Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by peterming77 »

Hi TS All,

Ada saran buat sedan (bekas) nyaman tapi kalo (sekali kali) dibejek nga bikin kesel krn mesin lemot transmisi oon? Budget range up to 200 besar.

Dipikiran adanya:
- Camry XV40 Q3.5
- Mark X 2.5 V6
- Audi A4 B8.5 yang 2.0T (but CVT ...)
- BMW F10 523i

Ada saran lain?
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by farizfsa »

peterming77 wrote: Thu Feb 20, 2025 3:34 Hi TS All,

Ada saran buat sedan (bekas) nyaman tapi kalo (sekali kali) dibejek nga bikin kesel krn mesin lemot transmisi oon? Budget range up to 200 besar.

Dipikiran adanya:
- Camry XV40 Q3.5
- Mark X 2.5 V6
- Audi A4 B8.5 yang 2.0T (but CVT ...)
- BMW F10 523i

Ada saran lain?
bmw 328i f30, remap tcu (transmisi) xhp tools. kl bs remap ecu stage 1, tcu stage 2. jamin ga lemot. zf 8 speed ga bohong.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by zonepublic »

Sedan yang sudah fuel injection transmisi manual yang masih drive by cable seharusnya paling responsip,galant hiu mungkin
Last edited by zonepublic on Thu Feb 20, 2025 4:15, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by ChZ »

peterming77 wrote: Thu Feb 20, 2025 3:34 Hi TS All,

Ada saran buat sedan (bekas) nyaman tapi kalo (sekali kali) dibejek nga bikin kesel krn mesin lemot transmisi oon? Budget range up to 200 besar.

Dipikiran adanya:
- Camry XV40 Q3.5
- Mark X 2.5 V6
- Audi A4 B8.5 yang 2.0T (but CVT ...)
- BMW F10 523i

Ada saran lain?
yang dicari model gimana ni om

kalau nggak masalah turbo lag, turbo selalu dibejek rasanya lebih gacor daripada NA. tapi ya itu, giliran ngelag musti sabar ngurut gas dulu.

pov pake 528i E39 dan civic hatchback.

kalo di toll mau tarik tarikan civic hatchback rasanya selalu lebih gacor, 80-200 up gampang banget naik.
tapi kalo ngomong smooth, kontan, linear, gradual.... NA 6 inline BMW ga pernah salah. meski maticnya 5 speed yang blom pinter2 amat. cuma kalo dibejek ngejambaknya masih kalah ma civic hatchback. suaranya juga +++ point.

kalau cari yang nyaman tapi dibejeg mantep, saya cenderung ke F10 523 atau 528 yang NA. N52 engine last 6 inline NA BMW. klo nggak fancy turbo kick ya. kalo fancy turbo kick ya ubah opsi jadi 520 / 528 yang turbo. dah paling bener beli seri 5 BMW mobil nyaman bisa kenceng stabil. pake ZF8 semua jadi transmisi no issue.

klo ada budget ya jelas 535i N55 tapi out of budget ini masih rada tinggi.

camry atau markX gimana ya tipikal driving a toyota aja. kenceng ya kenceng tapi karakter mobilnya floaty jadi rasa bawanya berasa lebih gede dari seri-5, front wheel drive, dan rear suspension blom secanggih BMW.

kalo cari "sensasi" ya jelas enggak. bawa toyota model apapun (incl lexus) itu nggak terlalu engaging buat pedal to the metal dan strolling around isengin gajah turbodiesel cumi sok kenceng.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by peterming77 »

ChZ wrote: Thu Feb 20, 2025 4:15
yang dicari model gimana ni om

kalau nggak masalah turbo lag, turbo selalu dibejek rasanya lebih gacor daripada NA. tapi ya itu, giliran ngelag musti sabar ngurut gas dulu.

pov pake 528i E39 dan civic hatchback.

kalo di toll mau tarik tarikan civic hatchback rasanya selalu lebih gacor, 80-200 up gampang banget naik.
tapi kalo ngomong smooth, kontan, linear, gradual.... NA 6 inline BMW ga pernah salah. meski maticnya 5 speed yang blom pinter2 amat. cuma kalo dibejek ngejambaknya masih kalah ma civic hatchback. suaranya juga +++ point.

kalau cari yang nyaman tapi dibejeg mantep, saya cenderung ke F10 523 atau 528 yang NA. N52 engine last 6 inline NA BMW. klo nggak fancy turbo kick ya. kalo fancy turbo kick ya ubah opsi jadi 520 / 528 yang turbo. dah paling bener beli seri 5 BMW mobil nyaman bisa kenceng stabil. pake ZF8 semua jadi transmisi no issue.

klo ada budget ya jelas 535i N55 tapi out of budget ini masih rada tinggi.

camry atau markX gimana ya tipikal driving a toyota aja. kenceng ya kenceng tapi karakter mobilnya floaty jadi rasa bawanya berasa lebih gede dari seri-5, front wheel drive, dan rear suspension blom secanggih BMW.

kalo cari "sensasi" ya jelas enggak. bawa toyota model apapun (incl lexus) itu nggak terlalu engaging buat pedal to the metal dan strolling around isengin gajah turbodiesel cumi sok kenceng.
Yang nyaman = bantingan smooth, ga bikin encok geser kalo kena jalan yg brutal, tapi kalo pas lagi panas di jalan tol mau nyalip tinggal bejek beres ga pake sakit hati bunyi transmisi nguuuuuungggg tapi mobilnya ketinggalan :big_biglaugh: turbo lag no problem tapi kalo CVT problem :ungg:

Yes F10 523i udah ZF8 tapi mesin masih 6 inline NA bisa jadi best of both worlds ya: nga ada masalah mecha + no problem timing chain.

Saya lihat Camry/Mark X hanya krn sisi perawatan Toyota pasti lebih ga ribet, mesin lebih badak aja, lebih peace of mind
farizfsa wrote: Thu Feb 20, 2025 3:55
bmw 328i f30, remap tcu (transmisi) xhp tools. kl bs remap ecu stage 1, tcu stage 2. jamin ga lemot. zf 8 speed ga bohong.
F30 vs F10 kalo nyaman mungkin masih F10 ya? F30 lebih kecil lebih gesit. E90 325i menarik dan lebih budget friendly tapi harga online masih agak gorengan + interior keliatan tua (saya gampang bosan)
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by farizfsa »

peterming77 wrote: Thu Feb 20, 2025 4:50
ChZ wrote: Thu Feb 20, 2025 4:15
yang dicari model gimana ni om

kalau nggak masalah turbo lag, turbo selalu dibejek rasanya lebih gacor daripada NA. tapi ya itu, giliran ngelag musti sabar ngurut gas dulu.

pov pake 528i E39 dan civic hatchback.

kalo di toll mau tarik tarikan civic hatchback rasanya selalu lebih gacor, 80-200 up gampang banget naik.
tapi kalo ngomong smooth, kontan, linear, gradual.... NA 6 inline BMW ga pernah salah. meski maticnya 5 speed yang blom pinter2 amat. cuma kalo dibejek ngejambaknya masih kalah ma civic hatchback. suaranya juga +++ point.

kalau cari yang nyaman tapi dibejeg mantep, saya cenderung ke F10 523 atau 528 yang NA. N52 engine last 6 inline NA BMW. klo nggak fancy turbo kick ya. kalo fancy turbo kick ya ubah opsi jadi 520 / 528 yang turbo. dah paling bener beli seri 5 BMW mobil nyaman bisa kenceng stabil. pake ZF8 semua jadi transmisi no issue.

klo ada budget ya jelas 535i N55 tapi out of budget ini masih rada tinggi.

camry atau markX gimana ya tipikal driving a toyota aja. kenceng ya kenceng tapi karakter mobilnya floaty jadi rasa bawanya berasa lebih gede dari seri-5, front wheel drive, dan rear suspension blom secanggih BMW.

kalo cari "sensasi" ya jelas enggak. bawa toyota model apapun (incl lexus) itu nggak terlalu engaging buat pedal to the metal dan strolling around isengin gajah turbodiesel cumi sok kenceng.
Yang nyaman = bantingan smooth, ga bikin encok geser kalo kena jalan yg brutal, tapi kalo pas lagi panas di jalan tol mau nyalip tinggal bejek beres ga pake sakit hati bunyi transmisi nguuuuuungggg tapi mobilnya ketinggalan :big_biglaugh: turbo lag no problem tapi kalo CVT problem :ungg:

Yes F10 523i udah ZF8 tapi mesin masih 6 inline NA bisa jadi best of both worlds ya: nga ada masalah mecha + no problem timing chain.

Saya lihat Camry/Mark X hanya krn sisi perawatan Toyota pasti lebih ga ribet, mesin lebih badak aja, lebih peace of mind
farizfsa wrote: Thu Feb 20, 2025 3:55
bmw 328i f30, remap tcu (transmisi) xhp tools. kl bs remap ecu stage 1, tcu stage 2. jamin ga lemot. zf 8 speed ga bohong.
F30 vs F10 kalo nyaman mungkin masih F10 ya? F30 lebih kecil lebih gesit. E90 325i menarik dan lebih budget friendly tapi harga online masih agak gorengan + interior keliatan tua (saya gampang bosan)
f10 nyaman memang dibanding f30, cm body lebih besar jd kayanya kurang bisa sodok2an dibanding f30.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by lemonadelovers »

sedan nyaman mewah enak dibejek: lexus LS460L :big_smoking:
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by b0ku »

Image

Image


:big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3030
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by KielConstantine »

Kalo mau ok sih F10 520d pre-lci . Tahun 2012-2013

Irit dapet, power dapet, torsi badak jg dapet.
FC bisa dapet 16 km/l bahkan lebih (full pertadex tapi yah)

Minusnya cendrung kopongan aja seh. Fiturnya super basic

Kalo ada budget lagi di up ke F10 LCI thn 2014++ .
Terserah mau 520d or 520i/528i . Udah lebih refined smua quality nya daripada varian pre-lci
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
thestoneroses
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 615
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by thestoneroses »

w140 om

yang 6 silinder sampe lho 220 (sekarang umur aja saya jiper), yang 12 silinder juga boyo di bawah, tapi di atas saya berani jamin kekejer itu fortuner, pajero

cukup standar, modal michelin sama mesin sehat, gak perlu amsoil2an, nitro2an wkwkwk
Ron Asheton Forever
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1603
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by t105erd »

b0ku wrote: Thu Feb 20, 2025 5:09 Image

Image


:big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
V8 yah? atau I6 turbo? maknyuss...
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by farizfsa »

t105erd wrote: Thu Feb 20, 2025 5:39
b0ku wrote: Thu Feb 20, 2025 5:09 Image

Image


:big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
V8 yah? atau I6 turbo? maknyuss...
kl yg atas GS300 atau GS350 kayanya mesin 2GR deh lupa saya. saya msh ada satu GS350 2013 yg gen selanjutnya, mbl enak tp bukan yang enak di bejek, khas lexus toyota yg cenderung halus.

yg bawah toyota aristo/GS300 kayanya mesin 1/2jz deh ada yg turbo atau ga. nah ini gatau rasanya apa.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by b0ku »

t105erd wrote: Thu Feb 20, 2025 5:39
b0ku wrote: Thu Feb 20, 2025 5:09 Image

Image


:big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
V8 yah? atau I6 turbo? maknyuss...
v6 sama 2jasad om kebetulan di ausie yang 2 jasad adek ssaya dapet pinjeman itu aja yang LEXCUS katanya tenaganya enak kalo lexcus artinya 3.0n/a :mky_03:

belom yang turbo kayaknya yang turbo musti nyari aristo :big_think:
sipandowangso
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Tue May 26, 2015 10:58

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by sipandowangso »

E300 W212 gak masuk kriteria kah?
tapi klo nyari easy to maintain sih camry 3.5 aja
XP90 1.5 '13
FD 1.8 '10
T31 XT 2.5 '09
past:
F78 1.6 '97
XL7 2.5 '03
AN50 2.7 '06
T31 XT 2.5 '08
F650 1.3 '12
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by carlzeiss »

Civic FD2 2.0 A/T , budget sgitu cukup jg buat restorasi mesin buat optimal.
saya pernah pakai yang 1.8 nya untuk bejek bejek enak, chassis ditekuk di jalur puncak pass jg aman nurut
- yang kenceng kalah sama yang wet look
krniawnhdr
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1437
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by krniawnhdr »

peterming77 wrote: Thu Feb 20, 2025 4:50
ChZ wrote: Thu Feb 20, 2025 4:15
yang dicari model gimana ni om

kalau nggak masalah turbo lag, turbo selalu dibejek rasanya lebih gacor daripada NA. tapi ya itu, giliran ngelag musti sabar ngurut gas dulu.

pov pake 528i E39 dan civic hatchback.

kalo di toll mau tarik tarikan civic hatchback rasanya selalu lebih gacor, 80-200 up gampang banget naik.
tapi kalo ngomong smooth, kontan, linear, gradual.... NA 6 inline BMW ga pernah salah. meski maticnya 5 speed yang blom pinter2 amat. cuma kalo dibejek ngejambaknya masih kalah ma civic hatchback. suaranya juga +++ point.

kalau cari yang nyaman tapi dibejeg mantep, saya cenderung ke F10 523 atau 528 yang NA. N52 engine last 6 inline NA BMW. klo nggak fancy turbo kick ya. kalo fancy turbo kick ya ubah opsi jadi 520 / 528 yang turbo. dah paling bener beli seri 5 BMW mobil nyaman bisa kenceng stabil. pake ZF8 semua jadi transmisi no issue.

klo ada budget ya jelas 535i N55 tapi out of budget ini masih rada tinggi.

camry atau markX gimana ya tipikal driving a toyota aja. kenceng ya kenceng tapi karakter mobilnya floaty jadi rasa bawanya berasa lebih gede dari seri-5, front wheel drive, dan rear suspension blom secanggih BMW.

kalo cari "sensasi" ya jelas enggak. bawa toyota model apapun (incl lexus) itu nggak terlalu engaging buat pedal to the metal dan strolling around isengin gajah turbodiesel cumi sok kenceng.
Yang nyaman = bantingan smooth, ga bikin encok geser kalo kena jalan yg brutal, tapi kalo pas lagi panas di jalan tol mau nyalip tinggal bejek beres ga pake sakit hati bunyi transmisi nguuuuuungggg tapi mobilnya ketinggalan :big_biglaugh: turbo lag no problem tapi kalo CVT problem :ungg:

Yes F10 523i udah ZF8 tapi mesin masih 6 inline NA bisa jadi best of both worlds ya: nga ada masalah mecha + no problem timing chain.

Saya lihat Camry/Mark X hanya krn sisi perawatan Toyota pasti lebih ga ribet, mesin lebih badak aja, lebih peace of mind
farizfsa wrote: Thu Feb 20, 2025 3:55
bmw 328i f30, remap tcu (transmisi) xhp tools. kl bs remap ecu stage 1, tcu stage 2. jamin ga lemot. zf 8 speed ga bohong.
F30 vs F10 kalo nyaman mungkin masih F10 ya? F30 lebih kecil lebih gesit. E90 325i menarik dan lebih budget friendly tapi harga online masih agak gorengan + interior keliatan tua (saya gampang bosan)
F10 523i dan 528i, mana yang suspensinya lebih nyaman buat road trip gitu om? yang NVH nya lebih bagus dan nggak rewel..
ada varian2nya lagi nggak om yang 523i atau 528i ini?
misal dibanding E300 W212, gimana om perbandingannya?
kemalmakbar
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
Location: Surabaya, Jawa Timur

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by kemalmakbar »

krniawnhdr wrote: Thu Feb 20, 2025 7:42 F10 523i dan 528i, mana yang suspensinya lebih nyaman buat road trip gitu om? yang NVH nya lebih bagus dan nggak rewel..
ada varian2nya lagi nggak om yang 523i atau 528i ini?
misal dibanding E300 W212, gimana om perbandingannya?
Kalau yang 523i F10 di Indonesia cuma beredar sebentar seingat saya dan enggak ada variannya. Adapun 528i ada yang non-LCI dan LCI (Life Cycle Improvement). Kalau yang versi LCI-nya sudah pakai turbo 2.000 cc dan jumlah silindernya hanya 4. Versi non-LCI masih naturally aspirated 3.000 cc 6 silinder segaris.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by peterming77 »

carlzeiss wrote: Thu Feb 20, 2025 7:16 Civic FD2 2.0 A/T , budget sgitu cukup jg buat restorasi mesin buat optimal.
saya pernah pakai yang 1.8 nya untuk bejek bejek enak, chassis ditekuk di jalur puncak pass jg aman nurut
Fisiknya nga menarik jiwa saya Gan :ungg:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by peterming77 »

kemalmakbar wrote: Thu Feb 20, 2025 8:50
krniawnhdr wrote: Thu Feb 20, 2025 7:42 F10 523i dan 528i, mana yang suspensinya lebih nyaman buat road trip gitu om? yang NVH nya lebih bagus dan nggak rewel..
ada varian2nya lagi nggak om yang 523i atau 528i ini?
misal dibanding E300 W212, gimana om perbandingannya?
Kalau yang 523i F10 di Indonesia cuma beredar sebentar seingat saya dan enggak ada variannya. Adapun 528i ada yang non-LCI dan LCI (Life Cycle Improvement). Kalau yang versi LCI-nya sudah pakai turbo 2.000 cc dan jumlah silindernya hanya 4. Versi non-LCI masih naturally aspirated 3.000 cc 6 silinder segaris.
Setahu saya F10 523i versi terbasic di masa sebelum LCI, layar iDrive masih kecil, setelah LCI ganti 520i turbo, 523i dihapus. Kalo 528i ada non LCI dan LCI, yg LCI turbo dan di baris 2 dapat pengaturan AC tambahan, layar iDrive udah widescreen.
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by farizfsa »

krniawnhdr wrote: Thu Feb 20, 2025 7:42
peterming77 wrote: Thu Feb 20, 2025 4:50
ChZ wrote: Thu Feb 20, 2025 4:15
yang dicari model gimana ni om

kalau nggak masalah turbo lag, turbo selalu dibejek rasanya lebih gacor daripada NA. tapi ya itu, giliran ngelag musti sabar ngurut gas dulu.

pov pake 528i E39 dan civic hatchback.

kalo di toll mau tarik tarikan civic hatchback rasanya selalu lebih gacor, 80-200 up gampang banget naik.
tapi kalo ngomong smooth, kontan, linear, gradual.... NA 6 inline BMW ga pernah salah. meski maticnya 5 speed yang blom pinter2 amat. cuma kalo dibejek ngejambaknya masih kalah ma civic hatchback. suaranya juga +++ point.

kalau cari yang nyaman tapi dibejeg mantep, saya cenderung ke F10 523 atau 528 yang NA. N52 engine last 6 inline NA BMW. klo nggak fancy turbo kick ya. kalo fancy turbo kick ya ubah opsi jadi 520 / 528 yang turbo. dah paling bener beli seri 5 BMW mobil nyaman bisa kenceng stabil. pake ZF8 semua jadi transmisi no issue.

klo ada budget ya jelas 535i N55 tapi out of budget ini masih rada tinggi.

camry atau markX gimana ya tipikal driving a toyota aja. kenceng ya kenceng tapi karakter mobilnya floaty jadi rasa bawanya berasa lebih gede dari seri-5, front wheel drive, dan rear suspension blom secanggih BMW.

kalo cari "sensasi" ya jelas enggak. bawa toyota model apapun (incl lexus) itu nggak terlalu engaging buat pedal to the metal dan strolling around isengin gajah turbodiesel cumi sok kenceng.
Yang nyaman = bantingan smooth, ga bikin encok geser kalo kena jalan yg brutal, tapi kalo pas lagi panas di jalan tol mau nyalip tinggal bejek beres ga pake sakit hati bunyi transmisi nguuuuuungggg tapi mobilnya ketinggalan :big_biglaugh: turbo lag no problem tapi kalo CVT problem :ungg:

Yes F10 523i udah ZF8 tapi mesin masih 6 inline NA bisa jadi best of both worlds ya: nga ada masalah mecha + no problem timing chain.

Saya lihat Camry/Mark X hanya krn sisi perawatan Toyota pasti lebih ga ribet, mesin lebih badak aja, lebih peace of mind
farizfsa wrote: Thu Feb 20, 2025 3:55
bmw 328i f30, remap tcu (transmisi) xhp tools. kl bs remap ecu stage 1, tcu stage 2. jamin ga lemot. zf 8 speed ga bohong.
F30 vs F10 kalo nyaman mungkin masih F10 ya? F30 lebih kecil lebih gesit. E90 325i menarik dan lebih budget friendly tapi harga online masih agak gorengan + interior keliatan tua (saya gampang bosan)
F10 523i dan 528i, mana yang suspensinya lebih nyaman buat road trip gitu om? yang NVH nya lebih bagus dan nggak rewel..
ada varian2nya lagi nggak om yang 523i atau 528i ini?
misal dibanding E300 W212, gimana om perbandingannya?
Kl buat road trip jalan jauh toll sih udh pasti bmw f10 ya, empuk
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7650
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by newrubble »

beli subaru yg awd ... apapun tipe nya thn brapapun ... sedan maupun bukan sedan sama aja panzer-level nya
kan yg penting jepang
ingat skrg indo udah jauh lewat fase irit-iritan
masuk fase ancur-ancuran
satu per satu atpm mulai pindahkan production tools'
tdk terkecuali grup nya astra
User avatar
remedusakti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by remedusakti »

Sedan nyaman dan enak dibejek bs ke Camry Hybrid XV50.. Tarikannhmya enak responsif, pernah jajal 0-100 diangka 7detikan.. BBM juga super irit..
Nyaman yes, suspensinya empuknya pas.. Camry ini yg buat sy batal ambil w212.

Note. Battry hybrid Koit di KM sekitar 90ribuan kl gak salah sekitar tahun ke 6..
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 767
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by peterming77 »

remedusakti wrote: Thu Feb 20, 2025 13:26 Sedan nyaman dan enak dibejek bs ke Camry Hybrid XV50.. Tarikannhmya enak responsif, pernah jajal 0-100 diangka 7detikan.. BBM juga super irit..
Nyaman yes, suspensinya empuknya pas.. Camry ini yg buat sy batal ambil w212.

Note. Battry hybrid Koit di KM sekitar 90ribuan kl gak salah sekitar tahun ke 6..
Barusan cek balai lelang ada 3 biji XV50 hybrid di lelang 'kondisi apa adanya' harga 100-130jt, ada juga XV50 G cuma 90jt an :big_think: kondisi kulit sih bagus2 aja, nga tau interior dan mesinnya. Batre hybrid anggap sudah modyar pasti nombok 50-70jtan lagi.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1755
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by AbdulHakim »

peterming77 wrote: Fri Feb 21, 2025 1:43
remedusakti wrote: Thu Feb 20, 2025 13:26 Sedan nyaman dan enak dibejek bs ke Camry Hybrid XV50.. Tarikannhmya enak responsif, pernah jajal 0-100 diangka 7detikan.. BBM juga super irit..
Nyaman yes, suspensinya empuknya pas.. Camry ini yg buat sy batal ambil w212.

Note. Battry hybrid Koit di KM sekitar 90ribuan kl gak salah sekitar tahun ke 6..
Barusan cek balai lelang ada 3 biji XV50 hybrid di lelang 'kondisi apa adanya' harga 100-130jt, ada juga XV50 G cuma 90jt an :big_think: kondisi kulit sih bagus2 aja, nga tau interior dan mesinnya. Batre hybrid anggap sudah modyar pasti nombok 50-70jtan lagi.
Batere hybrid di XV50 kyknya emang masih old topology, mana masih pendingin udara belum ditambahin liquid cooling CMIIW
Kalo Toyota modern kayak Zenix dan Corolla/Cross udah batere topology baru, bahkan di Indo ada CorCross yg odonya di atas 150rb masih strong baterenya (awet) dan fuel cons ga ada perubahan.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6199
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Sedan nyaman yang ga bikin kesel waktu di bejek

Post by b0ku »

peterming77 wrote: Fri Feb 21, 2025 1:43
remedusakti wrote: Thu Feb 20, 2025 13:26 Sedan nyaman dan enak dibejek bs ke Camry Hybrid XV50.. Tarikannhmya enak responsif, pernah jajal 0-100 diangka 7detikan.. BBM juga super irit..
Nyaman yes, suspensinya empuknya pas.. Camry ini yg buat sy batal ambil w212.

Note. Battry hybrid Koit di KM sekitar 90ribuan kl gak salah sekitar tahun ke 6..
Barusan cek balai lelang ada 3 biji XV50 hybrid di lelang 'kondisi apa adanya' harga 100-130jt, ada juga XV50 G cuma 90jt an :big_think: kondisi kulit sih bagus2 aja, nga tau interior dan mesinnya. Batre hybrid anggap sudah modyar pasti nombok 50-70jtan lagi.
RATA2X 5THN lsg zonk gak peduli mau low atau high KM :mky_07: