W212 Mercy tua yg msh berkelas

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

ctopher7 wrote: Sat Dec 28, 2024 6:24
om tesna ada denger tentang masalah oli merayap lewat wiring harness sampe bisa basahin socket komponen lain? sperti ecu, kompresor, alternator? disebabin karena camshaft sensor magnet dan cam position sensor ada crack

baru nyari nyari ttg ini dan ktemu salah satu thread di mbworld bahas ini https://mbworld.org/forums/e-class-w212 ... ing-2.html

salah satu org indo yang jadi suhu disitu jg ada ikutan nimbrung, dan beliau spertinya ngerjain preventifnya sndiri. solusinya spertinya cukup simpel, cuman nambahin harness yang bisa dibeli dari fcpeuro

https://www.benzworld.org/threads/oil-i ... p.3111556/
https://www.fcpeuro.com/products/merced ... 56#fitment
iya engine oil in wiring harness api sih aneh sih masa kabel gitu bisa merambat ke ecu ya ehhehe, saya sih blom beli itu harness, klo blom beli saya nitip jg dong kan jadi hemat ongkir.

iya fcpeuro oke koq, tapi situ buknnya punya mesin M274 ya, hrsnya cuman 2 pcs aja. :mky_01: udah pasti sampe koq, udah bbrp kali saya order fcpeeuro kekekeke. yang pasti sih, tiap bbrp lama di cek aja make sure aja ga ada yang meler2 oli...

soal master surya, saya udah kopdar sm dia huahuauha emang super suhu dia, w212 E400 nya kondisinya SUPER IMMACULTE, punya tool2 yang ga punya di kebanyakan bengkel, super knowledgeable deh. itu kan saya maintenance2 ganti2 part atas dasar rekomendasi beliau juga. banyak belajar bgt saya dr mbworld itu, saya ada thread panjang disitu bahas masalah mobil saya (sempet ga lolos uji emisi HAHAHAAH)
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

KielConstantine wrote: Sat Dec 28, 2024 8:48
Bbrapa bulan lalu (sekitar sept-oktober) ane sempet check unit w212 E400 FL (individu, bukan showroom) kaya gitu gejalanya om. Pas idle ada bunyi geter2 diabolical dari ruang mesin bagian depan. Posisi dibawah intake sebelah kiri . Keknya banyak pulley2 gitu mungkin oblak. Di gas ilang suaranya, pas idle geterr lagi

Pdhl odo masih 50 ribuan. Mobil umur 10 tahun (vin 2014)

Pas nyoba di tarik gaspol sih tenaga kluar smua 300hp. Kaga boong lah V6 twin turbo sadis banget. Interior jg cenderung mint; cuman ada sunburn aja di layar LCD head unit (kek nya ini masalah klasik merkedes)

Dari ownernya buka 475, dikasih harga final 430jt nett pajak idup sampe 2025. Tapi akhirnya ane mundur teratur sih takut ahh :big_biglaugh:

Image

Image

Image

Image

Image

Tuh engine V6 twin-turbo. Intake nya ada 2 jadinya kiri-kanan .. yg posisi sebelah kiri bawah (depan korsi penumpang depan) asal bunyi2 nya
ini mesin sih enak bgt, saya udah coba bawa GLS400 dengan mesin yang sama, di body segede gaban aja ENAK BUANGET... gimana ditaro di badan yg kecilan.... cuman perawatan harus teliti, ini busi harus ori, dan ngencenginnya harus pake kunci torsi biar ngadep nya bener.... serta pernak pernik lainnya. kayaknya masalah lain itu timing chain tensioner jg.

di forum luar sana sih M276 ini jauh lebih reliable dari M274 ya, tapi klo di bengkel / user di indonesia banyak yg blg M276 ini rewel. Klo mau punya M276 ini hrs sering main2 di forum luar jadi tau apa common issue dan preventative maintenance. Scanner MB spesific jg perlu sih buat ngerawat mobil tua dan canggih ini........ saya klo ada kesempatan (baca: duit) pengen koq upgrade dari E300 ke W212 E400...
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: Mon Dec 30, 2024 2:28
KielConstantine wrote: Sat Dec 28, 2024 8:48
Bbrapa bulan lalu (sekitar sept-oktober) ane sempet check unit w212 E400 FL (individu, bukan showroom) kaya gitu gejalanya om. Pas idle ada bunyi geter2 diabolical dari ruang mesin bagian depan. Posisi dibawah intake sebelah kiri . Keknya banyak pulley2 gitu mungkin oblak. Di gas ilang suaranya, pas idle geterr lagi

Pdhl odo masih 50 ribuan. Mobil umur 10 tahun (vin 2014)

Pas nyoba di tarik gaspol sih tenaga kluar smua 300hp. Kaga boong lah V6 twin turbo sadis banget. Interior jg cenderung mint; cuman ada sunburn aja di layar LCD head unit (kek nya ini masalah klasik merkedes)

Dari ownernya buka 475, dikasih harga final 430jt nett pajak idup sampe 2025. Tapi akhirnya ane mundur teratur sih takut ahh :big_biglaugh:

Image

Image

Image

Image

Image

Tuh engine V6 twin-turbo. Intake nya ada 2 jadinya kiri-kanan .. yg posisi sebelah kiri bawah (depan korsi penumpang depan) asal bunyi2 nya
ini mesin sih enak bgt, saya udah coba bawa GLS400 dengan mesin yang sama, di body segede gaban aja ENAK BUANGET... gimana ditaro di badan yg kecilan.... cuman perawatan harus teliti, ini busi harus ori, dan ngencenginnya harus pake kunci torsi biar ngadep nya bener.... serta pernak pernik lainnya. kayaknya masalah lain itu timing chain tensioner jg.

di forum luar sana sih M276 ini jauh lebih reliable dari M274 ya, tapi klo di bengkel / user di indonesia banyak yg blg M276 ini rewel. Klo mau punya M276 ini hrs sering main2 di forum luar jadi tau apa common issue dan preventative maintenance. Scanner MB spesific jg perlu sih buat ngerawat mobil tua dan canggih ini........ saya klo ada kesempatan (baca: duit) pengen koq upgrade dari E300 ke W212 E400...
sikat om tesna E400, kayanya ga mungkin nyesel. di ML400 aja enak sih mesin 400 ini, mungkin kk saya aja yg ngerawatnya kurang :big_biglaugh:
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

farizfsa wrote: Mon Dec 30, 2024 4:56
sikat om tesna E400, kayanya ga mungkin nyesel. di ML400 aja enak sih mesin 400 ini, mungkin kk saya aja yg ngerawatnya kurang :big_biglaugh:
UUD, masih kaum mendang mending, harganya lebih dari 2x E300 saya jadi mikir nya harus keras bgt, nambah dikit lagi dapet W213 (walau cuman E300) hahahahah jadi nikmati dulu yang ada aja dhe, mesinnya dah suehaat bener ni w212 saya wkkwkwkwk. kecuali ya itu tiba2 ketiban duit banyak benerrrr baru deh ga mikir2 lagi (klo gini ambil E63 sekalian deh)

tp serius terakhir dibawa ke bandung I wish there is more power to my E300........ naik kijang lebih ngejambak rasanya :mky_07: nah pas bawa GLS400 itu ngerasain sensasi yg mirip (jambakannya)... maybe I'm addicted to turbo already wahahahahah.. so effortless.

diambil positifnya saja, N/A maintenis nya pasti lebih murah dr turbo ya khannn
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: Mon Dec 30, 2024 8:21
farizfsa wrote: Mon Dec 30, 2024 4:56
sikat om tesna E400, kayanya ga mungkin nyesel. di ML400 aja enak sih mesin 400 ini, mungkin kk saya aja yg ngerawatnya kurang :big_biglaugh:
UUD, masih kaum mendang mending, harganya lebih dari 2x E300 saya jadi mikir nya harus keras bgt, nambah dikit lagi dapet W213 (walau cuman E300) hahahahah jadi nikmati dulu yang ada aja dhe, mesinnya dah suehaat bener ni w212 saya wkkwkwkwk. kecuali ya itu tiba2 ketiban duit banyak benerrrr baru deh ga mikir2 lagi (klo gini ambil E63 sekalian deh)

tp serius terakhir dibawa ke bandung I wish there is more power to my E300........ naik kijang lebih ngejambak rasanya :mky_07: nah pas bawa GLS400 itu ngerasain sensasi yg mirip (jambakannya)... maybe I'm addicted to turbo already wahahahahah.. so effortless.

diambil positifnya saja, N/A maintenis nya pasti lebih murah dr turbo ya khannn
kalo urusan ke bandung toll cipularang sih, mobil N/A 3000cc ttp ada megap2 nya ya dibanding 2000cc turbo entah kenapa, karena kan ya namanya juga forced induction, udara dipaksa masuk pasti lebih nafas.

saya kl bawa alphard 2.5 di cipularang ya manfaatin momentum aja biar ga keteteran :big_biglaugh:

E300 W213.. ergh, mobil enak sih tp ada aja errornya, steering column ga bs jalan, jok elektrik suka error :big_biglaugh: makanya pindah haluan ke bmw dulu lol

tmn baru ambil GLA baru, fresh, km masih 23 perak, kaki2 kriyet2 udah, lewat poldur ngak nguk, S450 W223 km 17rb 2022, engine mounting udah pada jebol padahal bawa di jakarta2 aja. 36 juta rapihinnya hahahaha. tmn bawa kiri kanan kata bengkel mersih di radal udh kedatengan w223 4 biji kasus sama. electric seat jg suka error, untung kaya raya dia, kesal beli BMW X7. :big_biglaugh:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ctopher7 »

tesna wrote: Mon Dec 30, 2024 2:20
iya engine oil in wiring harness api sih aneh sih masa kabel gitu bisa merambat ke ecu ya ehhehe, saya sih blom beli itu harness, klo blom beli saya nitip jg dong kan jadi hemat ongkir.

iya fcpeuro oke koq, tapi situ buknnya punya mesin M274 ya, hrsnya cuman 2 pcs aja. :mky_01: udah pasti sampe koq, udah bbrp kali saya order fcpeeuro kekekeke. yang pasti sih, tiap bbrp lama di cek aja make sure aja ga ada yang meler2 oli...

soal master surya, saya udah kopdar sm dia huahuauha emang super suhu dia, w212 E400 nya kondisinya SUPER IMMACULTE, punya tool2 yang ga punya di kebanyakan bengkel, super knowledgeable deh. itu kan saya maintenance2 ganti2 part atas dasar rekomendasi beliau juga. banyak belajar bgt saya dr mbworld itu, saya ada thread panjang disitu bahas masalah mobil saya (sempet ga lolos uji emisi HAHAHAAH)
iya saya jg bingung kok bisa oli merambat lewat kabel, tapi ini ga kejadian di merc doang, mobil bikinan gm katanya banyak yang gini jg

perlu 4 soalnya 2 untuk cam positioning sensor, 2 untuk cam solenoid
IMG_4597.jpeg
kalo v6 perlu 8 spertinya, soalnya kyk punya saya di x2 (kiri kanan)
baca baca yang v8 jg sama sih 8

yah sorry bgt om saya punya uda shipped, emang kampret shippingnya ampir seharga kabelnya :big_slap: harga barang 60an, total harga 110an usd. nextnya kalo saya mau beli lagi saya pm ya

kapan kapan kalo kopdar lagi ikutan yah om, biar bisa nambah ilmu jg :mky_02:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ctopher7 »

farizfsa wrote: Mon Dec 30, 2024 8:32
kalo urusan ke bandung toll cipularang sih, mobil N/A 3000cc ttp ada megap2 nya ya dibanding 2000cc turbo entah kenapa, karena kan ya namanya juga forced induction, udara dipaksa masuk pasti lebih nafas.

saya kl bawa alphard 2.5 di cipularang ya manfaatin momentum aja biar ga keteteran :big_biglaugh:

E300 W213.. ergh, mobil enak sih tp ada aja errornya, steering column ga bs jalan, jok elektrik suka error :big_biglaugh: makanya pindah haluan ke bmw dulu lol

tmn baru ambil GLA baru, fresh, km masih 23 perak, kaki2 kriyet2 udah, lewat poldur ngak nguk, S450 W223 km 17rb 2022, engine mounting udah pada jebol padahal bawa di jakarta2 aja. 36 juta rapihinnya hahahaha. tmn bawa kiri kanan kata bengkel mersih di radal udh kedatengan w223 4 biji kasus sama. electric seat jg suka error, untung kaya raya dia, kesal beli BMW X7. :big_biglaugh:
:big_dunno: best or nothing spertinya sudah jadi nothing, jadi sedih dulu almarhum bokap punya w124 harusnya di keep aja ya sampe skrg
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

ctopher7 wrote: Mon Dec 30, 2024 23:44
tesna wrote: Mon Dec 30, 2024 2:20
iya engine oil in wiring harness api sih aneh sih masa kabel gitu bisa merambat ke ecu ya ehhehe, saya sih blom beli itu harness, klo blom beli saya nitip jg dong kan jadi hemat ongkir.

iya fcpeuro oke koq, tapi situ buknnya punya mesin M274 ya, hrsnya cuman 2 pcs aja. :mky_01: udah pasti sampe koq, udah bbrp kali saya order fcpeeuro kekekeke. yang pasti sih, tiap bbrp lama di cek aja make sure aja ga ada yang meler2 oli...

soal master surya, saya udah kopdar sm dia huahuauha emang super suhu dia, w212 E400 nya kondisinya SUPER IMMACULTE, punya tool2 yang ga punya di kebanyakan bengkel, super knowledgeable deh. itu kan saya maintenance2 ganti2 part atas dasar rekomendasi beliau juga. banyak belajar bgt saya dr mbworld itu, saya ada thread panjang disitu bahas masalah mobil saya (sempet ga lolos uji emisi HAHAHAAH)
iya saya jg bingung kok bisa oli merambat lewat kabel, tapi ini ga kejadian di merc doang, mobil bikinan gm katanya banyak yang gini jg

perlu 4 soalnya 2 untuk cam positioning sensor, 2 untuk cam solenoid
IMG_4597.jpeg
kalo v6 perlu 8 spertinya, soalnya kyk punya saya di x2 (kiri kanan)
baca baca yang v8 jg sama sih 8

yah sorry bgt om saya punya uda shipped, emang kampret shippingnya ampir seharga kabelnya :big_slap: harga barang 60an, total harga 110an usd. nextnya kalo saya mau beli lagi saya pm ya

kapan kapan kalo kopdar lagi ikutan yah om, biar bisa nambah ilmu jg :mky_02:
Kl beli di fcpeuro mending beli agak banyakan. Sy stock filter udara oli ac x 5 v belt dll kotak boks gede bgt ttp aja kirim 60-70 usd.total belanja 600usd
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by mr_mytplx »

farizfsa wrote: Mon Dec 30, 2024 8:32
kalo urusan ke bandung toll cipularang sih, mobil N/A 3000cc ttp ada megap2 nya ya dibanding 2000cc turbo entah kenapa, karena kan ya namanya juga forced induction, udara dipaksa masuk pasti lebih nafas.

saya kl bawa alphard 2.5 di cipularang ya manfaatin momentum aja biar ga keteteran :big_biglaugh:

E300 W213.. ergh, mobil enak sih tp ada aja errornya, steering column ga bs jalan, jok elektrik suka error :big_biglaugh: makanya pindah haluan ke bmw dulu lol

tmn baru ambil GLA baru, fresh, km masih 23 perak, kaki2 kriyet2 udah, lewat poldur ngak nguk, S450 W223 km 17rb 2022, engine mounting udah pada jebol padahal bawa di jakarta2 aja. 36 juta rapihinnya hahahaha. tmn bawa kiri kanan kata bengkel mersih di radal udh kedatengan w223 4 biji kasus sama. electric seat jg suka error, untung kaya raya dia, kesal beli BMW X7. :big_biglaugh:
W223 nya yg 2022 ga diclaim garansi om? mstnya kan msh bisa.
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

mr_mytplx wrote: Tue Dec 31, 2024 0:05
farizfsa wrote: Mon Dec 30, 2024 8:32
kalo urusan ke bandung toll cipularang sih, mobil N/A 3000cc ttp ada megap2 nya ya dibanding 2000cc turbo entah kenapa, karena kan ya namanya juga forced induction, udara dipaksa masuk pasti lebih nafas.

saya kl bawa alphard 2.5 di cipularang ya manfaatin momentum aja biar ga keteteran :big_biglaugh:

E300 W213.. ergh, mobil enak sih tp ada aja errornya, steering column ga bs jalan, jok elektrik suka error :big_biglaugh: makanya pindah haluan ke bmw dulu lol

tmn baru ambil GLA baru, fresh, km masih 23 perak, kaki2 kriyet2 udah, lewat poldur ngak nguk, S450 W223 km 17rb 2022, engine mounting udah pada jebol padahal bawa di jakarta2 aja. 36 juta rapihinnya hahahaha. tmn bawa kiri kanan kata bengkel mersih di radal udh kedatengan w223 4 biji kasus sama. electric seat jg suka error, untung kaya raya dia, kesal beli BMW X7. :big_biglaugh:
W223 nya yg 2022 ga diclaim garansi om? mstnya kan msh bisa.
Kayanya udh di benerin, kambuh lg haha
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by mr_mytplx »

farizfsa wrote: Tue Dec 31, 2024 0:15
Kayanya udh di benerin, kambuh lg haha
wah parah. :big_dunno:
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

farizfsa wrote: Mon Dec 30, 2024 8:32

kalo urusan ke bandung toll cipularang sih, mobil N/A 3000cc ttp ada megap2 nya ya dibanding 2000cc turbo entah kenapa, karena kan ya namanya juga forced induction, udara dipaksa masuk pasti lebih nafas.

saya kl bawa alphard 2.5 di cipularang ya manfaatin momentum aja biar ga keteteran :big_biglaugh:

E300 W213.. ergh, mobil enak sih tp ada aja errornya, steering column ga bs jalan, jok elektrik suka error :big_biglaugh: makanya pindah haluan ke bmw dulu lol

tmn baru ambil GLA baru, fresh, km masih 23 perak, kaki2 kriyet2 udah, lewat poldur ngak nguk, S450 W223 km 17rb 2022, engine mounting udah pada jebol padahal bawa di jakarta2 aja. 36 juta rapihinnya hahahaha. tmn bawa kiri kanan kata bengkel mersih di radal udh kedatengan w223 4 biji kasus sama. electric seat jg suka error, untung kaya raya dia, kesal beli BMW X7. :big_biglaugh:
betul juga ya klo di ketinggian turbo punya advantage, pantes rada berasa bolot..

vellfire 2.5 saya jg pernah pake trans java... saya pikir ah udah lah sm keluarga santai2 aja, cruise control di tol... tapi pas di jogja nanjak2, megap2 dia.. nyaris ga kuat nanjak ke tumpeng menoreh, mana fwd, cvt pula, dah lah abis itu kali terakhir saya pinjem itu mobil, kluar kota pake kijang sajaaaaahhhh. dulu jg bokap pernah punya alphard yg 3.5L, ini baru cocok buat body segede gaban gitu, konsumsi bbm sama2 aja, tapi kepuasan ngegas beda jauh, ga CVT pula... tapi tetep FWD sih nanjak2 extreme pasti slip2... (yea alphard itu mobil buat ke mol saja)

pengganti kijang nanti harus minimal RWD juga, atau lebih baik AWD :P

W213 bapak saya jg udah error itu steering column nya, tapi bengkel spesialis udah bisa benerin sih karena ini emang sangat umum terjadi (katanya sih ga cuman w213 doang). dibenerin kena 1 jt klo ga salah.

GLA ko gitu ya, apa karena FWD based? klo S class sih gile 36 jt for engine mounting? engine mountingnya airsus kali yah
ctopher7 wrote: Mon Dec 30, 2024 23:44

iya saya jg bingung kok bisa oli merambat lewat kabel, tapi ini ga kejadian di merc doang, mobil bikinan gm katanya banyak yang gini jg

perlu 4 soalnya 2 untuk cam positioning sensor, 2 untuk cam solenoid
IMG_4597.jpeg
kalo v6 perlu 8 spertinya, soalnya kyk punya saya di x2 (kiri kanan)
baca baca yang v8 jg sama sih 8

yah sorry bgt om saya punya uda shipped, emang kampret shippingnya ampir seharga kabelnya :big_slap: harga barang 60an, total harga 110an usd. nextnya kalo saya mau beli lagi saya pm ya

kapan kapan kalo kopdar lagi ikutan yah om, biar bisa nambah ilmu jg :mky_02:
oh iya, gawat punya saya harus beli 8 biji dong. hahahaha klo gitu nanti saya bli sendiri deh wakkakaka, cuman benerin sm yg dibilang om @farizfsa beli di fcpeuro hrs beli banyak sekalian biar ga rugi di ongkir. beli apa lagi yah yg jarang ada stock di toko onderdil lokal hmmmm

waktu itu sy kopdar krn udah mau nyerah sm mobil saya kata bengkel2 spesialis ini mobil normal2 aja (lah buktinya ga lulus emisi) trus beliau nawarin ayo di cek sm dia. ketemu lah itu bbrp part yg hrs diganti lagi heheheheh. mayan lama wkt itu di rumah nya, 6 jam ada kali hahahaha. di cek pake osciloscope segala.., compression test, vacuum leak test dll.. canggih bet dah

sebelom saya kesana, saya mikir ini klo bawa di beres mercy gimana ya? trus banyak yg bilang di forum, master surya is much better than dealership (bengkel resmi) ahahahha

ga enak sih gangguin beliau hahaha sy kesana klo ditwarin / kepepet buanget aja, moga2 ga ada problem apa2 lagi deh ampunnn

PR dr beliau, ganti radiator (walau ga ada rembes ato bocor) karena punya saya model nya ATF coolernya masih jadi 1 assembly sm radiator, klo seal nya fail, itu ATF nyampur sm coolant, transmisi bisa bubarrrrrrrrrrr. Kyknya mercy setelah 2014+ udah misah coolernya sm radiator. Sempet mikir mau bypass radiator nya atf line nya, pasang atf cooler external. tapi kata beliau udah lah radiator mu udah 14 tahun, its time hahaha. standard2 aja katanya ga usah pake cooler external.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ctopher7 »

tesna wrote: Mon Jan 06, 2025 0:45
farizfsa wrote: Mon Dec 30, 2024 8:32

kalo urusan ke bandung toll cipularang sih, mobil N/A 3000cc ttp ada megap2 nya ya dibanding 2000cc turbo entah kenapa, karena kan ya namanya juga forced induction, udara dipaksa masuk pasti lebih nafas.

saya kl bawa alphard 2.5 di cipularang ya manfaatin momentum aja biar ga keteteran :big_biglaugh:

E300 W213.. ergh, mobil enak sih tp ada aja errornya, steering column ga bs jalan, jok elektrik suka error :big_biglaugh: makanya pindah haluan ke bmw dulu lol

tmn baru ambil GLA baru, fresh, km masih 23 perak, kaki2 kriyet2 udah, lewat poldur ngak nguk, S450 W223 km 17rb 2022, engine mounting udah pada jebol padahal bawa di jakarta2 aja. 36 juta rapihinnya hahahaha. tmn bawa kiri kanan kata bengkel mersih di radal udh kedatengan w223 4 biji kasus sama. electric seat jg suka error, untung kaya raya dia, kesal beli BMW X7. :big_biglaugh:
betul juga ya klo di ketinggian turbo punya advantage, pantes rada berasa bolot..

vellfire 2.5 saya jg pernah pake trans java... saya pikir ah udah lah sm keluarga santai2 aja, cruise control di tol... tapi pas di jogja nanjak2, megap2 dia.. nyaris ga kuat nanjak ke tumpeng menoreh, mana fwd, cvt pula, dah lah abis itu kali terakhir saya pinjem itu mobil, kluar kota pake kijang sajaaaaahhhh. dulu jg bokap pernah punya alphard yg 3.5L, ini baru cocok buat body segede gaban gitu, konsumsi bbm sama2 aja, tapi kepuasan ngegas beda jauh, ga CVT pula... tapi tetep FWD sih nanjak2 extreme pasti slip2... (yea alphard itu mobil buat ke mol saja)

pengganti kijang nanti harus minimal RWD juga, atau lebih baik AWD :P

W213 bapak saya jg udah error itu steering column nya, tapi bengkel spesialis udah bisa benerin sih karena ini emang sangat umum terjadi (katanya sih ga cuman w213 doang). dibenerin kena 1 jt klo ga salah.

GLA ko gitu ya, apa karena FWD based? klo S class sih gile 36 jt for engine mounting? engine mountingnya airsus kali yah
ctopher7 wrote: Mon Dec 30, 2024 23:44

iya saya jg bingung kok bisa oli merambat lewat kabel, tapi ini ga kejadian di merc doang, mobil bikinan gm katanya banyak yang gini jg

perlu 4 soalnya 2 untuk cam positioning sensor, 2 untuk cam solenoid
IMG_4597.jpeg
kalo v6 perlu 8 spertinya, soalnya kyk punya saya di x2 (kiri kanan)
baca baca yang v8 jg sama sih 8

yah sorry bgt om saya punya uda shipped, emang kampret shippingnya ampir seharga kabelnya :big_slap: harga barang 60an, total harga 110an usd. nextnya kalo saya mau beli lagi saya pm ya

kapan kapan kalo kopdar lagi ikutan yah om, biar bisa nambah ilmu jg :mky_02:
oh iya, gawat punya saya harus beli 8 biji dong. hahahaha klo gitu nanti saya bli sendiri deh wakkakaka, cuman benerin sm yg dibilang om @farizfsa beli di fcpeuro hrs beli banyak sekalian biar ga rugi di ongkir. beli apa lagi yah yg jarang ada stock di toko onderdil lokal hmmmm

waktu itu sy kopdar krn udah mau nyerah sm mobil saya kata bengkel2 spesialis ini mobil normal2 aja (lah buktinya ga lulus emisi) trus beliau nawarin ayo di cek sm dia. ketemu lah itu bbrp part yg hrs diganti lagi heheheheh. mayan lama wkt itu di rumah nya, 6 jam ada kali hahahaha. di cek pake osciloscope segala.., compression test, vacuum leak test dll.. canggih bet dah

sebelom saya kesana, saya mikir ini klo bawa di beres mercy gimana ya? trus banyak yg bilang di forum, master surya is much better than dealership (bengkel resmi) ahahahha

ga enak sih gangguin beliau hahaha sy kesana klo ditwarin / kepepet buanget aja, moga2 ga ada problem apa2 lagi deh ampunnn

PR dr beliau, ganti radiator (walau ga ada rembes ato bocor) karena punya saya model nya ATF coolernya masih jadi 1 assembly sm radiator, klo seal nya fail, itu ATF nyampur sm coolant, transmisi bisa bubarrrrrrrrrrr. Kyknya mercy setelah 2014+ udah misah coolernya sm radiator. Sempet mikir mau bypass radiator nya atf line nya, pasang atf cooler external. tapi kata beliau udah lah radiator mu udah 14 tahun, its time hahaha. standard2 aja katanya ga usah pake cooler external.
wah msntep banget om, bisa dicekin sama doi gara gara awalnya nanya di mbworld ya?

nah itu merc makin kesini kadang suka makin kesana. suka ada ada aja designnya yang bikin prone to failure gitu. mungkin disuruh juga dari jajaran executive kalo design jgn yang badak badak banget untuk neken cost dan supaya orang ganti baru :big_dunno:

saya ada ngmng di thread sebelah, this is gonna be my first and last merc. awalnya ngangkut ini karna dari dulu bokap slalu pakenya bintang gaperna baling baling, dari jaman 90an w124 badak dan aman sampe trakir w211 pake 6 tahun jg masih oke. lah ini baru ngambil 2 bulan uda ke begkel spesialis 4x wkwkwk
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

ctopher7 wrote: Mon Jan 06, 2025 1:16

wah msntep banget om, bisa dicekin sama doi gara gara awalnya nanya di mbworld ya?

nah itu merc makin kesini kadang suka makin kesana. suka ada ada aja designnya yang bikin prone to failure gitu. mungkin disuruh juga dari jajaran executive kalo design jgn yang badak badak banget untuk neken cost dan supaya orang ganti baru :big_dunno:

saya ada ngmng di thread sebelah, this is gonna be my first and last merc. awalnya ngangkut ini karna dari dulu bokap slalu pakenya bintang gaperna baling baling, dari jaman 90an w124 badak dan aman sampe trakir w211 pake 6 tahun jg masih oke. lah ini baru ngambil 2 bulan uda ke begkel spesialis 4x wkwkwk
iya betul om. sayang ya merc kualitas menurun, pdhl dulu baling2 yg parah hahaha. memang kadang harus diatas kadang harus dibawah. tapi so far sih w212 saya cukup oke, yg penting sih part mudah dicari (mobil tua ya part pasti ada yg termakan umur)

btw, buat pengguna mb ini recommended bgt https://www.amazon.com/LAUNCH-Elite-2-0 ... 7Q7YP?th=1 . emang ga perlu harus dicolok terus, but nice to have jadi bisa konsul di forum2 online sebelum ke bengkel ehehhehe
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ctopher7 »

tesna wrote: Mon Jan 06, 2025 2:09
ctopher7 wrote: Mon Jan 06, 2025 1:16

wah msntep banget om, bisa dicekin sama doi gara gara awalnya nanya di mbworld ya?

nah itu merc makin kesini kadang suka makin kesana. suka ada ada aja designnya yang bikin prone to failure gitu. mungkin disuruh juga dari jajaran executive kalo design jgn yang badak badak banget untuk neken cost dan supaya orang ganti baru :big_dunno:

saya ada ngmng di thread sebelah, this is gonna be my first and last merc. awalnya ngangkut ini karna dari dulu bokap slalu pakenya bintang gaperna baling baling, dari jaman 90an w124 badak dan aman sampe trakir w211 pake 6 tahun jg masih oke. lah ini baru ngambil 2 bulan uda ke begkel spesialis 4x wkwkwk
iya betul om. sayang ya merc kualitas menurun, pdhl dulu baling2 yg parah hahaha. memang kadang harus diatas kadang harus dibawah. tapi so far sih w212 saya cukup oke, yg penting sih part mudah dicari (mobil tua ya part pasti ada yg termakan umur)

btw, buat pengguna mb ini recommended bgt https://www.amazon.com/LAUNCH-Elite-2-0 ... 7Q7YP?th=1 . emang ga perlu harus dicolok terus, but nice to have jadi bisa konsul di forum2 online sebelum ke bengkel ehehhehe
murah juga nih, tapi ini bisa skalian coding ac dll juga? tulisannya sih bidirectional ya. ini rada murah karna ga universal ya? jadi cuman bisa buat 1 merk

take this with a grain of salt:
IMG_4635.png
baling baling ranked 2nd for most satisfying brand and 8th for most reliable in 2024. bintang dah jadi nothing mungkin sampe di exclude dari data :big_weee: kalo dipikir bener jg sih, populasi w206 dan w213 fl dikit banget di jalan, w205 sama w213 pfl masih jauh lebih banyak. dah pada kapok gamau beli lg wkwk
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

ctopher7 wrote: Mon Jan 06, 2025 2:28
murah juga nih, tapi ini bisa skalian coding ac dll juga? tulisannya sih bidirectional ya. ini rada murah karna ga universal ya? jadi cuman bisa buat 1 merk

take this with a grain of salt:
IMG_4635.png

baling baling ranked 2nd for most satisfying brand and 8th for most reliable in 2024. bintang dah jadi nothing mungkin sampe di exclude dari data :big_weee: kalo dipikir bener jg sih, populasi w206 dan w213 fl dikit banget di jalan, w205 sama w213 pfl masih jauh lebih banyak. dah pada kapok gamau beli lg wkwk
eh punya saya yg ini denk, https://www.amazon.com/dp/B079FLTJZ1?re ... asin_title , bisa buat audi, bmw, maybach, mini, RR

ini sih bisa coding ac ya, timer recirculating nya dimatiin. selain itu bisa coding lain2 juga (kayak rubah L/100km ke km/liter), setting oktan, lean/rich, terus turn signal indicator nyala brapa kali klo di flick gitu dll.

well well emang lebih sering lihat bmw sih ya kayaknya, terutama di kalangan anak muda ekekekke. tampilan emang lebih sporty sih bmw. but we'll see deh nanti. saya ga berencana ganti w212 sy sampe kebeli mobil listrik haahhahaha
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by farizfsa »

tesna wrote: Mon Jan 06, 2025 0:45
farizfsa wrote: Mon Dec 30, 2024 8:32

kalo urusan ke bandung toll cipularang sih, mobil N/A 3000cc ttp ada megap2 nya ya dibanding 2000cc turbo entah kenapa, karena kan ya namanya juga forced induction, udara dipaksa masuk pasti lebih nafas.

saya kl bawa alphard 2.5 di cipularang ya manfaatin momentum aja biar ga keteteran :big_biglaugh:

E300 W213.. ergh, mobil enak sih tp ada aja errornya, steering column ga bs jalan, jok elektrik suka error :big_biglaugh: makanya pindah haluan ke bmw dulu lol

tmn baru ambil GLA baru, fresh, km masih 23 perak, kaki2 kriyet2 udah, lewat poldur ngak nguk, S450 W223 km 17rb 2022, engine mounting udah pada jebol padahal bawa di jakarta2 aja. 36 juta rapihinnya hahahaha. tmn bawa kiri kanan kata bengkel mersih di radal udh kedatengan w223 4 biji kasus sama. electric seat jg suka error, untung kaya raya dia, kesal beli BMW X7. :big_biglaugh:
betul juga ya klo di ketinggian turbo punya advantage, pantes rada berasa bolot..

vellfire 2.5 saya jg pernah pake trans java... saya pikir ah udah lah sm keluarga santai2 aja, cruise control di tol... tapi pas di jogja nanjak2, megap2 dia.. nyaris ga kuat nanjak ke tumpeng menoreh, mana fwd, cvt pula, dah lah abis itu kali terakhir saya pinjem itu mobil, kluar kota pake kijang sajaaaaahhhh. dulu jg bokap pernah punya alphard yg 3.5L, ini baru cocok buat body segede gaban gitu, konsumsi bbm sama2 aja, tapi kepuasan ngegas beda jauh, ga CVT pula... tapi tetep FWD sih nanjak2 extreme pasti slip2... (yea alphard itu mobil buat ke mol saja)

pengganti kijang nanti harus minimal RWD juga, atau lebih baik AWD :P

W213 bapak saya jg udah error itu steering column nya, tapi bengkel spesialis udah bisa benerin sih karena ini emang sangat umum terjadi (katanya sih ga cuman w213 doang). dibenerin kena 1 jt klo ga salah.

GLA ko gitu ya, apa karena FWD based? klo S class sih gile 36 jt for engine mounting? engine mountingnya airsus kali yah
ctopher7 wrote: Mon Dec 30, 2024 23:44

iya saya jg bingung kok bisa oli merambat lewat kabel, tapi ini ga kejadian di merc doang, mobil bikinan gm katanya banyak yang gini jg

perlu 4 soalnya 2 untuk cam positioning sensor, 2 untuk cam solenoid
IMG_4597.jpeg
kalo v6 perlu 8 spertinya, soalnya kyk punya saya di x2 (kiri kanan)
baca baca yang v8 jg sama sih 8

yah sorry bgt om saya punya uda shipped, emang kampret shippingnya ampir seharga kabelnya :big_slap: harga barang 60an, total harga 110an usd. nextnya kalo saya mau beli lagi saya pm ya

kapan kapan kalo kopdar lagi ikutan yah om, biar bisa nambah ilmu jg :mky_02:
oh iya, gawat punya saya harus beli 8 biji dong. hahahaha klo gitu nanti saya bli sendiri deh wakkakaka, cuman benerin sm yg dibilang om @farizfsa beli di fcpeuro hrs beli banyak sekalian biar ga rugi di ongkir. beli apa lagi yah yg jarang ada stock di toko onderdil lokal hmmmm

waktu itu sy kopdar krn udah mau nyerah sm mobil saya kata bengkel2 spesialis ini mobil normal2 aja (lah buktinya ga lulus emisi) trus beliau nawarin ayo di cek sm dia. ketemu lah itu bbrp part yg hrs diganti lagi heheheheh. mayan lama wkt itu di rumah nya, 6 jam ada kali hahahaha. di cek pake osciloscope segala.., compression test, vacuum leak test dll.. canggih bet dah

sebelom saya kesana, saya mikir ini klo bawa di beres mercy gimana ya? trus banyak yg bilang di forum, master surya is much better than dealership (bengkel resmi) ahahahha

ga enak sih gangguin beliau hahaha sy kesana klo ditwarin / kepepet buanget aja, moga2 ga ada problem apa2 lagi deh ampunnn

PR dr beliau, ganti radiator (walau ga ada rembes ato bocor) karena punya saya model nya ATF coolernya masih jadi 1 assembly sm radiator, klo seal nya fail, itu ATF nyampur sm coolant, transmisi bisa bubarrrrrrrrrrr. Kyknya mercy setelah 2014+ udah misah coolernya sm radiator. Sempet mikir mau bypass radiator nya atf line nya, pasang atf cooler external. tapi kata beliau udah lah radiator mu udah 14 tahun, its time hahaha. standard2 aja katanya ga usah pake cooler external.
masih ngincer saya alphard agh30 3.5 v6, blm dpt yg "murah". pgnnya sih vellfire version ya, kl ga dpt ya nanti kita ubah muka aja jadi vellfire.

beli di fcpeuro kalo barang kecil2 ringan mending beli banyak. ini barusan pgn beli parts berat2 banyak, urusan kaki2 shock, mounting, engine mounting full dll barang total 1900, kirim 300, total 2200, cm dollar lagi begini malas juga beli barang 35 jt blm tax. :big_biglaugh:

kalo mersih zaman skrg ah sudahlah, mending nyebur di mbl inggrisan sekalian :big_biglaugh:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ctopher7 »

tesna wrote: Mon Jan 06, 2025 4:45
ctopher7 wrote: Mon Jan 06, 2025 2:28
murah juga nih, tapi ini bisa skalian coding ac dll juga? tulisannya sih bidirectional ya. ini rada murah karna ga universal ya? jadi cuman bisa buat 1 merk

take this with a grain of salt:
IMG_4635.png

baling baling ranked 2nd for most satisfying brand and 8th for most reliable in 2024. bintang dah jadi nothing mungkin sampe di exclude dari data :big_weee: kalo dipikir bener jg sih, populasi w206 dan w213 fl dikit banget di jalan, w205 sama w213 pfl masih jauh lebih banyak. dah pada kapok gamau beli lg wkwk
eh punya saya yg ini denk, https://www.amazon.com/dp/B079FLTJZ1?re ... asin_title , bisa buat audi, bmw, maybach, mini, RR

ini sih bisa coding ac ya, timer recirculating nya dimatiin. selain itu bisa coding lain2 juga (kayak rubah L/100km ke km/liter), setting oktan, lean/rich, terus turn signal indicator nyala brapa kali klo di flick gitu dll.

well well emang lebih sering lihat bmw sih ya kayaknya, terutama di kalangan anak muda ekekekke. tampilan emang lebih sporty sih bmw. but we'll see deh nanti. saya ga berencana ganti w212 sy sampe kebeli mobil listrik haahhahaha
om tesna kalo mau pesen sacrificial cablenya kabarin yak, saya ada salah pesen 2 buah nih :big_cry: cuman kepake 2 aja, soalnya ternyata cam pos sensor saya colokan 3 bukan 2, jadi gabisa dipake. pastiin dulu om punya colokan 3 atau 2, biar bisa order yang tepat kabelnya wkwk
IMG_4648.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
mocipratama
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Oct 08, 2023 6:18
Location: JKT

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by mocipratama »

Halo Om2,
Mau tanya Om ini saya planning mau beli w212 e250,
klo mau GCU dimana ya om yg terdekat dan terpercaya klo mslkan selain di Beres,
thanks om
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by ctopher7 »

mocipratama wrote: Sun Jan 12, 2025 0:17 Halo Om2,
Mau tanya Om ini saya planning mau beli w212 e250,
klo mau GCU dimana ya om yg terdekat dan terpercaya klo mslkan selain di Beres,
thanks om
saya denger banyak rekomendasi dari orang (tapi ini beres) di suri motor. kemaren saya gcu di pro motor banyak yang ke skip / ga ke detect spertinya. mreka cuman kasih tunjuk scan xentry (dah pasti di reset pdg) dan point out beberapa hal bushing kaki (dah lumrah), dan cek yang gampang sperti aki dan wiper. tau taunya banyak masalah di cooling system dan injector mesin
tatando
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Wed Sep 23, 2020 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: XJ 97

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tatando »

mocipratama wrote: Sun Jan 12, 2025 0:17 Halo Om2,
Mau tanya Om ini saya planning mau beli w212 e250,
klo mau GCU dimana ya om yg terdekat dan terpercaya klo mslkan selain di Beres,
thanks om
Adedanmas
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1603
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by t105erd »

ctopher7 wrote: Mon Jan 06, 2025 2:28
tesna wrote: Mon Jan 06, 2025 2:09
ctopher7 wrote: Mon Jan 06, 2025 1:16

wah msntep banget om, bisa dicekin sama doi gara gara awalnya nanya di mbworld ya?

nah itu merc makin kesini kadang suka makin kesana. suka ada ada aja designnya yang bikin prone to failure gitu. mungkin disuruh juga dari jajaran executive kalo design jgn yang badak badak banget untuk neken cost dan supaya orang ganti baru :big_dunno:

saya ada ngmng di thread sebelah, this is gonna be my first and last merc. awalnya ngangkut ini karna dari dulu bokap slalu pakenya bintang gaperna baling baling, dari jaman 90an w124 badak dan aman sampe trakir w211 pake 6 tahun jg masih oke. lah ini baru ngambil 2 bulan uda ke begkel spesialis 4x wkwkwk
iya betul om. sayang ya merc kualitas menurun, pdhl dulu baling2 yg parah hahaha. memang kadang harus diatas kadang harus dibawah. tapi so far sih w212 saya cukup oke, yg penting sih part mudah dicari (mobil tua ya part pasti ada yg termakan umur)

btw, buat pengguna mb ini recommended bgt https://www.amazon.com/LAUNCH-Elite-2-0 ... 7Q7YP?th=1 . emang ga perlu harus dicolok terus, but nice to have jadi bisa konsul di forum2 online sebelum ke bengkel ehehhehe
murah juga nih, tapi ini bisa skalian coding ac dll juga? tulisannya sih bidirectional ya. ini rada murah karna ga universal ya? jadi cuman bisa buat 1 merk

take this with a grain of salt:
IMG_4635.png

baling baling ranked 2nd for most satisfying brand and 8th for most reliable in 2024. bintang dah jadi nothing mungkin sampe di exclude dari data :big_weee: kalo dipikir bener jg sih, populasi w206 dan w213 fl dikit banget di jalan, w205 sama w213 pfl masih jauh lebih banyak. dah pada kapok gamau beli lg wkwk
serius itu Subaru pertama? keren yah sayang disini masih jarang, padahal harganya mirip2 sama brand sebelah.
mocipratama
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Oct 08, 2023 6:18
Location: JKT

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by mocipratama »

ctopher7 wrote: Sun Jan 12, 2025 1:42
mocipratama wrote: Sun Jan 12, 2025 0:17 Halo Om2,
Mau tanya Om ini saya planning mau beli w212 e250,
klo mau GCU dimana ya om yg terdekat dan terpercaya klo mslkan selain di Beres,
thanks om
saya denger banyak rekomendasi dari orang (tapi ini beres) di suri motor. kemaren saya gcu di pro motor banyak yang ke skip / ga ke detect spertinya. mreka cuman kasih tunjuk scan xentry (dah pasti di reset pdg) dan point out beberapa hal bushing kaki (dah lumrah), dan cek yang gampang sperti aki dan wiper. tau taunya banyak masalah di cooling system dan injector mesin
ok thanks om,
Kalau Non Beres gmna om?
soalnya pernah dlu yg w205 dlu di ProMo ada yg ke skip kaya elektriknya ada bbrp yg lemah tp gak d notice,
karena ini taun agak tuaan jd agak concern ke elektrikal, mesin, n karet2nya gtu ,, hehe
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

ctopher7 wrote: Sun Jan 12, 2025 1:42
mocipratama wrote: Sun Jan 12, 2025 0:17 Halo Om2,
Mau tanya Om ini saya planning mau beli w212 e250,
klo mau GCU dimana ya om yg terdekat dan terpercaya klo mslkan selain di Beres,
thanks om
saya denger banyak rekomendasi dari orang (tapi ini beres) di suri motor. kemaren saya gcu di pro motor banyak yang ke skip / ga ke detect spertinya. mreka cuman kasih tunjuk scan xentry (dah pasti di reset pdg) dan point out beberapa hal bushing kaki (dah lumrah), dan cek yang gampang sperti aki dan wiper. tau taunya banyak masalah di cooling system dan injector mesin
walau di reset, klo codenya current akan balik lagi. source: punya xentry yg bisa reset, klo emang ada error ya nongol lagi pas di rescan eh he he

duh yg pasti sih pastiin aja bukan bekas tabrakan gede dan banjir, kaki2 juga most bisa cek (tp klo udah berumur ya lebih baik siapin budget buat refresh, saya kaki2 habis 20jtan ganti baru di bengkel spesialis).

googling aja common issue di mesin m271 (pre facelift) atau m274 (facelift) itu, biar konsen cek nya disitu, persiapkan aja budget buat ganti seal2 gitu, mau odo rendah tp kemakan umur pasti pada getas.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: W212 Mercy tua yg msh berkelas

Post by tesna »

memberanikan diri buat dyno ni mobil, sebenernya penasaran sih buat mobil yang umurnyua udah 15 tahun di tahun 2025 ini apa mesinnya masih bener2 fit..... saya piikir sekalian di remap aja udah, di tune buat ron98 berhubung emang isinya itu terus. udah wanti2 sama bengkel, cek dulu ya before nya klo powernya jelek jangan di remap, mau dibenerin dulu pasti klo loyo ada yang salah.

selain itu ya gregetan aja masa jambakannya nya kalah sm kijang... (well kijang nya juga ga std jg sih)
IMG_4228.jpg
ternayta masih punya power dia, stock 220hp (menurut brosur harusnya 231hp), dan di tune lagi dan dapet 243 hp.. not bad lah improvementnya 20hp buat N/A engine. Ini mesin totally stock, stock air filter, knalpot juga standardddd

hp
SCR-20250116-odhj.png
torque juga naik...
SCR-20250116-odkd.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18