Masuk donk om. DF2.5S juga bisa diservis sama om
marmut wrote:
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Oli keliatan jadi encer/bau bensin kah? Ada overfill?melson wrote: Sun Dec 15, 2024 8:08 Td iseng cek dipstik, pas liat kok agak berbuih dikit ya.
Olinya q8 0w20 pemakaian skitar 3000an-4000km.
Aman dilanjut pake kah?
Ngak overfill, ngak ada bau bensin juga.
Seharusnya aman sih, di pantau terus aja. Sekalian cek coolant berkurang gakmelson wrote: Sun Dec 15, 2024 8:23Ngak overfill, ngak ada bau bensin juga.
Kronologisnya, td nyalain mesin tp suhu blm optimal, kira2 nyalain ga sampe semenit dimatiin lg, trus 5menit cek dipstik, ada buih tp minim sih.
Update : stlh didiemin kurleb 1jam, cek dipstik lg 3x
Yg pertama buih ga ada
Yg kedua buih cuma 2 titik kecil
Yg ketiga buih cuma 1 titik kecil
kalo dari yang saya paham: iya memang mungkin aja dikasih gituan ngurangin friction, bahkan dikasih minyak goreng tropical juga licin kok. buktinya lantai kalo bersih, om kasih migor jg licin kan?erickmakarau wrote: Sun Dec 15, 2024 4:31 Pernah coba pake AMSOIL SS aja tanpa grafinol kok rasanya ga seenak ditambahin grafinol ya. CMIIW ya om stw ane kalo granifol itu dasar additivenya "graphine", gtw kalo oil additve yang lain kyk ester atau MSO2 atau kyk ceratec. sebelum pake grafinol juga sempet baca di jurnal yang lumayan terpercaya om judulnya "Comparison of graphene as an oil additive with conventional automotive additives for the lubrication of steel and DLC-coated surfaces" yang hasilnya itu dibilang bahwa
1. "Friction was always the lowest with graphene, by up to 77% lower compared to base PAO oil.",
2. Superior results with graphene are due to consistent formation of tribofilm under all conditions
Si Q8 juga ngomong hal yang sama. Additive apapun mau sebagus apapun itu kalo ada + ada -nya juga. Balancingnya itu justru yang butuh seni, tapi ini dipermudah dengan menungganakan teknologi dalam lab R&D (kalo perusahaan besar biasanya punya, si amsoil ada tour r&dnya di yutub). Semua udah ditaker supaya balanced.ctopher7 wrote: Sun Dec 15, 2024 9:30kalo dari yang saya paham: iya memang mungkin aja dikasih gituan ngurangin friction, bahkan dikasih minyak goreng tropical juga licin kok. buktinya lantai kalo bersih, om kasih migor jg licin kan?erickmakarau wrote: Sun Dec 15, 2024 4:31 Pernah coba pake AMSOIL SS aja tanpa grafinol kok rasanya ga seenak ditambahin grafinol ya. CMIIW ya om stw ane kalo granifol itu dasar additivenya "graphine", gtw kalo oil additve yang lain kyk ester atau MSO2 atau kyk ceratec. sebelum pake grafinol juga sempet baca di jurnal yang lumayan terpercaya om judulnya "Comparison of graphene as an oil additive with conventional automotive additives for the lubrication of steel and DLC-coated surfaces" yang hasilnya itu dibilang bahwa
1. "Friction was always the lowest with graphene, by up to 77% lower compared to base PAO oil.",
2. Superior results with graphene are due to consistent formation of tribofilm under all conditions
yang di ss sama om Suryaputra itu jelas jelas tertulis kalo si amsoil ditambahin suatu zat tambahan, itu bisa ngerusak amsoilnya, dimana mungkin aja karna zat tambahan tersebut ga tahan sama proses pembakaran mobil.
jadi kalo kesimpulan sotoy saya, minyak goreng juga bisa jadi pelumas mesin. Pertanyaannya, itu migor kuat ga kalo dipake ribuan km di dalem mesin turbo misalnya honda civic fc nya om. saya ga bilang produk yang om tambahin sama kyk migor ya, tapi apa uda dibuktiin sama riset kalo ternyata itu zat additive nya tahan untuk long life?
kalo saya sih baca amsoil nge claim bisa long life, saya percaya. tapi dengan ditambahin zat additive itu, belom tentu amsoilnya jadi bisa longlife lagi
Sebetulnya harus hati hati mbah.erickmakarau wrote: Sun Dec 15, 2024 4:31 Pernah coba pake AMSOIL SS aja tanpa grafinol kok rasanya ga seenak ditambahin grafinol ya. CMIIW ya om stw ane kalo granifol itu dasar additivenya "graphine", gtw kalo oil additve yang lain kyk ester atau MSO2 atau kyk ceratec. sebelum pake grafinol juga sempet baca di jurnal yang lumayan terpercaya om judulnya "Comparison of graphene as an oil additive with conventional automotive additives for the lubrication of steel and DLC-coated surfaces" yang hasilnya itu dibilang bahwa
1. "Friction was always the lowest with graphene, by up to 77% lower compared to base PAO oil.",
2. Superior results with graphene are due to consistent formation of tribofilm under all conditions
ok om mod.sh00t wrote: Sun Dec 15, 2024 1:06Om tanya sendiri, om jawab sendiri.kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 15, 2024 0:58mannol ester ituefek sampingnya ap mbah? kok dullu jaman kuliah kenceng banget promotenya harga juga waktu itu tidak ramah kantong mahasiswa.Suryaputra wrote: Sat Dec 14, 2024 23:29
Hati2 menggunakan feeling![]()
Paling valid test lab.
Aditif itu membuat komposisi oli dan daya tahan nya lbh buruk
(walau diklaim gak mempengaruhi sekalipun spt mannol ester)
IMG_20241215_062706.jpg
Be carefull dgn bualan orang![]()
the best emang ganti oli 5k plus filter oli.Suryaputra wrote: Sun Dec 15, 2024 1:11Sy prnh post test labnyakayukayuthe5th wrote: Sun Dec 15, 2024 0:58mannol ester ituefek sampingnya ap mbah? kok dullu jaman kuliah kenceng banget promotenya harga juga waktu itu tidak ramah kantong mahasiswa.Suryaputra wrote: Sat Dec 14, 2024 23:29 Hati2 menggunakan feeling![]()
Paling valid test lab.
Aditif itu membuat komposisi oli dan daya tahan nya lbh buruk
(walau diklaim gak mempengaruhi sekalipun spt mannol ester)
IMG_20241215_062706.jpg
Be carefull dgn bualan orang
Thn lalu![]()
Intinya cuma scam
Buang duit.
Nipu feeling krn itu lbh kentel, jd menimbulkan "perasaan" lbh alus
Fakta lab: wear result-nya mirip aja, memperburuk oksidasi dan TBN cepat drop.
Hal tsb gak bs diukur pakai butt-o-meter.
Drpd ambah aditif scam, sekalian beli oli kelas di atasnya, lbh berfaedah.
nahh ini
tapi beda mobil dan oil spec jg beda oci kykny ya mbah klep. fortuner saya pake q8 formula truck / ptt dynamic commonrail uda perna diuji om turboman dipake sampe 10 rebu masih aman, saya biasa sih cepetin 1-2 ribu km dari rekomendasi.DOHC wrote: Mon Dec 16, 2024 4:11nahh ini
konklusi paling bener
slama oli nya aseli dan sesuai pruntukan nya
dijamin aman kl taat per 5000 gantol
ga perlu kmakan promosi sales, dokter, suster oli sgala
kl konteks nya bsa apa kaga, tentu bsa mbahctopher7 wrote: Mon Dec 16, 2024 4:47tapi beda mobil dan oil spec jg beda oci kykny ya mbah klep. fortuner saya pake q8 formula truck / ptt dynamic commonrail uda perna diuji om turboman dipake sampe 10 rebu masih aman, saya biasa sih cepetin 1-2 ribu km dari rekomendasi.DOHC wrote: Mon Dec 16, 2024 4:11nahh ini
konklusi paling bener
slama oli nya aseli dan sesuai pruntukan nya
dijamin aman kl taat per 5000 gantol
ga perlu kmakan promosi sales, dokter, suster oli sgala
meanwhile eropaan sperti w205 saya dianjurin tiap 8000 (mb approval 229.5), tapi pake rule of thumb saya sndiri, paling saya majuin 1-2 k ocinya
vrz biasanya 7.5 liter, w205 7.1-7.2 liter kmrn ganti
kalo concern lingkungan engga sih, asal jangan buang sampah sembarangan aja dari mobilDOHC wrote: Mon Dec 16, 2024 6:18kl konteks nya bsa apa kaga, tentu bsa mbahctopher7 wrote: Mon Dec 16, 2024 4:47tapi beda mobil dan oil spec jg beda oci kykny ya mbah klep. fortuner saya pake q8 formula truck / ptt dynamic commonrail uda perna diuji om turboman dipake sampe 10 rebu masih aman, saya biasa sih cepetin 1-2 ribu km dari rekomendasi.DOHC wrote: Mon Dec 16, 2024 4:11
nahh ini
konklusi paling bener
slama oli nya aseli dan sesuai pruntukan nya
dijamin aman kl taat per 5000 gantol
ga perlu kmakan promosi sales, dokter, suster oli sgala
meanwhile eropaan sperti w205 saya dianjurin tiap 8000 (mb approval 229.5), tapi pake rule of thumb saya sndiri, paling saya majuin 1-2 k ocinya
vrz biasanya 7.5 liter, w205 7.1-7.2 liter kmrn ganti
oli TMO mau di push ampe ceban km jg bsa koq, mungkin ud ratusan rebu toyota pegangan beres pd bgt smua, tp kl dibuka daleman nya, tentu beda ama yg ganti per 5 rebu km (atau aliran owner motuba sblom kita orang yg gantol per 3 bulan)
jd ya balik lg , mo push ampe sejauh klaim fabriekan oli atau mobil, silahkan, risiko toh ditanggung sendiri
tp kl kita orang sehh, perkara gantol cuman urusan stengah jem klaar, oli jg nunggu murah di tokped ama toko oren, investasi murah dgn hasil pasti
*pasti ntar ad yg bawa2 perkara lingkungan lah, limbah lah, b2 b3 b4 dan smua b
jawapan nya, slama masi make benda berpenggerak minyak fosil, intinya sama aja ngerusak lingkungan
Info ajaZoe41 wrote: Fri Dec 13, 2024 14:17Kalo Mobil 1 gimana om?Suryaputra wrote: Fri Dec 13, 2024 12:16Motul specific 913d 5w30Zoe41 wrote: Fri Dec 13, 2024 11:38 Saran oli 5W-30 yang lagi promo di SnD
Mobil Ecosport 230k km
1. Pfg
2. Castrol Magnatec
3. Mobil 1
4. Motul Hi tech
Yang enak dan bisa dipake agak lama yg mana ya?
Saat ini pake shell ultra 7000 km mulai kurang enak
Atau fastron gold 5w30
Atau yg comply ke acea a5/b5 juga cocok
Cooling system, coolant pastikan sehat dan fresh.
Tergantung lalin juga sih.
Ini SnD lagi ada promo 3g1
Pfg 148,5/L
Mobil 1 195/L
Castrol magnatec 180,5/L
Motul 186/L
Sebenernya yang paling menarik liquimoly molygen jd 525/4L cuman adana di SnD tertentu, ini lg di jogja bengkel langganan ada di sby jadi cari aman Snd aja![]()
Molygen donk, dengan warNa hijau khas Alienamingchia wrote: Mon Dec 16, 2024 12:06Info ajaZoe41 wrote: Fri Dec 13, 2024 14:17Kalo Mobil 1 gimana om?Suryaputra wrote: Fri Dec 13, 2024 12:16
Motul specific 913d 5w30
Atau fastron gold 5w30
Atau yg comply ke acea a5/b5 juga cocok
Cooling system, coolant pastikan sehat dan fresh.
Tergantung lalin juga sih.
Ini SnD lagi ada promo 3g1
Pfg 148,5/L
Mobil 1 195/L
Castrol magnatec 180,5/L
Motul 186/L
Sebenernya yang paling menarik liquimoly molygen jd 525/4L cuman adana di SnD tertentu, ini lg di jogja bengkel langganan ada di sby jadi cari aman Snd aja![]()
Liquimoly molygen yg 525rb di SnD ternyata yg 5w50 gan![]()
*5w50 rekomendasi untuk diesel kah?
Sekalian tanya lg suhu2, sy penasaran aja untuk liqui moly molygen dan special tec aa lebih bagus mana ya?![]()
Suryaputra wrote: Sat Dec 14, 2024 9:47
Cocok koq
Spec nya mantep ditambah base oil kuwait gak diragukan.
Tapi klo bc literatur pdsnya
- q8 special RN ini condong nya penerus dr G long life (punya dexos 2)
- klo penerus dari G/d1 (dexos 1), itu special d1 5w30 (udah dexos 1 gen2/3)
Oh lega kalo gt.. hahasahabatq8 wrote: Sat Dec 14, 2024 12:43 Sebenernya RN sih dexos 2 , kalo G/D1 penerusnya D1 5w30.
Cuma dari sisi harga RN ini penerusnya G/D1 harganya paling worth it di lineup 5w30.
RN untuk Flat Tapped so far gak masalah sih om. Sebelumnya yang lebih banyak kejual untuk March G long life (predecessor Special RN) aman.
jangan lupakan lendir transmisi dan coolant + cooling system jg dipantauikanbawel wrote: Tue Dec 17, 2024 3:41Suryaputra wrote: Sat Dec 14, 2024 9:47
Cocok koq
Spec nya mantep ditambah base oil kuwait gak diragukan.
Tapi klo bc literatur pdsnya
- q8 special RN ini condong nya penerus dr G long life (punya dexos 2)
- klo penerus dari G/d1 (dexos 1), itu special d1 5w30 (udah dexos 1 gen2/3)Oh lega kalo gt.. hahasahabatq8 wrote: Sat Dec 14, 2024 12:43 Sebenernya RN sih dexos 2 , kalo G/D1 penerusnya D1 5w30.
Cuma dari sisi harga RN ini penerusnya G/D1 harganya paling worth it di lineup 5w30.
RN untuk Flat Tapped so far gak masalah sih om. Sebelumnya yang lebih banyak kejual untuk March G long life (predecessor Special RN) aman.
Ini skrg mau observasi, kalo nanjak ke km 2000-3000 masih enak rencana mau nyetok lg..
Suwun infonya mbah
Update: td mesin dr pagi blm dinyalain sama sekali, cek dipstik aman ga ada buihsahabatq8 wrote: Sun Dec 15, 2024 8:51Seharusnya aman sih, di pantau terus aja. Sekalian cek coolant berkurang gakmelson wrote: Sun Dec 15, 2024 8:23Ngak overfill, ngak ada bau bensin juga.
Kronologisnya, td nyalain mesin tp suhu blm optimal, kira2 nyalain ga sampe semenit dimatiin lg, trus 5menit cek dipstik, ada buih tp minim sih.
Update : stlh didiemin kurleb 1jam, cek dipstik lg 3x
Yg pertama buih ga ada
Yg kedua buih cuma 2 titik kecil
Yg ketiga buih cuma 1 titik kecil
plastic2an di body EV ama accesories masih juga tuh pake minyak bumi (walau sekrg udah dipushed buat recycle) . greaser motor listrik juga kebanyakan masih mineral based. lah power plant masih banyak dari coal bwat ev charging station. ban ev yang gemuk juga pake dari basis minyak bumi.DOHC wrote: Mon Dec 16, 2024 6:18kl konteks nya bsa apa kaga, tentu bsa mbahctopher7 wrote: Mon Dec 16, 2024 4:47tapi beda mobil dan oil spec jg beda oci kykny ya mbah klep. fortuner saya pake q8 formula truck / ptt dynamic commonrail uda perna diuji om turboman dipake sampe 10 rebu masih aman, saya biasa sih cepetin 1-2 ribu km dari rekomendasi.DOHC wrote: Mon Dec 16, 2024 4:11
nahh ini
konklusi paling bener
slama oli nya aseli dan sesuai pruntukan nya
dijamin aman kl taat per 5000 gantol
ga perlu kmakan promosi sales, dokter, suster oli sgala
meanwhile eropaan sperti w205 saya dianjurin tiap 8000 (mb approval 229.5), tapi pake rule of thumb saya sndiri, paling saya majuin 1-2 k ocinya
vrz biasanya 7.5 liter, w205 7.1-7.2 liter kmrn ganti
oli TMO mau di push ampe ceban km jg bsa koq, mungkin ud ratusan rebu toyota pegangan beres pd bgt smua, tp kl dibuka daleman nya, tentu beda ama yg ganti per 5 rebu km (atau aliran owner motuba sblom kita orang yg gantol per 3 bulan)
jd ya balik lg , mo push ampe sejauh klaim fabriekan oli atau mobil, silahkan, risiko toh ditanggung sendiri
tp kl kita orang sehh, perkara gantol cuman urusan stengah jem klaar, oli jg nunggu murah di tokped ama toko oren, investasi murah dgn hasil pasti
*pasti ntar ad yg bawa2 perkara lingkungan lah, limbah lah, b2 b3 b4 dan smua b
jawapan nya, slama masi make benda berpenggerak minyak fosil, intinya sama aja ngerusak lingkungan
coba kl mobil habis dipakai (suhu kerja normal), matikan mesin, cabut dipstick. lihat berbusa ngga.melson wrote: Tue Dec 17, 2024 9:11Update: td mesin dr pagi blm dinyalain sama sekali, cek dipstik aman ga ada buihsahabatq8 wrote: Sun Dec 15, 2024 8:51Seharusnya aman sih, di pantau terus aja. Sekalian cek coolant berkurang gakmelson wrote: Sun Dec 15, 2024 8:23
Ngak overfill, ngak ada bau bensin juga.
Kronologisnya, td nyalain mesin tp suhu blm optimal, kira2 nyalain ga sampe semenit dimatiin lg, trus 5menit cek dipstik, ada buih tp minim sih.
Update : stlh didiemin kurleb 1jam, cek dipstik lg 3x
Yg pertama buih ga ada
Yg kedua buih cuma 2 titik kecil
Yg ketiga buih cuma 1 titik kecil
Omnibus wrote: Tue Dec 17, 2024 10:40
coba kl mobil habis dipakai (suhu kerja normal), matikan mesin, cabut dipstick. lihat berbusa ngga.
Shaken, not stirred