Nambahin dikit om pengalaman pribadi sekarang miara EV jg.Salvanost wrote: Mon Dec 02, 2024 19:07 Gatel banget mau bilang mobil listrik
Unpopular opinion
Karena TS ragu2 masalah casnya
Padahal casnya gampang cuma perlu nunggu sejam (di SPKLU fast charging)
Itupun bisa jalan 500km
Artinya kalau TS yg odometer 6000/tahun = 500km/bulan
Ya ngecas cuma perlu 1x doank sebulan selama 1-2jam
Anggap aja pas sibuk jadi ngecas 2x selama 3 jam/bulan tetap ga repot om
Lom masalah pajak
Lom masalah ga usah pusingin maintenance dan perawatan
Lom masalah ganjil genap ga usah pusing
Lom lagi masalah ga mau repot urusan bengkel (jelas mobil baru bagus urusan ini) apalagi 6000-9000/tahun = 30.000-45.000/5 tahun dijamin worry free kalau mobil listrik
Jeleknya dimana?
Kalau tabrakan sparepart bisa 3 bulan
Ga ada ban serep
Klaim range 600an km reality 450-500km buat pemakaian daily
Ga boleh modif atau garansi hangus
Panoramic panas wajib pasang kaca film
Ground clearance pendek bisa gesrot
Hmmm... udah ada yg jual stabilizer ultra racingnya katanya body rollnya lumayan kerasa
Kalo di apt ane ga saranin sih. Kenapa ane blg gitu?
1. Tarif dlu ya, kalo tarif termurah pasti charge dirumah pake wall charging. Per kwh kan 1699 tambah ppn kurleb jd mepet 2000/kwh. Tambah DISKON 30% (ga semua merk) ini lumayan banget. Ane bulan lalu ngisi 450rb dpt disc 150rb. Kalo spklu tarif chargenya bervariasi banget. Ada yg per kwh nya 2000 lebih tp ada semacem charge parkir. Ada yg itung per jam pemakaian tp speednya lemot, dll.
Biarpun tetep lebih mahal mbl ICE, salah satu esensi beli EV kn tentunya pengiritan jg. Makin irit makin memuaskan.
2. Kalo lg mager kadang males banget musti keluar rumah 1 jam khusus bwat ngecharge, apalagi kalo besokannya banyak acara yg musti pake mbl agak jauh. Misalkan nih besok kita mau ke puncak, kalo mbl bensin sisa 1 strip sih santai aja, tinggal isi besok pagi 10 mnt kelar. Kalo mbl listrik sisa 50% pasti mau gamau terpaksa ngecharge malemnya. Mungkin aja cukup ke puncak sisa 50% tp tetep aja was2 bawa pp. abis plg kerja malem2, macet, musti sempet2in ngecharge males sih. Yg kaya gini jg yg susah mukul rata bakalan brp kali charge sebulan. Ga bisa mukul rata kapasitas batere 500km, pake sebulan 900km jd estimasi 2x ngecharge aja tiap bulan. Bisa jd bakalan 3-4x/bln harus terpaksa ngecharge kalo batere masih sisa lumayan tp ga cukup bwat aktifitas hari berikutnya.
4. Kalo ada charging point di apt levih enak pastinya tp pasti yg punya EV bukan cuman kita sendiri. Misalkan begitu plg kerja mau ngecharge eh kepake semua. Terpaksa nunggu giliran naek dlu ke atas. Begitu di atas uda selesai mandi, beres2 tinggal siap2 tidur eh keinget musti turun lg ngecharge mbl. Kalo ane males sih. Blm lg
Makin banyak orng yg ga berotak yg selesai ngecharge gamau mindahin mblnya, atau malah ga ngecharge tp parkir disitu, atau malah lebih ga berotak lg mbl ICE parkir di tempat ngecharge

5. BYD ane gatau gmn sparepartnya. Tp kalo si MG sih part lumayan cepet. Mbl ane uda claim garansi tierod (ada bunyi dikit) cuman seminggu, kemaren ditabrakin bini sampe headlamp pecah indent sebulan. Kalo dibandingin ma merk established ksko modelnya yg bukan volume maker jg kadang lama. Dlu CRV RM lampu pecah jg ane indent 1-1,5 bulan jg.
6. Deviasi antara claim jarak tempuh sama real ga gitu beda jauh kok. Mbl ane claim 425km brp bulan lalu sempet ke purwokerto yg jarang 400km kurang dikit cukup2 aja tanpa charge (tp tetep ditengah berenti bentar kurleb 30 mnt bwat BAK dan makan malem) uda ditambah macet2an parah lg waktu libur sabtu-senin n pantura dibenerin. Ada 1 titik macetnya sampe 30 km.
Jd still market EV itu ga bwat semua orang sih.