Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

kenop wrote: Mon Jan 20, 2025 5:37
ChZ wrote: Mon Jan 20, 2025 4:44
darrelund wrote: Mon Jan 20, 2025 4:02 +jangan lupa minta kencengin baut sasis & kaki" pas servis reguler
free & ga bikin glodakan
nah ini ni biasa nggak dilakukan. palagi biasa ngencengin asal kenceng nggak pake kunci momen.
Ini hrs ngomong sampe di tulis di spk nya, kalo kaga ya liwat aja, pdhl di buku servis ada poin2 cek dan kencengin baut2
Lah kirain yang begini-begini pasti dikerjakan jika ada item check-nya di pedoman servis, ternyata mesti kita tekankan ya :mky_06:

Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 5:50 ... klo servis di beres honda jatiasih, dapat kyk gini
Selain snack dsb :big_exellent:
Kalau di A2K Sunter biasanya ane dapat pelayanan lebih-baik-dari-umumnya. Biasanya dibukain ruang meeting kecil buat ane nunggu (lebih tepatnya ane pakai buat naro tas & laptop tanpa khawatir, karena ane sering turun-turun ngeliat apa yang dikerjakan), jadi ane berasumsi kalau udah "ditandai" saat ke sana. Ane gak berani menjadikan layanan disana sebagai percontohan.

Tapi pernah suatu ketika jatuh tempo servis berkala di Surabaya, ane servis di A2K Kenjeran, lumayan bagus juga pelayanannya. Ane & istri dapat nasi kotak 1 orang 1 di jam makan siang, ada keripik, cheese stick, mie cup, air minum, kopi, dan teh free flow.

Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 5:52Cvt toyota avxen awet? Gak perlu ganti cairan
Lah baru jg beredar dr 2022
klo SA nya dpn saya ngomong gtu, udh sy omelin :big_biglaugh:

Yg namanya CVT itu bukan robust transmission, buat engine brake aja lemah dan klo dipush buat engine brake di turunan, puanasnya naik lgs.. Tp ya gakda pilihan, drpd nyawa :upss:
CVT Sienta gak bisa dijadikan benchmark keawetan CVT Avxen ya?

Masalah robustness ane setuju, makanya bikin thread ini.

marmut wrote: Mon Jan 20, 2025 6:30dan terpenting volume cvtf musti pas tidak boleh lebih, tidak boleh kurang.

btw kalo nggak salah inget transmisi afansa ini sama dengan raize/rocky ya? apa beda? dari pabriknya cvtf underfill rata² 1 literan.
Mestinya mekanik beres ngerti lah ya pas-nya itu segimana. Apa mesti ditekankan juga di SPK?

Dugaan ane CVTnya sama semua kyk DNGA-B yang pakai mesin NR, yakni: Veloxenav W100, Raize non Turbo/Rocky A250, Yaris Cross AC200, Ayla/Agya A350, Vios AC100.
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

Suryaputra wrote: Mon Jan 20, 2025 5:52
msd wrote: Mon Jan 20, 2025 0:57 Pertanyaan: kira-kira untuk ganti oli CVT pertama kali, gapapa kah tanpa flushing? (asumsi Toyota pakai TMO CVT FE, terus dikuras-isi pakai Q8 CVT EVO) Soalnya pernah dengar dilarang keras campur-campur merk oli.
Specnya sama
Q8 cvt evo comply ke FE
marmut wrote: Mon Jan 20, 2025 6:30 transmisi cvt kalo mau awet jangan lebih dari 20rb KM pemakaian olinya, tergantung dari gaya nyetir. makin agresif injek pedal gas, makin cepet usia cvtf.
zonepublic wrote: Mon Jan 20, 2025 7:09Pasang cvt cooler
the-mantal wrote: Mon Jan 20, 2025 7:20klo mo ikut aliran ane ga usah pusing om :
1. ganti oli / oli transmisi / shokbreker di shop n drive atau astra otoservice. harga jauh lebih murah dari bengkel resmi, free jasa lagi. cvt saran ane ttp di 20k (tap n fill cm 2 literan), utk oli mesin terserah deh mau 5k mau 10k... itu mesin udah terbukti awet koq mau ganti tiap 10k jg kayanya ok ok aja.
2. klo perlu ganti yang berat2 kyk bushing2/ fanbelt/ fuel pump/ etc pilihan lsg ke bengkel resmi aja - harga di bengkel resmi itu ngga mahal hitungannya kalau utk urusan begini, dijamin ori lagi spare part nya
3. servis ac - ini ngga tahu deh, karena ane pny mobil ga pernah servis ac hahaha walau kemarin udah 13 tahun pun ac avanza ane adem2 aja. cm rada berisik aja kompresornya.

utk ban di all new avanza, di grup fb udah banyak yg share - ada yg upgrade sampai 205/70/r15 n masih aman sentosa ga gasruk ga mentok pas belok. klo cm 205/65/r15 sih masih masuk banget.
b0ku wrote: Mon Jan 20, 2025 7:49kalo matic tap aja om jgn 40rb mentok 20rb lah kalo mau awet kalo saya emang extreme ganti oli mesin tap oli matic ya cuma nambah 200rb doank juga dan mobil saya emang ganti oli 1thn sekali karena gak dapet 5000km :mky_03:

mau olinya long drain pun mendekati 5000 juga biasa ud gak enak om :mky_03:
ctopher7 wrote: Mon Jan 20, 2025 9:56panda auto recommended kok. kalo yang bukan official store biasa saya beli q8 di aspexsia jg recommended

gapapa beli banyakan buat nyetok bisa dikeep untuk 5 tahun juga, ... untuk intervalnya ikutin suhu suhu sini aja kalo mobilnya mau awet dan di keep lama.
:big_okay:
Segera ane susun ringkasannya habis ini. Mau update di post pertama sudah gak bisa diedit 😅


ctopher7 wrote: Mon Jan 20, 2025 9:56toyota kalo pake common sense dan preventative maintenence untuk ngerawatnya, bakal jadi mobil super boring yang ga bakal jebol jebol. makanya saya sempet vakum 2 tahun buka ni forum gara gara pake fortuner isi bio solar gaperna ada masalah dan kelewat irit pengeluarannya.

... lagian sebulan 3500km cepet itu ...

kalo buat saya lebih menarik backstorynya nih, sama saya juga baru nikah 2 tahunan tapi belom pengen punya anak wkwk. asik banget tuh om kalo pihak wanitanya mau diajak nikah sederhana tanpa undang banyak banyak orang, nikahan jaman skarang saya makin geleng geleng karna ngabisin duit bisa m man habis dalam 1-2 hari. seumur hidup sekali sih, tapi gaada faedahnya juga, yang enak tamunya malah wkwkwk
Masalahnya CVTnya ini yang bikin kepikiran, kadang-kadang kami pilih destinasi roadtrip gak ngecek trek dulu. Yang ane inget berat tuh: Geopark Ciletuh di Pelabuhan Ratu, Resto Estu Sae di lereng Gn. Arjuno, sama Smart Camp Gn. Luhur, tapi masuknya dari Bukit Endah (mestinya kan dari Talaga Saat yah 🥲)

Roadtrip setahun 3.500km (bukan sebulan), kalau ditambah harian, setahun ±10rb km.

Nah, pokoknya kalau ada yang minta nasehat pernikahan ane maju paling depan deh 🤭 Sok merasa paling berpengalaman karena kisah cintanya anti-mainstream, tapi harapannya bisa meyakinkan millenial lainnya untuk berani melawan pakem generasi di atas.
  • Pacaran lama gak menjamin nikah
  • Kita setia gak menjamin pasangan setia
  • Nikah sederhana cukup, kalau orangtua malu sama kolega, persilakan adakan resepsi sendiri, pengantin datang sebagai hadirin aja (gak aktif menyelenggarakan)
  • Gak usah buru-buru beli rumah, asal gak ribut sama ortu/mertua, PMI gak ada salahnya. Kalau ribut ya ngontrak. Uang ditabung aja, beli pakai KPR 5 tahun + DP sebesar mungkin (nah ini banyak yang gak setuju nih, katanya harga rumah naik terus, dll.)
  • Ane malah sejauh ini sepakat baru mau beli rumah setelah anak masuk kuliah
Note: kenapa gak beli rumah cash: biar bank yang ngecek legalitas developer, dan uang dicairkan juga sesuai progress pembangunan.
msd wrote: Mon Jan 20, 2025 3:28
    • Juni lamaran, Juli nikah, baru 3 kali ketemu istri sebelum akad: (1) 23 Maret saat transit di Surabaya, (2) 5 hari roadtrip bareng di Mei, (3) lamaran
Karena ane gak bisa edit post, ralat manual: roadtripnya di Juni (bukan Mei), dari rumah camer ke rumah ortu ane. Ane ke Surabaya bawa mobil, balik ke Jakarta bareng, terus ane antar ke Halim, ybs. pulang naik pesawat.
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Solved - Kesimpulan

Post by msd »

Setelah mengamati dan memikirkan jawaban rekan-rekan SM sekalian, berikut ane rangkum wangsit yang ane dapat dari thread ini:
  1. Ban
    • Ganti ke 205/65 R15 masih muat,
    • Tapi 195/60 R15 sudah nyaman (dan lebih irit)
  2. CVT & CVTF
    • Sebaiknya kuras - isi (tap and fill) CVTF 20rb km sekali
    • Jangan di-flushing, karena bisa menimbulkan efek samping
    • Jika mudah diakses, sekalian ganti CVTF filternya juga
      • Sepertinya mudah ya, coba lihat video berikut mulai menit 11:25-12:45, begitu carter oli dibuka filter langsung terlihat, cukup lepas 2pcs baut 10 langsung bisa diganti
    • Terlanjur beli CVTF 7 liter? Gak masalah, bisa disimpan 5 tahun
    • Q8 CVT EVO tidak masalah bercampur dengan TMO CVT FE
    • Panda Auto Bandung cukup trusted
  3. Oli mesin
    • Sebaiknya ambil long drain
    • Ganti 10rb km sekali tidak masalah
    • Oli mesin harga <Rp100.000/liter patut diragukan keasliannya
  4. AC
    • Rutin ganti filter, maksimal 2 tahun sekali
    • Tidak ada salahnya sesekali flushing refrigerant & oli kompresor
    • Jangan bongkar/cuci evaporator & kondensor jika tidak ada keluhan AC
  5. Perawatan lainnya
    • Saat servis berkala, minta pengencangan baut chassis & kaki-kaki. Pastikan tercantum pada SPK (tidak cukup hanya bilang ke SA)
    • Jika ada nyali, waktu, dan uang, pertimbangkan pasang CVT cooler
    • Diatas 3 tahun, lakukan general check-up part-part slow moving pada kendaraan 1 tahun sekali
    • Sebaiknya bengkel alternatif digunakan untuk penggantian part fast moving saja. Untuk part slow moving, harga bengkel resmi tidak berbeda signifikan + dijamin asli
Dengan demikian topik ini ane anggap solved, namun masukan dan saran lebih lanjut dari rekan-rekan SM sekalian akan tetap ane terima dengan lapang dada 🙏
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11853
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by marmut »

msd wrote: Mon Jan 20, 2025 13:05
Mestinya mekanik beres ngerti lah ya pas-nya itu segimana. Apa mesti ditekankan juga di SPK?

Dugaan ane CVTnya sama semua kyk DNGA-B yang pakai mesin NR, yakni: Veloxenav W100, Raize non Turbo/Rocky A250, Yaris Cross AC200, Ayla/Agya A350, Vios AC100.



mekanik BeRes ngerti?
-> secara teori iya.
pada prakteknya gimana?
-> bikin saya nggak bisa ngomong.

minggu lalu ada yaris overfill 1.4 liter cvtf hasil kerja mekanik handal bengkel resmi.
di kamar sebelah saya pajang foto fellvire, itu mobil overfill hampir 2 liter cvtf-nya hasil kerja mekanik beres yg terhormat.
kalo mau ditulis semua, bisa dibikin novel.

kesimpulannya? anda simpulkan sendiri :big_deal:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

marmut wrote: Mon Jan 20, 2025 19:09
msd wrote: Mon Jan 20, 2025 13:05
Mestinya mekanik beres ngerti lah ya pas-nya itu segimana. Apa mesti ditekankan juga di SPK?

Dugaan ane CVTnya sama semua kyk DNGA-B yang pakai mesin NR, yakni: Veloxenav W100, Raize non Turbo/Rocky A250, Yaris Cross AC200, Ayla/Agya A350, Vios AC100.



mekanik BeRes ngerti?
-> secara teori iya.
pada prakteknya gimana?
-> bikin saya nggak bisa ngomong.

minggu lalu ada yaris overfill 1.4 liter cvtf hasil kerja mekanik handal bengkel resmi.
di kamar sebelah saya pajang foto fellvire, itu mobil overfill hampir 2 liter cvtf-nya hasil kerja mekanik beres yg terhormat.
kalo mau ditulis semua, bisa dibikin novel.

kesimpulannya? anda simpulkan sendiri :big_deal:
setuju....
akhir taun lalu servis di rumah..manggil mekanik beres aja biar bisa saya pantau langsung..
iseng sy tanya...udh pernah dapat kasus cvt avxen jebol ga --> dijawab aman pak asal ganti oli-nya teratur..kalo avxen kan agak ribet pak ga ada dipsticknya...jadi ada SOP-nya khusus :big_think:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

MSU wrote: Tue Jan 21, 2025 0:05
marmut wrote: Mon Jan 20, 2025 19:09
msd wrote: Mon Jan 20, 2025 13:05
Mestinya mekanik beres ngerti lah ya pas-nya itu segimana. Apa mesti ditekankan juga di SPK?

Dugaan ane CVTnya sama semua kyk DNGA-B yang pakai mesin NR, yakni: Veloxenav W100, Raize non Turbo/Rocky A250, Yaris Cross AC200, Ayla/Agya A350, Vios AC100.



mekanik BeRes ngerti?
-> secara teori iya.
pada prakteknya gimana?
-> bikin saya nggak bisa ngomong.

minggu lalu ada yaris overfill 1.4 liter cvtf hasil kerja mekanik handal bengkel resmi.
di kamar sebelah saya pajang foto fellvire, itu mobil overfill hampir 2 liter cvtf-nya hasil kerja mekanik beres yg terhormat.
kalo mau ditulis semua, bisa dibikin novel.

kesimpulannya? anda simpulkan sendiri :big_deal:
setuju....
akhir taun lalu servis di rumah..manggil mekanik beres aja biar bisa saya pantau langsung..
iseng sy tanya...udh pernah dapat kasus cvt avxen jebol ga --> dijawab aman pak asal ganti oli-nya teratur..kalo avxen kan agak ribet pak ga ada dipsticknya...jadi ada SOP-nya khusus :big_think:
ini contohnya klo gak terawat,





jadi emang namanya CVT, bukan robust transmission :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 0:20 ini contohnya klo gak terawat,





jadi emang namanya CVT, bukan robust transmission :big_grin:
emang junk :big_bored:

kapan pada tobat pake 6-15at :big_bored:
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 906
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by tesna »

oli mesin full synt yang bisa ganti 10k km, jangan pake oli atpm deh... innova saya waktu masih garansi bawa oli sendiri tapi ganti di beres (biar garansi tetap berlaku) gitu garansi habis, goodbye beres...

soal atf ya klo saya sih selalu di flush ya per 50rb km (klo ikutin beres sih 80k atau 100k malah) gpp lah atf ga seberapa dibanding OH matic. Jangan lupa ganti filter atf nya sekalian

biar awet, bawa nya kayak lg bawa nenek2 aja, yang haluuuuussss... jamin awet. cvt ga bisa dikasarin/kerja keras. kalau bisa pasang atf cooler do it.

ortu saya ada vellfire 2016 rawatan beres, bawa paling dalem kota, jarang kosong, pasti bawa ortu kl kluar. udah OH matic di odo 50rb, padahal rawatan beres 100%. CVT nya blom sampe putus, tapi klo jalan berdengung. di beres vonis matic ganti 100jt++, akhirnya OH (dikasi rekomendasi sm teknisi beres) kena 40 jt

tapi ya ini hoki2an juga, ortu dulu juga ada alphard 2010, odo sampe 150k aman2 aja.......
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

b0ku wrote: Tue Jan 21, 2025 0:30
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 0:20 ini contohnya klo gak terawat,





jadi emang namanya CVT, bukan robust transmission :big_grin:
emang junk :big_bored:

kapan pada tobat pake 6-15at :big_bored:
setuju wkwk...
padahal ga usah pake cvt....saya dikasi avxen matik 5 speed udh puas...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by b0ku »

MSU wrote: Tue Jan 21, 2025 1:28
b0ku wrote: Tue Jan 21, 2025 0:30
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 0:20 ini contohnya klo gak terawat,





jadi emang namanya CVT, bukan robust transmission :big_grin:
emang junk :big_bored:

kapan pada tobat pake 6-15at :big_bored:
setuju wkwk...
padahal ga usah pake cvt....saya dikasi avxen matik 5 speed udh puas...
malah saya dikasih 4at aja ud sukur kalo sekarang yang penting tuningan bener sama robust mah enak2x aja apalagi mesinnya turbo maen keong kecil biar bosstnya cepet ud deh nikmat itu :big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ilhami »

CVT itu kalau putus, sabuk nya bubar dan menggores pulley nya. Jadi kalau sampai kejadian terpaksa ganti pulley juga.
Tapi sudah ada bengkel yang bisa memperbaikinya.
Kalau untuk merek toyota rasanya diatas 100 rb km ya. Tapi merek honda menurut DM, banyak yang jebol dibawah 100 rb km.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by MSU »

ilhami wrote: Tue Jan 21, 2025 2:14 CVT itu kalau putus, sabuk nya bubar dan menggores pulley nya. Jadi kalau sampai kejadian terpaksa ganti pulley juga.
Tapi sudah ada bengkel yang bisa memperbaikinya.
Kalau untuk merek toyota rasanya diatas 100 rb km ya. Tapi merek honda menurut DM, banyak yang jebol dibawah 100 rb km.
wah kalo di bawah 100rb apa mungkin faktor kurang terawat jg ya
ada tetangga pake mobiloyo rawatan beres...jebol di sktr 180rb km...belum putus cuma pas ganti oli udh ada serpihan infonya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16665
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ChZ »

kenop wrote: Mon Jan 20, 2025 5:37
Ini hrs ngomong sampe di tulis di spk nya, kalo kaga ya liwat aja, pdhl di buku servis ada poin2 cek dan kencengin baut2

Kl soal torsi pas kencenginnya bener apa ngga ya semoga aja bener, pake kunci torsi sih tp setting nya bener apa ngga kan ga tau :big_biglaugh:
sebenernya di buku SOP bengkel resmi itu jelas, tapi ya sering nggak dilakukan aja.

lama, ngejar omset juga. mobil masuk harus cepet cepet keluar. mekaniknya jg model asemreges.

paling enggak ada lebih baik daripada tidak sama sekali om :mky_07: saya ke faktor nggak tega liat mobil dikencengin asal apalagi kuncinya ampe diinjek2 atau disambung pralon. lebih sedih baut dol tiba tiba bikin drama nggak perlu kalo emergency. kerjaan 5 menit jadi 2 jam bisa perkara baut dol.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16665
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ChZ »

marmut wrote: Mon Jan 20, 2025 19:09 mekanik BeRes ngerti?
-> secara teori iya.
pada prakteknya gimana?
-> bikin saya nggak bisa ngomong.

minggu lalu ada yaris overfill 1.4 liter cvtf hasil kerja mekanik handal bengkel resmi.
di kamar sebelah saya pajang foto fellvire, itu mobil overfill hampir 2 liter cvtf-nya hasil kerja mekanik beres yg terhormat.
kalo mau ditulis semua, bisa dibikin novel.

kesimpulannya? anda simpulkan sendiri :big_deal:
CRV dan civic turbo di beres oli mesinnya rata-rata overfill. 3.7 liter diabisin satu galon sekalian. :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Tue Jan 21, 2025 2:14 CVT itu kalau putus, sabuk nya bubar dan menggores pulley nya. Jadi kalau sampai kejadian terpaksa ganti pulley juga.
Tapi sudah ada bengkel yang bisa memperbaikinya.
Kalau untuk merek toyota rasanya diatas 100 rb km ya. Tapi merek honda menurut DM, banyak yang jebol dibawah 100 rb km.
toyota throttle setting nya dibikin gak agresif,
bbrp kali nyoba cvt nya toyota sienta, karakternya kalem klo dari stop and go, mirip HRV RV.
makanya knp HRV Rv dibilang lemot, ya spy lbh awet itu belt nya :big_biglaugh:

klo generasi honda yg keluaran sblm HRV RV,
HRV RU dkk, itu throttle control nya masih agak agresif ya, bisa jadi itu yg bikin sabuk ketarik2,
besi mana bisa melar, makanya putus :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16665
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:28
toyota throttle setting nya dibikin gak agresif,
bbrp kali nyoba cvt nya toyota sienta, karakternya kalem klo dari stop and go, mirip HRV RV.
makanya knp HRV Rv dibilang lemot, ya spy lbh awet itu belt nya :big_biglaugh:

klo generasi honda yg keluaran sblm HRV RV,
HRV RU dkk, itu throttle control nya masih agak agresif ya, bisa jadi itu yg bikin sabuk ketarik2,
besi mana bisa melar, makanya putus :big_biglaugh:
RV, city hatchback, new brio, BRV itu bukan dibuat nggak agresif TCnya. tapi lebih cepet dibuat masuk ke overdrive. krn di overdrive sudah lockup jadi gak bikin panas berlebih. tapi ya lemot. saya rasain TCnya mah sama-sama aja BRV juga agresif2 aja TCnya,

bedanya kalo cruise RV 1.5 nonturbo kayak belum masuk zone torsi udah overdrive duluan. bener si kayak toyota. buru-buru banget masuk overdrive. biar berasa kenceng harus apa? harus tega injeknya supaya transmisi gak mikir kita mau ngirit.

dulu nyetir stock innova diesel 2KD 4at juga turbo blum spooling udah masuk mode overdrive. ekspektasi mobil punya torsi 260Nm kirain kenceng tapi maticnya blo'on abis.

saya ngerasain malah agak mirip dengan karakter civic turbo juga masuk mode overdrive mulu jadi kesannya kayak lugging the engine. bedanya civic turbo memang torsinya lebih besar dari RV jadi yaudah dapet torsi gelindingin aja dan pulse terus kalo butuh. nyalip ya bejek aja. uda biasa bawa kayak gini sekarang.

tapi ya transmisi awet karena nggak bikin panas berlebih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Jan 21, 2025 3:54
Suryaputra wrote: Tue Jan 21, 2025 3:28
toyota throttle setting nya dibikin gak agresif,
bbrp kali nyoba cvt nya toyota sienta, karakternya kalem klo dari stop and go, mirip HRV RV.
makanya knp HRV Rv dibilang lemot, ya spy lbh awet itu belt nya :big_biglaugh:

klo generasi honda yg keluaran sblm HRV RV,
HRV RU dkk, itu throttle control nya masih agak agresif ya, bisa jadi itu yg bikin sabuk ketarik2,
besi mana bisa melar, makanya putus :big_biglaugh:
RV, city hatchback, new brio, BRV itu bukan dibuat nggak agresif TCnya. tapi lebih cepet dibuat masuk ke overdrive. krn di overdrive sudah lockup jadi gak bikin panas berlebih. tapi ya lemot. saya rasain TCnya mah sama-sama aja BRV juga agresif2 aja TCnya,

bedanya kalo cruise RV 1.5 nonturbo kayak belum masuk zone torsi udah overdrive duluan. bener si kayak toyota. buru-buru banget masuk overdrive. biar berasa kenceng harus apa? harus tega injeknya supaya transmisi gak mikir kita mau ngirit.

dulu nyetir stock innova diesel 2KD 4at juga turbo blum spooling udah masuk mode overdrive. ekspektasi mobil punya torsi 260Nm kirain kenceng tapi maticnya blo'on abis.

saya ngerasain malah agak mirip dengan karakter civic turbo juga masuk mode overdrive mulu jadi kesannya kayak lugging the engine. bedanya civic turbo memang torsinya lebih besar dari RV jadi yaudah dapet torsi gelindingin aja dan pulse terus kalo butuh. nyalip ya bejek aja. uda biasa bawa kayak gini sekarang.

tapi ya transmisi awet karena nggak bikin panas berlebih.
iya panas itu memang musuh mekanis dan gasket2an yaa,
termasuk musuh batre #eeaaa (selain frozen cold temp)

biar dibilang ada rentang nya, tetap lah kita klo bisa milih, pilih panas / operating temp yg rentangnya terendah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by sahabatq8 »

Ganti oli CVT penting. Mau di tap , ato flush, mau pake oli murah , oli q8 tetep wajib ganti sesuai kemampuannya. Selain transmisinya emang lebih gak robust, olinya juga biasa umurnya lebih pendek.
Contoh oli Q8 terbaik untuk atf vs cvt. Di eropa
Q8 Auto D VI bisa 240rb km
Q8 CVT EVO cuma di recommend 60rb km

Kondisi jalanan kita lebih banyak stop n go, stop n go buat cvt lebih banyak selip = lebih panas. Jadi usahakan ganti oli minimal 20rb-30rb sekali disesuaikan dengan kualitas olinya kalo mau transmisi umur panjang 200rb + km

Kalo soal mesin toyota cukup badak, most likely transmisinya yang kalah duluan.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Tue Jan 21, 2025 4:41 Ganti oli CVT penting. Mau di tap , ato flush, mau pake oli murah , oli q8 tetep wajib ganti sesuai kemampuannya. Selain transmisinya emang lebih gak robust, olinya juga biasa umurnya lebih pendek.
Contoh oli Q8 terbaik untuk atf vs cvt. Di eropa
Q8 Auto D VI bisa 240rb km
Q8 CVT EVO cuma di recommend 60rb km

Kondisi jalanan kita lebih banyak stop n go, stop n go buat cvt lebih banyak selip = lebih panas. Jadi usahakan ganti oli minimal 20rb-30rb sekali disesuaikan dengan kualitas olinya kalo mau transmisi umur panjang 200rb + km

Kalo soal mesin toyota cukup badak, most likely transmisinya yang kalah duluan.
Iya mirip honda cvt
Yg kaput cvt nya duluan :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

marmut wrote: Mon Jan 20, 2025 19:09mekanik BeRes ngerti? -> secara teori iya.
pada prakteknya gimana? -> bikin saya nggak bisa ngomong.

minggu lalu ada yaris overfill 1.4 liter cvtf hasil kerja mekanik handal bengkel resmi.
di kamar sebelah saya pajang foto fellvire, itu mobil overfill hampir 2 liter cvtf-nya hasil kerja mekanik beres yg terhormat.
kalo mau ditulis semua, bisa dibikin novel.

kesimpulannya? anda simpulkan sendiri :big_deal:
:big_dunno:


MSU wrote: Tue Jan 21, 2025 0:05iseng sy tanya...udh pernah dapat kasus cvt avxen jebol ga --> dijawab aman pak asal ganti oli-nya teratur..kalo avxen kan agak ribet pak ga ada dipsticknya...jadi ada SOP-nya khusus :big_think:
CVT Aveloxia (kok jadi inget Velove Vexia ya) ada dipstick kok. Ane attach video, ada di menit 0:55-1:33.




tesna wrote: Tue Jan 21, 2025 0:42oli mesin full synt yang bisa ganti 10k km, jangan pake oli atpm deh... innova saya waktu masih garansi bawa oli sendiri tapi ganti di beres (biar garansi tetap berlaku) gitu garansi habis, goodbye beres...

... cvt ga bisa dikasarin/kerja keras. kalau bisa pasang atf cooler do it.
sahabatq8 wrote: Tue Jan 21, 2025 4:41Ganti oli CVT penting. Mau di tap , ato flush, mau pake oli murah , oli q8 tetep wajib ganti sesuai kemampuannya. Selain transmisinya emang lebih gak robust, olinya juga biasa umurnya lebih pendek.
Contoh oli Q8 terbaik untuk atf vs cvt. Di eropa
Q8 Auto D VI bisa 240rb km
Q8 CVT EVO cuma di recommend 60rb km

Kondisi jalanan kita lebih banyak stop n go, stop n go buat cvt lebih banyak selip = lebih panas. Jadi usahakan ganti oli minimal 20rb-30rb sekali disesuaikan dengan kualitas olinya kalo mau transmisi umur panjang 200rb + km
Noted, sudah sesuai dengan kesimpulan. Masalah bawa oli sendiri, ane masih kaum mendang-mending, gamau jatah oli gratisnya melayang begitu saja 🤭


tesna wrote: Tue Jan 21, 2025 0:42soal atf ya klo saya sih selalu di flush ya per 50rb km (klo ikutin beres sih 80k atau 100k malah) gpp lah atf ga seberapa dibanding OH matic. Jangan lupa ganti filter atf nya sekalian
Dari pedoman servis 100rb km sekali ganti CVTF.

Sejauh ini sepertinya konsensus mengarah ke kuras-isi (tap and fill) + ganti filter/strainer. Kalau tap & fill biasa mungkin cuma keluar 30%, kalau lepas carter oli untuk ganti filter kyknya minimal 75% keluar tuh oli lama. Menurut saya (let's agree to disagree 🙃) di-flush ini berisiko ngerontokin kotoran sekaligus, akibatnya timbul kendala baru.


tesna wrote: Tue Jan 21, 2025 0:42ortu saya ada vellfire 2016 rawatan beres ... udah OH matic di odo 50rb, padahal rawatan beres 100%. CVT nya blom sampe putus, tapi klo jalan berdengung. di beres vonis matic ganti 100jt++, akhirnya OH (dikasi rekomendasi sm teknisi beres) kena 40 jt
sahabatq8 wrote: Tue Jan 21, 2025 4:41Kalo soal mesin toyota cukup badak, most likely transmisinya yang kalah duluan.
Jadi keparnoan kita masalah CVT sepertinya gak salah-salah amat, ditambah dengan overconfidence Toyota ke CVTnya (dilihat dari super long maintenance schedule).


b0ku wrote: Tue Jan 21, 2025 1:54
MSU wrote: Tue Jan 21, 2025 1:28padahal ga usah pake cvt....saya dikasi avxen matik 5 speed udh puas...
malah saya dikasih 4at aja ud sukur kalo sekarang yang penting tuningan bener sama robust mah enak2x aja apalagi mesinnya turbo maen keong kecil biar bosstnya cepet ud deh nikmat itu :big_biglaugh:
Kalau 4AT kyknya kurang nafas atas, Veloz RWD jalan 120 sudah meraung (gak ingat pasti RPM berapa). Sementara pakai CVT jalan 120 km/jam RPM anteng di 2rb, jalan 160 km/jam rpm di 4rb, diatas 160 saya gak berani (lha kalau bawa keluarga jalan 120 aja sudah kena protes istri, padahal sebelum hamil anak pertama, dia bawa mobil yang sama Malang --> Surabaya lari 140 🤦‍♂️)

Pas lah itu 5AT, 6AT kyknya udah mulai kompleks. Inget dulu:
  • di W221, semua lineup pakau 7G-Tronic, model V12 ditahan pakai 5G-Tronic
  • di W222, semua lineup pakai 9G-Tronic, model V12 ditahan pakai 7G-Tronic
  • di W223, barulah semua lineup pakai 9G-Tronic
Ngomong-ngomong turbo, kira-kira seberapa kompleks swap Avanza 1NR-FE ke 1KR-VET ya? Kan udah dipakai Raize 😁


ChZ wrote: Tue Jan 21, 2025 3:07sebenernya di buku SOP bengkel resmi itu jelas, tapi ya sering nggak dilakukan aja.

lama, ngejar omset juga. mobil masuk harus cepet cepet keluar. mekaniknya jg model asemreges.
paling enggak ada lebih baik daripada tidak sama sekali om :mky_07:
Nah ini, pernah kejadian di mobil COP ortu, habis servis di beres yang melibatkan rotasi ban, sepertinya dudukan ban serep gak dikencangkan dengan benar. Lepas di jalan + mencelakai orang lain. Driver ortu baru sadar pas mampir ke masjid, sehabis shalat balik lagi lah nyusuri jalan dan ketemu jatuhnya dimana (entah gimana caranya). Ban serep sudah hilang, tapi kata warga setempat ada motor yang jatuh gara-gara ban tersebut. Besoknya ditelpon lah Operation Manager DKI I TAM-TSO + Branch Manager A2K Sunter, dan sepertinya jadi meeting besar masalah SOP ini.

Pernah juga klaim asuransi H+10 lebaran, B&P ramai kyk pasar. Memang sih ane gak ngantri (sudah ditunggu surveyor & setelahnya langsung didudukin di meja SA), tapi kualitas kerjanya bermasalah. Pas ambil unit, karet bawah bumper depan + mudguard FR LH (non OEM) lupa dipasang. Pucat tuh SA pas ane tanyai (kemana kedua part tsb.).


ChZ wrote: Tue Jan 21, 2025 3:54kayak toyota. buru-buru banget masuk overdrive. biar berasa kenceng harus apa? harus tega injeknya supaya transmisi gak mikir kita mau ngirit.

dulu nyetir stock innova diesel 2KD 4at juga turbo blum spooling udah masuk mode overdrive. ekspektasi mobil punya torsi 260Nm kirain kenceng tapi maticnya blo'on abis.
Kalau di keluarga DNGA CVT ada mode S. Jadi bahan lelucon nih sama istri, kalau ane cukup rajin bolak-balik D <-> S kalau mau overtake, nanjak, dll., istri anteng aja di D tapi gas dibejek. Kyknya CVT (dan 4AT) selama gas gak dibejek, sengaja dibiarin main di RPM rendah biar kelihatan irit. Kalau gasnya dibejek dituduh kakinya gak sekolah, padahal kan "I paid for the whole tachometer, so I'm gonna use the whole tachometer" 😋
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by m4rio »

msd wrote: Sun Jan 19, 2025 20:13 TL;DR: Untuk ringkasnya, silakan baca yang berwarna biru saja 😌

Selamat pagi agan-agan, salam kenal dengan ane member baru SM 🙏
(di SM kata sapa-nya apa sama kyk Kaskus atau ada istilah tertentu?)
Sudah kurang lebih setahun jadi silent reader sejak dapat wangsit 'jangan terlalu nurut bengkel resmi' dari kolega, akhirnya cari-cari informasi di internet dan sering baca forum ini. Karena sudah kebelet mau bertanya, akhirnya daftar juga.

Awal mula beli mobil, karena terlanjur nabung cukup banyak untuk nikahin pacar 12 tahun (2010-2022), eh ternyata diselingkuhi 🥲 (lho malah curhat). Akhirnya gelap mata, tabungan nikah dipakai beli mobil, cash... 😁😁😁 Waktu itu mau ambil Cortez, tapi ortu ane yang kerja di TMMIN gak enak sama rekan sekantor.

Isenglah ane minta mobil jadi-jadian: Avanza 1.3E CVT (dulu E CVT ngga ada di katalog, sekarang sudah ada, mungkin demand-nya tinggi). Eh ternyata ketemu... plus dikasih bonus lampu belakang Veloz + velg Veloz R17 + electric retract. Ane balikin velg Veloz, minta tukar dengan AC auto-nya Veloz aja. Mobil nginap 2 minggu dan kembali dalam keadaan AC masih sama, tapi velg balik ke R15 Avanza E 🙃 Ternyata gak semudah itu ganti modul AC, mungkin beda dengan pasang modul electric retract spion.

Karena faktor pekerjaan ortu itu jugalah selama ini ane selalu nurut sama bengkel resmi urusan servis, apalagi awalnya dibuat terlena dengan gratis 7x servis berkala (1, 10, 20, ..., 60rb km). Tiba-tiba kolega info kalau TMO 10W-40 gak rekomen untuk interval servis 10rb KM... ane coba nurut + upgrade ke 0W-20, hasilnya memang ternyata bensin hemat, dan oli bekas gak terlalu hitam.

Maintenance mobil ane saat ini:
  • servis berkala tiap 10rb KM di beres sesuai pedoman servis, upgrade TMO 10W-40 ke TMO 0W-20 (bayar 2 liter), ekstra chamber clean
  • tiap 5rb KM (25, 35, dst.) ganti oli mesin, biasanya pakai Shell City Car 0W-20
Upgrade oli dan ganti tiap 5rb cukup berpengaruh ke konsumsi BBM. Data dari MID: non tol 1:11 --> 1:13, tol 1:16 --> 1:22, BBM Pertalite. Kebetulan dapat mertua orang Surabaya, jadi setahun roadtrip ±3.5rb km (nataru + ultah bumer, biasanya ke Malang, Pacitan, dst., lebaran + kampung halaman bumer-pamer Madiun-Tuban). Uang terpakai untuk nombok oli masih masuk lah dibanding penghematan BBMnya.

Nah, berhubung sekarang posisi odometer sudah menunjukkan 39rb km, ane mau lapor sama istri untuk mulai nabung untuk hal-hal berikut:
  1. Ganti ban, rencana upgrade ke Turanza T005A 205/65 R15. Lebar velg Avanza = 6.5", menurut tabel ini masih rekomen.
    Image
    Berdasarkan percobaan, diameter luar velg + ban maksimal 660mm (225/45 R18), diatas itu akan gasruk jika menikung di turunan (jika menikung di jalan datar, atau turun tanpa menikung, tidak gasruk), sementara diameter luar 205/65 R15 = 647.5mm.

  2. Ganti oli CVT, sudah tanya-tanya bengkel resmi untuk ganti sekalian di servis berkala 40rb km, ditolak mentah-mentah, katanya 'tidak perlu'...
    • Sebenarnya apa memang perlu ganti 40rb km sekali? Harapannya supaya mobil awet.
    • Cukup ganti saja, atau perlu sampai diflushing?
    • Ada rekomendasi bengkel?
    • Ada rekomendasi oli? Sementara ini rencananya pakai Q8 CVT EVO. Harganya memang mencekik, tapi biasanya lepas Plumbon sampai Kalikangkung, atau dari Limo sampai Soetta via JORR 2, ane sering lari 140-160 km/jam. Terkadang tercium bau hangus yang ane duga berasal dari CVT. Ane khawatir umur CVT jadi pendek, dan berharap oli mahal = berkualitas = mencegah kerusakan dini.
  3. Rencananya setelah habis jatah GBSB, mau stop ganti oli tiap 5rb km sekali, tapi olinya diupgrade ke yang tahan 10rb km, misalnya PTT Performa Synthetic 0W-20. BTW, sebenarnya lebih baik mana:
    • pakai oli bagus kyk PTT Performa Synthetic, Motul H-Tech 100+, Total Quartz 9000, diganti setiap 10rb km, atau
    • pakai oli yang biasa-biasa aja kyk TMO, Shell City Car, Fastron EcoGreen, tapi diganti setiap 5rb km?
  4. Cek AC di Herry Auto Cool, sepertinya bengkelnya cukup direkomendasikan member SM
    ryzen1950x wrote: Sat Dec 23, 2023 14:35Boleh diliat, Herry Auto Cool. Temen saya service ac mobilnya di sana hasil nya cukup memuaskan.
    R32GTR wrote: Wed Jan 31, 2024 16:57Emang bagus, liat aja reviewnya di google bintang 5, jarang2 itu.
Selain 4 item diatas, apa ada lagi hal-hal yang perlu diperhatikan/dicek/diservis rutin, asumsi ane tetap servis 10rb km sekali di bengkel resmi sesuai pedoman servis?

Sebelumnya ane ucapkan terima kasih atas perhatian dan kesediaan agan-agan sekalian untuk sharing dengan newbie 🙏



kalo saran dan pendapat dari ane :
Point 1 : Masalah ban ane no comment deh.
Point 2: Ganti oli matic itu mutlak, klo baru 40rb km, ganti aja gk usah flush.
Soal bau hangus itu harusnya dari CC, gk da hub ama matic sih.
Point 3 : Soal Oli ane prefer, oli sedeng ( Mid - High ) aja tapi 5rb km, gerobak ane 200k km pake oli OEM ganti selalu 5k km, masih tokcer.
Point 4 : soal AC kalo ane pribadi 1 tahun 1x, Flushing Freon, ganti oli kompressor, dll printilan kecil ( Filter kabin, dll )
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by b0ku »

msd wrote: Tue Jan 21, 2025 4:54
Kalau 4AT kyknya kurang nafas atas, Veloz RWD jalan 120 sudah meraung (gak ingat pasti RPM berapa). Sementara pakai CVT jalan 120 km/jam RPM anteng di 2rb, jalan 160 km/jam rpm di 4rb, diatas 160 saya gak berani (lha kalau bawa keluarga jalan 120 aja sudah kena protes istri, padahal sebelum hamil anak pertama, dia bawa mobil yang sama Malang --> Surabaya lari 140 🤦‍♂️)

Pas lah itu 5AT, 6AT kyknya udah mulai kompleks. Inget dulu:
  • di W221, semua lineup pakau 7G-Tronic, model V12 ditahan pakai 5G-Tronic
  • di W222, semua lineup pakai 9G-Tronic, model V12 ditahan pakai 7G-Tronic
  • di W223, barulah semua lineup pakai 9G-Tronic
Ngomong-ngomong turbo, kira-kira seberapa kompleks swap Avanza 1NR-FE ke 1KR-VET ya? Kan udah dipakai Raize 😁

iya unggulnya banyak gigi gitu om bisa maen ratio pendek tapi top speed gak kesunat........ :mky_03:

ini 4at galau kalo ratio pendek accl kenceng top speed mutung, kalo panjang accl mutung top speed belom tentu dapet yang unggul cuma kalo jalan di tol kayak tranjawa aja bensin bisa irit karena bisa RPM rendah speed tinggi....... :mky_03:

harusnya mountingnya sama om tinggal plek PNP :big_think:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by ilhami »

Untuk 4AT sudah terlalu jadul untuk ukuran sekarang. Konsumsi bbm nya akan boros.

Tapi cvt rasanya sering maju mundur ya. Injak gas dikit RPM langusung naik tinggi.
User avatar
msd
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Jan 19, 2025 17:36
Location: Bandung
Daily Vehicle: Avanza E 2022

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by msd »

m4rio wrote: Tue Jan 21, 2025 5:12kalo saran dan pendapat dari ane :
Point 1 : Masalah ban ane no comment deh.
Point 2: Ganti oli matic itu mutlak, klo baru 40rb km, ganti aja gk usah flush.
Soal bau hangus itu harusnya dari CC, gk da hub ama matic sih.
Point 3 : Soal Oli ane prefer, oli sedeng ( Mid - High ) aja tapi 5rb km, gerobak ane 200k km pake oli OEM ganti selalu 5k km, masih tokcer.
Point 4 : soal AC kalo ane pribadi 1 tahun 1x, Flushing Freon, ganti oli kompressor, dll printilan kecil ( Filter kabin, dll )
Siip :big_deal: Sejauh ini sudah termaktub dalam kesimpulan.


b0ku wrote: Tue Jan 21, 2025 5:14iya unggulnya banyak gigi gitu om bisa maen ratio pendek tapi top speed gak kesunat........ :mky_03: ini 4at galau kalo ratio pendek accl kenceng top speed mutung, kalo panjang accl mutung top speed belom tentu dapet yang unggul cuma kalo jalan di tol kayak tranjawa aja bensin bisa irit karena bisa RPM rendah speed tinggi....... :mky_03:

harusnya mountingnya sama om tinggal plek PNP :big_think:
Minusnya di keandalan ekekeke.

Tapi jarang ya ane liat Avanza swap 1NR/2NR-FE ke 1KR-VET. Kalau Reborn swap 2GD ke 1GD banyak.


ilhami wrote: Tue Jan 21, 2025 5:59Untuk 4AT sudah terlalu jadul untuk ukuran sekarang. Konsumsi bbm nya akan boros.

Tapi cvt rasanya sering maju mundur ya. Injak gas dikit RPM langusung naik tinggi.
Seperti kata agan b0ku, akselerasi wajar = top speed rendah, RPM tinggi, BBM boros. Mau hemat = RPM rendah, akselerasi payah, top speed secara teori tinggi, tapi gak bisa diraih diluar tol lurus, sepi, dan panjang (karena payahnya akselerasi).

CVT saat agan injak gas, rationya langsung berubah, RPM naik tapi speed diem aja. Jika gas gak agan lepas, barulah dia mulai akselerasi.
Kalau AT, kenaikan RPM akan langsung diikuti kenaikan speed, karena ratio-nya segitu-segitu aja selama dia gak auto downshift.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Merawat Avanza CVT agar Awet 10++ Tahun

Post by b0ku »

msd wrote: Tue Jan 21, 2025 6:20 Minusnya di keandalan ekekeke.

Tapi jarang ya ane liat Avanza swap 1NR/2NR-FE ke 1KR-VET. Kalau Reborn swap 2GD ke 1GD banyak.


jujur si om kalo mobil cuma di treat sebagai kaki doank gak ngarepin performa mah mendingan N/A aja om kompresi pastiin 10.5 kebawah ud tinggal isi pertamax 92 bp92 atau shell super 92 juga cukup

kalo saya si sampe dapet ayla 1.2 atau raize ud pasti saya isi pertamax turbo kalo 1.2 karena kompresi tinggi raize karena turbo

pusing om mobil turbo ud minta bensin bergizi panasnya itu juga bikin was2x, ini aja saya malah incer land cruiser buat gantiin dakar V8 tapi isi pertalite atau premium pun bisa biarpun ya prakteknya isi ron 92 aja :mky_03: