Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by kendibocor »

Salvanost wrote: Mon Dec 02, 2024 19:07 Gatel banget mau bilang mobil listrik
Unpopular opinion

Karena TS ragu2 masalah casnya
Padahal casnya gampang cuma perlu nunggu sejam (di SPKLU fast charging)

Itupun bisa jalan 500km
Artinya kalau TS yg odometer 6000/tahun = 500km/bulan
Ya ngecas cuma perlu 1x doank sebulan selama 1-2jam

Anggap aja pas sibuk jadi ngecas 2x selama 3 jam/bulan tetap ga repot om

Lom masalah pajak
Lom masalah ga usah pusingin maintenance dan perawatan
Lom masalah ganjil genap ga usah pusing

Lom lagi masalah ga mau repot urusan bengkel (jelas mobil baru bagus urusan ini) apalagi 6000-9000/tahun = 30.000-45.000/5 tahun dijamin worry free kalau mobil listrik

Jeleknya dimana?
Kalau tabrakan sparepart bisa 3 bulan
Ga ada ban serep
Klaim range 600an km reality 450-500km buat pemakaian daily
Ga boleh modif atau garansi hangus
Panoramic panas wajib pasang kaca film
Ground clearance pendek bisa gesrot
Hmmm... udah ada yg jual stabilizer ultra racingnya katanya body rollnya lumayan kerasa

Nambahin dikit om pengalaman pribadi sekarang miara EV jg.
Kalo di apt ane ga saranin sih. Kenapa ane blg gitu?

1. Tarif dlu ya, kalo tarif termurah pasti charge dirumah pake wall charging. Per kwh kan 1699 tambah ppn kurleb jd mepet 2000/kwh. Tambah DISKON 30% (ga semua merk) ini lumayan banget. Ane bulan lalu ngisi 450rb dpt disc 150rb. Kalo spklu tarif chargenya bervariasi banget. Ada yg per kwh nya 2000 lebih tp ada semacem charge parkir. Ada yg itung per jam pemakaian tp speednya lemot, dll.
Biarpun tetep lebih mahal mbl ICE, salah satu esensi beli EV kn tentunya pengiritan jg. Makin irit makin memuaskan.

2. Kalo lg mager kadang males banget musti keluar rumah 1 jam khusus bwat ngecharge, apalagi kalo besokannya banyak acara yg musti pake mbl agak jauh. Misalkan nih besok kita mau ke puncak, kalo mbl bensin sisa 1 strip sih santai aja, tinggal isi besok pagi 10 mnt kelar. Kalo mbl listrik sisa 50% pasti mau gamau terpaksa ngecharge malemnya. Mungkin aja cukup ke puncak sisa 50% tp tetep aja was2 bawa pp. abis plg kerja malem2, macet, musti sempet2in ngecharge males sih. Yg kaya gini jg yg susah mukul rata bakalan brp kali charge sebulan. Ga bisa mukul rata kapasitas batere 500km, pake sebulan 900km jd estimasi 2x ngecharge aja tiap bulan. Bisa jd bakalan 3-4x/bln harus terpaksa ngecharge kalo batere masih sisa lumayan tp ga cukup bwat aktifitas hari berikutnya.

4. Kalo ada charging point di apt levih enak pastinya tp pasti yg punya EV bukan cuman kita sendiri. Misalkan begitu plg kerja mau ngecharge eh kepake semua. Terpaksa nunggu giliran naek dlu ke atas. Begitu di atas uda selesai mandi, beres2 tinggal siap2 tidur eh keinget musti turun lg ngecharge mbl. Kalo ane males sih. Blm lg
Makin banyak orng yg ga berotak yg selesai ngecharge gamau mindahin mblnya, atau malah ga ngecharge tp parkir disitu, atau malah lebih ga berotak lg mbl ICE parkir di tempat ngecharge :big_biglaugh:

5. BYD ane gatau gmn sparepartnya. Tp kalo si MG sih part lumayan cepet. Mbl ane uda claim garansi tierod (ada bunyi dikit) cuman seminggu, kemaren ditabrakin bini sampe headlamp pecah indent sebulan. Kalo dibandingin ma merk established ksko modelnya yg bukan volume maker jg kadang lama. Dlu CRV RM lampu pecah jg ane indent 1-1,5 bulan jg.

6. Deviasi antara claim jarak tempuh sama real ga gitu beda jauh kok. Mbl ane claim 425km brp bulan lalu sempet ke purwokerto yg jarang 400km kurang dikit cukup2 aja tanpa charge (tp tetep ditengah berenti bentar kurleb 30 mnt bwat BAK dan makan malem) uda ditambah macet2an parah lg waktu libur sabtu-senin n pantura dibenerin. Ada 1 titik macetnya sampe 30 km.

Jd still market EV itu ga bwat semua orang sih.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by Suryaputra »

kendibocor wrote: Mon Dec 02, 2024 19:40
Salvanost wrote: Mon Dec 02, 2024 19:07 Gatel banget mau bilang mobil listrik
Unpopular opinion

Karena TS ragu2 masalah casnya
Padahal casnya gampang cuma perlu nunggu sejam (di SPKLU fast charging)

Itupun bisa jalan 500km
Artinya kalau TS yg odometer 6000/tahun = 500km/bulan
Ya ngecas cuma perlu 1x doank sebulan selama 1-2jam

Anggap aja pas sibuk jadi ngecas 2x selama 3 jam/bulan tetap ga repot om

Lom masalah pajak
Lom masalah ga usah pusingin maintenance dan perawatan
Lom masalah ganjil genap ga usah pusing

Lom lagi masalah ga mau repot urusan bengkel (jelas mobil baru bagus urusan ini) apalagi 6000-9000/tahun = 30.000-45.000/5 tahun dijamin worry free kalau mobil listrik

Jeleknya dimana?
Kalau tabrakan sparepart bisa 3 bulan
Ga ada ban serep
Klaim range 600an km reality 450-500km buat pemakaian daily
Ga boleh modif atau garansi hangus
Panoramic panas wajib pasang kaca film
Ground clearance pendek bisa gesrot
Hmmm... udah ada yg jual stabilizer ultra racingnya katanya body rollnya lumayan kerasa

Nambahin dikit om pengalaman pribadi sekarang miara EV jg.
Kalo di apt ane ga saranin sih. Kenapa ane blg gitu?

1. Tarif dlu ya, kalo tarif termurah pasti charge dirumah pake wall charging. Per kwh kan 1699 tambah ppn kurleb jd mepet 2000/kwh. Tambah DISKON 30% (ga semua merk) ini lumayan banget. Ane bulan lalu ngisi 450rb dpt disc 150rb. Kalo spklu tarif chargenya bervariasi banget. Ada yg per kwh nya 2000 lebih tp ada semacem charge parkir. Ada yg itung per jam pemakaian tp speednya lemot, dll.
Biarpun tetep lebih mahal mbl ICE, salah satu esensi beli EV kn tentunya pengiritan jg. Makin irit makin memuaskan.

2. Kalo lg mager kadang males banget musti keluar rumah 1 jam khusus bwat ngecharge, apalagi kalo besokannya banyak acara yg musti pake mbl agak jauh. Misalkan nih besok kita mau ke puncak, kalo mbl bensin sisa 1 strip sih santai aja, tinggal isi besok pagi 10 mnt kelar. Kalo mbl listrik sisa 50% pasti mau gamau terpaksa ngecharge malemnya. Mungkin aja cukup ke puncak sisa 50% tp tetep aja was2 bawa pp. abis plg kerja malem2, macet, musti sempet2in ngecharge males sih. Yg kaya gini jg yg susah mukul rata bakalan brp kali charge sebulan. Ga bisa mukul rata kapasitas batere 500km, pake sebulan 900km jd estimasi 2x ngecharge aja tiap bulan. Bisa jd bakalan 3-4x/bln harus terpaksa ngecharge kalo batere masih sisa lumayan tp ga cukup bwat aktifitas hari berikutnya.

4. Kalo ada charging point di apt levih enak pastinya tp pasti yg punya EV bukan cuman kita sendiri. Misalkan begitu plg kerja mau ngecharge eh kepake semua. Terpaksa nunggu giliran naek dlu ke atas. Begitu di atas uda selesai mandi, beres2 tinggal siap2 tidur eh keinget musti turun lg ngecharge mbl. Kalo ane males sih. Blm lg
Makin banyak orng yg ga berotak yg selesai ngecharge gamau mindahin mblnya, atau malah ga ngecharge tp parkir disitu, atau malah lebih ga berotak lg mbl ICE parkir di tempat ngecharge :big_biglaugh:

5. BYD ane gatau gmn sparepartnya. Tp kalo si MG sih part lumayan cepet. Mbl ane uda claim garansi tierod (ada bunyi dikit) cuman seminggu, kemaren ditabrakin bini sampe headlamp pecah indent sebulan. Kalo dibandingin ma merk established ksko modelnya yg bukan volume maker jg kadang lama. Dlu CRV RM lampu pecah jg ane indent 1-1,5 bulan jg.

6. Deviasi antara claim jarak tempuh sama real ga gitu beda jauh kok. Mbl ane claim 425km brp bulan lalu sempet ke purwokerto yg jarang 400km kurang dikit cukup2 aja tanpa charge (tp tetep ditengah berenti bentar kurleb 30 mnt bwat BAK dan makan malem) uda ditambah macet2an parah lg waktu libur sabtu-senin n pantura dibenerin. Ada 1 titik macetnya sampe 30 km.

Jd still market EV itu ga bwat semua orang sih.
EV tuh emg cocok buat:
- daily commute / sub urban
- punya rumah sendiri ngecharge di wall charger
- suka experimen
- spt gadget, pakai sampai rusak / gak usah mikir resale value / liquid, dsb (pakai 4 tahun masih ada yg mau beli.. Tp klo dah 8 thn, ya org jg mikir mending beli baru dgn batre health 100%)

Klo ke bengkel tetap perlu krn:
- cek freon dan sistem ac, nyawa batre EV sgt tergantung dr cooling system (belum lg freon rebutan sm ac kabin, selain dinginin batre)
- ganti minyak rem
- ganti gear oil
- itu kaki jg sama2 pk bushing tie rod dsb kan udh claim
- cek sistem pengereman, tetap perlu
- dsb... Kecuali ganti oli mesin :big_biglaugh:

10 tahun lg marketnya akan mature dan betul keliatan, mana yg coba coba, stick to EV dan stick to bensin/hybrid.

Krn di thn tersebut mulai masif cycle jual beli mobkas EV :big_grin:
Last edited by Suryaputra on Mon Dec 02, 2024 23:09, edited 8 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
EdgarDrake
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
Daily Vehicle: CX-30 GT

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by EdgarDrake »

investorganteng wrote: Sun Dec 01, 2024 19:10 Halo para suhu.. baru disini dan kayanya forum ini cukup insightful jadi ijin nanya saya lagi cari mobil baru budget 400-750jt (full beli cash).
Duit segini, single, kyknya "siap" mau jajan onderdil, kl gw kyknya akan VW Scirocco sih, ganteng soalnya... dan sisa budget masih banyak utk siap2 perbaikan unit...
Hiroshima 46V
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 516
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by adriangaut »

Budget segitu coba VW Golf Mk7 second

Atau W212 E300 apa E250 kembalian banyak banget, buat restorasi dan perawatan
Sama jepangan baru pasti enakan E Class
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by Salvanost »

kendibocor wrote: Mon Dec 02, 2024 19:40
Salvanost wrote: Mon Dec 02, 2024 19:07 Gatel banget mau bilang mobil listrik
Unpopular opinion

Karena TS ragu2 masalah casnya
Padahal casnya gampang cuma perlu nunggu sejam (di SPKLU fast charging)

Itupun bisa jalan 500km
Artinya kalau TS yg odometer 6000/tahun = 500km/bulan
Ya ngecas cuma perlu 1x doank sebulan selama 1-2jam

Anggap aja pas sibuk jadi ngecas 2x selama 3 jam/bulan tetap ga repot om

Lom masalah pajak
Lom masalah ga usah pusingin maintenance dan perawatan
Lom masalah ganjil genap ga usah pusing

Lom lagi masalah ga mau repot urusan bengkel (jelas mobil baru bagus urusan ini) apalagi 6000-9000/tahun = 30.000-45.000/5 tahun dijamin worry free kalau mobil listrik

Jeleknya dimana?
Kalau tabrakan sparepart bisa 3 bulan
Ga ada ban serep
Klaim range 600an km reality 450-500km buat pemakaian daily
Ga boleh modif atau garansi hangus
Panoramic panas wajib pasang kaca film
Ground clearance pendek bisa gesrot
Hmmm... udah ada yg jual stabilizer ultra racingnya katanya body rollnya lumayan kerasa

Nambahin dikit om pengalaman pribadi sekarang miara EV jg.
Kalo di apt ane ga saranin sih. Kenapa ane blg gitu?

1. Tarif dlu ya, kalo tarif termurah pasti charge dirumah pake wall charging. Per kwh kan 1699 tambah ppn kurleb jd mepet 2000/kwh. Tambah DISKON 30% (ga semua merk) ini lumayan banget. Ane bulan lalu ngisi 450rb dpt disc 150rb. Kalo spklu tarif chargenya bervariasi banget. Ada yg per kwh nya 2000 lebih tp ada semacem charge parkir. Ada yg itung per jam pemakaian tp speednya lemot, dll.
Biarpun tetep lebih mahal mbl ICE, salah satu esensi beli EV kn tentunya pengiritan jg. Makin irit makin memuaskan.

2. Kalo lg mager kadang males banget musti keluar rumah 1 jam khusus bwat ngecharge, apalagi kalo besokannya banyak acara yg musti pake mbl agak jauh. Misalkan nih besok kita mau ke puncak, kalo mbl bensin sisa 1 strip sih santai aja, tinggal isi besok pagi 10 mnt kelar. Kalo mbl listrik sisa 50% pasti mau gamau terpaksa ngecharge malemnya. Mungkin aja cukup ke puncak sisa 50% tp tetep aja was2 bawa pp. abis plg kerja malem2, macet, musti sempet2in ngecharge males sih. Yg kaya gini jg yg susah mukul rata bakalan brp kali charge sebulan. Ga bisa mukul rata kapasitas batere 500km, pake sebulan 900km jd estimasi 2x ngecharge aja tiap bulan. Bisa jd bakalan 3-4x/bln harus terpaksa ngecharge kalo batere masih sisa lumayan tp ga cukup bwat aktifitas hari berikutnya.

4. Kalo ada charging point di apt levih enak pastinya tp pasti yg punya EV bukan cuman kita sendiri. Misalkan begitu plg kerja mau ngecharge eh kepake semua. Terpaksa nunggu giliran naek dlu ke atas. Begitu di atas uda selesai mandi, beres2 tinggal siap2 tidur eh keinget musti turun lg ngecharge mbl. Kalo ane males sih. Blm lg
Makin banyak orng yg ga berotak yg selesai ngecharge gamau mindahin mblnya, atau malah ga ngecharge tp parkir disitu, atau malah lebih ga berotak lg mbl ICE parkir di tempat ngecharge :big_biglaugh:

5. BYD ane gatau gmn sparepartnya. Tp kalo si MG sih part lumayan cepet. Mbl ane uda claim garansi tierod (ada bunyi dikit) cuman seminggu, kemaren ditabrakin bini sampe headlamp pecah indent sebulan. Kalo dibandingin ma merk established ksko modelnya yg bukan volume maker jg kadang lama. Dlu CRV RM lampu pecah jg ane indent 1-1,5 bulan jg.

6. Deviasi antara claim jarak tempuh sama real ga gitu beda jauh kok. Mbl ane claim 425km brp bulan lalu sempet ke purwokerto yg jarang 400km kurang dikit cukup2 aja tanpa charge (tp tetep ditengah berenti bentar kurleb 30 mnt bwat BAK dan makan malem) uda ditambah macet2an parah lg waktu libur sabtu-senin n pantura dibenerin. Ada 1 titik macetnya sampe 30 km.

Jd still market EV itu ga bwat semua orang sih.
1. Kalau mobilnya 700juta ngapain repot2 fokus pengiritan 150.000/bulan om
Itu mobil eropah bekas dibawa kebengkel tagihannya juga guede kok :upss:

2. MG emang hebat, selain parts lebih cepat, klaim jarakpun beda tipis, omoda lebih hebat lagi klaim jarak real

BYD sama Wooleng mah kelaut aja klaim jarak ga sesuai

3. Rest area toll ada SPKLU fast charging
Jadi bisa colok 1 jam sambil ke toilet dan makan
Kalau religius sambil ibadah :mky_01:

Ya maksud saya selama destinasinya lewatin rest area toll aturan aman2 aja om

Ada charging di mall tapi bayar biaya bulanan 500.000/bulan
Muales buanget

Tapi wall charging harga 14juta loh... makenya harus lama baru balik modal
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by kendibocor »

Salvanost wrote: Tue Dec 03, 2024 3:52 1. Kalau mobilnya 700juta ngapain repot2 fokus pengiritan 150.000/bulan om
Itu mobil eropah bekas dibawa kebengkel tagihannya juga guede kok :upss:

2. MG emang hebat, selain parts lebih cepat, klaim jarakpun beda tipis, omoda lebih hebat lagi klaim jarak real

BYD sama Wooleng mah kelaut aja klaim jarak ga sesuai

3. Rest area toll ada SPKLU fast charging
Jadi bisa colok 1 jam sambil ke toilet dan makan
Kalau religius sambil ibadah :mky_01:

Ya maksud saya selama destinasinya lewatin rest area toll aturan aman2 aja om

Ada charging di mall tapi bayar biaya bulanan 500.000/bulan
Muales buanget

Tapi wall charging harga 14juta loh... makenya harus lama baru balik modal
Bukan maksudnya pengiritan 100-200rb jd hal utama om. Ini preferensi sih ya, kalo ane demen barang tepat guna maksimal. Kalo bwat irit ya irit maksimal, bukan masalah duitnya tp kepuasan tersendirinya bs ngirit :big_biglaugh: macem ibu2 ke itc nawar baju goceng kalo dikasih ada kepuasan tersendiri.
Tp mungkin saya aja sih yg kayak gini :big_biglaugh:

Nah harus tau daerah sekitar, ada spklu yg letaknya ok gak. Sepi, tarif masuk akal, tempat nunggu enak. Nah yg pasti memenuhi syarat ya kalo gini kn rumah sendiri :big_grin:

Si seal jg wall charging beli yah? Males keluar duit lg sih :big_bored:

Btt, G30 itu taon2 2018 uda pd jual 4 gede or 5 kecil. Bahkan ada 3xx tp odo agak gondrong. Emang sih uda ga bsi bri. Tp kembalian banyak bwat siap2 ada repair apa2 lebih dr cukup lah.
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3027
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by KielConstantine »

Greenhunter wrote: Mon Dec 02, 2024 11:02
investorganteng wrote: Mon Dec 02, 2024 9:09 530i harusnya paling liquid om dari di atas?

20jt / thn oke masuk akal, tapi 80 jutaan setelah 4 tahun itu ganti apa aja om? maaf pemula biasa yang urusin2 gini dulu alm papa saya :mky_01:
Maksudnya itu 20jt per tahun, rencana pakai 4 tahun jadi total 20jt x 4th = 80 jt. Bukan tahun ke 4 habis 80 jt sendiri tapi total 4 tahun = 80 jt.
Ho oh kurang lebih segituan . And believe me or not. Mau type generic paling bawah (320i) sampe yg type atas (330i; 335i) pengeluarannya bakal mirip2 aja buat ngebengkel .


Jadi koencinya adalah 3S… Suka sikatt senanggggg :ngacir:


Suka yg mana tinggal dateng ke showroom bayarin, BPKB sama unit ud digarasi langsung masukin ke bengkel u/ restorasi.

Dah rapih smua tinggal pake. Nikmatin deh :upss:

Porsche Macan juga oke kok. Itu basically Audi Q5 pake mesin VW EA888 . Partsnya gampang dicari, bengkel spesialis vag group banyak yg bisa handle
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: Tue Dec 03, 2024 4:14
Greenhunter wrote: Mon Dec 02, 2024 11:02
investorganteng wrote: Mon Dec 02, 2024 9:09 530i harusnya paling liquid om dari di atas?

20jt / thn oke masuk akal, tapi 80 jutaan setelah 4 tahun itu ganti apa aja om? maaf pemula biasa yang urusin2 gini dulu alm papa saya :mky_01:
Maksudnya itu 20jt per tahun, rencana pakai 4 tahun jadi total 20jt x 4th = 80 jt. Bukan tahun ke 4 habis 80 jt sendiri tapi total 4 tahun = 80 jt.
Ho oh kurang lebih segituan . And believe me or not. Mau type generic paling bawah (320i) sampe yg type atas (330i; 335i) pengeluarannya bakal mirip2 aja buat ngebengkel .


Jadi koencinya adalah 3S… Suka sikatt senanggggg :ngacir:


Suka yg mana tinggal dateng ke showroom bayarin, BPKB sama unit ud digarasi langsung masukin ke bengkel u/ restorasi.

Dah rapih smua tinggal pake. Nikmatin deh :upss:

Porsche Macan juga oke kok. Itu basically Audi Q5 pake mesin VW EA888 . Partsnya gampang dicari, bengkel spesialis vag group banyak yg bisa handle
kl yg doyan ngulik enak ni, cari part number audi buat urusin porsche, sukur2 bisa dpt persamaan part number vw punya nya, harganya jauh haha

tp kalo diliat dr ts, tidak terbiasa rawat mobil, ya mbl listrik okelah, ada warranty juga kan mbl baru. hidup tenang. seminggu juga kalo rute ga jauh2 blm tentu ngecas sekali. kalo dalkot2 jakarta aja sebulan aja ga sampe 1000km, plg max sebulan 2-3x ngecas, no brainer lah, apa lg kalo doyan ngemall di jaksel jakpus jakut, itu spklu banyak, di gedung2 perkantoran jg udh mulai banyak (meski 1 gedung plg cuma ada 2-3 slot)
investorganteng
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Dec 01, 2024 18:39
Location: Jakarta

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by investorganteng »

Thanks semua advicenya.. ane belum coret mobil listrik kok. Ane cek2 lagi ternyata daerah tempat tinggal ane di lippo karawaci lumayan banyak tempat charging. Kadang ane juga tempatin tempat ane di kuningan jaksel, juga banyak tempat charging kayanya.

Nanti coba saya beneran datengin tempat chargingnya dan liat kondisi, apakah ramai. Kebetulan karena punya company sendiri jam ane fleksible. Jadi kalo jam sibuk lg full paling ane cas pas malem aja jam 11 gitu juga oke :big_biglaugh:

Beda harga sedikit cas di luar gak masalah.. jujurly pajak mobil bmw mercy bekas incaran ane 15-20jt an ini cukup gede plus kalau harus siapin 20jt/thn buat perawatan keknya mikir2 juga sih.. klo jadi beli mobil listrik pun pasti akan sy pake lebih dr 4 tahun karena ya kan beli baru ga mungkin 4 tahun langsung jual

Basically kalau beli mobil listrik ane pasti ga akan pikirin buat jual lagi karena ya pasti bakal pake 8 tahun minimal, mau ntar harga jualnya ke nol juga ga peduli :mky_01:

Cuman klo beli mobil ICE bekas apalagi eropa tentu saya mikirin harga jual baliknya, karena semakin tua nanti semakin outdated dan perawatannya semakin rewel nguras kantong.. kalo abis 40 jutan/yr buat pajak + perawatan sih pasti harus mikirin harga jualnya nanti klo ga amsyiong :mky_07:
Last edited by investorganteng on Tue Dec 03, 2024 8:38, edited 3 times in total.
Aswajr
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Wed Dec 07, 2022 7:47
Location: Jakarta

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by Aswajr »

investorganteng wrote: Mon Dec 02, 2024 9:14
Aswajr wrote: Mon Dec 02, 2024 4:53
investorganteng wrote: Sun Dec 01, 2024 19:10 Halo para suhu.. baru disini dan kayanya forum ini cukup insightful jadi ijin nanya saya lagi cari mobil baru budget 400-750jt (full beli cash). mungkin bakal helpful kalo temen-temen tau kondisi saya, usia 29 tahun masih single dan kayanya ane ga bakal nikah di dalam 2 tahun kedepan - baru putus hubungan cukup serius awal tahun ini :big_dunno: & skrg baru mulai punya gebetan2 lagi :mky_01: . Keluarga (saudara, mama sudah punya mobil masing2 sendiri), jadi mostly mobil ini akan saya pake sendiri tanpa ada penumpang siapapun, paling pake kalau jalan ama cewe atau 1 temen aja. Current daily saya CRV Prestige & saya suka mobil yang cukup spacious meski saya mostly pake sendiri. Untuk pengunaan, dari historis saya ga terlalu sering paling 1 tahun bisa 6-9rb km aja - rencana mobil saya pake 4 tahun sblm jual lagi. So far saya narrow down ke pilihan-pilihan ini:

Bekas
1. mercedes benz e-300 (2016) ~550 jt an
2. bmw 435i (2015) ~hampir 600 jt an
3. c-300 coupe (2017) ~krg tau pasarannya berapa
4. Porsche macan (2016) ~600-700 jt an
5. Bmw 530i (2018) ~hampir 500jt an

*harga di atas ambil dari liat2 online

Baru
1. Hyptec HT premium - 685jt
2. BYD seal performance - 719jt

Concerns:
Jujur mobil listrik baru harganya sangat menggoda, tapi sayangnya saya tinggal di apartemen - walau temen saya ada yang punya mobil listrik dan tinggal di apartemen juga katanya skrg di jakarta banyak spklu dan tempat cas - tetep agak khawatir saja.

Buat mobil yang 2015, 2016 sepertinya cukup lama dan saya tidak terlalu hobi ngurusin mobil, yang biasa urusin alm papa saya yang udah gaada tahun lalu :big_dunno: khawatir bakal banyak kerusakaan aja - cuman pastinya saya akan cekup rutin di dealer resmi atau bengkel terpercaya. Dan pajaknya juga hm kok lumayan juga ya, jadi pilihan mobil listrik semakin menggoda, cuman agak repot juga ke luar utk cas (cuman ya gatau lagi saya tidak pernah punya mobil listrik). Any opinion para suhu?
kalo budget di luar beli mobilnya 1 tahun ada ga om? > 20 juta kah? kalo iya silahkan dibeli aja x pilihan2nya, beli mobil kan mesti mikirin maintenance juga yah. jangan nanti tiba2 kejatuhan tai burung ga bisa benerin loh. :mky_07: :mky_07:
Ada om, soalnya skrg masih single gak ada tanggungan, alhamdullilah puji tuhan bukan sandwich generation juga malah ortu warisin banyak aset meski gak liquid (property2), tp aset liquid ane cukup banyak & penghasilan ane juga cukup tinggi.

Cuman memang gamau spend banyak2 di mobil aja krn emang bukan hoby. Yng penting enak disetir, keliatan keren sedikit :big_peace:
kalo ga mau spend banyak2 dengan budget segitu ane sie pengen MG 4 EV yah ga sampe budget bawah, nyetirnya enak waktu ane TD, buat daily commute cukup lah, walau agak kecil mobilnya. toh ga perlu buat gaya2an kan atau gengsi2an kan.
investorganteng
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Dec 01, 2024 18:39
Location: Jakarta

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by investorganteng »

Aswajr wrote: Tue Dec 03, 2024 9:28
investorganteng wrote: Mon Dec 02, 2024 9:14
Aswajr wrote: Mon Dec 02, 2024 4:53

kalo budget di luar beli mobilnya 1 tahun ada ga om? > 20 juta kah? kalo iya silahkan dibeli aja x pilihan2nya, beli mobil kan mesti mikirin maintenance juga yah. jangan nanti tiba2 kejatuhan tai burung ga bisa benerin loh. :mky_07: :mky_07:
Ada om, soalnya skrg masih single gak ada tanggungan, alhamdullilah puji tuhan bukan sandwich generation juga malah ortu warisin banyak aset meski gak liquid (property2), tp aset liquid ane cukup banyak & penghasilan ane juga cukup tinggi.

Cuman memang gamau spend banyak2 di mobil aja krn emang bukan hoby. Yng penting enak disetir, keliatan keren sedikit :big_peace:
kalo ga mau spend banyak2 dengan budget segitu ane sie pengen MG 4 EV yah ga sampe budget bawah, nyetirnya enak waktu ane TD, buat daily commute cukup lah, walau agak kecil mobilnya. toh ga perlu buat gaya2an kan atau gengsi2an kan.
Kalau gini mending gausa ganti mobil om, horsepowernya lebih kecil dari crv prestige plus tambah ribet karena mobil listrik. Bagi saya 400-750jt ga banyak kok. Kan udah saya jelasin kondisi keuangan saya di atas itu. Belajar dr alm papa saya juga jangan terlalu pelit :mky_01:
investorganteng
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Dec 01, 2024 18:39
Location: Jakarta

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by investorganteng »

farizfsa wrote: Tue Dec 03, 2024 8:08
KielConstantine wrote: Tue Dec 03, 2024 4:14
Greenhunter wrote: Mon Dec 02, 2024 11:02

Maksudnya itu 20jt per tahun, rencana pakai 4 tahun jadi total 20jt x 4th = 80 jt. Bukan tahun ke 4 habis 80 jt sendiri tapi total 4 tahun = 80 jt.
Ho oh kurang lebih segituan . And believe me or not. Mau type generic paling bawah (320i) sampe yg type atas (330i; 335i) pengeluarannya bakal mirip2 aja buat ngebengkel .


Jadi koencinya adalah 3S… Suka sikatt senanggggg :ngacir:


Suka yg mana tinggal dateng ke showroom bayarin, BPKB sama unit ud digarasi langsung masukin ke bengkel u/ restorasi.

Dah rapih smua tinggal pake. Nikmatin deh :upss:

Porsche Macan juga oke kok. Itu basically Audi Q5 pake mesin VW EA888 . Partsnya gampang dicari, bengkel spesialis vag group banyak yg bisa handle
kl yg doyan ngulik enak ni, cari part number audi buat urusin porsche, sukur2 bisa dpt persamaan part number vw punya nya, harganya jauh haha

tp kalo diliat dr ts, tidak terbiasa rawat mobil, ya mbl listrik okelah, ada warranty juga kan mbl baru. hidup tenang. seminggu juga kalo rute ga jauh2 blm tentu ngecas sekali. kalo dalkot2 jakarta aja sebulan aja ga sampe 1000km, plg max sebulan 2-3x ngecas, no brainer lah, apa lg kalo doyan ngemall di jaksel jakpus jakut, itu spklu banyak, di gedung2 perkantoran jg udh mulai banyak (meski 1 gedung plg cuma ada 2-3 slot)
Yes om setahun paling saya jalan 6-9rb km aja.

Seminggu paling pake 3-4x. Untuk perjalanan jauh. Paling setahun sekali dua kali maks 3 kali road trip ke jateng or jatim.

Saya baru cek aplikasi voltron ini ternyata banyak spot kosong di daerah saya. Jadi skrg heavily considering mobil listrik (bulan ini mau coba TD BYD & Hyptec)
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by t105erd »

kalo saya lagi mode menghayal kondisi TS nya kaya gitu sih nyari Toyota 86/Subaru BRZ manual maknyuss...

Atau Suzuki Jimny 4WD bisa segala medan
whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by whitehorse4 »

Miata / gt86 / cayman.. mumpung masih single..
harga jual kembali masih oke, dapet sports car, prestige juga kena :big_smoking:
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
mullen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Thu Jul 20, 2023 7:55
Daily Vehicle: Zhongtong 6180GC City Bus

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by mullen »

Pendapat:
Mungkin dari pilihan diatas akan pilih Porsche Macan / entry level exotics lainnya dari dealer mobkas yang bisa ngasih opsi buyback. Jadi kalo tiba2 pengen ganti / jual paling ngga udah ada standby buyernya. Cuman gatau sih ada nggak dealer mobkas yang ada program ini. Kalo di dealer motor besar suka ada soalnya.
alzabine
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Wed Apr 01, 2015 16:06

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by alzabine »

Udah ada pilihan belum om.. Saya udah pake Hyptec HT 5000Km-an, honestly ini mobil yang menurut saya almost perfect sih. Masalah semua feature ada di layar, bisa dengan mudah diatasi dengan voice command. Aduhai banget lah saya ama ni mobil.
investorganteng
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Dec 01, 2024 18:39
Location: Jakarta

Re: Butuh Suggestion mobil price range 400-750 juta

Post by investorganteng »

alzabine wrote: Wed Feb 26, 2025 4:14 Udah ada pilihan belum om.. Saya udah pake Hyptec HT 5000Km-an, honestly ini mobil yang menurut saya almost perfect sih. Masalah semua feature ada di layar, bisa dengan mudah diatasi dengan voice command. Aduhai banget lah saya ama ni mobil.
Kebetulan saya decidenya beli ini om.. karena waktu test drive gila mobil ini gede tapi kenceng.. terus masih stylish juga..

tapi unitnya kok ga dateng2 ya. Jadi mikir2 dua kali