Koleksi hand tools [Part 13]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

tutorial mengganti klaher roda yaris lele, joker, dan gen setelahnya.

1. dongkrak mobil.
2. lepas bannya.
3. lepas mur as roda.
4. lepas kaliper rem beserta breket, lalu copotin piringan disc rotor cakramnya.
5. lepas klaher set-nya pake kunci yg sesuai.


20250220_000119.jpg


penampakan setelah klaher komplit kelepas,


20250220_000043.jpg


jangan lupa lepasin kabel sensor kecepatannya.

6. bersihin gerigi as roda pake sikat kuningan.


20250220_000139.jpg


7. lanjut bersihin gerigi as roda pake kliner supaya steril dari minyak gemuk oli dan kotoran.


20250220_000159.jpg


8. lanjut oles anti seize ke gerigi as roda, saya pake almunium anti seize krn yg copper mahal.


20250220_000213.jpg


9. pasang klaher roda set yg baru dan sambungin kabel sensor kecepatannya.



20250220_000238.jpg


10. pasang lagi baut pengiketnya. jangan lupa oles tretlok biar dibilang kek keluar dr pabrik. kencengin pake kunci secukupnya sesuai anjuran pabrik.


20250220_000332.jpg


11. pasang lagi mur as roda lalu kencengin sesuai anjuran pabrik.
jangan lupa pasang mur yg baru biar nggak dibilang org miskin bin pelit.


20250220_000312.jpg
20250220_000253.jpg


12. pasang piringan rotor disc cakram lalu breket kaliper set.
13. kencengin mur as roda sesuai anjuran pabrik pake kunci yg seharusnya.
14. pasang ban dan jgn lupa kencengin murnya.
15 turunin dongkrak.
16. selesai.

gampang kan?

:big_deal:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

marmut wrote: Wed Feb 19, 2025 17:46 tutorial mengganti klaher roda yaris lele, joker, dan gen setelahnya.

1. dongkrak mobil.
2. lepas bannya.
3. lepas mur as roda.
4. lepas kaliper rem beserta breket, lalu copotin piringan disc rotor cakramnya.
5. lepas klaher set-nya pake kunci yg sesuai.



20250220_000119.jpg



penampakan setelah klaher komplit kelepas,



20250220_000043.jpg



jangan lupa lepasin kabel sensor kecepatannya.

6. bersihin gerigi as roda pake sikat kuningan.



20250220_000139.jpg



7. lanjut bersihin gerigi as roda pake kliner supaya steril dari minyak gemuk oli dan kotoran.



20250220_000159.jpg



8. lanjut oles anti seize ke gerigi as roda, saya pake almunium anti seize krn yg copper mahal.



20250220_000213.jpg



9. pasang klaher roda set yg baru dan sambungin kabel sensor kecepatannya.




20250220_000238.jpg



10. pasang lagi baut pengiketnya. jangan lupa oles tretlok biar dibilang kek keluar dr pabrik. kencengin pake kunci secukupnya sesuai anjuran pabrik.



20250220_000332.jpg



11. pasang lagi mur as roda lalu kencengin sesuai anjuran pabrik.
jangan lupa pasang mur yg baru biar nggak dibilang org miskin bin pelit.



20250220_000312.jpg
20250220_000253.jpg



12. pasang piringan rotor disc cakram lalu breket kaliper set.
13. kencengin mur as roda sesuai anjuran pabrik pake kunci yg seharusnya.
14. pasang ban dan jgn lupa kencengin murnya.
15 turunin dongkrak.
16. selesai.

gampang kan?

:big_deal:
Enak gini ya bongkarnya?
Shock yg jepit knuckle, jadi congkelnya lebih empuk vs yg knucklenya jepit ke shock
Terus bearingnya sistem baut, bukan press.Ketok dikit ud lepas
Cuma sensor abs jadi satu sama bearing; jadi pasti lebih mahal drpd yg misah :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

cybrid wrote: Thu Feb 20, 2025 2:14

Enak gini ya bongkarnya?
Shock yg jepit knuckle, jadi congkelnya lebih empuk vs yg knucklenya jepit ke shock
Terus bearingnya sistem baut, bukan press.Ketok dikit ud lepas
Cuma sensor abs jadi satu sama bearing; jadi pasti lebih mahal drpd yg misah :big_biglaugh:



repot pak, itu kabel sensor udah kaya benang layangan panjang banget ngurut sampe ujung soketnya.
butuh waktu 2 tahun cahaya baru ketemu.

emang bener sedari dulu insinyur toyota tu kebanyakan sake jadi begitulah hasilnya.....
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

marmut wrote: Thu Feb 20, 2025 4:37
cybrid wrote: Thu Feb 20, 2025 2:14

Enak gini ya bongkarnya?
Shock yg jepit knuckle, jadi congkelnya lebih empuk vs yg knucklenya jepit ke shock
Terus bearingnya sistem baut, bukan press.Ketok dikit ud lepas
Cuma sensor abs jadi satu sama bearing; jadi pasti lebih mahal drpd yg misah :big_biglaugh:



repot pak, itu kabel sensor udah kaya benang layangan panjang banget ngurut sampe ujung soketnya.
butuh waktu 2 tahun cahaya baru ketemu.

emang bener sedari dulu insinyur toyota tu kebanyakan sake jadi begitulah hasilnya.....
Tapi minimal ga perlu press2 lah ini. Terus misal bikin miss, lupa lepas sensor abs terus ketarik dan putus ya udah lah krn memang sekalian ganti :big_biglaugh:

Coba klo yg misah, terus kabelnya ketarik, keluar duid lg deh beli sensor baru......
Atau yg sistemnya soket (sensor ada di dalem bearing) kabelnya ketarik ya pedih. Biasanya assy sama kabel body kn :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by kunaskun »

marmut wrote: Thu Feb 20, 2025 4:37 repot pak, itu kabel sensor udah kaya benang layangan panjang banget ngurut sampe ujung soketnya.
butuh waktu 2 tahun cahaya baru ketemu.

emang bener sedari dulu insinyur toyota tu kebanyakan sake jadi begitulah hasilnya.....
aman modelan gini mbah, ga ada ceritanya tuh montir modal pengalaman pake kunci tekkiro doang main ketok2 eh tu konektor ucul.. :big_cry:
kalo kaya gini montir di suruh mikir dulu buat lepasin tu kabel.

btw, ini yaris keren juga ya, berasa mobil mahal, itu bearing jadi satu barengan hub :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by DOHC »

kunaskun wrote: Thu Feb 20, 2025 11:00

btw, ini yaris keren juga ya, berasa mobil mahal, itu bearing jadi satu barengan hub :big_biglaugh:
justru mobil2 jaman skrg banyak yg kaya gini mbah

dari jaman lipindut jg ud gini

enak

drpd kaya inofa, klaher nya murah, bawa ke tukang pres bubut nya mahal, blom uang roko nya, blom uang d todong begal pas lg mo ke tukang bubut, belom uang beli gorengan pas nunggu di press , belom uang parkir

ribet kan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by singachu »

marmut wrote: Tue Feb 18, 2025 8:23 20250218_123614.jpg




andai saja semua mobil musti ngelepas wheel hub assy untuk ganti strut-nya, di ahir taun saya bisa pergi haji.....

:mky_03:
itu lampu led yang panjang ?

regards,
singachu
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

kunaskun wrote: Thu Feb 20, 2025 11:00


btw, ini yaris keren juga ya, berasa mobil mahal, itu bearing jadi satu barengan hub :big_biglaugh:


biar cuan pabrik makin gede.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

singachu wrote: Thu Feb 20, 2025 13:59

itu lampu led yang panjang ?

regards,
singachu


betul.

regards,
bukan singachu
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

DOHC wrote: Thu Feb 20, 2025 11:52
kunaskun wrote: Thu Feb 20, 2025 11:00

btw, ini yaris keren juga ya, berasa mobil mahal, itu bearing jadi satu barengan hub :big_biglaugh:
justru mobil2 jaman skrg banyak yg kaya gini mbah

dari jaman lipindut jg ud gini

enak

drpd kaya inofa, klaher nya murah, bawa ke tukang pres bubut nya mahal, blom uang roko nya, blom uang d todong begal pas lg mo ke tukang bubut, belom uang beli gorengan pas nunggu di press , belom uang parkir

ribet kan
Innova seh penyiksaan. Mana butuh alat khusus buat cabut pasangnya kn (alat press tinggi)
Honda2an juga sama. Masih pake bearing press. Utamanya buat bearing roda depan. Setau saya sampai sekarang press semua sistemnya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by DOHC »

cybrid wrote: Fri Feb 21, 2025 2:16
DOHC wrote: Thu Feb 20, 2025 11:52
kunaskun wrote: Thu Feb 20, 2025 11:00

btw, ini yaris keren juga ya, berasa mobil mahal, itu bearing jadi satu barengan hub :big_biglaugh:
justru mobil2 jaman skrg banyak yg kaya gini mbah

dari jaman lipindut jg ud gini

enak

drpd kaya inofa, klaher nya murah, bawa ke tukang pres bubut nya mahal, blom uang roko nya, blom uang d todong begal pas lg mo ke tukang bubut, belom uang beli gorengan pas nunggu di press , belom uang parkir

ribet kan
Innova seh penyiksaan. Mana butuh alat khusus buat cabut pasangnya kn (alat press tinggi)
Honda2an juga sama. Masih pake bearing press. Utamanya buat bearing roda depan. Setau saya sampai sekarang press semua sistemnya
inofa itu tipikal mobil2 casis truk jadul macam isusu panter, klaher depan ama blakang sama2 bahlul ribet nya kl mo di bongpas. Inofa itu setau kita orang jg klaher nya bukan yg bagus punya, NSK atau NTN cungkwo kl ga salah inget pas dl perna bongpas. Makanya kl ud mo d bongpas skalian aj beli yg bagusan punya, ke glodog cari yg NSK aseli nihon punya

honda seinget kita orang yg ber torsion beam untung nya ud menganut klaher skaligus rumah nya, dulu kita orang perna bongpas hrv punya yg blakang, kerjaan gampang itungan sejeman klaar itu, kl yg depan, ga tau soalnya ga perna bongpas ud kburu dijual mobilnya.
Tp kl honda jadul yg masi suspensi full independen depan blakang (smua type dri city Z ampe akort), nah ini sama bahlul nya kaya inofa, cuman untungnya, klaher honda jadul rata2 masi pake yg bagus punya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

DOHC wrote: Fri Feb 21, 2025 2:23
inofa itu tipikal mobil2 casis truk jadul macam isusu panter, klaher depan ama blakang sama2 bahlul ribet nya kl mo di bongpas. Inofa itu setau kita orang jg klaher nya bukan yg bagus punya, NSK atau NTN cungkwo kl ga salah inget pas dl perna bongpas. Makanya kl ud mo d bongpas skalian aj beli yg bagusan punya, ke glodog cari yg NSK aseli nihon punya

honda seinget kita orang yg ber torsion beam untung nya ud menganut klaher skaligus rumah nya, dulu kita orang perna bongpas hrv punya yg blakang, kerjaan gampang itungan sejeman klaar itu, kl yg depan, ga tau soalnya ga perna bongpas ud kburu dijual mobilnya.
Tp kl honda jadul yg masi suspensi full independen depan blakang (smua type dri city Z ampe akort), nah ini sama bahlul nya kaya inofa, cuman untungnya, klaher honda jadul rata2 masi pake yg bagus punya
Honda yang belakang setau saya semua pakai sistem baut seh. Kecuali yang 4wd, model press juga kalau yang ini (jarang seh di indo)
Paling honda lama seperti genio yang pake mur tengah.
Kalau sampe apes, si as tengahnya (tempat itu mur nempel) bengkok, harus ganti sama armnya
Yang baru2 seinget saya pakai 4 baut dari belakang knuckle seh.

Saya baru tau seh ipah pakai NSK atau NTN cungkuo si bearingnya....
Honda2an biasanya pakai NTN bearingnya; cuma crv turbo yang sekarang saya pegang ternyata pakai NSK (yg depan)
Saya lom cek seh ada merk NTN/tidak....
henbob
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 342
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by henbob »

DOHC wrote: Mon Feb 03, 2025 9:39

kita orang seumur2 cuman perna copotin baut krengkes 3 mobil, iaitu 1TR jadul, 4G92 lancer si sarah, ama f23 jadul

paling bahlul cuman si f23 (dan smua honda ampe skrg), musti wajip pake konci spesial

kl 1TR dan si sarah, beneran pake cara asemreges, konci sok sambung konci L sambung pipa besi 90 senti, pentokin ke ubin, lalu cabut sekring fuel pump dan coil, starter mesin, sukses ngebuka baut tanpa ribet :upss: :upss:
mau nyobain di mainan gw, ga berani gw kalo distarter gt wkwkkw :big_blushing:
marmut wrote: Wed Feb 19, 2025 17:46 tutorial mengganti klaher roda yaris lele, joker, dan gen setelahnya.

1. dongkrak mobil.
2. lepas bannya.
3. lepas mur as roda.
4. lepas kaliper rem beserta breket, lalu copotin piringan disc rotor cakramnya.
5. lepas klaher set-nya pake kunci yg sesuai.



20250220_000119.jpg



penampakan setelah klaher komplit kelepas,



20250220_000043.jpg



jangan lupa lepasin kabel sensor kecepatannya.

6. bersihin gerigi as roda pake sikat kuningan.



20250220_000139.jpg



7. lanjut bersihin gerigi as roda pake kliner supaya steril dari minyak gemuk oli dan kotoran.



20250220_000159.jpg



8. lanjut oles anti seize ke gerigi as roda, saya pake almunium anti seize krn yg copper mahal.



20250220_000213.jpg



9. pasang klaher roda set yg baru dan sambungin kabel sensor kecepatannya.




20250220_000238.jpg



10. pasang lagi baut pengiketnya. jangan lupa oles tretlok biar dibilang kek keluar dr pabrik. kencengin pake kunci secukupnya sesuai anjuran pabrik.



20250220_000332.jpg



11. pasang lagi mur as roda lalu kencengin sesuai anjuran pabrik.
jangan lupa pasang mur yg baru biar nggak dibilang org miskin bin pelit.



20250220_000312.jpg
20250220_000253.jpg



12. pasang piringan rotor disc cakram lalu breket kaliper set.
13. kencengin mur as roda sesuai anjuran pabrik pake kunci yg seharusnya.
14. pasang ban dan jgn lupa kencengin murnya.
15 turunin dongkrak.
16. selesai.

gampang kan?

:big_deal:
Mantep om, share videonya juga om. :big_peace:

Baru nyadar, gw blm pernah pakein tretloker dimainan gw. :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

henbob wrote: Fri Feb 21, 2025 7:37

mau nyobain di mainan gw, ga berani gw kalo distarter gt wkwkkw :big_blushing:



ini paling enak dan gampang. sedari taun 96an owe kalo buka baut puli kruk as mesin longitudinal ya kaya gitu dan pasti kebuka.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

henbob wrote: Fri Feb 21, 2025 7:37

Mantep om, share videonya juga om. :big_peace:

Baru nyadar, gw blm pernah pakein tretloker dimainan gw. :big_biglaugh:


ngga ada video.
kalopun ada, malu lah, masih pemula ngga ngerti banyak. nanti diketawain sama yg senior.

tretlok kan ga semua musti pake. kalo dari sononya udah pake, ya pas dibongkar musti pakein lagi.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by DOHC »

cybrid wrote: Fri Feb 21, 2025 5:05
DOHC wrote: Fri Feb 21, 2025 2:23
inofa itu tipikal mobil2 casis truk jadul macam isusu panter, klaher depan ama blakang sama2 bahlul ribet nya kl mo di bongpas. Inofa itu setau kita orang jg klaher nya bukan yg bagus punya, NSK atau NTN cungkwo kl ga salah inget pas dl perna bongpas. Makanya kl ud mo d bongpas skalian aj beli yg bagusan punya, ke glodog cari yg NSK aseli nihon punya

honda seinget kita orang yg ber torsion beam untung nya ud menganut klaher skaligus rumah nya, dulu kita orang perna bongpas hrv punya yg blakang, kerjaan gampang itungan sejeman klaar itu, kl yg depan, ga tau soalnya ga perna bongpas ud kburu dijual mobilnya.
Tp kl honda jadul yg masi suspensi full independen depan blakang (smua type dri city Z ampe akort), nah ini sama bahlul nya kaya inofa, cuman untungnya, klaher honda jadul rata2 masi pake yg bagus punya
Honda yang belakang setau saya semua pakai sistem baut seh. Kecuali yang 4wd, model press juga kalau yang ini (jarang seh di indo)
Paling honda lama seperti genio yang pake mur tengah.
Kalau sampe apes, si as tengahnya (tempat itu mur nempel) bengkok, harus ganti sama armnya
Yang baru2 seinget saya pakai 4 baut dari belakang knuckle seh.

Saya baru tau seh ipah pakai NSK atau NTN cungkuo si bearingnya....
Honda2an biasanya pakai NTN bearingnya; cuma crv turbo yang sekarang saya pegang ternyata pakai NSK (yg depan)
Saya lom cek seh ada merk NTN/tidak....
honda yg baru2 (klaher jd satu ama hub ruma nya), jg pake klaher non branded , dl pake hrv odo baru cepeceng lebi sikit , ud jebol tu klaher blakang 2 2 nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by DOHC »

marmut wrote: Fri Feb 21, 2025 7:52
henbob wrote: Fri Feb 21, 2025 7:37

mau nyobain di mainan gw, ga berani gw kalo distarter gt wkwkkw :big_blushing:



ini paling enak dan gampang. sedari taun 96an owe kalo buka baut puli kruk as mesin longitudinal ya kaya gitu dan pasti kebuka.
skrg ud ad impek gan

jgn pake cara gt lagi, ntar ga enak pas nulis bon nya :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by kunaskun »

DOHC wrote: Thu Feb 20, 2025 11:52 justru mobil2 jaman skrg banyak yg kaya gini mbah

dari jaman lipindut jg ud gini

enak

drpd kaya inofa, klaher nya murah, bawa ke tukang pres bubut nya mahal, blom uang roko nya, blom uang d todong begal pas lg mo ke tukang bubut, belom uang beli gorengan pas nunggu di press , belom uang parkir

ribet kan
klo kata boss bengkelnya ya bagi2 rezeki mbah... :mky_03:
marmut wrote: Thu Feb 20, 2025 17:51 biar cuan pabrik makin gede.
:mky_03: bagi rezeki ke tauke sparepart
atau lebih awet kali mbah? :big_think:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

DOHC wrote: Fri Feb 21, 2025 13:05
honda yg baru2 (klaher jd satu ama hub ruma nya), jg pake klaher non branded , dl pake hrv odo baru cepeceng lebi sikit , ud jebol tu klaher blakang 2 2 nya
Gila ya pake no brand. Ini yang bawaan mobil kan?
Apa ondah ud minta supplier hapus tag gt biar makin susah cari partsnya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by DOHC »

cybrid wrote: Sat Feb 22, 2025 8:11
DOHC wrote: Fri Feb 21, 2025 13:05
honda yg baru2 (klaher jd satu ama hub ruma nya), jg pake klaher non branded , dl pake hrv odo baru cepeceng lebi sikit , ud jebol tu klaher blakang 2 2 nya
Gila ya pake no brand. Ini yang bawaan mobil kan?
Apa ondah ud minta supplier hapus tag gt biar makin susah cari partsnya?
bsa jg gt

tp ga smua parts diapus, eletric kaliper rem nya hrv tetep ad merk nya, buatan bosch EU punya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by marmut »

DOHC wrote: Sat Feb 22, 2025 9:45



20250217_030610.jpg


:big_weee:



:ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Feb 22, 2025 19:33
DOHC wrote: Sat Feb 22, 2025 9:45




20250217_030610.jpg



:big_weee:



:ngacir:
mbah penguasa masas centre mabes mangdu harmonij lg kljototan tuh ngeliat ini :mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by kunaskun »

cybrid wrote: Sat Feb 22, 2025 8:11 Gila ya pake no brand. Ini yang bawaan mobil kan?
Apa ondah ud minta supplier hapus tag gt biar makin susah cari partsnya?
mungkin mau seperti di roda dua d mbah, pernah buka FB terus ada lewat FB group user roda dua sharing info soal bearing2 di kendaraaan roda dua, ga cuma honda, merek lain juga ada yang gitu. tujuannya supaya susah buat nyari yang equivalent dan repotnya jadi ga ketebak kualitasnya.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by kunaskun »

marmut wrote: Sat Feb 22, 2025 19:33
DOHC wrote: Sat Feb 22, 2025 9:45




20250217_030610.jpg



:big_weee:



:ngacir:
hore, alternatif tekkiro :big_slap:
GTR Approved :big_exellent:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Koleksi hand tools [Part 13]

Post by cybrid »

DOHC wrote: Sat Feb 22, 2025 9:45
tp ga smua parts diapus, eletric kaliper rem nya hrv tetep ad merk nya, buatan bosch EU punya
Oh pake bosch sekarang ya electricalnya?
Ud mulai pakai parts2 brand europe skrg

Yang saya tau seh kompresor ac jadi mahle sekarang. Ud bukan sanden......
Moga2 aja ganti vendor juga tetep reliable (agak ragu seh....)