Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Flush Oil Pan.. Why?

Post by azu »

Ivan123 wrote: Sun Dec 22, 2024 5:36
Suryaputra wrote: Sun Dec 22, 2024 1:49 Dorong oli lama, di oil Pan

Bisa pakai sisa oli baru yg gak kepakai, atau pakai mesran murah 1 liter
*dalam kondisi mesin mati
*setelah tetes akhir oli lama dibuang



Objektif: lbh optimal klo mau long drain

:big_grin:
Wah menarik nih, mau flush deh. Liat2 di spec mobil, dioil pan ngnedap 4 liter oli, jadi oli di mesin 4L juga. Jadi kalo mw dorong oli lama, totalnya 8L ya.

Begini di manual yg saya baca kira-kira:
IMG_20241222_124417.jpg
Bukan gitu bacanya om kalau menurut saya :mky_01:

Untuk mesin Nu 2.0, itu total olinya adalah 4.5L sudah termasuk yg di oil pan dan filter oli. Kapasitas oli di oil pan saja 3.7liter, kalau ganti oli denga filternya itu cukup isi 4liter. Jadi kalau ganti oli itu ada sekitar 0.5liter oli yg masih "tertinggal" di dalam mesin.

CMIIW :big_peace:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
CB200RR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri Oct 04, 2019 13:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by CB200RR »

sahabatq8 wrote: Sun Dec 22, 2024 1:05
CB200RR wrote: Sun Dec 22, 2024 1:02
sahabatq8 wrote: Fri Dec 20, 2024 2:25

Base oil no problem, harga stabil.
Yang parah additifnya :big_cry: perusahaan mamarika semua
Om, Kyu Eight di official store nya udah ga ada seri VX nya ya?
Discontinue, ganti prestige v. Untuk VW 504/507 ini saat ini paling bagus, baumuster 2020. Kalo VX dan semua oli dipasaran yang 504/507 masih pake standard 2004 kalo ga salah.
Wadaw, barusan ngecek harga nya selisih hampir 100rb ya ama yg VX
:big_childish:
Ivan123
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42

Re: Flush Oil Pan.. Why?

Post by Ivan123 »

sahabatq8 wrote: Sun Dec 22, 2024 7:33
Ivan123 wrote: Sun Dec 22, 2024 7:27
sahabatq8 wrote: Sun Dec 22, 2024 6:35
Daripada pake oli Q8 1L cuma buat dorong, mendingan upgrade ke Q8 spec lebih tinggi
Kmaren pake 5w30 RN series itu om. Yg lebih tinggi pake apa emang?
Suryaputra wrote: Sun Dec 22, 2024 7:22
Riil sultan mbah :big_exellent:
Biar ga ke campur2 olinya maksudnya Om hehehe
Kalo untuk mobil non europe. Pake D1 5w30 lebih enteng, mobilnya apa om?
KIA Sportage QL 2016 NU engine 2.0
Ivan123
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42

Re: Flush Oil Pan.. Why?

Post by Ivan123 »

azu wrote: Sun Dec 22, 2024 9:57
Ivan123 wrote: Sun Dec 22, 2024 5:36
Suryaputra wrote: Sun Dec 22, 2024 1:49 Dorong oli lama, di oil Pan

Bisa pakai sisa oli baru yg gak kepakai, atau pakai mesran murah 1 liter
*dalam kondisi mesin mati
*setelah tetes akhir oli lama dibuang



Objektif: lbh optimal klo mau long drain

:big_grin:
Wah menarik nih, mau flush deh. Liat2 di spec mobil, dioil pan ngnedap 4 liter oli, jadi oli di mesin 4L juga. Jadi kalo mw dorong oli lama, totalnya 8L ya.

Begini di manual yg saya baca kira-kira:
IMG_20241222_124417.jpg
Bukan gitu bacanya om kalau menurut saya :mky_01:

Untuk mesin Nu 2.0, itu total olinya adalah 4.5L sudah termasuk yg di oil pan dan filter oli. Kapasitas oli di oil pan saja 3.7liter, kalau ganti oli denga filternya itu cukup isi 4liter. Jadi kalau ganti oli itu ada sekitar 0.5liter oli yg masih "tertinggal" di dalam mesin.

CMIIW :big_peace:
Terinakasih koreksinya Om, sangat membantu. Ane push 0.5 oli baru deh. Sisanya buat ganti filter pas 5K.soalnya bisa gati oli 10K sekali hehehe
dundu
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Dec 22, 2024 12:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by dundu »

om om semua , newbie bertanya oli yang rekomendasi untuk honda city gd8 tahun 2004 km 180 ribu, kira2 apa ya? terimakasih
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Flush Oil Pan.. Why?

Post by Suryaputra »

Ivan123 wrote: Sun Dec 22, 2024 11:58
azu wrote: Sun Dec 22, 2024 9:57
Ivan123 wrote: Sun Dec 22, 2024 5:36

Wah menarik nih, mau flush deh. Liat2 di spec mobil, dioil pan ngnedap 4 liter oli, jadi oli di mesin 4L juga. Jadi kalo mw dorong oli lama, totalnya 8L ya.

Begini di manual yg saya baca kira-kira:
IMG_20241222_124417.jpg
Bukan gitu bacanya om kalau menurut saya :mky_01:

Untuk mesin Nu 2.0, itu total olinya adalah 4.5L sudah termasuk yg di oil pan dan filter oli. Kapasitas oli di oil pan saja 3.7liter, kalau ganti oli denga filternya itu cukup isi 4liter. Jadi kalau ganti oli itu ada sekitar 0.5liter oli yg masih "tertinggal" di dalam mesin.

CMIIW :big_peace:
Terinakasih koreksinya Om, sangat membantu. Ane push 0.5 oli baru deh. Sisanya buat ganti filter pas 5K.soalnya bisa gati oli 10K sekali hehehe
Ganti filter harus sekalian tiap ganti oli

Klo emg gantinya mau tiap 10rb km, make sure cooling system oke, dan coolant fresh, baru pilih olinya.
Manasin mobil cukup 10-20 detik lgs jalan sambil gelinding ajah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2546
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

CB200RR wrote: Sun Dec 22, 2024 11:25
sahabatq8 wrote: Sun Dec 22, 2024 1:05
CB200RR wrote: Sun Dec 22, 2024 1:02

Om, Kyu Eight di official store nya udah ga ada seri VX nya ya?
Discontinue, ganti prestige v. Untuk VW 504/507 ini saat ini paling bagus, baumuster 2020. Kalo VX dan semua oli dipasaran yang 504/507 masih pake standard 2004 kalo ga salah.
Wadaw, barusan ngecek harga nya selisih hampir 100rb ya ama yg VX
:big_childish:
Iya speknya jauh lebih tinggi, kalo tertarik PM aja om. Ada diskon khusus untuk member SM
bagongireng
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Dec 20, 2024 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by bagongireng »

Suryaputra wrote: Sun Dec 22, 2024 3:25
bagongireng wrote: Sat Dec 21, 2024 20:21 misi om, untuk avanza fwd 1500 cc 2nr-ve biasa pake tmo, berhubung gratisan udh habis jatah nya, boleh tolong rekomen oli, pemakaian dalkot, budget max 120rban/L.

Thx before
- Fastron Gold 0w20 API SP
- Total Quartz 9000 0w20 API SP
- PTT Evotec 0w20 ECO
- Petronas syntium 3000 E 0W20
- Enoc Protec Flex Energy 0w20
- Eneos X 0w20

5-6rb km / 6 bulan pakai cukup
ahsiap,. makasih saran nya om ku, td nya sempet lirik mobil super AIO 0w-20 api sp
User avatar
Soedirman
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Tue Nov 28, 2023 7:15

Re: Flush Oil Pan.. Why?

Post by Soedirman »

Suryaputra wrote: Sun Dec 22, 2024 8:10
well wrote: Sun Dec 22, 2024 7:24
Suryaputra wrote: Sun Dec 22, 2024 1:49 Dorong oli lama, di oil Pan

Bisa pakai sisa oli baru yg gak kepakai, atau pakai mesran murah 1 liter
*dalam kondisi mesin mati
*setelah tetes akhir oli lama dibuang



Objektif: lbh optimal klo mau long drain

:big_grin:
berkat dorong 1 ltr oli murah, boil kita org meskipun diesel tetap bening meskipun jalan 1000KM.
org2 bilang klo mesin diesel olinya pasti hitam kalau sudah di tuang, tp pny kita org bening.
mau lihat dipstick sampe kesusahan karena terlalu bening :big_grin:

Iyaa.. try it to believe

Modal cuma mesran super seliter :big_grin:
Mantaaaaab mbah Suryaa.. :mky_04:

Oli yg didorong pake Mesran ternyata item juga ya mbah, berarti dorongannya bekerja dgn baik nih,,

Btw untuk oli dorongannya, apakah SAEnya harus sama seperti oli yg akan dituang ya mbah?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Flush Oil Pan.. Why?

Post by Suryaputra »

Soedirman wrote: Mon Dec 23, 2024 0:39
Suryaputra wrote: Sun Dec 22, 2024 8:10
well wrote: Sun Dec 22, 2024 7:24

berkat dorong 1 ltr oli murah, boil kita org meskipun diesel tetap bening meskipun jalan 1000KM.
org2 bilang klo mesin diesel olinya pasti hitam kalau sudah di tuang, tp pny kita org bening.
mau lihat dipstick sampe kesusahan karena terlalu bening :big_grin:

Iyaa.. try it to believe

Modal cuma mesran super seliter :big_grin:
Mantaaaaab mbah Suryaa.. :mky_04:

Oli yg didorong pake Mesran ternyata item juga ya mbah, berarti dorongannya bekerja dgn baik nih,,

Btw untuk oli dorongannya, apakah SAEnya harus sama seperti oli yg akan dituang ya mbah?
Sae40 atau 20w50 cukup

Tg ptg sesama base oil, untuk oli mesin
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1755
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by AbdulHakim »

Hari ini ganti oli di CRV Turbo, sebelumnya pake PFG 0W-20 API SP, pemakaian selama 5 bulan jarak tempuh 6.600 KM, saat penggantian masih stabil performanya, getaran mesin masih halus. Saya pribadi merekomendasikan oli lokal ini.

btw, judul threadnya kenapa jadi Re: Flush Oil Pan.. Why?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Mon Dec 23, 2024 2:37 Hari ini ganti oli di CRV Turbo, sebelumnya pake PFG 0W-20 API SP, pemakaian selama 5 bulan jarak tempuh 6.600 KM, saat penggantian masih stabil performanya, getaran mesin masih halus. Saya pribadi merekomendasikan oli lokal ini.

btw, judul threadnya kenapa jadi Re: Flush Oil Pan.. Why?
Warga pada reply dr title thread yg saya edit / highlight :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1222
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by ctopher7 »



oli synthetic vs oli conventional (mungkin mineral ya ga dibilang sih) setelah 4 tahun dan 1jt miles, diganti per 10k miles. sludgenya parah banget yang pake oli konvensional, bahkan ada beberapa part yang super nempel karena sludge di mesin yang pake oli konvensional, meanwhile yang di mesin oli synthetic lepasnya gampang banget
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

ctopher7 wrote: Mon Dec 23, 2024 5:26

oli synthetic vs oli conventional (mungkin mineral ya ga dibilang sih) setelah 4 tahun dan 1jt miles, diganti per 10k miles. sludgenya parah banget yang pake oli konvensional, bahkan ada beberapa part yang super nempel karena sludge di mesin yang pake oli konvensional, meanwhile yang di mesin oli synthetic lepasnya gampang banget
Yes
Kyk migor, kepanasan lengket di wajann :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ivan123
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Ivan123 »

sahabatq8 wrote: Sun Dec 22, 2024 12:57
CB200RR wrote: Sun Dec 22, 2024 11:25
sahabatq8 wrote: Sun Dec 22, 2024 1:05

Discontinue, ganti prestige v. Untuk VW 504/507 ini saat ini paling bagus, baumuster 2020. Kalo VX dan semua oli dipasaran yang 504/507 masih pake standard 2004 kalo ga salah.
Wadaw, barusan ngecek harga nya selisih hampir 100rb ya ama yg VX
:big_childish:
Iya speknya jauh lebih tinggi, kalo tertarik PM aja om. Ada diskon khusus untuk member SM
boleh om ya khusus member SM hehehe
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2546
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

Ivan123 wrote: Mon Dec 23, 2024 6:18
sahabatq8 wrote: Sun Dec 22, 2024 12:57
CB200RR wrote: Sun Dec 22, 2024 11:25

Wadaw, barusan ngecek harga nya selisih hampir 100rb ya ama yg VX
:big_childish:
Iya speknya jauh lebih tinggi, kalo tertarik PM aja om. Ada diskon khusus untuk member SM
boleh om ya khusus member SM hehehe
Selected items hehehe
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1608
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by t105erd »

ctopher7 wrote: Mon Dec 23, 2024 5:26

oli synthetic vs oli conventional (mungkin mineral ya ga dibilang sih) setelah 4 tahun dan 1jt miles, diganti per 10k miles. sludgenya parah banget yang pake oli konvensional, bahkan ada beberapa part yang super nempel karena sludge di mesin yang pake oli konvensional, meanwhile yang di mesin oli synthetic lepasnya gampang banget
keren tuh lab nya valvoline.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1222
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by ctopher7 »

t105erd wrote: Mon Dec 23, 2024 15:21
ctopher7 wrote: Mon Dec 23, 2024 5:26

oli synthetic vs oli conventional (mungkin mineral ya ga dibilang sih) setelah 4 tahun dan 1jt miles, diganti per 10k miles. sludgenya parah banget yang pake oli konvensional, bahkan ada beberapa part yang super nempel karena sludge di mesin yang pake oli konvensional, meanwhile yang di mesin oli synthetic lepasnya gampang banget
keren tuh lab nya valvoline.
pasti dong, apalagi buat ngeboost penjualan product top of the line :big_biglaugh: gatau sih sbnernya kalo ocinya diperpendek jd 5k miles, apakah oli mineral bakal se nge sludge itu. tapi mungkin kurang realistis sama kondisi amerika yang jalanannya jauh jauh.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

ctopher7 wrote: Mon Dec 23, 2024 15:56
t105erd wrote: Mon Dec 23, 2024 15:21
ctopher7 wrote: Mon Dec 23, 2024 5:26

oli synthetic vs oli conventional (mungkin mineral ya ga dibilang sih) setelah 4 tahun dan 1jt miles, diganti per 10k miles. sludgenya parah banget yang pake oli konvensional, bahkan ada beberapa part yang super nempel karena sludge di mesin yang pake oli konvensional, meanwhile yang di mesin oli synthetic lepasnya gampang banget
keren tuh lab nya valvoline.
pasti dong, apalagi buat ngeboost penjualan product top of the line :big_biglaugh: gatau sih sbnernya kalo ocinya diperpendek jd 5k miles, apakah oli mineral bakal se nge sludge itu. tapi mungkin kurang realistis sama kondisi amerika yang jalanannya jauh jauh.
5k miles atau 8rb km itu max usage (batas aman) untuk oli kelas mainstream sebetulnya.
Dgn kondisi jalan ramai lancar.

Bahkan dgn jargon shell ultra aja amannya max di 7rb km

Apalagi dgn mesin turbo, lbh puanas, gak boleh medit sm ganti oli

Klo mau tetap daleman bersih pk oli mainstream, ganti per 5rb km, dgn gtu bnyk buktinya mesin tetap bersih walau dah 10thn or 100rb km.

Mau longer drain spy gak keseringan gantol, ya keluarin uang lebih buat beli minyak arab

:big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

t105erd wrote: Mon Dec 23, 2024 15:21
ctopher7 wrote: Mon Dec 23, 2024 5:26

oli synthetic vs oli conventional (mungkin mineral ya ga dibilang sih) setelah 4 tahun dan 1jt miles, diganti per 10k miles. sludgenya parah banget yang pake oli konvensional, bahkan ada beberapa part yang super nempel karena sludge di mesin yang pake oli konvensional, meanwhile yang di mesin oli synthetic lepasnya gampang banget
keren tuh lab nya valvoline.
duit timur tengah mbah :big_slap:
mbl888
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Dec 19, 2024 3:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by mbl888 »

Suryaputra wrote: Thu Dec 19, 2024 9:11
Yes
Chr1stm1 wrote: Thu Dec 19, 2024 10:20
Beda di longdrain capability dan saat hi rev sih, kalo baru tuang rasanya mirip2 lah.
thank you informasinya.

kemarin tanya ke bengkel resmi, malah diancam kalau pake oli lain, garansi mesinnya bisa hilang kalau ada masalah di mesin. wkwkwkwkw
rcaktib
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Dec 24, 2024 6:56

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by rcaktib »

Permisi om2, punten masih newbie, mau nanya untuk ganti oli cvt xtrail t32 bagusnya yg merk apa ya? harus ns-3 nya nissan atau ada rekomendasi lain?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

mbl888 wrote: Tue Dec 24, 2024 6:28
Suryaputra wrote: Thu Dec 19, 2024 9:11
Yes
Chr1stm1 wrote: Thu Dec 19, 2024 10:20
Beda di longdrain capability dan saat hi rev sih, kalo baru tuang rasanya mirip2 lah.
thank you informasinya.

kemarin tanya ke bengkel resmi, malah diancam kalau pake oli lain, garansi mesinnya bisa hilang kalau ada masalah di mesin. wkwkwkwkw
lah iya klo msh garansi
suka gak suka kudu pk oli dr mereka.
:big_biglaugh:
interval gantinya 5rb km or 6 bln ajah. aman koq
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

rcaktib wrote: Tue Dec 24, 2024 7:00 Permisi om2, punten masih newbie, mau nanya untuk ganti oli cvt xtrail t32 bagusnya yg merk apa ya? harus ns-3 nya nissan atau ada rekomendasi lain?
Q8 cvt evo
Adnoc CVT
PTT CVT

ekonomis ada Petronas Tutela 700 CVT & Total CVt MV

comply ke nissan cvtf
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2546
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

rcaktib wrote: Tue Dec 24, 2024 7:00 Permisi om2, punten masih newbie, mau nanya untuk ganti oli cvt xtrail t32 bagusnya yg merk apa ya? harus ns-3 nya nissan atau ada rekomendasi lain?
Salam sesama pakai Nissan Xtrail t32 (ato bentar lagi jadi Honda?)
Saya udah pake Q8 CVT EVO aman om, mobil jg udah remapan.