tapi kalo anps kyknya dah aman ya om cooling systemnya. kebetulan dulu ops anps punya bokap tapi saya cuman numpang pake harian, doi dah jual mobilnya tiap 3-4 tahun jadi mungkin blom ktemu masalah apa apab0ku wrote: Wed Jan 22, 2025 1:05 saya punya boro2x remap om pertama termostart itu jebol di 70RB km an kalo gak salah kondisi mobil full stock itu, saya baru ganti dp fp aja pas overhaul biar sekalian sama ganti brake line HEL waktu itu, dan rack juga ud meler tuh di bawah jd sekalian overhaul racknya juga![]()
kalo kipas keknya si umur 10thn soalnya bokap punya exced km 30rban tapi emang dia punya lebih jadul dari saya aja kena om ud 2 tahun lalu bedanya pas kena kipas bokap punya tempnya nahan sedikit di bawah temp mau overheat itu aja dia masih bisa pake jalan abis benerin kipas juga freonnya abis karena mesinnya mungkin panas, soalnya kemaren juga baru benerin kipas mirage itu juga acnya panas biarpun kipas ud bener freonnya abis, kalo dakar mah gak ada ampun lsg overhit![]()
itu mirage juga km baru 60-70rban ge8 2013 km 100rb mah belom ada si kipasnya masalah cuma saya parno aja mungkin nanti sekalian ganti radiator kipasnya juga saya ganti pake ori honda juga![]()
kalo saya bilang faktor tuningan dakar lebih berat bikin itu mobil malah lebih rentan kalo exced kan maen tuningan ringan turbo aja size ampir separo doank, cuma emang mitsunya juga gak niat kasih parts bagus kayak exceed aja malah radiator sama intercoller di kecilin ketauan banget costdownnya![]()
lagian kalo di pikir2x juga mesinnya enakan exceed wong saya si tujuan buat angkut keluarga rame2x yang di butuhin tuh torsi gede di bawah , nah exceed enakan gitu spoolingnya cepet
lagian saya jual si gara2x yang parah itu mobil gasnya gak tau napa suka off jd ke kemaren saya lagi tol tiba2x dia drop ke rpm idle terus saya gas gas gak ada respon akhirnya saya jalan pake torque conventer sampe turun tol lagi, untung saya baru naek gak jauh pintu keluar pluit pas sampe bawah tiba2x gas normal lagi kayak gak ada apa2x, nah sebelom dijual saya sempet scan tuh gak nemu apa2x om malahan lucunya saya ganti lampu rem yang ketauan![]()
ya paling parah si faktor mau overhaul lagi ronde 3 dan di vonis musti ganti head ud deh saya nyerah takut juga di bawa nyokap kenapa2x soalnya yang overhaul ke 2 karena kipas itu yang kena apesnya nyokap pas lagi di cipularang pula, padahal overhaul pertama saya kerjain karena takut nyokap kenapa2x di jalan padahal mau gak usah overhaul juga gpp asal saya rajin nambahin collant aman kok itupun bisa sebulan kali baru kering kalo di pake terus![]()
Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
ctopher7
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1294
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
-
ChZ
- SM Specialist

- Posts: 17170
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
bengkel resmi (dan bengkel kebanyakan) itu selama konsumennya nggak ada keluhan, ya mereka akan kerjakan sekedarnya. makanya saya nggak heran banyak konsumen beralih dari bengkel resmi ke bengkel umum, karena bayar jasa gede tapi item pengecekan penting justru nggak dilakukan padahal di buku jelas semua itu.msd wrote: Tue Jan 21, 2025 4:54
Nah ini, pernah kejadian di mobil COP ortu, habis servis di beres yang melibatkan rotasi ban, sepertinya dudukan ban serep gak dikencangkan dengan benar. Lepas di jalan + mencelakai orang lain. Driver ortu baru sadar pas mampir ke masjid, sehabis shalat balik lagi lah nyusuri jalan dan ketemu jatuhnya dimana (entah gimana caranya). Ban serep sudah hilang, tapi kata warga setempat ada motor yang jatuh gara-gara ban tersebut. Besoknya ditelpon lah Operation Manager DKI I TAM-TSO + Branch Manager A2K Sunter, dan sepertinya jadi meeting besar masalah SOP ini.
Pernah juga klaim asuransi H+10 lebaran, B&P ramai kyk pasar. Memang sih ane gak ngantri (sudah ditunggu surveyor & setelahnya langsung didudukin di meja SA), tapi kualitas kerjanya bermasalah. Pas ambil unit, karet bawah bumper depan + mudguard FR LH (non OEM) lupa dipasang. Pucat tuh SA pas ane tanyai (kemana kedua part tsb.).
di bengkel langganan saya dulunya ex orang bengkel resmi H dan emang terkenal rapih ikut SOP dari depan sampe selesai servis, tiap servis selalu dilakukan general check. sudah SOP nya, kalo ada temuan dikabarin ownernya.
karna algoritma berpikir transmisi matic modern itu kompleks oom. input dari pedal gas doang, dia harus kira-kira ini saya masuk gigi berapa, tapi nanti suhu transmisi gimana, suhu mesin gimana, makanya kalau transmisi matik modern digasnya nanggung biasa responnya beda-beda krn algoritma tadi.
Kalau di keluarga DNGA CVT ada mode S. Jadi bahan lelucon nih sama istri, kalau ane cukup rajin bolak-balik D <-> S kalau mau overtake, nanjak, dll., istri anteng aja di D tapi gas dibejek. Kyknya CVT (dan 4AT) selama gas gak dibejek, sengaja dibiarin main di RPM rendah biar kelihatan irit. Kalau gasnya dibejek dituduh kakinya gak sekolah, padahal kan "I paid for the whole tachometer, so I'm gonna use the whole tachometer"![]()
matik itu justru suka bingungnya kalo macet, kalo jalan kosong cruise ngebejek sih sebenernya less stress lha orang giginya gak pindah2 sering. kalo macet nanggung itu kan justru sering pindah2.
makanya kalo orang bilang matik jangan dibejek sebenarnya nggak sepenuhnya bener. mau input pedal 80% kalo komputer gak mengizinkan ya dia gak kasih. yang bikin stress transmisi tinggi itu karna mobil habis macet-macetan stress tinggi tiba tiba dibejek, atau dari standstill diem terus digaspol dia harus kasih selip gede supaya torsi naik dulu.
proteksinya, ya cuma oli matik yang bagus. masalahnya kalo sering diginiin transmisinya rontok ya berarti oli transmisinya jelek.
Last edited by ChZ on Wed Jan 22, 2025 3:05, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
klo di bengkel resmi, harus diawasin dan masuk ke ruang kerja.ChZ wrote: Wed Jan 22, 2025 3:00bengkel resmi (dan bengkel kebanyakan) itu selama konsumennya nggak ada keluhan, ya mereka akan kerjakan sekedarnya. makanya saya nggak heran banyak konsumen beralih dari bengkel resmi ke bengkel umum, karena bayar jasa gede tapi item pengecekan penting justru nggak dilakukan padahal di buku jelas semua itu.msd wrote: Tue Jan 21, 2025 4:54
Nah ini, pernah kejadian di mobil COP ortu, habis servis di beres yang melibatkan rotasi ban, sepertinya dudukan ban serep gak dikencangkan dengan benar. Lepas di jalan + mencelakai orang lain. Driver ortu baru sadar pas mampir ke masjid, sehabis shalat balik lagi lah nyusuri jalan dan ketemu jatuhnya dimana (entah gimana caranya). Ban serep sudah hilang, tapi kata warga setempat ada motor yang jatuh gara-gara ban tersebut. Besoknya ditelpon lah Operation Manager DKI I TAM-TSO + Branch Manager A2K Sunter, dan sepertinya jadi meeting besar masalah SOP ini.
Pernah juga klaim asuransi H+10 lebaran, B&P ramai kyk pasar. Memang sih ane gak ngantri (sudah ditunggu surveyor & setelahnya langsung didudukin di meja SA), tapi kualitas kerjanya bermasalah. Pas ambil unit, karet bawah bumper depan + mudguard FR LH (non OEM) lupa dipasang. Pucat tuh SA pas ane tanyai (kemana kedua part tsb.).
di bengkel langganan saya dulunya ex orang bengkel resmi H dan emang terkenal rapih ikut SOP dari depan sampe selesai servis, tiap servis selalu dilakukan general check. sudah SOP nya, kalo ada temuan dikabarin ownernya.
karna algoritma berpikir transmisi matic modern itu kompleks oom. input dari pedal gas doang, dia harus kira-kira ini saya masuk gigi berapa, tapi nanti suhu transmisi gimana, suhu mesin gimana, makanya kalau transmisi matik modern digasnya nanggung biasa responnya beda-beda krn algoritma tadi.
Kalau di keluarga DNGA CVT ada mode S. Jadi bahan lelucon nih sama istri, kalau ane cukup rajin bolak-balik D <-> S kalau mau overtake, nanjak, dll., istri anteng aja di D tapi gas dibejek. Kyknya CVT (dan 4AT) selama gas gak dibejek, sengaja dibiarin main di RPM rendah biar kelihatan irit. Kalau gasnya dibejek dituduh kakinya gak sekolah, padahal kan "I paid for the whole tachometer, so I'm gonna use the whole tachometer"![]()
matik itu justru suka bingungnya kalo macet, kalo jalan kosong cruise ngebejek sih sebenernya less stress lha orang giginya gak pindah2 sering. kalo macet nanggung itu kan justru sering pindah2.
tp klo diawasin, lihat hasil kerjanya dan klo kita ngerti maintenance, dia nurut2 aja koq.
yg resek SA nya nyuruh tunggu di dalem, tp ya ngeyel aja "resiko sy tanggung", saya mau lihat lgs
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6775
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
saya gali2x si emang mesin 4D itu head nya gak kuat lagian L300 juga ada saya turun mesin 3xctopher7 wrote: Wed Jan 22, 2025 2:42
tapi kalo anps kyknya dah aman ya om cooling systemnya. kebetulan dulu ops anps punya bokap tapi saya cuman numpang pake harian, doi dah jual mobilnya tiap 3-4 tahun jadi mungkin blom ktemu masalah apa apa![]()
tapi yang 4N juga penyakitan kebetulan pas gali2x info yang 4D banyak juga yang 4N juga penyakitan
makannya saya bilang mendingan beli yotoya lah mana setelan torquenya lebih enak lagi tapi emang si kalo di tuning kaki2x chasis pajero itu jauh lebih enak
cuma masalahnya fortuner barang modifnya lengkap banget sampe pritilan kecil juga ada
-
iwansiagian
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 440
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
-
MSU
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1944
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
wah siap om....ditunggu reportnyaiwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 2:49 Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
kalo ga salah ingat om dulu pernah post yang pake avanza AT rutin bekasi bandung itu ya?
selain cvt-nya mungkin juga boleh share problem2 lainnya om...
-
iwansiagian
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 440
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Iya betul om MSU masih sekarang pake avanza CVT iniMSU wrote: Fri Jan 24, 2025 3:12wah siap om....ditunggu reportnyaiwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 2:49 Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
kalo ga salah ingat om dulu pernah post yang pake avanza AT rutin bekasi bandung itu ya?
selain cvt-nya mungkin juga boleh share problem2 lainnya om...
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Saya pikir, sbg sesama pengguna CVT jg, dah 1 dekade lebih.iwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 3:16Iya betul om MSU masih sekarang pake avanza CVT iniMSU wrote: Fri Jan 24, 2025 3:12wah siap om....ditunggu reportnyaiwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 2:49 Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
kalo ga salah ingat om dulu pernah post yang pake avanza AT rutin bekasi bandung itu ya?
selain cvt-nya mungkin juga boleh share problem2 lainnya om.... Kalo mesin sih saya ga worry ya asal rutin ganti oli sesuai kualitasnya. Yang worry paling CVT dan kaki kaki setelah ganti Fwd. We will see om
dr jaman jazz gd3 - mobilio
selama kondisi
- jalan cruising dan gak betot2an
- ketika nanjak juga gasnya ditahan (jgn rata lantai)
- klo akselerasi bertahap (gak lgs gas poll)
- ganti cairan rutin
- ganti filter CVTF nya di 80-100rb km (opsional bisa cek dl kondisi filternya di dalam oil pan)
insya Allah aman yaa.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
singachu
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1645
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
ini yakin asli ?
regards,
singachu
-
the-mantal
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 591
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Wah keren ini bakal dapet long term review dcvt. Btw emg biasa dapet konsumsi bbm berapa di avanza om? Xenia dcvt saya sih 1:25 jg gampang dapet klo di tol lari 90-100 konstan.iwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 2:49 Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
MSU
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1944
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
itung 1:25 ni kayaknya dengan settingan di speedometer yg CFC kah om?the-mantal wrote: Fri Jan 24, 2025 7:49Wah keren ini bakal dapet long term review dcvt. Btw emg biasa dapet konsumsi bbm berapa di avanza om? Xenia dcvt saya sih 1:25 jg gampang dapet klo di tol lari 90-100 konstan.iwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 2:49 Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
-
iwansiagian
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 440
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Saya brio itu 1:25 average om tol sekitar jabodetabek ya. Pernah bekasi bali itu average brio 1:21 nyetir ga yang zen driving, banyak juga di kec 120-140 km/jam. Kalo bener zen driving tuh brio di tol jabodetabek bisa saya average nya 1:27.MSU wrote: Fri Jan 24, 2025 7:54itung 1:25 ni kayaknya dengan settingan di speedometer yg CFC kah om?the-mantal wrote: Fri Jan 24, 2025 7:49Wah keren ini bakal dapet long term review dcvt. Btw emg biasa dapet konsumsi bbm berapa di avanza om? Xenia dcvt saya sih 1:25 jg gampang dapet klo di tol lari 90-100 konstan.iwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 2:49 Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
Nah kalo avanza tol jabodetabek paling saya dapat 1:21 sih itu juga udah much better sih buat avanza 3 baris ya dibanding avanza rwd
-
the-mantal
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 591
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
di avg om, sesuai post ane di home thread ane, pernah avg 1:27 reset di trans bandung n sampai rumah di cipinang jakarta.MSU wrote: Fri Jan 24, 2025 7:54 itung 1:25 ni kayaknya dengan settingan di speedometer yg CFC kah om?
pas pergi dari cipinang jakarta ke trans bandung cm dpt 1:20
rekor pernah itu pas isi bensin di rest area dekat cirebon tol cipali arah jakarta, perjalanan 200 km avg di 1:30 tp itu penumpang cm berdua n seperempat perjalanan matiin ac krn dingin.
oh di tol jabodetabek sih emg susah dapet irit soalnya ga bs konstan - pasti ada aja halangan. tp 1:21 sih udah bagus banget itu hehe.iwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 8:31 Saya brio itu 1:25 average om tol sekitar jabodetabek ya. Pernah bekasi bali itu average brio 1:21 nyetir ga yang zen driving, banyak juga di kec 120-140 km/jam. Kalo bener zen driving tuh brio di tol jabodetabek bisa saya average nya 1:27.
Nah kalo avanza tol jabodetabek paling saya dapat 1:21 sih itu juga udah much better sih buat avanza 3 baris ya dibanding avanza rwd![]()
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
darrelund
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2806
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
oe pake pelos DNGAmsd wrote: Tue Jan 21, 2025 4:54
Kalau di keluarga DNGA CVT ada mode S. Jadi bahan lelucon nih sama istri, kalau ane cukup rajin bolak-balik D <-> S kalau mau overtake, nanjak, dll., istri anteng aja di D tapi gas dibejek. Kyknya CVT (dan 4AT) selama gas gak dibejek, sengaja dibiarin main di RPM rendah biar kelihatan irit. Kalau gasnya dibejek dituduh kakinya gak sekolah, padahal kan "I paid for the whole tachometer, so I'm gonna use the whole tachometer"![]()
ni girbok emang punya kecendrungan bingung mbah, dan proses learningnya juga klo oe rasa cukup panjang, baru agak mending di 5000km
dulu waktu awal" juga jerky nya ampun"an, sama nih tu kyk bawa kijang/portuner modelnya
kaki harus selalu nempel biar gigit, klo dilepas dikit (tap & glide) langsung ngeloss & naikin speed nya susah lagi
makanya sejak itu oe betat betot sana sini aja, akhirnya skrg D / S gak ada bedanya
emang didesain buat sruntulan kali yak
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
CVT zenix dan Veloz apa bedanya ya?
-
lemonadelovers
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1741
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Zenix launch gear: geared to belt
Veloz split gear : belt to geared
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Jadi kemungkinan belt putus, lbh kecil di zenix.lemonadelovers wrote: Sun Jan 26, 2025 4:16Zenix launch gear: geared to belt
Veloz split gear : belt to geared
Krn stress girboks tertinggi itu, akselerasi dr kondisi diam
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Direct Shift-CVT
d-cvt
https://www.gridoto.com/read/223615320/ ... cvt?page=2
Untuk Zenix hybrid tidak ada pulley dan belt CVT.
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... jelasannya
d-cvt
https://www.gridoto.com/read/223615320/ ... cvt?page=2
Untuk Zenix hybrid tidak ada pulley dan belt CVT.
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... jelasannya
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Iya ecvtilhami wrote: Sun Jan 26, 2025 14:19 Direct Shift-CVT
d-cvt
https://www.gridoto.com/read/223615320/ ... cvt?page=2
Untuk Zenix hybrid tidak ada pulley dan belt CVT.
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... jelasannya
Mirip honda hev punya
Cuma honda bisa "simulated" gear ratio
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6775
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
bisa di bilang CVT toyota sekarang pake 3 gear 1 gigi start 2 gear cvt..........Suryaputra wrote: Sun Jan 26, 2025 7:24 Jadi kemungkinan belt putus, lbh kecil di zenix.
Krn stress girboks tertinggi itu, akselerasi dr kondisi diam![]()
-
msd
- Member of Junior Mechanic

- Posts: 38
- Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Avanza E 2022
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Kadang-kadang jadi berteori konspirasi, OEM emang sengaja bikin pedoman servis kyk gini biar mobilnya gak awet-awet amat. Gak cukup hanya dengan pemilihan part yang lebih pendek umurnya.b0ku wrote: Tue Jan 21, 2025 22:09coba cari video scooty yang dia dia review crysler kalo gak salah disitu dia bilang ada customernya ikutin omongan dealer mobilnya gak sampe 100.000 ud jebol semuanya ada yang bandel pake mobil sama persis rajin ganti lendir malah awet sampe ratusan ribu km
soalnya kata dealernya oli maticnya lifetime iye bener lifetime seumur idup maticnya kalo jebol ya maticnya mati beneran donk kagak boong
gimana gak turun duarbilitynya ganti oli mesin aja di suruh 10.000 itu kelamaan saya bilang apalagi di wakanda macetnya kayak orang gila ntar kayak freed di pake adek saya suka telat ganti oli akhirnya ring piston bocor alus di tambah faktor pas saya bawa kayak orang gila revvnya akhirnya mesin gak ada oli abis kebakar pecah tuh metal metal di bawah akhirnya musti overhaul semua![]()
tuh buktinya GE8 mesin sama awet2x aja di siksa pula![]()
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 8:20- EPS (Steering Rack) (vs. hidrolik)
- CVT (vs. AT)
- EPB (vs. rem tarik)
- Velg gede = bushing lbh cepet kaput
- dll
ChZ wrote: Wed Jan 22, 2025 3:00bengkel resmi (dan bengkel kebanyakan) itu selama konsumennya nggak ada keluhan, ya mereka akan kerjakan sekedarnya. makanya saya nggak heran banyak konsumen beralih dari bengkel resmi ke bengkel umum, karena bayar jasa gede tapi item pengecekan penting justru nggak dilakukan padahal di buku jelas semua itu.
di bengkel langganan saya dulunya ex orang bengkel resmi H dan emang terkenal rapih ikut SOP dari depan sampe selesai servis, tiap servis selalu dilakukan general check. sudah SOP nya, kalo ada temuan dikabarin ownernya.
Sebenarnya di beres, saya berharap lebih teliti dari bengkel umum, kan lebih mahal? Saya amati, di beres cuma 1-2 orang pemilik/supir yang turun ke lantai servis (sisanya mendekam saja di ruang tunggu).Suryaputra wrote: Wed Jan 22, 2025 3:03klo di bengkel resmi, harus diawasin dan masuk ke ruang kerja.
tp klo diawasin, lihat hasil kerjanya dan klo kita ngerti maintenance, dia nurut2 aja koq.
yg resek SA nya nyuruh tunggu di dalem, tp ya ngeyel aja "resiko sy tanggung", saya mau lihat lgs
Gak bisa berharap pemilik/pembawa mobil mantau kerjanya mekanik, gak semuanya ngerti/peduli. Teorinya SA yang mengawasi, minimalnya pengerjaan sesuai prosedur, syukur-syukur lebih teliti dilakukan general check.
Jangan-jangan kejadian ini udah biasa, saya doang yang baru misuh-misuh (karena baru punya mobil)
Avanza CVT kalau di mode S + gas dalem, dia bisa pura-pura jadi AT lho, bikin sensasi shift palsu. Harapan saya, mobil Jepang meka-troniknya gak seribet mobil Eropa = lebih awet + perawatan lebih praktis (cukup rajin ganti oli + strainer).
Ya mungkin ada baiknya kita jangan pakai mobilnya buat drag raceChZ wrote: Wed Jan 22, 2025 3:00yang bikin stress transmisi tinggi itu karna mobil habis macet-macetan stress tinggi tiba tiba dibejek, atau dari standstill diem terus digaspol dia harus kasih selip gede supaya torsi naik dulu.
proteksinya, ya cuma oli matik yang bagus. masalahnya kalo sering diginiin transmisinya rontok ya berarti oli transmisinya jelek.
iwansiagian wrote: Fri Jan 24, 2025 2:49Kebetulan saya ada avanza e CVT ambil August 2024 saat ini sudah 43K km, rencana ganti oli CVT nya ntar pas 50K. Saya akan report perihal pemakaian CVT nya. Rencana mobil ini akan dipakai sampe kilometer 450K dalam 5 tahun biasanya tercapai. Sebelum nya sudah berkali-kali pake AT konvensional avanza tidak pernah rusak walaupun sampe 400 ribuan km.
Untuk CVT nya kalo dibandingkan dengan Brio CVT 2023, jauh enakan dan lebih pinter avanza CVT walau tenaga mesin ga jauh jauh banget beda nya kurang lebih 10ps. Cuma ya irit Brio kalo di tol konstan. Brio gampang saya dapat 1:25 km di tol
Wah ini panjang langkah ini, pemakaian saya 29 bulan (39rb km) masih kalah sama pemakaian agan 5 bulan (43rb km). Tapi bisa jadi CVTnya awet kalau banyak dipakai jalan di tol (Bekasi → Bandung = Cikampek + Cipularang + Padaleunyi?) dibanding macet-macetan di dalam kota. Asal di jalan tolnya gak kebut-kebutan ya...MSU wrote: Fri Jan 24, 2025 3:12wah siap om....ditunggu reportnya
kalo ga salah ingat om dulu pernah post yang pake avanza AT rutin bekasi bandung itu ya?
selain cvt-nya mungkin juga boleh share problem2 lainnya om...
Ditunggu reportnya gan, nanti kalau saya ada sesuatu rencananya akan update kesini juga.
Last edited by msd on Sun Jan 26, 2025 19:56, edited 3 times in total.
-
msd
- Member of Junior Mechanic

- Posts: 38
- Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Avanza E 2022
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
Aamiin... Kemarin nekat post kesini nyari second opinion karena A2K Cibiru ngotot gak mau gantikan oli matic. Alhamdulillaah A2K Sunter mau (kuras CVTF + buka carter CVT + ganti strainer + ganti paking carter).Suryaputra wrote: Fri Jan 24, 2025 3:32Saya pikir, sbg sesama pengguna CVT jg, dah 1 dekade lebih.
dr jaman jazz gd3 - mobilio
selama kondisi
- jalan cruising dan gak betot2an
- ketika nanjak juga gasnya ditahan (jgn rata lantai)
- klo akselerasi bertahap (gak lgs gas poll)
- ganti cairan rutin
- ganti filter CVTF nya di 80-100rb km (opsional bisa cek dl kondisi filternya di dalam oil pan)
insya Allah aman yaa.
Rasanya yakin tidak asli
Kalau saya, oli 10W-40 1:11 dalkot macet-macetan, 1:16 tol lari 100.the-mantal wrote: Fri Jan 24, 2025 7:49Btw emg biasa dapet konsumsi bbm berapa di avanza om? Xenia dcvt saya sih 1:25 jg gampang dapet klo di tol lari 90-100 konstan.
Oli 0W-20 1:13 dalkot macet-macetan, 1:22 lari 100. Oli apapun BBMnya Pertalite.
Teori yang menarik, berarti dia 'belajar' dari cara mengemudi kitanya ya? Terus kalau ganti CVT (atau minimal ganti komputer CVT), blo'on lagi dong?darrelund wrote: Sat Jan 25, 2025 1:58ni girbok emang punya kecendrungan bingung mbah, dan proses learningnya juga klo oe rasa cukup panjang, baru agak mending di 5000km
dulu waktu awal" juga jerky nya ampun"an, sama nih tu kyk bawa kijang/portuner modelnya
kaki harus selalu nempel biar gigit, klo dilepas dikit (tap & glide) langsung ngeloss & naikin speed nya susah lagi![]()
makanya sejak itu oe betat betot sana sini aja, akhirnya skrg D / S gak ada bedanya
Kalau udah begini jadi kepikiran, kenapa mobil hybrid gak pake genset aja?ilhami wrote: Sun Jan 26, 2025 14:19Direct Shift-CVT
d-cvt
https://www.gridoto.com/read/223615320/ ... cvt?page=2
Untuk Zenix hybrid tidak ada pulley dan belt CVT.
https://otomotifnet.gridoto.com/read/23 ... jelasannya
Mesin → alternator → baterai
Baterai ↔ motor ↔ roda
Tugasnya mesin hanya 1: kalau baterai kurang dari 30%, menyala dan charge baterai sampai 80%. Selebihnya motor listrik yang gerakkan roda + regenerasi energi. Mestinya bisa lebih hemat BBM, mesin jalan pakai Atkinson cycle di RPM paling efisien.
Ah, tapi masih mimpi lah ane beli mobil hybrid, jauh budgetnya...
-
b0ku
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6775
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
positif thinking aja biar cepet cepu................msd wrote: Sun Jan 26, 2025 19:54 Aamiin... Kemarin nekat post kesini nyari second opinion karena A2K Cibiru ngotot gak mau gantikan oli matic. Alhamdulillaah A2K Sunter mau (kuras CVTF + buka carter CVT + ganti strainer + ganti paking carter).
untung ada yang mau om
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
topik ramai selainjutnya di SM adalah CVT dan baterai mobil listrik 
-
DOHC
- Full Member of Mechanic Master

- Posts: 27794
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun
baguslahilhami wrote: Mon Jan 27, 2025 1:15 topik ramai selainjutnya di SM adalah CVT dan baterai mobil listrik![]()
bosen jg liatnya oli mulu
lama2 ganti jadi serayaOli
numpang lewat aja....

