sealing ban yes or no?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

sealing ban yes or no?

Post by Salvanost »

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengalami ban bocor saat di perjalanan bisa sangat menjengkelkan. Untuk itu, hadir Sealing Tire Abadi yang menawarkan alternatif lain untuk membuat ban kendaraan jadi anti bocor. Beberapa waktu lalu, untuk membuat ban tubeless menjadi anti bocor, hadir cairan anti bocor yang dimasukkan ke dalam ban. Tapi, produk tersebut tidak disarankan karena berbentuk cairan dan bersifat korosif. Sehingga, merusak pelek kendaraan.

Berbeda dengan yang ditawarkan oleh Sealing Tire Abadi yang berlokasi di Pusat Otomotif Sentra Harapan (POSH), Harapan Indah, Bekasi. Sealing Tire Abadi melapisi ban dengan karet tambahan, sehingga ban lebih tahan terhadap benda tajam dan mengurangi risiko kebocoran.

Hengky Daniesca, dari Sealing Tire Abadi, mengatakan, sealing tire adalah lapisan yang melapisi bagian dasar ban. Lapisan tersebut adalah karet yang dicairkan menggunakan mesin khusus. Saat mengering, lapiran karet ini akan membuat ban tahan terhadap kebocoran. "Lapisan ini diaplikasikan pada dasar ban, jadi tidak menempel di pelek. Setelah ban dilapisi, lalu dipasang ke pelek, kita juga lakukan lagi balancing," ujar Hengky, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Hengky mengeklaim bahwa Sealing Tire yang dia gunakan adalah satu-satunya dan pertama di Indonesia. Produk tersebut dibawa dari Jepang dan diperkenalkan di Indonesia sejak 2018.

"Mesin yang kita gunakan dari Jepang kemudian dirakit langsung di sini. Kita riset, bagaimana supaya bisa mengurangi hingga 90 persen kebocoran. Sebab, untuk lapisannya sendiri hanya ada di dasar ban, tidak bisa untuk bagian dinding ban," kata Hengky. Hengky menambahkan, lapisan karet yang menempel pada dasar ban sudah dites hingga kecepatan 280 kilometer per jam. Karet yang menempel masih dalam kondisi baik dan tetap bekerja secara optimal.

"Menurut saya, untuk handling jadi lebih empuk bantingannya. Sebab, ruang kosong pada ban terisi dengan sealing ini, ada penambahan ketebalan ban. Selain itu, suara berisik dari aspal juga dapat berkurang," ujar Hengky. "Tidak hanya mobil, motor juga bisa menggunakan sealing tire ini. Untuk truk ekspedisi juga bisa, hampir semua kendaraan bermotor kita bisa. Selama bannya dari karet dan tubeless, kita bisa aplikasikan," kata Hengky.

Hengky mengatakan, proses pengerjaan memakan waktu sekitar 2 jam, mulai dari copot ban hingga memasangnya lagi ke kendaraan. Jadi, kendaraan masih bisa ditunggu, tidak perlu ditinggal. Sebenarnya, proses mengaplikasikan lapisan karetnya hanya sekitar 5 menit. Tapi, yang lama itu proses pengeringannya, karena dilakukan secara alami. "Kita kasih garansi satu tahun. Jadi, seandainya ban yang sudah dilapisi tertancap paku dan bocor, kita akan sealing ulang. Tapi, sejauh ini belum ada komplain dari konsumen," ujar Hengky.

"Soal biaya, untuk motor, mulai dari Rp 180.000. Sedangkan untuk mobil, harga maksimalnya sekitar Rp 900.000. Saat ini, kita masih kasih diskon, belum tahu sampai kapan promonya," kata Hengky. Hengky mengatakan, tarif pengaplikasian sealing tire darinya memiliki harga yang sama seperti membeli ban baru. Namun, menurut Hengky, kompetitor sebenarnya dari sealing tire adalah ban Run Flat Tire (RFT), yang harganya jauh lebih mahal.

MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: sealing ban yes or no?

Post by MSU »

harganya rada premium ini om...jadi sama kayak beli ban baru ya
kalo saya rada sangsi ama metodenya sih...ini kan karet ditempelin ke sisi dalam...
ntah tahan berapa tahun, atau ada jaminan ga bakal lepas dari ban & apa jaminan ga bakal bocor
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3029
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: sealing ban yes or no?

Post by KielConstantine »

Yg kek gini gini nih contoh produk jebakan buat kaum non-car-guy . Tipu tipu harga murah mobil econobox serasa naek kelas :roll:

Paling bener langsung aja ke toko ban premium. Pesen michelin primacy 4 . Ganti semua 4 roda. Langsung senyap nyap nyap no drama. No di kibulin
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: sealing ban yes or no?

Post by Suryaputra »

KielConstantine wrote: Thu Oct 31, 2024 6:05 Yg kek gini gini nih contoh produk jebakan buat kaum non-car-guy . Tipu tipu harga murah mobil econobox serasa naek kelas :roll:

Paling bener langsung aja ke toko ban premium. Pesen michelin primacy 4 . Ganti semua 4 roda. Langsung senyap nyap nyap no drama. No di kibulin
dompetnya gak bisa lipat -> lgs bisa ngelipat lancarr :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: sealing ban yes or no?

Post by Greenhunter »

Salvanost wrote: Thu Oct 31, 2024 4:50
menurut saya kurang layak untuk di bayar.

Kalau saya lebih baik beli peralatan tambal ban dan kompresor DC, tenang kemanapun pergi.
awal mula beli alat tambal ban dan kompresor itu karena ada kejadian :
1. lagi jalan di tol ada suara dug dug dug seiring perputaran roda, ternyata ada baut nancap di roda, mesti keluar tol untuk cari tambal ban
2. ada kejadian lagi, ban kena paku, setelah ditambal ban minggu depannya ada bocor lagi di tambalannya. bawa ke tukang tambal ban tdk bisa ditambal lagi, akhirnya di tambal ban tip top
setelah 2x kejadian itu akhirnya beli alat tambal ban dan kompresor AC taruh di bagasi, sampai sekarang jadi tenang, kapanpun dimanapun siap tambal ban.
dan sejak beli alat itu kurang lebih 7 tahun yang lalu tidak pernah ke tukang tambal ban lagi, kalau ada kena paku tambal sendiri dirumah., sampai sekarang kompresor DC tersbut masih bagus berfungsi baik., kalau dihitung jumlah saya nambal sendiri x biaya ke tukang tambal ban (asumsi 20.000 setiap kali tambal ban) itu biaya untuk beli alatnya sudah BEP, bonus hati tenang kemanapun berkendara.
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 674
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: sealing ban yes or no?

Post by Dogies »

di tonton aja tuh video iseunk2 klo ada waktu... sekedar nambah wawasan tapi gak usah di beli... kecuali yg hape nye tebel...
tj4hj4di
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
Location: Jakarta utara

Re: sealing ban yes or no?

Post by tj4hj4di »

Menurut sy itu harganya hampir setara dgn ganti ban baru..tdk worthed cenderung buang2 duit
Mendingan selisih duitnya buat bekal ganti ban baru aja kl sdh banyak tambalan yg seharga 20 rb per tusuk
Kecuali harganya bs cuman 25% harga ban baru nya mungkin bs jd pertimbangan
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: sealing ban yes or no?

Post by darrelund »

ntuh yg di seal cuma tapak nya doang?

klo sidewallnya jg di seal mungkin oke

klo ndak ya ngapain? :big_biglaugh:

trus kan mau di seal gmn jg kan tapaknya ttp abis? kecuali tapaknya bisa dibikin lifetime mobilnya :big_biglaugh:
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: sealing ban yes or no?

Post by Salvanost »

Greenhunter wrote: Thu Oct 31, 2024 6:42
Salvanost wrote: Thu Oct 31, 2024 4:50
menurut saya kurang layak untuk di bayar.

Kalau saya lebih baik beli peralatan tambal ban dan kompresor DC, tenang kemanapun pergi.
awal mula beli alat tambal ban dan kompresor itu karena ada kejadian :
1. lagi jalan di tol ada suara dug dug dug seiring perputaran roda, ternyata ada baut nancap di roda, mesti keluar tol untuk cari tambal ban
2. ada kejadian lagi, ban kena paku, setelah ditambal ban minggu depannya ada bocor lagi di tambalannya. bawa ke tukang tambal ban tdk bisa ditambal lagi, akhirnya di tambal ban tip top
setelah 2x kejadian itu akhirnya beli alat tambal ban dan kompresor AC taruh di bagasi, sampai sekarang jadi tenang, kapanpun dimanapun siap tambal ban.
dan sejak beli alat itu kurang lebih 7 tahun yang lalu tidak pernah ke tukang tambal ban lagi, kalau ada kena paku tambal sendiri dirumah., sampai sekarang kompresor DC tersbut masih bagus berfungsi baik., kalau dihitung jumlah saya nambal sendiri x biaya ke tukang tambal ban (asumsi 20.000 setiap kali tambal ban) itu biaya untuk beli alatnya sudah BEP, bonus hati tenang kemanapun berkendara.
paling masuk akal... buat beli alat tambal dan kompresor dan dongkrak
masalahnya
1. ini mobil EV
2. dongkraknya ga tau spec berapa ton...
3. ga ada ban cadangan jadi sealing ban itu terlihat menarik karena beli ban cadangan setara harga sealing ban
4. mobilnya gede BYD M6 mirip2 innova, malesin banget tambal atau ganti ban buat mobil selebar itu...
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: sealing ban yes or no?

Post by azu »

kalau saya searching, ternyata ada yg dari pabriknya sudah ada lapisan seal seperti ini.

Continental dengan ContiSeal https://www.continental-tires.com/produ ... contiseal/
Michelin dengan SelfSeal Technology https://www.michelinman.com/auto/why-mi ... technology
Pirelli dengan Seal Inside https://www.pirelli.com/tires/en-us/car ... eal-inside
Hankook dengan Sealguard https://www.hankooktire.com/id/id/compa ... 27880.html
Bridgestone dengan B-Seal
Goodyear denga DuraSeal, tapi saya cek sih untuk Commercial Vehicle/Alat Berat

hanya kurang tahu juga sih beda harga dengan seal ini dan tidak pakai seal
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
tj4hj4di
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
Location: Jakarta utara

Re: sealing ban yes or no?

Post by tj4hj4di »

azu wrote: Thu Oct 31, 2024 9:16 kalau saya searching, ternyata ada yg dari pabriknya sudah ada lapisan seal seperti ini.

Continental dengan ContiSeal https://www.continental-tires.com/produ ... contiseal/
Michelin dengan SelfSeal Technology https://www.michelinman.com/auto/why-mi ... technology
Pirelli dengan Seal Inside https://www.pirelli.com/tires/en-us/car ... eal-inside
Hankook dengan Sealguard https://www.hankooktire.com/id/id/compa ... 27880.html
Bridgestone dengan B-Seal
Goodyear denga DuraSeal, tapi saya cek sih untuk Commercial Vehicle/Alat Berat

hanya kurang tahu juga sih beda harga dengan seal ini dan tidak pakai seal
Kl ban motor sdh ada tuh merk KENDA dlmnya sdh sealing
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: sealing ban yes or no?

Post by Salvanost »

azu wrote: Thu Oct 31, 2024 9:16 kalau saya searching, ternyata ada yg dari pabriknya sudah ada lapisan seal seperti ini.

Continental dengan ContiSeal https://www.continental-tires.com/produ ... contiseal/
Michelin dengan SelfSeal Technology https://www.michelinman.com/auto/why-mi ... technology
Pirelli dengan Seal Inside https://www.pirelli.com/tires/en-us/car ... eal-inside
Hankook dengan Sealguard https://www.hankooktire.com/id/id/compa ... 27880.html
Bridgestone dengan B-Seal
Goodyear denga DuraSeal, tapi saya cek sih untuk Commercial Vehicle/Alat Berat

hanya kurang tahu juga sih beda harga dengan seal ini dan tidak pakai seal
hakook di vw id buzz tapi kalau saya cek2 kayanya masih tahap experimen, yg bikin bungung experimennya itu gara2 keluhan apa soalnya pemakaiannya terbatas banget (di semua merk terbatas)
padahal kalau level pabrik aturan bisa lebih murah
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: sealing ban yes or no?

Post by lemonadelovers »

klo saya utk atasi bocor ya tambal tiptop, utk cegah angin habis selalu sedia pompa elektrik. jd mobil masih bsa dibawa jalan dgn kondisi ban bocor pompa aja yg keras sampe ketemu tambal ban
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 882
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: sealing ban yes or no?

Post by rakyatwkwkland »

KielConstantine wrote: Thu Oct 31, 2024 6:05 Yg kek gini gini nih contoh produk jebakan buat kaum non-car-guy . Tipu tipu harga murah mobil econobox serasa naek kelas :roll:

Paling bener langsung aja ke toko ban premium. Pesen michelin primacy 4 . Ganti semua 4 roda. Langsung senyap nyap nyap no drama. No di kibulin
Tetep ada drama, yaitu nyari ban premium utk size econobox bener2 syulitt... Coba aja bannya 15 inch ke bawah, yg premium paling sisa turanza sm gudyer ATM2. Kaya micin primacy dan conti UC6 mana ada...
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: sealing ban yes or no?

Post by Greenhunter »

Salvanost wrote: Thu Oct 31, 2024 9:14
Greenhunter wrote: Thu Oct 31, 2024 6:42
Salvanost wrote: Thu Oct 31, 2024 4:50
menurut saya kurang layak untuk di bayar.

Kalau saya lebih baik beli peralatan tambal ban dan kompresor DC, tenang kemanapun pergi.
awal mula beli alat tambal ban dan kompresor itu karena ada kejadian :
1. lagi jalan di tol ada suara dug dug dug seiring perputaran roda, ternyata ada baut nancap di roda, mesti keluar tol untuk cari tambal ban
2. ada kejadian lagi, ban kena paku, setelah ditambal ban minggu depannya ada bocor lagi di tambalannya. bawa ke tukang tambal ban tdk bisa ditambal lagi, akhirnya di tambal ban tip top
setelah 2x kejadian itu akhirnya beli alat tambal ban dan kompresor AC taruh di bagasi, sampai sekarang jadi tenang, kapanpun dimanapun siap tambal ban.
dan sejak beli alat itu kurang lebih 7 tahun yang lalu tidak pernah ke tukang tambal ban lagi, kalau ada kena paku tambal sendiri dirumah., sampai sekarang kompresor DC tersbut masih bagus berfungsi baik., kalau dihitung jumlah saya nambal sendiri x biaya ke tukang tambal ban (asumsi 20.000 setiap kali tambal ban) itu biaya untuk beli alatnya sudah BEP, bonus hati tenang kemanapun berkendara.
paling masuk akal... buat beli alat tambal dan kompresor dan dongkrak
masalahnya
1. ini mobil EV
2. dongkraknya ga tau spec berapa ton...
3. ga ada ban cadangan jadi sealing ban itu terlihat menarik karena beli ban cadangan setara harga sealing ban
4. mobilnya gede BYD M6 mirip2 innova, malesin banget tambal atau ganti ban buat mobil selebar itu...
1. Emang kenapa mobil EV ? Maap saya gak pernah pegang mobil EV, hanya liat dijalanan dan kagum saja.
2. Dongkrak buaya 3 ton masak gak mampu angkat movil EV di satu titik buat lepas roda ?
Memang seberat apa mobil EV ?
Tambal roda belakang baru butuh lepas roda, kalau roda depan hanya perlu setir dibelokkan mentok kiri atau kanan, paku yg nancep diban diposisikan jam 10 atau jam 2, beres tingggal cabut paku, tancepin alat tambal ban, pompa, 10 menit beres gak berkeringat.
3. Kalau biaya 900.000 per ban gak masalah ya minggo, silahkan
4. Kalau sdh urusan males gak ada obatnya. kalau bocor ban ditengah hutan atau ditengah sawah dijalanan luar kota ya gak ada kata males., maklum rute saya banyak luar kota yg belum tentu ada tambal ban dijalanan., kalau bapak hidup dikota besar atau biasa pakai supir gak bisa dibandingkan sama saya yg gak ada sopir, mobil cuma 1 kalau lagi rusak jadi anak motoran
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: sealing ban yes or no?

Post by zonepublic »

Motor 180ribu? Dapet ban depan irc buat pcx tuh
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: sealing ban yes or no?

Post by kunaskun »

KielConstantine wrote: Thu Oct 31, 2024 6:05 Yg kek gini gini nih contoh produk jebakan buat kaum non-car-guy . Tipu tipu harga murah mobil econobox serasa naek kelas :roll:

Paling bener langsung aja ke toko ban premium. Pesen michelin primacy 4 . Ganti semua 4 roda. Langsung senyap nyap nyap no drama. No di kibulin
atau buat fleet atau yg pake mobil taunya jalan doang, yg penting gelinding terus, taunya cuma isi bensin dan ganti oli saja :mky_03:
marketnya bukan buat penghuni Seraya Mbah2 yang mau beli ban saja dicek dulu itu treadwall berapa lapis dari apa, tyre groove depth, naik mesin balancing itu ban diputer2 dulu biar timah balance seuprit :ungg: :big_grin:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: sealing ban yes or no?

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: Fri Nov 01, 2024 5:19
KielConstantine wrote: Thu Oct 31, 2024 6:05 Yg kek gini gini nih contoh produk jebakan buat kaum non-car-guy . Tipu tipu harga murah mobil econobox serasa naek kelas :roll:

Paling bener langsung aja ke toko ban premium. Pesen michelin primacy 4 . Ganti semua 4 roda. Langsung senyap nyap nyap no drama. No di kibulin
atau buat fleet atau yg pake mobil taunya jalan doang, yg penting gelinding terus, taunya cuma isi bensin dan ganti oli saja :mky_03:
marketnya bukan buat penghuni Seraya Mbah2 yang mau beli ban saja dicek dulu itu treadwall berapa lapis dari apa, tyre groove depth, naik mesin balancing itu ban diputer2 dulu biar timah balance seuprit :ungg: :big_grin:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: sealing ban yes or no?

Post by Salvanost »

Greenhunter wrote: Thu Oct 31, 2024 12:37
Salvanost wrote: Thu Oct 31, 2024 9:14
Greenhunter wrote: Thu Oct 31, 2024 6:42

menurut saya kurang layak untuk di bayar.

Kalau saya lebih baik beli peralatan tambal ban dan kompresor DC, tenang kemanapun pergi.
awal mula beli alat tambal ban dan kompresor itu karena ada kejadian :
1. lagi jalan di tol ada suara dug dug dug seiring perputaran roda, ternyata ada baut nancap di roda, mesti keluar tol untuk cari tambal ban
2. ada kejadian lagi, ban kena paku, setelah ditambal ban minggu depannya ada bocor lagi di tambalannya. bawa ke tukang tambal ban tdk bisa ditambal lagi, akhirnya di tambal ban tip top
setelah 2x kejadian itu akhirnya beli alat tambal ban dan kompresor AC taruh di bagasi, sampai sekarang jadi tenang, kapanpun dimanapun siap tambal ban.
dan sejak beli alat itu kurang lebih 7 tahun yang lalu tidak pernah ke tukang tambal ban lagi, kalau ada kena paku tambal sendiri dirumah., sampai sekarang kompresor DC tersbut masih bagus berfungsi baik., kalau dihitung jumlah saya nambal sendiri x biaya ke tukang tambal ban (asumsi 20.000 setiap kali tambal ban) itu biaya untuk beli alatnya sudah BEP, bonus hati tenang kemanapun berkendara.
paling masuk akal... buat beli alat tambal dan kompresor dan dongkrak
masalahnya
1. ini mobil EV
2. dongkraknya ga tau spec berapa ton...
3. ga ada ban cadangan jadi sealing ban itu terlihat menarik karena beli ban cadangan setara harga sealing ban
4. mobilnya gede BYD M6 mirip2 innova, malesin banget tambal atau ganti ban buat mobil selebar itu...
1. Emang kenapa mobil EV ? Maap saya gak pernah pegang mobil EV, hanya liat dijalanan dan kagum saja.
2. Dongkrak buaya 3 ton masak gak mampu angkat movil EV di satu titik buat lepas roda ?
Memang seberat apa mobil EV ?
Tambal roda belakang baru butuh lepas roda, kalau roda depan hanya perlu setir dibelokkan mentok kiri atau kanan, paku yg nancep diban diposisikan jam 10 atau jam 2, beres tingggal cabut paku, tancepin alat tambal ban, pompa, 10 menit beres gak berkeringat.
3. Kalau biaya 900.000 per ban gak masalah ya minggo, silahkan
4. Kalau sdh urusan males gak ada obatnya. kalau bocor ban ditengah hutan atau ditengah sawah dijalanan luar kota ya gak ada kata males., maklum rute saya banyak luar kota yg belum tentu ada tambal ban dijalanan., kalau bapak hidup dikota besar atau biasa pakai supir gak bisa dibandingkan sama saya yg gak ada sopir, mobil cuma 1 kalau lagi rusak jadi anak motoran
1. Tidak ada tempat buat naruh dongkrak dan alat2 secara khusus, bagasi EV tertentu lebih sempit taruh diluar ganggu naruh barang2 lainnya
2. Kenapa ga beli dongkrak 3ton? Lebih gede lagi ukurannya, lebih ribet lagi naruhnya (saya ada dongkrak 3 sama 5)
Nah saya pernah dongkrak 2ton macet, sedangkan dongkrak 2ton keatas kualitas bagus, harga mahal
3. Sedang dipertimbangkan, lihat minus2 lainnya selain harga
4. setiap orang beda2 kasus
ada acara nikahan pakaian udah rapi rambut udah rapi , sepatu udah rapi, mogoknya di jalanan jelek berlumpur
Sesimpel itu aja malesin kalau mogok

Mogoknya dijalanan sempit diarea rame aja lebih ribet
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3052
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: sealing ban yes or no?

Post by farizfsa »

buat saya no lah, kayanya secara nature ban nya bakal berubah, kelenturan terlebih. kl mbl nya perlu ban mahal dr awal ya sudah resiko punya mbl itu.

kl kena paku, bs tambel tip top atau tambel cacing so far aman2 aja.

ga ada ban serep? mbl sekarang udh banyak yg begitu, saya si taro pompa angin buat isi ban di setiap mobil, at least bisa isi sampai ketemu tukang tambel ban. bisa buat bantu org juga lagi kalo ada masalah di jalan.

pakai ban tipis ukuran 35 pun alhamdulillah aman2 aja.

so far alhamdilillah pakai beberapa mbl ga ada ban serep aman, apa lg sudah ada tpms.

malah saya beberapa kali ga hoki sama mbl yg ada ban serep :big_biglaugh:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5951
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: sealing ban yes or no?

Post by sintoni »

Dogies wrote: Thu Oct 31, 2024 7:58 di tonton aja tuh video iseunk2 klo ada waktu... sekedar nambah wawasan tapi gak usah di beli... kecuali yg hape nye tebel...
Hape tebel ini gimana maksudnya om?

Haha.
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: sealing ban yes or no?

Post by azu »

sintoni wrote: Fri Nov 01, 2024 8:18
Dogies wrote: Thu Oct 31, 2024 7:58 di tonton aja tuh video iseunk2 klo ada waktu... sekedar nambah wawasan tapi gak usah di beli... kecuali yg hape nye tebel...
Hape tebel ini gimana maksudnya om?

Haha.
HP Fold kali om, atau Nokia Communicator :big_biglaugh:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: sealing ban yes or no?

Post by ilhami »

cairan penambal ban itu pakai bahan apa sih? Mosok bisa bikin pelek berkarat. Padahal pelek dibuat dari aluminium.
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 674
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: sealing ban yes or no?

Post by Dogies »

sintoni wrote: Fri Nov 01, 2024 8:18
Dogies wrote: Thu Oct 31, 2024 7:58 di tonton aja tuh video iseunk2 klo ada waktu... sekedar nambah wawasan tapi gak usah di beli... kecuali yg hape nye tebel...
Hape tebel ini gimana maksudnya om?

Haha.
Taela... jaman dulu klo duitnye banyak di bilang dompet nye tebel.
Jaman sekarang pan duit di hp semua, ya klo duitnye banyak di bilang hp nye tebel... :big_grin:
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: sealing ban yes or no?

Post by wicaksono99 »

Saya sudah pakai sealing ban ini di ban motor.. memang seperti keluarin biaya beli ban baru. Tapi untuk yg mau worry free ya sepadan. Kalau untuk mobil, ini seperti bikin ban biasa jadi ban RFT namun dengan rasa yg lebih comfort dan tidak seperti kerasnya ban RFT. Kekurangannya adalah kalau kena bocor samping ban tetap kempes.

Kalau dari awal ban baru langsung di sealing menurut saya sih mubazir ya, mending sealingnya pas bannya bocor. Dibanding keluarkan biaya untuk tambal tiptop misal 60rb, langsung sealing aja ke sekitar 400rb dan langsung worry free kedepannya ga bakal bocor di tapak ban sampai bannya botak. Dibanding bocor lagi di tiptop keluar biaya & waktu.

Kenapa sealing pas bocor? Supaya bisa berhemat..karna jarang kemungkinan 4 ban bocor dalam waktu 1thn. Kalau ban di sealing lalu sampai bannya botak gak pernah bocor/kena benda tajam yg mengakibatkan bocor kan sayang toh ...

Tenang, ini kalau sudah disealing tetap balance kok bannya setelah balancing.

Ini juga sangat berguna bagi driver yg doyannya blusukan adventure/road trip jauh dalam waktu lama... Kalau ban bocor kan pusing tuh. Kalau cuma pake ngantor yg daerah cakupannya jelas mah ga perlu2 amat. 😁