Duh, berharap aja ga merembet kesiniNeta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 20 Mar 2025 09:43 WIB
Jakarta - Brand mobil listrik asal China, Neta, tak henti-hentinya diterpa isu krisis. Terbaru, merek yang berbasis di Shanghai itu disebut-sebut telah membubarkan tim riset dan juga pengembangan (R&D), serta tak mampu membayar kewajibannya ke para vendor.
Dikutip dari Car News China, Neta membubarkan seluruh tim penelitian dan pengembangan karena kondisi keuangan yang memburuk. Tak hanya itu, sekitar 200 dari 1.700 stafnya telah mulai mengundurkan diri. Kondisi keuangan Neta yang memburuk tak lepas dari hasil penjualan mereka yang anjlok.
Neta menjual 98% lebih sedikit mobil pada bulan Januari 2025 dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu. Bahkan di Februari 2025, Neta tidak berhasil menjual 400 unit mobil. Kondisi krisis Neta diperparah dengan tak bisanya mereka memenuhi kewajiban kepada para pemasok komponen alias vendor.
Para vendor yang tidak dibayar pun dilaporkan berkumpul di kantor pusat Neta di Shanghai, bahkan ada yang tidur di lantai. Hal ini terjadi, di tengah kabar Neta mendapat investasi senilai 6 miliar yuan (Rp 13,7 triliun) dan karyawan yang tersisa memperoleh penghasilan 75% lebih rendah daripada sebelum Oktober 2023.
Beberapa karyawan yang keluar dari Neta disebut-sebut hanya menerima upah minimum Shanghai, sementara mereka yang keluar pada bulan November 2023 belum juga mendapat kompensasi. Krisis yang dialami Neta disebut-sebut karena strategi mantan CEO yang lebih mengutamakan penjualan perusahaan ke perusahaan (B2B).
Meski dikabarkan mendapatkan investasi baru, ternyata Neta juga memiliki utang yang menumpuk dengan total hingga 10 miliar yuan (Rp 22,8 triliun). Utang itu tentunya tidak sebanding dengan nilai investasi yang masuk.
Pada Desember 2024 lalu Neta dikabarkan mempertimbangkan untuk memangkas 400 karyawan di pabrik mereka di Thailand lantaran penjualan yang melambat. Berbeda dengan situasi global, Neta di Indonesia mengklaim aman dari krisis.
Akhir 2024 lalu, Neta memastikan bisnisnya di Indonesia berjalan sesuai rencana. Bahkan Neta berencana meluncurkan model baru lainnya pada tahun 2025 ini. Neta Auto Indonesia saat ini telah menjual model V-II dan X.
"Neta berkomitmen untuk menjadi bagian integral dari pertumbuhan pasar otomotif dalam negeri (Indonesia). Kami percaya bahwa bersama pelanggan setia Neta, kita bisa terus bergerak maju menuju masa depan mobilitas yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan," ujar Managing Director of Neta Auto Indonesia, Peter Zhang.
Baca artikel detikoto, "Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar" selengkapnya https://oto.detik.com/mobil-listrik/d-7 ... ak-dibayar.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Xpanther
Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
ada berita begini masih berani beli ? 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
Liat showroom nya aja kayak ngga niat, beda bgt sm merk2 china lainnya kwkww
Yg di raya serpong malah uda tutup
Yg di raya serpong malah uda tutup
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
setelah hype...sekarang mulai seleksi alam...
feeling saya begitu..
feeling saya begitu..
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
Start Up IPI di negeri sono
- Neta
- XPENG
- HiPhi
- NIO
Hi Phi kayaknya dah kelenger tuh
XPENG baca2 dulu juga pernah ampir kelenger tapi trus bisa jalan lagi
Dari 4 itu spt nya NIO yg sustain ?
CMIIW
- Neta
- XPENG
- HiPhi
- NIO
Hi Phi kayaknya dah kelenger tuh
XPENG baca2 dulu juga pernah ampir kelenger tapi trus bisa jalan lagi
Dari 4 itu spt nya NIO yg sustain ?
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
si 3 huruf liatin aja 5thn lagi kalo kek gini terus antara jadi mode siluman kayak nissan atau gulung tiker di wakanda 
belom kalo ke expose build quality di kolong kaki2x reyot kek gubuk derita ngalahin LCGC

belom kalo ke expose build quality di kolong kaki2x reyot kek gubuk derita ngalahin LCGC

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Tue May 17, 2016 4:16
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
3 huruf yg mana om? yg pabrik batre? saya malah lebih concern ke brand inggris yg 2 huruf. lebih suram lg itub0ku wrote: Thu Mar 20, 2025 6:30 si 3 huruf liatin aja 5thn lagi kalo kek gini terus antara jadi mode siluman kayak nissan atau gulung tiker di wakanda
belom kalo ke expose build quality di kolong kaki2x reyot kek gubuk derita ngalahin LCGC![]()


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
si 2 huruf mah tenang aja om mereka kecoak cara mereka beroperasi maen amannya ketara banget justru malah saya curiga ntar sisanya itu sama sodarannya satu lagi itu juga maen kecoak padahal market leaderMiracle9000 wrote: Thu Mar 20, 2025 6:35
3 huruf yg mana om? yg pabrik batre? saya malah lebih concern ke brand inggris yg 2 huruf. lebih suram lg itutapi ya semoga aja saya salah, soalnya saya punya mobilnya
![]()

si 3 huruf ini beneran bakar duit buat existensi.......... pameran bisa di 2 mall dalam minggu sama nyewa main hall belom IIMS sinting si brand satu ini bakar duitnya gw yakin belom break even buka di wakanda

si 2huruf sama soaranya mah pasti ud kipas2x duit biarpun gak banyak

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
sebut aja om mbahMiracle9000 wrote: Thu Mar 20, 2025 6:353 huruf yg mana om? yg pabrik batre? saya malah lebih concern ke brand inggris yg 2 huruf. lebih suram lg itub0ku wrote: Thu Mar 20, 2025 6:30 si 3 huruf liatin aja 5thn lagi kalo kek gini terus antara jadi mode siluman kayak nissan atau gulung tiker di wakanda
belom kalo ke expose build quality di kolong kaki2x reyot kek gubuk derita ngalahin LCGC![]()
tapi ya semoga aja saya salah, soalnya saya punya mobilnya
![]()
pakai *
drpd main tebak2an

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
BYD sama MG ini yang lagi diomongin, tebakan sayab0ku wrote: Thu Mar 20, 2025 6:42si 2 huruf mah tenang aja om mereka kecoak cara mereka beroperasi maen amannya ketara banget justru malah saya curiga ntar sisanya itu sama sodarannya satu lagi itu juga maen kecoak padahal market leaderMiracle9000 wrote: Thu Mar 20, 2025 6:35
3 huruf yg mana om? yg pabrik batre? saya malah lebih concern ke brand inggris yg 2 huruf. lebih suram lg itutapi ya semoga aja saya salah, soalnya saya punya mobilnya
![]()
![]()
si 3 huruf ini beneran bakar duit buat existensi.......... pameran bisa di 2 mall dalam minggu sama nyewa main hall belom IIMS sinting si brand satu ini bakar duitnya gw yakin belom break even buka di wakanda
si 2huruf sama soaranya mah pasti ud kipas2x duit biarpun gak banyak![]()

Penerawangan saya yang bakal survive di Indo adalah BYD, Wuling ama Chery
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 769
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
Entah lebih kasian mana antara yang beli neta di awal launching atau mg4 cbu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
Setuju, ini 3 brand yg paling keliatan niat jualan. Kalo si MG, ntahlah. Barang bagus tp setengah2 jualannya, kurang polAbdulHakim wrote: Thu Mar 20, 2025 7:55BYD sama MG ini yang lagi diomongin, tebakan sayab0ku wrote: Thu Mar 20, 2025 6:42si 2 huruf mah tenang aja om mereka kecoak cara mereka beroperasi maen amannya ketara banget justru malah saya curiga ntar sisanya itu sama sodarannya satu lagi itu juga maen kecoak padahal market leaderMiracle9000 wrote: Thu Mar 20, 2025 6:35
3 huruf yg mana om? yg pabrik batre? saya malah lebih concern ke brand inggris yg 2 huruf. lebih suram lg itutapi ya semoga aja saya salah, soalnya saya punya mobilnya
![]()
![]()
si 3 huruf ini beneran bakar duit buat existensi.......... pameran bisa di 2 mall dalam minggu sama nyewa main hall belom IIMS sinting si brand satu ini bakar duitnya gw yakin belom break even buka di wakanda
si 2huruf sama soaranya mah pasti ud kipas2x duit biarpun gak banyak![]()
Penerawangan saya yang bakal survive di Indo adalah BYD, Wuling ama Chery
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
Kalo ampe bubar, tebak2an yuk, Neta bekas dihargain brpa. 50 juta ad yg beli ga ya wkwkwk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
wuling cherry mg bakalan gitu2x aja BYD bakalan menciut pelan2x si felling sayaAbdulHakim wrote: Thu Mar 20, 2025 7:55 BYD sama MG ini yang lagi diomongin, tebakan saya
Penerawangan saya yang bakal survive di Indo adalah BYD, Wuling ama Chery

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
cari aman yang udah punya (dan atau) mau bikin pabrik di sini
yg existing punya line perakitan sendiri baru dua aja
wuling
hyundai
soon (2027?)
byd
sisanya kan numpang rakit aja
chery -> handal
mg -> wuling
cmiiw ..
=======
https://oto.detik.com/mobil-listrik/d-7 ... jelasannya
simpang siur, tapi kok ya beritanya ngambang haha
yg existing punya line perakitan sendiri baru dua aja
wuling
hyundai
soon (2027?)
byd
sisanya kan numpang rakit aja
chery -> handal
mg -> wuling
cmiiw ..
=======
https://oto.detik.com/mobil-listrik/d-7 ... jelasannya
simpang siur, tapi kok ya beritanya ngambang haha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
Smelter nikel aja banyak yang bubar karena induknya kesulitan duit ... Apalagi brand otomotif
Tunggu neta diskon 75%
Tunggu neta diskon 75%
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
75% masih berat mbah, 90% bisalah, anggep barang lelangan. terus pakenya buat ke pasar saja, dirawat baik2 terutama body part, karena ga bakalan nemu itu, jangan2 mesti 3d printingfansdiesel wrote: Thu Mar 20, 2025 12:15 Smelter nikel aja banyak yang bubar karena induknya kesulitan duit ... Apalagi brand otomotif
Tunggu neta diskon 75%

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3027
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
Tombol persetan sama pabrikan mainland
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 123
- Joined: Thu Mar 28, 2013 4:53
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
"Berbeda dengan situasi global, Neta di Indonesia mengklaim aman dari krisis."
Bersyukur hidup di Indonesia yang selalau aman, seluruh dunia recall Indonesia aman, seluruh dunia krisi Indonesia aman.
nyanyi Bernadya yuk "untungnya.....
Bersyukur hidup di Indonesia yang selalau aman, seluruh dunia recall Indonesia aman, seluruh dunia krisi Indonesia aman.
nyanyi Bernadya yuk "untungnya.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 658
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
wuling kaianya masih bisa bertahan dekingannya GMb0ku wrote: Thu Mar 20, 2025 9:31wuling cherry mg bakalan gitu2x aja BYD bakalan menciut pelan2x si felling sayaAbdulHakim wrote: Thu Mar 20, 2025 7:55 BYD sama MG ini yang lagi diomongin, tebakan saya
Penerawangan saya yang bakal survive di Indo adalah BYD, Wuling ama Chery![]()
cherry masih gede tapian
BYD agak takut jujur aja.mestinya skrg dengan utang 40 billion USD main aman hybird wae

-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
dibilang lineup di sini itu cuma barang di dumping ... makanya harga bisa suka-suka banting kanan kiri.
merek apapun... sama aja.
yang kasihan yang punya pabrik BEP makin lama, krn harus press budget biar bersaing.
sama govt wakanda dibukain keran segede-gedenya. ampe pada taraf barang lokal sama import lebih murah import. tekstil udah megap megap, sektor lain udah otw megap megap.
saya di bangunan dikasih tau kalo koil impor malah lebih murah daripada koil lokal... ntah dari sisi mana yang salah.
merek apapun... sama aja.
yang kasihan yang punya pabrik BEP makin lama, krn harus press budget biar bersaing.
sama govt wakanda dibukain keran segede-gedenya. ampe pada taraf barang lokal sama import lebih murah import. tekstil udah megap megap, sektor lain udah otw megap megap.
saya di bangunan dikasih tau kalo koil impor malah lebih murah daripada koil lokal... ntah dari sisi mana yang salah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
china punya dari pabrik lsg kirim naek kapal gak ada pungli , wakanda kebanyakan pungli..... salah satu alesan saya gak suka buka bisniss yang ada tempat fisiknya ud ribet pajak ribet pungli mendingan gw beli apartement buka bisnis online mau nyamperin gw ke lantai 9 secara illegal berantem dulu sono sama satpam sumareconChZ wrote: Fri Mar 21, 2025 2:51 dibilang lineup di sini itu cuma barang di dumping ... makanya harga bisa suka-suka banting kanan kiri.
merek apapun... sama aja.
yang kasihan yang punya pabrik BEP makin lama, krn harus press budget biar bersaing.
sama govt wakanda dibukain keran segede-gedenya. ampe pada taraf barang lokal sama import lebih murah import. tekstil udah megap megap, sektor lain udah otw megap megap.
saya di bangunan dikasih tau kalo koil impor malah lebih murah daripada koil lokal... ntah dari sisi mana yang salah.

satu lagi di china mesin industrinya ud canggih dan presisi bikinnya terus harga energy di tekan terus biar cost manufacturing murah persetan sama pemanasan global...............

sebenernya mesin itu bukan buat gantiin kerja manusia justru buat safety dan efisiensi padahal mesin itu kalo ada banyak juga masih butuh tenaga manusia buat maintenace dan kontrol ujung2xnya ya sama aja

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Tue Nov 19, 2024 7:43
- Location: Jakarta
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
Koil yg merk KS mah barang lawak om, saya aja ambil dari china juga orang2 gaada yg mau produk lokalChZ wrote: Fri Mar 21, 2025 2:51 dibilang lineup di sini itu cuma barang di dumping ... makanya harga bisa suka-suka banting kanan kiri.
merek apapun... sama aja.
yang kasihan yang punya pabrik BEP makin lama, krn harus press budget biar bersaing.
sama govt wakanda dibukain keran segede-gedenya. ampe pada taraf barang lokal sama import lebih murah import. tekstil udah megap megap, sektor lain udah otw megap megap.
saya di bangunan dikasih tau kalo koil impor malah lebih murah daripada koil lokal... ntah dari sisi mana yang salah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
udah dari kemarin itu beritanya, awalnya parts susah lalu rembet gaji ndak bayar, endingnya ketebak
klo mau beli mocin pilih yg dari grup" besar aja, lebih pasti
di mainland sono merk modelan star ap ud mulai bubar

klo mau beli mocin pilih yg dari grup" besar aja, lebih pasti
di mainland sono merk modelan star ap ud mulai bubar
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Neta Alami Krisis di China: Tim R&D Dibubarkan, Vendor Tak Dibayar
saya kemaren baja ringan.... bandingin harga bisa selisih jauh banget.RhayHan wrote: Fri Mar 21, 2025 3:45
Koil yg merk KS mah barang lawak om, saya aja ambil dari china juga orang2 gaada yg mau produk lokal
dibilang supplier saya, itu pasti koil import bukan lokal... ya saya mbatin aja udah gini mah makin ancur aja industri lokal. koil lokal sama impor bisa murah impor

besi beton juga tuh skrg dimana-mana koilnya ya china semua

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7