Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by vanosz »

oh ya nih gans,


truk ane 300 hp lagi dibengkel nginep ganti oli skalian ganti tutbo,

rawatan auto 2000,waranti 50 ribu km,

skrg 60 ribu tetap ke auto 2000,

sbenarnya blm mau ganti tapi brp ari lalu ditelponin waktunya servis,

malas ane ngecak oli lain dah,redline,amsiong,q8,ptt,mobil 1,entah apalg,

buang waktu dan moni aja,

gak mau ketularan sugesti,


oh ya harian ngaspollll nih gans,bukan skedar lurus aja,

zigzag kanan kiri dr jkt sampe tol bsd baru,rem tebit trs,walo indikator ada rusak nyala,pokoe ngassssspollllll menyalahhhhh bosssquhhh

gak pake perasaan,mentok rpm trs,walo sampe bodi terbang lari 180-190 ky film holiwod,

meleduk tinggal bawa ke auto 2000,

tapi sampe saat ini selalu dbikin hepi,

kencang irit hemat dan kuat,

truk disel kik in yo,


no foto hokkkkkzzzz
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by yanuarra »

tj4hj4di wrote: Wed Oct 23, 2024 2:29 Mau tanya ada yg sdh pakai oli UNil Opal buat motor ? soalnya kmrn liat diofficial storenya u/ sae 10/40w scooter semi synth tp API JASO MA bingung..
Bukannya seharusnya kl scooter itu JASO MB ya ..apakah boleh dibeli dan dipakai di nmax

terimakasih
Boleeeh
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

vanosz wrote: Thu Oct 24, 2024 21:58
KielConstantine wrote: Sun Oct 20, 2024 5:14 Ngomongin mobil jarang jalan. Kadang ane mikir…

Keknya lebih bener kasih oli kualitas bagus (harga 200k keatas / liter). Tapi ganti nya 1 tahun sekali (long drain), bahkan telat ganti lewat 12 bulan jg masih ok

Drpd kasih oli kualitas gembel asal murah, tapi ntar ribet 6 bulan skali musti flushing bawa ke bengkel, itupun kalo inget (atau niat)

Ya pilihan masing2 individu sih (Read: tergantung kemampuan finansial)

ahhh agans ky bocil aja,

dibawa baperan,

asal olinya asli sih gak bakalan apa apa,

jadi ikut2an para mbah suhu bikin horor gen bolu aja di forum,

pantas dah ini trit bisa panjang kali lebar,

mungkin sampe kiamat tetap eksis nih trit di ulang ulang,
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ravennaras
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Wed Sep 21, 2022 15:26
Location: Bandung
Daily Vehicle: Mazda CX5 GT Skyactiv 2013

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by ravennaras »

misi om om
mau nanya olmes buat CX5 skyactiv 2013 km 113rb, niatnya mau interval per 12bulan sekali karena per tahun mobilnya cuma dipakai weekend dan dapat paling jalan 5000km-6000km per tahun.
saat ini pakai Q8 0w-20 special d1 fe, cuma karena budget menipis karena biaya rumah :big_childish: jadi cari opsi lain yang lebih ramah kantong, liat page page sebelumnya sepertinya TQ 9000 API SP masuk budget di 120k/l ya, atau ada rekomendasi lain kah yang lebih baik?, thanks om :big_deal:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

vanosz wrote: Thu Oct 24, 2024 21:58
KielConstantine wrote: Sun Oct 20, 2024 5:14 Ngomongin mobil jarang jalan. Kadang ane mikir…

Keknya lebih bener kasih oli kualitas bagus (harga 200k keatas / liter). Tapi ganti nya 1 tahun sekali (long drain), bahkan telat ganti lewat 12 bulan jg masih ok

Drpd kasih oli kualitas gembel asal murah, tapi ntar ribet 6 bulan skali musti flushing bawa ke bengkel, itupun kalo inget (atau niat)

Ya pilihan masing2 individu sih (Read: tergantung kemampuan finansial)

ahhh agans ky bocil aja,

dibawa baperan,

asal olinya asli sih gak bakalan apa apa,

jadi ikut2an para mbah suhu bikin horor gen bolu aja di forum,

pantas dah ini trit bisa panjang kali lebar,

mungkin sampe kiamat tetap eksis nih trit di ulang ulang,
:big_exellent: :big_exellent:

trit favorit sales oli

enak buat nakut2in orang2

jualan gratis dsini
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1609
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by t105erd »

DOHC wrote: Fri Oct 25, 2024 4:21
vanosz wrote: Thu Oct 24, 2024 21:58
KielConstantine wrote: Sun Oct 20, 2024 5:14 Ngomongin mobil jarang jalan. Kadang ane mikir…

Keknya lebih bener kasih oli kualitas bagus (harga 200k keatas / liter). Tapi ganti nya 1 tahun sekali (long drain), bahkan telat ganti lewat 12 bulan jg masih ok

Drpd kasih oli kualitas gembel asal murah, tapi ntar ribet 6 bulan skali musti flushing bawa ke bengkel, itupun kalo inget (atau niat)

Ya pilihan masing2 individu sih (Read: tergantung kemampuan finansial)

ahhh agans ky bocil aja,

dibawa baperan,

asal olinya asli sih gak bakalan apa apa,

jadi ikut2an para mbah suhu bikin horor gen bolu aja di forum,

pantas dah ini trit bisa panjang kali lebar,

mungkin sampe kiamat tetap eksis nih trit di ulang ulang,
:big_exellent: :big_exellent:

trit favorit sales oli

enak buat nakut2in orang2

jualan gratis dsini
Pancinganya enak yah om disini :big_biglaugh:

kasih umpan dikit bisa dapet ikan banyak :big_exellent:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

t105erd wrote: Fri Oct 25, 2024 4:43
DOHC wrote: Fri Oct 25, 2024 4:21
vanosz wrote: Thu Oct 24, 2024 21:58


ahhh agans ky bocil aja,

dibawa baperan,

asal olinya asli sih gak bakalan apa apa,

jadi ikut2an para mbah suhu bikin horor gen bolu aja di forum,

pantas dah ini trit bisa panjang kali lebar,

mungkin sampe kiamat tetap eksis nih trit di ulang ulang,
:big_exellent: :big_exellent:

trit favorit sales oli

enak buat nakut2in orang2

jualan gratis dsini
Pancinganya enak yah om disini :big_biglaugh:

kasih umpan dikit bisa dapet ikan banyak :big_exellent:
banget

orang2 dimana musti punya modal buat jualan

sewa toko, sewa pegawai, sewa tempat, sewa spg, sewa banner dsb

jualan di toped aj musti kena potong pajek ini itu kl mo jd power merchant pro , itupun ga jaminan orang2 bsa pd liat

cuman dsini

gratis tis tis..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

Sebetulnya gakda yg salah dengan jualan.

Ekonomi berputar karena adanya bisnis, dagang dan transaksi jual beli.
Salah satu pintu rezeki kan dari berbisnis dan berdagang.

Dan sebagian warga SM aja kan juga pedagang, pebisnis, dsb.

Yang salah adalah:
- Gak bisa kasih data, fakta dan logika
- Menjelekkan brand lain
- Insult Customer
- Gak bisa kasih servis yang baik dan benar
_____________________________________________

Banyak koq penjual oli klaim produknya bagus,
tapi data lab aja gakmau kasih. :big_biglaugh:

Nah itu yg salah...
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
BronanTheBrobarian
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Sun Nov 05, 2023 8:10
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2012 Mazda 2

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by BronanTheBrobarian »

papico wrote: Sun Oct 20, 2024 7:19
Barusan sy transaksi di Jasutramotors. Btw, ada 2 ya . Yg centang ungu ( Jasutra Motor ) sama yg sy transaksi JasutraMotors. Sama sama bekasinya. Ntar kalo olinya meragukan, sy infokan lagi.
Kemarin beli ATF Mobil 1 di Jasutra di toko yg berbeda. Satu di toko ungu lagi promo tapi dibatesin, jadi satu lagi di toko satunya karena harga normalnya lebih murah (g tau knp lol)

Pas sampe dua2nya batch codenya sama jg
chain90s
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Sat May 27, 2023 14:20
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Ford Fiesta Mark VII

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by chain90s »

BronanTheBrobarian wrote: Fri Oct 25, 2024 10:19
papico wrote: Sun Oct 20, 2024 7:19
Barusan sy transaksi di Jasutramotors. Btw, ada 2 ya . Yg centang ungu ( Jasutra Motor ) sama yg sy transaksi JasutraMotors. Sama sama bekasinya. Ntar kalo olinya meragukan, sy infokan lagi.
Kemarin beli ATF Mobil 1 di Jasutra di toko yg berbeda. Satu di toko ungu lagi promo tapi dibatesin, jadi satu lagi di toko satunya karena harga normalnya lebih murah (g tau knp lol)

Pas sampe dua2nya batch codenya sama jg
Btw minggu lalu juga baru beli Motul Specific di jasutra yg centang ungu, secara harga sih beti2 sama salah satu toko rekomendasi suhu dimari (cuma stok lagi kosong ditoko rekomen ini), tpi klo sama official store emg jauh bedanya, lebih murah jasutra.

Ane scan barcode sih aman, trs secara fisik ane perhatikan detil2 sama kondisi olinya sih harusnya aman om (compare to botol oli yg beli di official store). CMIIW
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sintoni »

Markicob untuk QR25 + P5-VPS.

Image

Seperti biasa rencana OCI setiap 9 bulan sekali karena 2 mobil jarang jalan.
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by dimasapri »

KielConstantine wrote: Sun Oct 20, 2024 5:14 Ngomongin mobil jarang jalan. Kadang ane mikir…

Keknya lebih bener kasih oli kualitas bagus (harga 200k keatas / liter). Tapi ganti nya 1 tahun sekali (long drain), bahkan telat ganti lewat 12 bulan jg masih ok

Drpd kasih oli kualitas gembel asal murah, tapi ntar ribet 6 bulan skali musti flushing bawa ke bengkel, itupun kalo inget (atau niat)

Ya pilihan masing2 individu sih (Read: tergantung kemampuan finansial)
Kalau saya justru terbalik.
Untuk yg jarang jalan, mending kasih oli standar API certified yg murah.
Kenapa API dan bukan ACEA?
Karena ACEA standard itu bukan certified, tapi sifatnya voluntary.
Jadi masalah benar2 sesuai dgn standar ACEA dikembalikan lagi ke produsen oli...ujung2nya ribet untuk produsen oli yg belum top tier dan punya nama besar.
Kalau top tier apa ada yg murah?
Jadi lebih aman pakai oli murah API certified, karena sdh diuji oleh 3rd party untuk mendapatkan API Donut.

Untuk yg sering jalan, kasih oli kualitas bagus.

Karena untuk pemakaian normal sesuai peruntukan mesin/mobilnya, perlindungan terhadap mesin dari oli2 murah yg sudah API certified (tentu juga dgn oli yg benar2 ACEA standar) hasilnya akan sama saja dgn oli kualitas bagus API certified.
Tapi kalau soal power (walaupun dalam margin yg sangat kecil, tapi cukup terasa), kehalusan suara mesin, dan long drain, oli kualitas bagus diatas oli murah.
Dan keuntungan itu yg perlu didapatkan untuk mobil yg sering jalan.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

dimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 3:31
KielConstantine wrote: Sun Oct 20, 2024 5:14 Ngomongin mobil jarang jalan. Kadang ane mikir…

Keknya lebih bener kasih oli kualitas bagus (harga 200k keatas / liter). Tapi ganti nya 1 tahun sekali (long drain), bahkan telat ganti lewat 12 bulan jg masih ok

Drpd kasih oli kualitas gembel asal murah, tapi ntar ribet 6 bulan skali musti flushing bawa ke bengkel, itupun kalo inget (atau niat)

Ya pilihan masing2 individu sih (Read: tergantung kemampuan finansial)
Kalau saya justru terbalik.
Untuk yg jarang jalan, mending kasih oli standar API certified yg murah.
Kenapa API dan bukan ACEA?
Karena ACEA standard itu bukan certified, tapi sifatnya voluntary.
Jadi masalah benar2 sesuai dgn standar ACEA dikembalikan lagi ke produsen oli...ujung2nya ribet untuk produsen oli yg belum top tier dan punya nama besar.
Kalau top tier apa ada yg murah?
Jadi lebih aman pakai oli murah API certified, karena sdh diuji oleh 3rd party untuk mendapatkan API Donut.

Untuk yg sering jalan, kasih oli kualitas bagus.

Karena untuk pemakaian normal sesuai peruntukan mesin/mobilnya, perlindungan terhadap mesin dari oli2 murah yg sudah API certified (tentu juga dgn oli yg benar2 ACEA standar) hasilnya akan sama saja dgn oli kualitas bagus API certified.
Tapi kalau soal power (walaupun dalam margin yg sangat kecil, tapi cukup terasa), kehalusan suara mesin, dan long drain, oli kualitas bagus diatas oli murah.
Dan keuntungan itu yg perlu didapatkan untuk mobil yg sering jalan.
mbah suhu lama gak muncul :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by dimasapri »

Chr1stm1 wrote: Tue Oct 15, 2024 11:14
Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 3:30 Looks like market amsoil bergeser, krn baru lihat agak sering dapat iklan nya akhir2 ini :big_biglaugh:


Screenshot 2024-10-15 102930.png


lagian jual oli 300rb per 946ml
hasil lab nya 11 12 sm si kuwait :upss:

269rb di toda...pinter2 nyari marketplace donk mbah...
:big_grin: :big_grin:

hasil lab 11 - 12
Hasil pantat dan kaki masih enak amsoil ss mbah, saya bukan sales btw, malah lagi pake q8 sama mobil 1 triplek :big_biglaugh:
Betulll....
Oli yg masuk kelas bagus jika uji lab pada mobil yg sama hasilnya akan 11 - 12
Asalkan sdh memenuhi standar API atau ACEA sesuai peruntukkannya saja pasti akan 11 - 12.
Untuk oli yg sdh API certified, UOA lebih berguna untuk mengetahui kesehatan mesin dan menguji olinya asli/palsu.
Bukan untuk membandingkan performance antar oli.

Makanya youtuber2 yg melakukan uji oli head to head tdk melakukan pendekatan hasil UOA.
Tapi langsung uji gesek dgn diberi beban beberapa kg dan uji viscosity dgn dimasukkan ke dalam kulkas sebelum adu race saat dituang.
Memang tdk akan terjadi di dunia nyata, tapi itulah cara yg paling bisa dipakai untuk uji kualitas terbaik dari oli2 yg diperbandingkan.
Kalau diuji ke dalam mesin sehat dan dipakai secara wajar, hasil UOA nya akan 11 - 12
Karena API dan ACEA sdh merancang standar oli dgn begitu teliti sehingga jika semua item2 standar mereka terpenuhi, oli akan bekerja dgn baik melindungi mesin.
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by dimasapri »

Suryaputra wrote: Sat Oct 26, 2024 4:06 mbah suhu lama gak muncul :big_grin:
Suhu panas atau dingin mbah? :big_grin:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

dimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 4:30
Suryaputra wrote: Sat Oct 26, 2024 4:06 mbah suhu lama gak muncul :big_grin:
Suhu panas atau dingin mbah? :big_grin:
Panas dingin mbah :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1755
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by AbdulHakim »

dimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 4:24
Chr1stm1 wrote: Tue Oct 15, 2024 11:14
Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 3:30 Looks like market amsoil bergeser, krn baru lihat agak sering dapat iklan nya akhir2 ini :big_biglaugh:


Screenshot 2024-10-15 102930.png


lagian jual oli 300rb per 946ml
hasil lab nya 11 12 sm si kuwait :upss:

269rb di toda...pinter2 nyari marketplace donk mbah...
:big_grin: :big_grin:

hasil lab 11 - 12
Hasil pantat dan kaki masih enak amsoil ss mbah, saya bukan sales btw, malah lagi pake q8 sama mobil 1 triplek :big_biglaugh:
Betulll....
Oli yg masuk kelas bagus jika uji lab pada mobil yg sama hasilnya akan 11 - 12
Asalkan sdh memenuhi standar API atau ACEA sesuai peruntukkannya saja pasti akan 11 - 12.
Untuk oli yg sdh API certified, UOA lebih berguna untuk mengetahui kesehatan mesin dan menguji olinya asli/palsu.
Bukan untuk membandingkan performance antar oli.

Makanya youtuber2 yg melakukan uji oli head to head tdk melakukan pendekatan hasil UOA.
Tapi langsung uji gesek dgn diberi beban beberapa kg dan uji viscosity dgn dimasukkan ke dalam kulkas sebelum adu race saat dituang.
Memang tdk akan terjadi di dunia nyata, tapi itulah cara yg paling bisa dipakai untuk uji kualitas terbaik dari oli2 yg diperbandingkan.
Kalau diuji ke dalam mesin sehat dan dipakai secara wajar, hasil UOA nya akan 11 - 12
Karena API dan ACEA sdh merancang standar oli dgn begitu teliti sehingga jika semua item2 standar mereka terpenuhi, oli akan bekerja dgn baik melindungi mesin.
siap om, jadi makin cinta sama produk-produk Pertamina deh :big_exellent: murah, berkualitas dan memenuhi requirement dari Standard yang dibutuhkan
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Sat Oct 26, 2024 8:59
dimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 4:24
Chr1stm1 wrote: Tue Oct 15, 2024 11:14


269rb di toda...pinter2 nyari marketplace donk mbah...
:big_grin: :big_grin:

hasil lab 11 - 12
Hasil pantat dan kaki masih enak amsoil ss mbah, saya bukan sales btw, malah lagi pake q8 sama mobil 1 triplek :big_biglaugh:
Betulll....
Oli yg masuk kelas bagus jika uji lab pada mobil yg sama hasilnya akan 11 - 12
Asalkan sdh memenuhi standar API atau ACEA sesuai peruntukkannya saja pasti akan 11 - 12.
Untuk oli yg sdh API certified, UOA lebih berguna untuk mengetahui kesehatan mesin dan menguji olinya asli/palsu.
Bukan untuk membandingkan performance antar oli.

Makanya youtuber2 yg melakukan uji oli head to head tdk melakukan pendekatan hasil UOA.
Tapi langsung uji gesek dgn diberi beban beberapa kg dan uji viscosity dgn dimasukkan ke dalam kulkas sebelum adu race saat dituang.
Memang tdk akan terjadi di dunia nyata, tapi itulah cara yg paling bisa dipakai untuk uji kualitas terbaik dari oli2 yg diperbandingkan.
Kalau diuji ke dalam mesin sehat dan dipakai secara wajar, hasil UOA nya akan 11 - 12
Karena API dan ACEA sdh merancang standar oli dgn begitu teliti sehingga jika semua item2 standar mereka terpenuhi, oli akan bekerja dgn baik melindungi mesin.
siap om, jadi makin cinta sama produk-produk Pertamina deh :big_exellent: murah, berkualitas dan memenuhi requirement dari Standard yang dibutuhkan
Bener
secara produk oli mesin,
Pertamina better than Shell

Tp klo servis ya emang beda..
makanya... olinya pertamina, bbm nya shell :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4359
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 8:15 masih kuat mata duitnya
paling setrong di dunia :upss:


kwd to usd.png
saking setrongnya oli 0W16 seliter dapet 2 liter DGO 0W16... :big_think:
padahal alternatif 0W16 masih susah :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

kunaskun wrote: Sat Oct 26, 2024 11:48
Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 8:15 masih kuat mata duitnya
paling setrong di dunia :upss:


kwd to usd.png
saking setrongnya oli 0W16 seliter dapet 2 liter DGO 0W16... :big_think:
padahal alternatif 0W16 masih susah :big_biglaugh:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
feri307
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Sat Sep 01, 2018 12:23
Location: Padang
Daily Vehicle: Honda Brio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by feri307 »

dimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 3:31 Kalau saya justru terbalik.
Untuk yg jarang jalan, mending kasih oli standar API certified yg murah.
Kenapa API dan bukan ACEA?
Karena ACEA standard itu bukan certified, tapi sifatnya voluntary.
Jadi masalah benar2 sesuai dgn standar ACEA dikembalikan lagi ke produsen oli...ujung2nya ribet untuk produsen oli yg belum top tier dan punya nama besar.
Kalau top tier apa ada yg murah?
Jadi lebih aman pakai oli murah API certified, karena sdh diuji oleh 3rd party untuk mendapatkan API Donut.

Untuk yg sering jalan, kasih oli kualitas bagus.

Karena untuk pemakaian normal sesuai peruntukan mesin/mobilnya, perlindungan terhadap mesin dari oli2 murah yg sudah API certified (tentu juga dgn oli yg benar2 ACEA standar) hasilnya akan sama saja dgn oli kualitas bagus API certified.
Tapi kalau soal power (walaupun dalam margin yg sangat kecil, tapi cukup terasa), kehalusan suara mesin, dan long drain, oli kualitas bagus diatas oli murah.
Dan keuntungan itu yg perlu didapatkan untuk mobil yg sering jalan.
Kalau skenarionya begini:
1. Sering jalan, tp short trip. Maksimal 20km per hari,
2. Jarang jalan, tp sekali jalan, minimal 70km-100km, round trip bisa 150km-200km.

Oli bagaimana yg direkomendasikan untuk masing2 skenario tersebut, Om?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12547
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

feri307 wrote: Sat Oct 26, 2024 13:57
dimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 3:31 Kalau saya justru terbalik.
Untuk yg jarang jalan, mending kasih oli standar API certified yg murah.
Kenapa API dan bukan ACEA?
Karena ACEA standard itu bukan certified, tapi sifatnya voluntary.
Jadi masalah benar2 sesuai dgn standar ACEA dikembalikan lagi ke produsen oli...ujung2nya ribet untuk produsen oli yg belum top tier dan punya nama besar.
Kalau top tier apa ada yg murah?
Jadi lebih aman pakai oli murah API certified, karena sdh diuji oleh 3rd party untuk mendapatkan API Donut.

Untuk yg sering jalan, kasih oli kualitas bagus.

Karena untuk pemakaian normal sesuai peruntukan mesin/mobilnya, perlindungan terhadap mesin dari oli2 murah yg sudah API certified (tentu juga dgn oli yg benar2 ACEA standar) hasilnya akan sama saja dgn oli kualitas bagus API certified.
Tapi kalau soal power (walaupun dalam margin yg sangat kecil, tapi cukup terasa), kehalusan suara mesin, dan long drain, oli kualitas bagus diatas oli murah.
Dan keuntungan itu yg perlu didapatkan untuk mobil yg sering jalan.
Kalau skenarionya begini:
1. Sering jalan, tp short trip. Maksimal 20km per hari,
2. Jarang jalan, tp sekali jalan, minimal 70km-100km, round trip bisa 150km-200km.

Oli bagaimana yg direkomendasikan untuk masing2 skenario tersebut, Om?
Oli asli dan fresh from pabrik.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
andrejunior
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 185
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by andrejunior »

feri307 wrote: Sat Oct 26, 2024 13:57
dimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 3:31 Kalau saya justru terbalik.
Untuk yg jarang jalan, mending kasih oli standar API certified yg murah.
Kenapa API dan bukan ACEA?
Karena ACEA standard itu bukan certified, tapi sifatnya voluntary.
Jadi masalah benar2 sesuai dgn standar ACEA dikembalikan lagi ke produsen oli...ujung2nya ribet untuk produsen oli yg belum top tier dan punya nama besar.
Kalau top tier apa ada yg murah?
Jadi lebih aman pakai oli murah API certified, karena sdh diuji oleh 3rd party untuk mendapatkan API Donut.

Untuk yg sering jalan, kasih oli kualitas bagus.

Karena untuk pemakaian normal sesuai peruntukan mesin/mobilnya, perlindungan terhadap mesin dari oli2 murah yg sudah API certified (tentu juga dgn oli yg benar2 ACEA standar) hasilnya akan sama saja dgn oli kualitas bagus API certified.
Tapi kalau soal power (walaupun dalam margin yg sangat kecil, tapi cukup terasa), kehalusan suara mesin, dan long drain, oli kualitas bagus diatas oli murah.
Dan keuntungan itu yg perlu didapatkan untuk mobil yg sering jalan.
Kalau skenarionya begini:
1. Sering jalan, tp short trip. Maksimal 20km per hari,
2. Jarang jalan, tp sekali jalan, minimal 70km-100km, round trip bisa 150km-200km.

Oli bagaimana yg direkomendasikan untuk masing2 skenario tersebut, Om?
Kalo menurut saya sih pakai oli termahal semampunya kantong om, misal budgetnya 200rb maka pakailah oli range harga tsb. Kualitas menurut saya 11-12. Dan ganti max 5000 km. Pasti aman
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Greenhunter »

andrejunior wrote: Sat Oct 26, 2024 15:59
feri307 wrote: Sat Oct 26, 2024 13:57 Kalau skenarionya begini:
1. Sering jalan, tp short trip. Maksimal 20km per hari,
2. Jarang jalan, tp sekali jalan, minimal 70km-100km, round trip bisa 150km-200km.

Oli bagaimana yg direkomendasikan untuk masing2 skenario tersebut, Om?
Kalo menurut saya sih pakai oli termahal semampunya kantong om, misal budgetnya 200rb maka pakailah oli range harga tsb. Kualitas menurut saya 11-12. Dan ganti max 5000 km. Pasti aman
Nomor 1 seperti mobil istri saya. Tiap hari keluar antar jemput anak sekolah saja, sesekali hangout sama grup ibu ibu ke mall atau makan siang rame², sebulan rata rata 300 - 600 km karena sekolah anak deket rumah. Selama ini pakai oli mobil super 2000 5w30 atau repsol gxr platinum 5w30 dan selalu ganti tiap 5000 km gak peduli berapa bulan tercapainya.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 664
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

kunaskun wrote: Sat Oct 26, 2024 11:48
Suryaputra wrote: Tue Oct 15, 2024 8:15 masih kuat mata duitnya
paling setrong di dunia :upss:


kwd to usd.png
saking setrongnya oli 0W16 seliter dapet 2 liter DGO 0W16... :big_think:
padahal alternatif 0W16 masih susah :big_biglaugh:
tapi DGO ini murah juga untuk ukuran 0w16 150kan perliter kalo kyukyu kemaren ada itu 300k wkwkwkw emang beli 1 kyu dapet 2 dgo.
anyway apakah ini berarti bentaran muncul tuh PFG 0w16 secara DGO kan masih manufactured by plat merah y
Suryaputra wrote: Sat Oct 26, 2024 9:13
AbdulHakim wrote: Sat Oct 26, 2024 8:59
dimasapri wrote: Sat Oct 26, 2024 4:24

Betulll....
Oli yg masuk kelas bagus jika uji lab pada mobil yg sama hasilnya akan 11 - 12
Asalkan sdh memenuhi standar API atau ACEA sesuai peruntukkannya saja pasti akan 11 - 12.
Untuk oli yg sdh API certified, UOA lebih berguna untuk mengetahui kesehatan mesin dan menguji olinya asli/palsu.
Bukan untuk membandingkan performance antar oli.

Makanya youtuber2 yg melakukan uji oli head to head tdk melakukan pendekatan hasil UOA.
Tapi langsung uji gesek dgn diberi beban beberapa kg dan uji viscosity dgn dimasukkan ke dalam kulkas sebelum adu race saat dituang.
Memang tdk akan terjadi di dunia nyata, tapi itulah cara yg paling bisa dipakai untuk uji kualitas terbaik dari oli2 yg diperbandingkan.
Kalau diuji ke dalam mesin sehat dan dipakai secara wajar, hasil UOA nya akan 11 - 12
Karena API dan ACEA sdh merancang standar oli dgn begitu teliti sehingga jika semua item2 standar mereka terpenuhi, oli akan bekerja dgn baik melindungi mesin.
siap om, jadi makin cinta sama produk-produk Pertamina deh :big_exellent: murah, berkualitas dan memenuhi requirement dari Standard yang dibutuhkan
Bener
secara produk oli mesin,
Pertamina better than Shell

Tp klo servis ya emang beda..
makanya... olinya pertamina, bbm nya shell :big_biglaugh:
apalagi ini techno di kota ane lagi promo dimana2, kalo yang di utube sih banyak yang pake techno 5w30 katanya mayan cman di 4000an udah ganeag. mantep juga sih bisa jadi alt. oli dibawah 100k dimana taun depan PPn 12% :big_bored: hehe