Share problem CRV Turbo
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Sun Nov 04, 2018 4:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda
Re: Share problem CRV Turbo
Mbah Marmut, mohon info contact dan lokasi bengkel. Kalau sempat mau mampir, urusan kaki2 depan juga, sekalian ganti breakpad depan.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37
Re: Share problem CRV Turbo
disini ada yg pernah pake oil catch buat di CRV tubrok ?
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Sep 23, 2024 22:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CRV Turbo
Re: Share problem CRV Turbo
Assallamuallaikum, salam kenal suhu semua, izin diksusi CRV turbo 2022 saya baru jalan 1 tahun 8 bulan sudah mulai kena penyakit negatif camber belakang kiri -1,4 kanan -2,4 yg bikin ban jadi bergelombang dan berisik saat berjalan, akhir saya ganti ban serep dan normal lagi, setelah cari cari solusi katanya pakai camber kit saya beli hampir 4,6 juta supaya camber nya jadi 0 dan bisa di stel sehingga tapal ban menjadi rata dan tidak makan separo ban,
Apakah ada yg sudah pakai dan so far apakah aman??
Apakah ada yg sudah pakai dan so far apakah aman??
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Sep 23, 2024 22:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CRV Turbo
Re: Share problem CRV Turbo
sama nih kasusnya om, dan rata rata memang roda ban kanan belakang paling gede negatif nya, klo kiri rata rata memang -1.48 klo kanan saya -2.40 dan udah kena ganti ban 1 gara gara bergelombang bannya yang sisi dalam. akirnya saya beli chamber kit om harnganya 4,6 juta merk hardrace itu bisa ada stelan cambernya, cuma saya ga tau om apakah pengaruh terhadap keantengan dan kestabilan mobil.arfs wrote: Thu Oct 13, 2022 20:54 WhatsApp Image 2022-10-14 at 03.37.07.jpeg
WhatsApp Image 2022-10-14 at 03.36.50.jpeg
WhatsApp Image 2022-10-14 at 03.36.34.jpeg
Hmm, rear right alignment result hasil Camber -3,04 derajat.
Racing sekali![]()
Karena bawaan orok tidak bisa dirubah karena tidak ada setelan nya.
Kecuali kalau ganti rear suspension arm aftermarket.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Sun Nov 04, 2018 4:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda
Re: Share problem CRV Turbo
Punya saya kok malah belakang kiri ya yg cepat habis. Tapi cuekin aja lah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Share problem CRV Turbo
Gejalanya ketika setir diputar suka seperti ngadat nendang balik seperti power steering assist nya tidak linear, berasa utama saat kecepatan rendah dan saat mau parkir.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Share problem CRV Turbo
Punya saya sampai saat ini masih pakai satu set bawaan ban dari pabriknya dan belum ada ban nya yang aus karena bergelombang.Borghjhoe wrote: Tue Sep 24, 2024 3:47 sama nih kasusnya om, dan rata rata memang roda ban kanan belakang paling gede negatif nya, klo kiri rata rata memang -1.48 klo kanan saya -2.40 dan udah kena ganti ban 1 gara gara bergelombang bannya yang sisi dalam. akirnya saya beli chamber kit om harnganya 4,6 juta merk hardrace itu bisa ada stelan cambernya, cuma saya ga tau om apakah pengaruh terhadap keantengan dan kestabilan mobil.
Mungkin karena kalau rotasi ban, saya termasuk pakai serep nya juga jadi bisa memperpanjang jarak pakai satu set ban nya (yang di rotasi 5 ban vs 4 ban).
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Share problem CRV Turbo
terahir ganti ban sih belakang masih tebel rata juga om. apa sering bawa muatan?Borghjhoe wrote: Mon Sep 23, 2024 22:58 Assallamuallaikum, salam kenal suhu semua, izin diksusi CRV turbo 2022 saya baru jalan 1 tahun 8 bulan sudah mulai kena penyakit negatif camber belakang kiri -1,4 kanan -2,4 yg bikin ban jadi bergelombang dan berisik saat berjalan, akhir saya ganti ban serep dan normal lagi, setelah cari cari solusi katanya pakai camber kit saya beli hampir 4,6 juta supaya camber nya jadi 0 dan bisa di stel sehingga tapal ban menjadi rata dan tidak makan separo ban,
Apakah ada yg sudah pakai dan so far apakah aman??
452697e4-28a7-48f1-988a-0574da4b14e6.jpeg
e08ea831-5b64-464d-9c2e-bdc10c4c244f.jpeg
saran sih camber jangan dijadiin 0, buat aja cenderung minus tapi diratain. camber 0 itu nanti melayang nggak ada gripnya.
bawaan standar CRV dari gen 2 itu, belakang pasti cambernya agak gede.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Sep 23, 2024 22:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: CRV Turbo
Re: Share problem CRV Turbo
Jarang bawa muatan berat sih om, cuma pernah bawa penumpang belakang 3 ke jawa timur itu aja sih om paling berat kayaknya, tapi sebenarnya memang gpp ya camber belakang beda beda negatifnya apa harus sama ya?ChZ wrote: Wed Sep 25, 2024 3:14terahir ganti ban sih belakang masih tebel rata juga om. apa sering bawa muatan?Borghjhoe wrote: Mon Sep 23, 2024 22:58 Assallamuallaikum, salam kenal suhu semua, izin diksusi CRV turbo 2022 saya baru jalan 1 tahun 8 bulan sudah mulai kena penyakit negatif camber belakang kiri -1,4 kanan -2,4 yg bikin ban jadi bergelombang dan berisik saat berjalan, akhir saya ganti ban serep dan normal lagi, setelah cari cari solusi katanya pakai camber kit saya beli hampir 4,6 juta supaya camber nya jadi 0 dan bisa di stel sehingga tapal ban menjadi rata dan tidak makan separo ban,
Apakah ada yg sudah pakai dan so far apakah aman??
452697e4-28a7-48f1-988a-0574da4b14e6.jpeg
e08ea831-5b64-464d-9c2e-bdc10c4c244f.jpeg
saran sih camber jangan dijadiin 0, buat aja cenderung minus tapi diratain. camber 0 itu nanti melayang nggak ada gripnya.
bawaan standar CRV dari gen 2 itu, belakang pasti cambernya agak gede.
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Share problem CRV Turbo
kalo beda sih kadang emang beda, musti liat spek pabrikan dulu.Borghjhoe wrote: Thu Sep 26, 2024 7:08 Jarang bawa muatan berat sih om, cuma pernah bawa penumpang belakang 3 ke jawa timur itu aja sih om paling berat kayaknya, tapi sebenarnya memang gpp ya camber belakang beda beda negatifnya apa harus sama ya?
cuma kalo sampe makan dalem parah sih belum pernah ngalamin ya oom.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Fri Apr 26, 2024 12:30
- Location: Jakarta
Re: Share problem CRV Turbo
Hi Om Salken, saya pengguna CRV Turbo Non Prestige 2017 ini juga saya beli second baru jalan 4 bulan,robz1107 wrote: Thu Dec 07, 2023 6:58 Hi Semua , salken saya pengguna CRV TURBO prestiges 2019 dan dan kebetulan beli second baru jalan sekitar 3 bulan
butuh arahan dari dan sharing apakah pernah ngalamin :
1. gas ketika di kick down rpm tinggi itu langsung nahan kempos dan ada bunyi "duk" dan engine indikator menyala sehabis itu ketika di gas dan di lepas gas mesin langsung ndut ndutan ini udah kejadian ke 2x nya waktu awal itu pikir busi nya udah diganti busi pakai NGK laser iridium sama begini juga
2. problem kedua adalah indikator SRS airbag ada nyala tapi ini bukan karena gas kick down sebelumnya nyala karena lewatin jalan rusak
3. kalau speed sekitar > 90km itu di kabin kaya ada bunyi siulan angin ini belum tau kenapa dan darimana
selama ini belum check ke beres sih baru pake montir langganan
kalau ada yang ngalamin kaya gini boleh yah di sharing solusinya makasi semua
Apakah sudah solved problem nomer 1 nya om?
kebetulan saya juga mengalami kendala seperti di nomor 1, dan kejadian ini setelah saya ganti busi yg tadinya ILZKAR8J8SY, diganti ke 4 4 nya ke ILZKAR8H8S , waktu itu gantinya bukan di Beres sih,tapi katanya bisa dipakai karena buat Civic turbo juga sama. sempet balik ke bengkelnya dan di clear error, waktu itu teknisinya bilang error nya cam shaft position something (lupa), setelah di reset beberapa hari muncul lagi, dan memang waktu habis di kickdown.
thanks
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Fri Apr 26, 2024 12:30
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Share problem CRV Turbo
frostbitez88 wrote: Sat Nov 02, 2024 14:19
Om bagi kontak nya dong, ane nyari garasi 58 udh permanently closed di gmaps![]()
ada di gmaps.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Share problem CRV Turbo
JUST SHARING: CARA RESET KICK SENSOR POWER BACK DOOR CRV TURBO
Minggu lalu CRV Turbo saya kelar perbaikan body di salah satu Authorized Body repair Honda dan ada penggantian bumper belakang.
Tiba-tiba kick sensor power back door nya tidak berkerja.
Telefon ke Authorized Body repair Honda diberi tahu mesti direset apabila kick sensor power back door nya tidak berkerja, caranya sbb:
Minggu lalu CRV Turbo saya kelar perbaikan body di salah satu Authorized Body repair Honda dan ada penggantian bumper belakang.
Tiba-tiba kick sensor power back door nya tidak berkerja.
Telefon ke Authorized Body repair Honda diberi tahu mesti direset apabila kick sensor power back door nya tidak berkerja, caranya sbb:
Semoga berguna jika ada sesama user CRV Turbo yang bermasalah kick sensor power back door nyaTutup pintu bagasi secara rapat, cabut min aki, cabut sekring nomor 18 ruang mesin, tunggu satu menit, pasang kembali semua, test

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Feb 02, 2025 14:03
- Location: Banjarmasin
- Daily Vehicle: Fortuner Vrz
Re: Share problem CRV Turbo
Halo agan2 user Crv TP.
Izin bertanya,
sore hari ini tiba2 unit Crv TP 2018 Istri saya Power back door nya gk bisa ketutup kenapa ya?
Sudah saya coba utak atik dan cari di forum2 gak ketemu penyebab nya.
Kondisi kalau ngebuka aman aja gk ada masalah.
Tapi pas mau tutup via teken tombol tutup yg dari bagasi / tombol di dasboard / di kunci gk ada respon atau pun bunyi apa pun.
Mohon advise pencerahannya agan2 semua.
Thank you.
Izin bertanya,
sore hari ini tiba2 unit Crv TP 2018 Istri saya Power back door nya gk bisa ketutup kenapa ya?
Sudah saya coba utak atik dan cari di forum2 gak ketemu penyebab nya.
Kondisi kalau ngebuka aman aja gk ada masalah.
Tapi pas mau tutup via teken tombol tutup yg dari bagasi / tombol di dasboard / di kunci gk ada respon atau pun bunyi apa pun.
Mohon advise pencerahannya agan2 semua.
Thank you.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Share problem CRV Turbo
turut prihatin dgn kejadian om di atas.
saya jadi sangat bersyukur dgn ayla dirumah yg pintu bagasinya bisa nutup sendiri tanpa disuruh.
btw obat gosok ampuh buat kepala benjol apa ya?
saya jadi sangat bersyukur dgn ayla dirumah yg pintu bagasinya bisa nutup sendiri tanpa disuruh.
btw obat gosok ampuh buat kepala benjol apa ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Share problem CRV Turbo
minyak tawon?marmut wrote: Mon Feb 03, 2025 5:29 turut prihatin dgn kejadian om di atas.
saya jadi sangat bersyukur dgn ayla dirumah yg pintu bagasinya bisa nutup sendiri tanpa disuruh.
btw obat gosok ampuh buat kepala benjol apa ya?
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Feb 03, 2025 11:11
Re: Share problem CRV Turbo
Greetings Para Suhu
izin sharing problem pemakaian CRV Turbo 2018. Ceritanya baru beli seken kurleb 1 mingguan. Yang saya rasain stir lari ke kiri terus, apalagi kalau pas kecepatan tinggi berasa bgt dan mengganggu. Udah pernah spooring ke beres 2x tapi gaada hasil dan beres pun nyerah karena udah disetting sedemikian rupa tapi masih lari ke kiri stirnya. Kalau dari beres berasumsi ada yang salah di rack steer karena rack steer sebelumnya udah pernah diservis sama owner sebelumnya. Barangkali para suhu udah ada yang pernah ngalamin atau mungkin bisa dibagi sarannya. THX
izin sharing problem pemakaian CRV Turbo 2018. Ceritanya baru beli seken kurleb 1 mingguan. Yang saya rasain stir lari ke kiri terus, apalagi kalau pas kecepatan tinggi berasa bgt dan mengganggu. Udah pernah spooring ke beres 2x tapi gaada hasil dan beres pun nyerah karena udah disetting sedemikian rupa tapi masih lari ke kiri stirnya. Kalau dari beres berasumsi ada yang salah di rack steer karena rack steer sebelumnya udah pernah diservis sama owner sebelumnya. Barangkali para suhu udah ada yang pernah ngalamin atau mungkin bisa dibagi sarannya. THX
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Share problem CRV Turbo
turut prihatin om, saya juga pusing kalo mobil ada penyakit. saya gaada pengalaman punya crv turbo tapi sempet liat liat sekilas di marketplacerayhanfr117 wrote: Mon Feb 03, 2025 11:16 Greetings Para Suhu
izin sharing problem pemakaian CRV Turbo 2018. Ceritanya baru beli seken kurleb 1 mingguan. Yang saya rasain stir lari ke kiri terus, apalagi kalau pas kecepatan tinggi berasa bgt dan mengganggu. Udah pernah spooring ke beres 2x tapi gaada hasil dan beres pun nyerah karena udah disetting sedemikian rupa tapi masih lari ke kiri stirnya. Kalau dari beres berasumsi ada yang salah di rack steer karena rack steer sebelumnya udah pernah diservis sama owner sebelumnya. Barangkali para suhu udah ada yang pernah ngalamin atau mungkin bisa dibagi sarannya. THX
kalo ngeliat racksteer crv turbo di tokopedia harganya beragam banget, ada yang 2jtan tapi pasti kw karna deskripsinya uda tulis "kualitas original" tapi yang ori kykny 12 jtan. lebih lucunya yang 2 jt ditulis kalo barang tidak bagus akan ditukar baru, brarti banyak yang gacha dong.
spertinya kalo di beres mau benerin bisa tembus 20 deh brarti. gatau yah kyk di botak seng gitu bisa ga beli assy di luar trus minta pasangin + coding
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Share problem CRV Turbo
coba rotasi ban om.rayhanfr117 wrote: Mon Feb 03, 2025 11:16 Greetings Para Suhu
izin sharing problem pemakaian CRV Turbo 2018. Ceritanya baru beli seken kurleb 1 mingguan. Yang saya rasain stir lari ke kiri terus, apalagi kalau pas kecepatan tinggi berasa bgt dan mengganggu. Udah pernah spooring ke beres 2x tapi gaada hasil dan beres pun nyerah karena udah disetting sedemikian rupa tapi masih lari ke kiri stirnya. Kalau dari beres berasumsi ada yang salah di rack steer karena rack steer sebelumnya udah pernah diservis sama owner sebelumnya. Barangkali para suhu udah ada yang pernah ngalamin atau mungkin bisa dibagi sarannya. THX
pas ban dicopot, liat permukaan ban nya apa aus ga rata (habis sebelah)?
bengkel yang spooringnya jago biasanya sembuh sih.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Feb 03, 2025 11:11
Re: Share problem CRV Turbo
nah iya om, kemaren beres jg nawarin ganti racksteer baru ya itu harga totalannya 20anctopher7 wrote: Tue Feb 04, 2025 0:20turut prihatin om, saya juga pusing kalo mobil ada penyakit. saya gaada pengalaman punya crv turbo tapi sempet liat liat sekilas di marketplacerayhanfr117 wrote: Mon Feb 03, 2025 11:16 Greetings Para Suhu
izin sharing problem pemakaian CRV Turbo 2018. Ceritanya baru beli seken kurleb 1 mingguan. Yang saya rasain stir lari ke kiri terus, apalagi kalau pas kecepatan tinggi berasa bgt dan mengganggu. Udah pernah spooring ke beres 2x tapi gaada hasil dan beres pun nyerah karena udah disetting sedemikian rupa tapi masih lari ke kiri stirnya. Kalau dari beres berasumsi ada yang salah di rack steer karena rack steer sebelumnya udah pernah diservis sama owner sebelumnya. Barangkali para suhu udah ada yang pernah ngalamin atau mungkin bisa dibagi sarannya. THX
kalo ngeliat racksteer crv turbo di tokopedia harganya beragam banget, ada yang 2jtan tapi pasti kw karna deskripsinya uda tulis "kualitas original" tapi yang ori kykny 12 jtan. lebih lucunya yang 2 jt ditulis kalo barang tidak bagus akan ditukar baru, brarti banyak yang gacha dong.
spertinya kalo di beres mau benerin bisa tembus 20 deh brarti. gatau yah kyk di botak seng gitu bisa ga beli assy di luar trus minta pasangin + coding

rencana mau coba bawa ke bengkel spesialis powersteering dulu buat diservice
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Feb 03, 2025 11:11
Re: Share problem CRV Turbo
udah dirotasi om, emang ada ban yang udah makan sebelah. tapi ya itu udah dirotasi berkali-kali pun ttp ga ngaruh tuh sama stir yang narik ke kiri. plus rasanya ga cuma narik kiri, tapi kalo belok kiri enteng & belok kanan rada berat. makanya asumsinya ada masalah di racksteernyaAbdulHakim wrote: Tue Feb 04, 2025 1:03coba rotasi ban om.rayhanfr117 wrote: Mon Feb 03, 2025 11:16 Greetings Para Suhu
izin sharing problem pemakaian CRV Turbo 2018. Ceritanya baru beli seken kurleb 1 mingguan. Yang saya rasain stir lari ke kiri terus, apalagi kalau pas kecepatan tinggi berasa bgt dan mengganggu. Udah pernah spooring ke beres 2x tapi gaada hasil dan beres pun nyerah karena udah disetting sedemikian rupa tapi masih lari ke kiri stirnya. Kalau dari beres berasumsi ada yang salah di rack steer karena rack steer sebelumnya udah pernah diservis sama owner sebelumnya. Barangkali para suhu udah ada yang pernah ngalamin atau mungkin bisa dibagi sarannya. THX
pas ban dicopot, liat permukaan ban nya apa aus ga rata (habis sebelah)?
bengkel yang spooringnya jago biasanya sembuh sih.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Share problem CRV Turbo
i seerayhanfr117 wrote: Tue Feb 04, 2025 2:42udah dirotasi om, emang ada ban yang udah makan sebelah. tapi ya itu udah dirotasi berkali-kali pun ttp ga ngaruh tuh sama stir yang narik ke kiri. plus rasanya ga cuma narik kiri, tapi kalo belok kiri enteng & belok kanan rada berat. makanya asumsinya ada masalah di racksteernyaAbdulHakim wrote: Tue Feb 04, 2025 1:03coba rotasi ban om.rayhanfr117 wrote: Mon Feb 03, 2025 11:16 Greetings Para Suhu
izin sharing problem pemakaian CRV Turbo 2018. Ceritanya baru beli seken kurleb 1 mingguan. Yang saya rasain stir lari ke kiri terus, apalagi kalau pas kecepatan tinggi berasa bgt dan mengganggu. Udah pernah spooring ke beres 2x tapi gaada hasil dan beres pun nyerah karena udah disetting sedemikian rupa tapi masih lari ke kiri stirnya. Kalau dari beres berasumsi ada yang salah di rack steer karena rack steer sebelumnya udah pernah diservis sama owner sebelumnya. Barangkali para suhu udah ada yang pernah ngalamin atau mungkin bisa dibagi sarannya. THX
pas ban dicopot, liat permukaan ban nya apa aus ga rata (habis sebelah)?
bengkel yang spooringnya jago biasanya sembuh sih.
coba konsultasi ke service advisor di bengkel resmi Honda, jika analisanya racksteer
saya ga saranin direpair, karena feelingnya ga bakal se-smooth original dan kemungkinan kambuh lagi, jadi mending ganti racksteer satu gelondong.
harganya belasan juta, ya agan beli seken juga saya yakin dapet di bargain price CMIIW
jadi ya ini kayak risiko yang om tanggung

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18
Re: Share problem CRV Turbo
Yg bunyi2nya ud ketemu om?Stygulator wrote: Fri Sep 08, 2023 1:20 Izin nyundul threat ini om, sekalian mau berguru sama suhu2 disini.
Ane kena kasus unik nih om. Boilny CRV turbo pre FL. So far pemakaianny aman2 aja. Dulu perna kena rack steer gearbox gara2 setir bunyi2 pas dipentokin ke kanan/kiri. Udah diganti oleh Beres 3 taon lalu & bunyi ilang, aman sentosa.
Ehhh, skitar awal2 taon, ane notice ada bunyi2 lg tiap kali ane belokin setir. Tp ini kasusnya beda dgn yg kmaren2.
1. Hanya bunyi saat mobil mundur, maju gak perna bunyi2. Cuman di posisi transmisi R aja, klo di D atau netral sudah di test sampai dipentok2in gak kedengeran bunyi aneh2
2. Bunyinya terdengar seperti tek tek tek saat setir diputer hampir mentok baik ke arah kiri dan kanan
3. Hanya terjadi di low speed. 99% kejadian bunyinya mayoritas pas mau keluar/masuk parkir mundur. Masuk gigi R, sambil angkat pedal rem pelan2. Puter setir ke kanan/kiri sampe agak mentok bakal keluar tuh suara tek tek tek
Boil udah dibawa ke beres utk cek. Tp sampe sekarang, beres jg masih bingung. Kaki2 sudah dibongkar n dicek, tp belom ketemu akar permasalahannya. Mau dicoba claim rack steer lg. Tp gak lulus test utk claim soalnya setir hanya bunyi pas posisi mundur. Biasanya klo rack steer bunyi muncul pas setirny diputer mentok, gak masalah posisi transmisinya. Mgkn ada suhu yg perna ngalamin bisa di share disini. ane rencana mau coba bawa ke bengkel spesialis setir klo lagi ad waktu![]()
Saya punya juga mirip gini; tapi hanya kalau posisi mundur dan mundurnya incline pas belok di sudut tertentu ada bunyi krek2 entah di stir atau kaki2.
CRV saya 2017 turbo, non prestige; kilometer 100,000an skrg (saya cek odo dan ecu matching kilometernya; dan service record lengkap. Jadi harusnya kalaupun rollback mungkin gag gila2 amat ya)
Saya juga ada masalah
1. Suara mesin agak kasar, utamanya pas idle dan lom rpm. Agak mirip suara mesin diesel. Temen saya punya ga berisik gini mesinnya (tapi yang dia baru 45,000 km; yang saya udah 103,000). Tenaga mash okay, ga minum oli dan gada rembes.
2. CVT agak kasar utamanya pas stop n go. Atau abis deselerasi (klo deselerasinya mendadak agak nyentak) lalu akselerasi lagi agak nyentak.
HCF kalau menurut catatan beres pernah ganti di 40 dan 70 ribuan, lalu saya ganti lagi di 95ribu.
BTW kompresor ac saya agak dengung juga tapi ternyata yg temen saya punya ya bunyi juga walaupun sedikit lebih pelan. Oom2 user crv turbo lain ngalamin juga /tidak?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11853
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Share problem CRV Turbo
cybrid wrote: Tue Feb 04, 2025 4:03
2. CVT agak kasar utamanya pas stop n go. Atau abis deselerasi (klo deselerasinya mendadak agak nyentak) lalu akselerasi lagi agak nyentak.
HCF kalau menurut catatan beres pernah ganti di 40 dan 70 ribuan, lalu saya ganti lagi di 95ribu.
dari info yg saya dapet, mayoritas yg ngerjain penggantian cvtf ini bersikeras "hanya butuh 1 galon (3.5 ltr)".
"pokoknya 1 galon pak, nggak kurang nggak lebih"
dengan nada ngotot.
jadi, berapapun keluarnya, diisi ya 3.5 liter.
coba aja fine tuning dulu.
fyi mungkin lupa, saya pernah tulis cvtf mobilio buang dr drain plug dapet 5.5 (lima koma lima) liter.
