[ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

rfq
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT

[ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by rfq »

Selamat malam semuanya,

Saya sedang dalam proses mencari unit untuk peremajaan kendaraan yang saya pakai saat ini. Saat ini saya menggunakan Innova 1TR V M/T 2016, sebelumnya juga pernah pakai GNKI 1TR V M/T. Dari pengalaman saya, Reborn Bensin manual yang saya gunakan sudah cukup nyaman dan terasa ada peningkatan di semua aspek dibandingkan model sebelumnya. Namun, karena usianya sudah hampir 10 tahun, saya berencana mencari pengganti yang lebih fresh.

Saya rencananya ingin membeli unit bekas, dan setelah mencari di marketplace, saya menemukan beberapa opsi yang cukup menarik dengan harga mirip-mirip dan kondisi mulus, yaitu:
  • Venturer 1TR A/T Facelift 2021 – Kilometer ±50 ribu, harga sekitar 350 jutaan
  • Innova Reborn 2GD V A/T 2018/2019 – Kilometer ±70 ribu, harga sekitar 360 jutaan (kurang tau ini kilometer asli atau puteran, yang penting bukan bekas tabrak/banjir)
  • Zenix V Gasoline 2022/2023 – Kilometer ±30 ribu, harga sekitar 360 jutaan
Penggunaan saya mayoritas di Jabodetabek, sesekali liburan full penumpang ke Bandung/Lembang/Ciwidey, dan kalau mudik full penumpang biasanya via Trans Jawa dengan sedikit rute tanjakan di Jawa Timur. BBM yang saya pakai selama ini Shell Super/V-Power, kecuali saat rental 2GD G A/T 2024 di Jawa Timur yang pakai solar subsidi karena disediakan barcode-nya.

Yang jadi pertimbangan saya:
  • Venturer 1TR A/T 2021 → Dapat unit facelift, fitur lebih lengkap dibanding Reborn biasa, tahun lebih muda. Oh iya, saya juga masih consider ini karena 1TR Reborn sekarang juga sudah bisa diremap, tenaga naik jadi +-150 HP & torsi +-205Nm (belum tahu apakah cukup signifikan kenaikannya)
  • Reborn V 2GD A/T 2018/2019 → Memang lebih tua tahunnya, tapi diesel tenaganya lebih terasa ngisi terus. Waktu rental 2GD G A/T 2024 i art, yang saya rasakan tenaganya enak banget buat tanjakan dan perjalanan jauh, di tol surabaya-malang tiba-tiba udah 140 aja tanpa perlu rpm meraung-raung, selain itu konsumsi BBM juga lebih irit (asumsi saya isi pertadex)
  • Zenix V Gasoline 2022/2023 → Lebih baru, lebih fresh, beda dengan Reborn, dan kabin lebih luas (sempat coba di showroom), tapi saya sempat lihat review yang menunjukkan kesulitan saat menanjak yang cukup curam dengan full penumpang.
Dari ketiga pilihan ini, saya masih ragu mana yang paling worth it. Mungkin ada suhu-suhu di sini yang punya pengalaman atau insight terkait kenyamanan, konsumsi BBM, atau hal lain yang perlu saya pertimbangkan?

Terima kasih banyak!
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by Pboyz97 »

kebetulan saya ex user gnki V AT 1TR 2014, ANKI Reborn G diesel AT 2018 & saat ini user voxy 2023 yg drivetrainnya persis kaya zenix gasoline. kl dari 3 itu saya vote 2gd. dijamin bakal berasa upgradenya dari segi tenaga & konsumsi BBM, terutama kalo rutenya mayoritas tol dan lukot. apalagi tipe nya V , udh pasti bakal lebih kedap dan lebih nyaman jg drpd tipe G menurut saya. kl saya jdi om, saya gapake mikir bakal ambil 2GD V AT. secara paling memenuhi kriteria. apalagi yg om mau ambil tipe V. saya sendiri dl jg pengen ambilnya V, cm karena terkendala budget yg agak mepet akhirnya ambil tipe G aja, . paling worthed dr segala sisi dibanding kandidat lain apalagi buat rute trans jawa. pengalaman saya dl rute trans jawa pake voxy 2023 & reborn 2018 diesel, saya jauh lebih prefer reborn, torsinya berasa effortless sedangkan kalo voxy entah knp ngedennya parah apalagi full load, kecuali rute om 90 % di jabodetabek doang rutenya br ambil zenix. kl kenyamanan zenix , tp kalo cari torsi dan konsumsi bbm buat rute lukot apalagi trans jawa, reborn 2gd udh paling bener. kl 1tr at entah knp coret aja. udh boros lemot pula , bakal berasa lemot parah kl dari 1tr mt apalagi kalo di tanjakkan hehe

sekedar sharing aja. dl saya jg pernah ada di posisi om , kandidatnya ada anki v bensin at 2019-2020, reborn g diesel at 2017-2018 or venturer bensin at 2017 buat pengganti HRV 1.5 E CVT 2018 saya pas 2021 kmrn, akhirnya saya putuskan buat ambil reborn g diesel at 2018 biarpun dptnya tipe g dan tahunnya agak tua dibanding kandidat lain, tp saya ga menyesal, sampe dijual perawatan cm ganti oli sm servis rutin doang. pemakaian 70% rute tol dan udh 4x bolak balik jkt- semarang- jogja- pekalongan PP dan bbm full bio dari beli hehe , walaupun pengennya tipe V, tp krn nomboknya gamau banyak2 dr HRV lama saya akhirnya ambil G aja hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
rfq
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by rfq »

Siapp om, berarti meskipun tahunnya lebih tua, 2GD V A/T lebih worth it ya om? Memang jujur saya pas sewa 2GD meskipun tipe G 2024 itu enak banget sih om, effortless pokoknya di tanjakan, di tol juga penumpang gak komplain speed tinggi, mungkin karena rpm rendah ya sekitar 1500an di speed 120an.

Tapi kalau dari segi maintenance gimana ya om? Apakah lebih ribet dibanding 1TR? Jujur saya masih tertarik ya karena maintenance udah kebayang ahahaha, dan karena bisa remap masih ada harapan tenaganya bisa lebih oke dibanding standar, apalagi kan kata om 1TR A/T lebih lemot yah dibanding M/T, tapi kalo cruising 100 km/h pasti lebih tenang ya om rpm lebih rendah?

Untuk zenix memang saya juga masih mikir2 kalau case liburan dan macet total di tanjakan yang cukup curam, kan pr juga ya kalo gagal nanjak, meskipun hampir pasti bannya saya ganti jadi primacy4…
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3027
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by KielConstantine »

Pelihara reborn 2gd diesel aman2 aja seh di indo.
Modal kasih oli bagusan (Q8; amsoil; ctx), sama rajin ganti filter solar (kalo mau nenggang biosol terus)

Urusan nanjak jg gampang banget. Paling mau lebih kenceng dikit minta remap aja ecunya . Bisa dapet 210 hp / 450nm .. jasa remap 4-5 jutaan kurleb

Ban pake michelin udah mantep kok
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by kunaskun »

rfq wrote: Sat Feb 22, 2025 13:44 Untuk zenix memang saya juga masih mikir2 kalau case liburan dan macet total di tanjakan yang cukup curam, kan pr juga ya kalo gagal nanjak, meskipun hampir pasti bannya saya ganti jadi primacy4…
jangan dilihat hasil reviewer saja namanya saja nyari konten, sama kaya veloz CVT bikin heboh ga bisa nanjak bla2, tapi coba saja pantau FB group usernya tidak ada kendala seperti itu. video gagal nanjak itu kemungkinan besar CVT sudah overheat jadi masuk limp-mode.

kalau peduli ride quality, zenix jelas masih diatas reborn. tapi soal torsi besar diesel memang sulit dilawan. tapi melihat situasi pasaran bekasnya yang menakutkan gitu saya pribadi mendingan Zenix. reborn 1TR lupakan saja, kecuali untuk koleksi karena Venturer bensin ini kan "limited edition" kedepannya sepertinya akan senasib dengan Reborn Q Diesel.
gwsecretc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by gwsecretc »

Reborn 2.4 V A/T aja. Kalau thn 2019 ga dapet, usahakan cari thn 2018 akhir yg udah improvement ada tv tengah krn ecu udah firmware terbaru (shifting sedikit lebih halus).
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5951
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by sintoni »

Ribon diesel sih.

Biar mau dikata naik gerobak kek getaran mesin kayak truk, tapi tenaga + keiritannya ga ada lawan.
Ivan123
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by Ivan123 »



Barusan nonton kasus part toyota indonesia yg ga sesuai sampe masuk pengadilan. Kebetulan unit narasumbernya itu Innova.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by ilhami »

Ambil reborn baru diesel saja, masih dibawah zenix. Tapi inden cukup lama.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by Pboyz97 »

rfq wrote: Sat Feb 22, 2025 13:44 Siapp om, berarti meskipun tahunnya lebih tua, 2GD V A/T lebih worth it ya om? Memang jujur saya pas sewa 2GD meskipun tipe G 2024 itu enak banget sih om, effortless pokoknya di tanjakan, di tol juga penumpang gak komplain speed tinggi, mungkin karena rpm rendah ya sekitar 1500an di speed 120an.

Tapi kalau dari segi maintenance gimana ya om? Apakah lebih ribet dibanding 1TR? Jujur saya masih tertarik ya karena maintenance udah kebayang ahahaha, dan karena bisa remap masih ada harapan tenaganya bisa lebih oke dibanding standar, apalagi kan kata om 1TR A/T lebih lemot yah dibanding M/T, tapi kalo cruising 100 km/h pasti lebih tenang ya om rpm lebih rendah?

Untuk zenix memang saya juga masih mikir2 kalau case liburan dan macet total di tanjakan yang cukup curam, kan pr juga ya kalo gagal nanjak, meskipun hampir pasti bannya saya ganti jadi primacy4…
yes. cukup worthed. kalo segi maintenance ya cukup mudah & terjangkau kok. punya sy dl jg cm ganti oli, ganti filsol sm servis rutin doang, beli seken dan pake full bio terus hehe. selain itu bengkelnya jg banyak yg bs handle baik resmi maupun non resmi. kalo cruising 100 km/h memang lebih tenang, tp ya naiknya lama bgt :big_biglaugh: . tp kalo om pemakaiannya mayoritas dalkot doang sm nyetirnya santai ga suka sruntulan bensin at cukup worthed kok menurut saya hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by zonepublic »

Kalau menurut saya sama2 ganti ke reborn lagi reborn lagi mending ga usah ganti apalagi gantinya unit bekas pula,percayalah kalo cuma facelift ga beda banyak kok,saya pernah bawa reborn diesel lama dan reborn diesel facelift menurut saya malah suspensinya lebih tenang reborn generasi awal sebelum facelift bedanya cuma gimmick aja lampu2 gitu lah
saya milih pegang unit yang sudah lama dipelihara aja,ga perlu peremajaan unit,yg diremajakan part2nya saja
Kecuali anda mau ganti ke zenix yang memang secara total beda dengan reborn kemarin saya sempat tes drive zenix naikannya zenix beda jauh dengan innova/reborn karena chasisnya memang beda,suspensi lebih berasa keras tidak ngayun2 seperti innova2 lama yang masih pake chasis tangga kalau anda cari kenyamanan,beda juga kenyamanan reborn dan zenix di baris 2 karena kenyamanan reborn ada di suspensinya yang ngayun2 sedangkan zenix kenyamanannya lega sekali ruang kakinya
Kalau di baris pengemudi kenyamanan zenix ada di handling yang jauh lebih nurut,limbung lebih minim daripada reborn tapi panjang zenix jauh lebih panjang daripada reborn jadi ngukur hidung dan belakang lebih sulit,makannya banyak unit zenix pintu belakangnya pada penyok
Akselerasi mesin bensin 1 TR memang beda dengan 2GD ,dengan hybridnya zenix beda lagi rasanya,coba tes drive aja deh
Sekian menurut saya
Silakan dipertimbangkan
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by walid_007 »

DSC00597.jpeg
penagalan sy ini om., 4/5 x innova diesel d garasi., 1 zenix bensin n 1 hybrid
smua by ownership long term
klo urutan nya
-zenix hibrid
-diesel
-zenix bensin
first thing inova 1 tr lupakan aja .. sorry to say too outdated dlm segal aspect
zenix bensin sebenernya not bad., tp ada hentakan saat crawling., bensin ga irit2 banged n sensasinya B aja . sekedar kerasa lega n econo box umumnya. ga gitu solid., ga banyak peminat, keliatan pas jual susah laku. (or even ga laku2) tawar aja afgan asti dikasih. naikkan jg rasanya lebih kopong drpd hibrid nya

jd sisa innova plg bener cmn hibrid n disel,
nah kembali ke budget om mana dari 2 ini yg masuk. 2 2 ga salah.
but fyi 18K km on zenix udah molai kaki2 bunyi kaki2 kyk besi kena krikil kalah tub honda2

-
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
engine roaring!
HaykelAdityawarman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Wed Mar 06, 2019 2:15
Location: Greater Jakarta
Daily Vehicle: 2024 Honda DD1 - 2019 Honda RU1

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by HaykelAdityawarman »

rfq wrote: Fri Feb 21, 2025 16:54
Penggunaan saya mayoritas di Jabodetabek, sesekali liburan full penumpang ke Bandung/Lembang/Ciwidey, dan kalau mudik full penumpang biasanya via Trans Jawa dengan sedikit rute tanjakan di Jawa Timur.
Pboyz97 wrote: Sat Feb 22, 2025 7:40 pengalaman saya dl rute trans jawa pake voxy 2023 & reborn 2018 diesel, saya jauh lebih prefer reborn, torsinya berasa effortless sedangkan kalo voxy entah knp ngedennya parah apalagi full load, kecuali rute om 90 % di jabodetabek doang rutenya br ambil zenix. kl kenyamanan zenix , tp kalo cari torsi dan konsumsi bbm buat rute lukot apalagi trans jawa, reborn 2gd udh paling bener.
Pengalaman saya pakai 2GD dari thn 2020 sampai sekarang (lagi proses dijual), penggunaan di jabodetabek dan minimal sebulan sekali ke Bandung, klo dibandingin sama zenix hybrid mending zenix aja deh. Kata kuncinya kaya yang dibilang om Pboyz, sesekali liburan itu harusnya ga sampe 10% dari total penggunaan. Dan nyetir reborn buat sehari2 itu cape. Setirnya berat, bantingannya ga berasa enak klo di jalan mulus, handling berat buat di dalkot dan tol kecepatan menengah. Torsi badak yang menjadi kebanggaan 2GD juga ga gitu kepake. Oiya, kondisi mobil saya standar ting ting ga ada remap atau upgrade kaki2.

Saya bakal (sangat) merekomendasikan reborn diesel jika rute sehari2nya banyak tanjakan dan kondisi jalan yang ga mulus, serta sering dipake jalan keluar kota non-tol.
Odd: 2024 DD1 L12B CVT
Even: 2019 RU1 L15Z CVT

In memoriam:
2015 A03A 3A92 5MT
2008 CY4A 4B11 CVT
2003 E46 M54B25 5AT
1994 E36 M50B20 5MT
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1159
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by iamwewe »

KielConstantine wrote: Sun Feb 23, 2025 4:36 Pelihara reborn 2gd diesel aman2 aja seh di indo.
Modal kasih oli bagusan (Q8; amsoil; ctx), sama rajin ganti filter solar (kalo mau nenggang biosol terus)

Urusan nanjak jg gampang banget. Paling mau lebih kenceng dikit minta remap aja ecunya . Bisa dapet 210 hp / 450nm .. jasa remap 4-5 jutaan kurleb

Ban pake michelin udah mantep kok
om, menarik nih, th 2018-19 waktu awal2 mulai hype banget jasa remap, emang ratenya 4-5jtan. makin kesini skrg org ada yg brani remap 1-2jtan utk tyt mitsu ato honda turbo gang. bedanya apa sih ini ada tau gak sih? sama2 jaminan brani tembus hp dan torque tertentu. atau ini lebih ke tren remap udh menjamur jadi udh pada banting harga. atau ini lebih ke orang yg beli jasa remap 4-5jt, lalu di copy map ecu nya, lalu di ecer 1-2jutaan? :wkkk:

trus ada tau gak sih beda remap hondata, ktuner ato remap biasa tuh beda nya apa sih?

jadi inget kemarin 1-2th lalu era bbk lagi hype. skrg bbk udah mulai 'normal' harga nya :mky_01:
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by carlzeiss »

zenix aja om, udh beda jenis tuh sama reborn, saya jg pake reborn bensin , tiap ke DPS sewa jg reborn solar, awal awal doang sih suka tarikannya , tp setelah 5 hari pake ya biasa aja. Kalo zenix sih udh beda ya naikannya
- yang kenceng kalah sama yang wet look
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Mon Feb 24, 2025 1:37
om, menarik nih, th 2018-19 waktu awal2 mulai hype banget jasa remap, emang ratenya 4-5jtan. makin kesini skrg org ada yg brani remap 1-2jtan utk tyt mitsu ato honda turbo gang. bedanya apa sih ini ada tau gak sih? sama2 jaminan brani tembus hp dan torque tertentu. atau ini lebih ke tren remap udh menjamur jadi udh pada banting harga. atau ini lebih ke orang yg beli jasa remap 4-5jt, lalu di copy map ecu nya, lalu di ecer 1-2jutaan? :wkkk:

trus ada tau gak sih beda remap hondata, ktuner ato remap biasa tuh beda nya apa sih?

jadi inget kemarin 1-2th lalu era bbk lagi hype. skrg bbk udah mulai 'normal' harga nya :mky_01:
sederhananya gini oom wewe :

beli lisensi merek itu mahal buat unlock ecu masing-masing merek/model belum kalo ada updates harus bayar lagi.

nah karena untuk balik modal, ada "tuner" yang menawarkan untuk jual map saja ke bengkel2 karena modalnya bengkel2 yang dia "sebar" ini cuma beli tools saja alias bener itu map copy-paste saja. kan diecer gitu lebih balik modal jatuhnya daripada harus ke bengkel dia blom kalo overload dll. istilahnya ya jual komisi gitu lah.

masalahnya cuma 1 : remap itu gak bisa dihajar one size fits all. makanya ada tarik data dulu. setiap mobil walau dalam teorinya dibuat di pabrik yang sama tapi behavior konsumennya itu gak sama. harus dibaca data dulu si konsumen pake bbm apa nih, biasa kakinya brutal atau santai, kondisi beban berat atau beban ringan (sering nanjak atau nggak misalnya). blom cuaca di tempat tinggal yang pasti berbeda - beda humidity dan suhunya. user tinggal di puncak AFRnya gak bisa disamakan dengan yangt inggal di surabaya, karena surabaya lebih panas.

kalo disamain, risikonya pasti ada aja apalagi orang remap itu kan mau bawa kenceng bukan buat eco driving.

bahkan tuner luar negeri saja biasa minta datalogging dulu buat dia pelajari. masa tuner lokal secanggih itu main copy map universal tanpa datalogging :big_peace:

hondata/ktuner itu kadang beda software parameternya saja oom. saya baca-baca hondata punya lebih safe tapi naiknya dikit utk civic turbo. kalo ktuner punya lebih gede gain % nya. kelebihannya enak modelan gini kita dikirimin sekalian sama hardware jadi misal ada update map terbaru kita juga bisa dapet dan tinggal copy ke mobilnya langsung. cuma ya mahal oom. setau saya ada juga yang nawarin hondata tune pake 1 tools buat banyak mobil. cuma balik lg saya gak tau itu nanti dataloggingnya gimana.

kalo custom tune hondata/ktuner bisa juga asal sesuai consent setau saya, kalo dioprek sendiri sama user, dia gak tanggung jawab kalo ECU ngebrick atau mobil kenapa2.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1159
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Mon Feb 24, 2025 3:27

sederhananya gini oom wewe :

beli lisensi merek itu mahal buat unlock ecu masing-masing merek/model belum kalo ada updates harus bayar lagi.

nah karena untuk balik modal, ada "tuner" yang menawarkan untuk jual map saja ke bengkel2 karena modalnya bengkel2 yang dia "sebar" ini cuma beli tools saja alias bener itu map copy-paste saja. kan diecer gitu lebih balik modal jatuhnya daripada harus ke bengkel dia blom kalo overload dll. istilahnya ya jual komisi gitu lah.

masalahnya cuma 1 : remap itu gak bisa dihajar one size fits all. makanya ada tarik data dulu. setiap mobil walau dalam teorinya dibuat di pabrik yang sama tapi behavior konsumennya itu gak sama. harus dibaca data dulu si konsumen pake bbm apa nih, biasa kakinya brutal atau santai, kondisi beban berat atau beban ringan (sering nanjak atau nggak misalnya). blom cuaca di tempat tinggal yang pasti berbeda - beda humidity dan suhunya. user tinggal di puncak AFRnya gak bisa disamakan dengan yangt inggal di surabaya, karena surabaya lebih panas.

kalo disamain, risikonya pasti ada aja apalagi orang remap itu kan mau bawa kenceng bukan buat eco driving.

bahkan tuner luar negeri saja biasa minta datalogging dulu buat dia pelajari. masa tuner lokal secanggih itu main copy map universal tanpa datalogging :big_peace:

hondata/ktuner itu kadang beda software parameternya saja oom. saya baca-baca hondata punya lebih safe tapi naiknya dikit utk civic turbo. kalo ktuner punya lebih gede gain % nya. kelebihannya enak modelan gini kita dikirimin sekalian sama hardware jadi misal ada update map terbaru kita juga bisa dapet dan tinggal copy ke mobilnya langsung. cuma ya mahal oom. setau saya ada juga yang nawarin hondata tune pake 1 tools buat banyak mobil. cuma balik lg saya gak tau itu nanti dataloggingnya gimana.

kalo custom tune hondata/ktuner bisa juga asal sesuai consent setau saya, kalo dioprek sendiri sama user, dia gak tanggung jawab kalo ECU ngebrick atau mobil kenapa2.
very well explained.

tapi kalo penjelasannya gitu ya,pakai contoh surabaya ya krn tadi diatas ada bahas surabaya dan puncak. lets say owner reborn Mr. X, orang surabaya, hari2an surabaya. setelah di remap, dia mau pakai mobilnya jalan2 ke puncak. dengan kondisi mobil di remap dan lebih disesuaikan dgn kondisi cuaca di surabaya, apa yg terjadi nih kalo di bawa ke puncak? tenaga gak maksimal? ato gimana kira2.

kalo kondisi sy, jakarta, remap, udh sering banget bawa ke puncak, bandung, guci tegal, sampe batu malang pun bener2 gk ada rasain apa2 bedanya lho. jadi saya pikir ini bnran one size fits all. mungkin yg ngaruh pas awal di remap, ditanya mau pake bbm jenis apa nih.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Mon Feb 24, 2025 4:34 very well explained.

tapi kalo penjelasannya gitu ya,pakai contoh surabaya ya krn tadi diatas ada bahas surabaya dan puncak. lets say owner reborn Mr. X, orang surabaya, hari2an surabaya. setelah di remap, dia mau pakai mobilnya jalan2 ke puncak. dengan kondisi mobil di remap dan lebih disesuaikan dgn kondisi cuaca di surabaya, apa yg terjadi nih kalo di bawa ke puncak? tenaga gak maksimal? ato gimana kira2.

kalo kondisi sy, jakarta, remap, udh sering banget bawa ke puncak, bandung, guci tegal, sampe batu malang pun bener2 gk ada rasain apa2 bedanya lho. jadi saya pikir ini bnran one size fits all. mungkin yg ngaruh pas awal di remap, ditanya mau pake bbm jenis apa nih.
kalo itu saya kurang ngerti details nya jujur, cuma gambaran besarnya gitu.

kalau perbedaan suhunya nggak ekstrem biasanya masih bisa ada range tolerance nya oom. kecuali kalo minus 10 derajat sama 15 derajat mungkin perlu mapping ulang.

kalo cuma 19 derajat ke 30 derajat paling ECUnya ngatur buat mundurin pengapian aja soalnya lebih panas. sama kayak kemaren ada orang tanya saya kalo map 98 diisi 92 apakah aman kalo emergency, setau saya dari pengalaman si map 98 isi 95 nya shell aman2 aja, cuma tolerancenya yang diubah, logikanya kayak map bawaan kan ron92 mintanya isi ron90 aman, ini paling tolerance bawahnya jadi ron92. kompleks banget kalo ngerti tuning, makanya rada ngeri sama yang modal copas map.

kadang slight changes gitu di driver ga berasa oom. tapi lebih ke pemakaian sehari-hari, pertimbangan lebih ke reliability biasa ketauan kalo pake lama. kalo pake sebentar mungkin copas map juga aman2 aja tapi gak tau efek ke durability parts jangka panjang.

kalo sy sekarang pake mobil jangka panjang jadi cari aman aja gak berani remap murah2 kwkwkwk.

tapi jangan kuatir beberapa macem rev atau ukworks bali bukan cuma sekedar copy paste tapi juga ngadain training buat bengkel2 lokal. kenalan sy muridnya bli surya ukworks bali semua dan sejauh ini civic/CRV pake tuningan dia baik2 semua
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1159
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Mon Feb 24, 2025 4:42

kalo itu saya kurang ngerti details nya jujur, cuma gambaran besarnya gitu.

kalau perbedaan suhunya nggak ekstrem biasanya masih bisa ada range tolerance nya oom. kecuali kalo minus 10 derajat sama 15 derajat mungkin perlu mapping ulang.

kalo cuma 19 derajat ke 30 derajat paling ECUnya ngatur buat mundurin pengapian aja soalnya lebih panas. sama kayak kemaren ada orang tanya saya kalo map 98 diisi 92 apakah aman kalo emergency, setau saya dari pengalaman si map 98 isi 95 nya shell aman2 aja, cuma tolerancenya yang diubah, logikanya kayak map bawaan kan ron92 mintanya isi ron90 aman, ini paling tolerance bawahnya jadi ron92. kompleks banget kalo ngerti tuning, makanya rada ngeri sama yang modal copas map.

kadang slight changes gitu di driver ga berasa oom. tapi lebih ke pemakaian sehari-hari, pertimbangan lebih ke reliability biasa ketauan kalo pake lama. kalo pake sebentar mungkin copas map juga aman2 aja tapi gak tau efek ke durability parts jangka panjang.

kalo sy sekarang pake mobil jangka panjang jadi cari aman aja gak berani remap murah2 kwkwkwk.

tapi jangan kuatir beberapa macem rev atau ukworks bali bukan cuma sekedar copy paste tapi juga ngadain training buat bengkel2 lokal. kenalan sy muridnya bli surya ukworks bali semua dan sejauh ini civic/CRV pake tuningan dia baik2 semua
oo main di range tolerancenya aj ya brt. nah ini enak nih, ga apa om gak usah sampe detail banget juga. dikasih analogi ron 92 isi ron90 aja udh paham kok :big_biglaugh:

iya saya juga remap udh ke si om sat aja lah gak mau pusing. selama ini kagak ada masalah apa2 kok. cuma ya itu, suka lewat aja di iklan saya, jasa remap skrg 1-2jutaan what daaaaa
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Mon Feb 24, 2025 5:31
oo main di range tolerancenya aj ya brt. nah ini enak nih, ga apa om gak usah sampe detail banget juga. dikasih analogi ron 92 isi ron90 aja udh paham kok :big_biglaugh:

iya saya juga remap udh ke si om sat aja lah gak mau pusing. selama ini kagak ada masalah apa2 kok. cuma ya itu, suka lewat aja di iklan saya, jasa remap skrg 1-2jutaan what daaaaa
karna toleransi pabrikan biasa apalagi buat IDM akan selalu dikasih tolerance buat bbm paling jelek, jadi kalo tuning gak mikir mau isi pertalite ya kasih aja paling rendah ron92 :big_biglaugh: udah rahasia umum di pabrikan dan tuner luar setau saya kalo ngetune mobil di IDM consider kualitas bbmnya.

saya si kalo prosedurnya gak ada datalogging main colok aja agak was-was. siapa yang tau semua parameter dimentokin semau dia kan, soalnya tuner akan lebih seneng jualan hp besar tanpa mikirin risikonya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by ilhami »

zenix terasa gede banget, kalau teknologinya sama tapi dengan body seukuran innova sebelum reborn, rasanya jauh lebih enak.

Tonjolan di body samping itu tidak spion friendly :ngacir:
rfq
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by rfq »

KielConstantine wrote: Sun Feb 23, 2025 4:36 Pelihara reborn 2gd diesel aman2 aja seh di indo.
Modal kasih oli bagusan (Q8; amsoil; ctx), sama rajin ganti filter solar (kalo mau nenggang biosol terus)

Urusan nanjak jg gampang banget. Paling mau lebih kenceng dikit minta remap aja ecunya . Bisa dapet 210 hp / 450nm .. jasa remap 4-5 jutaan kurleb

Ban pake michelin udah mantep kok
Reborn mau diesel/bensin paling aman ya om ahaha, saya 1tr biasa pake oli amsoil ss atau ptt full synth udah enak banget...

iya betul om, rencana juga kalo ambil 2gd paling mau remap di jl.panjang :mky_01:

untuk ban memang michelin paling oke, tapi dia itu soft compund, kalo sering dibawa rute jalan jelek, masih lebih durable dueler hahaha, tapi ya kalo rute jabodetabek sama luar kota pake tol ya enak banget, jujur saya penasaran sama bridgestone seri terbarunya tuh si t006, katanya lebih oke dari t005a
rfq
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by rfq »

kunaskun wrote: Sun Feb 23, 2025 4:58
rfq wrote: Sat Feb 22, 2025 13:44 Untuk zenix memang saya juga masih mikir2 kalau case liburan dan macet total di tanjakan yang cukup curam, kan pr juga ya kalo gagal nanjak, meskipun hampir pasti bannya saya ganti jadi primacy4…
jangan dilihat hasil reviewer saja namanya saja nyari konten, sama kaya veloz CVT bikin heboh ga bisa nanjak bla2, tapi coba saja pantau FB group usernya tidak ada kendala seperti itu. video gagal nanjak itu kemungkinan besar CVT sudah overheat jadi masuk limp-mode.

kalau peduli ride quality, zenix jelas masih diatas reborn. tapi soal torsi besar diesel memang sulit dilawan. tapi melihat situasi pasaran bekasnya yang menakutkan gitu saya pribadi mendingan Zenix. reborn 1TR lupakan saja, kecuali untuk koleksi karena Venturer bensin ini kan "limited edition" kedepannya sepertinya akan senasib dengan Reborn Q Diesel.
Jujur memang saya juga masih penasaran dengan realnya sih om, belum pernah bawa sendiri si zenix di case yang seperti itu, jujur untuk new avanza juga pernah saya bawa ke tanjakan yang cukup ekstrim di daerah batu ya aman2 aja, tapi itu penumpang hanya 5 orang dan tanpa bagasi, dan kondisi bukan stop & go di tanjakan ekstrimnya.

siapp om, 1tr 2021 pilihan terakhir yahh meskipun dapet yang venturer
rfq
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by rfq »

gwsecretc wrote: Sun Feb 23, 2025 5:03 Reborn 2.4 V A/T aja. Kalau thn 2019 ga dapet, usahakan cari thn 2018 akhir yg udah improvement ada tv tengah krn ecu udah firmware terbaru (shifting sedikit lebih halus).
Siapp om noted, ini kebetulan beberapa yang saya liat-liat unit 2018/2019 yang udah ada rsenya semua om, jadi harusnya oke yah
rfq
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Fri Feb 21, 2025 16:22
Daily Vehicle: 16 1TR V Lux MT

Re: [ASK] Pilih Venturer 1TR A/T 2021 vs Reborn V 2GD A/T 2018/2019 vs Zenix V Gasoline 2022/2023?

Post by rfq »

sintoni wrote: Sun Feb 23, 2025 5:21 Ribon diesel sih.

Biar mau dikata naik gerobak kek getaran mesin kayak truk, tapi tenaga + keiritannya ga ada lawan.
:big_grin: ahaha siapp om