iya nih om lagi rame, jujur memang unit saya pun selalu makan dalem ban depannya, kemaren waktu peremajaan kaki2 kata mekaniknya makan dalem nih spooringnya gimana biasanya? padahal spooring selalu di nawilis ya emang udah bawaannya begitu wkwkwIvan123 wrote: Sun Feb 23, 2025 6:30
Barusan nonton kasus part toyota indonesia yg ga sesuai sampe masuk pengadilan. Kebetulan unit narasumbernya itu Innova.
[ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
- Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
- Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
siapp om, tapi yang baru cuma ada tipe g, kebetulan nyarinya yang tipe v omilhami wrote: Sun Feb 23, 2025 9:44 Ambil reborn baru diesel saja, masih dibawah zenix. Tapi inden cukup lama.

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
- Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
siap, noted, thank you om atas masukannya, saya memang penasaran juga sama 1tr diremap sih om ahaha, saya udah tanya rev katanya naik 10hp & 15nm which is lumayan, bahkan di rpm 2500an itu setelah remap udah bisa dapet torsi maksimal kalo saya liat grafiknya, belum lagi kalau biasanya isi v-power pasti ada perbedaan...Pboyz97 wrote: Sun Feb 23, 2025 15:50yes. cukup worthed. kalo segi maintenance ya cukup mudah & terjangkau kok. punya sy dl jg cm ganti oli, ganti filsol sm servis rutin doang, beli seken dan pake full bio terus hehe. selain itu bengkelnya jg banyak yg bs handle baik resmi maupun non resmi. kalo cruising 100 km/h memang lebih tenang, tp ya naiknya lama bgtrfq wrote: Sat Feb 22, 2025 13:44 Siapp om, berarti meskipun tahunnya lebih tua, 2GD V A/T lebih worth it ya om? Memang jujur saya pas sewa 2GD meskipun tipe G 2024 itu enak banget sih om, effortless pokoknya di tanjakan, di tol juga penumpang gak komplain speed tinggi, mungkin karena rpm rendah ya sekitar 1500an di speed 120an.
Tapi kalau dari segi maintenance gimana ya om? Apakah lebih ribet dibanding 1TR? Jujur saya masih tertarik ya karena maintenance udah kebayang ahahaha, dan karena bisa remap masih ada harapan tenaganya bisa lebih oke dibanding standar, apalagi kan kata om 1TR A/T lebih lemot yah dibanding M/T, tapi kalo cruising 100 km/h pasti lebih tenang ya om rpm lebih rendah?
Untuk zenix memang saya juga masih mikir2 kalau case liburan dan macet total di tanjakan yang cukup curam, kan pr juga ya kalo gagal nanjak, meskipun hampir pasti bannya saya ganti jadi primacy4…. tp kalo om pemakaiannya mayoritas dalkot doang sm nyetirnya santai ga suka sruntulan bensin at cukup worthed kok menurut saya hehe
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
- Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
zonepublic wrote: Sun Feb 23, 2025 16:22 Kalau menurut saya sama2 ganti ke reborn lagi reborn lagi mending ga usah ganti apalagi gantinya unit bekas pula,percayalah kalo cuma facelift ga beda banyak kok,saya pernah bawa reborn diesel lama dan reborn diesel facelift menurut saya malah suspensinya lebih tenang reborn generasi awal sebelum facelift bedanya cuma gimmick aja lampu2 gitu lah
saya milih pegang unit yang sudah lama dipelihara aja,ga perlu peremajaan unit,yg diremajakan part2nya saja
Kecuali anda mau ganti ke zenix yang memang secara total beda dengan reborn kemarin saya sempat tes drive zenix naikannya zenix beda jauh dengan innova/reborn karena chasisnya memang beda,suspensi lebih berasa keras tidak ngayun2 seperti innova2 lama yang masih pake chasis tangga kalau anda cari kenyamanan,beda juga kenyamanan reborn dan zenix di baris 2 karena kenyamanan reborn ada di suspensinya yang ngayun2 sedangkan zenix kenyamanannya lega sekali ruang kakinya
Kalau di baris pengemudi kenyamanan zenix ada di handling yang jauh lebih nurut,limbung lebih minim daripada reborn tapi panjang zenix jauh lebih panjang daripada reborn jadi ngukur hidung dan belakang lebih sulit,makannya banyak unit zenix pintu belakangnya pada penyok
Akselerasi mesin bensin 1 TR memang beda dengan 2GD ,dengan hybridnya zenix beda lagi rasanya,coba tes drive aja deh
Sekian menurut saya
Silakan dipertimbangkan
siapp omm thank you atas masukannya, memang ada rencana peremajaan karena unit yang sekarang kilometernya sudah cukup gondrong, untuk zenix sepertinya yang hybrid memang lebih oke secara tenaga, cuman karena yang masuk di budget saya itu zenix gasoline sepertinya bakal ada perbedaan dengan versi hybridnya...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
- Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
walid_007 wrote: Sun Feb 23, 2025 19:03 DSC00597.jpegpenagalan sy ini om., 4/5 x innova diesel d garasi., 1 zenix bensin n 1 hybrid
smua by ownership long term
klo urutan nya
-zenix hibrid
-diesel
-zenix bensin
first thing inova 1 tr lupakan aja .. sorry to say too outdated dlm segal aspect
zenix bensin sebenernya not bad., tp ada hentakan saat crawling., bensin ga irit2 banged n sensasinya B aja . sekedar kerasa lega n econo box umumnya. ga gitu solid., ga banyak peminat, keliatan pas jual susah laku. (or even ga laku2) tawar aja afgan asti dikasih. naikkan jg rasanya lebih kopong drpd hibrid nya
jd sisa innova plg bener cmn hibrid n disel,
nah kembali ke budget om mana dari 2 ini yg masuk. 2 2 ga salah.
but fyi 18K km on zenix udah molai kaki2 bunyi kaki2 kyk besi kena krikil kalah tub honda2
-
siapp om, kalau yang saya liat sih memang fcnya zenix bensin gak irit-irit banget juga yah, tapi compared to 1tr ya udah pasti lebih irit, untuk harga memang zenix bensin udah banyak yang jual di kisaran 360-380an dan itu nego, sebenernya gak mikirin resale valuenya lagi sih om, cuman ya itu aja kepikiran kalo lagi tanjakan curam full penumpang & bagasi apakah masih oke dibanding 1tr manual saya yang sekarang...
waduh 18k ya masih dikit banget dong ya om... reborn saya aja baru berasa gak enak di kilometer deket2 100k, ya meskipun rutenya mostly jabodetabek & toll sih...
kalo dari masukan om sih untuk budget paling masuk yang diesel jadinya ahahaha, buat hybrid bisa tapi dipaksain, itupun cuman yang G hybrid dapetnya

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
- Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
nah itu om, masalahnya yang masuk ke budget saya zenix bensin non hybridHaykelAdityawarman wrote: Sun Feb 23, 2025 23:54rfq wrote: Fri Feb 21, 2025 16:54
Penggunaan saya mayoritas di Jabodetabek, sesekali liburan full penumpang ke Bandung/Lembang/Ciwidey, dan kalau mudik full penumpang biasanya via Trans Jawa dengan sedikit rute tanjakan di Jawa Timur.
Pengalaman saya pakai 2GD dari thn 2020 sampai sekarang (lagi proses dijual), penggunaan di jabodetabek dan minimal sebulan sekali ke Bandung, klo dibandingin sama zenix hybrid mending zenix aja deh. Kata kuncinya kaya yang dibilang om Pboyz, sesekali liburan itu harusnya ga sampe 10% dari total penggunaan. Dan nyetir reborn buat sehari2 itu cape. Setirnya berat, bantingannya ga berasa enak klo di jalan mulus, handling berat buat di dalkot dan tol kecepatan menengah. Torsi badak yang menjadi kebanggaan 2GD juga ga gitu kepake. Oiya, kondisi mobil saya standar ting ting ga ada remap atau upgrade kaki2.Pboyz97 wrote: Sat Feb 22, 2025 7:40 pengalaman saya dl rute trans jawa pake voxy 2023 & reborn 2018 diesel, saya jauh lebih prefer reborn, torsinya berasa effortless sedangkan kalo voxy entah knp ngedennya parah apalagi full load, kecuali rute om 90 % di jabodetabek doang rutenya br ambil zenix. kl kenyamanan zenix , tp kalo cari torsi dan konsumsi bbm buat rute lukot apalagi trans jawa, reborn 2gd udh paling bener.
Saya bakal (sangat) merekomendasikan reborn diesel jika rute sehari2nya banyak tanjakan dan kondisi jalan yang ga mulus, serta sering dipake jalan keluar kota non-tol.

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
- Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
siapp om, mungkin nanti nyoba test drive dulu kali ya biar makin kebayang bedanyacarlzeiss wrote: Mon Feb 24, 2025 3:17 zenix aja om, udh beda jenis tuh sama reborn, saya jg pake reborn bensin , tiap ke DPS sewa jg reborn solar, awal awal doang sih suka tarikannya , tp setelah 5 hari pake ya biasa aja. Kalo zenix sih udh beda ya naikannya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
- Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
hahaha iya ya om, saya juga sering liat jasa remap 1-2 juta, udah gitu perbandingan before-afternya ya tes aja di jalanan, bukan di dynoiamwewe wrote: Mon Feb 24, 2025 5:31oo main di range tolerancenya aj ya brt. nah ini enak nih, ga apa om gak usah sampe detail banget juga. dikasih analogi ron 92 isi ron90 aja udh paham kokChZ wrote: Mon Feb 24, 2025 4:42
kalo itu saya kurang ngerti details nya jujur, cuma gambaran besarnya gitu.
kalau perbedaan suhunya nggak ekstrem biasanya masih bisa ada range tolerance nya oom. kecuali kalo minus 10 derajat sama 15 derajat mungkin perlu mapping ulang.
kalo cuma 19 derajat ke 30 derajat paling ECUnya ngatur buat mundurin pengapian aja soalnya lebih panas. sama kayak kemaren ada orang tanya saya kalo map 98 diisi 92 apakah aman kalo emergency, setau saya dari pengalaman si map 98 isi 95 nya shell aman2 aja, cuma tolerancenya yang diubah, logikanya kayak map bawaan kan ron92 mintanya isi ron90 aman, ini paling tolerance bawahnya jadi ron92. kompleks banget kalo ngerti tuning, makanya rada ngeri sama yang modal copas map.
kadang slight changes gitu di driver ga berasa oom. tapi lebih ke pemakaian sehari-hari, pertimbangan lebih ke reliability biasa ketauan kalo pake lama. kalo pake sebentar mungkin copas map juga aman2 aja tapi gak tau efek ke durability parts jangka panjang.
kalo sy sekarang pake mobil jangka panjang jadi cari aman aja gak berani remap murah2 kwkwkwk.
tapi jangan kuatir beberapa macem rev atau ukworks bali bukan cuma sekedar copy paste tapi juga ngadain training buat bengkel2 lokal. kenalan sy muridnya bli surya ukworks bali semua dan sejauh ini civic/CRV pake tuningan dia baik2 semua![]()
iya saya juga remap udh ke si om sat aja lah gak mau pusing. selama ini kagak ada masalah apa2 kok. cuma ya itu, suka lewat aja di iklan saya, jasa remap skrg 1-2jutaan what daaaaa

kebetulan untuk remap reborn 1tr itu waktu itu saya nanya ke beberapa bengkel ternama termasuk rev, dan memang benar katanya anki 1tr udah bisa diremap.
saya sempet dishare hasil dynonya, cuman saya lupa nanya ini on wheel atau on crank, biasanya sih kalo dyno on wheel ya... which mean on enginenya lebih tinggi lagi dari hasil dyno ini... mungkin suhu2 di sini ada yang lebih paham
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Wed May 13, 2020 15:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
Kalau ga akan dibiarin std, go for reborn 2gd.. tp kl ga akan dimodif2, mending zenix imo
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Wed May 13, 2020 15:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
Ada harga ada barang. Br aja ngalamin kmrn reflash ecu di salah 1 bengkel di gading serpong. Harga 3.5jt incl dyno. Murah bukan? Tapi mobil jd rattle on partial & full throttle, shift flare, ngebul ga jelas. Istilah gw monkey tune lah. Minta ilangin rattle ga bs, minta dialusin ga bisa, kurangin asap jg ga bisa. The so called tuner berdalih supply pump gw rusak, gearbox perlu OH dll.iamwewe wrote: Mon Feb 24, 2025 1:37om, menarik nih, th 2018-19 waktu awal2 mulai hype banget jasa remap, emang ratenya 4-5jtan. makin kesini skrg org ada yg brani remap 1-2jtan utk tyt mitsu ato honda turbo gang. bedanya apa sih ini ada tau gak sih? sama2 jaminan brani tembus hp dan torque tertentu. atau ini lebih ke tren remap udh menjamur jadi udh pada banting harga. atau ini lebih ke orang yg beli jasa remap 4-5jt, lalu di copy map ecu nya, lalu di ecer 1-2jutaan?KielConstantine wrote: Sun Feb 23, 2025 4:36 Pelihara reborn 2gd diesel aman2 aja seh di indo.
Modal kasih oli bagusan (Q8; amsoil; ctx), sama rajin ganti filter solar (kalo mau nenggang biosol terus)
Urusan nanjak jg gampang banget. Paling mau lebih kenceng dikit minta remap aja ecunya . Bisa dapet 210 hp / 450nm .. jasa remap 4-5 jutaan kurleb
Ban pake michelin udah mantep kok![]()
trus ada tau gak sih beda remap hondata, ktuner ato remap biasa tuh beda nya apa sih?
jadi inget kemarin 1-2th lalu era bbk lagi hype. skrg bbk udah mulai 'normal' harga nya![]()
Ujung2nya apa? Retune lg di jalan panjang. Semua problem solved. Supply pump aman, gearbox jg aman (berdasarkan data di techstream pada saat tes jalan, sesudah retune di atas dyno).
Bonusnya, dapet extra 50whp & 100an nm of torque between the monkey tune & rev tune
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
2kdpelan wrote: Mon Feb 24, 2025 15:47 Kalau ga akan dibiarin std, go for reborn 2gd.. tp kl ga akan dimodif2, mending zenix imo
kasus as roda zenix udah beres?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Wed May 13, 2020 15:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 116
- Joined: Wed Dec 04, 2019 12:38
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
kayaknya sama nih, yg dulu sempet heboh juga kan ya?2kdpelan wrote: Mon Feb 24, 2025 15:54Ada harga ada barang. Br aja ngalamin kmrn reflash ecu di salah 1 bengkel di gading serpong. Harga 3.5jt incl dyno. Murah bukan? Tapi mobil jd rattle on partial & full throttle, shift flare, ngebul ga jelas. Istilah gw monkey tune lah. Minta ilangin rattle ga bs, minta dialusin ga bisa, kurangin asap jg ga bisa. The so called tuner berdalih supply pump gw rusak, gearbox perlu OH dll.iamwewe wrote: Mon Feb 24, 2025 1:37om, menarik nih, th 2018-19 waktu awal2 mulai hype banget jasa remap, emang ratenya 4-5jtan. makin kesini skrg org ada yg brani remap 1-2jtan utk tyt mitsu ato honda turbo gang. bedanya apa sih ini ada tau gak sih? sama2 jaminan brani tembus hp dan torque tertentu. atau ini lebih ke tren remap udh menjamur jadi udh pada banting harga. atau ini lebih ke orang yg beli jasa remap 4-5jt, lalu di copy map ecu nya, lalu di ecer 1-2jutaan?KielConstantine wrote: Sun Feb 23, 2025 4:36 Pelihara reborn 2gd diesel aman2 aja seh di indo.
Modal kasih oli bagusan (Q8; amsoil; ctx), sama rajin ganti filter solar (kalo mau nenggang biosol terus)
Urusan nanjak jg gampang banget. Paling mau lebih kenceng dikit minta remap aja ecunya . Bisa dapet 210 hp / 450nm .. jasa remap 4-5 jutaan kurleb
Ban pake michelin udah mantep kok![]()
trus ada tau gak sih beda remap hondata, ktuner ato remap biasa tuh beda nya apa sih?
jadi inget kemarin 1-2th lalu era bbk lagi hype. skrg bbk udah mulai 'normal' harga nya![]()
Ujung2nya apa? Retune lg di jalan panjang. Semua problem solved. Supply pump aman, gearbox jg aman (berdasarkan data di techstream pada saat tes jalan, sesudah retune di atas dyno).
Bonusnya, dapet extra 50whp & 100an nm of torque between the monkey tune & rev tune

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
suara benturan logam saat mobil mau bergerak.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
- Location: Greater Jakarta
- Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 - 2019 Honda RU1
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
Berhubung unit test drive nya masih ada di dealer, test drive aja om zenix gasoline dan zenix hybrid, rasain bedanya apa. Klo menurut om hybrid lebih worth, mending sabar nabung dulu om daripada nyeselrfq wrote: Mon Feb 24, 2025 13:42 nah itu om, masalahnya yang masuk ke budget saya zenix bensin non hybrid![]()

Odd: 2024 DD1 L12B CVT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT
In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT
In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
- Daily Vehicle: CX-30 GT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
Setuju ini, mending nabung utk naik kelas. Lgpl mobil skrgnya 10 tahunannya 2026 kan, masih ada waktu nabung, kecuali ngebet utk mudik lebaran.. kadang abis lebaran mobil bekas lebih menjamur, sedangkan sblm lebaran pd berbondong2 hunting beli mobil bekas...HaykelAdityawarman wrote: Mon Feb 24, 2025 23:40Berhubung unit test drive nya masih ada di dealer, test drive aja om zenix gasoline dan zenix hybrid, rasain bedanya apa. Klo menurut om hybrid lebih worth, mending sabar nabung dulu om daripada nyeselrfq wrote: Mon Feb 24, 2025 13:42 nah itu om, masalahnya yang masuk ke budget saya zenix bensin non hybrid![]()
![]()
Hiroshima 46V
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1159
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
beh ini iklannya sering nongol nih di ig saya kayanya.2kdpelan wrote: Mon Feb 24, 2025 15:54
Ada harga ada barang. Br aja ngalamin kmrn reflash ecu di salah 1 bengkel di gading serpong. Harga 3.5jt incl dyno. Murah bukan? Tapi mobil jd rattle on partial & full throttle, shift flare, ngebul ga jelas. Istilah gw monkey tune lah. Minta ilangin rattle ga bs, minta dialusin ga bisa, kurangin asap jg ga bisa. The so called tuner berdalih supply pump gw rusak, gearbox perlu OH dll.
Ujung2nya apa? Retune lg di jalan panjang. Semua problem solved. Supply pump aman, gearbox jg aman (berdasarkan data di techstream pada saat tes jalan, sesudah retune di atas dyno).
Bonusnya, dapet extra 50whp & 100an nm of torque between the monkey tune & rev tune
syukur dah udh beres urusannya. thanks banget sharingnya om
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Tue Dec 15, 2009 9:26
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
sudut steering selisih sedikit aja begitu banyak efek nya yaIvan123 wrote: Sun Feb 23, 2025 6:30
Barusan nonton kasus part toyota indonesia yg ga sesuai sampe masuk pengadilan. Kebetulan unit narasumbernya itu Innova.
"seharusnya berkisar antara 10° 24’ hingga 11° 24’. Nyatanya, 10 drajat"
apa ada yg paham teknis beginian bisa bahas jg ?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
2kdpelan wrote: Mon Feb 24, 2025 15:54Ada harga ada barang. Br aja ngalamin kmrn reflash ecu di salah 1 bengkel di gading serpong. Harga 3.5jt incl dyno. Murah bukan? Tapi mobil jd rattle on partial & full throttle, shift flare, ngebul ga jelas. Istilah gw monkey tune lah. Minta ilangin rattle ga bs, minta dialusin ga bisa, kurangin asap jg ga bisa. The so called tuner berdalih supply pump gw rusak, gearbox perlu OH dll.iamwewe wrote: Mon Feb 24, 2025 1:37om, menarik nih, th 2018-19 waktu awal2 mulai hype banget jasa remap, emang ratenya 4-5jtan. makin kesini skrg org ada yg brani remap 1-2jtan utk tyt mitsu ato honda turbo gang. bedanya apa sih ini ada tau gak sih? sama2 jaminan brani tembus hp dan torque tertentu. atau ini lebih ke tren remap udh menjamur jadi udh pada banting harga. atau ini lebih ke orang yg beli jasa remap 4-5jt, lalu di copy map ecu nya, lalu di ecer 1-2jutaan?KielConstantine wrote: Sun Feb 23, 2025 4:36 Pelihara reborn 2gd diesel aman2 aja seh di indo.
Modal kasih oli bagusan (Q8; amsoil; ctx), sama rajin ganti filter solar (kalo mau nenggang biosol terus)
Urusan nanjak jg gampang banget. Paling mau lebih kenceng dikit minta remap aja ecunya . Bisa dapet 210 hp / 450nm .. jasa remap 4-5 jutaan kurleb
Ban pake michelin udah mantep kok![]()
trus ada tau gak sih beda remap hondata, ktuner ato remap biasa tuh beda nya apa sih?
jadi inget kemarin 1-2th lalu era bbk lagi hype. skrg bbk udah mulai 'normal' harga nya![]()
Ujung2nya apa? Retune lg di jalan panjang. Semua problem solved. Supply pump aman, gearbox jg aman (berdasarkan data di techstream pada saat tes jalan, sesudah retune di atas dyno).
Bonusnya, dapet extra 50whp & 100an nm of torque between the monkey tune & rev tune
maaf OOT, mumpung lagi bahas Remap 1TR, yang mana sekarang lagi pakai Reborn Type Q 1TR.
Saat ini sepertinya banyak over glorify remap ya? apalagi di grup FB, ada yang nanya mengenai power up dikit jawabannya kebanyakan pasti remap. Tanpa tau apakah itu remapnya di dyno, apakah itu remap copy paste, apakah itu remapnya user oriented.
Dulu setau saya, kalau mau naikin power bagi mobil bensin tahapannya adalah:
1. Memperbesar campuran Bensin+Udara
2. Mempelancar aliran masuk dan buang (porting polished?)
3. Memperbesar Percikan api busi
4. Optimalisasi Powerband dengan tuning ECU/Remap
Apakah saat ini saya yang kurang update ya, soalnya saya perhatikan banyak mobilnya yang masih standar pabrik ujug-ujug remap.
CMIIW
Reborn 1TR saya memang saya akui lelet (0-100 : 14,5 detik dengan konsisi bensin pertalite dan oli bardahl 5w30) walopun di tol masih mudah laju 160kpj, dari segi FC juga standar lah 1:8-9 dalkot, 1:10-12 jalan tol lancar.
Pengen juga sih sebenernya bikin Reborn Q ini agak gesit tapi ga pengen nambah boros konsumsi BBM

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 769
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
Ini yang sempet bikin project pasang turbo di city hb bukan ? Kalau sampe iya, nonton yt nya owner nya masih muda, keliatan ga tulus minta maaf nya, cari alesan sana sini. Sampe akhirnya bapaknya yang turun tangan nengahin masalah.2kdpelan wrote: Mon Feb 24, 2025 15:54
Ada harga ada barang. Br aja ngalamin kmrn reflash ecu di salah 1 bengkel di gading serpong. Harga 3.5jt incl dyno. Murah bukan? Tapi mobil jd rattle on partial & full throttle, shift flare, ngebul ga jelas. Istilah gw monkey tune lah. Minta ilangin rattle ga bs, minta dialusin ga bisa, kurangin asap jg ga bisa. The so called tuner berdalih supply pump gw rusak, gearbox perlu OH dll.
Ujung2nya apa? Retune lg di jalan panjang. Semua problem solved. Supply pump aman, gearbox jg aman (berdasarkan data di techstream pada saat tes jalan, sesudah retune di atas dyno).
Bonusnya, dapet extra 50whp & 100an nm of torque between the monkey tune & rev tune
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1159
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
secara teknis gimana nya sih gak tau nih om. tapi pengalaman saya remap, awalnya karena pengen dpt kenaikan tenaga dgn fuel cons yg tetep normal tanpa mengubah apapun yg di dalam kap mesin. istilahnya tetep standar lah jeroan2 mah. kedengerannya ga mgkn kan? dimana2 tenaga lbh kenceng ya minum bbm lebih banyak. tapi yg saya alami ya gitu. tenaga naik, respons gas konstan, eh fuel cons nya kgk nambah boros. bahkan di beberapa case bisa tambah hemat.leogalih wrote: Tue Feb 25, 2025 2:17
maaf OOT, mumpung lagi bahas Remap 1TR, yang mana sekarang lagi pakai Reborn Type Q 1TR.
Saat ini sepertinya banyak over glorify remap ya? apalagi di grup FB, ada yang nanya mengenai power up dikit jawabannya kebanyakan pasti remap. Tanpa tau apakah itu remapnya di dyno, apakah itu remap copy paste, apakah itu remapnya user oriented.
Dulu setau saya, kalau mau naikin power bagi mobil bensin tahapannya adalah:
1. Memperbesar campuran Bensin+Udara
2. Mempelancar aliran masuk dan buang (porting polished?)
3. Memperbesar Percikan api busi
4. Optimalisasi Powerband dengan tuning ECU/Remap
Apakah saat ini saya yang kurang update ya, soalnya saya perhatikan banyak mobilnya yang masih standar pabrik ujug-ujug remap.
CMIIW
Reborn 1TR saya memang saya akui lelet (0-100 : 14,5 detik dengan konsisi bensin pertalite dan oli bardahl 5w30) walopun di tol masih mudah laju 160kpj, dari segi FC juga standar lah 1:8-9 dalkot, 1:10-12 jalan tol lancar.
Pengen juga sih sebenernya bikin Reborn Q ini agak gesit tapi ga pengen nambah boros konsumsi BBM![]()
mungkin om harus coba sendiri remap, tapi pilih2 tunernya aja. diatas ada pengalaman buruk si om 2kd, jgn smp kejadian deh di kita.
terus juga... buat saya pribadi ya om.. remap mobil bensin non turbo selalu hasilnya cuma naik sdikit banget dibanding mobil diesel turbo atopun bensin turbo. harganya jasa remap mirip2. sebagai kaum uang pas2an, saya sih males banget. dulu jaman saya awal remap, hrv RU 1.5cc atopun 1.8cc bisa diremap tuh. tapi kenaikan tenaga nya kecil banget. harga nya mirip2 dengan remap si 2gd. ya maleslah.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Wed May 13, 2020 15:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
Heboh dimana, jujur gw ga pernah denger heboh2nya tentang ni bengkel sih. Gw baru tau sih dia pernah jebolin mobil orang pas ntn video nya di youtube.xfraps wrote: Mon Feb 24, 2025 17:21kayaknya sama nih, yg dulu sempet heboh juga kan ya?2kdpelan wrote: Mon Feb 24, 2025 15:54Ada harga ada barang. Br aja ngalamin kmrn reflash ecu di salah 1 bengkel di gading serpong. Harga 3.5jt incl dyno. Murah bukan? Tapi mobil jd rattle on partial & full throttle, shift flare, ngebul ga jelas. Istilah gw monkey tune lah. Minta ilangin rattle ga bs, minta dialusin ga bisa, kurangin asap jg ga bisa. The so called tuner berdalih supply pump gw rusak, gearbox perlu OH dll.iamwewe wrote: Mon Feb 24, 2025 1:37
om, menarik nih, th 2018-19 waktu awal2 mulai hype banget jasa remap, emang ratenya 4-5jtan. makin kesini skrg org ada yg brani remap 1-2jtan utk tyt mitsu ato honda turbo gang. bedanya apa sih ini ada tau gak sih? sama2 jaminan brani tembus hp dan torque tertentu. atau ini lebih ke tren remap udh menjamur jadi udh pada banting harga. atau ini lebih ke orang yg beli jasa remap 4-5jt, lalu di copy map ecu nya, lalu di ecer 1-2jutaan?![]()
trus ada tau gak sih beda remap hondata, ktuner ato remap biasa tuh beda nya apa sih?
jadi inget kemarin 1-2th lalu era bbk lagi hype. skrg bbk udah mulai 'normal' harga nya![]()
Ujung2nya apa? Retune lg di jalan panjang. Semua problem solved. Supply pump aman, gearbox jg aman (berdasarkan data di techstream pada saat tes jalan, sesudah retune di atas dyno).
Bonusnya, dapet extra 50whp & 100an nm of torque between the monkey tune & rev tune![]()
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Wed May 13, 2020 15:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
Kalo ud beres apa nggak sih, bs dibilang blm 100% beres. Ada dugaan nozzle yg beli dr bengkel tsb bermasalah (ini ketauan pas lg tune di dyno & colok techstream, injector value no 1 beda sendiri, cukup banyak dgn injector no 2 3 4 ).iamwewe wrote: Tue Feb 25, 2025 1:56beh ini iklannya sering nongol nih di ig saya kayanya.2kdpelan wrote: Mon Feb 24, 2025 15:54
Ada harga ada barang. Br aja ngalamin kmrn reflash ecu di salah 1 bengkel di gading serpong. Harga 3.5jt incl dyno. Murah bukan? Tapi mobil jd rattle on partial & full throttle, shift flare, ngebul ga jelas. Istilah gw monkey tune lah. Minta ilangin rattle ga bs, minta dialusin ga bisa, kurangin asap jg ga bisa. The so called tuner berdalih supply pump gw rusak, gearbox perlu OH dll.
Ujung2nya apa? Retune lg di jalan panjang. Semua problem solved. Supply pump aman, gearbox jg aman (berdasarkan data di techstream pada saat tes jalan, sesudah retune di atas dyno).
Bonusnya, dapet extra 50whp & 100an nm of torque between the monkey tune & rev tune
syukur dah udh beres urusannya. thanks banget sharingnya om
Memang cukup sering iklan sptnya bengkel ini, apalg di daerah sini cuma dia yg ada dyno kan cmiiw
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Wed May 13, 2020 15:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
leogalih wrote: Tue Feb 25, 2025 2:172kdpelan wrote: Mon Feb 24, 2025 15:54Ada harga ada barang. Br aja ngalamin kmrn reflash ecu di salah 1 bengkel di gading serpong. Harga 3.5jt incl dyno. Murah bukan? Tapi mobil jd rattle on partial & full throttle, shift flare, ngebul ga jelas. Istilah gw monkey tune lah. Minta ilangin rattle ga bs, minta dialusin ga bisa, kurangin asap jg ga bisa. The so called tuner berdalih supply pump gw rusak, gearbox perlu OH dll.iamwewe wrote: Mon Feb 24, 2025 1:37
om, menarik nih, th 2018-19 waktu awal2 mulai hype banget jasa remap, emang ratenya 4-5jtan. makin kesini skrg org ada yg brani remap 1-2jtan utk tyt mitsu ato honda turbo gang. bedanya apa sih ini ada tau gak sih? sama2 jaminan brani tembus hp dan torque tertentu. atau ini lebih ke tren remap udh menjamur jadi udh pada banting harga. atau ini lebih ke orang yg beli jasa remap 4-5jt, lalu di copy map ecu nya, lalu di ecer 1-2jutaan?![]()
trus ada tau gak sih beda remap hondata, ktuner ato remap biasa tuh beda nya apa sih?
jadi inget kemarin 1-2th lalu era bbk lagi hype. skrg bbk udah mulai 'normal' harga nya![]()
Ujung2nya apa? Retune lg di jalan panjang. Semua problem solved. Supply pump aman, gearbox jg aman (berdasarkan data di techstream pada saat tes jalan, sesudah retune di atas dyno).
Bonusnya, dapet extra 50whp & 100an nm of torque between the monkey tune & rev tune
maaf OOT, mumpung lagi bahas Remap 1TR, yang mana sekarang lagi pakai Reborn Type Q 1TR.
Saat ini sepertinya banyak over glorify remap ya? apalagi di grup FB, ada yang nanya mengenai power up dikit jawabannya kebanyakan pasti remap. Tanpa tau apakah itu remapnya di dyno, apakah itu remap copy paste, apakah itu remapnya user oriented.
Dulu setau saya, kalau mau naikin power bagi mobil bensin tahapannya adalah:
1. Memperbesar campuran Bensin+Udara
2. Mempelancar aliran masuk dan buang (porting polished?)
3. Memperbesar Percikan api busi
4. Optimalisasi Powerband dengan tuning ECU/Remap
Apakah saat ini saya yang kurang update ya, soalnya saya perhatikan banyak mobilnya yang masih standar pabrik ujug-ujug remap.
CMIIW
Reborn 1TR saya memang saya akui lelet (0-100 : 14,5 detik dengan konsisi bensin pertalite dan oli bardahl 5w30) walopun di tol masih mudah laju 160kpj, dari segi FC juga standar lah 1:8-9 dalkot, 1:10-12 jalan tol lancar.
Pengen juga sih sebenernya bikin Reborn Q ini agak gesit tapi ga pengen nambah boros konsumsi BBM![]()
Karena di diesel commonrail, reflash / remap lsg naik 50hp.
Lain cerita kl di bensin, benahi dulu hardware nya (intake, exhaust, cylinder head etc). Setelah urusan hardware beres, baru reflash ecu.
Kalo hardwarenya ga diberesin dulu, di reflash ya gain nya jg cm sedikit. Di mesin bensin n/a 3500 cc aja paling banyak naik 20hp doank
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Wed May 13, 2020 15:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?
Yes. Gw pas complain mbl nya jerky & performance nya ga stabil jg ownernya malah nyalahin supply pump gw & gearbox gw.timbermaniac123 wrote: Tue Feb 25, 2025 2:30Ini yang sempet bikin project pasang turbo di city hb bukan ? Kalau sampe iya, nonton yt nya owner nya masih muda, keliatan ga tulus minta maaf nya, cari alesan sana sini. Sampe akhirnya bapaknya yang turun tangan nengahin masalah.2kdpelan wrote: Mon Feb 24, 2025 15:54
Ada harga ada barang. Br aja ngalamin kmrn reflash ecu di salah 1 bengkel di gading serpong. Harga 3.5jt incl dyno. Murah bukan? Tapi mobil jd rattle on partial & full throttle, shift flare, ngebul ga jelas. Istilah gw monkey tune lah. Minta ilangin rattle ga bs, minta dialusin ga bisa, kurangin asap jg ga bisa. The so called tuner berdalih supply pump gw rusak, gearbox perlu OH dll.
Ujung2nya apa? Retune lg di jalan panjang. Semua problem solved. Supply pump aman, gearbox jg aman (berdasarkan data di techstream pada saat tes jalan, sesudah retune di atas dyno).
Bonusnya, dapet extra 50whp & 100an nm of torque between the monkey tune & rev tune
By wa sih dia bilang turbo gw asli, nanti kapan2 gw cek bener asli apa gak (krn secara fisik gampang bedainnya). Kalo ternyata palsu, wuiii sedap ini.. dugaan tindak pidana penipuan
