Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
2. CVT agak kasar utamanya pas stop n go. Atau abis deselerasi (klo deselerasinya mendadak agak nyentak) lalu akselerasi lagi agak nyentak.
HCF kalau menurut catatan beres pernah ganti di 40 dan 70 ribuan, lalu saya ganti lagi di 95ribu.
dari info yg saya dapet, mayoritas yg ngerjain penggantian cvtf ini bersikeras "hanya butuh 1 galon (3.5 ltr)".
"pokoknya 1 galon pak, nggak kurang nggak lebih"
dengan nada ngotot.
jadi, berapapun keluarnya, diisi ya 3.5 liter.
coba aja fine tuning dulu.
fyi mungkin lupa, saya pernah tulis cvtf mobilio buang dr drain plug dapet 5.5 (lima koma lima) liter.
Rencananya gt.
Saya udah siapin filter pengganti, paking carter sama hcfnya (5 liter). Lagi cari waktu buat bongkar2nya XD.
Mobil dipake jd agak susah cari waktunya. Ga mungkin saya bongkar pas panas kn
marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 5:05
belajar debus pak....
coba kontek koko
DOHC
beliau lama di banten.
Gag bakat lah saya, ntar ilmunya gag sampe yg dapet malah melepuhnya doank.
BTW butuh waktu berapa lama ya bongkar pasang itu carter oli? Sejam cukup mbah?
Trus permukaan blok cvt yg nempel sama paking bersiin pake brake cleaner gpp?
Gag bakat lah saya, ntar ilmunya gag sampe yg dapet malah melepuhnya doank.
BTW butuh waktu berapa lama ya bongkar pasang itu carter oli? Sejam cukup mbah?
Trus permukaan blok cvt yg nempel sama paking bersiin pake brake cleaner gpp?
dgn asumsi mesin sudah dingin, bongpas bak oli ganti filter saja tanpa fine tuning kalo :
- saya 2 jam.
- akang suhu guru besar 6-10 jam tergantung ngaso dan pijit brp kali.
- bengkel resmi gatau.
- asem reges style 10 menit.
marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 5:05
belajar debus pak....
coba kontek koko
DOHC
beliau lama di banten.
Gag bakat lah saya, ntar ilmunya gag sampe yg dapet malah melepuhnya doank.
BTW butuh waktu berapa lama ya bongkar pasang itu carter oli? Sejam cukup mbah?
Trus permukaan blok cvt yg nempel sama paking bersiin pake brake cleaner gpp?
Om belanja filter2 dan paking nya di mana? di beres kah? total berapa? Gak lama lagi sudah harus ganti2.
Gag bakat lah saya, ntar ilmunya gag sampe yg dapet malah melepuhnya doank.
BTW butuh waktu berapa lama ya bongkar pasang itu carter oli? Sejam cukup mbah?
Trus permukaan blok cvt yg nempel sama paking bersiin pake brake cleaner gpp?
dgn asumsi mesin sudah dingin, bongpas bak oli ganti filter saja tanpa fine tuning kalo :
- saya 2 jam.
- akang suhu guru besar 6-10 jam tergantung ngaso dan pijit brp kali.
- bengkel resmi gatau.
- asem reges style 10 menit.
brake kliner boleh, aman.
Sama mau tanya untuk filter biasanya direndem dulu atau lgs pasang kering saja ya mbah?
marmut wrote: Tue Feb 04, 2025 5:05
belajar debus pak....
coba kontek koko beliau lama di banten.
Gag bakat lah saya, ntar ilmunya gag sampe yg dapet malah melepuhnya doank.
BTW butuh waktu berapa lama ya bongkar pasang itu carter oli? Sejam cukup mbah?
Trus permukaan blok cvt yg nempel sama paking bersiin pake brake cleaner gpp?
Om belanja filter2 dan paking nya di mana? di beres kah? total berapa? Gak lama lagi sudah harus ganti2.
Filter atas (yg bentuknya silinder warna pink) berikut seal2 saya beli di beres. (Di marketplace juga banyak seh)
Tapi strainer bawah +gasket saya beli merk mahle. Nitip temen yg kerja di negara tetangga
Kalau beli di beres mahal banget strainer bawahnya. Klo market place sini sekitar 1.1 yg ori.
Gag bakat lah saya, ntar ilmunya gag sampe yg dapet malah melepuhnya doank.
BTW butuh waktu berapa lama ya bongkar pasang itu carter oli? Sejam cukup mbah?
Trus permukaan blok cvt yg nempel sama paking bersiin pake brake cleaner gpp?
Om belanja filter2 dan paking nya di mana? di beres kah? total berapa? Gak lama lagi sudah harus ganti2.
Filter atas (yg bentuknya silinder warna pink) berikut seal2 saya beli di beres. (Di marketplace juga banyak seh)
Tapi strainer bawah +gasket saya beli merk mahle. Nitip temen yg kerja di negara tetangga
Kalau beli di beres mahal banget strainer bawahnya. Klo market place sini sekitar 1.1 yg ori.
Strainer bawah mehong emang, hahahaa... ada merk transpeed 400an di online, tapi gak tau bagus apa nggak tuh brand.
Om belanja filter2 dan paking nya di mana? di beres kah? total berapa? Gak lama lagi sudah harus ganti2.
Filter atas (yg bentuknya silinder warna pink) berikut seal2 saya beli di beres. (Di marketplace juga banyak seh)
Tapi strainer bawah +gasket saya beli merk mahle. Nitip temen yg kerja di negara tetangga
Kalau beli di beres mahal banget strainer bawahnya. Klo market place sini sekitar 1.1 yg ori.
Strainer bawah mehong emang, hahahaa... ada merk transpeed 400an di online, tapi gak tau bagus apa nggak tuh brand.
Iy, memang mahal seh. Terus aftermarket yg beredar di sini ga tau bagus/ngganya.
Ada yg 100 ribuan juga kn
Penghuni sini share dounk yang pernah coba filter bawah kawe....
Ada problem ga?
Gag bakat lah saya, ntar ilmunya gag sampe yg dapet malah melepuhnya doank.
BTW butuh waktu berapa lama ya bongkar pasang itu carter oli? Sejam cukup mbah?
Trus permukaan blok cvt yg nempel sama paking bersiin pake brake cleaner gpp?
dgn asumsi mesin sudah dingin, bongpas bak oli ganti filter saja tanpa fine tuning kalo :
- saya 2 jam.
- akang suhu guru besar 6-10 jam tergantung ngaso dan pijit brp kali.
- bengkel resmi gatau.
- asem reges style 10 menit.
brake kliner boleh, aman.
Akhirnya saya ganti filternya.
Total hcf keluar 4.8 liter (saya tampung di gelas takar 5 liter biar lebih pasti)
Pertama saya isi 4.2 liter sebelom dinyalakan.
Saya refill sampai netes di drain plug ketika mesin sudah panas; saya cek pakai waterpass posisi mobilnya buat mastiin rata
(tunggu panas - fan nyala - shift PRNDS masing2 tunggu 5 detik; saya ulang 2x barangkali saya miss)
Total HCF masuk sekitar 4.5 liter (means beres kelebihan 300ml)
Shift jadi lebih halus. Untuk sentakan so far lom berasa. Nanti pas saya pakai luar kota saya update lagi.
Total waktu bongkar pasang (dari kondisi mesin panas) sekitar 3 jam s/d tools balik ke kandang
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
cybrid wrote: Thu Feb 06, 2025 2:31
Akhirnya saya ganti filternya.
Total hcf keluar 4.8 liter (saya tampung di gelas takar 5 liter biar lebih pasti)
Pertama saya isi 4.2 liter sebelom dinyalakan.
Saya refill sampai netes di drain plug ketika mesin sudah panas; saya cek pakai waterpass posisi mobilnya buat mastiin rata
(tunggu panas - fan nyala - shift PRNDS masing2 tunggu 5 detik; saya ulang 2x barangkali saya miss)
Total HCF masuk sekitar 4.5 liter (means beres kelebihan 300ml)
Shift jadi lebih halus. Untuk sentakan so far lom berasa. Nanti pas saya pakai luar kota saya update lagi.
Total waktu bongkar pasang (dari kondisi mesin panas) sekitar 3 jam s/d tools balik ke kandang
rayhanfr117 wrote: Mon Feb 03, 2025 11:16
Greetings Para Suhu
izin sharing problem pemakaian CRV Turbo 2018. Ceritanya baru beli seken kurleb 1 mingguan. Yang saya rasain stir lari ke kiri terus, apalagi kalau pas kecepatan tinggi berasa bgt dan mengganggu. Udah pernah spooring ke beres 2x tapi gaada hasil dan beres pun nyerah karena udah disetting sedemikian rupa tapi masih lari ke kiri stirnya. Kalau dari beres berasumsi ada yang salah di rack steer karena rack steer sebelumnya udah pernah diservis sama owner sebelumnya. Barangkali para suhu udah ada yang pernah ngalamin atau mungkin bisa dibagi sarannya. THX
Coba bawa ke Bridgestone Kalimalang ok saya juga pernah begitu, atau nawilis pokoknya pakai yg spooring laser biar bagus
Stygulator wrote: Fri Sep 08, 2023 1:20
Izin nyundul threat ini om, sekalian mau berguru sama suhu2 disini.
Ane kena kasus unik nih om. Boilny CRV turbo pre FL. So far pemakaianny aman2 aja. Dulu perna kena rack steer gearbox gara2 setir bunyi2 pas dipentokin ke kanan/kiri. Udah diganti oleh Beres 3 taon lalu & bunyi ilang, aman sentosa.
Ehhh, skitar awal2 taon, ane notice ada bunyi2 lg tiap kali ane belokin setir. Tp ini kasusnya beda dgn yg kmaren2.
1. Hanya bunyi saat mobil mundur, maju gak perna bunyi2. Cuman di posisi transmisi R aja, klo di D atau netral sudah di test sampai dipentok2in gak kedengeran bunyi aneh2
2. Bunyinya terdengar seperti tek tek tek saat setir diputer hampir mentok baik ke arah kiri dan kanan
3. Hanya terjadi di low speed. 99% kejadian bunyinya mayoritas pas mau keluar/masuk parkir mundur. Masuk gigi R, sambil angkat pedal rem pelan2. Puter setir ke kanan/kiri sampe agak mentok bakal keluar tuh suara tek tek tek
Boil udah dibawa ke beres utk cek. Tp sampe sekarang, beres jg masih bingung. Kaki2 sudah dibongkar n dicek, tp belom ketemu akar permasalahannya. Mau dicoba claim rack steer lg. Tp gak lulus test utk claim soalnya setir hanya bunyi pas posisi mundur. Biasanya klo rack steer bunyi muncul pas setirny diputer mentok, gak masalah posisi transmisinya. Mgkn ada suhu yg perna ngalamin bisa di share disini. ane rencana mau coba bawa ke bengkel spesialis setir klo lagi ad waktu
Yg bunyi2nya ud ketemu om?
Saya punya juga mirip gini; tapi hanya kalau posisi mundur dan mundurnya incline pas belok di sudut tertentu ada bunyi krek2 entah di stir atau kaki2.
CRV saya 2017 turbo, non prestige; kilometer 100,000an skrg (saya cek odo dan ecu matching kilometernya; dan service record lengkap. Jadi harusnya kalaupun rollback mungkin gag gila2 amat ya)
Saya juga ada masalah
1. Suara mesin agak kasar, utamanya pas idle dan lom rpm. Agak mirip suara mesin diesel. Temen saya punya ga berisik gini mesinnya (tapi yang dia baru 45,000 km; yang saya udah 103,000). Tenaga mash okay, ga minum oli dan gada rembes.
2. CVT agak kasar utamanya pas stop n go. Atau abis deselerasi (klo deselerasinya mendadak agak nyentak) lalu akselerasi lagi agak nyentak.
HCF kalau menurut catatan beres pernah ganti di 40 dan 70 ribuan, lalu saya ganti lagi di 95ribu.
BTW kompresor ac saya agak dengung juga tapi ternyata yg temen saya punya ya bunyi juga walaupun sedikit lebih pelan. Oom2 user crv turbo lain ngalamin juga /tidak?
Udah ketemu om, bushing lower arm depan kiri kanan semuanya udah getas/retak. Kalo genti di beres harus utuh sepaket sama lower armnya. Ujung2nya saya bawa ke bengkel langganan. Kena 1,1jt digenti bushingnya aja. Gak ada lagi bunyi2. Smoga membantu om
Stygulator wrote: Mon Feb 17, 2025 15:54
Udah ketemu om, bushing lower arm depan kiri kanan semuanya udah getas/retak. Kalo genti di beres harus utuh sepaket sama lower armnya. Ujung2nya saya bawa ke bengkel langganan. Kena 1,1jt digenti bushingnya aja. Gak ada lagi bunyi2. Smoga membantu om
Oh jadi itu bushing armnya ya. Gila juga seh harus ganti assy buat yang ori....
Kalau yang saya ternyata support per depan. Kynya ud keras. Saya semprot silicon spray hilang suaranya.
Stygulator wrote: Mon Feb 17, 2025 15:54
Udah ketemu om, bushing lower arm depan kiri kanan semuanya udah getas/retak. Kalo genti di beres harus utuh sepaket sama lower armnya. Ujung2nya saya bawa ke bengkel langganan. Kena 1,1jt digenti bushingnya aja. Gak ada lagi bunyi2. Smoga membantu om
Oh jadi itu bushing armnya ya. Gila juga seh harus ganti assy buat yang ori....
Kalau yang saya ternyata support per depan. Kynya ud keras. Saya semprot silicon spray hilang suaranya.
Miara mobil gini siapin aja dananya apalagi usia mobil udah 7 tahunan kayak punya saya, perbaiki bunyi di kaki-kaki depan di bengkel resmi, yang diganti:
Shock abs depan : 1.338.000 X 2
Shock damper : 511.000 X 2
Bearing damper : 410.000 x 2
Jasa pergantian : 590.000
Alhamdulillah, jadi enak lagi, no bunyi-bunyi.
Bersyukur, jadi ga kepengen ganti ke RS 849jt, nombok banyak, emangya duit dapet metik di puun apa
Stygulator wrote: Mon Feb 17, 2025 15:54
Udah ketemu om, bushing lower arm depan kiri kanan semuanya udah getas/retak. Kalo genti di beres harus utuh sepaket sama lower armnya. Ujung2nya saya bawa ke bengkel langganan. Kena 1,1jt digenti bushingnya aja. Gak ada lagi bunyi2. Smoga membantu om
Oh jadi itu bushing armnya ya. Gila juga seh harus ganti assy buat yang ori....
Kalau yang saya ternyata support per depan. Kynya ud keras. Saya semprot silicon spray hilang suaranya.
Miara mobil gini siapin aja dananya apalagi usia mobil udah 7 tahunan kayak punya saya, perbaiki bunyi di kaki-kaki depan di bengkel resmi, yang diganti:
Shock abs depan : 1.338.000 X 2
Shock damper : 511.000 X 2
Bearing damper : 410.000 x 2
Jasa pergantian : 590.000
Alhamdulillah, jadi enak lagi, no bunyi-bunyi.
Bersyukur, jadi ga kepengen ganti ke RS 849jt, nombok banyak, emangya duit dapet metik di puun apa
Thanks referensinya om. Punya saya udah mulai minta ganti. Skrg di 90K an, kalau belok ada bunyi "dung" kecil tapi kedengeran, kayaknya bearing shock, dan kadang terasa bunyi kek duk dikit kalau lewat jalan jelek, kayaknya sudah mulai lemah shock nya (semua bunyi dari kanan depan).
Harus ganti paket komplit kayaknya mirip2 om, shock, bearing dan support minta ganti. Bini yg pake, dia sih merasa gak ada masalah, cuma kalau saya yg lagi pake agak2 risih dengernya.
bung, ngana ngalamin pedal rem bunyi "nguukkk..." saat injek-lepas?
Nah, ini di pedal saya kejadian om Marmut, setelah ganti kampas rem depan waktu itu. Kalau lagi macet2an atau parkir aja sih, kalau jalan normal gak kedengeran. Kenapa ya om?
AbdulHakim wrote: Tue Feb 18, 2025 14:26
Miara mobil gini siapin aja dananya apalagi usia mobil udah 7 tahunan kayak punya saya, perbaiki bunyi di kaki-kaki depan di bengkel resmi, yang diganti:
Shock abs depan : 1.338.000 X 2
Shock damper : 511.000 X 2
Bearing damper : 410.000 x 2
Jasa pergantian : 590.000
Alhamdulillah, jadi enak lagi, no bunyi-bunyi.
Bersyukur, jadi ga kepengen ganti ke RS 849jt, nombok banyak, emangya duit dapet metik di puun apa
Segini seh masi okay lah. Parts2nya masi wajar harganya. Shock juga ga sering2 jebol. Saya punya 100,000 km tapi masi full shock ori. No rembes.
Parts body ini crv turbo itungannya masi cukup murah. ratusan ribu ke jutaan kecil (selama ga kena batok lampu aja)
Paling agak watir sama cvt kalo sampe die. Lebih mahal drpd AT benerinnya.
CRV RS hybrid kynya ga se worth it itu. Nyetirnya masih mirip2. Cuma brand new aja.....
om kali aja ada yang sama pengalaman nya, baru minang crv prestige turbo 2020 2nd KM 46rban, overall saat ini setir sendiri atau di setirin tidak ada problem, baru 2 bulan ini ada bunyi kaya besi beradu di bagian ban belakang sebelah kiri. kalau ketemu jalaan kriting kecepatan pelan berasa banget glotak glotak nya, kalau pun memang harus ada yang ganti ada recomend bengkel kaki2 selain beres? domisili tangerang kota. oh iya mau tanya memang bawaan pabrik tidak dapat sensor mundur dan corner sensor ya? mengingat new nya saat itu menyentuh angka 500an.
oskadon wrote: Thu Mar 06, 2025 6:18
om kali aja ada yang sama pengalaman nya, baru minang crv prestige turbo 2020 2nd KM 46rban, overall saat ini setir sendiri atau di setirin tidak ada problem, baru 2 bulan ini ada bunyi kaya besi beradu di bagian ban belakang sebelah kiri. kalau ketemu jalaan kriting kecepatan pelan berasa banget glotak glotak nya, kalau pun memang harus ada yang ganti ada recomend bengkel kaki2 selain beres? domisili tangerang kota. oh iya mau tanya memang bawaan pabrik tidak dapat sensor mundur dan corner sensor ya? mengingat new nya saat itu menyentuh angka 500an.
Coba dipastikan lagi om, bunyi benar2 berasal dari kaki2 belakang atau bagian kiri atas (atap belakang)? biasanya terjadi pas cuaca panas terik bukan? atau lewat jalan keriting yg ada perbedaan tinggi terutama perbedaan permukaan antara ban sebelah kiri dan kanan belakang.
Kalau terjadi di atap belakang sebelah kiri, ada masalah di peredam/busa/penyangga rangka besi atap (entahlah apa namanya itu lupa). Ongkos di beres 5 tahun lalu 850rb an, dan pengerjaannya lama.
oskadon wrote: Thu Mar 06, 2025 6:18
om kali aja ada yang sama pengalaman nya, baru minang crv prestige turbo 2020 2nd KM 46rban, overall saat ini setir sendiri atau di setirin tidak ada problem, baru 2 bulan ini ada bunyi kaya besi beradu di bagian ban belakang sebelah kiri. kalau ketemu jalaan kriting kecepatan pelan berasa banget glotak glotak nya, kalau pun memang harus ada yang ganti ada recomend bengkel kaki2 selain beres? domisili tangerang kota. oh iya mau tanya memang bawaan pabrik tidak dapat sensor mundur dan corner sensor ya? mengingat new nya saat itu menyentuh angka 500an.
Coba dipastikan lagi om, bunyi benar2 berasal dari kaki2 belakang atau bagian kiri atas (atap belakang)? biasanya terjadi pas cuaca panas terik bukan? atau lewat jalan keriting yg ada perbedaan tinggi terutama perbedaan permukaan antara ban sebelah kiri dan kanan belakang.
Kalau terjadi di atap belakang sebelah kiri, ada masalah di peredam/busa/penyangga rangka besi atap (entahlah apa namanya itu lupa). Ongkos di beres 5 tahun lalu 850rb an, dan pengerjaannya lama.
bagian kaki2 sih om lewat jalan kriting yang permukaan beda antara ban kanan kiri berasa banget, mau cuaca terik atau hujian sama aja bunyinya glotok2 gitu om