Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
Hi TS All,
Ada saran buat sedan (bekas) nyaman tapi kalo (sekali kali) dibejek nga bikin kesel krn mesin lemot transmisi oon? Budget range up to 200 besar.
Dipikiran adanya:
- Camry XV40 Q3.5
- Mark X 2.5 V6
- Audi A4 B8.5 yang 2.0T (but CVT ...)
- BMW F10 523i
Ada saran lain?
Ada saran buat sedan (bekas) nyaman tapi kalo (sekali kali) dibejek nga bikin kesel krn mesin lemot transmisi oon? Budget range up to 200 besar.
Dipikiran adanya:
- Camry XV40 Q3.5
- Mark X 2.5 V6
- Audi A4 B8.5 yang 2.0T (but CVT ...)
- BMW F10 523i
Ada saran lain?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
bmw 328i f30, remap tcu (transmisi) xhp tools. kl bs remap ecu stage 1, tcu stage 2. jamin ga lemot. zf 8 speed ga bohong.peterming77 wrote: Thu Feb 20, 2025 3:34 Hi TS All,
Ada saran buat sedan (bekas) nyaman tapi kalo (sekali kali) dibejek nga bikin kesel krn mesin lemot transmisi oon? Budget range up to 200 besar.
Dipikiran adanya:
- Camry XV40 Q3.5
- Mark X 2.5 V6
- Audi A4 B8.5 yang 2.0T (but CVT ...)
- BMW F10 523i
Ada saran lain?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 943
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
Sedan yang sudah fuel injection transmisi manual yang masih drive by cable seharusnya paling responsip,galant hiu mungkin
Last edited by zonepublic on Thu Feb 20, 2025 4:15, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
yang dicari model gimana ni ompeterming77 wrote: Thu Feb 20, 2025 3:34 Hi TS All,
Ada saran buat sedan (bekas) nyaman tapi kalo (sekali kali) dibejek nga bikin kesel krn mesin lemot transmisi oon? Budget range up to 200 besar.
Dipikiran adanya:
- Camry XV40 Q3.5
- Mark X 2.5 V6
- Audi A4 B8.5 yang 2.0T (but CVT ...)
- BMW F10 523i
Ada saran lain?
kalau nggak masalah turbo lag, turbo selalu dibejek rasanya lebih gacor daripada NA. tapi ya itu, giliran ngelag musti sabar ngurut gas dulu.
pov pake 528i E39 dan civic hatchback.
kalo di toll mau tarik tarikan civic hatchback rasanya selalu lebih gacor, 80-200 up gampang banget naik.
tapi kalo ngomong smooth, kontan, linear, gradual.... NA 6 inline BMW ga pernah salah. meski maticnya 5 speed yang blom pinter2 amat. cuma kalo dibejek ngejambaknya masih kalah ma civic hatchback. suaranya juga +++ point.
kalau cari yang nyaman tapi dibejeg mantep, saya cenderung ke F10 523 atau 528 yang NA. N52 engine last 6 inline NA BMW. klo nggak fancy turbo kick ya. kalo fancy turbo kick ya ubah opsi jadi 520 / 528 yang turbo. dah paling bener beli seri 5 BMW mobil nyaman bisa kenceng stabil. pake ZF8 semua jadi transmisi no issue.
klo ada budget ya jelas 535i N55 tapi out of budget ini masih rada tinggi.
camry atau markX gimana ya tipikal driving a toyota aja. kenceng ya kenceng tapi karakter mobilnya floaty jadi rasa bawanya berasa lebih gede dari seri-5, front wheel drive, dan rear suspension blom secanggih BMW.
kalo cari "sensasi" ya jelas enggak. bawa toyota model apapun (incl lexus) itu nggak terlalu engaging buat pedal to the metal dan strolling around isengin gajah turbodiesel cumi sok kenceng.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
Yang nyaman = bantingan smooth, ga bikin encok geser kalo kena jalan yg brutal, tapi kalo pas lagi panas di jalan tol mau nyalip tinggal bejek beres ga pake sakit hati bunyi transmisi nguuuuuungggg tapi mobilnya ketinggalanChZ wrote: Thu Feb 20, 2025 4:15
yang dicari model gimana ni om
kalau nggak masalah turbo lag, turbo selalu dibejek rasanya lebih gacor daripada NA. tapi ya itu, giliran ngelag musti sabar ngurut gas dulu.
pov pake 528i E39 dan civic hatchback.
kalo di toll mau tarik tarikan civic hatchback rasanya selalu lebih gacor, 80-200 up gampang banget naik.
tapi kalo ngomong smooth, kontan, linear, gradual.... NA 6 inline BMW ga pernah salah. meski maticnya 5 speed yang blom pinter2 amat. cuma kalo dibejek ngejambaknya masih kalah ma civic hatchback. suaranya juga +++ point.
kalau cari yang nyaman tapi dibejeg mantep, saya cenderung ke F10 523 atau 528 yang NA. N52 engine last 6 inline NA BMW. klo nggak fancy turbo kick ya. kalo fancy turbo kick ya ubah opsi jadi 520 / 528 yang turbo. dah paling bener beli seri 5 BMW mobil nyaman bisa kenceng stabil. pake ZF8 semua jadi transmisi no issue.
klo ada budget ya jelas 535i N55 tapi out of budget ini masih rada tinggi.
camry atau markX gimana ya tipikal driving a toyota aja. kenceng ya kenceng tapi karakter mobilnya floaty jadi rasa bawanya berasa lebih gede dari seri-5, front wheel drive, dan rear suspension blom secanggih BMW.
kalo cari "sensasi" ya jelas enggak. bawa toyota model apapun (incl lexus) itu nggak terlalu engaging buat pedal to the metal dan strolling around isengin gajah turbodiesel cumi sok kenceng.


Yes F10 523i udah ZF8 tapi mesin masih 6 inline NA bisa jadi best of both worlds ya: nga ada masalah mecha + no problem timing chain.
Saya lihat Camry/Mark X hanya krn sisi perawatan Toyota pasti lebih ga ribet, mesin lebih badak aja, lebih peace of mind
F30 vs F10 kalo nyaman mungkin masih F10 ya? F30 lebih kecil lebih gesit. E90 325i menarik dan lebih budget friendly tapi harga online masih agak gorengan + interior keliatan tua (saya gampang bosan)farizfsa wrote: Thu Feb 20, 2025 3:55
bmw 328i f30, remap tcu (transmisi) xhp tools. kl bs remap ecu stage 1, tcu stage 2. jamin ga lemot. zf 8 speed ga bohong.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
f10 nyaman memang dibanding f30, cm body lebih besar jd kayanya kurang bisa sodok2an dibanding f30.peterming77 wrote: Thu Feb 20, 2025 4:50Yang nyaman = bantingan smooth, ga bikin encok geser kalo kena jalan yg brutal, tapi kalo pas lagi panas di jalan tol mau nyalip tinggal bejek beres ga pake sakit hati bunyi transmisi nguuuuuungggg tapi mobilnya ketinggalanChZ wrote: Thu Feb 20, 2025 4:15
yang dicari model gimana ni om
kalau nggak masalah turbo lag, turbo selalu dibejek rasanya lebih gacor daripada NA. tapi ya itu, giliran ngelag musti sabar ngurut gas dulu.
pov pake 528i E39 dan civic hatchback.
kalo di toll mau tarik tarikan civic hatchback rasanya selalu lebih gacor, 80-200 up gampang banget naik.
tapi kalo ngomong smooth, kontan, linear, gradual.... NA 6 inline BMW ga pernah salah. meski maticnya 5 speed yang blom pinter2 amat. cuma kalo dibejek ngejambaknya masih kalah ma civic hatchback. suaranya juga +++ point.
kalau cari yang nyaman tapi dibejeg mantep, saya cenderung ke F10 523 atau 528 yang NA. N52 engine last 6 inline NA BMW. klo nggak fancy turbo kick ya. kalo fancy turbo kick ya ubah opsi jadi 520 / 528 yang turbo. dah paling bener beli seri 5 BMW mobil nyaman bisa kenceng stabil. pake ZF8 semua jadi transmisi no issue.
klo ada budget ya jelas 535i N55 tapi out of budget ini masih rada tinggi.
camry atau markX gimana ya tipikal driving a toyota aja. kenceng ya kenceng tapi karakter mobilnya floaty jadi rasa bawanya berasa lebih gede dari seri-5, front wheel drive, dan rear suspension blom secanggih BMW.
kalo cari "sensasi" ya jelas enggak. bawa toyota model apapun (incl lexus) itu nggak terlalu engaging buat pedal to the metal dan strolling around isengin gajah turbodiesel cumi sok kenceng.turbo lag no problem tapi kalo CVT problem
![]()
Yes F10 523i udah ZF8 tapi mesin masih 6 inline NA bisa jadi best of both worlds ya: nga ada masalah mecha + no problem timing chain.
Saya lihat Camry/Mark X hanya krn sisi perawatan Toyota pasti lebih ga ribet, mesin lebih badak aja, lebih peace of mind
F30 vs F10 kalo nyaman mungkin masih F10 ya? F30 lebih kecil lebih gesit. E90 325i menarik dan lebih budget friendly tapi harga online masih agak gorengan + interior keliatan tua (saya gampang bosan)farizfsa wrote: Thu Feb 20, 2025 3:55
bmw 328i f30, remap tcu (transmisi) xhp tools. kl bs remap ecu stage 1, tcu stage 2. jamin ga lemot. zf 8 speed ga bohong.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
sedan nyaman mewah enak dibejek: lexus LS460L 

Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3030
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
Kalo mau ok sih F10 520d pre-lci . Tahun 2012-2013
Irit dapet, power dapet, torsi badak jg dapet.
FC bisa dapet 16 km/l bahkan lebih (full pertadex tapi yah)
Minusnya cendrung kopongan aja seh. Fiturnya super basic
Kalo ada budget lagi di up ke F10 LCI thn 2014++ .
Terserah mau 520d or 520i/528i . Udah lebih refined smua quality nya daripada varian pre-lci
Irit dapet, power dapet, torsi badak jg dapet.
FC bisa dapet 16 km/l bahkan lebih (full pertadex tapi yah)
Minusnya cendrung kopongan aja seh. Fiturnya super basic
Kalo ada budget lagi di up ke F10 LCI thn 2014++ .
Terserah mau 520d or 520i/528i . Udah lebih refined smua quality nya daripada varian pre-lci
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
w140 om
yang 6 silinder sampe lho 220 (sekarang umur aja saya jiper), yang 12 silinder juga boyo di bawah, tapi di atas saya berani jamin kekejer itu fortuner, pajero
cukup standar, modal michelin sama mesin sehat, gak perlu amsoil2an, nitro2an wkwkwk
yang 6 silinder sampe lho 220 (sekarang umur aja saya jiper), yang 12 silinder juga boyo di bawah, tapi di atas saya berani jamin kekejer itu fortuner, pajero
cukup standar, modal michelin sama mesin sehat, gak perlu amsoil2an, nitro2an wkwkwk
Ron Asheton Forever
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
V8 yah? atau I6 turbo? maknyuss...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
kl yg atas GS300 atau GS350 kayanya mesin 2GR deh lupa saya. saya msh ada satu GS350 2013 yg gen selanjutnya, mbl enak tp bukan yang enak di bejek, khas lexus toyota yg cenderung halus.
yg bawah toyota aristo/GS300 kayanya mesin 1/2jz deh ada yg turbo atau ga. nah ini gatau rasanya apa.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
v6 sama 2jasad om kebetulan di ausie yang 2 jasad adek ssaya dapet pinjeman itu aja yang LEXCUS katanya tenaganya enak kalo lexcus artinya 3.0n/a

belom yang turbo kayaknya yang turbo musti nyari aristo

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Tue May 26, 2015 10:58
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
E300 W212 gak masuk kriteria kah?
tapi klo nyari easy to maintain sih camry 3.5 aja
tapi klo nyari easy to maintain sih camry 3.5 aja
XP90 1.5 '13
FD 1.8 '10
T31 XT 2.5 '09
past:
F78 1.6 '97
XL7 2.5 '03
AN50 2.7 '06
T31 XT 2.5 '08
F650 1.3 '12
FD 1.8 '10
T31 XT 2.5 '09
past:
F78 1.6 '97
XL7 2.5 '03
AN50 2.7 '06
T31 XT 2.5 '08
F650 1.3 '12
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
Civic FD2 2.0 A/T , budget sgitu cukup jg buat restorasi mesin buat optimal.
saya pernah pakai yang 1.8 nya untuk bejek bejek enak, chassis ditekuk di jalur puncak pass jg aman nurut
saya pernah pakai yang 1.8 nya untuk bejek bejek enak, chassis ditekuk di jalur puncak pass jg aman nurut
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1437
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
F10 523i dan 528i, mana yang suspensinya lebih nyaman buat road trip gitu om? yang NVH nya lebih bagus dan nggak rewel..peterming77 wrote: Thu Feb 20, 2025 4:50Yang nyaman = bantingan smooth, ga bikin encok geser kalo kena jalan yg brutal, tapi kalo pas lagi panas di jalan tol mau nyalip tinggal bejek beres ga pake sakit hati bunyi transmisi nguuuuuungggg tapi mobilnya ketinggalanChZ wrote: Thu Feb 20, 2025 4:15
yang dicari model gimana ni om
kalau nggak masalah turbo lag, turbo selalu dibejek rasanya lebih gacor daripada NA. tapi ya itu, giliran ngelag musti sabar ngurut gas dulu.
pov pake 528i E39 dan civic hatchback.
kalo di toll mau tarik tarikan civic hatchback rasanya selalu lebih gacor, 80-200 up gampang banget naik.
tapi kalo ngomong smooth, kontan, linear, gradual.... NA 6 inline BMW ga pernah salah. meski maticnya 5 speed yang blom pinter2 amat. cuma kalo dibejek ngejambaknya masih kalah ma civic hatchback. suaranya juga +++ point.
kalau cari yang nyaman tapi dibejeg mantep, saya cenderung ke F10 523 atau 528 yang NA. N52 engine last 6 inline NA BMW. klo nggak fancy turbo kick ya. kalo fancy turbo kick ya ubah opsi jadi 520 / 528 yang turbo. dah paling bener beli seri 5 BMW mobil nyaman bisa kenceng stabil. pake ZF8 semua jadi transmisi no issue.
klo ada budget ya jelas 535i N55 tapi out of budget ini masih rada tinggi.
camry atau markX gimana ya tipikal driving a toyota aja. kenceng ya kenceng tapi karakter mobilnya floaty jadi rasa bawanya berasa lebih gede dari seri-5, front wheel drive, dan rear suspension blom secanggih BMW.
kalo cari "sensasi" ya jelas enggak. bawa toyota model apapun (incl lexus) itu nggak terlalu engaging buat pedal to the metal dan strolling around isengin gajah turbodiesel cumi sok kenceng.turbo lag no problem tapi kalo CVT problem
![]()
Yes F10 523i udah ZF8 tapi mesin masih 6 inline NA bisa jadi best of both worlds ya: nga ada masalah mecha + no problem timing chain.
Saya lihat Camry/Mark X hanya krn sisi perawatan Toyota pasti lebih ga ribet, mesin lebih badak aja, lebih peace of mind
F30 vs F10 kalo nyaman mungkin masih F10 ya? F30 lebih kecil lebih gesit. E90 325i menarik dan lebih budget friendly tapi harga online masih agak gorengan + interior keliatan tua (saya gampang bosan)farizfsa wrote: Thu Feb 20, 2025 3:55
bmw 328i f30, remap tcu (transmisi) xhp tools. kl bs remap ecu stage 1, tcu stage 2. jamin ga lemot. zf 8 speed ga bohong.
ada varian2nya lagi nggak om yang 523i atau 528i ini?
misal dibanding E300 W212, gimana om perbandingannya?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 169
- Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
- Location: Surabaya, Jawa Timur
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
Kalau yang 523i F10 di Indonesia cuma beredar sebentar seingat saya dan enggak ada variannya. Adapun 528i ada yang non-LCI dan LCI (Life Cycle Improvement). Kalau yang versi LCI-nya sudah pakai turbo 2.000 cc dan jumlah silindernya hanya 4. Versi non-LCI masih naturally aspirated 3.000 cc 6 silinder segaris.krniawnhdr wrote: Thu Feb 20, 2025 7:42 F10 523i dan 528i, mana yang suspensinya lebih nyaman buat road trip gitu om? yang NVH nya lebih bagus dan nggak rewel..
ada varian2nya lagi nggak om yang 523i atau 528i ini?
misal dibanding E300 W212, gimana om perbandingannya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
Fisiknya nga menarik jiwa saya Gancarlzeiss wrote: Thu Feb 20, 2025 7:16 Civic FD2 2.0 A/T , budget sgitu cukup jg buat restorasi mesin buat optimal.
saya pernah pakai yang 1.8 nya untuk bejek bejek enak, chassis ditekuk di jalur puncak pass jg aman nurut

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
Setahu saya F10 523i versi terbasic di masa sebelum LCI, layar iDrive masih kecil, setelah LCI ganti 520i turbo, 523i dihapus. Kalo 528i ada non LCI dan LCI, yg LCI turbo dan di baris 2 dapat pengaturan AC tambahan, layar iDrive udah widescreen.kemalmakbar wrote: Thu Feb 20, 2025 8:50Kalau yang 523i F10 di Indonesia cuma beredar sebentar seingat saya dan enggak ada variannya. Adapun 528i ada yang non-LCI dan LCI (Life Cycle Improvement). Kalau yang versi LCI-nya sudah pakai turbo 2.000 cc dan jumlah silindernya hanya 4. Versi non-LCI masih naturally aspirated 3.000 cc 6 silinder segaris.krniawnhdr wrote: Thu Feb 20, 2025 7:42 F10 523i dan 528i, mana yang suspensinya lebih nyaman buat road trip gitu om? yang NVH nya lebih bagus dan nggak rewel..
ada varian2nya lagi nggak om yang 523i atau 528i ini?
misal dibanding E300 W212, gimana om perbandingannya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
Kl buat road trip jalan jauh toll sih udh pasti bmw f10 ya, empukkrniawnhdr wrote: Thu Feb 20, 2025 7:42F10 523i dan 528i, mana yang suspensinya lebih nyaman buat road trip gitu om? yang NVH nya lebih bagus dan nggak rewel..peterming77 wrote: Thu Feb 20, 2025 4:50Yang nyaman = bantingan smooth, ga bikin encok geser kalo kena jalan yg brutal, tapi kalo pas lagi panas di jalan tol mau nyalip tinggal bejek beres ga pake sakit hati bunyi transmisi nguuuuuungggg tapi mobilnya ketinggalanChZ wrote: Thu Feb 20, 2025 4:15
yang dicari model gimana ni om
kalau nggak masalah turbo lag, turbo selalu dibejek rasanya lebih gacor daripada NA. tapi ya itu, giliran ngelag musti sabar ngurut gas dulu.
pov pake 528i E39 dan civic hatchback.
kalo di toll mau tarik tarikan civic hatchback rasanya selalu lebih gacor, 80-200 up gampang banget naik.
tapi kalo ngomong smooth, kontan, linear, gradual.... NA 6 inline BMW ga pernah salah. meski maticnya 5 speed yang blom pinter2 amat. cuma kalo dibejek ngejambaknya masih kalah ma civic hatchback. suaranya juga +++ point.
kalau cari yang nyaman tapi dibejeg mantep, saya cenderung ke F10 523 atau 528 yang NA. N52 engine last 6 inline NA BMW. klo nggak fancy turbo kick ya. kalo fancy turbo kick ya ubah opsi jadi 520 / 528 yang turbo. dah paling bener beli seri 5 BMW mobil nyaman bisa kenceng stabil. pake ZF8 semua jadi transmisi no issue.
klo ada budget ya jelas 535i N55 tapi out of budget ini masih rada tinggi.
camry atau markX gimana ya tipikal driving a toyota aja. kenceng ya kenceng tapi karakter mobilnya floaty jadi rasa bawanya berasa lebih gede dari seri-5, front wheel drive, dan rear suspension blom secanggih BMW.
kalo cari "sensasi" ya jelas enggak. bawa toyota model apapun (incl lexus) itu nggak terlalu engaging buat pedal to the metal dan strolling around isengin gajah turbodiesel cumi sok kenceng.turbo lag no problem tapi kalo CVT problem
![]()
Yes F10 523i udah ZF8 tapi mesin masih 6 inline NA bisa jadi best of both worlds ya: nga ada masalah mecha + no problem timing chain.
Saya lihat Camry/Mark X hanya krn sisi perawatan Toyota pasti lebih ga ribet, mesin lebih badak aja, lebih peace of mind
F30 vs F10 kalo nyaman mungkin masih F10 ya? F30 lebih kecil lebih gesit. E90 325i menarik dan lebih budget friendly tapi harga online masih agak gorengan + interior keliatan tua (saya gampang bosan)farizfsa wrote: Thu Feb 20, 2025 3:55
bmw 328i f30, remap tcu (transmisi) xhp tools. kl bs remap ecu stage 1, tcu stage 2. jamin ga lemot. zf 8 speed ga bohong.
ada varian2nya lagi nggak om yang 523i atau 528i ini?
misal dibanding E300 W212, gimana om perbandingannya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7652
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
beli subaru yg awd ... apapun tipe nya thn brapapun ... sedan maupun bukan sedan sama aja panzer-level nya
kan yg penting jepang
ingat skrg indo udah jauh lewat fase irit-iritan
masuk fase ancur-ancuran
satu per satu atpm mulai pindahkan production tools'
tdk terkecuali grup nya astra
kan yg penting jepang
ingat skrg indo udah jauh lewat fase irit-iritan
masuk fase ancur-ancuran
satu per satu atpm mulai pindahkan production tools'
tdk terkecuali grup nya astra
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
Sedan nyaman dan enak dibejek bs ke Camry Hybrid XV50.. Tarikannhmya enak responsif, pernah jajal 0-100 diangka 7detikan.. BBM juga super irit..
Nyaman yes, suspensinya empuknya pas.. Camry ini yg buat sy batal ambil w212.
Note. Battry hybrid Koit di KM sekitar 90ribuan kl gak salah sekitar tahun ke 6..
Nyaman yes, suspensinya empuknya pas.. Camry ini yg buat sy batal ambil w212.
Note. Battry hybrid Koit di KM sekitar 90ribuan kl gak salah sekitar tahun ke 6..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 767
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
Barusan cek balai lelang ada 3 biji XV50 hybrid di lelang 'kondisi apa adanya' harga 100-130jt, ada juga XV50 G cuma 90jt anremedusakti wrote: Thu Feb 20, 2025 13:26 Sedan nyaman dan enak dibejek bs ke Camry Hybrid XV50.. Tarikannhmya enak responsif, pernah jajal 0-100 diangka 7detikan.. BBM juga super irit..
Nyaman yes, suspensinya empuknya pas.. Camry ini yg buat sy batal ambil w212.
Note. Battry hybrid Koit di KM sekitar 90ribuan kl gak salah sekitar tahun ke 6..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
Batere hybrid di XV50 kyknya emang masih old topology, mana masih pendingin udara belum ditambahin liquid cooling CMIIWpeterming77 wrote: Fri Feb 21, 2025 1:43Barusan cek balai lelang ada 3 biji XV50 hybrid di lelang 'kondisi apa adanya' harga 100-130jt, ada juga XV50 G cuma 90jt anremedusakti wrote: Thu Feb 20, 2025 13:26 Sedan nyaman dan enak dibejek bs ke Camry Hybrid XV50.. Tarikannhmya enak responsif, pernah jajal 0-100 diangka 7detikan.. BBM juga super irit..
Nyaman yes, suspensinya empuknya pas.. Camry ini yg buat sy batal ambil w212.
Note. Battry hybrid Koit di KM sekitar 90ribuan kl gak salah sekitar tahun ke 6..kondisi kulit sih bagus2 aja, nga tau interior dan mesinnya. Batre hybrid anggap sudah modyar pasti nombok 50-70jtan lagi.
Kalo Toyota modern kayak Zenix dan Corolla/Cross udah batere topology baru, bahkan di Indo ada CorCross yg odonya di atas 150rb masih strong baterenya (awet) dan fuel cons ga ada perubahan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6199
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek
RATA2X 5THN lsg zonk gak peduli mau low atau high KMpeterming77 wrote: Fri Feb 21, 2025 1:43Barusan cek balai lelang ada 3 biji XV50 hybrid di lelang 'kondisi apa adanya' harga 100-130jt, ada juga XV50 G cuma 90jt anremedusakti wrote: Thu Feb 20, 2025 13:26 Sedan nyaman dan enak dibejek bs ke Camry Hybrid XV50.. Tarikannhmya enak responsif, pernah jajal 0-100 diangka 7detikan.. BBM juga super irit..
Nyaman yes, suspensinya empuknya pas.. Camry ini yg buat sy batal ambil w212.
Note. Battry hybrid Koit di KM sekitar 90ribuan kl gak salah sekitar tahun ke 6..kondisi kulit sih bagus2 aja, nga tau interior dan mesinnya. Batre hybrid anggap sudah modyar pasti nombok 50-70jtan lagi.
