Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1354
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sh00t »

feri307 wrote: Sun Dec 15, 2024 6:18
sh00t wrote: Sat Dec 14, 2024 8:56 Om pernah atau sudah punya suzuki?
Suzuki Crystal masuk hitungan, Om? :big_grin:
Masuk donk om. DF2.5S juga bisa diservis sama om
marmut wrote:
melson
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sat Oct 08, 2016 20:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by melson »

Td iseng cek dipstik, pas liat kok agak berbuih dikit ya.
Olinya q8 0w20 pemakaian skitar 3000an-4000km.

Aman dilanjut pake kah?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

melson wrote: Sun Dec 15, 2024 8:08 Td iseng cek dipstik, pas liat kok agak berbuih dikit ya.
Olinya q8 0w20 pemakaian skitar 3000an-4000km.

Aman dilanjut pake kah?
Oli keliatan jadi encer/bau bensin kah? Ada overfill?
melson
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sat Oct 08, 2016 20:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by melson »

sahabatq8 wrote: Sun Dec 15, 2024 8:12
melson wrote: Sun Dec 15, 2024 8:08 Td iseng cek dipstik, pas liat kok agak berbuih dikit ya.
Olinya q8 0w20 pemakaian skitar 3000an-4000km.

Aman dilanjut pake kah?
Oli keliatan jadi encer/bau bensin kah? Ada overfill?
Ngak overfill, ngak ada bau bensin juga.

Kronologisnya, td nyalain mesin tp suhu blm optimal, kira2 nyalain ga sampe semenit dimatiin lg, trus 5menit cek dipstik, ada buih tp minim sih.

Update : stlh didiemin kurleb 1jam, cek dipstik lg 3x
Yg pertama buih ga ada
Yg kedua buih cuma 2 titik kecil
Yg ketiga buih cuma 1 titik kecil
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

melson wrote: Sun Dec 15, 2024 8:23
sahabatq8 wrote: Sun Dec 15, 2024 8:12
melson wrote: Sun Dec 15, 2024 8:08 Td iseng cek dipstik, pas liat kok agak berbuih dikit ya.
Olinya q8 0w20 pemakaian skitar 3000an-4000km.

Aman dilanjut pake kah?
Oli keliatan jadi encer/bau bensin kah? Ada overfill?
Ngak overfill, ngak ada bau bensin juga.

Kronologisnya, td nyalain mesin tp suhu blm optimal, kira2 nyalain ga sampe semenit dimatiin lg, trus 5menit cek dipstik, ada buih tp minim sih.

Update : stlh didiemin kurleb 1jam, cek dipstik lg 3x
Yg pertama buih ga ada
Yg kedua buih cuma 2 titik kecil
Yg ketiga buih cuma 1 titik kecil
Seharusnya aman sih, di pantau terus aja. Sekalian cek coolant berkurang gak
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1222
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by ctopher7 »

erickmakarau wrote: Sun Dec 15, 2024 4:31 Pernah coba pake AMSOIL SS aja tanpa grafinol kok rasanya ga seenak ditambahin grafinol ya. CMIIW ya om stw ane kalo granifol itu dasar additivenya "graphine", gtw kalo oil additve yang lain kyk ester atau MSO2 atau kyk ceratec. sebelum pake grafinol juga sempet baca di jurnal yang lumayan terpercaya om judulnya "Comparison of graphene as an oil additive with conventional automotive additives for the lubrication of steel and DLC-coated surfaces" yang hasilnya itu dibilang bahwa
1. "Friction was always the lowest with graphene, by up to 77% lower compared to base PAO oil.",
2. Superior results with graphene are due to consistent formation of tribofilm under all conditions
kalo dari yang saya paham: iya memang mungkin aja dikasih gituan ngurangin friction, bahkan dikasih minyak goreng tropical juga licin kok. buktinya lantai kalo bersih, om kasih migor jg licin kan?

yang di ss sama om Suryaputra itu jelas jelas tertulis kalo si amsoil ditambahin suatu zat tambahan, itu bisa ngerusak amsoilnya, dimana mungkin aja karna zat tambahan tersebut ga tahan sama proses pembakaran mobil.

jadi kalo kesimpulan sotoy saya, minyak goreng juga bisa jadi pelumas mesin. Pertanyaannya, itu migor kuat ga kalo dipake ribuan km di dalem mesin turbo misalnya honda civic fc nya om. saya ga bilang produk yang om tambahin sama kyk migor ya, tapi apa uda dibuktiin sama riset kalo ternyata itu zat additive nya tahan untuk long life?

kalo saya sih baca amsoil nge claim bisa long life, saya percaya. tapi dengan ditambahin zat additive itu, belom tentu amsoilnya jadi bisa longlife lagi
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

ctopher7 wrote: Sun Dec 15, 2024 9:30
erickmakarau wrote: Sun Dec 15, 2024 4:31 Pernah coba pake AMSOIL SS aja tanpa grafinol kok rasanya ga seenak ditambahin grafinol ya. CMIIW ya om stw ane kalo granifol itu dasar additivenya "graphine", gtw kalo oil additve yang lain kyk ester atau MSO2 atau kyk ceratec. sebelum pake grafinol juga sempet baca di jurnal yang lumayan terpercaya om judulnya "Comparison of graphene as an oil additive with conventional automotive additives for the lubrication of steel and DLC-coated surfaces" yang hasilnya itu dibilang bahwa
1. "Friction was always the lowest with graphene, by up to 77% lower compared to base PAO oil.",
2. Superior results with graphene are due to consistent formation of tribofilm under all conditions
kalo dari yang saya paham: iya memang mungkin aja dikasih gituan ngurangin friction, bahkan dikasih minyak goreng tropical juga licin kok. buktinya lantai kalo bersih, om kasih migor jg licin kan?

yang di ss sama om Suryaputra itu jelas jelas tertulis kalo si amsoil ditambahin suatu zat tambahan, itu bisa ngerusak amsoilnya, dimana mungkin aja karna zat tambahan tersebut ga tahan sama proses pembakaran mobil.

jadi kalo kesimpulan sotoy saya, minyak goreng juga bisa jadi pelumas mesin. Pertanyaannya, itu migor kuat ga kalo dipake ribuan km di dalem mesin turbo misalnya honda civic fc nya om. saya ga bilang produk yang om tambahin sama kyk migor ya, tapi apa uda dibuktiin sama riset kalo ternyata itu zat additive nya tahan untuk long life?

kalo saya sih baca amsoil nge claim bisa long life, saya percaya. tapi dengan ditambahin zat additive itu, belom tentu amsoilnya jadi bisa longlife lagi
Si Q8 juga ngomong hal yang sama. Additive apapun mau sebagus apapun itu kalo ada + ada -nya juga. Balancingnya itu justru yang butuh seni, tapi ini dipermudah dengan menungganakan teknologi dalam lab R&D (kalo perusahaan besar biasanya punya, si amsoil ada tour r&dnya di yutub). Semua udah ditaker supaya balanced.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12546
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

erickmakarau wrote: Sun Dec 15, 2024 4:31 Pernah coba pake AMSOIL SS aja tanpa grafinol kok rasanya ga seenak ditambahin grafinol ya. CMIIW ya om stw ane kalo granifol itu dasar additivenya "graphine", gtw kalo oil additve yang lain kyk ester atau MSO2 atau kyk ceratec. sebelum pake grafinol juga sempet baca di jurnal yang lumayan terpercaya om judulnya "Comparison of graphene as an oil additive with conventional automotive additives for the lubrication of steel and DLC-coated surfaces" yang hasilnya itu dibilang bahwa
1. "Friction was always the lowest with graphene, by up to 77% lower compared to base PAO oil.",
2. Superior results with graphene are due to consistent formation of tribofilm under all conditions
Sebetulnya harus hati hati mbah.

Gak menjamin jg independen jurnal spt itu

Intinya kita hrs punya mindset kritis thdp suatu produk, apalagi sdh ada data lab nya.

Dan di yt jg banyak review ttg impact aditif (apapun bahannya) akan merusak performa oli tsb dr level performance dan durability test.

Krn komposisi bahannya sudah di RnD sedemikian rupa oleh para insinyur perminyakan, spy performa olinya balance dgn kelas harga tsb.

:mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

sh00t wrote: Sun Dec 15, 2024 1:06
kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 15, 2024 0:58
Suryaputra wrote: Sat Dec 14, 2024 23:29

Hati2 menggunakan feeling :big_grin:

Paling valid test lab.

Aditif itu membuat komposisi oli dan daya tahan nya lbh buruk
(walau diklaim gak mempengaruhi sekalipun spt mannol ester)


IMG_20241215_062706.jpg

Be carefull dgn bualan orang
mannol ester ituefek sampingnya ap mbah? kok dullu jaman kuliah kenceng banget promotenya harga juga waktu itu tidak ramah kantong mahasiswa.
Om tanya sendiri, om jawab sendiri. :big_slap:
ok om mod. :mky_01:
Suryaputra wrote: Sun Dec 15, 2024 1:11
kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 15, 2024 0:58
Suryaputra wrote: Sat Dec 14, 2024 23:29 Hati2 menggunakan feeling :big_grin:

Paling valid test lab.

Aditif itu membuat komposisi oli dan daya tahan nya lbh buruk
(walau diklaim gak mempengaruhi sekalipun spt mannol ester)


IMG_20241215_062706.jpg

Be carefull dgn bualan orang
mannol ester ituefek sampingnya ap mbah? kok dullu jaman kuliah kenceng banget promotenya harga juga waktu itu tidak ramah kantong mahasiswa.
Sy prnh post test labnya
Thn lalu :upss:

Intinya cuma scam
Buang duit.
Nipu feeling krn itu lbh kentel, jd menimbulkan "perasaan" lbh alus

Fakta lab: wear result-nya mirip aja, memperburuk oksidasi dan TBN cepat drop.
Hal tsb gak bs diukur pakai butt-o-meter.

Drpd ambah aditif scam, sekalian beli oli kelas di atasnya, lbh berfaedah.
the best emang ganti oli 5k plus filter oli.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by azu »

So far puas sih pakai oli cap Kepala Elang tipe Star Plus Eco 0W-20 di Nav1, sudah jalan 6.500Km dalam 5 bulan feelingnya masih oke dan penguapan juga minim.


Rencana mau ganti aja di 6 bulan atau 7.500Km-an nanti, kemaren pas promo 12 12 udah beli dari tokonya om FordBadak, lumayan ada voucher tokped jadi dapet diskon 10% jadi dapet di 135rb/liter :mky_02:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

kayukayuthe5th wrote: Mon Dec 16, 2024 0:07
the best emang ganti oli 5k plus filter oli.
nahh ini

konklusi paling bener

slama oli nya aseli dan sesuai pruntukan nya

dijamin aman kl taat per 5000 gantol

ga perlu kmakan promosi sales, dokter, suster oli sgala
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1222
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by ctopher7 »

DOHC wrote: Mon Dec 16, 2024 4:11
kayukayuthe5th wrote: Mon Dec 16, 2024 0:07
the best emang ganti oli 5k plus filter oli.
nahh ini

konklusi paling bener

slama oli nya aseli dan sesuai pruntukan nya

dijamin aman kl taat per 5000 gantol

ga perlu kmakan promosi sales, dokter, suster oli sgala
tapi beda mobil dan oil spec jg beda oci kykny ya mbah klep. fortuner saya pake q8 formula truck / ptt dynamic commonrail uda perna diuji om turboman dipake sampe 10 rebu masih aman, saya biasa sih cepetin 1-2 ribu km dari rekomendasi.

meanwhile eropaan sperti w205 saya dianjurin tiap 8000 (mb approval 229.5), tapi pake rule of thumb saya sndiri, paling saya majuin 1-2 k ocinya

vrz biasanya 7.5 liter, w205 7.1-7.2 liter kmrn ganti
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

ctopher7 wrote: Mon Dec 16, 2024 4:47
DOHC wrote: Mon Dec 16, 2024 4:11
kayukayuthe5th wrote: Mon Dec 16, 2024 0:07
the best emang ganti oli 5k plus filter oli.
nahh ini

konklusi paling bener

slama oli nya aseli dan sesuai pruntukan nya

dijamin aman kl taat per 5000 gantol

ga perlu kmakan promosi sales, dokter, suster oli sgala
tapi beda mobil dan oil spec jg beda oci kykny ya mbah klep. fortuner saya pake q8 formula truck / ptt dynamic commonrail uda perna diuji om turboman dipake sampe 10 rebu masih aman, saya biasa sih cepetin 1-2 ribu km dari rekomendasi.

meanwhile eropaan sperti w205 saya dianjurin tiap 8000 (mb approval 229.5), tapi pake rule of thumb saya sndiri, paling saya majuin 1-2 k ocinya

vrz biasanya 7.5 liter, w205 7.1-7.2 liter kmrn ganti
kl konteks nya bsa apa kaga, tentu bsa mbah

oli TMO mau di push ampe ceban km jg bsa koq, mungkin ud ratusan rebu toyota pegangan beres pd bgt smua, tp kl dibuka daleman nya, tentu beda ama yg ganti per 5 rebu km (atau aliran owner motuba sblom kita orang yg gantol per 3 bulan)

jd ya balik lg , mo push ampe sejauh klaim fabriekan oli atau mobil, silahkan, risiko toh ditanggung sendiri

tp kl kita orang sehh, perkara gantol cuman urusan stengah jem klaar, oli jg nunggu murah di tokped ama toko oren, investasi murah dgn hasil pasti

*pasti ntar ad yg bawa2 perkara lingkungan lah, limbah lah, b2 b3 b4 dan smua b
jawapan nya, slama masi make benda berpenggerak minyak fosil, intinya sama aja ngerusak lingkungan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1222
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by ctopher7 »

DOHC wrote: Mon Dec 16, 2024 6:18
ctopher7 wrote: Mon Dec 16, 2024 4:47
DOHC wrote: Mon Dec 16, 2024 4:11

nahh ini

konklusi paling bener

slama oli nya aseli dan sesuai pruntukan nya

dijamin aman kl taat per 5000 gantol

ga perlu kmakan promosi sales, dokter, suster oli sgala
tapi beda mobil dan oil spec jg beda oci kykny ya mbah klep. fortuner saya pake q8 formula truck / ptt dynamic commonrail uda perna diuji om turboman dipake sampe 10 rebu masih aman, saya biasa sih cepetin 1-2 ribu km dari rekomendasi.

meanwhile eropaan sperti w205 saya dianjurin tiap 8000 (mb approval 229.5), tapi pake rule of thumb saya sndiri, paling saya majuin 1-2 k ocinya

vrz biasanya 7.5 liter, w205 7.1-7.2 liter kmrn ganti
kl konteks nya bsa apa kaga, tentu bsa mbah

oli TMO mau di push ampe ceban km jg bsa koq, mungkin ud ratusan rebu toyota pegangan beres pd bgt smua, tp kl dibuka daleman nya, tentu beda ama yg ganti per 5 rebu km (atau aliran owner motuba sblom kita orang yg gantol per 3 bulan)

jd ya balik lg , mo push ampe sejauh klaim fabriekan oli atau mobil, silahkan, risiko toh ditanggung sendiri

tp kl kita orang sehh, perkara gantol cuman urusan stengah jem klaar, oli jg nunggu murah di tokped ama toko oren, investasi murah dgn hasil pasti

*pasti ntar ad yg bawa2 perkara lingkungan lah, limbah lah, b2 b3 b4 dan smua b
jawapan nya, slama masi make benda berpenggerak minyak fosil, intinya sama aja ngerusak lingkungan
kalo concern lingkungan engga sih, asal jangan buang sampah sembarangan aja dari mobil :big_peace: itu pada smua modif cumi darat selama masih di indo mah gabakal diapa apain, lepas cat conv juga dibiarinin walaupun gas buangnya jadi pedes dan nusuk
amingchia
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Wed Nov 27, 2024 13:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by amingchia »

Zoe41 wrote: Fri Dec 13, 2024 14:17
Suryaputra wrote: Fri Dec 13, 2024 12:16
Zoe41 wrote: Fri Dec 13, 2024 11:38 Saran oli 5W-30 yang lagi promo di SnD
Mobil Ecosport 230k km
1. Pfg
2. Castrol Magnatec
3. Mobil 1
4. Motul Hi tech

Yang enak dan bisa dipake agak lama yg mana ya?
Saat ini pake shell ultra 7000 km mulai kurang enak
Motul specific 913d 5w30
Atau fastron gold 5w30
Atau yg comply ke acea a5/b5 juga cocok

Cooling system, coolant pastikan sehat dan fresh.

Tergantung lalin juga sih.
Kalo Mobil 1 gimana om?
Ini SnD lagi ada promo 3g1
Pfg 148,5/L
Mobil 1 195/L
Castrol magnatec 180,5/L
Motul 186/L

Sebenernya yang paling menarik liquimoly molygen jd 525/4L cuman adana di SnD tertentu, ini lg di jogja bengkel langganan ada di sby jadi cari aman Snd aja :big_bored:
Info aja
Liquimoly molygen yg 525rb di SnD ternyata yg 5w50 gan :big_smile]
*5w50 rekomendasi untuk diesel kah?

Sekalian tanya lg suhu2, sy penasaran aja untuk liqui moly molygen dan special tec aa lebih bagus mana ya? :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Chr1stm1 »

amingchia wrote: Mon Dec 16, 2024 12:06
Zoe41 wrote: Fri Dec 13, 2024 14:17
Suryaputra wrote: Fri Dec 13, 2024 12:16

Motul specific 913d 5w30
Atau fastron gold 5w30
Atau yg comply ke acea a5/b5 juga cocok

Cooling system, coolant pastikan sehat dan fresh.

Tergantung lalin juga sih.
Kalo Mobil 1 gimana om?
Ini SnD lagi ada promo 3g1
Pfg 148,5/L
Mobil 1 195/L
Castrol magnatec 180,5/L
Motul 186/L

Sebenernya yang paling menarik liquimoly molygen jd 525/4L cuman adana di SnD tertentu, ini lg di jogja bengkel langganan ada di sby jadi cari aman Snd aja :big_bored:
Info aja
Liquimoly molygen yg 525rb di SnD ternyata yg 5w50 gan :big_smile]
*5w50 rekomendasi untuk diesel kah?

Sekalian tanya lg suhu2, sy penasaran aja untuk liqui moly molygen dan special tec aa lebih bagus mana ya? :big_peace:
Molygen donk, dengan warNa hijau khas Alien
ikanbawel
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Aug 17, 2024 15:30
Location: Tangerang
Daily Vehicle: March

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by ikanbawel »

Suryaputra wrote: Sat Dec 14, 2024 9:47
Cocok koq
Spec nya mantep ditambah base oil kuwait gak diragukan.

Tapi klo bc literatur pdsnya
- q8 special RN ini condong nya penerus dr G long life (punya dexos 2)
- klo penerus dari G/d1 (dexos 1), itu special d1 5w30 (udah dexos 1 gen2/3)
sahabatq8 wrote: Sat Dec 14, 2024 12:43 Sebenernya RN sih dexos 2 , kalo G/D1 penerusnya D1 5w30.
Cuma dari sisi harga RN ini penerusnya G/D1 harganya paling worth it di lineup 5w30.

RN untuk Flat Tapped so far gak masalah sih om. Sebelumnya yang lebih banyak kejual untuk March G long life (predecessor Special RN) aman.
Oh lega kalo gt.. haha
Ini skrg mau observasi, kalo nanjak ke km 2000-3000 masih enak rencana mau nyetok lg..
Suwun infonya mbah
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12546
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

ikanbawel wrote: Tue Dec 17, 2024 3:41
Suryaputra wrote: Sat Dec 14, 2024 9:47
Cocok koq
Spec nya mantep ditambah base oil kuwait gak diragukan.

Tapi klo bc literatur pdsnya
- q8 special RN ini condong nya penerus dr G long life (punya dexos 2)
- klo penerus dari G/d1 (dexos 1), itu special d1 5w30 (udah dexos 1 gen2/3)
sahabatq8 wrote: Sat Dec 14, 2024 12:43 Sebenernya RN sih dexos 2 , kalo G/D1 penerusnya D1 5w30.
Cuma dari sisi harga RN ini penerusnya G/D1 harganya paling worth it di lineup 5w30.

RN untuk Flat Tapped so far gak masalah sih om. Sebelumnya yang lebih banyak kejual untuk March G long life (predecessor Special RN) aman.
Oh lega kalo gt.. haha
Ini skrg mau observasi, kalo nanjak ke km 2000-3000 masih enak rencana mau nyetok lg..
Suwun infonya mbah
jangan lupakan lendir transmisi dan coolant + cooling system jg dipantau

krn itu support systemnya mobil bisa gaspoll atau nggak :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
melson
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sat Oct 08, 2016 20:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by melson »

sahabatq8 wrote: Sun Dec 15, 2024 8:51
melson wrote: Sun Dec 15, 2024 8:23
sahabatq8 wrote: Sun Dec 15, 2024 8:12

Oli keliatan jadi encer/bau bensin kah? Ada overfill?
Ngak overfill, ngak ada bau bensin juga.

Kronologisnya, td nyalain mesin tp suhu blm optimal, kira2 nyalain ga sampe semenit dimatiin lg, trus 5menit cek dipstik, ada buih tp minim sih.

Update : stlh didiemin kurleb 1jam, cek dipstik lg 3x
Yg pertama buih ga ada
Yg kedua buih cuma 2 titik kecil
Yg ketiga buih cuma 1 titik kecil
Seharusnya aman sih, di pantau terus aja. Sekalian cek coolant berkurang gak
Update: td mesin dr pagi blm dinyalain sama sekali, cek dipstik aman ga ada buih
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

DOHC wrote: Mon Dec 16, 2024 6:18
ctopher7 wrote: Mon Dec 16, 2024 4:47
DOHC wrote: Mon Dec 16, 2024 4:11

nahh ini

konklusi paling bener

slama oli nya aseli dan sesuai pruntukan nya

dijamin aman kl taat per 5000 gantol

ga perlu kmakan promosi sales, dokter, suster oli sgala
tapi beda mobil dan oil spec jg beda oci kykny ya mbah klep. fortuner saya pake q8 formula truck / ptt dynamic commonrail uda perna diuji om turboman dipake sampe 10 rebu masih aman, saya biasa sih cepetin 1-2 ribu km dari rekomendasi.

meanwhile eropaan sperti w205 saya dianjurin tiap 8000 (mb approval 229.5), tapi pake rule of thumb saya sndiri, paling saya majuin 1-2 k ocinya

vrz biasanya 7.5 liter, w205 7.1-7.2 liter kmrn ganti
kl konteks nya bsa apa kaga, tentu bsa mbah

oli TMO mau di push ampe ceban km jg bsa koq, mungkin ud ratusan rebu toyota pegangan beres pd bgt smua, tp kl dibuka daleman nya, tentu beda ama yg ganti per 5 rebu km (atau aliran owner motuba sblom kita orang yg gantol per 3 bulan)

jd ya balik lg , mo push ampe sejauh klaim fabriekan oli atau mobil, silahkan, risiko toh ditanggung sendiri

tp kl kita orang sehh, perkara gantol cuman urusan stengah jem klaar, oli jg nunggu murah di tokped ama toko oren, investasi murah dgn hasil pasti

*pasti ntar ad yg bawa2 perkara lingkungan lah, limbah lah, b2 b3 b4 dan smua b
jawapan nya, slama masi make benda berpenggerak minyak fosil, intinya sama aja ngerusak lingkungan
plastic2an di body EV ama accesories masih juga tuh pake minyak bumi (walau sekrg udah dipushed buat recycle) . greaser motor listrik juga kebanyakan masih mineral based. lah power plant masih banyak dari coal bwat ev charging station. ban ev yang gemuk juga pake dari basis minyak bumi.

yang jangan dibuang sembarangn aja sih khususnya bekas oli itu aja. lah emang lithium klo gak direcycle bagus juga parah loh
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Omnibus »

melson wrote: Tue Dec 17, 2024 9:11
sahabatq8 wrote: Sun Dec 15, 2024 8:51
melson wrote: Sun Dec 15, 2024 8:23

Ngak overfill, ngak ada bau bensin juga.

Kronologisnya, td nyalain mesin tp suhu blm optimal, kira2 nyalain ga sampe semenit dimatiin lg, trus 5menit cek dipstik, ada buih tp minim sih.

Update : stlh didiemin kurleb 1jam, cek dipstik lg 3x
Yg pertama buih ga ada
Yg kedua buih cuma 2 titik kecil
Yg ketiga buih cuma 1 titik kecil
Seharusnya aman sih, di pantau terus aja. Sekalian cek coolant berkurang gak
Update: td mesin dr pagi blm dinyalain sama sekali, cek dipstik aman ga ada buih
coba kl mobil habis dipakai (suhu kerja normal), matikan mesin, cabut dipstick. lihat berbusa ngga.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue Dec 17, 2024 10:40

coba kl mobil habis dipakai (suhu kerja normal), matikan mesin, cabut dipstick. lihat berbusa ngga.


kalo berbusa artinya apa? olinya mengandung bir pletok?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12546
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Tue Dec 17, 2024 11:39
Omnibus wrote: Tue Dec 17, 2024 10:40

coba kl mobil habis dipakai (suhu kerja normal), matikan mesin, cabut dipstick. lihat berbusa ngga.


kalo berbusa artinya apa? olinya mengandung bir pletok?
Shaken, not stirred
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Omnibus »

marmut wrote: Tue Dec 17, 2024 11:39
Omnibus wrote: Tue Dec 17, 2024 10:40

coba kl mobil habis dipakai (suhu kerja normal), matikan mesin, cabut dipstick. lihat berbusa ngga.


kalo berbusa artinya apa? olinya mengandung bir pletok?
kurang toge ....
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue Dec 17, 2024 11:55

kurang toge ....


berarti yg skr tocil ya?