.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Duh, berharap aja ga merembet kesini
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 204
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by alexand »

ada berita begini masih berani beli ? :mky_01:
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1376
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by kenop »

Liat showroom nya aja kayak ngga niat, beda bgt sm merk2 china lainnya kwkww

Yg di raya serpong malah uda tutup
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by MSU »

setelah hype...sekarang mulai seleksi alam...
feeling saya begitu..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by Turboman »

Start Up IPI di negeri sono

- Neta
- XPENG
- HiPhi
- NIO

Hi Phi kayaknya dah kelenger tuh

XPENG baca2 dulu juga pernah ampir kelenger tapi trus bisa jalan lagi

Dari 4 itu spt nya NIO yg sustain ?

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by b0ku »

si 3 huruf liatin aja 5thn lagi kalo kek gini terus antara jadi mode siluman kayak nissan atau gulung tiker di wakanda :big_biglaugh:

belom kalo ke expose build quality di kolong kaki2x reyot kek gubuk derita ngalahin LCGC :mky_07:
Miracle9000
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 177
Joined: Tue May 17, 2016 4:16

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by Miracle9000 »

b0ku wrote: Thu Mar 20, 2025 6:30 si 3 huruf liatin aja 5thn lagi kalo kek gini terus antara jadi mode siluman kayak nissan atau gulung tiker di wakanda :big_biglaugh:

belom kalo ke expose build quality di kolong kaki2x reyot kek gubuk derita ngalahin LCGC :mky_07:
3 huruf yg mana om? yg pabrik batre? saya malah lebih concern ke brand inggris yg 2 huruf. lebih suram lg itu :big_biglaugh: tapi ya semoga aja saya salah, soalnya saya punya mobilnya :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by b0ku »

Miracle9000 wrote: Thu Mar 20, 2025 6:35
3 huruf yg mana om? yg pabrik batre? saya malah lebih concern ke brand inggris yg 2 huruf. lebih suram lg itu :big_biglaugh: tapi ya semoga aja saya salah, soalnya saya punya mobilnya :big_biglaugh:
si 2 huruf mah tenang aja om mereka kecoak cara mereka beroperasi maen amannya ketara banget justru malah saya curiga ntar sisanya itu sama sodarannya satu lagi itu juga maen kecoak padahal market leader :mky_07:

si 3 huruf ini beneran bakar duit buat existensi.......... pameran bisa di 2 mall dalam minggu sama nyewa main hall belom IIMS sinting si brand satu ini bakar duitnya gw yakin belom break even buka di wakanda :mky_07:

si 2huruf sama soaranya mah pasti ud kipas2x duit biarpun gak banyak :wkkk:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12527
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by Suryaputra »

Miracle9000 wrote: Thu Mar 20, 2025 6:35
b0ku wrote: Thu Mar 20, 2025 6:30 si 3 huruf liatin aja 5thn lagi kalo kek gini terus antara jadi mode siluman kayak nissan atau gulung tiker di wakanda :big_biglaugh:

belom kalo ke expose build quality di kolong kaki2x reyot kek gubuk derita ngalahin LCGC :mky_07:
3 huruf yg mana om? yg pabrik batre? saya malah lebih concern ke brand inggris yg 2 huruf. lebih suram lg itu :big_biglaugh: tapi ya semoga aja saya salah, soalnya saya punya mobilnya :big_biglaugh:
sebut aja om mbah
pakai *

drpd main tebak2an :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1755
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by AbdulHakim »

b0ku wrote: Thu Mar 20, 2025 6:42
Miracle9000 wrote: Thu Mar 20, 2025 6:35
3 huruf yg mana om? yg pabrik batre? saya malah lebih concern ke brand inggris yg 2 huruf. lebih suram lg itu :big_biglaugh: tapi ya semoga aja saya salah, soalnya saya punya mobilnya :big_biglaugh:
si 2 huruf mah tenang aja om mereka kecoak cara mereka beroperasi maen amannya ketara banget justru malah saya curiga ntar sisanya itu sama sodarannya satu lagi itu juga maen kecoak padahal market leader :mky_07:

si 3 huruf ini beneran bakar duit buat existensi.......... pameran bisa di 2 mall dalam minggu sama nyewa main hall belom IIMS sinting si brand satu ini bakar duitnya gw yakin belom break even buka di wakanda :mky_07:

si 2huruf sama soaranya mah pasti ud kipas2x duit biarpun gak banyak :wkkk:
BYD sama MG ini yang lagi diomongin, tebakan saya :big_biglaugh:

Penerawangan saya yang bakal survive di Indo adalah BYD, Wuling ama Chery
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 770
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by timbermaniac123 »

Entah lebih kasian mana antara yang beli neta di awal launching atau mg4 cbu.
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by Jenson »

AbdulHakim wrote: Thu Mar 20, 2025 7:55
b0ku wrote: Thu Mar 20, 2025 6:42
Miracle9000 wrote: Thu Mar 20, 2025 6:35
3 huruf yg mana om? yg pabrik batre? saya malah lebih concern ke brand inggris yg 2 huruf. lebih suram lg itu :big_biglaugh: tapi ya semoga aja saya salah, soalnya saya punya mobilnya :big_biglaugh:
si 2 huruf mah tenang aja om mereka kecoak cara mereka beroperasi maen amannya ketara banget justru malah saya curiga ntar sisanya itu sama sodarannya satu lagi itu juga maen kecoak padahal market leader :mky_07:

si 3 huruf ini beneran bakar duit buat existensi.......... pameran bisa di 2 mall dalam minggu sama nyewa main hall belom IIMS sinting si brand satu ini bakar duitnya gw yakin belom break even buka di wakanda :mky_07:

si 2huruf sama soaranya mah pasti ud kipas2x duit biarpun gak banyak :wkkk:
BYD sama MG ini yang lagi diomongin, tebakan saya :big_biglaugh:

Penerawangan saya yang bakal survive di Indo adalah BYD, Wuling ama Chery
Setuju, ini 3 brand yg paling keliatan niat jualan. Kalo si MG, ntahlah. Barang bagus tp setengah2 jualannya, kurang pol
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by Jenson »

Kalo ampe bubar, tebak2an yuk, Neta bekas dihargain brpa. 50 juta ad yg beli ga ya wkwkwk
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by b0ku »

AbdulHakim wrote: Thu Mar 20, 2025 7:55 BYD sama MG ini yang lagi diomongin, tebakan saya :big_biglaugh:

Penerawangan saya yang bakal survive di Indo adalah BYD, Wuling ama Chery
wuling cherry mg bakalan gitu2x aja BYD bakalan menciut pelan2x si felling saya :big_biglaugh:
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by Ibet »

cari aman yang udah punya (dan atau) mau bikin pabrik di sini

yg existing punya line perakitan sendiri baru dua aja
wuling
hyundai

soon (2027?)
byd

sisanya kan numpang rakit aja
chery -> handal
mg -> wuling

cmiiw ..

=======
https://oto.detik.com/mobil-listrik/d-7 ... jelasannya

simpang siur, tapi kok ya beritanya ngambang haha
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by fansdiesel »

Smelter nikel aja banyak yang bubar karena induknya kesulitan duit ... Apalagi brand otomotif

Tunggu neta diskon 75%
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by kunaskun »

fansdiesel wrote: Thu Mar 20, 2025 12:15 Smelter nikel aja banyak yang bubar karena induknya kesulitan duit ... Apalagi brand otomotif

Tunggu neta diskon 75%
75% masih berat mbah, 90% bisalah, anggep barang lelangan. terus pakenya buat ke pasar saja, dirawat baik2 terutama body part, karena ga bakalan nemu itu, jangan2 mesti 3d printing :mky_04:
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3030
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by KielConstantine »

Tombol persetan sama pabrikan mainland
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
heiituaku
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: Thu Mar 28, 2013 4:53

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by heiituaku »

"Berbeda dengan situasi global, Neta di Indonesia mengklaim aman dari krisis."

Bersyukur hidup di Indonesia yang selalau aman, seluruh dunia recall Indonesia aman, seluruh dunia krisi Indonesia aman.

nyanyi Bernadya yuk "untungnya.....
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Thu Mar 20, 2025 9:31
AbdulHakim wrote: Thu Mar 20, 2025 7:55 BYD sama MG ini yang lagi diomongin, tebakan saya :big_biglaugh:

Penerawangan saya yang bakal survive di Indo adalah BYD, Wuling ama Chery
wuling cherry mg bakalan gitu2x aja BYD bakalan menciut pelan2x si felling saya :big_biglaugh:
wuling kaianya masih bisa bertahan dekingannya GM
cherry masih gede tapian
BYD agak takut jujur aja.mestinya skrg dengan utang 40 billion USD main aman hybird wae :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by ChZ »

dibilang lineup di sini itu cuma barang di dumping ... makanya harga bisa suka-suka banting kanan kiri.

merek apapun... sama aja.

yang kasihan yang punya pabrik BEP makin lama, krn harus press budget biar bersaing.

sama govt wakanda dibukain keran segede-gedenya. ampe pada taraf barang lokal sama import lebih murah import. tekstil udah megap megap, sektor lain udah otw megap megap.

saya di bangunan dikasih tau kalo koil impor malah lebih murah daripada koil lokal... ntah dari sisi mana yang salah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Mar 21, 2025 2:51 dibilang lineup di sini itu cuma barang di dumping ... makanya harga bisa suka-suka banting kanan kiri.

merek apapun... sama aja.

yang kasihan yang punya pabrik BEP makin lama, krn harus press budget biar bersaing.

sama govt wakanda dibukain keran segede-gedenya. ampe pada taraf barang lokal sama import lebih murah import. tekstil udah megap megap, sektor lain udah otw megap megap.

saya di bangunan dikasih tau kalo koil impor malah lebih murah daripada koil lokal... ntah dari sisi mana yang salah.
china punya dari pabrik lsg kirim naek kapal gak ada pungli , wakanda kebanyakan pungli..... salah satu alesan saya gak suka buka bisniss yang ada tempat fisiknya ud ribet pajak ribet pungli mendingan gw beli apartement buka bisnis online mau nyamperin gw ke lantai 9 secara illegal berantem dulu sono sama satpam sumarecon :big_smoking:

satu lagi di china mesin industrinya ud canggih dan presisi bikinnya terus harga energy di tekan terus biar cost manufacturing murah persetan sama pemanasan global............... :big_smoking:

sebenernya mesin itu bukan buat gantiin kerja manusia justru buat safety dan efisiensi padahal mesin itu kalo ada banyak juga masih butuh tenaga manusia buat maintenace dan kontrol ujung2xnya ya sama aja :mky_03:
RhayHan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Tue Nov 19, 2024 7:43
Location: Jakarta

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by RhayHan »

ChZ wrote: Fri Mar 21, 2025 2:51 dibilang lineup di sini itu cuma barang di dumping ... makanya harga bisa suka-suka banting kanan kiri.

merek apapun... sama aja.

yang kasihan yang punya pabrik BEP makin lama, krn harus press budget biar bersaing.

sama govt wakanda dibukain keran segede-gedenya. ampe pada taraf barang lokal sama import lebih murah import. tekstil udah megap megap, sektor lain udah otw megap megap.

saya di bangunan dikasih tau kalo koil impor malah lebih murah daripada koil lokal... ntah dari sisi mana yang salah.
Koil yg merk KS mah barang lawak om, saya aja ambil dari china juga orang2 gaada yg mau produk lokal
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by darrelund »

udah dari kemarin itu beritanya, awalnya parts susah lalu rembet gaji ndak bayar, endingnya ketebak :big_biglaugh:

klo mau beli mocin pilih yg dari grup" besar aja, lebih pasti

di mainland sono merk modelan star ap ud mulai bubar
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar

Post by ChZ »

RhayHan wrote: Fri Mar 21, 2025 3:45
Koil yg merk KS mah barang lawak om, saya aja ambil dari china juga orang2 gaada yg mau produk lokal
saya kemaren baja ringan.... bandingin harga bisa selisih jauh banget.

dibilang supplier saya, itu pasti koil import bukan lokal... ya saya mbatin aja udah gini mah makin ancur aja industri lokal. koil lokal sama impor bisa murah impor :big_bored:

besi beton juga tuh skrg dimana-mana koilnya ya china semua :big_biglaugh: KS udah makin gak kompetitif harganya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7