sealing ban yes or no?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
sealing ban yes or no?
JAKARTA, KOMPAS.com - Mengalami ban bocor saat di perjalanan bisa sangat menjengkelkan. Untuk itu, hadir Sealing Tire Abadi yang menawarkan alternatif lain untuk membuat ban kendaraan jadi anti bocor. Beberapa waktu lalu, untuk membuat ban tubeless menjadi anti bocor, hadir cairan anti bocor yang dimasukkan ke dalam ban. Tapi, produk tersebut tidak disarankan karena berbentuk cairan dan bersifat korosif. Sehingga, merusak pelek kendaraan.
Berbeda dengan yang ditawarkan oleh Sealing Tire Abadi yang berlokasi di Pusat Otomotif Sentra Harapan (POSH), Harapan Indah, Bekasi. Sealing Tire Abadi melapisi ban dengan karet tambahan, sehingga ban lebih tahan terhadap benda tajam dan mengurangi risiko kebocoran.
Hengky Daniesca, dari Sealing Tire Abadi, mengatakan, sealing tire adalah lapisan yang melapisi bagian dasar ban. Lapisan tersebut adalah karet yang dicairkan menggunakan mesin khusus. Saat mengering, lapiran karet ini akan membuat ban tahan terhadap kebocoran. "Lapisan ini diaplikasikan pada dasar ban, jadi tidak menempel di pelek. Setelah ban dilapisi, lalu dipasang ke pelek, kita juga lakukan lagi balancing," ujar Hengky, kepada Kompas.com, belum lama ini.
Hengky mengeklaim bahwa Sealing Tire yang dia gunakan adalah satu-satunya dan pertama di Indonesia. Produk tersebut dibawa dari Jepang dan diperkenalkan di Indonesia sejak 2018.
"Mesin yang kita gunakan dari Jepang kemudian dirakit langsung di sini. Kita riset, bagaimana supaya bisa mengurangi hingga 90 persen kebocoran. Sebab, untuk lapisannya sendiri hanya ada di dasar ban, tidak bisa untuk bagian dinding ban," kata Hengky. Hengky menambahkan, lapisan karet yang menempel pada dasar ban sudah dites hingga kecepatan 280 kilometer per jam. Karet yang menempel masih dalam kondisi baik dan tetap bekerja secara optimal.
"Menurut saya, untuk handling jadi lebih empuk bantingannya. Sebab, ruang kosong pada ban terisi dengan sealing ini, ada penambahan ketebalan ban. Selain itu, suara berisik dari aspal juga dapat berkurang," ujar Hengky. "Tidak hanya mobil, motor juga bisa menggunakan sealing tire ini. Untuk truk ekspedisi juga bisa, hampir semua kendaraan bermotor kita bisa. Selama bannya dari karet dan tubeless, kita bisa aplikasikan," kata Hengky.
Hengky mengatakan, proses pengerjaan memakan waktu sekitar 2 jam, mulai dari copot ban hingga memasangnya lagi ke kendaraan. Jadi, kendaraan masih bisa ditunggu, tidak perlu ditinggal. Sebenarnya, proses mengaplikasikan lapisan karetnya hanya sekitar 5 menit. Tapi, yang lama itu proses pengeringannya, karena dilakukan secara alami. "Kita kasih garansi satu tahun. Jadi, seandainya ban yang sudah dilapisi tertancap paku dan bocor, kita akan sealing ulang. Tapi, sejauh ini belum ada komplain dari konsumen," ujar Hengky.
"Soal biaya, untuk motor, mulai dari Rp 180.000. Sedangkan untuk mobil, harga maksimalnya sekitar Rp 900.000. Saat ini, kita masih kasih diskon, belum tahu sampai kapan promonya," kata Hengky. Hengky mengatakan, tarif pengaplikasian sealing tire darinya memiliki harga yang sama seperti membeli ban baru. Namun, menurut Hengky, kompetitor sebenarnya dari sealing tire adalah ban Run Flat Tire (RFT), yang harganya jauh lebih mahal.
Berbeda dengan yang ditawarkan oleh Sealing Tire Abadi yang berlokasi di Pusat Otomotif Sentra Harapan (POSH), Harapan Indah, Bekasi. Sealing Tire Abadi melapisi ban dengan karet tambahan, sehingga ban lebih tahan terhadap benda tajam dan mengurangi risiko kebocoran.
Hengky Daniesca, dari Sealing Tire Abadi, mengatakan, sealing tire adalah lapisan yang melapisi bagian dasar ban. Lapisan tersebut adalah karet yang dicairkan menggunakan mesin khusus. Saat mengering, lapiran karet ini akan membuat ban tahan terhadap kebocoran. "Lapisan ini diaplikasikan pada dasar ban, jadi tidak menempel di pelek. Setelah ban dilapisi, lalu dipasang ke pelek, kita juga lakukan lagi balancing," ujar Hengky, kepada Kompas.com, belum lama ini.
Hengky mengeklaim bahwa Sealing Tire yang dia gunakan adalah satu-satunya dan pertama di Indonesia. Produk tersebut dibawa dari Jepang dan diperkenalkan di Indonesia sejak 2018.
"Mesin yang kita gunakan dari Jepang kemudian dirakit langsung di sini. Kita riset, bagaimana supaya bisa mengurangi hingga 90 persen kebocoran. Sebab, untuk lapisannya sendiri hanya ada di dasar ban, tidak bisa untuk bagian dinding ban," kata Hengky. Hengky menambahkan, lapisan karet yang menempel pada dasar ban sudah dites hingga kecepatan 280 kilometer per jam. Karet yang menempel masih dalam kondisi baik dan tetap bekerja secara optimal.
"Menurut saya, untuk handling jadi lebih empuk bantingannya. Sebab, ruang kosong pada ban terisi dengan sealing ini, ada penambahan ketebalan ban. Selain itu, suara berisik dari aspal juga dapat berkurang," ujar Hengky. "Tidak hanya mobil, motor juga bisa menggunakan sealing tire ini. Untuk truk ekspedisi juga bisa, hampir semua kendaraan bermotor kita bisa. Selama bannya dari karet dan tubeless, kita bisa aplikasikan," kata Hengky.
Hengky mengatakan, proses pengerjaan memakan waktu sekitar 2 jam, mulai dari copot ban hingga memasangnya lagi ke kendaraan. Jadi, kendaraan masih bisa ditunggu, tidak perlu ditinggal. Sebenarnya, proses mengaplikasikan lapisan karetnya hanya sekitar 5 menit. Tapi, yang lama itu proses pengeringannya, karena dilakukan secara alami. "Kita kasih garansi satu tahun. Jadi, seandainya ban yang sudah dilapisi tertancap paku dan bocor, kita akan sealing ulang. Tapi, sejauh ini belum ada komplain dari konsumen," ujar Hengky.
"Soal biaya, untuk motor, mulai dari Rp 180.000. Sedangkan untuk mobil, harga maksimalnya sekitar Rp 900.000. Saat ini, kita masih kasih diskon, belum tahu sampai kapan promonya," kata Hengky. Hengky mengatakan, tarif pengaplikasian sealing tire darinya memiliki harga yang sama seperti membeli ban baru. Namun, menurut Hengky, kompetitor sebenarnya dari sealing tire adalah ban Run Flat Tire (RFT), yang harganya jauh lebih mahal.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: sealing ban yes or no?
harganya rada premium ini om...jadi sama kayak beli ban baru ya
kalo saya rada sangsi ama metodenya sih...ini kan karet ditempelin ke sisi dalam...
ntah tahan berapa tahun, atau ada jaminan ga bakal lepas dari ban & apa jaminan ga bakal bocor
kalo saya rada sangsi ama metodenya sih...ini kan karet ditempelin ke sisi dalam...
ntah tahan berapa tahun, atau ada jaminan ga bakal lepas dari ban & apa jaminan ga bakal bocor
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3029
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: sealing ban yes or no?
Yg kek gini gini nih contoh produk jebakan buat kaum non-car-guy . Tipu tipu harga murah mobil econobox serasa naek kelas
Paling bener langsung aja ke toko ban premium. Pesen michelin primacy 4 . Ganti semua 4 roda. Langsung senyap nyap nyap no drama. No di kibulin

Paling bener langsung aja ke toko ban premium. Pesen michelin primacy 4 . Ganti semua 4 roda. Langsung senyap nyap nyap no drama. No di kibulin
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: sealing ban yes or no?
dompetnya gak bisa lipat -> lgs bisa ngelipat lancarrKielConstantine wrote: Thu Oct 31, 2024 6:05 Yg kek gini gini nih contoh produk jebakan buat kaum non-car-guy . Tipu tipu harga murah mobil econobox serasa naek kelas![]()
Paling bener langsung aja ke toko ban premium. Pesen michelin primacy 4 . Ganti semua 4 roda. Langsung senyap nyap nyap no drama. No di kibulin


Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 829
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: sealing ban yes or no?
menurut saya kurang layak untuk di bayar.
Kalau saya lebih baik beli peralatan tambal ban dan kompresor DC, tenang kemanapun pergi.
awal mula beli alat tambal ban dan kompresor itu karena ada kejadian :
1. lagi jalan di tol ada suara dug dug dug seiring perputaran roda, ternyata ada baut nancap di roda, mesti keluar tol untuk cari tambal ban
2. ada kejadian lagi, ban kena paku, setelah ditambal ban minggu depannya ada bocor lagi di tambalannya. bawa ke tukang tambal ban tdk bisa ditambal lagi, akhirnya di tambal ban tip top
setelah 2x kejadian itu akhirnya beli alat tambal ban dan kompresor AC taruh di bagasi, sampai sekarang jadi tenang, kapanpun dimanapun siap tambal ban.
dan sejak beli alat itu kurang lebih 7 tahun yang lalu tidak pernah ke tukang tambal ban lagi, kalau ada kena paku tambal sendiri dirumah., sampai sekarang kompresor DC tersbut masih bagus berfungsi baik., kalau dihitung jumlah saya nambal sendiri x biaya ke tukang tambal ban (asumsi 20.000 setiap kali tambal ban) itu biaya untuk beli alatnya sudah BEP, bonus hati tenang kemanapun berkendara.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: sealing ban yes or no?
di tonton aja tuh video iseunk2 klo ada waktu... sekedar nambah wawasan tapi gak usah di beli... kecuali yg hape nye tebel...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 108
- Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
- Location: Jakarta utara
Re: sealing ban yes or no?
Menurut sy itu harganya hampir setara dgn ganti ban baru..tdk worthed cenderung buang2 duit
Mendingan selisih duitnya buat bekal ganti ban baru aja kl sdh banyak tambalan yg seharga 20 rb per tusuk
Kecuali harganya bs cuman 25% harga ban baru nya mungkin bs jd pertimbangan
Mendingan selisih duitnya buat bekal ganti ban baru aja kl sdh banyak tambalan yg seharga 20 rb per tusuk
Kecuali harganya bs cuman 25% harga ban baru nya mungkin bs jd pertimbangan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2553
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: sealing ban yes or no?
ntuh yg di seal cuma tapak nya doang?
klo sidewallnya jg di seal mungkin oke
klo ndak ya ngapain?
trus kan mau di seal gmn jg kan tapaknya ttp abis? kecuali tapaknya bisa dibikin lifetime mobilnya
klo sidewallnya jg di seal mungkin oke
klo ndak ya ngapain?

trus kan mau di seal gmn jg kan tapaknya ttp abis? kecuali tapaknya bisa dibikin lifetime mobilnya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: sealing ban yes or no?
paling masuk akal... buat beli alat tambal dan kompresor dan dongkrakGreenhunter wrote: Thu Oct 31, 2024 6:42menurut saya kurang layak untuk di bayar.
Kalau saya lebih baik beli peralatan tambal ban dan kompresor DC, tenang kemanapun pergi.
awal mula beli alat tambal ban dan kompresor itu karena ada kejadian :
1. lagi jalan di tol ada suara dug dug dug seiring perputaran roda, ternyata ada baut nancap di roda, mesti keluar tol untuk cari tambal ban
2. ada kejadian lagi, ban kena paku, setelah ditambal ban minggu depannya ada bocor lagi di tambalannya. bawa ke tukang tambal ban tdk bisa ditambal lagi, akhirnya di tambal ban tip top
setelah 2x kejadian itu akhirnya beli alat tambal ban dan kompresor AC taruh di bagasi, sampai sekarang jadi tenang, kapanpun dimanapun siap tambal ban.
dan sejak beli alat itu kurang lebih 7 tahun yang lalu tidak pernah ke tukang tambal ban lagi, kalau ada kena paku tambal sendiri dirumah., sampai sekarang kompresor DC tersbut masih bagus berfungsi baik., kalau dihitung jumlah saya nambal sendiri x biaya ke tukang tambal ban (asumsi 20.000 setiap kali tambal ban) itu biaya untuk beli alatnya sudah BEP, bonus hati tenang kemanapun berkendara.
masalahnya
1. ini mobil EV
2. dongkraknya ga tau spec berapa ton...
3. ga ada ban cadangan jadi sealing ban itu terlihat menarik karena beli ban cadangan setara harga sealing ban
4. mobilnya gede BYD M6 mirip2 innova, malesin banget tambal atau ganti ban buat mobil selebar itu...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: sealing ban yes or no?
kalau saya searching, ternyata ada yg dari pabriknya sudah ada lapisan seal seperti ini.
Continental dengan ContiSeal https://www.continental-tires.com/produ ... contiseal/
Michelin dengan SelfSeal Technology https://www.michelinman.com/auto/why-mi ... technology
Pirelli dengan Seal Inside https://www.pirelli.com/tires/en-us/car ... eal-inside
Hankook dengan Sealguard https://www.hankooktire.com/id/id/compa ... 27880.html
Bridgestone dengan B-Seal
Goodyear denga DuraSeal, tapi saya cek sih untuk Commercial Vehicle/Alat Berat
hanya kurang tahu juga sih beda harga dengan seal ini dan tidak pakai seal
Continental dengan ContiSeal https://www.continental-tires.com/produ ... contiseal/
Michelin dengan SelfSeal Technology https://www.michelinman.com/auto/why-mi ... technology
Pirelli dengan Seal Inside https://www.pirelli.com/tires/en-us/car ... eal-inside
Hankook dengan Sealguard https://www.hankooktire.com/id/id/compa ... 27880.html
Bridgestone dengan B-Seal
Goodyear denga DuraSeal, tapi saya cek sih untuk Commercial Vehicle/Alat Berat
hanya kurang tahu juga sih beda harga dengan seal ini dan tidak pakai seal
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 108
- Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
- Location: Jakarta utara
Re: sealing ban yes or no?
Kl ban motor sdh ada tuh merk KENDA dlmnya sdh sealingazu wrote: Thu Oct 31, 2024 9:16 kalau saya searching, ternyata ada yg dari pabriknya sudah ada lapisan seal seperti ini.
Continental dengan ContiSeal https://www.continental-tires.com/produ ... contiseal/
Michelin dengan SelfSeal Technology https://www.michelinman.com/auto/why-mi ... technology
Pirelli dengan Seal Inside https://www.pirelli.com/tires/en-us/car ... eal-inside
Hankook dengan Sealguard https://www.hankooktire.com/id/id/compa ... 27880.html
Bridgestone dengan B-Seal
Goodyear denga DuraSeal, tapi saya cek sih untuk Commercial Vehicle/Alat Berat
hanya kurang tahu juga sih beda harga dengan seal ini dan tidak pakai seal
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: sealing ban yes or no?
hakook di vw id buzz tapi kalau saya cek2 kayanya masih tahap experimen, yg bikin bungung experimennya itu gara2 keluhan apa soalnya pemakaiannya terbatas banget (di semua merk terbatas)azu wrote: Thu Oct 31, 2024 9:16 kalau saya searching, ternyata ada yg dari pabriknya sudah ada lapisan seal seperti ini.
Continental dengan ContiSeal https://www.continental-tires.com/produ ... contiseal/
Michelin dengan SelfSeal Technology https://www.michelinman.com/auto/why-mi ... technology
Pirelli dengan Seal Inside https://www.pirelli.com/tires/en-us/car ... eal-inside
Hankook dengan Sealguard https://www.hankooktire.com/id/id/compa ... 27880.html
Bridgestone dengan B-Seal
Goodyear denga DuraSeal, tapi saya cek sih untuk Commercial Vehicle/Alat Berat
hanya kurang tahu juga sih beda harga dengan seal ini dan tidak pakai seal
padahal kalau level pabrik aturan bisa lebih murah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: sealing ban yes or no?
klo saya utk atasi bocor ya tambal tiptop, utk cegah angin habis selalu sedia pompa elektrik. jd mobil masih bsa dibawa jalan dgn kondisi ban bocor pompa aja yg keras sampe ketemu tambal ban
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 882
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: sealing ban yes or no?
Tetep ada drama, yaitu nyari ban premium utk size econobox bener2 syulitt... Coba aja bannya 15 inch ke bawah, yg premium paling sisa turanza sm gudyer ATM2. Kaya micin primacy dan conti UC6 mana ada...KielConstantine wrote: Thu Oct 31, 2024 6:05 Yg kek gini gini nih contoh produk jebakan buat kaum non-car-guy . Tipu tipu harga murah mobil econobox serasa naek kelas![]()
Paling bener langsung aja ke toko ban premium. Pesen michelin primacy 4 . Ganti semua 4 roda. Langsung senyap nyap nyap no drama. No di kibulin
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 829
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: sealing ban yes or no?
1. Emang kenapa mobil EV ? Maap saya gak pernah pegang mobil EV, hanya liat dijalanan dan kagum saja.Salvanost wrote: Thu Oct 31, 2024 9:14paling masuk akal... buat beli alat tambal dan kompresor dan dongkrakGreenhunter wrote: Thu Oct 31, 2024 6:42menurut saya kurang layak untuk di bayar.
Kalau saya lebih baik beli peralatan tambal ban dan kompresor DC, tenang kemanapun pergi.
awal mula beli alat tambal ban dan kompresor itu karena ada kejadian :
1. lagi jalan di tol ada suara dug dug dug seiring perputaran roda, ternyata ada baut nancap di roda, mesti keluar tol untuk cari tambal ban
2. ada kejadian lagi, ban kena paku, setelah ditambal ban minggu depannya ada bocor lagi di tambalannya. bawa ke tukang tambal ban tdk bisa ditambal lagi, akhirnya di tambal ban tip top
setelah 2x kejadian itu akhirnya beli alat tambal ban dan kompresor AC taruh di bagasi, sampai sekarang jadi tenang, kapanpun dimanapun siap tambal ban.
dan sejak beli alat itu kurang lebih 7 tahun yang lalu tidak pernah ke tukang tambal ban lagi, kalau ada kena paku tambal sendiri dirumah., sampai sekarang kompresor DC tersbut masih bagus berfungsi baik., kalau dihitung jumlah saya nambal sendiri x biaya ke tukang tambal ban (asumsi 20.000 setiap kali tambal ban) itu biaya untuk beli alatnya sudah BEP, bonus hati tenang kemanapun berkendara.
masalahnya
1. ini mobil EV
2. dongkraknya ga tau spec berapa ton...
3. ga ada ban cadangan jadi sealing ban itu terlihat menarik karena beli ban cadangan setara harga sealing ban
4. mobilnya gede BYD M6 mirip2 innova, malesin banget tambal atau ganti ban buat mobil selebar itu...
2. Dongkrak buaya 3 ton masak gak mampu angkat movil EV di satu titik buat lepas roda ?
Memang seberat apa mobil EV ?
Tambal roda belakang baru butuh lepas roda, kalau roda depan hanya perlu setir dibelokkan mentok kiri atau kanan, paku yg nancep diban diposisikan jam 10 atau jam 2, beres tingggal cabut paku, tancepin alat tambal ban, pompa, 10 menit beres gak berkeringat.
3. Kalau biaya 900.000 per ban gak masalah ya minggo, silahkan
4. Kalau sdh urusan males gak ada obatnya. kalau bocor ban ditengah hutan atau ditengah sawah dijalanan luar kota ya gak ada kata males., maklum rute saya banyak luar kota yg belum tentu ada tambal ban dijalanan., kalau bapak hidup dikota besar atau biasa pakai supir gak bisa dibandingkan sama saya yg gak ada sopir, mobil cuma 1 kalau lagi rusak jadi anak motoran
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 943
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: sealing ban yes or no?
Motor 180ribu? Dapet ban depan irc buat pcx tuh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: sealing ban yes or no?
atau buat fleet atau yg pake mobil taunya jalan doang, yg penting gelinding terus, taunya cuma isi bensin dan ganti oli sajaKielConstantine wrote: Thu Oct 31, 2024 6:05 Yg kek gini gini nih contoh produk jebakan buat kaum non-car-guy . Tipu tipu harga murah mobil econobox serasa naek kelas![]()
Paling bener langsung aja ke toko ban premium. Pesen michelin primacy 4 . Ganti semua 4 roda. Langsung senyap nyap nyap no drama. No di kibulin

marketnya bukan buat penghuni Seraya Mbah2 yang mau beli ban saja dicek dulu itu treadwall berapa lapis dari apa, tyre groove depth, naik mesin balancing itu ban diputer2 dulu biar timah balance seuprit


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12526
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: sealing ban yes or no?
kunaskun wrote: Fri Nov 01, 2024 5:19atau buat fleet atau yg pake mobil taunya jalan doang, yg penting gelinding terus, taunya cuma isi bensin dan ganti oli sajaKielConstantine wrote: Thu Oct 31, 2024 6:05 Yg kek gini gini nih contoh produk jebakan buat kaum non-car-guy . Tipu tipu harga murah mobil econobox serasa naek kelas![]()
Paling bener langsung aja ke toko ban premium. Pesen michelin primacy 4 . Ganti semua 4 roda. Langsung senyap nyap nyap no drama. No di kibulin![]()
marketnya bukan buat penghuni Seraya Mbah2 yang mau beli ban saja dicek dulu itu treadwall berapa lapis dari apa, tyre groove depth, naik mesin balancing itu ban diputer2 dulu biar timah balance seuprit![]()
![]()




Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: sealing ban yes or no?
1. Tidak ada tempat buat naruh dongkrak dan alat2 secara khusus, bagasi EV tertentu lebih sempit taruh diluar ganggu naruh barang2 lainnyaGreenhunter wrote: Thu Oct 31, 2024 12:371. Emang kenapa mobil EV ? Maap saya gak pernah pegang mobil EV, hanya liat dijalanan dan kagum saja.Salvanost wrote: Thu Oct 31, 2024 9:14paling masuk akal... buat beli alat tambal dan kompresor dan dongkrakGreenhunter wrote: Thu Oct 31, 2024 6:42
menurut saya kurang layak untuk di bayar.
Kalau saya lebih baik beli peralatan tambal ban dan kompresor DC, tenang kemanapun pergi.
awal mula beli alat tambal ban dan kompresor itu karena ada kejadian :
1. lagi jalan di tol ada suara dug dug dug seiring perputaran roda, ternyata ada baut nancap di roda, mesti keluar tol untuk cari tambal ban
2. ada kejadian lagi, ban kena paku, setelah ditambal ban minggu depannya ada bocor lagi di tambalannya. bawa ke tukang tambal ban tdk bisa ditambal lagi, akhirnya di tambal ban tip top
setelah 2x kejadian itu akhirnya beli alat tambal ban dan kompresor AC taruh di bagasi, sampai sekarang jadi tenang, kapanpun dimanapun siap tambal ban.
dan sejak beli alat itu kurang lebih 7 tahun yang lalu tidak pernah ke tukang tambal ban lagi, kalau ada kena paku tambal sendiri dirumah., sampai sekarang kompresor DC tersbut masih bagus berfungsi baik., kalau dihitung jumlah saya nambal sendiri x biaya ke tukang tambal ban (asumsi 20.000 setiap kali tambal ban) itu biaya untuk beli alatnya sudah BEP, bonus hati tenang kemanapun berkendara.
masalahnya
1. ini mobil EV
2. dongkraknya ga tau spec berapa ton...
3. ga ada ban cadangan jadi sealing ban itu terlihat menarik karena beli ban cadangan setara harga sealing ban
4. mobilnya gede BYD M6 mirip2 innova, malesin banget tambal atau ganti ban buat mobil selebar itu...
2. Dongkrak buaya 3 ton masak gak mampu angkat movil EV di satu titik buat lepas roda ?
Memang seberat apa mobil EV ?
Tambal roda belakang baru butuh lepas roda, kalau roda depan hanya perlu setir dibelokkan mentok kiri atau kanan, paku yg nancep diban diposisikan jam 10 atau jam 2, beres tingggal cabut paku, tancepin alat tambal ban, pompa, 10 menit beres gak berkeringat.
3. Kalau biaya 900.000 per ban gak masalah ya minggo, silahkan
4. Kalau sdh urusan males gak ada obatnya. kalau bocor ban ditengah hutan atau ditengah sawah dijalanan luar kota ya gak ada kata males., maklum rute saya banyak luar kota yg belum tentu ada tambal ban dijalanan., kalau bapak hidup dikota besar atau biasa pakai supir gak bisa dibandingkan sama saya yg gak ada sopir, mobil cuma 1 kalau lagi rusak jadi anak motoran
2. Kenapa ga beli dongkrak 3ton? Lebih gede lagi ukurannya, lebih ribet lagi naruhnya (saya ada dongkrak 3 sama 5)
Nah saya pernah dongkrak 2ton macet, sedangkan dongkrak 2ton keatas kualitas bagus, harga mahal
3. Sedang dipertimbangkan, lihat minus2 lainnya selain harga
4. setiap orang beda2 kasus
ada acara nikahan pakaian udah rapi rambut udah rapi , sepatu udah rapi, mogoknya di jalanan jelek berlumpur
Sesimpel itu aja malesin kalau mogok
Mogoknya dijalanan sempit diarea rame aja lebih ribet
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3052
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: sealing ban yes or no?
buat saya no lah, kayanya secara nature ban nya bakal berubah, kelenturan terlebih. kl mbl nya perlu ban mahal dr awal ya sudah resiko punya mbl itu.
kl kena paku, bs tambel tip top atau tambel cacing so far aman2 aja.
ga ada ban serep? mbl sekarang udh banyak yg begitu, saya si taro pompa angin buat isi ban di setiap mobil, at least bisa isi sampai ketemu tukang tambel ban. bisa buat bantu org juga lagi kalo ada masalah di jalan.
pakai ban tipis ukuran 35 pun alhamdulillah aman2 aja.
so far alhamdilillah pakai beberapa mbl ga ada ban serep aman, apa lg sudah ada tpms.
malah saya beberapa kali ga hoki sama mbl yg ada ban serep
kl kena paku, bs tambel tip top atau tambel cacing so far aman2 aja.
ga ada ban serep? mbl sekarang udh banyak yg begitu, saya si taro pompa angin buat isi ban di setiap mobil, at least bisa isi sampai ketemu tukang tambel ban. bisa buat bantu org juga lagi kalo ada masalah di jalan.
pakai ban tipis ukuran 35 pun alhamdulillah aman2 aja.
so far alhamdilillah pakai beberapa mbl ga ada ban serep aman, apa lg sudah ada tpms.
malah saya beberapa kali ga hoki sama mbl yg ada ban serep

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: sealing ban yes or no?
Hape tebel ini gimana maksudnya om?Dogies wrote: Thu Oct 31, 2024 7:58 di tonton aja tuh video iseunk2 klo ada waktu... sekedar nambah wawasan tapi gak usah di beli... kecuali yg hape nye tebel...
Haha.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1105
- Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Re: sealing ban yes or no?
HP Fold kali om, atau Nokia Communicator

Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: sealing ban yes or no?
cairan penambal ban itu pakai bahan apa sih? Mosok bisa bikin pelek berkarat. Padahal pelek dibuat dari aluminium.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: sealing ban yes or no?
Taela... jaman dulu klo duitnye banyak di bilang dompet nye tebel.
Jaman sekarang pan duit di hp semua, ya klo duitnye banyak di bilang hp nye tebel...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: sealing ban yes or no?
Saya sudah pakai sealing ban ini di ban motor.. memang seperti keluarin biaya beli ban baru. Tapi untuk yg mau worry free ya sepadan. Kalau untuk mobil, ini seperti bikin ban biasa jadi ban RFT namun dengan rasa yg lebih comfort dan tidak seperti kerasnya ban RFT. Kekurangannya adalah kalau kena bocor samping ban tetap kempes.
Kalau dari awal ban baru langsung di sealing menurut saya sih mubazir ya, mending sealingnya pas bannya bocor. Dibanding keluarkan biaya untuk tambal tiptop misal 60rb, langsung sealing aja ke sekitar 400rb dan langsung worry free kedepannya ga bakal bocor di tapak ban sampai bannya botak. Dibanding bocor lagi di tiptop keluar biaya & waktu.
Kenapa sealing pas bocor? Supaya bisa berhemat..karna jarang kemungkinan 4 ban bocor dalam waktu 1thn. Kalau ban di sealing lalu sampai bannya botak gak pernah bocor/kena benda tajam yg mengakibatkan bocor kan sayang toh ...
Tenang, ini kalau sudah disealing tetap balance kok bannya setelah balancing.
Ini juga sangat berguna bagi driver yg doyannya blusukan adventure/road trip jauh dalam waktu lama... Kalau ban bocor kan pusing tuh. Kalau cuma pake ngantor yg daerah cakupannya jelas mah ga perlu2 amat.
Kalau dari awal ban baru langsung di sealing menurut saya sih mubazir ya, mending sealingnya pas bannya bocor. Dibanding keluarkan biaya untuk tambal tiptop misal 60rb, langsung sealing aja ke sekitar 400rb dan langsung worry free kedepannya ga bakal bocor di tapak ban sampai bannya botak. Dibanding bocor lagi di tiptop keluar biaya & waktu.
Kenapa sealing pas bocor? Supaya bisa berhemat..karna jarang kemungkinan 4 ban bocor dalam waktu 1thn. Kalau ban di sealing lalu sampai bannya botak gak pernah bocor/kena benda tajam yg mengakibatkan bocor kan sayang toh ...
Tenang, ini kalau sudah disealing tetap balance kok bannya setelah balancing.
Ini juga sangat berguna bagi driver yg doyannya blusukan adventure/road trip jauh dalam waktu lama... Kalau ban bocor kan pusing tuh. Kalau cuma pake ngantor yg daerah cakupannya jelas mah ga perlu2 amat.