Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
the-mantal wrote: Tue Oct 29, 2024 5:44
tipe standar jg lebih hemat, kemarin muter2 jkt dapat 8-9 km/kwh
Irit juga ya M6 ?, Ioniq 5 SLR paling irit cuma dapet 1:7.5 saya, pernah bisa di 1:8.1 kalo dalkot hari minggu, cruising 40-70 km lah...
I5 Total pemakaian 3 tahun 40k km di MID average di 1:6.5. Tapi ya gitu, sering dipake tidur di mobil kalo lagi nunggu
Kalo cas2an buat user emang masalah nasional, di Aeon JGC ndak pernah kosong tu, apalagi sabtu-minggu. Buat pengusaha cas2an ya seneng kalo dealer EV pada lelet kasih charger
Batre health nya so far brp persen mbah?
Krn lihat Engineering Explained di YT, super fast charging (DC) ini berpotensi memperpendek charging cycle
Bener gak tuh?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Tue Oct 29, 2024 9:07
Batre health nya so far brp persen mbah?
Krn lihat Engineering Explained di YT, super fast charging (DC) ini betul2 memperpendek charging cycle
Normalnya klo slow charger bisa 3000 cycle
Klo pakai fast carger bisa down to <500 cycle
Bener gak tuh?
Saya si masih 100% di meteran, kalo pake ukuran kapasitas "tinggal" 97an% (cas full 100% masuk 68an kWh, max-nya 70 kWh, 2 kWh buat tabungan), cuma saya jarang cas fast DC kecuali pas lukot. Terus 180 cell voltase-nya si masih rata semua, cuma awal2 jalan aja 4 balok kagak rata, lebih rendah 0.02V. Feeling kayaknya si balok ini yang 10 tahun lagi turun duluan.
FYI buat oom Boku,
Battery.png
kalo baca service manual-nya, bisa dibetulin per modul kalo SOH-nya masih diatas 90%, soalnya kalo dibawah 90% voltase-nya bisa jauh bedanya,
Battery Rep.jpg
Soalnya kalo pas dipasang replacement-nya harus diratain dulu sama temen2nya yg lain.
Cuma EV itu harus sebulan sekali dicas 100%, biar kalibrasi ulang voltase antar cell, saya-nya aja yang males, trakhir ada kalo 3 bulan lalu
Balik M6, kalo LiFePo lebih badak deh kalo lawan fast DC, kelemahannya kan energi density-nya yang rendah, jadi mocin2 EV tu dihajar fast DC sering2 kayaknya aman deh....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Suryaputra wrote: Tue Oct 29, 2024 9:07
Batre health nya so far brp persen mbah?
Krn lihat Engineering Explained di YT, super fast charging (DC) ini betul2 memperpendek charging cycle
Normalnya klo slow charger bisa 3000 cycle
Klo pakai fast carger bisa down to <500 cycle
Bener gak tuh?
Saya si masih 100% di meteran, kalo pake ukuran kapasitas "tinggal" 97an% (cas full 100% masuk 68an kWh, max-nya 70 kWh, 2 kWh buat tabungan), cuma saya jarang cas fast DC kecuali pas lukot. Terus 180 cell voltase-nya si masih rata semua, cuma awal2 jalan aja 4 balok kagak rata, lebih rendah 0.02V. Feeling kayaknya si balok ini yang 10 tahun lagi turun duluan.
FYI buat oom Boku,
Battery.png
kalo baca service manual-nya, bisa dibetulin per modul kalo SOH-nya masih diatas 90%, soalnya kalo dibawah 90% voltase-nya bisa jauh bedanya,
Battery Rep.jpg
Soalnya kalo pas dipasang replacement-nya harus diratain dulu sama temen2nya yg lain.
Cuma EV itu harus sebulan sekali dicas 100%, biar kalibrasi ulang voltase antar cell, saya-nya aja yang males, trakhir ada kalo 3 bulan lalu
Balik M6, kalo LiFePo lebih badak deh kalo lawan fast DC, kelemahannya kan energi density-nya yang rendah, jadi mocin2 EV tu dihajar fast DC sering2 kayaknya aman deh....
Nuhun infonya.
Super knowledge mbah super user satu ini
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Tue Oct 29, 2024 9:07
Batre health nya so far brp persen mbah?
Krn lihat Engineering Explained di YT, super fast charging (DC) ini betul2 memperpendek charging cycle
Normalnya klo slow charger bisa 3000 cycle
Klo pakai fast carger bisa down to <500 cycle
Bener gak tuh?
Saya si masih 100% di meteran, kalo pake ukuran kapasitas "tinggal" 97an% (cas full 100% masuk 68an kWh, max-nya 70 kWh, 2 kWh buat tabungan), cuma saya jarang cas fast DC kecuali pas lukot. Terus 180 cell voltase-nya si masih rata semua, cuma awal2 jalan aja 4 balok kagak rata, lebih rendah 0.02V. Feeling kayaknya si balok ini yang 10 tahun lagi turun duluan.
FYI buat oom Boku,
Battery.png
kalo baca service manual-nya, bisa dibetulin per modul kalo SOH-nya masih diatas 90%, soalnya kalo dibawah 90% voltase-nya bisa jauh bedanya,
Battery Rep.jpg
Soalnya kalo pas dipasang replacement-nya harus diratain dulu sama temen2nya yg lain.
Cuma EV itu harus sebulan sekali dicas 100%, biar kalibrasi ulang voltase antar cell, saya-nya aja yang males, trakhir ada kalo 3 bulan lalu
Balik M6, kalo LiFePo lebih badak deh kalo lawan fast DC, kelemahannya kan energi density-nya yang rendah, jadi mocin2 EV tu dihajar fast DC sering2 kayaknya aman deh....
maksudnya kalo mau di ganti partial yang sehatnya musti diatas 90% om ???
setau saya bukanya di bawah 80% emang ud deket ajal
ya emang mendingan ganti semua biar gak bolak balik
b0ku wrote: Tue Oct 29, 2024 12:41
maksudnya kalo mau di ganti partial yang sehatnya musti diatas 90% om ???
setau saya bukanya di bawah 80% emang ud deket ajal
ya emang mendingan ganti semua biar gak bolak balik
Implikasinya begitu, kalo dibawah 90% dipaksa ganti bakal bolak-balik, soalnya modul baru 100%, sisanya 90%. Kecuali gantinya ndak baru tapi yg. setara ama yg. lama. Tapi ini kesempatan kan, bisnis baru : kalibrasi batere, jadi kerjaaannya mix & match batere. Jadi inget filosofi Citroen di hydraulicnya, dia ndak bisa machining sampe toleransi yg. diminta, tapi bisa ngukur, jadi akhirnya bikin banyak, cocokin satu sama lain. Nah ini sama dengan tukang rekondisi, cocok2in modul yg. profilnya sama ama yg. mau dibetulin
Kalo Youngdie syarat ajal 70% oom, cuma kalo < 90% ada satu modul yg. rusak itu yg. gak bisa diganti per modul, kecuali ada yg. buka usaha kayak diatas. Misal dah 80%, ada modul matot, cari modul yg. +/- 80%…..
Kalo BYD lem mati, seri semua, mati satu, satu papan ganti (lebih mudah si ini)….
b0ku wrote: Tue Oct 29, 2024 12:41
maksudnya kalo mau di ganti partial yang sehatnya musti diatas 90% om ???
setau saya bukanya di bawah 80% emang ud deket ajal
ya emang mendingan ganti semua biar gak bolak balik
Implikasinya begitu, kalo dibawah 90% dipaksa ganti bakal bolak-balik, soalnya modul baru 100%, sisanya 90%. Kecuali gantinya ndak baru tapi yg. setara ama yg. lama. Tapi ini kesempatan kan, bisnis baru : kalibrasi batere, jadi kerjaaannya mix & match batere. Jadi inget filosofi Citroen di hydraulicnya, dia ndak bisa machining sampe toleransi yg. diminta, tapi bisa ngukur, jadi akhirnya bikin banyak, cocokin satu sama lain. Nah ini sama dengan tukang rekondisi, cocok2in modul yg. profilnya sama ama yg. mau dibetulin
Kalo Youngdie syarat ajal 70% oom, cuma kalo < 90% ada satu modul yg. rusak itu yg. gak bisa diganti per modul, kecuali ada yg. buka usaha kayak diatas. Misal dah 80%, ada modul matot, cari modul yg. +/- 80%…..
Kalo BYD lem mati, seri semua, mati satu, satu papan ganti (lebih mudah si ini)….
iya mudah... selama:
- ada duit, atau
- garansi, atau
- Gratis
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight wrote: Tue Oct 29, 2024 15:22
Implikasinya begitu, kalo dibawah 90% dipaksa ganti bakal bolak-balik, soalnya modul baru 100%, sisanya 90%. Kecuali gantinya ndak baru tapi yg. setara ama yg. lama. Tapi ini kesempatan kan, bisnis baru : kalibrasi batere, jadi kerjaaannya mix & match batere. Jadi inget filosofi Citroen di hydraulicnya, dia ndak bisa machining sampe toleransi yg. diminta, tapi bisa ngukur, jadi akhirnya bikin banyak, cocokin satu sama lain. Nah ini sama dengan tukang rekondisi, cocok2in modul yg. profilnya sama ama yg. mau dibetulin
Kalo Youngdie syarat ajal 70% oom, cuma kalo < 90% ada satu modul yg. rusak itu yg. gak bisa diganti per modul, kecuali ada yg. buka usaha kayak diatas. Misal dah 80%, ada modul matot, cari modul yg. +/- 80%…..
Kalo BYD lem mati, seri semua, mati satu, satu papan ganti (lebih mudah si ini)….
ya sebenernya semua gampang kalo di bikin accessnya mudah coba di design kayak nio cara cabut batrenya terus buka packnya kayak buka koper terus batrenya di susun per cell kayak tesla modelan batre vape
terus di onboard OBDnya bisa kasih info secara detail cell mana yang mampus.............
saya jamin ritual ganti batre lsg kayak ritual ganti oli 6-12 bulan sekali ganti cell yang loyo.....
sayang mereka takut meledak atau bocor aer makannya di seal kayak brankas federal reserve.................
Suryaputra wrote: Tue Oct 29, 2024 5:16
Menarik
Cost ngisi energinya kurleb 1:4 yah dibanding mid MPV bensin
Mid MPV Jinik = Rp 1600 per kilometer pertamax
BYD M6 = Rp 385 per kilometer SPKLU
Beda biaya per 100rb km
- Ngisi energi: Rp 160jt - 38.5jt = 121.5 juta
- Perawatan selama 10 tahun (wajib servis dan cek cooling system dan freon ac untuk cooling batre): ?
- Pajak tahunan: ?
Kira2 brp harga batre M6 dalam 10 thn ke depan?
Logika batre mahalnya kaya apa ga perlu pusing om
Kenapa?
1. Hitungan baru 100.000km (blue bird jual bekasnya di 400.000km) biaya service ga sampai 10juta per 100km
2. Hemat pajak 9-10juta buat mobil ke 3 keatas
3. 10tahun buat mobil 400an juta udah cukup (mau ga laku dijualpun udah dapat benefit dari hemat pajak dan bensin)
Terus anggap aja 6km per kwh
100.000 = 16.680kwh kalau pertiap isi 40kwh
Baru isi 417 kali
Cycle mobil bisa diatas 1000x kalau diatas 200.000km boleh was2 tapi ya semakin hemat bensin kalau beneran sampai 200.000km
Last edited by Salvanost on Wed Oct 30, 2024 4:06, edited 1 time in total.
Suryaputra wrote: Tue Oct 29, 2024 5:16
Menarik
Cost ngisi energinya kurleb 1:4 yah dibanding mid MPV bensin
Mid MPV Jinik = Rp 1600 per kilometer pertamax
BYD M6 = Rp 385 per kilometer SPKLU
Beda biaya per 100rb km
- Ngisi energi: Rp 160jt - 38.5jt = 121.5 juta
- Perawatan selama 10 tahun (wajib servis dan cek cooling system dan freon ac untuk cooling batre): ?
- Pajak tahunan: ?
Kira2 brp harga batre M6 dalam 10 thn ke depan?
Logika batre mahalnya kaya apa ga perlu pusing om
Kenapa?
1. Hitungan baru 100.000km (blue bird jual bekasnya di 400.000km) biaya service ga sampai 10juta
2. Hemat pajak 9-10juta buat mobil ke 3 keatas
3. 10tahun buat mobil 400an juta udah cukup (mau ga laku dijualpun udah dapat benefit dari hemat pajak dan bensin)
Terus anggap aja 6km per kwh
100.000 = 16.680kwh kalau pertiap isi 40kwh
Baru isi 417 kali
Cycle mobil bisa diatas 1000x kalau diatas 200.000km boleh was2 tapi ya semakin hemat bensin kalau beneran sampai 200.000km
Iya memang mbah
Selama charge pk wall charger 7-8 kwh infonya sih lbh awet yah
Klo sering2 fast charging DC itu yg bikin charging cycle drop
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Tue Oct 29, 2024 5:16
Menarik
Cost ngisi energinya kurleb 1:4 yah dibanding mid MPV bensin
Mid MPV Jinik = Rp 1600 per kilometer pertamax
BYD M6 = Rp 385 per kilometer SPKLU
Beda biaya per 100rb km
- Ngisi energi: Rp 160jt - 38.5jt = 121.5 juta
- Perawatan selama 10 tahun (wajib servis dan cek cooling system dan freon ac untuk cooling batre): ?
- Pajak tahunan: ?
Kira2 brp harga batre M6 dalam 10 thn ke depan?
Logika batre mahalnya kaya apa ga perlu pusing om
Kenapa?
1. Hitungan baru 100.000km (blue bird jual bekasnya di 400.000km) biaya service ga sampai 10juta
2. Hemat pajak 9-10juta buat mobil ke 3 keatas
3. 10tahun buat mobil 400an juta udah cukup (mau ga laku dijualpun udah dapat benefit dari hemat pajak dan bensin)
Terus anggap aja 6km per kwh
100.000 = 16.680kwh kalau pertiap isi 40kwh
Baru isi 417 kali
Cycle mobil bisa diatas 1000x kalau diatas 200.000km boleh was2 tapi ya semakin hemat bensin kalau beneran sampai 200.000km
Iya memang mbah
Selama charge pk wall charger 7-8 kwh infonya sih lbh awet yah
Klo sering2 fast charging DC itu yg bikin charging cycle drop
Cycle drop saya rasa ga ada masalah
Kenapa? Tesla make batre yg cyclenya 1000x doank vs lifepo bisa 2-3x lipat
Itu aja masih banyak yg yg ngeluh tesla dropnya diatas 200.000km(diatas 100.000mile)
Kalau sampai 200.000km di mobil under 500juta
Benefitnya udah dapat semua lewat penghematan
Saya daripada fast charging lebih curiga sama dijemur matahari Indonesia bisa bikin batre drop
Salvanost wrote: Wed Oct 30, 2024 3:55
Logika batre mahalnya kaya apa ga perlu pusing om
Kenapa?
1. Hitungan baru 100.000km (blue bird jual bekasnya di 400.000km) biaya service ga sampai 10juta
2. Hemat pajak 9-10juta buat mobil ke 3 keatas
3. 10tahun buat mobil 400an juta udah cukup (mau ga laku dijualpun udah dapat benefit dari hemat pajak dan bensin)
Terus anggap aja 6km per kwh
100.000 = 16.680kwh kalau pertiap isi 40kwh
Baru isi 417 kali
Cycle mobil bisa diatas 1000x kalau diatas 200.000km boleh was2 tapi ya semakin hemat bensin kalau beneran sampai 200.000km
Iya memang mbah
Selama charge pk wall charger 7-8 kwh infonya sih lbh awet yah
Klo sering2 fast charging DC itu yg bikin charging cycle drop
Cycle drop saya rasa ga ada masalah
Kenapa? Tesla make batre yg cyclenya 1000x doank vs lifepo bisa 2-3x lipat
Itu aja masih banyak yg yg ngeluh tesla dropnya diatas 200.000km(diatas 100.000mile)
Kalau sampai 200.000km di mobil under 500juta
Benefitnya udah dapat semua lewat penghematan
Saya daripada fast charging lebih curiga sama dijemur matahari Indonesia bisa bikin batre drop
Iya sih tesla bs 200rb - 400rb
salah satu faktor krn iklimnya beda jauh dgn di sini.
Klo mau test real scenario, memang hrs di sini ya
Pemakaian 5-10 thn gmn
Klo tnyt durable selama 10 thn
Market akam growth sendiri tanpa dipaksa
Krn hematnya (listrik vs bensin) jauh banget
Cost ratio nya 1:4 sampai 1:5 untuk daily usage
Citycar 1200cc dan LMPV 1500cc beda iritnya jg cuma 10-20%
Gak bisa sampai 100% juga
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Wed Oct 30, 2024 4:18
Iya sih tesla bs 200rb - 400rb
salah satu faktor krn iklimnya beda jauh dgn di sini.
Klo mau test real scenario, memang hrs di sini ya
Pemakaian 5-10 thn gmn
Klo tnyt durable selama 10 thn
Market akam growth sendiri tanpa dipaksa
Krn hematnya (listrik vs bensin) jauh banget
Cost ratio nya 1:4 sampai 1:5 untuk daily usage
Citycar 1200cc dan LMPV 1500cc beda iritnya jg cuma 10-20%
Gak bisa sampai 100% juga
liat aja om hidden costnya banyak itu
belom trouble aja
itu yang taxi juga dijual2xin harganya sinting ud mau kayak ngalahin BYD dolphin baru ya terang aja sebelom dijual ganti2xin batre dulu
liat aja di poolnya banyak bangke batre
km 400.000-500.000 wajar lah bisa batrenya kan di bawah 5thn itu juga kan katanya..........
Nah kalau banyak bangke batre bikin was2 om
Karena secara teori emang ga mungkin diatas 200.000 ga ganti batre
Tetapi kalau emang banyak trouble ga mungkin bluebird order BYD baru lagi
Sedangkan listrik saya yakin bukan mobil utama (mungkin nanti bisa tapi sekarang ga senyaman ICE)
Jadi nelum sampai lah pemakaian diatas 200k dalam jangka pendek
Ini saya lagi di pameran motor
Pilihan masih enakan motor bensin daripada EV
b0ku wrote: Wed Oct 30, 2024 5:22
liat aja om hidden costnya banyak itu
belom trouble aja
itu yang taxi juga dijual2xin harganya sinting ud mau kayak ngalahin BYD dolphin baru ya terang aja sebelom dijual ganti2xin batre dulu
liat aja di poolnya banyak bangke batre
km 400.000-500.000 wajar lah bisa batrenya kan di bawah 5thn itu juga kan katanya..........
tenang mbah, tar juga ada battery pack rekondisi lengkap dengan harga pake asuransi kalau meledug atau versi murah ga pake asuransi kalau meledug, atau malah terima tukar tambah. namanya aja negara wakanda kan paling jago cari celah ya seapesnya dikiloin juragan madura lah
Salvanost wrote: Wed Oct 30, 2024 7:57
Nah kalau banyak bangke batre bikin was2 om
Karena secara teori emang ga mungkin diatas 200.000 ga ganti batre
Tetapi kalau emang banyak trouble ga mungkin bluebird order BYD baru lagi
Sedangkan listrik saya yakin bukan mobil utama (mungkin nanti bisa tapi sekarang ga senyaman ICE)
Jadi nelum sampai lah pemakaian diatas 200k dalam jangka pendek
Ini saya lagi di pameran motor
Pilihan masih enakan motor bensin daripada EV
KALO buat taxi pasti untung om karena di hajar berapa KM pun batre gak bakalan jebol selama belom masuk usia pensiun malah banyak denger saya low KM batrenya lebih cepet jebol pas masuk usia pensiun
jd itu BB ud cuan jual aja tapi jualnya gak mau rugi gitu masa harganya ud kayak beli dolphin baru, mungkin ada hitungan ganti batrenya jd mahal
tenang mbah, tar juga ada battery pack rekondisi lengkap dengan harga pake asuransi kalau meledug atau versi murah ga pake asuransi kalau meledug, atau malah terima tukar tambah. namanya aja negara wakanda kan paling jago cari celah ya seapesnya dikiloin juragan madura lah
asuransi kalo bledugnya bakar rumah orang si babak belur juga om barusan BYD katanya kebakaran lagi showroomnya di china